LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III Periode 15 Juli 15 September 2016

201 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

i

HALAMAN JUDUL

LAPORAN INDIVIDU

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III

Periode 15 Juli – 15 September 2016

Lokasi : SMK Muhammadiyah Magelang Dosen Pembimbing Lapangan : Joko Kumoro M.Si

Oleh :

DINA NUR ROCHMA 13802241020

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN

JURUSAN PENDIDIKAN ADMINISTRASI

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

2016

(2)

ii

(3)

iii

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji hanya untuk Allah SWT yang telah memberikan rahmat-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan Laporan PPL di SMK Muhammadiyah Magelang dengan baik. Penyusunan laporan ini merupakan tahap akhir dari serangkaian kegiatan PPL dari tanggal 15 Juli 2016 sampai dengan 15 September 2016. Penyelesaian laporan ini tidak lepas dari dukungan dan bantuan semua pihak, oleh karena itu penyusun mengucapkan terima kasih kepada:

Allah SWT yang telah memberikan petunjuk, kekuatan dan kemudahan sehingga penyusun mampu melaksanakan PPL dengan baik dan dapat menyusun laporan ini dengan lancar.

1. Orang tua dan adik adik saya yang selalu memberikan doa, nasihat dan dukungan. 2. Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A., selaku Rektor Universitas Negeri

Yogyakarta yang telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan PPL.

3. Bapak Joko Kumoro Ms.i selaku DPL PPL dan dosen pembimbing yang senantiasa memberikan bimbingan pada saat pelaksanaan PPL.

4. Dra. Hj. Supriyatiningsih, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Magelang.

5. Atiningsih, S.Pd. selaku koordinator PPL di SMK Muhammadiyah Magelang. 6. Ibu Endang Purwatiningsih S.Pd. selaku guru pembimbing di sekolah yang

senantiasa memberikan bimbingan pada saat pelaksanaan PPL.

7. Siswa SMK Muhammadiyah Magelang khususnya kelas X Administrasi Perkantoran yang telah membantu dan berpartisipasi dalam program PPL.

8. Pusat Layanan Praktik Pengalaman Lapangan dan Praktik Kerja Lapangan (PL PPL dan PKL) LPPMP, yang telah menyelenggarakan PPL.

9. Teman-teman PPL SMK Muhammadiyah Magelang yang senantiasa membantu selama perjalanan program PPL.

10. Semua pihak yang telah membantu pelaksanaan Program PPL sampai terselesainya penyusunan laporan ini dan tidak dapat disebutkan satu persatu.

Penyusun menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kegiatan PPL di SMK Muhammadiyah Magelang ini masih jauh dari kesempurnaan dan banyak kekurangan, sehingga sangat mengharapkan masukan yang berupa kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laporan ini.

(4)

iv

Penyusun,

Dina Nur Rochma NIM. 13802241020

(5)

v DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PENGESAHAN LAPORAN PPL ... ii

KATA PENGANTAR ... iii

DAFTAR ISI ... v

DAFTAR LAMPIRAN ... vi

ABSTRAK ... vii

BAB IPENDAHULUAN ... 1

A. Analisis Situasi ... 2

B. Perumusan Program dan Rancangan Kegiatan PPL ... 6

BAB IIPERSIAPAN, PELAKSANAAN, ANALISIS HASIL DAN REFLEKSI PPL ... 8

A. Persiapan PPL ... 8

B. Pelaksanaan PPL ... 12

C. Analisis Hasil Pelaksanaan ... 15

D. Refleksi PPL ... 17

BAB IIIPENUTUP ... 18

A. Kesimpulan ... 18

B. Saran ... 18

DAFTAR PUSTAKA ... 20

(6)

vi DAFTAR LAMPIRAN 1. Kartu Bimbingan 2. Lembar Observasi 3. Matriks PPL 4. Catatan Mingguan PPL

5. Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2016/2017 6. Kalender Kegiatan Tahun Ajaran 2016/2017 7. Perhitungan Minggu Efektif

8. Program Tahunan (Prota) Tahun Ajaran 2016/2017 9. Program Semester (Prosem) Tahun Ajaran 2016/2017 10. Silabus

11. Analisis KI dan KD

12. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Materi 13. Jurnal Guru Mengajar

14. Daftar Nilai Peserta Didik 15. Perhitungan KKM

16. Serapan Dana

(7)

vii ABSTRAK

LAPORAN PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2016

DI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG

Disusun Oleh : Dina Nur Rochma

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan perpaduan kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan. Penempatan mahasiswa di lokasi PPL diharapkan mampu meningkatkan skill mahasiswa. PPL merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang harus dimiliki.

Pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah Magelang dilakukan mulai tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016. Dalam rangkaian kegiatan PPL telah dilaksanakan berbagai kegiatan. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas, perencanaan meliputi konsultasi dengan guru pembimbing, persiapan materi, penyusunan perangkat pembelajaran, konsultasi perangkat pembelajaran, persiapan metode dan media pembelajaran sampai dengan pelaksanaan praktik mengajar di kelas. Kegiatan praktik mengajar telah dilakukan 2 kali tatap muka per minggu selama 8 minggu untuk kelas X program keahlian Administrasi Perkantoran.

Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh tiap mahasiswa dapat berjalan dengan baik, Banyak manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan program-program PPL. Manfaat tersebut antara lain: peserta didik menyadari bahwa ilmu yang disekitar mereka bisa dipelajari, peserta didik lebih aktif dalam diskusi. Selain itu, dengan adanya media pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar peserta didik SMK Muhammadiyah Magelang. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat pengalaman nyata yang dapat menjadi landasan untuk meningkatkan kompetensinya dalam dunia pendidikan. Kata kunci: PPL, Pelaksanaan, Hasil.

(8)

1 BAB I PENDAHULUAN

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Universitas Negeri Yogyakarta untuk mengembangkan dan menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku perkuliahan untuk diterapkan di dalam kehidupan nyata khususnya dibidang pendidikan formal. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan dapat menjadi bekal bagi Mahasiswa untuk membentuk tenaga pendidik yang profesional serta siap memasuki dunia pendidikan dan mampu menjadi tenaga pendidik yang memenuhi kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian. Selain itu, peran Mahasiswa dalam kegiatan ini adalah mampu memberikan kontribusi positif dalam rangka peningkatan maupun pengembangan-pengembangan progam sekolah.

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) adalah mata kuliah wajib yang diwujudkan dalam bentuk pendidikan dengan cara memberikan pelatihan dan pengalaman mengajar secara langsung di lapangan, khususnya di lembaga pendidikan sehingga Mahasiswa calon guru dapat mempunyai bekal dalam mengajar dan terlatih dalam mengidentifikasi permasalahan di lapangan serta belajar bagaimana cara mengatasinya.

PPL sebagai wahana pembentukan calon guru atau tenaga pendidik yang profesional memberikan kesempatan kepada Mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan yang ada di lembaga kependidikan, baik terkait dengan proses pembelajaran, maupun manajerial kelembagaan. Beberapa dimensi persyaratan sebagai seorang guru, tidak hanya menguasai materi dan keterampilan mengajar saja, akan tetapi juga sikap dan kepribadian yang luhur perlu dimiliki oleh seorang guru. Hal ini sesuai dengan teori tiga dimensi kompetensi guru yang mencakup, sifat-sifat kepribadian yang luhur, penguasaan bidang studi, dan keterampilan mengajar.

Dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini, Mahasiswa diterjunkan ke sekolah atau lembaga dalam jangka waktu tertentu secara bertahap dan berkesinambungan untuk dapat mengenal, mengamati, dan mempraktikkan semua kompetensi yang diperlukan bagi seorang guru atau tenaga pendidik. Bekal pengalaman yang telah diperoleh diharapkan dapat dipakai sebagai modal untuk mengembangkan diri sebagai calon guru atau tenaga pendidik yang sadar akan tugas dan tanggungjawabnya sebagai tenaga akademis. Lokasi PPL adalah sekolah atau lembaga pendidikan yang ada di wilayah Magelang, Jawa Tengah. Pada program

(9)

2

PPL UNY 2016 yang dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai dengan 15 September 2016, Mahasiswa praktikan memilih lokasi pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah Magelang yang beralamat di Jalan Tidar No. 21 Kota Magelang, Jawa Tengah. SMK Muhammadiyah Magelang dipilih sebagai lokasi PPL berdasarkan pertimbangan kesesuaian antara mata pelajaran atau materi.

A.Analisis Situasi

Tujuan dari Analisis Situasi di SMK Muhammadiyah Magelang sebelum dilaksanakannya program PPL adalah untuk mendapatkan data yang valid mengenai kondisi sekolah, baik kondisi fisik sekolah maupun kondisi non fisik di SMK Muhammadiyah Magelang. Data tersebut yang selanjutnya dijadikan acuan dalam perumusan program kerja. Data kondisi sekolah diperoleh dengan cara observasi di SMK Muhammadiyah Magelang. Observasi dilaksanakan pada tanggal 26 April 2016. Kegiatan observasi antara lain meliputi observasi kondisi sekolah dan observasi kondisi peserta didik pada saat pembelajaran di kelas. Dari hasil observasi di SMK Muhammadiyah Magelang diperoleh data tentang sekolah, yang untuk lebih jelasnya akan dipaparkan kemudian.

