PILIH MANA? If you re in a situation where you don t know what to do, humble yourself and ask the Lord for wisdom. He ll give it to you liberally.

Teks penuh

(1)

PILIH MANA?

Article source from http://www.sabda.org Ayat bacaan: Roma 7:21-25

“Sebab di dalam batinku aku suka akan hukum Allah.” (ayat 22)

manusia selama hidup selalu diperhadapkan pada pilihan. sejak bangun tidur pada pagi hari sudah harus memilih akan bangun atau melanjutkan tidur, lalu apakah langsung sarapan atau mandi dulu, dan seterusnya. Kadang pilihan yang ada lebih dari dua sehingga kita bingung. Ada teori yang mengatakan bahwa ukuran terbaik untuk memilih adalah apa yang perlu, pantas, berguna, benar, dan tepat. di luar itu, tak usah dipilih.

Rasul Paulus menyadari hal di atas ketika ia bergumul dengan dirinya sendiri. seakan-akan ada dua kekuatan yang mencoba saling memberi pengaruh terhadap dirinya (ay.22-23). Yang satu adalah kesukaan

dalam batin untuk melakukan hukum-hukum Allah, lainnya adalah kekuatan daging yang membuatnya menjadi tawanan hukum dosa. Tetapi kebingungan Paulus tidak berlangsung lama. ia juga menyadari dan mengakui ada satu kekuatan lain yang justru sanggup melepaskannya, yaitu kasih Tuhan Yesus Kristus (ay. 25).

Bila kita juga harus menghadapi pilihan yang pelik, ingatlah pergumulan Rasul Paulus ini. Tetaplah bersandar pada kekuatan kasih Tuhan Yesus Kristus yang memampukan kita memilih apa yang benar, mulia, adil, suci, manis, sedap didengar, yang disebut kebajikan dan patut dipuji (Filipi 4:8-9). Pilihan yang tepat akan mempermuliakan nama Tuhan Yesus Kristus.

SAAT BINGUNG MEMILIH, PILIHLAH YANG SESUAI DENGAN KASIH ALLAH.

WINTER Of RIGHT HAPPENINGS

Ruth 2:3

“And (Ruth) went and gleaned in a field after the reapers; and she happened to stop at the part of the field belonging to Boaz, who was of the family of Elimelech.” (AMP)

Rut 2:3

“Pergilah ia, lalu sampai di ladang dan memungut jelai di belakang penyabit-penyabit; kebetulan ia berada di tanah milik Boas, yang berasal dari kaum Elimelekh.”

“if you’re in a situation where you don’t know what to do, humble

yourself and ask the Lord for wisdom. He’ll give it to you liberally.”

(2)

o

rang benar, tidak akan berpikiran bahwa dia yang terbenar...Yang merasa benar, di dalam pikirannya hanya dirinya saja yang terbenar.

orang benar, akan menyadari kesalahannya...Yang merasa benar, tidak akan mau mengakui kesalahannya.

orang benar akan selalu introspeksi diri dan rendah hati...Yang merasa benar, tidak akan mau introspeksi karena sudah merasa benar dan selalu tinggi hati.

orang benar memiliki kelembutan hati dan dapat menerima saran/kritikan dari siapa saja...Yang merasa benar, hatinya lebih keras dari batu dan akan marah jika dikritik.

H

anya ada 3 (tiga) jenis sikap manusia saat ia berdosa. Yang pertama hati nuraninya tenang-tenang saja. Yang kedua, hati nuraninya diliputi rasa bersalah yang berkepanjangan tanpa pemulihan. Yang ketiga, hati nuraninya diliputi rasa bersalah dan kemudian mengalami pemulihan dari Tuhan.

daud termasuk jenis yang ketiga, sebagaimana diungkapkan dalam mazmur 51 ini. ia berseru kepada Tuhan, “Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!” (mazmur 51:13).

seruan itu menunjukkan bahwa daud

orang benar akan selalu menjaga perilakunya. Ucapannya hati-hati dan berpikiran benar...Yang merasa benar, pikiran, ucapan dan perbuatannya semau gue...

