9 Langkah Mudah Koneksikan Visual Foxpro Dengan Mysql

177  Download (0)

Teks penuh

(1)

9 LANGKAH MUDAH KONEKSIKAN VISUAL FOXPRO

DENGAN MySQL

Visual FoxPro atau yang sering disebut dengan VFP merupakan integrasi dengan mesin database relasionalnya sendiri yang membentang FoxPro's Xbase dengan kemampuan pendukung SQL query juga data manipulasi. Dengan kata lain, VFP memiliki database tersendiri untuk menampung segala data yang telah diinputkan ke dalam aplikasi pengguna layanan ini. Namun database pada VFP berbeda dengan database yang sering kita jumpai, misalnya saja MySQL, Oracle, MSSQL, dll.

Yang membedakan database dari fox-pro dengan database lainnya bisa dilihat dari kapasitas daya tampungnya. Database VFP menampung,data lebihsedikit daripada stand alone database (MySQL, Oracle, MSSQL), dan hal tersebut menjadi ciri utama dari database VSP dengan database 3rd party daya tampungnya.

Database 3rd party dapat menampung record lebih banyak daripada database dari VSP sendiri. Di sini kita akan mencoba menggabungkan aplikasi Visual Foxpro dengan database MySQL. Cara ini sangat berguna bagi Anda yangmenggunakan database VFP untuk menambah daya tampung data lebih banyak. Langkah-langkahnya bisa Anda lihat dibawah ini :

SOFTWARE YANG DIGUNAKAN

Sebelum memulai pengoneksian VFP ke MySQL, persiap[kan terlebih dahulu software yang dibutuhkan, berikut software-software yang dibutuhkan.

1. MySQL database, disini menggunakan XAMPP yang sudah termasuk MySQL database dan phpMyAdmin.

2. Visual Foxpro 9 (VFP)

3. MySQL Conector ODBC 5.1.8-win32.msi, aplikasinya bisa anda download di situs (http://dev.MySQL.com/download/connector/odbc/)

Langkah 1

Jika software yang dibutuhkan sudah terinstall, langsung saja install MySQL Connector ODBC tersebut. Sekarang masuk ke Control panel > Administrative Tools > Data Sources (ODBC). Anda akan menemui tampilan seperti gambar dibawah ini.

(2)

Langkah 2

Pada user DSN klik tombol Add hingga keluar tampilan seperti gambar 2. Sekarang anda amati gambar 2, disitu pilihlah MySQL ODBC 5.1 Driver (gambar 3) > klik finish.

Langkah 3

Langkah sebelumnya, merupakan cara untuk mengoneksikan atau menjembatani antara aplikasi Visual Foxpro dengan database MySQL (gambar 4). Sebelum kita mengoneksikannya terlebih dahulu pastikan database MySQL aktif. Lanjut pada gambar 5, kami menggunakan

(3)

database dengan nama “db_sql” yang sudah dibuat sebelumnya. Dan untuk password silahkan anda menyesuaikan.

Langkah 4

Terakhir, tes apakah database dari MySQL telah tersambung dengan Visual Foxpro. Setelah kita mengisikan isian diatas (gambar 5), silahkan klik tombol test. Jika berhasil maka akan muncul seperti gambar 6 “connection successfull”, itu membuktikan database MySQL sukses terkoneksi.

Langkah 5

Jika sudah klik OK pada form gambar 6 maka Data Source Name secara otomatis ditambahkan pada daftar User Data Source. Nama “koneksi” inilah yang akan dipanggil saat melakukan coding pada VFP.

(4)

Langkah 6

Setelah kita masuk pada aplikasi Visual Foxpro. Gambar 8 merupakan salah satu contoh form yang akan dipakai untuk percobaan sederhana.

Langkah 7

Untuk menyimpan inputan dari VFP ke database MySQL, kita perlu memanggil fungsi “koneksi” yang telah kita buat sebelumnya. Letakkan script (gambar 8) ini pada form – load.

Lalu pada tombol save masukkan perintah berikut guna menginputkan data kedalam tabel muser pada database MySQL.

(5)

SQLEXE(P1,”INSERT INTO

muser(ID,nama,alamat,tlp)VALUES(‘”+thisform.tx_ID.value+”’,’”+thisform.tx_nama.value+”’,’”+thi sform.tx_alamat.value+”’,’”+thisform.tx_tlp.value+”’);”)

Thisform.Refresh

Berikut adalah contoh hasil data dengan menginputkan dari aplikasi Visual Foxpro pada phpMyAdmin.

Yang perlu ditekankan dalam menghubungkan VFP dengan database MySQL adalah Drive ODBC yang sebelumnya sudah harus terinstall. Jadi, walaupun anda masih menggunakan database VFP, anda masih bisa menyimpan data yang banyak dengan memanfaatkan Database dari MySQL.

Sumber : Majalah Komputek Edisi 709

sday, February 18, 2010

Membuat Koneksi Ke MySQL dari Visual Foxpro 9.0

Untuk membuat Koneksi ke Database MySQL dari Visual Foxpro 9.0, dapat menggunakan beberapa cara, salah satunya adalah dengan menggunakan ODBC, disini saya menggunakan mysql-connector-odbc-5.1.6-win32.

Langkah2 instalasi MyODBC sebagai berikut : Tahap I : ' Instalasi'

-Download Driver MySQL ODBC -Install Driver yg sudah di download. Tahap II :'Menambahkan Data Source'

-Buka Control Panel, pilih Administrative Tools - DataSource(ODBC) -Pada Jendela yang terbuka pilih tab User DSN, klik tombol 'Add'

-Pada Jendela Create New Data Source yang terbuka, pilih MySQL ODBC 5.1 Driver -Klik Finish

Tahap III:'Konfigurasi'

-Pada Jendela Konfigurasi yang otomatis terbuka,Masukanparameter yang dibutuhkan yaitu :  Data Source Name (Masukan nama untuk koneksi yang akan anda buat)

 Server :( alamat IP server anda / kalau MySQL Server berada pada komputer yg sama anda bisa masukan localhost saja.

 User : Masukan user name MySql anda  Password : Masukan Password MySql anda

 Untuk mencoba koneksi yang sudah dibuat, anada bisa klik pada tombol test  Jika Settingan anda berhasil maka akan muncul Jendela 'Test Result'

(6)

Pada Tahap ini anda telah berhasil melakukan setting MySQL ODBC.. Tutup Semua Jendela yang terbuka..

Tahap IV :' Koneksi Dari VFP9.0'

-Jalankan Microsoft Visual Foxpro, dan buatlah Project baru.

Priject mempermudah anda didalam mengatur objek2 program seperti Form, Report, dan lain2.. -Buat sebuah form untuk koneksi ke MySQL, Design sesuai selera anda

-Pada mode design form, buatlah beberapa Properties baru untuk form koneksi anda. -Pilih Menu Form, New Property : masukan nama property, pada contoh

ini: koneksi, mtmp1, namakursor, perintah dan rs .

-Klik dua kali pada form anda, pada Event Load Form, Deklarasikan variable Public: PUBLIC fkoneksi, fnamakursor, frs, fperintah

fkoneksi="O"

-Klik dua kali pada Command Button, Masukan Syntax Berikut : vdatabase=ALLTRIM(thisform.text1.Value)

(7)

vpass=ALLTRIM(thisform.text3.Value) vnilai_koneksi = "DRIVER={MySQL ODBC 5.1

Driver};Server=localhost;UID="+vuser+";PWD="+vpass+";Database="+vdatabase+";port=3309;OPTION=3;" THISFORM.Koneksi = CREATEOBJECT("ADODB.CONNECTION")

THISFORM.Koneksi.open( vnilai_koneksi ) IF VARTYPE(THISFORM.Koneksi) # "O"

=MESSAGEBOX("Database MySQL Server Tidak Dapat DiKoneksikan", 0+16, "Informasi") *QUIT

ELSE

=MESSAGEBOX("Database MySQL Dapat DiKoneksikan", 0+64, "Informasi") ENDIF

THISFORM.Rs = CREATEOBJECT( "ADODB.RECORDSET" ) THISFORM.Perintah = CREATEOBJECT( "ADODB.Command" ) THISFORM.Perintah.CommandType = 1 THISFORM.Perintah.ActiveConnection = THISFORM.Koneksi THISFORM.mtmp1 = "QT"+SUBSTR(SYS(2015), 5) fkoneksi = thisform.koneksi fnamakursor=thisform.mtmp1 frs=thisform.Rs fperintah=thisform.perintah thisform.Release

-Simpan dan Jalankan Form Koneksi yang telah anda buat

-Jika Tidak terdapat kesalahan, akan tampil jendela konfirmasi bahwa Koneksi ke MySQL Server berhasil dilakukan..

(8)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Related subjects :

Pindai kode QR dengan aplikasi 1PDF
untuk diunduh sekarang

Instal aplikasi 1PDF di