Hasil observasi di SMK Muhammadiyah Magelang adalah sebagai berikut: SMK Muhammadiyah Magelang berdiri pada tanggal 6 Agustus 1961 oleh pimpinan Muhammadiyah cabang Magelang bagian pengajaran di Karang Kidul, Kotamadya Magelang dengan nama SMEA Muhammadiyah. Izin pendirian sekolah diberikan Kepala Inspeksi Provinsi Pendjurus Urusan Pendidikan Ekonomi Jawa Tengah dengan nomor dan tanggal Keputusan: Pendjursus/UPE/Sn-15/68 tanggal 7 April 1977 dan sekarang di SMK Muhammadiyah Magelang sudah berakreditasi A (Amat Baik).

SMK Muhammadiyah Magelang merupakan lembaga pendidikan formal dibawah naungan organisasi Muhammadiyah yang bergerak dibidang pendidikan kejuruan yang terdiri dari 4 program studi keahlian, yaitu:

1. Bisnis Manajemen

- Administrasi Perkantoran - Akuntansi

- Pemasaran

2. Teknologi Informasi dan Komunikasi - Multimedia

3. Teknologi dan Rekayasa/Teknik Otomotif - Teknik Sepeda Motor

(10)

3 4. Kesehatan

- Farmasi

Visi SMK Muhammadiyah Magelang

Unggul dalam imtaq, berjiwa wirausaha, kompeten dibidangnya, dan kompetitif serta berbudaya lingkungan.

Misi SMK Muhammadiyah Magelang

a. Membentuk manusia muslim berakhlakul karimah, berdisiplin, jujur, bertanggungjawab, dan cinta tanah air.

b. Menyelenggarakan pembelajaran berbasis TIK dengan mengedepankan keunggulan, keterampilan, kreativitas, kemandirian, berjiwa wirausaha, serta memiliki sikap professional.

c. Menjalin kerja sama dengan pihak terkait dalam rangka mempersiapkan calon tenaga kerja yang kompeten dibidangnya.

d. Meningkatkan kualitas lulusan yang kompetitif di dunia kerja.

e. Menciptakan situasi kerja dan pembelajaran yang kondusif serta berwawasan lingkungan.

1. Kondisi Fisik Sekolah

SMK Muhammadiyah Magelang terletak di Jalan Tidar No. 21 Kota Magelang, Jawa Tengah. Berdasarkan observasi yang dilaksanakan pada bulan Maret hingga Juni 2016, secara umum kondisi fisik SMK Muhammadiyah Magelang, sudah layak sebagai tempat belajar mengajar. Beberapa ruangan yang ada di SMK Muhammadiyah Magelang diantaranya: a. Ruang Kelas

Ruang kelas berjumlah 18 kelas, yang terdiri dari 6 ruang kelas X masing-masing untuk kelas X Multimedia, X Administrasi Perkantoran, X Akuntansi, X Pemasaran, X Teknik Sepeda Motor, dan X Farmasi. 6 ruang kelas XI masing-masing untuk kelas XI Multimedia, XI Administrasi Perkantoran, XI Akuntansi, XI Pemasaran, XI Teknik Sepeda Motor, dan XI Farmasi. 6 ruang kelas XII masing-masing untuk kelas XII Multimedia, XII Administrasi Perkantoran, XII Akuntansi, XII Pemasaran, XII Teknik Sepeda Motor, dan XII Farmasi.

(11)

4 b. Ruang Kepala Sekolah

Ruang Kepala Sekolah berada di sebelah selatan setelah pintu gerbang.

c. Ruang Tata Usaha

Ruang Tata Usaha berada di depan gedung sekolah sebelah utara setelah pintu gerbang dengan tujuan agar mudah dalam melayani peserta didik dan masyarakat luar yang berkepentingan dan mencari informasi dengan sekolah.

d. Ruang Guru

Ruang guru SMK Muhammadiyah Magelang di satukan dalam satu ruangan, yang terletak di sebelah selatan ruang Kepala Sekolah.

e. Aula

Aula berada di sebelah selatan ruang guru. Aula SMK Muhammadiyah Magelang digunakan untuk agenda tertentu seperti rapat atau pertemuan-pertemuan pihak sekolah.Ruang Bimbingan Konseling

Ruang Bimbingan Konseling terletak di depan kelas XI TSM dan di samping ruang UKS.

f. Perpustakaan

Perpustakaan terletak di bagian timur lantai dua. Perpustakaan melayani peserta didik SMK Muhammadiyah Magelang yang ingin menambah wawasan atau meminjam buku.

g. Ruang Laboratorium

Ruang lab. komputer, lab. multimedia, lab. sepeda motor, lab. Administrasi Perkantoran, lab, pemasaran, lab. farmasi digunakan untuk mengasah keterampilan peserta didik SMK Muhammadiyah Magelang. h. Masjid

Masjid SMK Muhammadiyah Magelang digunakan untuk keperluan ibadah peserta didik, guru, dan karyawan.

i. Lapangan

Lapangan SMK Muhammadiah Magelang digunakan untuk keperluan upacara bendera, olah raga seperti sepak bola, bola voli, dll untuk peserta didik, guru, dan warga sekolah SMK Muhammadiyah Magelang.

j. Toilet

Toilet guru sebanyak 1 ruang, toilet laki-laki 9 ruang, toilet perempuan 6 ruang tersedia di SMK Muhammadiyah Magelang.

(12)

5 k. Tempat Parkir

Tempat parkir luas untuk menampung kendaraan guru, karyawan, dan peserta didik SMK Muhammadiyah Magelang.

2. Kondisi Non-Fisik Sekolah a. Potensi Peserta Didik

Peserta didik SMK Muhammadiyah Magelang berjumlah 417 peserta didik, dengan rincian kelas X 143 peserta didik, XI 120 peserta didik, XII 154 peserta didik. Peserta didik tersebut adalah yang mendaftar sebagai peserta didik dan registrasi ulang pada setiap tahun ajaran baru.

Motivasi belajar peserta didik SMK Muhammadiyah Magelang sudah baik, hal ini dapat dilihat dari pengayaan yang dilakukan setiap akhir materi pembelajaran. Motivasi peserta didik SMK Muhammadiyah Magelang dalam kegiatan organisasi dan ekstrakulikuler cukup tinggi. Ini terlihat dari jumlah anggota di setiap kegiatan. IPM, Hizbul Wathon (HW) dan Paskibraka SMK Muhammadiyah Magelang juga memiliki anggota yang solid.

b. Potensi Guru

SMK Muhammadiyah Magelang memiliki tenaga pengajar lulusan Universitas Negeri dan Universitas Swasta dengan didukung oleh SDM dengan 99% berijazah Sarjana (S1)/Pasca Sarjana (S2) dan 1% masih menempuh studi.

Dalam kegiatan belajar mengajar, guru-guru di SMK Muhammadiyah Magelang memiliki dedikasi yang tinggi dalam hal memotivasi peserta didik, berinteraksi dengan peserta didik, dan penyampaian materi yang menarik perhatian peserta didik.

c. Potensi Karyawan

SMK Muhammadiyah Magelang mempunyai karyawan yang ditempatkan pada Tata Usaha, Perpustakaan, Bimbingan Konseling, Penjaga Sekolah, Petugas Kebersihan dan Pemelihara Sekolah.

d. Media Pembelajaran

Media pembelajaran di SMK Muhammadiyah Magelang antara lain papan tulis white board, proyektor, alat-alat peraga, media laboratorium, media komputer, serta alat-alat kesenian dan alat-alat olahraga.

e. Kegiatan Ekstrakurikuler

Untuk membina kepribadian serta mengembangkan potensi peserta didik SMK Muhammadiyah Magelang, maka dilaksanakan sejumlah

(13)

6

kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan pada sore hari dengan kegiatan sebagai berikut:

1) Hizbul Wathon (HW)

2) Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) 3) Tapak Suci

4) Paskibraka 5) Paduan suara

B.Perumusan Program dan Rancangan Kegiatan PPL

Kegiatan PPL UNY dimulai pada 15 Juli sampai 15 September 2016. Perumusan rancangan kegiatan PPL disusun agar pelaksanaannya dapat lebih terarah sehingga tujuan dari kegiatan tersebut dapat tercapai, baik itu untuk kegiatan belajar toeri maupun praktik. Dalam pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah Magelang telah dibuat perumusan dan rancangan kegiatan PPL. Pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah Magelang terdiri dari beberapa tahapan antara lain:

1. Sosialisasi dan Koordinasi

Sosialisasi bertujuan untuk mengenalkan diri kepada sekolah, mengenal lingkungan kerja, dan mengenal suasana kekeluargaan antarpersonil yang ada di sekolah. Dengan demikian, pada saat melaksanakan rangkaian kegiatan PPL, Mahasiswa dapat berkomunikasi dan menjalin kerja sama dengan elemen sekolah.

2. Observasi Potensi

Pengamatan terhadap potensi-potensi yang ada di sekolah dilakukan agar penyusunan rancangan PPL dapat sesuai dengan potensi yang ada di sekolah. Dengan demikian didapatkan hasil perancangan yang efektif dan efisien.

3. Observasi Pembelajaran

Observasi kegiatan pembelajaran dilakukan di dalam kelas dengan mengikuti guru yang mengajar pada hari dan jam yang telah ditentukan oleh guru sesuai dengan jadwal mengajar dan sesuai dengan kesepakatan antara Mahasiswa dengan guru.

4. Membuat Buku Kerja

Sebelum melaksanakan pembelajaran, Mahasiswa praktikan diwajibkan untuk membuat administrasi guru berupa buku kerja meliputi pembuatan

(14)

7

silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), program tahunan, program semester, alokasi waktu, dan lain sebagainya.

5. Perumusan Program Kerja PPL

Perumusan rancangan kegiatan PPL disusun agar pelaksanaannya dapat lebih terarah sehingga tujuan dari kegiatan tersebut dapat tercapai, baik itu untuk kegiatan belajar teori maupun kegiatan praktik. Untuk dapat membuat rancangan kegiatan PPL ini terlebih dahulu dilakukan observasi kelas. Berdasarkan observasi ang dilakukan kelas yang dilakukan oleh peserta PPL, maka untuk program yang direncanakan pada PPL UNY di SMK Muhammadiyah Magelang dapat dirumuskan sebagai berikut:

1. Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 2. Penyiapan Media Pembelajaran

3. Evaluasi Pembelajaran 4. Pembuatan Buku Kerja Guru

5. Praktik mengajar terbimbing dan mandiri 6. Konsultasi dengan guru pembimbing 7. Konsultasi dengan DPL PPL

8. Membantu melengkapi administrasi akreditasi sekolah. 9. Mengikuti upacara bendera hari Senin/hari besar negara. 10.Piket harian sekolah

11.Pendampingan ekstrakurikuler 12.Kultum

13.Mengikuti pengajian kelas bulanan

(15)

8 BAB II

PERSIAPAN, PELAKSANAAN, ANALISIS HASIL DAN REFLEKSI PPL

A.Persiapan PPL

Kegiatan belajar mengajar di dalam kelas bukanlah suatu kegiatan yang bisa dianggap ringan, karena perlu dimiliki kemampuan mengajar yang baik. Perlu adanya persiapan-persiapan yang harus dilakukan Mahasiswa sebelum melakukan kegiatan PPL baik itu berupa persiapan fisik maupun persiapan non fisik, agar nantinya kegiatan pembelajaran di dalam kelas dapat berjalan dengan baik dan tepat sasaran sesuai dengan apa yang diharapkan.. Secara garis besar, rencana kegiatan PPL, adalah sebagai berikut:

1. Pengajaran Mikro (Micro Teaching)

Pengajaran mikro (microteaching) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh Mahasiswa pada semester sebelum melaksanakan PPL. Mata kuliah ini penting, karena digunakan untuk sarana latihan strategi belajar mengajar bagi mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan PPL. Di dalam program kegiatan ini, mahasiswa melakukan praktik mengajar dalam kelas kecil yang terdiri dari 14 orang. Disini Mahasiswa praktikan berperan sebagai layaknya seorang guru dan teman-teman yang lain berperan sebagai peserta didik dengan didampingi oleh seorang dosen pembimbing.

Micro teaching ini dilaksanakan dengan dimasukkan dalam mata kuliah yang wajib tempuh bagi Mahasiswa yang akan mengambil PPL pada semester berikutnya. Persyaratan yang diperlukan untuk mengikuti mata kuliah ini adalah Mahasiswa yang telah menempuh minimal semester VI. Dalam pelaksanaan perkuliahan, Mahasiswa diberikan materi tentang bagaimana mengajar yang baik dengan disertai praktik untuk mengajar dengan peserta yang diajar adalah teman sekelompok atau peer teaching. Keterampilan yang diajarkan dan dituntut untuk dimiliki dalam pelaksanaan mata kuliah ini adalah berupa ketrampilan-ketrampilan yang berhubungan dengan persiapan menjadi seorang calon guru atau pendidik.

2. Pembekalan PPL

Kegiatan pembekalan PPL diberikan kepada Mahasiswa sebelum diterjunkan di lapangan yaitu SMK Muhammadiyah Magelang. Pembekalan PPL ini wajib diikuti oleh semua Mahasiswa yang akan melaksanakan

(16)

9

kegiatan PPL. Tujuan dari pembekalan PPL ini agar Mahasiswa memiliki bekal pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam pelaksanaan program dan tugas-tugasnya di sekolah.

3. Observasi Kelas

Observasi kelas bertujuan untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman pendahuluan mengenai tugas sebagai guru yang berhubungan dengan proses pembelajaran di kelas. Adapun aspek yang diamati di dalam kelas dan hasilnya, adalah sebagai berikut:

a. Perangkat Pembelajaran 1) Kurikulum

Kurikulum yang digunakan adalah KTSP untuk kelas XI tahun pelajaran 2016/2017 dan Kurikulum 2013 untuk kelas X tahun pelajaran 2016/2017.

2) Silabus

3) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RPP sudah sesuai dengan standar proses. Metode yang digunakan guru adalah ceramah dan diskusi kelas. Selain itu Selain itu guru juga mengadakan evaluasi pada akhir pelajaran. Di dalam RPP menunjukkan tujuan pembelajaran setelah dilakukan pembelajaran dengan diberikan nilai katakter didalamnya, terdapat alokasi waktu, cara penilaian, dan metode pembelajaran.

b. Proses Pembelajaran 1) Membuka pelajaran

Pembelajaran diawali dengan mengucap salam dan berdoa. Pengkondisian kelas dilakukan dengan mengajak peserta didik fokus dan konsentrasi (siap) untuk memulai pelajaran, kemudian mengecek kehadiran peserta didik dilanjutkan dengan guru mengingatkan/ mengulas kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya. Cara membuka pelajaran sudah baik dan akan lebih meningkatkan kedekatan antara peserta didik dengan guru apabila ditambah dengan menanyakan keadaan, kesehatan atau menanyakan kehadiran peserta didik.

2) Penyajian materi

Dalam menyajikan materi, guru memberikan penjelasan sesuai materi yang disampaikan. Selain itu guru juga mengajak peserta didik untuk aktif dalam pelaksanaan pembelajaran dengan cara

(17)

10

memberikan pertanyaan atau mengajak diskusi peserta didik. 3) Metode pembelajaran

Dalam pembelajaran di kelas, pembelajaran dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan memberikan tugas pada peserta didik. Saat diskusi, guru sebagai fasilitator dalam kegiatan pembelajaran. 4) Penggunaan Bahasa

Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia. Namun sesekali juga menggunakan bahasa daerah agar terjalin komunikasi yang lebih nyaman antara peserta didik dengan guru.

5) Penggunaan waktu

Penggunaan waktu pembelajaran sudah cukup efisien. Mulai dari awalan, inti, dan penutupan sudah dilakukan dengan sistematis. 6) Gerak

Guru tidak hanya berdiri di depan kelas, namun guru berkeliling dan berdiri di dekat peserta didik sehingga lebih banyak terjadi interaksi antara guru dengan peserta didik. Komunikasi yang terjalin juga lebih dekat. Selain itu guru juga mengetahui kesulitan yang dihadapi peserta didik.

7) Cara memotivasi peserta didik

Motivasi yang dilakukan guru adalah memberikan penjelasan kepada peserta didik akan manfaat dan pentingnya pelajaran tersebut. Selain itu guru juga memberikan pujian bagi peserta didik yang sudah menyelesaikan tugasnya, peserta didik yang sudah bekerja dengan baik dan peserta didik yang berani menjawab pertanyaan.

8) Teknik bertanya

Teknik yang digunakan untuk memberikan kesempatan bertanya dan ditanya dengan pemberian pertanyaan kepada secara acak seluruh peserta didik kemudian beberapa peserta didik ditunjuk untuk menjawab pertanyaan. Teknik ini dilakukan untuk memicu partisipasi keaktifan peserta didik.

(18)

11 9) Teknik penguasaan kelas

Guru mampu menguasai kelas dengan melibatkan peserta didik dalam penyampaian materi.

10)Penggunaan media

Media yang digunakan berupa buku dan bahan ajar dari modul serta internet. Selain itu menggunakan white board dan spidol, guru juga menggunkan komputer/laptop dan LCD Proyektor untuk membantu dalam penyampaian materi.

11)Bentuk dan cara evaluasi

Evaluasi dapat dilakukan dengan memberikan tugas atau ulangan harian kepada peserta didik, untuk mengukur sejauh mana peserta didik dapat memahami materi yang telah disampaikan, selain itu juga dengan mengamati hasil praktik peserta didik. Selain itu guru juga melontarkan pertanyaan-perntanyaan pada peserta didik diakhir pembelajaran untuk mengukur sejauh mana tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan.

12)Menutup pelajaran

Guru menutup pelajaran dengan memberikan kesimpulan atas materi yang telah disampaikan, kemudian mengucap salam dan diikuti dengan pemberitahuan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya.

c. Perilaku Peserta Didik

1) Perilaku peserta didik di dalam kelas

Sebagian besar peserta didik terfokus pada pelajaran, tetapi masih ada juga peserta didik yang kurang konsen. Untuk mengatasinya guru memberikan mereka tugas, namun masih ada peserta didik yang mengobrol dengan temannya.