Akhirnya, orang benar akan dihormati, dicintai dan disegani...Yang merasa benar hanya akan disanjung oleh orang-orang yang sepemikiran dengannya dan dimanfaatkan orang lain.

Tipe yang manakah kita? orang benar atau yang merasa benar?

Berjalanlah ke arah benar untuk menjadi orang yang benar-benar “BenAR”. Tidak PeRLU menunjuk orang lain, malu mengakui kesalahan dan marah jika dikoreksi.

memiliki pemahaman yang benar tentang Tuhan dan relasi dengan-nya:

1. Tuhan itu kudus, dan tidak pernah berkompromi dengan dosa 2. Relasi dengan Tuhan menjadi retak karena dosa

3. Tuhan limpah dengan pengampunan jika kita mau mengakui dosa itu serta bertobat dengan tidak menyalahkan pihak-pihak lain.

Akhirnya daud diampuni dan relasi dengan Tuhan dipulihkan. Jangan abaikan dosa, melainkan bereskan di hadapan Tuhan dengan segera!

ORANG BENAR DAN ORANG YANG MERASA BENAR

JANGAN ABAIKAN DOSA

“my friend, don’t be discouraged when people let you down.

The disappointment of man might just be god’s divine

appointment for your life.”

(3)

Tuhan Yesus tidak hanya mengajarkan kasih, tapi menerapkan kasih itu dalam seluruh pelayanannya selama di bumi:

1. Yesus dengan senang hati menyembuhkan orang sakit

2. Yesus membangkitkan orang mati

3. Yesus memberi makan orang yang kelaparan

4. Yesus mengampuni orang-orang yang membencinya

5. Yesus memberikan nyawanya sebagai tebusan bagi umat manusia

“Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.”

KASIH YANG NYATA

Ayat Bacaan: Yakobus 5:16

“Hendaklah kamu...saling mendoakan.” doa adalah percakapan dengan Allah, bukan formula. namun, kita mungkin kadang perlu memakai suatu “metode” untuk menyegarkan doa. Kita dapat berdoa dengan mengutip ayat kitab mazmur atau dari ayat-ayat Kitab suci lainnya (seperti doa Bapa Kami), atau memakai metode 4P (Penyembahan, Pengakuan dosa, Pengucapan syukur, dan Permohonan). Baru-baru ini saya menemukan metode “Doa Lima Jari”, sebagai panduan saat mendoakan orang lain.

Ketika Anda melipat tangan, yang paling dekat dengan Anda adalah ibu jari. Jadi, mulailah dengan mendoakan orang-orang yang dekat dengan Anda—orang-orang yang Anda kasihi (Filipi 1:3-5).

Jari telunjuk biasanya untuk menunjuk. maka, berdoalah bagi para pengajar—guru Alkitab dan pengkhotbah, dan para pengajar anak-anak (1 Tesalonika 5:25).

Jari selanjutnya adalah jari yang tertinggi. Jari ini mengingatkan Anda untuk berdoa bagi orang-orang yang memegang kekuasaan— pemimpin negara dan pemimpin setempat, serta penyelia Anda di tempat kerja (1 Timotius 2:1,2).

Jari keempat biasanya jari terlemah. Berdoalah bagi mereka yang sedang menghadapi masalah atau yang sedang menderita (Yakobus 5:13-16).

Lalu sampailah kita pada jari kelingking. Jari ini mengingatkan Anda akan betapa kecilnya Anda dibandingkan dengan kebenaran Allah. maka, mintalah agar dia menyediakan kebutuhan Anda (Filipi 4:6,19).

DOA LIMA JARI

“Failure isn’t a character quality. it’s just an event.

How you respond to failure is your character.”

(4)

RENUNGAN

Hikmat memberikan sayap pada pengetahuan... Hikmat adalah penerapan pengetahuan. Jangan sampai Anda terjerat dalam jaringan pengetahuan tanpa memiliki hikmat sejati yang berasal dari sikap takut akan TUHAn

Yang harus dipahami adalah; ketika kita hidup di dekat YesUs setiap hari itulah hikmat yang sejati; dan menempuh jalan yang dipimpin-nya itulah hikmat yang sesungguhnya...

HIKMAT YANG SESUNGGUHNYA

inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling

mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.

~ Yohanes 15:12 metode apa pun yang Anda pakai,

bercakap-cakaplah dengan Bapa. dia ingin mendengar apa yang ada di dalam hati Anda.

YANG PENTING BUKAN KATA-KATA YANG KITA SAMPAIKAN DALAM DOA MELAINKAN KONDISI HATI KITA

(5)

JOKES

Pagi tadi, istri Pendeta minta suaminya untuk mengantarkannya ke pasar. Karena masih mengantuk pak Pendeta menolak dan istri tidak bisa menerima, karena itu terjadi pertengkaran mulut di antara mereka. istri: “Ga diantar gapapa, tapi awas nanti kalau minta makanan yang kubeli dari pasar.”

Pendeta: “Ya gapapa, orang ngantuk kok disuruh bangun, mbok ya pengertian sedikit yo!”

Lalu pergilah si istri ke pasar naik becak. di pasar, dia beli pisang goreng Pontianak kesukaannya dan juga kesukaan suaminya. sampai rumah, istri lewat di depan Pak Pendeta sambil sengaja mengibas-ngibaskan bungkusan pisang goreng tadi, Pak Pendeta yang sudah bangun, mencium aroma yang sangat lezat, ngilerlah dia dan minta diberi pisang goreng itu.

si istri lalu menjawab (Karena suami istri

Pendeta, maka jawabannya harus terdengar “Rohani”)

istri: “Jangan mengingini milik sesamamu manusia” (Ulangan 5 :21)

Pendeta: “Ya, tapi Tuhan juga berfirman: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.” (matius 7 :7)

Tak mau kalah, si istri: “...jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan.” (2 Tes 3:10)

Pendeta juga tak mau kalah: “...Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.” (matius 5:44)

si istri yang mendengar itu jadi luluh hatinya dan terharu, kemudian mengambil piring dan memberikan pisang goreng itu untuk suaminya sambil berkata: “...Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.” (Yoh 8 :11)

TUHAn akan menetapkan engkau sebagai

umat-nya yang kudus, seperti yang dijanjikan-umat-nya dengan

sumpah kepadamu, jika engkau berpegang pada

perintah TUHAn, Allahmu, dan hidup menurut jalan

yang ditunjukkan-nya.

~ Ulangan 28:9

BERTENGKAR SECARA KRISTEN

(6)

ROCK MINISTRY

singAPoRe

KOMUNITAS

MESIANIK (KM)

every 1st and 3rd Friday, 07.30 Pm KM ABRAHAM

ibu Helen+65 9628 3796 (east Coast) every wednesday, 07.30 Pm

KM DANIEL ervita +65 8173 9355 every Thursday, 07.30 Pm KM JOHN THE BAPTIST

Lenny +65 9457 7470 (Ang mo Kio) KM JOSEPH

Alink +65 9066 4130 (Toa Payoh) every Friday, 07.30 Pm

KM DAVID

sumarto +65 9144 6605 (serangoon) KM SAMUEL

Chandra +65 9876 1781 (Bradell)

For more information:

email: gbirock.sg@gmail.com | web: www.rocksg.org | Tel: (+65) 6251 5378 Pak Harry Pudjo: (+65) 8138 6320 | ibu Tammie: (+65) 8428 3739

ROCK MINISTRY SINGAPORE COVERED BY: Enjoy Church

YOUTH SERVICE every once a month Contact us for further info CHILDREN’S CHURCH sunday, 10.30 Am Alink +65 90664130 PRAYER MEETING saturday, 12.30 Pm Coronation Rd 21A (kediaman bapak gembala) ida +65 9234 9771

Anda ingin belajar alkitab? Visit www.sabda.org

now you can SUBSCRIBE:

• Our digital Kingdom news at www.rocksg.org we will send it every tuesday

• Our weekly sermon (video) at

www.youtube.com/user/gbirocksg SUNDAY SERVICE

OUR NEW PLACE!

Time: 10.00 AM Venue:

Holiday Inn Singapore Orchard City Centre, 11 Cavenagh Rd,

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :