• Tidak ada hasil yang ditemukan

Masalah Potensi Analisis SWOT Perencanaa

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2018

Membagikan "Masalah Potensi Analisis SWOT Perencanaa"

Copied!
14
0
0

Teks penuh

(1)

Rokhmatul Umaroh A / 150721603441 P.Geo 2015

Geografi Desa Kota

MASALAH DAN POTENSI

DESA CARAT, KECAMATAN GEMPOL, KABUPATEN PASURUAN

Dalam keseharian kehidupan bermasyarakat, Desa Carat tentu tidak terlepas dari adanya masalah desa. Masalah desa dapat berupa masalah sosial, fisik (lingkungan), politik, budaya, dsb. Masalah tersebut data saja diabaikan oleh beberapa orang, namun juga dapat dianggap serius oleh sebagian orang sehingga akan menimbulkan tindak lanjut yang dilakukan oleh masyarakat desa. Berikut beberapa masalah lingkungan yang terjadi di Desa Carat :

1. Genangan yang terjadi di Dusun Carat RT 003 RW 003

Ketika musim penghujan tiba, Sungai Carat yang berada di sepanjang belakang Dusun Carat RT 003 RW 003 sering terjadi banjir. Hal tersebut terjadi karena adanya seresah ranting bambu yang hanyut di sungai dan sampah plastik dari wilayah hulu. Seresah dan sampah tersebut menyumbat volume air sungai sehingga meluap dan menimbulkan genangan setinggi separuh lutut orang dewasa. Selain faktor tersebut, juga disebabkan karena pemukiman penduduk yang lebih rendah dari permukaan sungai dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengontrol kebersihan sungai. Untuk megatasai hal tersebut, pemerintah desa bersama masyarakat mulai melakukan pengerukan dan pembersihan sungai sebelum hujan tiba. Kemudian beberapa warga desa juga mulai berinisiatif untuk meninggikan bangunan rumah mereka agar mengurangi dampak genangan oleh sungai sehingga tidak sampai masuk ke rumah mereka kembali. Saran dari saya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu warga hendaknya sering mengontrol bambu yang berada di hulu sungai. Apabila berpotensi patah, sehingga bisa langsung diambil dan tidak sampai terhanyut ke badan sungai. Kemudian bekerja sama dengan warga yang berada di hulu dan sepanjang badan sungai untuk tidak membuang sampah apapun ke Sungai Carat.

2. Genangan air di jalan kampung Dusun Carat RT 001 RW 003

(2)

Sehingga ketika jalan telah diaspal, cekungan yang cukup luas tersebut sering meinmbulkan masalah ketika musim penghujan tiba. Masalah tersebut diantaranya, kemacetan kendaraan dan truk yang melintasi jalan kampung, terganggunya aktivitas warga yang diselenggarakan di jalan kampung tersebut. Karena pada sisi barat jalan kampung yang tergenang tersebut terdapat mushola yang biasanya digunakan warga untuk melakukan aktivitas keagamaan seperti pengajian, tahlilan, ataupun sholawatan. Jalan kampung depan mushola yang biasa digunakan sebagai tempat berkumpul warga sering tergenang air ketika hujan, sehingga mengganggu kelancaran kegiatan warga dusun. Dari adanya masalah ini, masih belum tindakan lebih lanjut dari warga untuk mengatasi genangan tersebut. Karena mungkin hal tersebut masih dapat diatasi dan daianggap bukan masalah serius bagi kalangan masyarakat. Saran dari saya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan melakukan perataan bagian jalan jalan yang cekung dengan menambah volume aspal diatasnya hingga cukup rata. Sehingga ketika hujan tiba, cekungan tersebut sudah rata dan tidak menimbulkan genangan air yang menimbulkan beberapa masalah kemacetan dan terganggunya aktivitas warga dusun.

3. Limbah cair dari Pabrik Wika Beton yang mengalir di sungai kecil di Dusun Raos Baru

(3)

tersebut tidak dimanfaatkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari sehingga dampak secara langsung belum dirasakan oleh masyarakat. Untuk mengurangi dampak dari limbah pabrik, Pemerintah Desa Carat dan beberapa warga yang tanggap lingkungan telah berupaya memberikan peringatan kepada pihak pabrik, untuk mengolah limbahnya agar tidak terlalu mencemari keberadaan sungai. Sebagai tindakan permintaan maaf pihak pabrik terhadap warga sekitar, pihak Pabrik Wika Beton memberikan sembako lengkap pada setiap wara di Dusun Raos Baru dan telah berupaya meminimalisasi kadar tercemar yang terkandung dalam pembuangan limbah cair Pabrik Wika Beton. Saran dari saya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan Pemerintah Desa Carat dan warga menindak tegas kembali pihak pabrik untuk lebih cermat dalam mengolah limbah yang akan dibuang ke sungai kecil di Dusun Raos Baru. Karena lambat laun sungai akan tercemar berat. Selain itu, warga juga hendaknya melakukan pembersihan sungai setiap seminggu sekali secara bergilir dengan melakukan pengerukan endapan limbah cair.

4. Polusi udara oleh truk yang membawa material pasir dan kerikil yang melewati jalan kampung dari RT 001 hingga RT 003

(4)

jumlah truk yang akan mengambil material pasir dan kerikil yang melintasi Dusun Carat dengan mendatanya. Sehingga hanya beberapa truk tertentu saja yang boleh melintasi jalan kampung Dusun Carat.o

Beberapa masalah lingkungan di Desa Carat cukup beragam, begitu pula dengan masalah sosialnya. Namun dari adanya masalah sosial yang terjadi terdapat masyarakat yang tidak ingin ikut andil dalam maslah tersebut da nada pula yang berusaha untuk mengatasi hal tersebut agar tidak berkepanjangan. Berikut beberapa masalah sosial yang terjadi di Desa Carat diantaranya yaitu :

1. Pendirian pemukiman yang terlalu padat di Dusun Raos Baru

Kondisi pemukiman di Dusun Raos Baru yang terlalu rapat disebakan oleh padatnya penduduk di dusun tersebut. Hal tersebut dilatar belakangi oleh kurang fahaman warga untuk melakukan penataan wilayah pemukiman sejak awal didirikan dusun. Kemudian faktor lain yaitu besarnya jumlah penduduk Dusun Raos Baru. Sehingga terlanjur terbentuk suatu pemukiman yang rapat, padat penduduk, dan ramai. Hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah bgai warga, sehingga belum menjadi masalah yang dianggap besar oleh sebagian warga. Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Desa Carat bekerjasama dengan masyarakat untuk melakukan program KB dan mulai tidak membangun lahan yang dirasa terlalu sempit untuk didirikan tempat tinggal. Saran saya dari masalah tersebut yaitu, warga pendatang dari desa lain apabila ingin mejadi warga Dusun Raos Baru maka hendaknya membangun rumah di utara Dusun Raos yang masih memiliki lahan yang luas. Agar tidak menambah kerapatan pemukiman.

2. Kenakalan remaja di Desa Carat

(5)

menyimpang. Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Desa Carat bersama masyarakat telah berusaha mewadahi bakat remaja desa melalui karang taruna. Karang Taruna mulai dihidupkan kembali dengan berbagai kegiatan positif yang diadakannya. Selain itu, diadakan pengajian dan penyuluhan terhadap bahaya pergaulan bebas yang diadakan setiap satu bulan sekali. Sehingga kenakalan remaja dapat diminimalisasi. Saran dari saya untuk masalah ini adalah dengan memberikan motivasi pada remaja untuk menganyam pendidikan setinggi mungkin untuk menjadi orang sukses dan lebih baik lagi. Sehingga niatan untuk melakukan periaku menyimpang akan dapat diurungkan.

Meskipun terdapat beberapa masalah lingkungan dan masalah sosial yang terjadi di Desa Carat, namun Desa Carat juga memiliki potensi desa yang cukup beragam dan perlu untuk dikembangkan lebih baik lagi. Beberapa potensi Desa Carat diantaranya yaitu :

1. Terdapat Pabrik besar di Desa Carat

Beberapa pabrik besar di Desa Carat diantaranya PT. Ambico yang mengolah rumput laut, PT. Tricopla yang memproduksi sandal, PT, Focon yang memproduksibatako, dan Gudang minuman berkarbonasi. Selain itu, Desa Carat juga berdekatan dengan PT. Wika Beton di Desa Kejapanan yang memiliki potensi besar untuk menyerpa banyak tenaga kerja dari wilayah Desa Carat dan sekitarnya. Sehingga tidak heran apabila penduduk Desa Carat dominan bekerja di pabrik sebagai karyawan.

PT. Ambico

Sumber : Dok. Penulis Sumber : Dok. PenulisPT. Tricopla Sumber : Dok. PenulisPT. Focon

2. Terdapat Situs Raos Pecinan, Desa Carat

(6)

Kab.Pasuruan.Patung Duarapala adalah patung penjaga pintu.Situs ini merupakan situs yang menjadi primadona sebelum tahun 1965.Bukan hanya warga sekitar warga keturunan Tiong Hoa juga mengidolakan situs ini.Mereka beranggapan dari sinilah tempat nenek moyang mereka sampai di Pulau Jawa.Lewat gerbang ini lah para bangsa mongol masuk ke Pulau Jawa setelah melakukan pelayaran melewati sungai Brantas pada masa Kerajaan Majapahit. Kemungkinan situs ini adalah gerbang masuk ke wilayah persekutuan dua pasukan antara Majapahit dan Tentara Mongol sebelum melakukan serangan balasan kepada Gelang-Gelang di Kediri.Faktor yang mendukung dugaan ini adalah tempat Situs yang dekat dengan Kali Porong. Dan kali porong pada masa tersebut merupakan jalur transportasi dan tempat bersandarnya kapal-kapal para tentara mongol. Konon,situs ini memiliki cungkup dan pendopo untuk memayungi patung Dwarapala. Adanya situs ini, dapat menjadikan Desa Carat memiliki potensi baru dibidang objek wisata bersejarah yang akan mengundang minat wisatawan dan menggerakkan ekonomi masyarakat untuk membuka suatu lapak makanan ataupun aksesoris situs raos Pecinan.

(7)

3. Pertunjukan Kesenian Jaran Kepang dan Debus

Desa Carat memiliki komunitas seni tradisional berupa jaran kepang dan debus. Komunitas ini masih dilestarikan oleh beberapa warga desa dengan mengenalkan pada warga melalui acara-acara yang diselenggarakan oleh desa. Diantaranya acara ruwah desa, acara HUT RI, acara khitanan atau pernikahan salah satu warga desa. Kesenian jaran kepang dan debus masih menarik untuk ditonton oleh warga Desa Carat sendiri maupun warga desa lain. Ketika pertunjukan ini diselengggarakan, banyak para wirausaha dan pedagan g yang datang untuk menjajakan daganagannya. Sehingga turut meningkatkan perekonomian pedagang yang bersangkutan. Semakin intens pertunjukkan ini diselenggarakan, maka Desa Carat akan semakin dikenal oleh masyarakat luar bahwa Desa Carat masih memiliki kesenian tradisional yang masih dilestarikan hingga kini.

4. Hutan Carat

Desa Carat memiliki hutan yang terletak di suatu bukit pada Patahan Watukosek sebagai lokasi Komando Daerah Militer (KODAM) dibagian selatan sebagai gudang penyimoan amunisi TNI AD dan lokasi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Selain sebagai lokasi kegiatan kemiliteran dan penelitan, hutan Carat juga sebagai sumber air dan penjaga keseimbangan klimatologis. Adanya dua lokasi penting tersebut dapat menambah citra Desa Carat untuk semakin dikenal oleh masyarakat luas.

(8)

5. Sungai Carat

Sungai yang mengalir di Desa Carat berfungsi sebagai irigasi sawah di Desaa Carat. Meskipun Desa Carat sedikit sawah, namun keberlangsungan dan kelancaran aliran Sungai Carat juga dibutuhkan untuk mengairi sawah-sawah di luar Desa Carat.

6. Akademi kebidanan Ar Rahma Carat

Di Dusun Carat RT 004 RW 001 terdapat Akademi Kebidanan yang baru didirikan pada tahun 2012. Akbid tersebut bernama “Akbid Ar Rahma”. Dengan adanya Akbid Ar Rahma, maka banyak penduduk dari luar Desa Carat yang datang untuk menimba ilmu. Sekarang mulai banyak kawasan kost untuk mahasiswa, banyak warung makan dan toko yang dibuka di sekitar Akbid Ar Rahma. Maka dari itu, perekonomian warga Desa Carat mulai mengalami peningkatan.

Akbid Ar Rahma

Sumber : Dok. Penulis

No. Nama Sungai Panjang (Km)

1. Kali Kresek 3,00

2. Kali Curah Beran 4,00

3. Kali Putih 4,00

4. Kali Kapulogo 3,00

5. Kali Celondo 2,00

6. Kali Carat 4,00

7. Kali Kambeng 6,00

8. Kali Besuki 3,50

9. Kali Sangar 5,00

Jumlah 34,50

(9)

7. Pemukiman dan kepadatan penduduk di Dusun Raos Baru

Dusun Raos Baru dengan kondisi pemukiman yang rapat dan berpenduduk banyak, menjadikan dusun ini berpotensi di bidang perdagangan. Pada umumnya warga Dusun Raos Baru bekerja sebagai pedagang, berwirausaha dengan menjual berbagai makanan dan minuman, membuka toko kebutuhan sehari-hari, tempat mencuci motor, temapt tambal ban, dsb. Sehingga ketika pada suatu hari terdapat kegiatan desa berupa pagelaran Dusun Raos Baru semakin ramai dengan penduduk yang berwirausaha menjual makanan dan minuman yang beraneka ragam.

8. Dusun Carat sebagai jalan alternatif penghubung Kecamatan Ngoro dan Kecamatan Pandaan

Dusun Carat berada diantara Kecamatan Ngoro Kabupaten Mojokerto dan Kecamatan Pandaan, sehingga apabila terjadi kemacetan di jalur Surabaya dan Malang maka banyak pengguna jalan yang lebih memilih untuk menggunakan jalur alternatif di Dusun Carat yaitu jalan kampung yang dapat menjadi jalan pintas menuju Pandaan ataupun hendak menuju ke Ngoro. Dengan adanya jalan kampung yang dijadikan jalan alternatif pengguna jalur utama Surabaya Malang, maka pendapatan Desa Carat berupa kas masuk melalui retribusi kendaraan semakin bertambah.

9. Karang Taruna setiap RT dan Karang Taruna Desa yang mulai dimunculkan kembali, kinerjanya sudah cukup berkembang

(10)

ANALISIS SWOT UNTUK PERENCANAAN PEMBANGUNAN DESA ATAS POTENSI DAN MASALAH DI DESA CARAT KECAMATAN

GEMPOL KABUPATEN PASURUAN

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats). SWOT akan lebih baik dibahas dengan menggunakan tabel yang dibuat dalam kertas besar, sehingga dapat dianalisis dengan baik hubungan dari setiap aspek.

Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

POTENSI MASALAH

dari dalam desa Strength atau KekuatanS Weakness atau KelemahanW

dari luar desa Opportunity atau KesempatanO Treat atau AncamanT

(11)

Situs Raos Pecinan adalah situs bersejarah yang berupa 2 buah patung Duarapala yang berada di Dusun Raos Baru Desa Carat Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan. Patung Duarapala adalah patung penjaga pintu. Situs ini merupakan situs yang menjadi primadona sebelum tahun 1965. Meskipun sempat redup sampai kurun waktu tahun 2000an, namun sejak tanggal 4 Juni 2016 Situs Raos Pecinan mulai dipublikasikan secara resmi melalui acara Dialog Publik atas prakarsa Kelompok Informasi Masyarakat Pecinan (KIM Pecinan) Desa Carat bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pasuruan. Situs ini menjadi kekuatan Desa Carat sejak direncanakannya menjadi destinasi wisata sejarah berupa Desa Wisata Cagar Budaya. Apabila situs ini segera diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan menjadi destinasi wisata sejarah, maka peluang bagi desa yaitu menambah pendapatan desa, dan menggerakkan perekonomian masyarakat melalui industri wisata sejarah baru.

2. Akademi Kebidanan Ar Rahma

Akademi Kebidanan Ar-Rahma merupakan perguruan tinggi berbentuk akademi yang dinaungi oleh dikti dan tercatat kedalam kopertis wilayah 7. PT ini telah bangkit sejak tahun 3 Agustus 2007 dengan Nomor SK PT 2948DTK-VII2009 dan tanggal SK PT 23 Juli 2009, secara resmi beralamat di Jalan Raya Carat Gempol, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Akbid Ar Rahma menjadi kekuatan bagi Desa Carat karena telah membuka peluang kerja baru berupa pendirian kompleks kost bagi mahasiswa, warung makanan, toko kebutuhan sehari-hari dan berbagai sektor lain yang ikut tergerak dengan adanya Akbid Ar Rahma ini.

3. Karang Taruna Desa

(12)

antar pemuda se-Kabupaten Pasuruan dalam rangka HUT RI ke-71. Kegiatan ini disambut baik oleh Bupati Pasuruan, Bapak Irsyad Yusuf karena turut meningkatkan solidaritas pemuda se-kabupaten. Karang Taruna Desa Carat menjadi kekuatan bagi Desa Carat untuk lebih memajukan desa melalui berbagai kegiatan yang diadakannya. Kegiatan yang diselenggarakan mampu menjadi agenda untuk saling berbagi informasi terhadap masalah dan potensi yang dimiliki oleh desa masing-masing pemuda kabupaten.

4. Kesenian Jaran Kepang dan Debus

Kesenian jaran kepang dan debus pada awalnya hanya dimiliki oleh seorang seniman desa. Kemudian seorang seniman Desa Carat mulai membentuk penerus yang diambil dari para pemuda desa. Sehingga dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, kesenian jaran kepang dan debus asal Desa Carat ini banyak diminati masyarakat luas untuk diundang dalam beberapa acara masyarakat. Kesenian jaran kepang dan debus menjadi kekuatan Desa Carat karena pada masa ini kesenian daerah sudah mulai terkikis namun sekelompok seniman dari Desa Carat masih berusaha menjaga keberadaan dari seni jaran kepang dan debus itu sendiri. Manfaat dari kegiatan kesenian ini bagi desa yaitu memberikan kesan bahwa Desa Carat termasuk desa yang menjaga budaya Indonesia dan menjadi mata pencaharian pada seniman yang bersangkutan.

PENYELESAIAN MASALAH DESA : Analisis kelemahan desa (Weakness) 1. Genangan Air

(13)

2. Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja menjadi kelemahan Desa Carat karena masih tingginya jumlah remaja yang melakukan tindakan menyimpang. Kenakalan remaja ini sudah mendapatkan perhation oleh pihak pemerintah desa. Pemerintah desa bekerjasama dengan karang taruna dan warga desa untuk lebih sering melakukan kontrol sosial yang tegas terhadap remaja yang melakukan tindakan menyimpang. Kegiatan diskusi, sosialisasi, dan pelatihan keterampilan lebih sering dilakukan oleh karang taruna untuk meminimalisasi kenakalan remaja di Desa Carat.

MENYELESAIKAN MASALAH SEKALIGUS MEMBANGUN POTENSI DESA : Analisis ancaman (Treat) dan kesempatan desa (Opportunity)

1. Polusi Udara oleh Truk Material

Banyaknya truk material yang melewati jalan kampung Dusun Carat menyebabkan tingkat polusi udara yang cukup tinggi. Polusi udara ini menjadi ancaman bagi Desa Carat karena menyebabkan suhu udara semakin tinggi dan gejala batuk dan sesak pada penduduk yang tinggal di tepi jalan kampung.. Namun, dibalik ancaman tersebut pemerintah Desa Carat bekerjasama dengan masyarakat melakukan pemungutan (retribusi) pada stiap truk yang menggunakan jalan kampung Dusun Carat dengan biaya 2000-4000 untuk sekali lewat. Sehingga dari hasil retribusi tersebut juga menambah kas dusun.

MENYELESAIKAN MASALAH SEKALIGUS MEMBANGUN POTENSI DESA : Analisis kekuatan (Strength) dan kelemahan (Weakness)

1. Situs Raos Pecinan

(14)

berada di tengah tengah perkebunan tebu. Namun, sejak diadakannya agenda pada tanggal 4 Juni 2016, oleh Kelompok Informasi Masyarakat Pecinan (KIM Pecinan) Desa Carat yang bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pasuruan menggelar Dialog Publik yang bertujuan untuk memperkenalkan sejarah Situs Raos Pecinan kepada masyarakat dan mempublikasikan perencanaan Desa Carat menjadi Desa Wisata Cagar Budaya. Karena pempublikasia terhadap Situs ini masih cukup baru, maka dibutuhkan perhatian lebih terhadap pembangunan jalan menuju situs ini, Karena akses jalannya yang begitu sulit disebabkan jalanan yang rusak ataupun berlubang. Pembangunan MCK dan sarana prasarana lain seperti mushola dan warung makanan diharapkan juga mampu menutupi kelemahan dari situs ini.

PERENCANAAN HASIL ANALISIS SWOT TERHADAP MASALAH DAN POTENSI DESA CARAT

Berdasarkan hasil analisis SWOT, potensi yang paling menonjol dan unik yang belum tentu dimiliki oleh desa lain yaitu Situs Raos Pacinan. Perencanaan Desa Carat menjadi Desa Cagar Budaya hendaknya ditargetkan segera resmi dan dibuka untuk umum pada tahun 2018, maka hendaknya Desa Carat mulai lebih memfokuskan pada pembangunan sarana prasarana dan akses menuju Situs Raos Pecinan agar lebih mudah. Kegiatan publikasi melalui diskusi dan forum antar pemerintahan daerah juga harus dilakukan. Kemudian untuk menjaga eksistensi jaran kepang dan debus dapat dilakukan dengan mengkolaborasikan di situs ini. Sehingga akan lebih menarik wisatawan untuk berkunjung. Perlu juga menggerakkan potensi Karang Taruna Desa untuk membangun Desa Carat ini untuk berkembang lebih maju lagi dengan tetap mengadakan kegiatan positif dan turut serta melakukan publikasi terhadap kesenian desa asli dari Desa Carat. Untuk masalah genangan air, polusi udara, dan kenakalan remaja di Desa Carat masih dalam kategori dapat diselesaikan secara bertahap atas kerjasam masyarakat dan pemerintah desa.

REFERENSI

BPS Kabupaten Pasuruan. 2014. Kecamatan Gempol Dalam Angka 2014. BPS:Pasuruan

Referensi

Dokumen terkait

Menurut Allan dan Englebright (2000) dengan sistem pendokumentasian dengan komputer, efektifitas pendokumentasian bisa dipertahankan dimana perawat mampu melakukan

1) Pada permukiman kumuh ringan, keberadaan kegiatan ekonomi yang berada disekitarnya turut mempengaruhi karakter yang dimiliki oleh permukiman tersebut,seperti misalnya dalam

bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud huruf a dan huruf b perlu menetapkan Keputusan Bupati tentang Penerima Bantuan Sosial Berupa Bedah Rumah Bagi

bagaimana proses pembuatan akta notaris dalam pelaksanaan rapat umum pemegang saham perseroan terbatas melalui telekonferensi.. M

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan prestasi belajar siswa menggunakan metode discovery-inquiry terbimbing pada materi perpindahan energi panas

Pengadaan Meubeler Sekolah Tahun Anggaran 2017 pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sumbawa, dengan ini kami Pejabat Pembuat Komitmen. (PPK) Bidang Pembinaan

 Dalam bidang Dalam bidang pertanian pertanian , upaya yang , upaya yang perlu dilakukan dititikberatkan pada perlu dilakukan dititikberatkan pada. pemberdayaan dan peningkatan

Self-compassion yang dimiliki perawat rawat inap RSUD Kota Salatiga berada dalam kategori tinggi (91,43%) yang berarti bahwa perawat mampu untuk mengolah kondisi