2) Perilaku peserta didik diluar kelas

Pada saat observasi dilakukan, perilaku peserta didik diluar kelas adalah jajan dan hampir tidak ada yang membicarakan tentang pelajaran yang baru saja dipelajari.

Observasi kelas tersebut dilaksanakan pada mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi. Mata pelajaran ini dilaksanakan dalam 2 jam pelajaran. Pada saat melaksanakan observasi kelas, dilakukan pengamatan dan interaksi langsung dengan peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran. Berikut merupakan hasil kesimpulan pengamatan kelas yang

(19)

12 sudah dilaksanakan oleh Praktikan:

a. Kegiatan peserta didik pada saat berlangsungnya pembelajaran cenderung berbeda-beda. Ada yang memperhatikan dan ada yang berbicara sendiri.

b. Aktivitas guru pada saat pembelajaran berjalan lancar, dimana guru membuka pelajaran dengan berdoa, presensi peserta didik, pengenalan pembelajaran di kelas untuk beberapa waktu ke depan, memotivasi peserta didik dan membimbing peserta didik untuk mengerti dalam suatu materi pembelajaran. Pada saat penutupan, guru menutup proses pembelajaran dengan memberikan nasehat pada peserta didik, menyampaikan materi apa yang akan diberikan pada pertemuan selanjutnya, menyanyikan lagu tradisional (untuk jam terakhir pelajaran) dan berdoa.

c. Proses pembelajaran berlangsung baik, dalam arti peserta didik dan guru bisa berinteraksi secara sehat dan materi dapat tersampaikan pada peserta didik dengan baik.

4. Pembuatan Persiapan Mengajar

Dari hasil observasi di atas didapatkan suatu kesimpulan bahwa kegiatan belajar mengajar sudah berlangsung sebagai mana mestinya. Sehingga peserta PPL dapat melanjutkan proses pembelajaran tersebut, dengan membuat persiapan mengajar seperti:

a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran b. Materi ajar

c. Media pembelajaran d. Soal evaluasi

B.Pelaksanaan PPL

1. Persiapan Praktik Mengajar

a. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Saat pelaksanaan PPL, mengajar mata pelajaran Korespondensi, materi yang disampaikan disesuaikan dengan kebutuhan dan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik.

b. Metode

Metode yang digunakan selama kegiatan belajar mengajar adalah metode ceramah, diskusi,dan penugasan.

(20)

13 c. Media Pembelajaran

Media pembelajaran yang digunakan yaitu media pembelajaran modern berupa materi yang ditampilkan menggunakan proyektor dalam bentuk power point.

d. Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pembelajaran yang digunakan dalam mata pelajaran adalah Korespondensi, evaluasi per sub kompetensi dasar dan penilaian keaktifan peserta didik dalam mengikuti pelajaran.

e. Melaksanakan Administrasi Guru

Praktikan juga melaksanakan administrasi seperti presensi peserta didik, rekap penilaian peserta didik, dan mengisi buku jurnal perkembangan kelas.

2. Praktik Mengajar

a. Praktik Mengajar Terbimbing

Selama pelaksanaan PPL, Praktikan beberapa kali melakukan praktik mengajar terbimbing. Dalam praktik mengajar terbimbing ini praktikan diberi bimbingan tentang pengelolaan kelas dan penyampaian materi.

b. Praktik Mengajar Mandiri

Kegiatan Praktik Mengajar Mandiri bertujuan untuk melatih praktikan menggunakan seluruh pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama kuliah dan kegiatan pengajaran mikro. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL, praktikan mendapat tugas untuk mengajar kelas X Administrasi Perkantoran. Pembelajaran yang dilakukan selama kegiatan PPL meliputi:

1) Membuka Pelajaran

Diawali pembelajaran agar lebih baik dan semua peserta didik fokus dengan pelajaran, maka dilakukan pembukaan pelajaran. Membuka pelajaran dilakukan dengan mengucapkan salam. Pengkondisian peserta didik di kelas dilakukan dengan merapikan peserta didik agar duduk di tempat duduk masing-masing dan menunggu hingga kondisi kelas tenang dan kondusif untuk proses pembelajaran.

Sebelum memasuki materi, praktikkan melakukan presensi agar guru mengetahui peserta didik yang tidak hadir dalam pembelajaran sekaligus alasannya. Selain itu, menambah

(21)

14

keakraban antara praktikan dengan peserta didik maka guru menanyakan kabar semua peserta didik dan sedikit memberikan motivasi belajar kepada semua peserta didik. Tidak lupa praktikkan juga mengulang kembali materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya untuk mengingatkan peserta didik agar tidak lupa dengan materi yang telah disampaikan.

2) Penyajian Materi

Praktikan menggunakan buku dan modul yang diberikan oleh guru pembimbing untuk proses pembelajaran. Dalam penyajian materi praktikan menggunakan beberapa metode pembelajaran sebagai berikut:

a) Ceramah b) Diskusi c) Penugasan

Peralatan dan Media pembelajaran yang digunakan selama proses pembelajaran sebagai berikut:

a) Laptop b) Proyektor c) Modul

3) Penggunaan Waktu

Selama PPL, Praktikan sudah mengajar kelas: X Administrasi Perkantoran : 12 kali 4) Gerak

Di dalam proses pembelajaran di kelas, praktikan berusaha untuk menjangkau semua peserta didik. Maka dalam menjelaskan teori di kelas praktikan harus sesering mungkin berkeliling kelas, sehingga semua peserta didik merasa terawasi dan dekat dengan praktikan tersebut. Selain itu praktikan juga mudah memantau peserta didik saat proses pembelajaran.

5) Motivasi kepada Peserta Didik

Motivasi diberikan kepada peserta didik adalah dengan menjelaskan akan pentingnya pelajaran tersebut untuk dikuasai sehingga akan bermanfaat untuk kehidupan dan karier mereka kelak, selain itu juga dengan menyampaikan cerita dan video motivasi untuk dapat menambah semangat peserta didik dalam belajar.

(22)

15 6) Teknik Bertanya

Memberikan pertanyaan-pertanyaan pada awal pembelajaran terkait materi pada pertemuan sebelumnya, tujuannya supaya peserta didik dapat mengingat materi tersebut. Selain itu praktikan juga memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang sedang dipelajari. Dengan langkah ini, diharapkan peserta didik mampu mengembangkan konsep materi yang telah dipelajari.

7) Penguasaan Kelas

Cara menguasai kelas agar semua peserta didik dapat berkonsentrasi dan memperhatikan apa yang disampaikan oleh praktikan adalah dengan menggunakan komunikasi dua arah, yaitu praktikan tidak boleh mendominasi materi di kelas, melainkan juga harus mengajak peserta didik berdiskusi atau sering memberikan pertanyaan sehingga semua peserta didik lebih aktif. Dengan cara demikian peserta didik akan lebih mudah dikendalikan. Cara tersebut juga digunakan untuk mengurangi kondisi kelas yang ramai akibat peserta didik yang mengobrol sendiri dan kurang memperhatikan penjelasan praktikan saat pembelajaran berlangsung.

8) Menutup Pelajaran

Pembelajaran di kelas ditutup dengan memberikan kesimpulan atas materi yang disampaikan dan menyampaikan materi yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya. Tidak lupa praktikan juga memberikan nasihat kepada peserta didik untuk selalu belajar dirumah dan diakhiri dengan berdoa.

9) Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi yang diberikan kepada peserta didik berupa pertanyaan- pertanyaan terkait materi yang disampaikan, latihan soal-soal, tugas pengamatan dan ulangan harian di setiap bab yang telah diajarkan, serta nilai praktik yang dilakukan oleh peserta didik.

C.Analisis Hasil Pelaksanaan

Praktik mengajar merupakan inti dari kegiatan PPL selama mahasiswa terjun di lapangan. Dalam melaksanakan PPL di SMK Muhammadiyah Magelang. Praktikan mulai mengajar pada tanggal 15 Juli 2015 sampai 15 September 2016.

(23)

16

Dalam melaksanakan PPL ini banyak sekali faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses dalam PPL, diantaranya:

1. Faktor Pendukung

Dalam pelaksanaan praktik mengajar, terdapat beberapa faktor pendukung yang memperlancar proses belajar mengajar, antara lain:

a. Pengetahuan dan pengalaman tentang proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah menengah kejuruan baik di kelas maupun di luar kelas.

b. Kesempatan berperan dalam memajukan pendidikan sekolah menengah kejuruan yaitu membantu menyampaikan materi pelajaran dan berbagi pengalaman belajar.

c. Pengalaman dan keterampilan dalam melaksanakan pekerjaan praktikan antara lain menyiapkan perangkat pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil pembelajaran.

d. Keterampilan memilih strategi, model, dan metode pembelajaran yang sesuai untuk diterapkan dalam proses pembelajaran.

e. Keterampilan dalam berkomunikasi dengan siswa secara langsung di depan kelas serta kemampuan beradaptasi dengan semua pihak yang ada di lingkungan sekolah.

2. Faktor Penghambat

Selain faktor pendukung yang sangat membantu praktikan dalam kegiatan belajar mengajar, terdapat sedikit hambatan yang dirasakan oleh praktikan, antara lain:

a. Kurang matangnya observasi yang dilakukan sebelumnya sehingga banyak hal yang seharusnya diketahui lebih dini, terutama model pembelajaran dan metode penyampaian materi. Solusinya dengan memperbanyak konsultasi dengan guru pembimbing.

b. Masalah adaptasi praktikan dengan lingkungan dan komponen yang ada di sekolah termasuk dengan peserta didik, solusinya praktikan harus lebih aktif melakukan pendekatan humanis dengan selururh komponen yang ada di sekolah.

c. Ada beberapa peserta didik di dalam kelas yang membuat gaduh dan mengganggu teman-temannya, solusinya praktikan harus lebih tegas terhadap beberapa peserta didik tersebut agar kondisi kelas menjadi terkontrol dan penyampaian materi tersalurkan dengan baik.

d. Gangguan-gangguan peralatan media pembelajaran yang terkadang tidak bisa digunakan atau kurang baik seperti LCD, solusinya praktikan harus

(24)

17

mengantisipasi dan mengganti dengan media pembelajaran lain.

Secara keseluruhan program dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan target yang diharapkan. Hal ini dapat dilihat dari kenyataan bahwa pada tahap persiapan (pembekalan) sudah cukup memberikan bekal untuk praktikan untuk terjun ke lapangan karena sudah relevan dengan hal yang sebenarnya yang ada di lapangan. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan PPL antara lain:

1. Mahasiswa dapat merasakan dan mengenal bagaimana kehidupan seorang pendidik yang sebenarnya serta dapat berusaha untuk membentuk sikap pendidik yang profesional.

2. PPL menambah pengetahuan dan wawasan Mahasiswa tentang guru, administrasi guru, dan kegiatan lain yang menunjang kelancaran KBM.

3. Kegiatan PPL dapat memberikan kegiatan nyata dari kondisi dan situasi lingkungan yang ada untuk menghadapi lingkungan kerja di masa mendatang. 4. Kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman yang sangat beharga untuk

menjadi tenaga pendidik profesional ke depan kelak.

D.Refleksi PPL

Secara keseluruhan, rencana program PPL sudah terlaksana dengan baik. Dari persiapan, yaitu menyusun RPP berdasarkan silabus yang ada, membuat media pembelajaarn semua berjalan dengan lancar. Guru pembimbing mata pelajaran perencanaan pemasaran memberikan bimbingan secara langsung kepada praktikan, baik sebelum pengajaran berlangsung maupun setelah pelaksanaan pengajaran. Hal ini dimaksudkan agar praktikan dapat melakukan pengajaran yang lebih baik dan memiliki kemajuan dalam mengajar.

Selama mahasiswa melaksanakan praktik mengajar di SMK Muhammadiyah Magelang, telah banyak pengalaman, pembelajaran, dan pengetahuan yang praktikan dapatkan, diantaranya seperti: 1) bahwa untuk menjadi seorang guru itu dituntut untuk lebih memahami karakteristik setiap peserta didiknya dengan, 2) selain itu juga guru dituntut untuk lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam mengembangkan metode dan media pembelajaran serta harus pandaipandai dalam memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, 3) untuk menjadi seorang guru yang profesional ternyata membutuhkan persiapan yang lebih, dan disisi lain begitu banyak administrasi seorang guru yang perlu di buat dan disusun sebagai syarat mengajar.

(25)

18 BAB III PENUTUP

A.Kesimpulan

Pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah Magelang dapat berjalan dengan baik seperti yang direncanakan. Adapun kesimpulan yang dapat ditarik dari pengalaman tersebut antara lain:

1. Dari kegiatan tersebut, Mahasiswa memperoleh pemahaman tentang seluk- beluk sekolah, lingkungan sekolah, dan proses belajar mengajar peserta didik secara langsung.

2. PPL merupakan suatu kesempatan bagi Mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

3. PPL merupakan tolak ukur kemampuan Mahasiswa dalam pengurusan bidang perkuliahan yang sudah ditempuh.

4. PPL memberikan bekal berupa pengalaman yang nantinya dapat dipergunakan apabila Mahasiswa terjun dalam pekerjaan dan mengetahui secara langsung kegiatan persekolahan yang menunjang proses belajar mengajar.

5. Mahasiswa praktikan sebagai calon tenaga kependidikan dalam kaitannya dengan kompetensi professional dituntut memiliki kompetensi lain seperti: personality dan sociality dan program PPL ini memberikan kontribusi yang nyata.

6. Hubungan yang terjalin harmonis antara guru, peserta didik, dan karyawan dengan Mahasiswa sangat membantu kelancaran PPL.

B.Saran

Pelaksanaan PPL di SMK Muhammadiyah Magelang dapat berjalan dengan baik seperti yang direncanakan. Adapun kesimpulan yang dapat ditarik dari pengalaman tersebut antara lain:

1. Dari kegiatan tersebut, Mahasiswa memperoleh pemahaman tentang seluk- beluk sekolah, lingkungan sekolah, dan proses belajar mengajar peserta didik secara langsung.

2. PPL merupakan suatu kesempatan bagi Mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman yang berhubungan dengan dunia pendidikan.

3. PPL merupakan tolak ukur kemampuan Mahasiswa dalam pengurusan bidang perkuliahan yang sudah ditempuh.

(26)

19

4. PPL memberikan bekal berupa pengalaman yang nantinya dapat dipergunakan apabila Mahasiswa terjun dalam pekerjaan dan mengetahui secara langsung kegiatan persekolahan yang menunjang proses belajar mengajar.

5. Mahasiswa praktikan sebagai calon tenaga kependidikan dalam kaitannya dengan kompetensi professional dituntut memiliki kompetensi lain seperti: personality dan sociality dan program PPL ini memberikan kontribusi yang nyata.

6. Hubungan yang terjalin harmonis antara guru, peserta didik, dan karyawan dengan Mahasiswa sangat membantu kelancaran PPL.

(27)

20

DAFTAR PUSTAKA

Tim Pembekalan KKN-PPL. 2011. Materi Pembekalan KKN-PPL. Yogyakarta: UNY.

Tim Pembekalan Pengajaran Mikro. 2011. Materi Pembekalan Pengajaran Mikiro/PPL 1. Yogyakarta: UNY

(28)

21

(29)
(30)

FORMAT OBSERVASI

PEMBELAJARAN DI KELAS DAN

OBSERVASI PESERTA DIDIK

NAMA MAHASISWA : DINA NUR R. PUKUL : 10.15 - 11.45

NO. MAHASISWA : 13802241020 TEMPAT PRAKTIK :SMK MUH. MGL

TGL. OBSERVASI : 21 MEI 2016 FAK/JUR/PRODI :FE/P. ADP

No Aspek yang Diamati Deskripsi Hasil Pengamatan

A Perangkat Pembelajaran

1. Kurikulum Tingkat Satuan Pembelajaran (KTSP)/Kurikulum 2013

Untuk tahun ajaran 2015/2016 Kurikulum yang digunakan kurikulum 2006 (KTSP) sedangkan untuk tahun ajaran baru

2016/2017 bagi Kelas X mulai diterapkan kurikulum 2013.

2. Silabus Sudah ada, silabus kurikulum 2006

(KTSP) dan kurikulum 2013. 3. Rencana Pelaksanaan

Pembelajaran (RPP)

Sudah ada, sesuai dengan kurikulum 2006 (KTSP) dan kurikulum 2013 serta sesuai dengan silabus yang ada.

B Proses Pembelajaran

1. Membuka pelajaran Diawali dengan salam, melakukan presensi kehadiran peserta didik, kemudian

mereview materi yang lalu.

2. Penyajian materi Penyajian materi sudah baik. Guru

melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.

3. Metode pembelajaran Menggunakan metode saintifik.

4. Penggunaan bahasa Sudah sesuai dan mudah untuk dimengerti. Menggunakan bahasa Indonesia, sesekali menggunakan bahasa Jawa karena menyesuaikan dengan lokasi sekolah. 5. Penggunaan waktu Sudah sesuai dan efektif. 2 x 45 menit.

6. Gerak Gerak yang digunkan guru sudah cukup

untuk mempertegas setiap informasi yang diberikan. Guru juga sudah bergerak menyeluruh untuk menjangkau setiap siswa.

7. Cara memotivasi siswa Guru menyelipkan lewat humor dan sharing pengalaman yang dibawa dalam cerita dan dikaitkan dengan materi. 8. Teknik bertanya Pertanyaan dilakukan dengan tiba-tiba,

agar siswa tetap terjaga konsentrasinya. 9. Teknik penguasaan kelas Guru mampu mengendalikan kelas dengan

baik.

10.Penggunaan media Guru menggunakan media powerpoint.

NPma.1

(31)

11.Bentuk dan cara evaluasi Sudah bervariasi, dilakukan secara berkelompok maupun individu sesuai dengan bahan ajar yang sedang dipelajari. 12.Menutup pelajaran Guru menutup pelajaran dengan

mengucapkan salam. C Perilaku Siswa

1. Perilaku siswa di dalam kelas Suka bercanda, dan beberapa aktif bertanya. Sebagian siswa memperhatikan walaupun ada beberapa yang sibuk dengan aktivitasnya sendiri, namun guru selalu memberikan motivasi.

