DESKRIPSI BEAUTY VLOG

10  28  Download (0)

Full text

(1)

commit to user BAB II

DESKRIPSI BEAUTY VLOG A. Situs YouTube

YouTube merupakan salah satu media sosial berformat video sharing yang memiliki fungsi sebagai media berbagi video. YouTube diluncurkan pada tahun 2005 dan dirintis oleh 3 mantan pekerja PayPal, yaitu Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim. Pada tahun 2006 google membeli situs YouTube dan hingga saat ini situs YouTube masih menjadi milik google. Video pertama yang diunggah ke situs YouTube merupakan video dari akun YouTube channel jawed berjudul "Me at the zoo" pada 23 April 2005 dan kini sudah ditonton sebanyak 105 juta kali (merdeka.com, 2013).

Situs berbagi video YouTube memfasilitasi penggunanya untuk dapat saling membagikan informasi dengan mengizinkan penggunanya mengunggah video ke dalam situs YouTube sehingga video tersebut dapat ditonton dan disebarluaskan menggunakan jaringan Internet dan memungkinkan siapapun dapat mengakses video tersebut. YouTube berperan sebagai platform distribusi yang menghubungkan content creator atau pembuat video dengan pengguna internet lain. Keunggulan lain dari situs YouTube adalah memungkinkan content creator memasang iklan pada akun YouTube channel-nya apabila channel YouTube tersebut mencapai 1000 subscribers dan jumlah views dalam channel tersebut melampaui 10.000 views.

Semenjak dirintisnya situs YouTube hingga saat ini penggunaan situs tersebut semakin meningkat. Content creator pada situs YouTube semakin bertambah setiap tahunnya. Hal ini dikarenakan YouTube merupakan situs berbagi video yang praktis dan memberikan kemudahan bagi pembuat konten untuk membagikan dan menyebarkan konten video serta mampu menjangkau penonton dengan jumlah yang banyak. Dengan banyaknya keuntungan yang diperoleh pengguna situs tersebut, YouTube mampu menjadi platform yang dapat membuka peluang untuk berbisnis dengan cara menghasilkan uang lewat pemasangan iklan.

(2)

Berdasarkan statista (2019) YouTube memiliki 2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Data statistik pengguna tersebut menunjukkan bahwa YouTube dapat menjadi media yang mampu memberikan nilai tambah yang besar bagi content creator yang hendak mempromosikan kontennya melalui YouTube. Situs YouTube adalah situs yang menjanjikan untuk menjadi strategi marketing karena dengan jumlah pengguna yang besar content creator dapat meraih target pasar yang besar.

gambar 2. 1 Riset pengguna aktif YouTube per bulan

gambar 2. 2 Riset pengguna aktif YouTube per bulan

gambar 2. 4 total durasi menonton oleh pengguna aktif YouTube

gambar 2. 5 Beberapa contoh beauty vlogger Indonesiagambar 2. 6 total durasi menonton oleh pengguna aktif YouTube sumber : google picture

sumber : google picture

sumber : google picture

(3)

commit to user

Setiap harinya YouTube mencatat bahwa total durasi menonton oleh pengguna aktif YouTube adalah 1 miliar jam dalam sehari. Hal ini menunjukkan bahwa dengan tingginya durasi akses situs YouTube, Target pasar dapat memberikan perhatian yang cukup tinggi terhadap konten yang ditampilkan dalam situs YouTube, Sehingga pesan yang disampaikan oleh content creator dapat disampaikan secara efektif.

YouTube sebagai salah satu platform media terpopuler menampilkan berbagai macam video dengan beragam kategori. Beberapa jenis video yang paling populer dalam situs YouTube adalah video hewan lucu, video panduan game, video tutorial, video review produk, vlog, video unboxing, dan lain sebagainya. Dari sekian macam kategori yang terdapat dalam situs YouTube, fokus objek dalam penelitian ini adalah video YouTube dengan kategori beauty vlog.

B. Beauty vlog

Vlog merupakan singkatan dari video blog. Blog adalah istilah yang populer dalam dunia internet yang memiliki arti sebagai bentuk dari buku harian berbasis internet. Sedangkan Vlog sendiri diartikan sebagai diary dengan format video yang menayangkan kehidupan sehari-hari dari pembuat konten tersebut. Beauty vlogger adalah vlog yang menceritakan tentang segala informasi yang membahas tentang dunia kecantikan, seperti tutorial makeup, review kosmetik, dan segala informasi yang berkaitan dengan kecantikan.

Semenjak berdirinya situs YouTube, tidak hanya channel resmi dari suatu perusahaan seperti label rekaman musik, pembuat konten video pribadi yang disebut sebagai YouTuber mulai meramaikan situs YouTube. Sebagian YouTuber mendapatkan ribuan subscriber sehingga mempunyai pengaruh besar untuk banyak orang. YouTuber Beauty vlogger juga ikut meramaikan situs YouTube. Salah satu pelopor channel beauty vlog yang memulai channelnya dalam situs YouTube adalah Michelle Phan, YouTuber beauty vlogger asal amerika. Video pertama yang diunggah oleh Michelle Phan pada tahun 2007 berjudul "Natural Looking Makeup Tutorial" saat ini sudah ditonton sebanyak 12 juta lebih views. Sejak saat itu beberapa

(4)

Indonesia sendiri memiliki sejumlah YouTuber wanita yang membahas tentang beauty vlog dalam channelnya. Beberapa YouTuber beauty vlogger yang populer diantaranya adalah Tasya Farasya, Suhay Salim, Monita Lin, Stefany Talitha dan lain sebagainya.

Beauty vlog Indonesia menjadi opinion leader bagi beberapa pengguna YouTube yang berkeinginan untuk mempelajari makeup atau skincare. Mereka membahas tentang keunggulan dan kekurangan produk-produk kecantikan, tips atau tutorial menggunakan produk kecantikan, atau mengajarkan tren-tren kecantikan yang sedang populer. Jumlah subscriber yang dimiliki oleh berbagai beauty vlog Indonesia terbilang sangat besar dengan angka jutaan. Beberapa beauty vlogger indonesia memiliki subscriber dengan jumlah 1 juta lebih. beberapa diantaranya adalah Tasya Farasya, Suhay Salim, Devienna dan Rachel Goddard.

Jumlah subscriber yang sangat banyak yang dimiliki oleh beberapa beauty vlogger tersebut menunjukkan seberapa besar kepopularitasan yang dimiliki oleh beauty vlogger. Tidak jarang beauty vlogger terkadang lebih populer dibandingkan dengan selebriti selebriti yang muncul di televisi. Perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini lebih banyak mengonsumsi media internet seperti sosial media YouTube dibandingkan media massa televisi membuat masyarakat wanita kini lebih mengenali YouTuber-YouTuber yang terkenal.

gambar 2. 7 Beberapa contoh beauty vlogger Indonesia

gambar 2. 8 Beberapa contoh beauty vlogger Indonesia

sumber : google picture

sumber : google picture

(5)

commit to user

Beberapa alasan lain yang menyebabkan masyarakat tertarik dengan tayangan beauty vlog adalah, beauty vlogger memilki kesamaan (similarity) dengan penontonnya dalam memilih produk-produk kecantikan. Mereka merekomendasikan produk produk yang terjangkau lalu mereview produk tersebut sehingga penonton mendapatkan informasi mengenai produk tersebut sesuai dengan kebutuhan penonton. Alasan kesamaan dalam rutinitas perawatan diri ataupun makeup mampu menarik perhatian penonton untuk menyimak video beauty vlog dalam situs YouTube.

Kemampuan beauty vlogger dalam berkomunikasi juga menjadi alasan mengapa banyak penonton yang tertarik untuk menyaksikan tayangan beauty vlog di situs YouTube. kemampuan berkomunikasi yang baik membuat penonton mudah memahami apa yang disampaikan oleh beauty vlogger. Kepribadian yang menyenangkan yang ditampilkan oleh beauty vlog juga mampu membuat penonton memiliki keakraban dengan beauty vlogger. beauty vlogger merekomendasi produk seolah-olah sedang merekomendasikan kepada teman sendiri, sehingga menimbulkan rasa kepercayaan kepada penontonnya.

Keahlian yang ditampilkan oleh beauty vloggers dalam menggunakan makeup memberikan keyakinan terhadap penontonnya untuk mampu mempelajari makeup. Beauty vlogger dianggap sebagai sumber yang terpercaya karena sebelum menyampaikan pesan mengenai produk yang direkomendasikan, mereka melakukan riset produk kecantikan, menjadi orang yang lebih awal dalam mengoleksi produk-produk kecantikan secara eksklusif, serta memberikan review secara jujur. Keahlian serta pengetahuan beauty vlogger tidak diragukan lagi oleh penontonnya (popbela.com, 2020).

Beberapa beauty vlogger berikut merupakan beauty vlogger yang paling banyak ditonton oleh responden kuesioner dan dianggap ahli dalam memberikan informasi mengenai makeup dan skincare, diantaranya:

1. Tasya Farasya

(6)

Tasya Farasya merupakan beauty vlogger Indonesia yang lahir pada tanggal 25 Mei 1992 (28) yang memulai karirnya sebagai YouTuber beauty vlogger sejak tahun 2017. Sebelum meniti karir sebagai beauty vlogger, Tasya Farasya sebagai seorang sarjana kedokteran gigi sempat mengambil studi profesi kedokteran gigi di kampus tempatnya menempuh kuliah kedokteran gigi, yaitu Universitas Trisakti.

Kecintaannya terhadap makeup membuatnya beralih profesi dari seorang dokter gigi, menjadi seorang makeup artist (MUA). Selain berkarir sebagai MUA, Tasya Farasya juga pernah menjadi model fashion brand Dian Pelangi untuk menambah pendapatan supaya dapat membeli produk-produk makeup yang diinginkan oleh Tasya Farasya.

Semenjak meniti karir sebagai YouTuber tasya farasya saat ini telah memiliki 3,65 juta subscriber pada channel YouTube-nya dan keseluruhan video dalam channel-nya telah memiliki 276,077,663 views. Tasya Farasya terkenal dengan gaya hidupnya yang mewah, tidak jarang Tasya menampilkan produk kosmetik dengan harga yang terbilang mahal. Rumah Tasya Farasya juga memiliki design yang elegan seperti istana. Tasya mendapatkan seluruh harta kekayaannya dengan usaha sendiri meskipun Tasya merupakan anak dari seorang pengusaha.

gambar 2. 10 Beauty Vlogger Tasya Farasya

gambar 2. 11 Beauty Vlogger Suhay Salimgambar 2. 12 Beauty Vlogger Tasya Farasya

sumber : google picture

gambar 2. 9 Beauty Vlogger Tasya Farasyasumber : google picture

(7)

commit to user

merupakan perusahaan pelatihan dan penyalur tenaga kerja ke negara-negara Timur Tengah.

2. Suhay Salim

Suhay Salim memulai channel YouTube beauty vlogger-nya sejak tahun 2015 dengan judul video blue green smokey eye makeup tutorial | makeup geek | suhaysalim. Sebelum menjadi beauty vlogger, Suhay Salim bekerja di sebuah klinik internasional dan mewajibkan dirinya untuk berkomunikasi menggunakan bahasa inggris. Di samping profesinya tersebut, Suhay Salim memiliki hobi fotografi.

Kegemarannya dalam bidang fotografi membawa dirinya menjadi seseorang yang memiliki minat terhadap makeup ketika objek yang difotonya tidak memakai riasan dan terlihat kurang menarik dalam gambar yang dibidiknya. Sejak saat itu Suhay Salim mempelajari sendiri tentang makeup dan membuka channel beauty vloggernya pada situs YouTube.

Suhay Salim terkenal dengan gaya bicara yang unik dan terkesan cuek.

Dengan gaya bicara ini lah yang membuat Suhay Salim memikat banyak penonton dan membuat penonton tertarik dan terhibur dengan gaya berbicaranya. Tidak seperti Tasya Farasya, Suhay Salim terlihat memiliki gaya hidup yang sederhana.

Salah satu hal yang menunjukkan kesederhanaan Suhay Salim adalah ketika dirinya

gambar 2. 13 Beauty Vlogger Suhay Salim gambar 2. 14 Beauty Vlogger Suhay Salim

sumber : google picture

gambar 2. 15 Beauty Vlogger Rachel Goddardsumber : google picture

(8)

sempat viral karena menikah di KUA hanya menggunakan baju sehari-hari. Beauty vlogger ini kini sudah memiliki 1,4 Juta Subscriber dan videonya telah ditonton sebanyak 147,362,551 views.

3. Rachel Goddard

Rachel Goddard merupakan makeup artist professional dan merupakan beauty vlogger Indonesia yang saat ini subscribernya telah mencapai 2,85 juta subscriber. Sebelum menjadi beauty vlogger, Rachel memulai karirnya di industri majalah kecantikan selama 8 tahun. Media terakhir tempat dia bekerja adalah bella magazine dan berposisi sebagai pengelola editor. Di tahun 2013 Rachel Goddard memutuskan untuk fokus bekerja di bidang lain lalu beralih profesi menjadi makeup artist. Dia telah bekerja sebagai MUA dengan beberapa orang terkenal di industri hiburan Indonesia. Lalu pada tahun 2014 Rachel memulai channel beauty vlogger- nya pada situs YouTube (tirto.id, 2019).

Tidak seperti Tasya Farasya yang berlatar belakang keluarga berada, Rachel

gambar 2. 16 Beauty Vlogger Rachel Goddard

gambar 2. 17 Beauty Vlogger Rachel Goddard

sumber : google picture

gambar 2. 18 Beauty Vlogger Abel Cantikasumber : google picture

(9)

commit to user

Rachel mengalami kebangkrutan. Rachel memutuskan untuk tinggal bersama neneknya dan bahkan sempat mengalami kesulitan untuk membiayai biaya pendidikan. Tetapi keadaan mulai membaik setelah Rachel memutuskan untuk menikah dan menetap di Kazakhstan bersama suaminya. Selama menetap disana, Rachel mulai membuat konten di situs YouTube untuk mengobati rasa rindunya terhadap kampung halaman (herstory.co.id, 2020).

4. Abel Cantika

Memulai karirnya sebagai beauty vlogger pada situs YouTube, Abel cantika kini telah memiliki 510 ribu subscriber dan channel YouTube-nya telah memiliki 46,133,588 views. Berkat keahliannya dalam bidang makeup serta gaya bicara yang menarik, Abel Cantika adalah beauty vlogger yang saat ini telah bekerja sama dengan brand makeup ternama seperti maybelline. Berkat popularitasnya, tidak hanya menerima banyak tawaran kerja sama, Abel Cantika juga diundang ke acara New York Fashion Week untuk Runway to sideaway (fimela.com, 2020).

Gaya makeup yang sederhana dan terlihat flawless menjadikan abel mempunyai banyak penggemar. Beberapa orang menjadikannya sebagai inspirasi karena gaya yang sederhana dan natural nampak mudah untuk ditiru namun tetap

gambar 2. 19 Beauty Vlogger Abel Cantika

gambar 2. 20 Beauty Vlogger Abel Cantika

sumber : google picture

gambar 2. 21 beauty vlogger Molita Linsumber : google picture

(10)

memberikan kesan cantik. Foundation dengan hasil dewy finish, lipstik nude, dan highlighter yang on point menjadi aspek makeup yang paling difavoritkan olehnya.

5. Molita Lin

Merupakan seorang beauty vlogger yang berperan sebagai ibu muda, meskipun sudah memiliki satu anak, beauty vlogger satu ini masih terlihat awet muda. Molita Lin sudah memulai mempelajari makeup sejak usia 17 tahun. Hanya bermodalkan belajar makeup melalui tutorial YouTube, pada tahun 2014 Molita lin mulai mengunggah video makeupnya di situs channel YouTube-nya yang saat ini telah memiliki 897 ribu subscribers dan keseluruhan video dalam channelnya telah berjumlah 88,624,861 views.

Ciri khas yang diterapkan Molita lin dalam menampilkan tutorial makeup adalah gaya makeup-nya yang natural serta sering menampilkan gaya korean look.

Gaya yang sederhana, menggunakan makeup secara tipis memberi kesan manis dan imut. Tidak hanya memberikan tips seputar makeup dan skincare, Molita juga membagikan konten-konten yang membahas tentang fashion. Gaya berpakaiannya terkesan chic dan stylish. Selain aktif mengunggah konten YouTube, Molita sering membagi potret OOTD-nya di akun instagramnya (beautynesia.id, 2020).

gambar 2. 22 beauty vlogger Molita Lin

sumber : google picture

Figure

gambar 2. 1 Riset pengguna aktif YouTube per bulan

gambar 2.

1 Riset pengguna aktif YouTube per bulan p.2
gambar 2. 7 Beberapa contoh beauty vlogger Indonesia

gambar 2.

7 Beberapa contoh beauty vlogger Indonesia p.4
gambar 2. 10 Beauty Vlogger Tasya Farasya

gambar 2.

10 Beauty Vlogger Tasya Farasya p.6
gambar 2. 13 Beauty Vlogger Suhay Salim  gambar 2. 14 Beauty Vlogger Suhay Salim

gambar 2.

13 Beauty Vlogger Suhay Salim gambar 2. 14 Beauty Vlogger Suhay Salim p.7
gambar 2. 16 Beauty Vlogger Rachel Goddard

gambar 2.

16 Beauty Vlogger Rachel Goddard p.8
gambar 2. 19 Beauty Vlogger Abel Cantika

gambar 2.

19 Beauty Vlogger Abel Cantika p.9
gambar 2. 22 beauty vlogger Molita Lin

gambar 2.

22 beauty vlogger Molita Lin p.10

References

Related subjects :

Scan QR code by 1PDF app
for download now

Install 1PDF app in