LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMAN 1 PIYUNGAN BANTUL.

222  Download (0)

Teks penuh

(1)

LAPORAN INDIVIDU

KEGIATAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN

(PPL)

SMAN 1 PIYUNGAN

BANTUL

Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul, DIY

Disusun oleh :

IKA FITRIANA

NIM. 11304241031

JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

(2)

LAPORAN PPL

IKA FITRIANA (11304241031) MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

ABSTRAK

Program PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon guru/tenaga kependidikan. PPL juga dapat mengakomodir peran mahasiswa dalam rangka mendarmabaktikan ilmunya di lapangan secara langsung. Melalui kegiatan PPL ini, diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh selama di bangku kulliah serta mendapatkan pengalaman langsung mengajar di dalam kelas/instansi sekolah, sehingga dapat menunjang profesionalisme mahasiswa kelak dalam tugasnya sebagai tenaga kependidikan.

Setelah melakukan observasi kelas secara berkala yang dilakukan sejak penerjunan pada bulan Februari tahun 2014, dengan memperhatikan kondisi lingkungan, sarana dan prasarana serta psikologis/tingkah laku siswa-siswi SMAN 1 Piyungan secara umum, mahasiswa kemudian menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dirasa sesuai. Kegiatan pembelajaran berjalan dengan mengacu pada tuntutan kurikulum yang berlaku (kurikulum 2013). Pada pelaksanaannya, tidak semua tahapan/sintak-sintak pembelajaran dapat berjalan mulus seperti yang telah direncanakan, akan tetapi masih ada kesulitan terutama dalam memunculkan M2, yakni membuat siswa mau dan bisa mengemukakan pertanyaan yang jawabannya merupakan tujuan pembelajaran pada hari tersebut. Untuk itu, mahasiswa harus siap dengan stok pancingan pertanyaan maupun contoh-contoh yang dapat mengarahkan siswa agar mampu menanya sesuai yang diharapkan.

Secara keseluruhan, PPL yang dilaksanakan di SMAN 1 Piyungan dapat berjalan lancar. Pelaksanaan proses pembelajaran dapat berlangsung dengan tertib dan setelah dilakukan evaluasi/ulangan harian, meskipun tidak semua siswa mencapai standard KKM yang telah ditentukan, namun nilai siswa yang belum mencapai KKM tersebut rata-rata sudah mencapai 70.

(3)

HALAMAN PENGESAHAN

Pengesahan Laporan Kegiatan Praktik Pengajaran Lapangan di SMAN 1 Piyungan, Bantul. Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa:

Nama : Ika Fitriana

NIM : 11304241031

Program Studi : Pendidikan Biologi

Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Telah melaksanakan kegiatan PPL di SMAN 1 Piyungan, Kelurahan Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul dari tanggal 21 Februari–17 September 2014. Hasil kegiatan tercakup dalam naskah laporan ini.

Piyungan, 11 September 2013

Mengetahui, Kepala Sekolah

SMA Negeri 1 Piyungan

Mohammad Fauzan, M.M NIP. 19851105 198501 1 002

Koordinator KKN-PPL SMA Negeri 1 Piyungan

Hery Kurniawan Akhmad Ikhsan, M.Pd.BI NIP. 19740404 199403 1 004

Dosen Pembimbing Lapangan PPL

Yuni Wibowo, M.Pd

NIP. 197506052002121002

Guru Pembimbing PPL

(4)
(5)

3 DAFTAR ISI

Halaman Pengesahan x

Kata Pengantar 1

Daftar Isi 3

Daftar Lampiran 4

BAB I PENDAHULUAN

A. Analisis Situasi 5

B. Perumusan Program 7

BAB II PERSIAPAN, PELAKSANAAN, DAN ANALISIS HASIL

A. Persiapan Kegiatan PPL 8

B. Pelaksanaan PPL 11

C. Analisis Hasil 15

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan 19

(6)

4 DAFTAR LAMPIRAN

1. Matriks PPL

2. Laporan Mingguan Pelaksanaan PPL 3. Laporan Dana Pelaksanaan PPL

4. Hasil Analisis Butir Soal Ulangan Harian Kelas X MIA 1 dan Kelas X MIA 2

5. Instrument Pembelajaran RPP 6. Lembar Kegiatan Siswa

7. Lembar Kuis

(7)

KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirobbil ‘alamiin… ungkapan syukur terindah memang hanya layak dihaturkan ke hadirat Allah SWT, Dzat Yang menjadi sumber keindahan yang telah melimpahkan karuniaNya dalam berbagai bentuk kenikmatan sehingga pembuatan laporan dan pelaksanaan kegiatan PPL di SMAN 1 Piyungan, Kelurahan Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul ini dapat terselenggara dengan baik.

Laporan PPL ini disusun berdasarkan rencana program kegiatan dan hasil pelaksanaan program-program PPL yang terakumulasi selama pelaksanaan kegiatan PPL di SMAN 1 Piyungan sejak tanggal Februari 2014-17 September 2014. Laporan ini merupakan informasi tertulis berisi uraian program yang mencakup persiapan, pelaksanaan program kerja dan evaluasi yang berguna untuk kegiatan PPL berikutnya.

Terbatasnya kemampuan penulis memunculkan uluran kasih sayang Allah lewat tangan-tangan yang datang membantu penulis dalam segala bentuk, sehingga ucapan terimakasih penulis sampaikan kepada:

1. Bapak dan Ibu yang sudah mengupayakan segala hal terbaik untuk penulis, mengajarkan bagaimana cara mengejawantahkan cinta dalam segala bentuk dan dalam segala sisi kehidupan.

2. Bpk. Muhammad Fauzan, MM., yang telah dengan rela memberikan naungan fisik dan non fisik kepada penulis selama kegiatan PPL berlangsung.

3. Rektor Universitas Negeri Yogyakarta.

4. Bapak Yuni Wibowo M.Pd. selaku dosen pembimbing PPL yang telah memberikan bantuan bimbingan dan izin kepada kami untuk melaksanakan PPL.

5. Seluruh warga SMAN 1 Piyungan yang telah ikut berpartisipasi dalam setiap program yang kami laksanakan.

6. Serta semua pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu, yang telah membantu segala kegiatan PPL kami.

(8)

Kesalahan dan kekurangan yang telah penulis lakukan sebagai seorang manusia biasa yang penuh dengan cela yang memang tidak sempurna. Maka, pada kesempatan kali ini penulis memohon maaf atas semua kesalahan yang telah diperbuat selama kegiatan PPL 2014. Semoga laporan ini bermanfaat bagi semua pihak.

Semua proses yang terlewati dan tiap tapak yang penulis tempuh hanya berujung harap untuk memperoleh arti. Masa–masa indah adalah dimana kita akan berpisah, biarlah kisah menjadi sebuah bukti catatan sejarah yang pernah kita torehkan bersama untuk menjadi kenangan yang tak terlupakan.

(9)

1 BAB I

PENDAHULUAN

A. Analisis Situasi (Permasalahan dan Potensi Pembelajaran)

SMAN 1 Piyungan Bantul mulai operasional sebagai filial dari SMAN 1 Banguntapan sejak tahun ajaran 1991/1992 dengan Kepala Sekolah Ibu Dra. Tumi Raharjo, dan sudah menempati gedung baru bertempat di Karanggayam, Sitimulyo, Piyungan, Bantul yang diresmikan pada bulan Agustus tahun 1991 oleh Kakanwil Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Bpk Drs Sulistiyo. Fasilitas yang dimiliki pada saat itu adalah 4 ruang kelas, 1 ruang Kepala sekolah, 1 ruang TU, 1 ruang Guru, 1 ruang Perpustakaan, 1 ruang Laboratorium IPA, dan jumlah karyawan tidak tetap sebanyak 2 orang, guru tetap 2 orang. Selebihnya sebagai pelaksana harian TU dan guru mata pelajaran berasal dari SMAN 1 Banguntapan. Jumlah kelas paralel adalah 2, dan merupakan peserta didik angkatan pertama yang berjumlah 80 orang. Dalam perjalanan filial, kepala sekolah berganti dari Ibu Dra Tumi Raharjo kepada Bpk R Sugito BA.

SMAN 1 Piyungan Bantul dinyatakan berdiri dengan SK Menteri Nomor 0216/O/1992 pada tanggal 1 April 1992. Sejak berdirinya SMAN 1 Piyungan hingga sekarang telah mengalami pergantian Kepala Sekolah sebagai berikut :

1. Bapak R Suharjo BA (1992-1995)

Pada Tahun Ajaran 1992/1993 mulai banyak ditempatkan guru dan TU yang berstatus pegawai negeri sesuai dengan kebutuhan pada saat itu. Dan pada tahun ajaran 1993/1994 mulai dibangun ruang kelas baru sebanyak 1 ruang, dan menerima siswa baru sebanyak 3 kelas dengan jumlah siswa 120 orang. Pada tahun ajaran yang sama SMAN 1 Piyungan Bantul mulai meluluskan siswa angkatan pertama.

2. Bapak Drs Suroto (1995-1998)

Pada Tahun Ajaran 1994/1995 menambah 4 ruang kelas baru dan 1 ruang laboratorium bahasa, dan menerima siswa baru sebanyak 4 kelas. Pada bulan Desember tahun 1996 dibangun mushola yang diresmikan oleh Bpk Kakanwil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan pada Saat itu Bpk Drs H Rusli Rahman.

3. Bapak Drs Saliman (1998-2003)

(10)

2

4. Bapak Drs. Wiyono (2003-2005)

Pada tahun 2004 dibangun Laboratorium Komputer, dan tahun 2005 dibangun laboratorium Media Pembelajaran.

5. Ibu Dra. Kusriyantinah (2005- 2007)

Pada bulan Mei tahun 2006 terjadi peristiwa musibah Gempa Bumi Bantul yang meluluh lantakkan seluruh fasilitas yang telah dimiliki oleh SMAN 1 Piyungan Bantul.

Pasca Gempa Pemerintah memberikan bantuan untuk merehab bangunan yang rusak ringan atau sedang, dan membangun kembali bangunan yang rusak berat dan tidak dapat digunakan lagi. Bangunan yang direhab berupa 1 ruang Kepala sekolah, 1 ruang TU, 1 ruang guru, 5 ruang kelas, 1 ruang pertemuan yang diapit oleh 2 ruang kelas yang dindingnya dapat dibuka, sehingga ruang pertemuan dapat terdiri dari 3 ruang. Sedangkan bangunan baru terdiri dari 6 ruang kelas. Selain itu, bantuan 3 ruang media pembelajaran dan 1 ruang perpustakaan diperoleh dari Bank Tabungan Negara (BTN) yang bekerja sama dengan Real Estate Indonesia (REI) Propinsi DIY. 3 ruang bantuan Bank BTN dan REI DIY peruntukkannya adalah 1 ruang komputer, 1 ruang OSIS, dan karena masih kekurangan 1 ruang kelas, maka 1 ruang digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Bantuan pasca gempa dinyatakan selesai pada tahun 2007.

6. Bapak Drs. Subardjono (2007-2009)

Untuk menggantikan kekosongan kepala sekolah sementara, diterbitkan SK Kepala Dinas Pendidikan Menengah dan Non Formal yang menunjuk Kasi Kurikulum dan Tenaga Kependidikan Dikmenof (Bapak Sukardja, M. Pd) sebagai Yang Melaksanakan Tugas Kepala sekolah dibantu Pelaksana Harian oleh Waka urusan kurikulum di SMAN 1 Piyungan (Ibu Dra. Trianti Rahayuningsih) hingga Februari tahun 2010.

Pada Awal Tahun Ajaran 2008/2009 SMAN 1 Piyungan mulai memasang Jaringan Internet (Antena) untuk sambungan Internet baik kabel maupun nirkabel (HotSpot SMA1 PIYUNGAN).

Pada tahun ajaran 2009/2010 SMAN 1 Piyungan mendapat bantuan dana Block Grant Pembangunan Laboratorium IPA-Kimia.

7. Bpk Drs H Sumarman

(11)

3

dalam acara Taman Gabusan yang diikuti oleh semua Guru dan Karyawan serta beberapa siswa berprestasi dan juga siswa yang mengisi selingan hiburan berupa Seni Tari dan Seni Musik.

Pada Awal Tahun 2010 sekolah telah mulai membangun Pagar Sekolah dan Pintu Gerbang Bagian depan yang roboh akibat gempa Tahun 2006 silam.

Sampai saat ini SMAN 1 Piyungan memiliki 12 Kelas, Lab. IPA-Kimia, Lab. Komputer dan Multimedia, Lab. Keterampilan, Ruang Seni Budaya, Perpustakaan Sekolah, UKS.

8. Muhammad Fauzan, MM. (sekarang)

Demikian sejarah singkat mengenai SMAN 1 Piyungan tercinta ini, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian, Amiiin.

1. Visi Sekolah

Terwujudnya siswa yang santun, berprestasi, mandiri dan peduli lingkungan. (TUNTASDIRI LINGKUNGAN)

2. Misi Sekolah

Misi SMAN 1 Piyungan

a. Menyelenggarakan pendidikan berkarakter yang berorientasi pada iman dan taqwa (imtaq) serta pendidikan humaniora

b. Memaksimalkan penyelenggaraan pendidikan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan , teknologi dan seni

c. Memberikan bekal ilmu pengetahuan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

d. Memberikan bekal pelajaran keterampilan dan kewirausahaan dalam kegiatan intra dan ekstra kurikuler.

3. Tujuan Sekolah

Tujuan Pendidikan SMAN 1 Piyungan

Berorientasi pada tujuan pendidikan nasional dan tujuan pendidikan sekolah menengah atas, berikut dijabarkan tujuan pendidikan SMAN 1 Piyungan

a. membentuk insan yang berbudi pekerti luhur, santun, dan penuh toleransi.

(12)

4

c. mempersiapkan siswa dalam penguasaan ilmu pengetahuan untuk bekal melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

d. meningkatkan prestasi siswa di bidang akademik dan nonakademik e. membekali siswa dengan berbagai keterampilan hidup

f. mempersiapkan siswa dalam bidang kewirausahaan untuk bekal hidup mandiri

.

4. Pedoman Sekolah (Peraturan Akademik, Kode Etik, Tata

Tertib, dsb)

Peraturan Akademik SMAN 1 Piyungan Tahun 2014/2015

A. Kenaikan Kelas

1. Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran. 2. Siswa kelas X dinyatakan naik ke kelas XI apabila

a. tidak terdapat lebih dari 3 mata pelajaran yang menjadi ciri khas jurusan mendapatkan nilai kurang dari batas ketuntasan minimal . Mata pelajaran yang menjadi ciri khas IPA adalah Matematika, Biologi, Kimia, Fisika. Mata pelajaran yang menjadi ciri khas IPS adalah Ekonomi, Sosiologi, Geografi.

b. Kehadiran siswa minimal mencapai 90% dari jumlah kehadiran seluruhnya.

3. Siswa kelas XI dinyatakan naik ke kelas XII apabila

a. tidak terdapat lebih dari 3 mata pelajaran yang menjadi ciri khas jurusan mendapatkan nilai kurang dari batas ketuntasan minimal. b. Kehadiran siswa minimal mencapai 90% dari jumlah kehadiran

seluruhnya. 4. Laporan hasil belajar

a.Laporan hasil belajar peserta didik harus dapat menggambarkan pencapaian kompetensi peserta didik pada semua mata pelajaran b. Penilaian hasil belajar harus mencerminkan ketiga aspek kompetensi (kognitif, psikomotorik, dan afektif) dengan mempertimbangkan karakteristik masing-masing mata pelajaran.

B. Program Remidial dan Pengayaan

(13)

5

b. Program Remidial dan pengayaan dilaksanakan paling cepat dua minggu setelah awal tahun ajaran baru dimulai

c. Penentuan peserta didik yang harus mengikuti program remidial dan pengayaan bisa melalui tes (pretes, ulangan harian, posttes), pencermatan hasil tes sebelumnya( nilai UN SLTP, nilai rapor kelas X, atau nilai kelas XI) , atau pengamatan melalui kegiatan pembelajaran selama dua minggu

d. Program remidial dilaksanakan pasca kegiatan pembelajaran, dengan jadwal yang sudah diatur.

e. Rombongan belajar peserta remidial berasal dari penggabungan dua kelas paralel, atau disesuaikan dengan kondisi jumlah peserta.

C. Penjurusan

1). Waktu penjurusan dilaksanakan pada saat siswa kelas X 2). Kriteria penjurusan Program Studi Ilmu-ilmu Alam (IA)

a) Siswa berminat masuk ke program Ilmu-ilmu Alam

b) Nilai mata pelajaran Matematika, Fisika, Biologi, Kimia harus mencapai batas ketuntasan minimal

c) Salah satu dari empat mata pelajaran tersebut (Matematika, Fisika, Biologi, Kimia) terdapat nilai yang melebihi batas ketuntasan minimal.

3). Kriteria penjurusan Program Studi Ilmu-ilmu Sosial (IS)

a) Siswa berminat masuk ke program Ilmu-ilmu Sosial

b) Nilai mata pelajaran Ekonomi, Sosiologi, Geografi mencapai batas ketuntasan minimal

4) Pindah Jurusan

Peserta yang akan pindah jurusan harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

a) Nilai mata pelajaran yang menjadi ciri khas program jurusan yang dipilih memenuhi syarat

b) Waktu pindah jurusan paling lambat 1 bulan efektif kegiatan pembelajaran setelah kenaikan kelas/penjurusan.

D. Kelulusan

1) Syarat lulus

Sesuai dengan ketentuan PP No. 19/2005 Pasal 72 ayat 1, peserta didik dinyatakan lulus dari satuan pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Menengah setelah

(14)

6

b. memperoleh nilai minimal “Baik” pada penilaian akhir untuk seluruh

mata pelajaran Kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia, Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian, Kelompok Mata Pelajaran Estetika, dan Kelompok Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan

c. Lulus Ujian Sekolah untuk Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

d. Lulus Ujian Nasional

e. Kehadiran minimal 90% dari kehadiran seharusnya.

i. Mutasi

Ketentuan mengenai penilaian akhir dan Ujian Sekolah diatur lebih lanjut dengan Peraturan Menteri berdasarkan usulan BSNP.

SMA Negeri 1 Piyungan menentukan persyaratan pindah / mutasi peserta didik sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekolah, melalui suatu mekanisme yang objektif dan transparan antara lain mencakup hal-hal sebagai berikut:

a.Memenuhi persyaratan yang ditentukan

1) Surat permohonan orang tua yang bersangkutan

2) Memiliki Laporan Hasil belajar (Rapor) dengan nilai lengkap dari sekolah asal

3) Memilki Ijazah Sekolah Menengah Pertama/sederajat dan Daftar NEM

4) Memiliki surat pindah dari sekolah asal yang diketahui oleh Dinas Pendidikan setempat.

(15)

BAB II

PERSIAPAN, PELAKSANAAN, DAN ANALISIS HASIL

A. KEGIATAN PPL

1. Persiapan PPL

Kegiatan PPL merupakan kegiatan untuk melakukan praktik kependidikan yang meliputi: melakukan praktik mengajar dan membuat administrasi pembelajaran guru. Persiapan merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan bagi setiap kegiatan, persiapan yang baik akan menunjang keberhasilan suatu program. Dalam rangka mempersiapkan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan PPL, maka diadakan persiapan pada waktu mahasiswa masih berada di kampus, berupa persiapan fisik maupun mental untuk dapat mengatasi permasalahan yang dapat muncul pada saat pelaksanaan program. Persiapan ini digunakan juga sebagai sarana persiapan program yang akan dilaksanakan pada waktu PPL nanti, maka sebelum diterjunkan di lokasi sekolah, UNY membuat berbagi program persiapan sebagai bekal mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan PPL. Persiapan yang dilaksanakan adalah sebagi berikut:

a. Pengajaran Mikro

Program ini merupakan persiapan paling awal dan dilaksanakan dalam mata semester berikutnya. Dalam pelaksanaan kegiatan mikro, praktikan melakukan praktik mengajar dalam kelas yang kecil. Sehingga peran praktikan sebagi seorang guru, sedangkan yang berperan sebagai siswa adalah teman satu kelompok yang berjumlah 8 orang dengan 2 dosen pembimbing. Praktik ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai proses belajar mengajar. Pengajaran mikro juga merupakan wahana untuk latihan mahasiswa bagaimana memberikan materi, mengelola kelas, menghadapi peserta didik yang unik dan menyikapi permasalahan pembelajaran yang dapat terjadi dalam suatu kelas.

(16)

mempraktikan pembelajaran sesuai dengan RPP yang telah disusun. Praktik pembelajaran micro meliputi:

1) Praktik menyusun perangkat pembelajaran berupa RPP dan media pembelajaran

2) Praktik membuka dan menutup pembelajaran

3) Praktik mengajar dengan metode yang dianggap sesuai dengan materi yang akan disampaikan.

4) Praktik menjelaskan materi.

5) Keterampilan bertanya kepada siswa. 6) Keterampilan berinteraksi dengan siswa.

7) Memotivasi siswa.melalui ilustrasi atau penggunaan suatu contoh 8) Praktik penguasaan dan pengelolaan kelas.

9) Metode dan media pembelajaran 10) Keterampilan menilai.

Pengajaran mikro mengajarkan kepada praktikan untuk mengatur dan menggunakan waktu dengan efektif dan efisien, sehingga setiapa kali mengadakan mikro teaching mahasiswa diberikan kesempatan untuk maju mengajar dengan diberikan waktu selama 10-15 menit. Selesai menagajar dosen pembimbing akan memberikan masukan, baik berupa kritik maupun saran. Berbagai macam metode dan media pembelajarn dicobakan dalam kegaitan ini sehingga praktikan memahami media yang sesuai untuk setiap materi. Dengan demikian tujuan dari kegiatan mikro teaching untuk membekali mahasiswa agar lebih siap dalam melaksanakan PPL, baik dari segi materi maupun penyampaian atau metode belajar berhasil.

B. Pembekalan PPL

Beberapa hari sebelum penerjunan PPL, mahasiswa mendapatkan pembekalan dari UPPL yang dilakukan di kampus UNY, yang meliputi materi pengembangan wawasan mahasiswa tentang pelaksanaan pendidikan yang relevan dengan kebijakan baru bidang pendidikan dan materi yang terkait dengan teknis PPL.

(17)

Dalam observasi pembelajaran dikelas, diharapkan mahaiswa memperoleh gambaran pengetahuan dan pengalaman pendahuluan mengenai tugas-tugas seorang guru di sekolah. Dalam observasi ini, mahasiswa melakukan pengamatan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas, meliputi: proses pembelajaran (pembukaan, penyajian materi,teknik bertanya pada siswa, metode pembelajaran, penggunaan waktu, bahasa, dan media, pengelolaan kelas, bentuk dan cara evaluasi) dan juga mengenai perilaku siswa baik di dalam maupun di luar kelas.

Kegiatan observasi pembelajaran dilakukan sebelum pelaksanaan PPL. Hal ini dimaksudkan agar praktikan mendapat gambaran awal mengenai kondisi dan situasi komunitas sekolah. Dalam kegiatan observasi pembelajaran, aspek-aspek yang diamati meliputi:

a) Perangkat Pembelajaran • Satuan Pembelajaran (SP) • Rencana Pembelajaran (RP) b) Proses Belajar Mengajar

• Membuka Pelajaran • Penyajian Materi • Metode Pembelajaran • Penggunaan Bahasa • Alokasi waktu • Gerak

• Cara memotivasi siswa • Teknik bertanya

• Teknik menguasai kelas • Penggunaan media • Bentuk dan cara evaluasi • Menutup Pelajaran c) Perilaku Siswa

(18)

Berdasarkan fakta-fakta hasil observasi dikelas, maupun sekolah praktikan kemudian memberikan deskripsi singkat, yang kemudian disampaikan dalam bentuk laporan.

D. Pembuatan Persiapan Mengajar

Sebelum praktikan melaksanakan praktik mengajar di kelas, terlebih dahulu praktikan membuat RPP dengan materi yang telah dilakukan oleh guru pembimbing. Persiapan administrasi guru yang harus dibuat praktikan antara lain:

a. Rencana pembelajaran b. Pelaksanaan pelajaran harian c. Analisis hasil pembelajaran

2. Pelaksanaan PPL

Pelaksanaan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dimulai dari tanggal 1 Juli 2011 sampai dengan 16 September 2011. Pelaksanaan Kegiatan PPL di SMA N 1 Jetis Bantul meliputi hal- hal sebagai berikut:

a. Observasi Pembelajaran Kelas

Observasi dilakukan pada tanggal 16 maret 2011 bersama guru pembimbing. Adapun kelas yang menjadi objek observasi adalah kelas XI IPA 2. Dalam kegiatan observasi pembelajaran di kelas ini, para siswa diperkenalkan dengan mahasiswa praktikan, dan diberitahu bahwa pada pertemuan berikutnya para siswa akan belajar bersama mahasiswa praktikan. Dalam kegiatan observasi ini, para mahasiswa dapat mengetahui kondisi kelas, dan dapat mempelajari pengelolaan kelas yang baik dari guru pembimbing.

b. Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)

(19)

melaksanakan PPL, dan materi apa saja yang harus disampaikan kepada para siswa. Tugas-tugas yang harus dilakukan terangkum dalam program PPL, yang meliputi :

1) Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Penyusunan RPP mendapat bimbingan langsung dari guru pembimbing dan dosen pembimbing lapangan dimana RPP berisi tentang:

i. Identitas mata pelajaran ii. Kelas, program

iii. Standar kompetensi, kompetensi dasar serta indicator yang harus dicapai siswa

iv. Alokasi waktu v. Pertemuan ke-vi. Tujuan pembelajaran

vii. Tatap muka : ringkasan materi, sumber belajar, metode. viii. Langkah/skenario pembelajaran

ix. Tugas terstruktur : ringkasan materi, sumber belajar, metode. x. Tugas mandiri

xi. Penilaian

2) Praktik Mengajar

(20)

Dalam praktik ini, mahasiswa PPL mendapat tugas untuk mengajar mata pelajaran Biologi dengan jadwal sebagai berikut:

JAM KE HARI

SENIN SELASA RABU KAMIS JUMAT SABTU

I X MIA 1 X MIA 2

II X MIA 1 X MIA 2

III X MIA 1 X MIA 2

IV V VI VII VIII

Sebelum mengajar mahasiswa praktikan melakukan persiapan awal yaitu:

 Mempelajari bahan yang akan disampaikan.

 Menentukan metode yang paling tepat untuk bahan yang akan disampaikan.

 Mempersiapkan media yang sesuai.

 Mempersiapkan perangkat pembelajaran (RPP, Buku Pegangan Materi yang disampaikan, referensi buku yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan).

Selama mengajar praktikan melakukan hal-hal sebagai berikut: • Membuka Pelajaran

Kegiatan yang dilakukan saat membuka pelajaran adalah: i. Mengucapkan salam dan berdoa.

ii. Presensi siswa.

(21)

iv. Mengemukakan pokok bahasan dan sub pokok bahasan yang akan disampaikan.

• Penyajian Materi

Hal-hal yang dilakukan dalam penyajian materi dengan memperhatikan sintak-sintak/tahaoan-tahapan sebagai berikut:

- M1: Mengamati

- M2: Menanya

- M3: Mengumpulkan data

- M4: Menganalisis

- M5: Menyaji

Setelah materi disampaikan, mahasiswa praktikan mengakhiri pelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Mengadakan evaluasi.

2. Menyimpulkan materi yang telah disampaikan. 3. Mengucapkan salam.

Kegiatan praktik mengajar dilaksanakan setelah persiapan mengajar dibuat, dalam pelaksanaannya, praktikan melakukan praktik mengajar mandiri, yakni mahasiswa dalam melakukan KBM tidak didampingi oleh guru pembimbing. Dalam hal ini mahasiswa praktikan diharapkan mampu menerapkan kemampuan dan pengalaman yang telah diperolah sebelumnya. Mahasiswa praktikan bertanggung jawab penuh terhadap kelangsungan Proses Belajar Mengajar (PBM) di kelas.

(22)

Adapun pelaksanaan harian mengajar yang dilakukan oleh praktikan

NO. HARI/TANGGAL JAM

ke KELAS MATERI POKOK

.1. Jumat, 08 Agustus 2014 3-6 X IIS 1 Ruang lingkup biologi, cabang dan manfaat biologi

2. Selasa, 12 Agustus 2014 2-4 XI IPA 3 Mendeskripsikan komponen Biologi sel, struktur, dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan

3. Kamis, 14 Agustus 2014 3-4 XII IPA 3 Merancang percobaan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

4. Kamis, 14 Agustus 2014 5-6 XII IPA 2 Merancang percobaan tentang pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan

5. Jumat, 15 Agustus 2014 3-6 X IIS 1 Metode ilmiah dan sikap-sikap ilmmiah

(23)

7. Kamis, 21 Agustus 2014 3-4 XII IPA 1 Membuat rancangan percobaan biologi sederhana

8. Kamis, 21 Agustus 2014 5-6 XII IPA 2 Membuat rancangan percobaan biologi sederhana

9. Kamis, 21 Agustus 2014 7-8 XII IPA 3 Membuat rancangan percobaan biologi sederhana

10. Senin, 25 Agustus 2014 1-3 X MIA 2 Ruang lingkup biologi, cabang dan manfaat biologi

11. Selasa, 26 Agustus 2014 1-3 X MIA 1 Metode ilmiah dan sikap-sikap ilmiah 12. Senin, 1 September 2014 1-3 X MIA 2 Metode ilmiah dan

sikap-sikap ilmiah 13. Selasa, 2 September 2014 1-3 X MIA 1 Merancang Percobaan

Biologi Sederhana 14. Senin, 08 September

2014

1-3 X MIA 2 Merancang Percobaan Biologi Sederhana dan pengenalan Lab

15. Selasa, 09 September 2014

1-3 X MIA 1 Pengenalan Lab dan Pemantapan materi 16. Senin, 15 September

2014

1-3 X MIA 2 Ulangan Harian

17. Selasa, 16 September 2014

1-3 X MIA1 Ulangan Harian

(24)

Praktik mengajar yang telah dilakukan menghasilkan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa praktikan. Berdasarkan kesempatan tatap muka yang diberikan kepada mahasiswa yang berjumlah 17 kali, praktikan berusaha melaksanakan tugas yang ada dengan sebaik-baiknya. Adapun praktik mengajar ada 2 kelas, yang utama seperti kesepakatan maka praktik mengaja hanya kelas X MIA 1 dan X MIA 2, serta tambahan praktik mengajar untuk kelas XII IPA1, 2 dan 3 dikarenakan pada hari dan tanggal tersebut guru yang bersangkutan ada tugas lain yang harus segera ditangani maka dari itu mahasiswa PPL ditugaskan untuk mendampingi kegiatan pembelajaran di kelas. Selain teori yang diajarkan praktikan juga mengadakan praktikum. Mengingat dalam pelaksanaan pembelajaran praktikan menerapkan kurikulum 2013, maka hampir dapat dipastikan dalam setiap kali pelaksanaan pembelajaran ada minimal satu kegiatan yang menuntut siswa untuk melakukan suatu kegiatan praktikum dalam berbagai bentuk.

Untuk KKM dari pelajaran biologi ini yaitu 75 untuk hasil yang diperoleh dari kelas X MIA 1 dan X MIA 2 hasil yang dicapai belum begitu memuaskan, karena dari seluruh siswa yang berasal dari masing-masing kelas belum ada separuh yang lolos KKM. Kegiatan PPL difokuskan pada kemampuan mengajar yang meliputi: penyusunan rencana pembelajaran, pelaksanaan praktik mengajar yang selanjutnya menyusun dan menerapkan alat evaluasi, analisis hasil evaluasi belajar siswa, serta penggunaan media pembelajaran.

Uraian pada laporan pelaksanaan kegiatan PPL merefleksikan pengalaman yang telah diperoleh oleh praktikan. Berdasarkan pelaksanaan praktik mengajar di kelas dapat disampaikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Konsultasi secara berkesinambungan dengan guru pembimbing sangat diperlukan demi lancarnya pelaksanaan mengajar. Banyak hal yang dapat dikonsultasikan dengan guru pembimbing, baik mengenai materi yang akan disampaikan, metode maupun media pembelajaran yang paling sesuai dan efektif dilakukan dalam pembelajaran kelas.

2. Memberikan motivasi pada tiap siswa yang merasa kurang mampu dalam praktik dan teori.

(25)

Dalam pelaksanaan praktik mengajar terdapat beberapa faktor pendukung yang dapat memperlancar proses belajar mengajar antara lain faktor pendukung dari guru pembimbing, siswa dan sekolah.

Guru pembimbing memberikan keleluasaan pada praktikan untuk memberikan gagasan baik dalam hal metode mengajar materi pembelajaran, dan evaluasi. Kemudian guru pembimbing memberikan kontrol dan sarana perbaikan dalam praktik mengajar di kelas dan juga memberikan umpan balik yang cukup berarti bagi praktikan dalam proses pembelajaran di kelas. Faktor pendukung yang berasal dari siswa adalah siswa mengikuti pelajaran dengan baik dan dapat menghargai praktikan sebagai guru praktik, sedangkan faktor pendukung dari sekolah adalah pemberian sarana dan prasarana yang diperlukan oleh praktikan sehingga praktikan dapat melaksanakan PPL dengan baik.

Adapun hambatan-hambatan yang muncul dalam pelaksanaan kegiatan PPL adalah sebagai berikut :

a. Penyampaian materi dan kegiatan pendampingan proses pembelajaran dirasa masih terlalu cepat oleh siswa, sehingga banyak siswa merasa tertinggal dan sulit memahami apa yang disampaikan oleh mahasiswa PPL.

b. Kondisi kelas kurang kondusif sehingga mengakibatkan konsentrasi siswa terganggu. Kekurang kondusifan ini berasal terutama dari siswa-siswi di dalam kelas itu sendiri.

(26)

33

BAB III PENUTUP A. KESIMPULAN

Kegiatan PPL penting bagi seorang mahasiswa sebagi calon guru untuk melatih diri dalam pembentukan jiwa dan watak seorang pendidik. Hal ini ditunjang oleh kegiatan yang terprogram dalam kegiatan praktik. Praktik pengalaman lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh bagi mahasiswa yang mengambil program kependidikan. PPL memberikan manfaat yang sangat berarti bagi mahasiswa calon tenaga pendidik dalam rangka mempersiapkan diri menjadi tenaga pendidik yang professional. PPL mampu memberikan pengalaman lapangan yang mampu memberikan gambaran langsung kepada calon pengajar mengenai segala bentuk aktivitas dan permasalahan yang berkaitan dengan proses penyelegaraan proses belajar mengajar di sekolah.

Dalam melaksanakan tugasnya, mahasiswa PPL dituntut untuk dapat melaksanakan kompetensi-kompetensi professional guru sebagai pendidik. PPL juga merupakan sarana dan wahana bagi praktikan untuk menguji kemampuan mengajar mahasiswa PPL. Mahasiswa PPL sebagai calon guru juga perlu proaktif dan kreatif dalam menghadapi segala permasalahan dalam pengajaran dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berdasarkan kegiatan PPL yang telah praktikan laksanakan selama dua bulan ini ada beberapa hal yang dapat praktikan simpulkan, yaitu :

1. Kegiatan PPL yang telah dilaksanakan oleh praktikan di SMA N 1 Piyungan Bantul telah memberikan pengalaman, baik suka maupun duka menjadi seorang guru atau tenaga kependidikan dengan segala tuntutannya, seperti persiapan administrasi pembelajaran, persiapan materi dan persiapan mental untuk mengajar siswa di kelas.

2. Praktik pengalaman lapangan dapat menambah rasa percaya diri, memupuk kedisiplinan dan menumbuhkan loyalitas terhadap profesi guru dan tenaga kependidikan bagi mahasiswa.

(27)

33

4. Kegiatan PPL dapat dijadikan suatu hubungan kerjasama yang baik antara Sekolah dengan Universitas Negeri Yogyakarta, karena dengan bersosialisasi dalam lingkungan Sekolah praktikan dapat menyiapkan kemampuan keguruan dan kependidikan serta belajar bertanggung jawab dan tertib dalam beradministrasi serta kegiatan ini juga dapat dijadikan suatu perwujudan partisipasi dalam meningkatkan motifasi dan kreatifitas siswa dalam memajukan SMA N 1 Piyungan Bantul yang profesional dalam pendidikan.

5. Kegiatan belajar mengajar di SMA N 1 Piyungan Bantul sudah berjalan dengan lancar dan baik.

6. Hubungan antara anggota keluarga besar SMA N 1 Piyungan Bantul yang terdiri atas kepala sekolah, para guru, staf karyawan, dan seluruh siswa terjalin dengan baik sehingga menunjang kegiatan belajar mengajar.

7. Tata tertib dan kedisiplinan di SMA N 1 Piyungan Bantul, meskipun belum sepenuhnya berjalan lancar akan tetapi dapat dikatakan berhasil. 8. Sarana dan prasarana yang ada telah memadai untuk mendukung

pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

B. SARAN

1. Bagi Universitas Negeri Yogyakarta

a. Meningkatkan hubungan baik dengan sekolah-sekolah yang dijadikan sebagai lokasi PPL, supaya mahasiswa yang melaksanakan PPL di lokasi tersebut tidak mengalami kesulitan yang berarti saat melaksanakan tugasnya.

b. Program pembekalan PPL hendaknya lebih diefisienkan, dioptimalkan dan lebih ditekankan pada permasalahan yang sebenarnya yang ada dilapangan agar hasil pelaksanaan PPL lebih maksimal.

2. Bagi Pihak SMA N 1 Piyungan Bantul

(28)

33 3. Bagi mahasiswa

a. Mahasiswa hendaknya meningkatkan kesiapan mental dan fisik dalam pelaksanaan PPL, baik yang berhubungan dengan praktek mengajar maupun praktek persekolahan.

b. Hendaknya mahasiswa praktikan dapat memanfaatkan waktu selama melaksnakan PPL dengan maksimal untuk memperoleh pengetahuan dan pengalaman yang sebanyak-banyaknya baik dalam bidang pengajaran maupun dalam bidang manajemen pendidikan. c. Rasa kesetiakawanan, solidaritas, dan kekompakan hendaknya

(29)

33

DAFTAR PUSTAKA

Tim pembekalan KKN – PPL UNY. 2012. Materi Pembekalan KKN-PPL 2014 Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

(30)

NOMOR LOKASI :

NAMA SEKOLAH : SMAN 1 PIYUNGAN

ALAMAT SEKOLAH : Karanggayam, Srimulyo, Piyungan, Bantul

No Program/Kegiatan PPL Jumlah Jam per Minggu Jml

jam I II III IV V VI VII VI

II

IX X XI

1 Program/kegiatan 1

a. Persiapan √ 20

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √ 2 Program/kegiatan 2

a. Persiapan √ 21

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √

3 Program/kegiatan 3

a. Persiapan √ 20

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √ 4 Program/kegiatan 4

a. Persiapan √ 22

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √

5 Program/kegiatan 5

a. Persiapan √ √ 14

b. Pelaksanaan

c. Evaluasi dan tindak lanjut √

6 Program/kegiatan 6

a. Persiapan √ 21

b.Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √

7 Program/kegiatan 7

a. Persiapan √ 20

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √ 8 Program/kegiatan 8

a. Persiapan √ 14

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √

9 Program/kegiatan 9

a. Persiapan √ 21

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √

(31)

a. Persiapan √ 22

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √

11 Program/kegiatan 11

a. Persiapan √ 20

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √ 12 Program/kegiatan 12

a. Persiapan √ 20

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √ 13 Program/kegiatan 13

a. Persiapan √ 20

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √ 14 Program/kegiatan 14

a. Persiapan √ 20

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √ 15 Program/kegiatan 15

a. Persiapan √ 20

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √ 16 Program/kegiatan 16

a. Persiapan √ 20

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √

17 Program/kegiatan 17

a. Persiapan √ 20

b. Pelaksanaan √

c. Evaluasi dan tindak lanjut √

Total jam 328

Mengetahui/menyetujui

Kepala Sekolah Dosen Pembimbing Lapangan Yang Membuat

Muhammad Fauzan, MM Yuni Wibowo, M.Pd Ika Fitriana

(32)

KISI

KISI TES TERTULIS ULANGAN HARIAN

(Kognitif)

SEKOLAH : SMA JUMLAH SOAL : 25 Soal

MATA PELAJARAN : BIOLOGI ALOKASI WAKTU : 45 menit

KELAS / SEMESTER : X / 1 PENYUSUN KISI : Ika Fitriana

TAHUN PELAJARAN : 2013 / 2014

KOMPETEN

BENTUK BUTIR TES RUBRIK

PILIHAN GANDA

1. Pengertian Biologi yang paling tepat yaitu ….

a. Biologi adalah Ilmu yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen b. Biologi adalah ilmu yang

mempelajari semua makhluk hidup di masa kini dan di masa silam c. Biologi adalah ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring hidup

d. Biologi adalah ilmu yang menjelaskan arti keseimbangan alam

e. Biologi adalah ilmu yang

(33)

pengetahuan,

e. Biologi adalah ilmu yang

mempelajari semua makhluk hidup baik yang berukuran besar

(makroskopis) maupun yang berukuran kecil (mikroskopis)

Kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama disebut ...

a. Jaringan b. Individu c. Organ d. Sistem organ e. Populasi

Kelompok organisme yang terdiri dari berbagai spesies yang tinggal bersama dalam lingkungan tertentu disebut .... a. Populasi

b. Komunitas c. Koloni d. Dominan e. Ekosistem

(34)

adalah ...

a. tersusun dari sel-sel yang fungsinya sama

b. tidak terdapat pada tumbuhan c. memiliki fungsi yang spesifik d. kumpulan jaringan dengan fungsi tertentu

e. unit kehidupan yang terkecil

menyebut kan cabang-cabang biologi

1. Kajian biologi yang berkenaan dengan tumbuhan adalah .... a. Ekologi

b. Entomologi c. Botani d. Bioteknologi e. Taksonomi

2. Ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan makhluk hidup disebut ….

a. Genetika b. Taksonomi c. Botani d. Zoologi e. Anatomi

c. Botani b. Taksonomi

mengaitka n cabang

Seorang mahasiswa ingin menjadi ahli e.Anatomi

(35)

biologi dan manfaatny a bagi kehidupan

bedah, maka ia harus memperdalam

pengetahuan tentang….

a. Etologi

b. Evolusi

c. Ekologi

d. Genetika

e. Anatomi

Manfaat biologi dalam bidang teknologi

pengolahan pangan adalah…

a. Pembuatan hormone insulin

b. Budidaya udang windu

c. Pembuatan yogurt

d. Pembuatan protein sel tunggal

e. Cloning hewan ternak

Memahami,

Berikut ini yang merupakan sifat-sifat

ilmiah adalah…

a. Jujur, teliti, sopan b. Teliti, peka, aktif c. Teliti, kritis, ramah d. Teliti, jujur, terbuka

(36)

dan

(37)

masalah

Berikut ini yang merupakan contoh ketrampilan proses adalah…

a. ketrampilan melakukan pengamatan

b. ketrampilan menjawab soal c. ketrampilan berdiskusi d. ketrampilan menggambar e. ketrampilan membaca hasil

penelitian

Berikut ini adalah langkah-langkah metode ilmiah:

1. mengumpulkan data 2. membuat kesimpulan

3. menemukan dan merumuskan masalah

4. menyusun hipotesis 5. melakukan percobaan 6. mengolah hasil percobaan urutn langkah-langkah metode ilmiah

yang benar adalah….

a. 1-2-3-4-5-6 b. 2-1-3-5-4-6

e.3-1-4-5-6-2 b. Observasi c.warna dan bentuk b.rumput berakar serabut

(38)

c. 3-4-5-1-2-3 d. 4-5-1-2-3-6 e. 3-1-4-5-6-2

Langkah pertama dalam metode ilmiah adalah ...

a. Melakukan eksperimen b. Observasi

c. menyusun hipotesis d. memprediksi e. menganalisis data

Deskripsi hasil pengamatan yang menggunakan indra penglihatan, contohnya adalah ...

a. bau dan rasa b. tekstur dan ukuran c. warna dan bentuk d. bentuk dan ukuran e. bau dan rasa

Data yang merupakan hasil pengamatan kualitatif adalah ...

a. panjang tubuh ikan 15 cm b. rumput berakar serabut c. Volume zat cair 150 ml d. berat tubuh tikus 1 Kg e. suhu tubuh manusia 370C

(39)

mengatakan sebentar lagi tanaman akan berbunga. Pernyataan tersebut termasuk ...

a. observasi b. hipotesis

c. variabel kontrol d. perencanaan e. penjelasan

Variabel bebas dari pernyataan “Tinggi tanaman pepaya tergantung jumlah air yang disiramkan pada tanaman tersebut” adalah ...

a. jumlah air b. tinggi tanaman c. tanaman pepaya d. waktu menyiram e. lama menyiram

Variabel kontrol dari pernyataan

“Semakin tinggi suhu perendaman

biji, semakin cepat perkecambahan

biji kacang hijau” adalah ... a. suhu perendaman biji b. kecepatan perkecambahan c. jumlah biji kacang hijau d. media yang digunakan untuk mengecambahkan

e. kecepatan tumbuhnya akar

Memahami, menerapkan,

Memaham i tentang

Menyebut kan

Seorang peneliti harus memiliki sifat-sifat seperti tersebut di bawah ini,

(40)

dan rasa ingin tahunya

tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dan peradaban terkait

a. Jujur. Teliti,

(41)

penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk

Berikut ini adalah peralatan yang terdapat di dalam lab biologi:

(42)

dan

metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya

tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dan peradaban terkait

penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan

7. Lup/ kaca pembesar

(43)

pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk

memecahkan masalah

mengelom pokkan alat-alat yang digunakan dalam praktikum biologi ke dalam kelompok alat yang tahann panas dan mudah

Dari peralatan-peralatan berikut ini, manamkah yang tergolong peralatan mudah pecah?

a.mikroskop dan lampu spiritus b. tabung reaksi dan mikroskop c. tabung reaksi dan pipet tetes d. kaca pembesar dan thermometer e. gelas ukur dan tabung reaksi

(44)

pecah biologi ke dalam

Dari alat-alat berikut ini yang tergolong tahan panas adalah…

a. Tabung reaksi dan gelas beker b. Tabung reaksi dan pipet tetes c. Tabung reaksi dan gelas ukur d. Pallete dan gelas ukur

e. Kancing genetika dan tabung reaksi

a. Tabung reaksi dan gelas beker

menjelask an cara menjaga dan membersi hkan salah satu alat

Bagaimanakah cara perawatan mikroskop?

a. Setelah dipakai dibungkus rapi b. Setelah dipakai disimpan di

tempat tertutup

c. Setelah dipakai meja benda diturunkan pada posisi paling

(45)

yang digunakan dalam praktikum biologi

bawah

d. Setelah dipakai semua lensa ditutup

e. Pada saat dipakai semua lensa diaktifkan

Kenapa pada waktu pengamatan preparat segar/basah menggunakan mikroskop, lensa objektif tidak boleh sampai menyentuh objek?

a. Agar objek terlihat dengan jelas b. Agar ada cahaya yang bisa

mengenai objek sehingga objek nampak jelas

c. Agar lensa tidak jamuran d. Agar lensa tidak pecah e. Agar objeknya tidak rusak

c.Agar lensa tidak jamuran

Bagaimanakah cara membersihkan tabung reaksi yang benar?

a. Dicuci dengan air kemudian di lap dengan kain bersih

b. Dicuci dengan air dan

(46)

diposisikan terbalik sampai kering

c. Disuse dengan air menggalir dan sabun

d. Dicuci dengan air hangat e. Direndam dalam detergen dan

(47)

1. Pengertian Biologi yang paling tepat yaitu ….

a. Biologi adalah Ilmu yang mempelajari hubungan antara produsen dan konsumen b. Biologi adalah ilmu yang

mempelajari semua makhluk hidup di masa kini dan di masa silam

c. Biologi adalah ilmu yang mempelajari adanya jaring-jaring hidup

d. Biologi adalah ilmu yang

menjelaskan arti keseimbangan alam e. Biologi adalah ilmu yang

mempelajari semua makhluk hidup baik yang berukuran besar

(makroskopis) maupun yang berukuran kecil (mikroskopis)

2. Kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama disebut ...

a. Jaringan b. Individu c. Organ d. Sistem organ e. Populasi

3. Kelompok organisme yang terdiri dari berbagai spesies yang tinggal bersama dalam lingkungan tertentu disebut .... a. Populasi

b. Komunitas c. Koloni

d. Dominan e. Ekosistem

4.Pernyataan yang benar tentang organ adalah ...

a. tersusun dari sel-sel yang fungsinya sama

b. tidak terdapat pada tumbuhan c. memiliki fungsi yang spesifik d. kumpulan jaringan dengan fungsi

tertentu

e. unit kehidupan yang terkecil

5. Kajian biologi yang berkenaan dengan tumbuhan adalah ....

a. Ekologi b. Entomologi c. Botani d. Bioteknologi e. Taksonomi

6. Ilmu yang mempelajari tentang pengelompokan makhluk hidup

disebut ….

7. Seorang mahasiswa ingin menjadi ahli

bedah, maka ia harus memperdalam

pengetahuan tentang….

Pilihlah satu jawaban yang menurut anda paling benar

(48)

8. Manfaat biologi dalam bidang

teknologi pengolahan pangan adalah…

a. Pembuatan hormone insulin

b. Budidaya udang windu

c. Pembuatan yogurt

d. Pembuatan protein sel tunggal

e. Cloning hewan ternak

9. Berikut ini yang merupakan sifat-sifat

ilmiah adalah…

a. Jujur, teliti, sopan b. Teliti, peka, aktif c. Teliti, kritis, ramah d. Teliti, jujur, terbuka e. Yakin, optimis, berani

10. Berikut ini yang merupakan contoh

ketrampilan proses adalah…

a. ketrampilan melakukan pengamatan

b. ketrampilan menjawab soal c. ketrampilan berdiskusi d. ketrampilan menggambar e. ketrampilan membaca hasil

penelitian

11. Berikut ini adalah langkah-langkah metode ilmiah:

1. mengumpulkan data 2. membuat kesimpulan

3. menemukan dan merumuskan masalah

4. menyusun hipotesis 5. melakukan percobaan 6. mengolah hasil percobaan urutan langkah-langkah metode

ilmiah yang benar adalah….

a. 1-2-3-4-5-6 b. 2-1-3-5-4-6 c. 3-4-5-1-2-3 d. 4-5-1-2-3-6 e. 3-1-4-5-6-2

12. Langkah pertama dalam metode ilmiah adalah ...

a. Melakukan eksperimen b. Observasi

c. menyusun hipotesis d. memprediksi e. menganalisis data

13. Deskripsi hasil pengamatan yang menggunakan indra penglihatan, contohnya adalah ...

a. bau dan rasa b. tekstur dan ukuran c. warna dan bentuk d. bentuk dan ukuran e. bau dan rasa

14. Data yang merupakan hasil pengamatan kualitatif adalah ...

(49)

15. Seorang siswa mengamati tanaman kedelai yang tumbuh subur. Ia mengatakan sebentar lagi tanaman akan berbunga. Pernyataan tersebut termasuk ...

a. observasi b. hipotesis c. variabel kontrol d. perencanaan e. penjelasan

16. Variabel bebas dari pernyataan “Tinggi tanaman pepaya tergantung jumlah air yang disiramkan pada tanaman tersebut” adalah ...

a. jumlah air b. tinggi tanaman c. tanaman pepaya d. waktu menyiram e. lama menyiram

17. Variabel kontrol dari pernyataan

“Semakin tinggi suhu perendaman

biji, semakin cepat perkecambahan

biji kacang hijau” adalah ...