2. Perilaku siswa di luar kelas Siswa sopan dan ramah.

Mengetahui, Guru Pembimbing Endang Purwatiningsih, S.Pd NBM. 811 592 Magelang, 21 Mei 2016 Mahasiswa PPL

Dina Nur Rochma NIM. 13802241020

(32)

FORMAT OBSERVASI

PEMBELAJARAN DI KELAS DAN

OBSERVASI PESERTA DIDIK

NAMA MAHASISWA : DINA NUR R PUKUL : 10.15 – 11.45

NO. MAHASISWA : 13802241020 TEMPAT PRAKTIK :SMK MUH. MGL

TGL. OBSERVASI : 21 MEI 2016 FAK/JUR/PRODI :FE/P. AKUNTANSI

No Aspek yang Diamati Deskripsi Hasil Pengamatan Keterangan 1. Kondisi fisik sekolah Jauh dari jalan besar, agak masuk

jalan kecil sehingga suasananya nyaman untuk belajar.

2. Potensi siswa Lebih berpotensi pada bidang ektrakulikuler.

3. Potensi guru Baik. Semua guru sudah S1, beberapa guru sudah menempuh S2.

4. Potensi karyawan Cukup baik.

5. Fasilitas KBM, Media Fasilitas KBM sudah cukup memadai dan setiap ruangan ada proyektor.

6. Perpustakaan Banyak buku pelajaran.

7. Laboratorium Terdapat 6 laboratorium dengan peralatan yang memadai.

8. Bimbingan Konseling Adapun pemberian sanksi yang bertahap bagi siswa yang bermasalah.

9. Bimbingan Belajar Bimbingan belajar disediakan untuk anak kelas IX.

10. Ekstrakurikuler Tapak Suci, Hizbul Wathon, Paskibraka, paduan suara. 11. Organisasi dan Fasilitas

OSIS

Secara struktural OSIS telah terbentuk, kerjanya cukup baik. 12. Organisasi dan Fasilitas

UKS

Ada. Banyak obat-obatan yang sudah berkurang.

13. Karya Tulis Ilmiah Remaja Terdapat mading dan papan informasi di setiap kelas. 14. Karya Ilmiah oleh Guru Belum ada.

15. Koperasi siswa Dipegang oleh siswa. Menjual berbagai aneka makanan kecil. 16. Tempat Ibadah Tersedia, sering digunakan untuk

kegiatan keagamaan seperti sholat dzuhur dan sholat Jum’at pada hari Jum’at.

17. Kesehatan lingkungan Cukup baik, tersedia tempat

NPma.1

(33)

*) Catatan: sebagai bahan penyusunan program kerja PPL Mengetahui, Guru Pembimbing Endang Purwatiningsih, S.Pd NBM. 811 592 Magelang, 21 Mei 2016 Mahasiswa PPL

Dina Nur Rochma NIM. 13802241020 sampah di depan kelas. Kebersihan

WC siswa kurang terjaga. 18. Lain-lain...

(34)
(35)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

NAMA MAHASISWA : DINA NUR ROCHMA

NAMA SEKOLAH/ LEMBAGA : SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG NO. MAHASISWA : 13802241020

ALAMAT SEKOLAH/ LEMBAGA : JALAN TIDAR NO. 21 KOTA MAGELANG FAK/ JUR/ PRODI : FE/ PEND. ADP

GURU PEMBIMBING : ENDANG PURWATININGSIH, S.Pd DOSEN PEMBIMBING : JOKO KUMORO, M.Si

No Hari/Tanggal Materi Kegiatan Hasil Hambatan Solusi

1 Sabtu,16 Juli 2016 Pembekalan Pengenalan

Lingkungan Sekolah (PLS)

Mengetahui tugas mahasiswa PPL pada saat PLS dan pembekalan dihadiri oleh 7 mahasiswa PPL UNY, 37 panitia siswa IPM dan 130 peserta didik baru. Pembekalan berjalan lancar.

2 Senin, 18 Juli 2016 Mengikuti kegiatan upacara bendera dan dilanjutkan syawalan

Kegiatan upacara bendera berlangsung khidmat dan kegiatan syawalan berjalan lancar.

Membantu kegiatan Pengenalan

lingkungan sekolah (PLS)

Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah berjalan dengan lancar..

(36)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

Pengukuran seragam peserta didik baru

Membantu pengukuran seragam peserta didik baru diruang laboratorium komputer Adm. Perkantoran. Kegiatan berlangsung dengan tertib..

3 Selasa, 19 Juli 2016 Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah

Membantu kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah peserta didik baru yang bertempat di aula. Kegiatan berlangsung dengan lancar dan tertib.

4 Rabu, 20 Juli 2016 Kegiatan PLS hari terakhir

Membantu kegiatan PLS hari terakhir di aula dan di lapangan sekolah. Kegiatan diisi dengan permainan bola di lapangan dan materi motivasi di aula. Kemudian acara ditutup oleh Waka Kurikulum dilanjutkan dengan pensi. Para siswa antusias mengikuti kegiatan di hari terakhir PLS.

Kunjungan Dosen Pembimbing

Lapangan

Kunjungan Dosen Pembimbing Lapangan dengan materi bimbingan persiapan mengajar dan monitoring kendala yang dihadapi.

Membantu guru Bapak Suroso untuk administrasi

Diketahui pemilihan jurusan peserta didik baru dan jurusan untuk para peserta didik baru

(37)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

penjurusan peserta didik baru

5 Kamis, 21 Juli 2016 Mendampingi para peserta didik baru untuk menunggu penjurusan dari pihak sekolah.

Kegiatan pendampingan berjalan dengan lancar. Para mahasiswa PPL UNY mengisi kegiatan dengan permainan dan motivasi.

Mahasiswa PPL UNY membantu

pengkondisian di setiap jurusan bagi peserta didik baru

Kegiatan pengkondisian berjalan dengan tertib. Mahasiswa PPL membacakan kelas/jurusan para siswa dan mengantarkan siswa dari setiap jurusan menuju kelasnya.

6 Jum’at, 22 Juli 2016 Keputrian (Mengisi kegiatan bagi para siswi pada saat jam

Pada saat jam shalat jum’at mahasiswa PPL putri mendampingi peserta didik putri kelas X dan XI di aula untuk melakukan kegiatan sharing bersama dan

(38)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

shalat jumat dengan motivasi)

membahas “Motivasi Belajar”, dan setelah kegiatan shalat jum’at selesai para peserta didik pulang.

7 Senin, 25 Juli 2016 Mengikuti kegiatan upacara bendera

Kegiatan dilaksanakan di lapangan SMK

Muhammadiyah Magelang dihadiri oleh seluruh

peserta didik, seluruh guru dan 7 mahasiswa PPL UNY berjalan dengan lancar dan tertib.

Mengikuti kultum Kegiatan kultum yang dilaksanakan di ruang guru, dihadiri oleh guru-guru SMK Muhammadiyah Magelang dan 7 mahasiswa PPL UNY berjalan dengan lancar, kultum yang disampaikan tentang makna dan hikmah berpuasa di bulan ramadhan.

Piket KBM - Mengisi buku hadir siswa dan guru.

- Melayani siswa yang meminta surat izin telat masuk kelas.

- Melayani siswa yang ingin izin meminta surat untuk meninggalkan sekolah.

- Memberi tugas ketika ada guru yang berhalangan hadir untuk mengajar.

(39)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

- PPL mengajar kelas XI Pemasaran terlaksana, materi Struktur Sosial tersampaikan.

Semua kegiatan terlaksana. Membantu persiapan

akreditasi

Memperoleh tugas-tugas untuk membuat laporan akreditasi dan mengerjakan beberapa laporan untuk akreditasi tersebut.

8 Selasa, 26 Juli 2016 Penyusunan RPP dan materi ajar

Penyusunan RPP dan materi ajar untuk persiapan mengajar di kelas berjalan dengan baik dan lancar dengan dibimbing guru pembimbing.

Membantu kegiatan akreditasi yang akan dilaksanakan tanggal 8 Agustus

Kegiatan persiapan akreditasi dilaksanakan di Lab. Komputer Akuntansi.Mahasiswa membantu mencari data dan mengerjakan administrasi akreditasi khususnya jurusan akuntansi, beberapa laporan akreditasi terselesaikan.

9 Rabu, 27 Juli 2016 Melengkapi administrasi guru

Membuat analisa KI dan KD untuk mata pelajaran korespondensi bersama guru pembimbing.

Membantu persiapan akreditasi jurusan

Laporan akreditasi beberapa terselesaikan dan beberapa dilanjutkan besok.

(40)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

akuntansi di laboratorium

komputer Akuntansi 10 Kamis, 28 Juli 2016 Melanjutkan laporan

administrasi akreditasi jurusan akuntansi

Kegiatan dilaksanakan pukul 12.00 di Laboratorium Akuntansi, para mahasiswa PPL melanjutkan laporan yang nantinya akan digunakan dalam akreditasi.

11 Jum’at, 29 Juli 2016 Kegiatan belajar mengajar mata pelajaran

Korespondensi di Kelas X Administrasi Perkantoran

Kegiatan belajar mengajar dimulai dengan perkenalan siswa dan mahasiswa PPL dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai pengertian, komponen, dan faktor komunikasi. Kegiatan berjalan selama dua jam mata pelajaran dan berjalan dengan cukup lancar..

Melanjutkan kegiatan akreditasi

Menginput data administrasi guru dan menyelesaikan laporan dan berkas-berkas untuk persiapan akreditasi di Lab. Komputer Akuntansi.

12 Senin, 1 Agustus 2016 Mengikuti kegiatan upacara bendera

Kegiatan upacara berlangsung dengan tertib dan lancar, dihadiri oleh seluruh peserta didik, seluruh guru, 7

(41)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

mahasiswa PPL UNY, 20 mahasiswa PPL UNNES, dan 8 mahasiwa jurusan BK UMM.

Mengikuti kegiatan pengarahan

Pengarahan Ibu Kepala Sekolah dan Ibu Waka Kurikulum terkait pembagian tugas akreditasi dan pelaksanaan kegiatan persiapan akreditasi.

Piket KBM - Mengisi buku hadir siswa dan guru.

- Melayani siswa yang meminta surat izin telat masuk kelas.

- Melayani siswa yang ingin izin meminta surat untuk meninggalkan sekolah.

- Memberi tugas ketika ada guru yang berhalangan hadir untuk mengajar.

Semua kegiatan terlaksana. Menyelesaikan

persiapan akreditasi

Menyelesaikan persiapan akreditasidi Lab. Komputer Adm.Perkantoran. Laporan akreditasi untuk jurusan akuntansi dapat terselesaikan.

(42)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

13 Selasa, 2 Agustus 2016 Konsultasi pembuatan administrasi guru

Konsultasi bersama guru pembimbing mengenai perhitungan KKM.

Melanjutkan kegiatan persiapan akreditasi

Menyelesaikan laporan akreditasi untuk jurusan Administrasi Perkantoran dan menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan.

14 Rabu, 3 Agustus 2016 Menyeselesaikan media pembelajaran

Menyelesaikan pembuatan media pembelajaran powerpoint untuk satu semester mata pelajaran Korespondensi.

Mengerjakan laporan/tugas akreditasi

Beberapa laporan/tugas untuk akreditasi jurusan Adm. Perkantoran dapat terselesaikan

15 Kamis, 4 Agustus 2016 Melanjutkan mengerjakan laporan/tugas akreditasi

Laporan akreditasi jurusan Adm. Perkantoran dapat terselesaikan.

(43)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

16 Jumat, 5 Agustus 2016 Kegiatan belajar mengajar mata pelajaran

Korespondensi di Kelas X Administrasi Perkantoran

Penyampaian materi mengenai Faktor, proses, dan media komunikasi. Kegiatan berjalan selama dua jam mata pelajaran dan berjalan dengan cukup lancar..

17 Senin, 8 Agustus 2016 Mengikuti kegiatan upacara bendera

Kegiatan upacara berlangsung dengan tertib dan lancar, dihadiri oleh seluruh peserta didik, seluruh guru, 7 mahasiswa PPL UNY, 20 mahasiswa PPL UNNES, dan 8 mahasiwa jurusan BK UMM.

Piket KBM - Mengisi buku hadir siswa dan guru.

- Melayani siswa yang meminta surat izin telat masuk kelas.

- Melayani siswa yang ingin izin meminta surat untuk meninggalkan sekolah.

- Memberi tugas ketika ada guru yang berhalangan hadir untuk mengajar.

(44)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

Mengikuti kultum Mengikuti kultum yang dilaksanakan diruang guru, diikuti oleh seluruh mahasiswa PPL.

Membantu administrasi guru

Membantu mengetik laporan administrasi guru di Lab. Multimedia.

Persiapan akreditasi jurusan Multimedia, Adm. Perkantoran,dan Akuntansi

Membantu mempersiapkan akreditasi jurusan

Multimedia, Administrasi Perkantoran, dan Akuntansi.

18 Selasa, 9 Agustus 2016 Kegiatan belajar mengajar mata pelajaran

Korespondensi di Kelas X Administrasi Perkantoran

Penyampaian materi mengenai Jenis dan prinsip komunikasi. Kegiatan berjalan selama tiga jam mata pelajaran dan berjalan dengan cukup lancar..

Beberapa siswa tidak memperhatikan penjelasan guru Menegur siswa dan memberi pendekatan pada siswa agar memperhatikan.

19 Rabu, 10 Agustus 2016 Menyusun RPP Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran akuntansi

RPP untuk pertemuan 1 dan pertemuan kedua dapat terselesaikan.

(45)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

20 Kamis, 11 Agustus 2016 Melaksanakan kegiatan jaga piket

Beberapa siswa datang terlambat dan masih mengenakan jaket kesekolah.

Membuat layout surat Membuat layout surat untuk keperluan lomba LKS. 21 Jumat, 12 Agustus 2016 Kegiatan belajar

mengajar mata pelajaran

Korespondensi di Kelas X Administrasi Perkantoran

Presentasi prinsip-prinsip komunikasi oleh setia kelompok. Kegiatan berjalan selama dua jam mata pelajaran dan berjalan dengan banyak kendala.

Siswa ramai sendiri dan cenderung tidak menguasai materi yang dipresentasikan. Mengkondisikan siswa agar memperhatikan temannya yang sedang presentasi, dan menghimbau agar mempelajari materi yang akan disampaikan terlebih dahulu. 22 Senin, 15 Agustus 2016 Konsultasi RPP Konsultasi RPP Kurikulum 2013 Mata Pelajaran

Akuntansi dengan guru pembimbing dan rpp yang dibuat sudah benar.

(46)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

Piket KBM - Mengisi buku hadir siswa dan guru.

- Melayani siswa yang meminta surat izin telat masuk kelas.

- Melayani siswa yang ingin izin meminta surat untuk meninggalkan sekolah.

- Memberi tugas ketika ada guru yang berhalangan hadir untuk mengajar.

Semua kegiatan terlaksana. Membuat media

pembelajaran

Membuat media pembelajaran berupa powerpoint untuk mapel pajak mengenai mengenai pajak penghasilan pasal 21.

23 Selasa, 16 Agustus 2016 Kegiatan belajar mengajar mata pelajaran

Korespondensi di Kelas X Administrasi Perkantoran

Melanjutkan presentasi prinsip komunikasi dan penyampaian materi etika dan kepribadian berkomunikasi.

Kegiatan berjalan selama tiga jam mata pelajaran dan berjalan dengan cukup lancar.

Beberapa siswa berbicara sendiri

Menegur siswa tersebut agar memperhatikan

(47)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

24 Rabu, 17 Agustus 2016 Mengikuti Upacara HUT RI Ke 71 di sekolah

Kegiatan Upacara HUT-RI Ke 71 berlangsung dengan khidmat, dan diikuti oleh seluruh warga sekolah dan seluruh mahasiswa PPL.

Mendampingi

perlombaan dalam rangka perayaan HUT-RI

Kegiatan lomba diikuti oleh seluruh siswa SMK Muhammadiyah Magelang. Para siswa antusisa mengikuti perlombaan.

25 Kamis, 19 Agustus 2016 Mengajar Insidental Matematika di kelas X TSM

Melaksanakan tugas mengajar insidental mata pelajaran Matematika di kelas X TSM selama dua jam pelajaran. Kegiatan berjalan tidak lancar.

Siswa ramai sendiri dan sebagian tidak mengerjakan tugas. Memberi teguran dan nasehat kepada siswa yang bersangkutan. 26 Jum’at, 20 Agustus 2016 Kegiatan belajar

mengajar mata pelajaran

Korespondensi di Kelas X Administrasi Perkantoran

Penyampaian materi mengenai konsep etiket kantor Kegiatan berjalan selama dua jam mata pelajaran dan berjalan dengan cukup lancar..

(48)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

27 Senin, 22 Agustus 2016 SAKIT SAKIT

Kunjungan Dosen Pembimbing

Lapangan

Kunjungan Dosen Pembimbing Lapangan dengan memberi bimbingan dan monitoring kendala yang dihadapi.

28 Selasa, 23 Agustus 2016 Membantu administrasi guru

Membantu membuat perlengkapan berkas BOS dengan hasil 100% selesai. Kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Korespondensi di Kelas Administrasi Perkantoran

Ulangan Harian Pertama, dilanjutkan dengan penyampaian materi Peralatan komunikasi (telepon, telepon conference, PABX, dan faksimile).

Kegiatan berjalan selama tiga jam mata pelajaran dan berjalan dengan cukup lancar.

Siswa ramai dan ada beberapa siswa yang mencontek Memberi teguran dan nasehat kepada siswa yang bersangkutan.

29 Rabu, 24 Agustus 2016 Melaksanakan kegiatan jaga piket

Beberapa siswa datang terlambat.

Menyusun RPP Menyelesaikan RPP Kurikulum 2013 mapel Korespondesi untuk 1 semester dengan hasil RPP dapat terselesaikan.

(49)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

30 Kamis, 25 Agustus 2016 Melengkapi administrasi guru

Membuat daftar siswa kelas X Administrasi Perkantoran untuk keperluan penilaian.

31 Jumat, 26 Agustus 2016 Kegiatan belajar mengajar mata pelajaran

Korespondensi di Kelas X Administrasi Perkantoran

Penyampaian materi mengenai peralatan komunikasi (telepon, telepon conference, PABX, dan faksimile). Kegiatan berjalan selama dua jam mata pelajaran dan berjalan dengan cukup lancar.

