• Tidak ada hasil yang ditemukan

COREL DRAW 12. Program grafis ini memang begitu besar pengaruhnya terhadap. perkembangan desain komputer pada umumnya. Banyak pengguna yang

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2021

Membagikan "COREL DRAW 12. Program grafis ini memang begitu besar pengaruhnya terhadap. perkembangan desain komputer pada umumnya. Banyak pengguna yang"

Copied!
37
0
0

Teks penuh

(1)

COREL DRAW 12

.

Program grafis ini memang begitu besar pengaruhnya terhadap perkembangan desain komputer pada umumnya. Banyak pengguna yang menyatakan bahwa perkembangan CorelDraw telah begitu pesat mempengaruhi perkembangan seni grafis digital yang semakin mempesona. perkembangan software desain grafis telah mempengaruhi pula pandangan tentang seni digital yang baru ini.

Pemanfaatan CorelDraw telah merambah kesemua bidang tidak hanya desain grafis semata, sehingga pemakaian CorelDraw semakin banyak diminati karena keluwesannya serta kemudahannya dalam hal pemakaian tool yang disediakan untuk memenuhi segala kebutuhan publikasi.

Beberapa fasilitas telah begitu berkembang seperti sebuah evolusi menuju kesempurnaan dan kemudahan. Telah menjadi ciri software dimana perkembangan perangkat serta tool yang menyertainya selalu diperbarui dan ditampilkan dengan wajah baru akan tetapi tidak meninggalkan esensi dasar dari perintah perintah dibalik tool tersebut.

1.1. Arti Sebuah Perkembangan

Banyak sekali para pengguna CorelDraw yang fanatik pada release tertentu, dengan berbagai alasan yang menyertainya. banyak pula para profesional pengguna CorelDraw begitu terpaku pada fungsi tool tertentu yang mana telah memenuhi kebutuhannya sehingga perkembangan fungsi, otomasi, serta diversifikasi fungsi menjadi kurang penting bagi pekerjaannya. buka suatu hal

(2)

yang salah bila hal tersebut terjadi, sebab perkembangan bagi profesional tentunya harus diperhitungkan pula dengan nilai tambah dalam hal mempelajari segala sesuatu yang berbau pembaruan.

Perkembangan hardware telah begitu pesatnya melebihi perkembangan software pada umumnya. sehingga segala fasilitas yang telah disediakan oleh hardware terkadang belum tersentuh oleh software. Perkembangan release baru tentunyamempunyai misi untuk mengikuti perkembangan hardwaredan mencoba memanfaatkan secara optimalsegala fasilitas yang ada tersebut. Kemampuan baru akan mempunyai sederet syarat yang harus dipenuhi dengan baik apabila ingin pengguna dapat menggunakannya secara optimal. Hal ini dapat mejadi sebuah bumerang jika keinginan pengguna untuk melakukan perubahan dan inovasi sangat rendah.

Perkembangan CorelDraw

Release perkembangan CorelDraw mempunyai kecepatan yang sangat tinggi, tapi dengan esensi guna tetap terjaga. Sehingga pengguna CorelDraw release 5 tidak akan terlalu kesulitan dengan kemunculan release versi baru seperti pada Corel Draw 11 atau bahkan diatasnya.dengan syarat pengguna harus benar benar memahami esensi dasar tool -tool pada CorelDraw.

Jika anda berangkat dari pengguna CorelDraw versi baru, maka segala permasalahan ini tidak akan dijumpai secara nyata. Banyak sekali perubahan baik posisi tata letak hingga fungsi dasar yang berubah mengikuti perkembangan software pada umumnya.

(3)

Bitmap dan Vektor

CorelDraw adalah program grafis dengan basis vektor atau garis. CorelDraw versi 12 dapat pula mengolah gambar dengan basis bitmap dengan hasil yang tidak kalah dengan pengolah bitmap yang sesungguhnya. bitmap tersusun dari titik -titik kecil dengan sebutan pixel. dimana unsur terkecil ini akan membentuk suatu kesan yang ditangkap oleh mata sebagai sebuah gambar. Apabila gambar tersebut dibesarkan hingga melawati batas maksimalnya maka gambar tersebut akan terlihat unsur dasarnya yaitu kotak - kotak warna.

CorelDraw menggunakan dasar vektor dalam mengolah image , dimana unsur dasarnya adalah garis. Keuntungan dari vektor ini adalah gambar akan mempunyai ukuran yang relatif kecil, kemudian jika gambar dibesarkan maka tidak gambar akan tetap terlihat solid atau utuh.. Sebagai pengolah image berbasis vektor CorelDraw sangat powerfull dalam pengolahan image ilustrasi.Akan tetapi dengan perkembangan CorelDraw yang semakin pesat, pengolahan obyek bitmap dapat juga dengan mudah dimanipulasi dalam aplikasi CorelDraw, bahkan filter - filter efek khusus pengolah bitmap telah disertakan dalam fungsi tersendiri.

