proposal pesantren kilat sdn balewangi i 2010 eful

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

1

PROGRAM PESANTREN KILAT

SDN BALEWANGI 01

TAHUN PELAJARAN 2010/2011

A. LATAR BELAKANG

Sekolah sebagai suatu wahana pendidikan memberikan ruang yang sangat luas bagi pembelajaran ilmu pengetahuan untuk mencetak kader-kader bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan dan terampil di bidang teknologi. Target pencetakan kader-kader bangsa yang mumpuni di bidang ilmu pengetahuan dan terampil di bidang teknologi ini terkadang tidak diimbangi oleh penanaman keimanan dan ketaqwaan yang cukup sebagai upaya pencetakan manusia yang baik.

Manusia yang mampu dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah tuntutan jaman yang tidak bisa dielakkan. Kemajuan dan keberhasilan pembangunan suatu bangsa akan sangat sulit diraih bila bangsa itu tidak mampu untuk mencetak kader-kader bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi ini. Tetapi pencetakan kader-kader bangsa yang hanya menguasai imu pengetahuan dan teknologi saja, tanpa dibarengi oleh penanaman keimanan dan ketaqwaan sebagai upaya menciptakan manusia-manusia yang berakhlak baik, juga adalah suatu kesalahan besar, karena manusia yang pandai tanpa didasari akhlak yang baik akan sangat berbahaya bagi manusia lainnya, lebih jauh ini akan berakibat pula pada keberadaan bangsa itu dimasa depan.

Atas dasar itulah sebagai salah satu upaya penanaman keimanan dan ketaqwaan sejak dini serta untuk membangkitkan kesadaran beragama di kalangan siswa SD Negeri Balewangi 1 khususnya dan seluruh warga sekolah pada umumnya, kami merencanakan untuk melaksanakan kegiatan Pesantren Kilat di lingkungan SD Negeri Balewangi 01 yang kami tuangkan dalam Proposal Program Kegiatan Pesantren Kilat SD Negeri Balewangi 01.

Proposal Kegiatan Pesantren Kilat ini kami buat selain sebagai upaya penjabaran kegiatan-kegiatan yang akan kami laksanakan juga kami harapkan dapat menjadi salah satu sumber data bagi kejelasan penggunaan Dana Operasional Sekolah (BOS) yang telah kami terima.

B. TUJUAN

Tujuan – tujuan yang ingin kami raih dari adanya pelaksanaan pesantren kilat ini adalah sebagai berikut :

1. Peningkatan Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah

2. Penanaman Keimanan dan Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

(2)

2

C. DASAR

1. UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2. Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 053/U/2001 tanggal 19 April 2001 tentang Pedoman Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar dan Menengah,

3. Surat Edaran Kepala Dinas Pendidika Kabupaten Karawang tentang Kegiatan Belajar pada Bulan suci Ramadhan.

4. Buku Petunjuk Teknis Keuangan BOS Depdiknas tahun 2005.

D. SASARAN

Penanaman kesadaran untuk lebih meningkatkan pelaksanaan kegiatan-kegiatan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan siswa-siswi SD Negeri Balewangi 01.

E. MATERI KEGIATAN

Materi – materi kegiatan yang akan dilaksanakan pada kegiatan Pesantren kilat sesuai dengan tujuan-tujuan yang ingin dicapai adalah :

1. Ibadah 2. Shalat

3. Pendalaman Baca Tulis Al-Quran

4. Ibadah-ibadah utama di Bulan Ramadhan 5. Akidah Akhlak

6. Amalan-amalan utama Bulan Ramadhan.

Teknik penyampaian dan pendalaman materi-materi Pesantren Kilat dilakukan dengan cara :

1. Ceramah

2. Diskusi/Tanya jawab 3. Praktek

F. WAKTU PELAKSANAAN

(3)

3

G. SUSUNAN PANITIA

Pelindung : Kepala UPTD Pendidikan

Kecamatan ...

Penasehat : 1. Pengawas Pendais

UPTD Pendas Kec. ... 2. Pengawas TK/SD Rayon ……….

UPTD Pendas Kec. ...

 Penyusunan dan Pendalaman Materi : ………

 Pendalaman Baca Tulis Al-Quran : ……….

 Diskusi /Tanya Jawab dan Praktek

Praktek Keagamaan : ………..

 Peralatan dan perlengkapan : ………..

H. ANGGARAN BIAYA

1. Bisaroh Nara Sumber

7hari x 3 orang x @ Rp.20.000,- : Rp. 420.000,- 2. 3 buah Spidol W/B @ Rp. 5.000,- : Rp. 15.000,- 3. 3 botol tinta isi ulang spidol W/B @ Rp. 5.000- : Rp. 15.000,- 4. Rental dan penggandaan format-format administrasi

(4)

4

I. PENUTUP

Demikian rencana kegiatan Pesantren Kilat yang akan dilaksanakan di SDN Balewangi 01. Semoga atas ridlo dan karunia-Nya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat mencapai apa yang dicita-citakan. Amin.

Cisurupan, Agustus 2010

PANITIA PESANTREN KILAT SDN BALEWANGI 01

Ketua, Sekretaris,

……… ………

NIP. ……….. ... ………..

Mengetahui :

Kepala SDN Balewangi 01,

………..

(5)

5

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...