32 Senin, 29 Agustus 2016 Piket KBM - Mengisi buku hadir siswa dan guru.

- Melayani siswa yang meminta surat izin telat masuk kelas.

- Melayani siswa yang ingin izin meminta surat untuk meninggalkan sekolah.

- Memberi tugas ketika ada guru yang berhalangan hadir untuk mengajar.

Semua kegiatan terlaksana. 33 Selasa, 30 Agustus 2016 Kegiatan belajar

mengajar mata

Remedial UH 1, dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Peralatan komunikasi (Voice mail, VOIP PBX, Skype, Mobile Phone). Kegiatan berjalan

(50)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

pelajaran

Korespondensi di Kelas X Administrasi Perkantoran

selama tiga jam mata pelajaran dan berjalan dengan cukup lancar.

34 Rabu, 31 Agustus 2016 Konsultasi Guru Pembimbing

Konsultasi dengan guru pembimbing mengenai penanganan masalah siswa yang tidak mau mengumpulkan tugas.

35 Kamis, 1 September 2016 Penyusunan Laporan Menyusun laporan PPL dengan hasil bab I dapat terselesaikan.

Membagikan seragam osis kepada seluruh siswa kelas X

Membantu guru membagikan seragam osis kepada seluruh siswa kelas X.

36 Jumat, 2 September 2016 Kegiatan belajar mengajar mata pelajaran

Korespondensi di Kelas X Administrasi Perkantoran

Penyampaian materi mengenai Telephone manner, Spelling Abjad, Teknik Pelayanan Telepon . Kegiatan berjalan selama dua jam mata pelajran dan berjalan dengan cukup lancar.

(51)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

37 Senin, 5 September 2016 Mengikuti kegiatan upacara bendera

Kegiatan upacara berlangsung dengan tertib dan lancar, dihadiri oleh seluruh peserta didik, seluruh guru, 7 mahasiswa PPL UNY dan 20 mahasiswa PPL UNNES. Piket KBM - Mengisi buku hadir siswa dan guru.

- Melayani siswa yang meminta surat izin telat masuk kelas.

- Melayani siswa yang ingin izin meminta surat untuk meninggalkan sekolah.

- Memberi tugas ketika ada guru yang berhalangan hadir untuk mengajar.

Semua kegiatan terlaksana. 38 Selasa, 6 September 2016 Kegiatan belajar

mengajar mata pelajaran

Korespondensi di Kelas X Administrasi Perkantoran

Penyampaian materi mengenai LPT, SLI dan SLJJ, kemudian dilanjutkan dengan latihan Percakapan telepon. Kegiatan berjalan selama tiga jam mata pelajaran dan berjalan dengan cukup lancar.

(52)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

Kunjungan Dosen Pembimbing

Lapangan

Kunjungan Dosen Pembimbing Lapangan dengan materi bimbingan penyusunan laporan dan monitoring kendala yang dihadapi.

39 Rabu, 7 September 2016 Melaksanakan kegiatan jaga piket

Beberapa siswa datang terlambat dan masih mengenakan jaket di lingkungan sekolah.

Menyelesaikan RPP Kurikulum 2013 Akuntansi Perusahaan Jasa

Menyelesaikan RPP Kurikulum 2013 Akuntansi Perusahaan Jasa untuk 1 semester kemudian dikumpulkan kepada guru pembimbing.

40 Kamis, 8 September 2016 Cross check kelengkapan

administrasi guru

Cross check bersama guru pembimbing megena kelengkapan administrasi mengajar berjalan lancar.

Membagikan seragam pramuka kepada seluruh siswa kelas X

Membantu guru membagikan seragam pramuka kepada seluruh siswa kelas X.

42 Jumat, 9 September 2016 Kegiatan belajar mengajar mata pelajaran

Kegiatan belajar mengajar dengan materi Latihan mengisi LPT Kegiatan berjalan selama dua jam mata pelajaran dan berjalan dengan cukup lancar.

(53)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

Korespondensi di Kelas X Administrasi Perkantoran Kunjungan Dosen Pembimbing Lapangan

Kunjungan Dosen Pembimbing Lapangan monitoring kendala yang dihadapi dan bimbingan penyusunan laporan.

Mendampingi

kegiatan Hizbul Wathon

Mendampingi kegiatan Hizbul Wathon (pramuka) yang ada di sekolah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X. Kegiatan berjalan lancar.

43 Senin, 12 September 2016 Libur Hari Raya Idul Adha

Libur Hari Raya Idul Adha.

44 Selasa, 13 September 2016 Pemotongan hewan qurban di sekolah

Membantu rangkaian kegiatan pemotongan hewan qurban disekolah.

45 Rabu, 14 Agustus 2016 Libur Hari Tasrikh Libur Hari Tasrikh. 46 Kamis, 15 Agustus 2016 Libur Hari Tasrikh Libur Hari Tasrikh.

47 Jumat, 16 Agustus 2016 Penarikan PPL Penarikan PPL UNY dilaksanakan di aula SMK Muhammadiyah Magelang diikuti oleh Ibu kepala sekolah, dosen pembimbing lapangan, seluruh

(54)

Universitas Negeri Yogyakarta

LAPORAN MINGGUAN PELAKSANAAN PPL / MAGANG III

Magelang, September 2016 Mengetahui,

Dosen Pembimbing Lapangan Guru Pembimbing Mahasiswa

Joko Kumoro, M.Si. Endang Purwatiningsih, S.Pd. Dina Nur Rochma

NIP. 19600626 198511 1 001 NBM. 811 592 NIM. 13802241020

mahasiswa PPL, seluruh guru pembimbing, beberapa guru, dan perwakilan siswa dari tiap kelas. Acara berlangsung dengan lancar.

(55)

BULAN HARI MINGGU 3 10 17 24 7 14 21 28 4 11 18 25 2 9 16 23 30 6 13 20 27 4 11 18 25 1 8 15 22 29 SENIN 4 11 18 25 1 8 15 22 29 5 12 19 26 3 10 17 24 31 7 14 21 28 5 12 19 26 2 9 16 23 30 SELASA 5 12 19 26 2 9 16 23 30 6 13 20 27 4 11 18 25 1 8 15 22 29 6 13 20 27 3 10 17 24 31 RABU 6 13 20 27 3 10 17 24 31 7 14 21 28 5 12 19 26 2 9 16 23 30 7 14 21 28 4 11 18 25 KAMIS 7 4 21 28 4 11 18 25 1 8 15 22 29 6 13 20 27 3 10 17 24 1 8 15 22 29 5 12 19 26 JUM'AT 1 8 15 22 29 5 12 19 26 2 9 16 23 30 7 14 21 28 4 11 18 25 2 9 16 23 30 6 13 20 27 SABTU 2 9 16 23 30 6 133 20 27 3 10 17 24 1 8 15 22 29 5 12 19 26 3 10 17 2425 31 7 14 21 28 BULAN HARI MINGGU 5 12 19 26 5 12 19 26 2 9 16 23 30 7 14 21 28 4 11 18 25 2 9 16 23 SENIN 6 UPK 20 US US 13 20 27 UN 10 17 24 1 8 15 22 29 5 12 19 26 3 10 17 24 SELASA 7 UPK 21 US US 14 21 28 UN 11 18 25 2 9 16 23 30 6 13 21 27 4 11 18 25 RABU 1 8 UPK 22 US US 15 22 29 UN 12 19 26 3 10 17 24 31 7 14 21 28 5 12 19 26 KAMIS 2 9 UPK 23 US US 16 23 30 UN 13 20 27 4 11 18 25 1 8 15 22 29 6 13 20 27 JUM'AT 3 10 UPK 24 US 10 17 24 31 7 14 21 28 5 12 19 26 2 9 16 23 30 7 14 21 28 SABTU 4 11 UPK 25 US 11 18 25 1 8 15 22 29 6 13 20 27 3 10 17 24 1 8 15 22 29 KETERANGAN

Tahun Pelajaran 2016/2017 Mengikuti Up HBN US Ujian sekolah Mengetahui

Hari-hari pertama masuk Keg Ramadhan UN Ujian Nasional SMK (utama) Kepala Sekolah Waka Kurikulum

MOS Libur Hari Besar Agama UPK Ujian Praktek Produktif

Libur Umum UTS Gasal/Genap Libur Hari Raya Idul Fitri dan Sem Genap Waktu Pembelajaran Efektif Libur Semester gasal Awal Tahun Pelajaran 2017/2018

Pra UN Libur Awal Puasa Penyerahan Laporan Hasil Belajar Dra. Hj.Supriyatiningsih, M.Pd Atiningsih, S.Pd

UAS Gasal/Genap Waktu Jeda Semester Libur Hari Minggu NIP.19651109 198903 2 015 NBM 746 172

JULI-2017 13 9 26 25 26 26 15 30 31 APRIL 2017 MEI-2017 26 24 22 MARET-2017

KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 SMK MUHAMMADIYAH MAGELANG

JULI 2016 AGUSTUS 2016 DESEMBER-2016

KALENDER PENDIDIKAN 24 15 Magelang, Juli 2016 JANUARI-2017 PEBRUARI-2017 NOPEMBER-2016 SEPTEMBER-2016 OKTOBER-2016 25 JUNI-2017

Figur

Memperbarui...

Related subjects :