Banyak sekali keuntungannya jika kedua jenis gambar ini dapat diolah dalam satu aplikasi, sebab manipulasi obyek dengan lain aplikasi akan memperpanjang langkah dalam mewujudkan kmposisi image yang diinginkan. Anda harus mempunyai kemampuan untuk menganalisa, apakah perlu bantuan aplikasi lain atau cukup dengan menempa anda untuk secara cepat memutuskan apakah butuh aplikasi lain atau cukup dengan CorelDraw saja.

(4)

Spesifikasi hardware yang disarankan

Syarat utama yang umum untuk aplikasi grafis adalah kesediaan RAM atau memory yang mencukupi untuk menjalankan aplikasi tersebut. Untuk program CorelDraw 11, spesifikasi standar yang haus dipenuhi adalah sebagai berikut : 1 Processor minimal Pentium II 233 MMX

2 RAM minimal 128 MB

3 Monitor Minimal SVGA

4 VGA minimal 16 MB

5. Ruang kosong Hardisk minimal 2 GB

Corel Draw adalah program untuk menggambar yang berbasis vektor, dimana user dapat dengan mudah membuat suatu desain secara profesional mulai dari pembuatan logo sederhana sampai pada desain ilustrasi yang rumit. Corel Draw juga mengembangkan kemampuan penanganan teks dan fasilitas penulisan teks yang memungkinkan untuk membuat proyek -proyek yang berkenaan dengan banyak naskah atau teks seperti brosur atau layout sebuah halaman.

Keunggulan program Corel Draw adalah pada user interface-nya yang mudah disesuaikan untuk mengelola toolbar secara utuh, hot key, menu, roll up dan status bar yang dapat dikonfigurasi sendiri. Bekerja dengan Corel Draw lebih menyenagkan dan mudah dalam pemakaiannya. fasilitas yag lain adalah Wizard Tutor Notes, menu-menu, serta dukungan dalam penggunaan tombol kanan mouse.

(5)

CorelDraw mendukung sistem OLE (Object Linking Embeding) yang meliputi OLE otomatis dan editing ditempat. OLE otomatis adalah proses peng-copy-an dari program lain dan ke program lain secara langsung. sedangkan OLE ditempat adalah proses editing obyek gambar yang diambil dari CorelDraw pada program yang sedang dijalankan dengan menggunakan fasilitas yang terdapat pada CorelDraw. dengan fasilitas OLE yang disediakan oleh CorelDraw, maka proses editing obyek akan bisa dilakukan dengan cepat dan efisien.

Interaktivitas Dan Kemudahan Penggunaan Interface

CorelDraw menyediakan banyak fasilitas untuk mempermudah dan mempercepat proses desain dengan hasil yang maksimal. adapun fasilits - fasilitas tersebut antara lain :

Flat Look Interface

User Interface Corel Draw mempunyai tampilan flat dengan hot tracking aktif pada tombol, tool, dan opsi - opsi pada saat kursor mouse diatas window drawing.

Workspace

Kotak Dialog Option memunkinkan anda untuk menentukan dan menyimpan seting workspace berdasar basis individual user. Dapat juga mengatur tampilan sesuai dengan kebutuhan, mengedit dan menyimpanseting untuk dijadikan default pada saat menggunakan aplikasi. Dalam setting workspace, dapat juga membuat / mengatur sendiri menu -menu atau toolbar ataupun menbuat tombol shortcut sendiri.

(6)

Window Docker

Window Docker dapat ditempatkan pada bagian kiri atau kanan pada window drawing. Dengan demikian window tersebut memudahkan pengaksesan perintah perintah yang sering digunakan tanpa mengacaukan drawing page. Pada saat window docker terbuka lebih dari satu, tab-tab akan muncul pada bagian kanan window docker sehingga memungkinkan untuk berpindah antar window docker dengan cepat dan mudah.

Customiblity

Pengembangan pada kustomisasi fasilitas seperti level zoom, dan ukuran halaman yang didefinisikan oleh user, sehingga dapat mengakses setting setting yang sering digunakan

1.2 Produksivitas Dan Unjuk Kerja

CorelDraw memungkinkan kita untuk bekerja lebih efisien denghan adanya penambahan kemampuan produktivitas dan unjuk kerja pada CorelDraw, seperti penggunaan tombol Alt untuk memilih obyek - obyek yang tersembunyi dalam tumpukan atau grup gambar.

Kita dapat mengelola obyek -obyek dalam ilustrasi lebih mudah dengan menggunakan kemampuan kemampuan khusus pada CorelDraw seperti berikut :

Guideline sebagai obyek

Dengan guideline kita dapat bekerja dengan grafik lebih tepat. Guideline dapat dipilih lebih dari satu, diputar, dihapus, atau ditempatkan pada lokasi yang tepat

(7)

dengan menggunakan fasilitas nudge seperti obyek obyek yang lain pada CorelDraw.

Smart Duplicate

Patern obyek dapat diulang-ulangdengan menggunakan fasilitas Smart Duplicate. Setiapkali obyek duplikat dibuat dan dipindahkan keposisi baru, perintah Duplicate akan menggunakan posisi baru yang telah ditentukan ke lokasi duplikat berikutnya.

Node Editing

Editing Node dasar dengan menggunakan Pick Tool dibuat lebih mudah. Dengan menggunakan tool -tool drawing dasar, kita dapat memanipulasi posisi dan bentuk obyek. Akses terhadap Shape Tool telah dipermudah, yaitu hanya dengan perintah Double Click pada obyek yang dimaksud.

Keyboard Accelerator

Kemampuan untuk melakukan tugas -tugas dengan menggunakan keyboard dibuat lebih mudah dengan memasukkantombol akselerator baru. Gunakan tombol TAB dan ALT untuk mempermudah manipulasi obyek.

Display Bitmap

Pada saat bekerja dengan obyek, kita dapat dengan cepat mengubah tampilan dari outline ke full bitmap yang diwakili tombol TAB. Dengan adanya perpindahan antar view display memungkinkan kita untuk menampilkan dan menempatkan obyek dengan tepat. Kita dapat mengaktifkan pilihan Setting Use Offscreen Image yang ada pada kotak dialog Options untuk menampilkan image dengan otomatis. Pada saat pilihan setting tersebut dipilih, CorelDraw menonaktifkan refresh image.

(8)

Kontrol Interaktif

Penambahan pada kontrol -kontrol on-screen untuk beberapa tool interactif vektor akan mempercepat dan mempermudah akses pengaturan setting fasilitas obyek.

1.3 Tool Tool Interaktif

CorelDraw menyediakan beberapa tool interactif yang memudahkan kita dalam membuat efek -efek khusus dengan cepat dan mudah. Tool Drop Shadow interaktif akan membuat bitmap Drop Shadow ( efek bayangan) pada obyek. sedangkan untuk membuat bentuk -bentuk baru kita dapat menggunakan tool Push and Pull, Zipper ataupun Twister. Tool Envelope interaktif dan tool Wxtrude interaktifdigunakan untuk menambahkan efek -efek envelope dan extrude pada obyek gambar dengan cepatdan mudah. Kita dapat melakukan transformasi obyek - obyekgambar secara bebas dengan menggunakan tool Free Transform. Dapat juga mengatur dan mencampur warna obyek secara interaktif dengan menggunakan Color Palette bersama tombol Ctrl dan mouse. Interactif Drop Shadow

Tool ini memungkinkan kita menerapkan bitmapefek bayangan kedalam obyek yang sedang dibuat. dengan adanya tool interactif ini kita dapat mengatur drop shadow secara langsung, seperti mangatur arah, tingkat transparansi dan warna drop shadow.

Tool Distorsion

Kita dapat mendistorsi obyek dengan menggunakan tool Distorsion. kita dapat menerapkan efek push and pull untuk men-drag node-node kearah dalam atau keluar dari beberapa titik pada drawing page. Tool Zipper digunakan untuk

(9)

mengubah garis ke kurva dan membuat efek zig-zag pada suatu obyek. Tool Twister digunakan untuk memutar-mutar node dengan arah searah jarum jam atau berlawanan jarum jam mengitari titik tengah.

Color Mixing

Color mixing adalah fasilitas untuk melakukan proses pencampuran warna secara interaktif. kita pahami bahwa warna merupakan unsur penting dalam sebuah desain. Oleh karena itu CorelDraw memberikan fasilitas khusus untuk melakukan proses pancampuran warna secara langsung menggunakan palet warna sehingga menghasilkan warna sesuai dengan keinginan desainer.

Extrude

Fasilitas Extrude adalah fasilitas khusus pada CorelDraw yang berfungsi untuk melakukan transformasi dari satu obyek ke obyek lain. Misalnya ingin melakukan transformasi atau perubahan obyek dari bintang ke lingkaran, maka langkah yang dilakukan sangat mudah dan cepat.

Free Transform

Dengan menggunakan tool ini kita dapat memutar, skew, scale dan merefleksi obyek pada suatu titik didalam drawing page. Cara kerja tool ini mendekatkan kita memperoleh titik tengah obyek terpilih dengan bebas. kita juga dapat mengintrol lebih jauh mengenai posisi titik tengah sebuah obyek.

Fill Tilling

Fasilitas Patern dan Texture Fill ditambah dengan tool interaktif Patern Tilling yang baru. Pada interface layar kita dapat langsung mengatur ukuran, posisi, memutar dan skew patern atau texture yang berisi obyek. Pilihan Scale With

(10)

Objects memungkinkan kita melakukan transformasi Fill Pattern atau texture dengan obyek.

1.4 Text, Bitmap dan Efek Khusus

CorelDraw mempunyai fasilitas untuk membuat efek teks 3 dimensi secara langsung. Kemampuan lain adalah mengalirkan teksuntuk menghubungkan antar obyek, garis dan frame obyek. Ketika Bekerja dengan Pharagraph Teks kita akan dimudahkan dengan fasilitas Fit text To Frame yaitu supaya ukuran teks menyesuaikan dengan ukuran frame yang ada pada gambar secara otomatis. Kita juga dapat meningkatkan keamanan obyek terhadap perubahan-perubahan denganmenerapkan fasilitas Lock Object. Dengan fasilitas tersebut kita dapat mengunci setting obyek untuk memastikan obyek tidak termodifikasi

secara tidak sengaja. Pada saat bekerja dengan mode bitmapkita dapat langsung melihat perubahan -perubahan hasil setting pada layar.

Pewarnaan dan Pencetakan

Mewarnai dan mencetak akan semakin cepat, lebih mudah, dan lebih akuratdengan menggunakan fasilitas pewarnaan dan pencetakanyang disediakan oleh CorelDraw.

Adome PostScript 3

Kita dapat mencetak doumen PostScript dengan menggunakan Adome PostScript 3. Dimana obyek yang menggunakan fill linier Fountain akan di render berdasarkan pada resolusi printer, sehingga akan meningkatkan kualitas image dan waktu pencetakan. Adobe PostScript 3 jugadapat menangani desain

(11)

obyek yang kompleks dengan lebih efisien tanpa menyebabkan eror atau mengurangi fasiltas.

Pop-up Palette

Menemukan warna sesuai dengan kebutuhan dan tepat guna hanya dengan satu kali klik. Klik dan tahan warna yang ada pada color palette on-screen untuk menampilkan gris warna warna yang mendekati.

Palette Editor

Dengan menggunakan fasilitas ini kita dapat membuat color palette atau mengedit custom paltte yang ada. Sekarang semua tool yang dibutuhkan untuk menambah, menghapus dan mengedit warna ditempatkan dalam satu kotak dialog.

Color Harmonies

Fasilitas ini dapat digunakan untuk memilih warna yang selaras antara warna yang satu dengan warna yang lain. Fasilitas pemilihan warna ini tersiri dari shapeberbeda yang berlapis diatas roda warna. Geserlah shape tersebut mengitari roda warna untuk menampilkan tiga atau empat kombinasi warna selaras yang berbeda.

Color Management

Kita dapat mensimulasikan output dari printer separasi warna pada printer campuran. Warna -warna FOCOLTONE, TOYO, dan DIC dapat dilakukan sebagai spot color. Dapat juga membuat spot color sendiri denganmenggunakan warna warna yang didefinisikan oleh user.

(12)

MODUL PRAKTIKUM (DESAIN GRAFIS)

Tujuan : - Memahami cara memulai Corel Draw

- Memahami lembar kerja Coreldraw (Toolsbox)

Langkah :

Aktifkan Coreldraw , dengan langkah sbb :

- Klik Start – Program – Coreldraw , Klik Coreldraw 12

- Pada “Wellcome To CorelDRAW ” , Klik New Graphic, hingga tampil lembar kerja Coreldraw.

(Mengenal Tools Box)

1. Perhatikan “TOOLS BOX” sbb :

Pick Tool = Memilih ukuran, menggeser, merubah bentuk objek dan teks ShapeTool = Merubah objek bertitik, merubah, menambah posisi titik ZoomTool = Melihat objek, baik dalam tampilan normal atau ukuran lain.

FreehandTool = Membuat garis lurus atau curva dgn bentuk yang berbeda RectangleTool = Membuat objek gambar berbentuk empat persegi EllipseTool = Membuat objek gambar berbentuk lingkaran

Polygon Tool = Membuat gambar berbentuk segi banyak, bintang, spiral. Basic shapes = Memilih objek flowchart, panah, dll

Text Tools = Membuat tulisan artistic atau paragraph

Interactive Trans. Tools = Membuat warna text atau objek jadi transfaran

EyerdropperTool = Memilih jenis warna untuk teks atau objek OutlineTools = Merubah ketebalan, bentuk dan warna garis

Fill Tool = Membari warna isi suatu objek terpilih dengan warna fountain.

(13)

2. Klik “Rectangle Tool” kemudian tempatkan pada lembar kerja, tentukan titik awal, lalu drag sampai membentuk kotak sbb :

- Kemudian coba beri warna dengan warna yang disukai.

B. TUGAS MANDIRI (Membuat objek gambar uyang lain)

1. Buat objek gambar yang lain seperti lingkaran dan polygon, seperti contoh berikut, kemudian beri warna yang disukai.

2. Simpan File tersebut pada Folder anda, dengan nama LAT-1A

Memahami lembar kerja Coreldraw

(Merubah sudut kotak dan mengiris gambar)

Langkah :

Aktifkan Coreldraw 12, dengan langkah sbb :

- Klik Start – Program – Coreldraw 12, Klik Coreldraw 12

- Pada “Wellcome To CorelDRAW ” , Klik New Graphic, hingga tampil lembar kerja Coreldraw.

(14)

(Merubah sudut Kotak)

3. Klik “RECTANGLE TOOL” pada lembar kerja Coreldraw (Merubah sudut kotak).

4. Klik “SHAPE TOOL” pilih Shape Tool, dan tempatkan pada salah satu ujung gambar kotak tersebut. Kemudian Drag (tahan) geser ke bagian dalam kotak.

Kotak 2 Kotak 1

Shape Tool Menjadi

B. TUGAS MANDIRI (Merubah Polygon (segilima) menjadi Bintang

3. Rubah gambar 1 menjadi gambar 2 dengan Shape Tool

Gambar 2 Gambar 1 Menjadi

4. Simpan File tersebut pada Folder anda, dengan nama LAT-2A

C. TUGAS BIASA (Mengiris/Memotong gambar)

1. Buat obyek baru untuk menggambarkan kotak sbb :

Menjadi

2. Klik Shape Tool, pilih Knife Tool, Tempatkan Knife Tool pada lingkaran seperti pada gambar diatas. Drag (tahan) dan geserkan untuk mengiris lingkaran tersebut.

(15)

3. Klik Pick Tool dan tempatkan pointer pada bagian dari lingkaran tersebut kemudian geser bagian lengkaran tersebut hingga terpisah.

B. TUGAS MANDIRI (Mengiris/Memotong Polygon)

1. Irislah/Potonglah gambar 1 menjadi gambar 2 dengan Knife Tool.

Menjadi

(Membuat garis dengan Freehand Tool)

1. Aktifkan “Freehand Tool”

2. Setelah pointer berubah menjadi tanda +, bawalah ke lembar kerja dan klik satu kali untuk menentukan awal garis.

3. Pindahkan mouse TANPA menekan tombol mouse ke tempat lain sesuai kebutuhan.

(Tekan Tombol Ctrl agar garis tidak berubah). Klik satu kali untuk mengakhiri pembuatan garis.

Titik Awal Titik Akhir

B. TUGAS BIASA (Membuat garis dengan Bezier Tool)

4. Aktifkan “Bezier Tool”

5. Setelah pointer berubah menjadi tanda +, bawalah ke lembar kerja dan klik satu kali untuk menentukan awal garis.

6. Pindahkan mouse TANPA menekan tombol mouse ke tempat lain sesuai kebutuhan.

(16)

Klik satu kali untuk mengakhiri pembuatan garis. (Lakukan hal yang sama untuk mengulangi pembuatan garis).

Titik Awal Titik Akhir

Memahami fasilitas pemotong seperti Weld dan Trim

Langkah :

Aktifkan Coreldraw, dengan langkah sbb :

- Klik Start – Program – Coreldraw, Klik Coreldraw 12

- Pada “Wellcome To CorelDRAW ” , Klik New Graphic, hingga tampil lembar kerja Coreldraw.

A. Menyatukan dua buah objek dengan (Weld)

1. Buat Lingkaran (A) dan kotak (B) seperti tampak pada gambar berikut ini 2. Klik “Pick Tool” dan blok kedua gambar tersebut secara keseluruhan

3. Klik “Quick Weld” Sehingga gambar tampil sbb :

(17)

B. Membuat objek dengan menggunakan transformation

1. Buat sebuah persegi panjang seperti pada gambar 1 dibawah. 2. Klik Arrange – Transformastion - Rotate

- Pada Transformation (Rotate), kemudian rubah : - Angle : 45

- Klik Apply To Duplicate (3 X), sehingga tampil seperti gambar 2.

3 Buat lingkaran kemudian satukan dengan gambar 2. sehingga akan tampak seperti gambar 3.

- Gunakan “Align and distribute” Tempatkan posisi center = tengah

4. Lakukan Quick Trim dengan memilih weld. Seperti tampak pada Gambar 4.

Gambar 1. Gambar 2. Gambar 3. Gambar 4. 5. Merubah Effect Camera

- Klik – Effect – Extrude Camera - Rubah Dept : 15.00 - Apply 6. Merubah Effect Rotation

- Klik – Extrude Rotation

- Rubah Posisi 3D Rotation (klik+Drag) - Apply 7. Merubah Effect Light

- Klik – Extrude Light

- Rubah : 1. Ujung atas, 2. Ujung Bawah - Apply 8. Merubah Effect Color

- Klik – Extrude Color

- Rubah : - Object Fill, Solid Fill, Shade (Pilih warna yang disukai) - Klik Apply

9. Merubah Effect Bevel - Klik – Extrude Bevel - Rubah : - Pilih Use Bevel

(18)

Jika langkah dari no 6 s/d 10 sudah dilakukan maka gambar akan tampil seperti gambar 6 berikut ini.

10. Simpan Object tersebut Pada folder anda dengan nama LAT-10A

TUGAS MANDIRI (Weld & Trim)

1. Buat OBJEK berikut ini, dengan menggunakan (Weld & Trim)

Gambar Awal Gambar Akhir

2. Simpan objek tersebut Pada folder anda dengan nama LAT-10B

Membuat tulisan yang berisi gambar dengan Power Clip.

1. Masukan sebuah Gambar kedalam lembar kerja corel, yaitu dengan cara Klik pada menubar FILE => import lalu cari gambar yang diinginkan dan klik import.

2. Langkah selanjutnya ialah meletakan gambar yang telah dipilih kedalam lembar kerja corel dengan melakukan KLIK sembarang pada lembar kerja corel. Misalkan gambar yang dipilih adalah seperti dibawah ini :

(19)

3. Setelah gambar berada pada lembar kerja, selanjutnya buat sebuah Text . Klik Text tool dan klik pada lembar kerja corel. Selanjutnya ketik text atau tulisan yang diinginkan misalkan EAGLE.

4. Langkah selanjutnya ialah Letakan tulisan tersebut diatas gambar elang.

5. Selanjutnya Klik gambar Elang dan Klik pada menubar

Effect => PowerClip => Place Inside Container. Dan Klik pada Text Eagle, maka hasilnya ialah seperti gambar dibawah ini.

Membuat Objek dengan efek Distortion

¾ Gambar dibawah ini merupakan hasil dari penggunaan efek distortion atau distorsi.

Untuk menggunakan efek distorsi ini langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :

(20)

1. Buat sebuah Objek lingkaran pada lembar kerja corel Draw, dengan ukuran sembarang.

2. Selanjutnya klik Interactive Distortion tool pada Toolbox, dan selanjutnya pilih Zipper Distortion pada menubar.

3. Kemudian Klik objek lingkaran yang telah dibuat tadi, selanjutnya drag dari garis lingkaran ke posisi tengah lingkaran.

4. Langkah selanjutnya adalah, Klik Center distortion yang terdapat pada menubar.

5. Setelah hal diatas dilakukan maka tentukan banyaknya gelombang dengan menentukan nilai pada Zipper Distortion frequency yang terdapat pada menubar.

6. Silahkan coba dengan efek distrosi yang lain seperti Push and Pull

Distortion dan Twister Distortion.. Jangan lupa simpan hasil pekerjaan

anda. Jika ada hal yang belum jelas, tanyakan pada instruktur yang ganteng...

(21)

TRANSFORMASI OBJEK ( Position, Rotation, Scale,Skew.)

Menggeser Obyek

1 Buat sebuah objek lingkaran Aktifkan obyek lingkaran, maka dibagian sisi obyek tedapat delapan kotak kecil yang disebut dengan node serta terdapat tanda silang pada bagian tengah elips.

2 Letakkan pointer pada tanda silang dibagian tengah obyek elips sehingga pointer berubah menjadi panah empat arah.

3 Klik-tahan-geser ke tempat lain, maka obyek elips tersebut akan bergeser.

Memperbesar dan memperkecil ukuran obyek

1 Klik obyek lingkaran sehingga muncul node.

2 Letakkan pointer pada node di pojok kanan bawah sehingga berubah menjadi panah memojok.

3 Klik-tahan-geser ke arah kanan bawah, sehingga obyek lingkaran menjadi lebih besar.

4 Buat objek persegi panjang, Klik obyek persegi panjang sehingga muncul node.

5 Letakkan pointer pada node di pojok kanan bawah sehingga berubah menjadi panah memojok.

(22)

Gambar 3.6. Mengecilkan Obyek

Note :

Untuk memperbesar dan memperkecil dapat dilakukan pada setiap node. Jika menggunakan node pada setiap pojok, maka pembesaran dan pengecilan obyek secara proporsional. sedangkan pada node selain pojok akan menghasilkan perubahan obyek secara bebas.

Rotasi Obyek

1 Aktifkan obyek segi lima sehingga muncul node.

2 klik sekali lagi pada obyek tersebut sehingga node akan berubah menjadi anak panah.

3 Letakkan pointer pada salah satu anak panah pada salah satu pojok, sehingga berubah menjadi pointer panah melingkar .

4 Klik-tahan-putar searah jarum jam, lalu lepaskan. Anda perhatikan hasilnya.

Skewing Obyek

1 Aktifkan obyek Spiral sehingga muncul node.

2 Klik sekali lagi pada obyek tersebut sehingga node akan berubah menjadi anak panah.

(23)

atau bawah obyek sehingga berubah menjadi hori

4. Klik-tahan-geser kanan atau ke kiri, lalu lepaskan. Anda perhatikan hasilnya.

Note :

Untuk Rotasi obyek dapat menggunakan node panah pada setiap pojok. Untuk Skewing obyek dapat menggunakan panah vertikal pada bagian kanan dan kiri obyek maupun horisontal pada bagian atas dan bawah obyek.

EFEK Blending

Efek blending ini digunakan untuk menampilkan proses perubahan bentuk dari objek 1 menjadi objek 2. untuk lebih jelasnya perhatikan dibawah ini.

1. Buatlah sebuah objek Rectangle.

2. Selanjutnya buatlah sebuah objek lingkaran pada sisi sebelah kanan objek

(24)

3. Langkah berikutnya ialah klik Interactive blending Tool yang terdapat pada Tool box

4. Selanjutnya drag dari objek rectangle menuju ke objek lingkaran, sehingga akan tampak seperti gambar dibawah ini.

5. Untuk menetukan jumlah langkah perubahan dari objek 1 ke objek 2, maka dapat ditentukan pada Number of Step... pada Toolbar . Misalkan perubahan yang ingin diperlihatkan sejumlah 6 langkah, maka tentukan nilainya adalah 6. sehingga gambar akan akan tampak seperti dibawah ini

(25)

Membuat Efek 3D

1. Aktifkan “Rectangle Tool” pada Toolbox

2. Buat Kotak dengan dengan diberi warna hitam muda (warna lain). 3. Klik– Bitmaps – Convert to Bitmaps

- Pilih Anti-aliasing & Apply ICC profile – OK

- Klik – Bitmaps – 3D Effect – Page Curl, sehingga tampil Page Curl Sbb :

- Pilih Curl (ujung kanan atas) - Direction : Transparent

- Color : - Curl : -Agak hitam (atau warna lain)

- Background : -Hitam Lebih muda (atau warna lain) - Width % : 25, Height % : 50

- Klik – OK (Perhatikan perubahannya pada gambar 2)

Gambar 1 Gambar 2

(26)

Mengelola TEKS

1. Aktifkan “Text Tool” =

2. Ketik Teks dibawah gambar : AS (Jenis huruf : English111 Viance BT : Size : 150),

Sehingga tampil seperti gambar 3.

3. Aktifkan “Shape Tools” = dan tempatkan pada huruf “S” text AS tersebut, Lihat Gb 4.

- Drag titik hitam pada huruf “S” ke bawah, Lihat gambar 5.

Gambar 3 Gambar 4 Gambar 5

4. Selanjutnya satukan Kotak tersebut dengan Teks di atas. Sehingga tampak pada gambar 6 sbb :

Gambar 3

Gambar 6

6. Simpan Gambar tersebut Pada folder anda dengan nama LAT-9B

C. TUGAS MANDIRI (Bitmaps & Shape Tools)

(27)

(Mengetik Teks dengan efek khusus = Contour)

1. Aktifkan “Text Tool”

2. Ketik Teks Service Point lihat gb. 1

3. Klik Menu Effect – Contour, kemudian tampil pilihan berikutnya 4. Pada Contour Step, Pilih Outside, Offset : 0.1, Step : 2 – Klik Aplly, 5. Pada Contour Color, Pilih Warna (Bebas) untuk OutLine dan Fill– Klik

Aplly.

(Lihat Gb. 2)

Gambar 1 Gambar 2

6. Simpan Teks tersebut Pada folder anda dengan nama LAT-7A

B. TUGAS BIASA (Mengetik Teks dengan efek khusus = Shadow)

1. Aktifkan “Text Tool”

2. Ketik Teks Standard Class (Jenis huruf : TimeNews Roman, ukuran : 150), lihat gb. 1

3. Aktipkan Interactive Drop Shadow Tool

4. Pada Teks – Klik dan Drag ke bawah sehingga bayangan tsb akan tampil. (Lihat Gb 2)

Gambar 1 Gambar 2

(28)

C. TUGAS MANDIRI (Mengetik Teks dengan Objek Khusus =Contour & Shadow)

1. Buat Teks berikut ini. - Baris 1 : Silver & - Baris 2 : Gold Level

- Baris 3 : Global Dimention

(29)

(Efek khusus = Lensa) 1. Aktifkan “Text Tool”

2. Ketik Teks Corel Draw (Jenis huruf : Book Antiqua, ukuran : 70) 3. Aktifkan “Ellipse Tools”

4. Buat lingkaran dan diujung teks Draw, Lihat gambar 1

5. Klik– Effect – Lens, Tampil Docker Windows Lens sbb

- Tempatkan posisi di Lingkaran - Pilih : Invert – Klik Apply

- Perhatikan perubahan pada lingkaran dan

teks tersebut (Lihat Gb 2)

Gambar 1

Gambar 2 6. Simpan Teks tersebut Pada folder anda

Mengelola teks Agar mengikuti bentuk Objek. 1. Aktifkan “Text Tool”

2. Ketik Teks STMIK SERANG (Jenis huruf : AvantGarde Bk BT) berikut ini :

- Lakukan perubahan pada teks tersebut (untuk memperbesar teks sampai sizenya:100)

B. TUGAS BIASA (Menggabungkan Teks dengan Objek)

1. Aktifkan “Elipse Tools”

2. Buat Lingkaran dibawah teks tersebut di atas. 3. Pada Menu Bar, Klik TEXT – Fit Text To Path.

(30)

4. Ketik Teks “SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN

KOMPUTER ”

1. Aktifkan “Shape Tools”, Klik posisi pada Gambar lingkaran tersebut.

2. Tekan Tombol “Del” untuk menghapus gambar lingkaran tsb, sehingga teks akan tampil sbb : (hati-hati jangan sampai teksnya yang ke hapus).

3. Aktifkan “Pick Tools”, kemudian gabungkan teks terakhir dengan teks sebelumnya, sehingga Tampilan akan tampak sbb :

(31)

KUMPULAN SOAL LATIHAN Corel Draw.

Latihan 1

Logo Mitsubishi sengaja diambil karena sistem CorelDRAW menyediakan semua fasilitas yang diperlukan untuk membentuk logo tersebut dan dapat dibuat dengan mudah dan cepat.

1. Buat Objek persegi panjang menggunakan Rectangle Tool

2. Aktifkan fasilitas Envelope melalui menu Effect → Envelope. Pada waktu prosesnya sistem akan menampilkan Envelope Docker, gunakan proses bernama Add Preset, berkutnya sistem akan menampilkan daftar format yang siap dipakai pada bagian bawahnya dan pilih format yang sesuai dengan bentuk elemen logo yang diinginkan.

(32)

3. Klik Apply maka bentuk dasar dari logo akan dibuat secara otomatis, pilih Pick Tool pada Tool Box kemudian Copy objek gambar menjadi tiga (dapat menggunakan proses mouse untuk menggeser gambar dengan kombinasi tombol + (tambah) yang ada pada numeric keyboard.

4. Tahapan berikutnya yaitu memutar dua buah objek yang akan digunakan dengan mengklik dua kali objek gambar yang akan diproses untuk mengaktifkan proses transformasi rotasi, untuk keperluan tersebut gunakan Ruler untuk mengukur batas atas, bawah dan samping.

5. Untuk menyatukan objek gambar tersebut lakukan Grouping

(33)

Latihan 2

Logo HP dibentuk oleh tiga objek, yaitu objek gambar persegi panjang yang ujungnya ditumpulkan, objek lingkaran bulat penuh, dan objek teks. Untuk itu, anda dapat membentuknya melalui Rectangle Tool, Ellipse Tool dan Text Tool. Hasilnya lihat gambar berikut :

1. Buat Objek persegi panjang, lingkaran dan teks.

(34)

3. Geser posisi lingkaran dan objek persegi panjang hingga menempati bagian tengah melalui fasilitas Align and Distribute.

4. Lakukan pemotongan persegi panjang dengan bentuk lingkaran pada bagian tengah dengan menggunakan Trim.

5. Hapus objek lingkaran dan beri warna hitam pada persegi panjang kemudian geser teks pada bagian tengah. Jika telah selesai kelompokan objek gambar dan teks tersebut dengan menggunakan Group seperti gambar berikut :

(35)

Latihan 3

Pada latihan ke-3 ini kita akan membentuk sebuah logo dari sebuah media elektronik yaitu Indosiar, dalam pembuatan logo ini menggunakan beberapa objek diantaranya Rectangle, Ellipse dan Text Tool. Perhatikan cara pembuatannya.

1. Buat sebuah Objek Ellipse dan Rectangle yang membentuk persegi panjang

(36)

3. Lakukan pemotongan Lingkaran pada bagian tengah dengan menggunakan Trim hingga membentuk objek seperti pada gambar dibawah ini.

4. Buat dua buah rectangle dengan objek panjang mendatar, untuk memotong kedu bagian lingkaran.

5. Buat objek text dan tempatkan pada posisi center, kemudian beri warna objek lingkaran, untuk memberi warna yang berbeda pada satu objek lingkaran gunakan Break Appart untuk memecah objek.

(37)

6. Buat objek rectangle dan gunakan Shape Tool untuk merubah sudut dan Outline Tool untuk mempertebal garis rectangle tersebut.

7. Untuk menambahkan efek bayangan kita bisa menggunakan Interaktive Drop Shadow seperti gambar dibawah ini

Gambar

Gambar  Awal         Gambar  Akhir

Referensi

Dokumen terkait

Dalam hal Anda menemukan inakurasi informasi yang termuat pada situs ini atau informasi yang seharusnya ada, namun belum tersedia, maka harap segera hubungi Kepaniteraan Mahkamah

penerapan budaya organisasi secara lebih baik sehingga budaya organisasi yang diterapkan dapat menjadi acuan untuk membuat rencana strategis yang diterapkan secara menyeluruh

[r]

8 Menimbang bahwa terlebih dahulu, dari surat permohonan Pemohon dapat disimpulkan pada pokoknya adalah mohon untuk Pengadilan memberi izin kepada Pemohon untuk berikrar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keinginan kontraktor mengenai penerapan green construction dan kriteria green construction paling

satuan permukiman (SP ) ini setelah lepas masa pembinaan selama minimal 5 tahun dan telah diserahkan kepada pemerintah daerah, selanjutnya akan menjadi desa

Dengan kata lain, pengu- langan verba tatobi pada data (1) menjadi pemarkah kohesi leksikal hubungan antarkalimat dalam

Guru mengarahkan siswa untuk merangkum hal-hal yang berkaitan dengan Guru mengarahkan siswa untuk merangkum hal-hal yang berkaitan dengan penyakit yang menyerang sistem