a. suhu perendaman biji b. kecepatan perkecambahan c. jumlah biji kacang hijau d. media yang digunakan untuk

mengecambahkan

e. kecepatan tumbuhnya akar 18. Seorang peneliti harus memiliki

sifat-sifat seperti tersebut di bawah ini, kecuali..

a. Jujur. Teliti, bertanggungjawab, terbuka

b. Peka, kritis, optimis, objektif c. Kritis, tekun, ingin tahu, logis d. Logis, jujur, kritis, menghargai e. Peka, jujur, logis, selalu bekerja

cepat

19. Berikut ini adalah peralatan yang terdapat di dalam lab biologi:

1.Mikroskop

7. Lup/ kaca pembesar

Alat yang digunakan untuk mengambil bahan cair dalam jumlah tertentu

adalah…

20. Dari peralatan-peralatan berikut ini, manamkah yang tergolong peralatan mudah pecah?

a.mikroskop dan lampu spiritus b. tabung reaksi dan mikroskop c. tabung reaksi dan pipet tetes d. kaca pembesar dan thermometer e. gelas ukur dan tabung reaksi

21. Dari alat-alat berikut ini yang

tergolong tahan panas adalah…

(50)

d. Pallete dan gelas ukur

e. Kancing genetika dan tabung reaksi 22. Bagaimanakah cara perawatan

mikroskop?

a. Setelah dipakai dibungkus rapi b. Setelah dipakai disimpan di tempat

tertutup

c. Setelah dipakai meja benda

diturunkan pada posisi paling bawah d. Setelah dipakai semua lensa ditutup e. Pada saat dipakai semua lensa

diaktifkan

23. Kenapa pada waktu pengamatan preparat segar/basah menggunakan mikroskop, lensa objektif tidak boleh sampai menyentuh objek?

a. Agar objek terlihat dengan jelas b. Agar ada cahaya yang bisa mengenai

objek sehingga objek nampak jelas c. Agar lensa tidak jamuran

d. Agar lensa tidak pecah e. Agar objeknya tidak rusak 24. Bagaimanakah cara membersihkan

tabung reaksi yang benar?

a. Dicuci dengan air kemudian di lap dengan kain bersih

b. Dicuci dengan air dan diposisikan terbalik sampai kering

c. Disuse dengan air menggalir dan sabun

d. Dicuci dengan air hangat

e. Direndam dalam detergen dan air hangat

25.Untuk menguji kebenaran suatu hipotesis, perlu dilakukan .... a. Analisa

b. Pengamatan c. Penafsiran data d. Pengelompokkan e. Eksperimen

26.Seorang siswi hendak meneliti

pengaruh pH terhadap kecepatan reaksi enzim. Yang tergolong variabel bebas adalah ....

a. Kecepatan reaksi b. Jenis enzim c. Tabung reaksi d. pH

e. Banyaknya enzim

27. Pernyataan yang benar tentang organ adalah ...

a.tersusun dari sel-sel yang fungsinya sama

b. tidak terdapat pada tumbuhan

c.memiliki fungsi yang spesifik

(51)

28. Pencemaran udara dapat

menyebabkan gangguan pada saluran pernafasan. Saluran pernafasan merupakan organisasi kehidupan tinkat ....

a. sel

b. jaringan

c. organ

d. sistem organ e. individu

29. Cacat bayi sudah dapat dipantau sejak dini. Cabang Biologi yang mempelajari bidang ini adalah ... a. teratologi

b. Embriologi c. Taksonomi d. anatomi e. Imunologi

30. Variabel terikat dari pernyataan “Semakin tinggi temperatur air untuk merebus, semakin cepat telur masak” adalah ...

a. temperatur air b. jumlah air

c. waktu untuk merebus d. besarnya telur yang di rebus e. cepat telur masak

selamat mengerjakan,

(52)

KERJAKAN TTS BERIKUT INI DENGAN BENAR!

Mendatar:

1. Cabang biologi yang mempelajari pertumbuhan dan perkembangan embrio

2. Cara berfikir ilmiah, tidak percaya pada takhayul 3. Sikap ilmiah dimana seseorang tidak memanipulasi hasil penelitian

4. Cabang biologi yang mempelajari usaha manusia untuk hidup sehat

5. Jika seorang peneliti tidak menutup pemikiran terhadap hasil penelitian oranglain

6. Organisme yang dimanfaatkan untuk mendegradasi limbah organic

7. Teratology mmpelajari tentang….

8. Objek utama cabang mikologi

9. Pemanfaatan cabang biologi yang sangat berbahaya bagi keselamatan umat manusia

10. Pentingnya bioteknologi dalam bidang pengelolaan lingkungan hidup

Menurun:

1. Pemisahan logam menggunakan bakteri termasuk

pemanfaatan biologi dalam bidang…

2. Pemanfaatan ilmu biologi untuk membuat obat-obatan termasuk dalam bidang…

3. Cara berfikir ilmiah dimana seseorang bisa berfikir dengan cara yang unik

4. Teknologi yang dimanfaatkan dalam bidang kedokteran untuk membuat organ/individu baru dengan memanfaatkan sebagian jaringan hidup

5. Kemampuan seorang peneliti yang cepat memahami kondisi lingkungannya

6. Pemanfaatan bioteknologi dalam bidang pertanian, misalnya untuk mendapatkan…

(53)

CI JAWABAN

2F 3K

1I A R

N 1E M B R I O L O G I

D M T

U A I

S 4K S S

T 2L O G I S 5

3J U J U R O 4H I G I E N E

I N K

I 5T E R 6B U 9K A

N I A

G B W

6B A K T E R I I

T N

U S

7C A C A 7T E M B R I O N U

E G N

L 8G G T

I E 8J A M U I

T N L K

I E

10V T

9S E N J A T A B I O L O G I

K K

S A

I

(54)
(55)
(56)
(57)
(58)
(59)
(60)
(61)
(62)
(63)
(64)
(65)
(66)

Bidang-bidang dalam kehidupan yang

memanfaatkan ilmu biologi:

Bidang kedokteran

Bidang industry

Bidang farmasi

Bidang peternakan

Bidang pertanian

Bidang perikanan

Bidang pengelolaan lingkungan hidup

(67)

Cabang-cabang Ilmu Biologi

Anestesi

Anatomi

Botani

Bakteriologi

Etologi

Entomologi

Fisiologi

Filogeni

(68)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

1. Identitas Sekolah:

a. Satuan Pendidikan : SMAN 1 Piyungan

b. Mata Pelajaran : Biologi

c. Kelas/semester : X (Sepuluh)/1

d. Materi pokok : Ruang Lingkup Biologi, Kerja Ilmiah dan

Keselamatan Kerja, serta Karir Berbasis Biologi

e. Alokasi Waktu : 3x45 menit

2. Kompetensi Inti:

a. KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya

b. KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

c. KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

d. KI 4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

3. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KI Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi

KI 1 1.1. Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang keanekaragaman hayati, ekosistem dan lingkungan hidup.

Siswa memiliki kekaguman tentang kuasa Tuhan yang melimpahkan ilmu kepada hamba-hambaNya

KI 2 2.1. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur terhadap data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam

1. Siswa dapat melakukan diskusi dengan penuh tanggungjawab

(69)

4. Tujuan Pembelajaran

1. Disajikan fakta-fakta dalam bentuk gambar mengenai aktivitas dan produk yang memanfaatkan ilmu biologi yang menumbuhkan kekaguman siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas kuasaNya yang telah mengatur ciptaanNya dengn segala kebermanfaatannya.

2. Siswa dapat mengidentifikasi pengertian biologi sebagai sains setelah melakukan kajian literature dan diskusi dengan cermat, teliti, dan objektif.

3. Siswa dapat mendaftar cabang-cabang biologi setelah melakukan kajian literature, diskusi, dan presentasi dengan jujur, teliti, dan cermat.

4. Siswa dapat mengaitkan cabang-cabang biologi dan manfaatnya bagi kehidupan setelah melakukan diskusi-presentasi dengan objektif, teliti dan bertanggungjawab.

5. Siswa dapat membuat bagan hasil pembelajaran mengenai definisi biologi, cabang biologi dan manfaat biologi bagi kehidupan setelah melakukan diskusi-presentasi dan studi literature dengan cermat, teliti dan objektif.

5. Materi Pembelajaran:

• Biologi sebagai sains, membahas tentang:

- Pengertian biologi

- Cabang biologi

- Manfaat biologi

• Kerja ilmiah, membahas tentang:

- Sikap ilmiah (keselamatan kerja)

- Pendekatan ketrampilan proses

- Metode ilmiah

kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium

KI 3 Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan prinsip keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Siswa dapat mendefinisikan pengertian biologi sebagai sains

2. Siswa dapat menyebutkan cabang-cabang biologi 3. Siswa dapat mengaitkan

cabang biologi dan manfaatnya bagi kehidupan KI 4 Menyajikan data tentang objek dan permasalahan

biologi pada berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk laporan tertulis.

.

(70)

6. Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran: : saintifik proses, diskusi, tanya jawab,

presentasi.

7. Sumber Belajar:

Buku siswa: Irnaningtyas.2014.Biologi untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Peminatan Matematika dan Ilmu Alam.Jakarta:Erlangga

Buku Guru: Reece, Jane.B,et all.2009.Campbell Biology 9th ed.USA:Pearson

8. Media Pembelajaran

Media: Lembar Kegiatan Siswa, gambar mengenai berbagai produk dan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari yang memanfaatkan ilmu biologi, buku paket

9. Langkah Kegiatan Pembelajaran

No Aktivitas Alokasi Waktu

Guru Siswa

1 Awal

•Motivasi: guru menanyakan pada siswa:

- Apa itu biologi?

- Apakah biologi berdiri sendiri atau memiliki cabang-cabang ilmu?

- Apa sajakah manfaat biologi bagi kehidupan? •Apersepsi: Guru

menyampaikan bahwa dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita selalu berhubunngan dengan biologi. Guru bertanya, sebutkan hal-hal dalam kehidupan sehari-hari kita yang berhubungan dengan biologi (ex: saat sakit, dokter memeriksa fungsi organ tubuh kita, menyelidiki penyebabnya dan kemudian memberi obat)

•Tujuan:

- Mengidentifikasi pengertian biologi,

- Mendaftar cabang-cabang biologi serta manfaatnya bagi

Awal

•Mendengarkan apersepsi yang dissampaikan oleh guru •Mendapatkan motivasi untuk

mencari tahu, apa itu biologi, apa saja cabang-cabang biologi, dan apa saja manfaat biologi dalam kehidupan. •Memperhatikan tujuan

pembelajaran yang disampaikan oleh guru.

(71)

kehidupan kita.

2 Kegitan inti

Guru membagi siswa ke dalam empat kelompok. (Mengamati)

• Mengarahkan siswa dalam melakukan pengamatan gambar pemanfaatan biologi dalam berbagai bidang kehidupan

(Menanya)

• Memancing agar siswa menanya apa kaitan kegiatan-kegiatan yang terdapat dalam gambar dalam LKS tersebut dengan biologi?

(Melakukan penyelidikan) • Mengarahkan siswa

dalam melakukan

• Mengarahkan siswa dalam melakukan analisis bidang-bidang yang memanfaatkan biologi dalam kehidupan kita didukung oleh cabang biologi yang mana saja? •

(Menyaji)

• Mengarahkan siswa untuk menyajikan hasil diskusi dan kajian literature di depan kelas

a. M1: mengamati gambar berbagai aktivitas dan produk yang memanfaatkan biologi dalam kehidupan sehari-hari

b. M2: menanya mengenai kegiatan yang ditunjukkan dalam gambar merupakan pemanfaatan biologi dalam bidang apa dan didukung oleh cabang biologi yang mana?

c. M3: melakukan

penyelidikan/pengumpulan data mengenai gambar yang disajikan meunjukkan pemanfaatan biologi dalam bidang apa saja

d. M4: melakukan analisis terhadap masing-masing bidang tersebut (dalam M3) didukung oleh cabang biologi yang mana saja? e. M5: melakukan

presentasi-diskusi antar kelompok di dalam kelas tentang pengertian/definisi biologi, cabang-cabang biologi serta bidang-bidang dalam kehidupan yang

memanfaatkan ilmu biologi.

55 menit

3 a. Guru menanyakan kesimpulan seperti apa yang bisa diambil dari pembelajaran hari ini?

b. Guru melakukn konfirmasi atas kesimpulan yang telah dibuat siswa

Menyimpulkan bahwa: • Biologi adalah ilmu yang

mempelajari makhluk hidup baik yang mikroskopis maupun makroskopis.

(72)

c. Guru menyampaikan penugasan kepada peserta didik agar hasil praktikum hari ini disusun dalam format laporan dengan struktur seperti LKS.

• Bidang-bidang yang memanfaatkan biologi dalam kehidupan antara lain:

- Kedokteran

- Farmasi

- Teknologi pangan

- Pertanian • Cabang-cabang biologi

antara lain:

- Dan lain-lain

10. Penilaian:

a. Sikap: lembar observasi

b. Pengetahuan: Teknik penilaian : tes tertulis Bentuk instrumen : uraian

Rubrik : terlampir

c. Ketrampilan: check list

Mengetahui, Bantul, 07 Agustus 2014

Guru Pembimbing Mahasiswa PPL

Reni Mundarti, S.Pd Ika Fitriana

(73)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RUANG LINGKUP BIOLOGI, KERJA ILMIAH

DAN KESELAMATAN KERJA,

SERTA KARIR BERBASIS BIOLOGI

Disusun Oleh: Ika Fitriana 11304241031 Pend.Biologi (A)

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

(74)

LAMPIRAN INSTRUMEN EVALUASI

Observasi sikap: melakukan diskusi dengan santun dan bertanggungjawab

Rubrik lembar observasi: N

O

ASPEK/KRITERIA SKALA

1 2 3

1 Sopan santun

2 Tanggungjawab

Indikator Aspek sopan santun

Skala 1 : jika siswa menyampaikan pendapat dan atau bertanya dengan nada suara tidak kasar dan mempertanyakan hal-hal yang dimaksudkan untuk menimbulkan kesan tidak senonoh

Skala 2 : jika siswa menyampaikan pendapat dan atau bertanya dengan nada halus namun mengandung unsur yang menimbulkan kesan tidak senoonoh Skala 3 : jika siswa menyampaikan pendapat dan atau bertanya dengan nada suara

halus dan mempertanyakan hal-hal yang dimaksudkan untuk menimbulkan kesan tidak senonoh

Indikator Aspek tanggungjawab

Skala 1 : jika siswa mengemukakan pendapat dan atau bertanya tidak sesuai konteks, pertanyaan mengandung unsur SARA (tidak sopan), dan tidak dapat mempertanggungjawabkan pendapatnya

Skala 2 : jika siswa mengemukakan pendapat dan atau sesuai konteks, mengandung unsur SARA, namun dapat mempertanggungjawabkan pendapatnya

(75)

Teknik penilaian : tes tertulis Bentuk instrumen : uraian

Rubrik :

1. Apa itu Biologi?

2. Di dalam kehidupan sehari-hari, bidang kehidupan apa sajakah yang memanfaatkan ilmu biologi?

3. Bidang-bidang kehidupan yang memanfaatkan ilmu biologi tersebut didukung oleh cabang ilmu biologi yang mana sajakah?

Kunci jawaban:

1. Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup baik yang mikroskopis maupun makroskopis.

2. Bidang-bidang yang memanfaatkan biologi dalam kehidupan antara lain:

- Kedokteran

- Farmasi

- Teknologi pangan

- Pertanian

- Peternakan

- Perikanan

- Industry

- Pengelolaan lilngkungan hidup

3. Bidang yang memanfaatkan ilmu biologi dan cabang yang mendukungnya antara lain:

- Kedokteran: fisiologi, imunologi, patologi, bakteriologi, histologi, anestesi, dll

- Farmasi: patologi, mikologi, bakteriologi

- Teknologi pangan: bioteknologi, botani, morfologi

- Pertanian: bioteknologi, botani, ekologi, virology, taksonomi

- Peternakan: zoology, ornitologi, etologi, mikrobiologi

- Perikanan: patologi, bakteriologi, zoology, taksonomi

- Industry: bioteknologi, patologi,

(76)

Teknik penilaian : observasi

Instrument : lembar observasi

Rubric :

Keterampilan melakukan analisis

NO ASPEK SKALA

1 2 3

1 Kedalaman analisis

2 Keluasan analisis

Indicator aspek kedalaman analisis:

Skala 1: jika siswa tidak mampu melakukan analisis cabang-cabang ilmu biologi yang mendukung berbagai bidang dalam kehidupan dengan benar

Skala 2: jika siswa mampu melakukan analisis cabang-cabang ilmu biologi yang mendukung berbagai bidang dalam kehidupan namun tidak sampai mengetahui fungsi spesifik cabang tersebut dalam bidang kehidupan yang didukungnya

Figur

gambar mengenai, sel, jaringan, organ, system organ, dan individu sampai

gambar mengenai,

sel, jaringan, organ, system organ, dan individu sampai p.88
gambar yangmengilustrasikancontoh riil)Mengamati gambar berbagai

gambar yangmengilustrasikancontoh

riil)Mengamati gambar berbagai p.90
gambar yang ditampilkanmelalui slide-slide ppt sertamengabaikan siswa-siswa yang

gambar yang

ditampilkanmelalui slide-slide ppt sertamengabaikan siswa-siswa yang p.218

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :