PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Etika Penyusunan Laporan Keuangan (Survey Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta).

14 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

i

PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA

PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN

(SURVEY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA)

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas dan Syarat-syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi (S1)

Jurusan Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Oleh :

RECAL GREYSIANA B 200 080 159

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

PROGRAM STUDI AKUNTANSI

(2)

HALAMAN PENGESAHAN

Yang bertanda tangan di bawah ini telah membaca skripsi dengan judul:

PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP ETIKA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN (SURVEY PADA MAHASISWA FAKULTAS

EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH

SURAKARTA)

Yang ditulis oleh: RECAL GRESYANA

B200 0 80 159

(3)
(4)

HALAMAN MOT T O

Barangsiapa yang menginginkan kehidupan dunia, mak ia harus memiliki ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kehidupan akhirat maka itupun harus dengan

ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka itupun harus dengan ilmu. (HR. Thabrani)

Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu.

(HR Tabrani)

Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w bersabda: Barang siapa yang menempuh perjalanan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan

(5)

v

PERSEMBAHAN

Skr ipsi ini saya persembahkan kepada :

? Allah SWT beserta Rasul-Nya .

? Bapak dan Ibu tercinta, yang senantiasa menebarkan kasih sayang dan doa indahnya kepadaku dalam tiap khusuk sujudnya. Tiada kuasa nanda membalas apa yang telah terlahir dengan segala ketulusa n nyata bapak dan ibu kepada nanda.

? adikku tersayang Chelo Gresyadi yang selalu menyemangatiku.

? Mas Odik yang telah menyemangati serta membantu dengan relanya, semoga kita selalu istiqamah dan segalanya indah pada waktunya .

? Sahabat-sahabatku (Nisya, N ina, Fani, Erlina, Hani, Arini terima kasih telah menjadi sahabat terbaikku, kisah indah kita selayaknya slalu kita ukir stiap saat kawan).

? Semua temen-temen kelas D dan kelas E Akuntansi Angkatan ’08, segalanya indah bersamamu kawan.

(6)

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan mengucapkan rasa syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia yang telah dilimpahkan-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul: “PERSEPSI MAHASISWA

AKUNTANSI TERHADAP ETIKA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN (SURVEY PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI AKUNTANSI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA)”.

Skripsi ini disusun untuk memenuhi persyaratan untuk mencapai gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Univers itas Muhammadiyah Surakarta. Dalam proses penulisan skripsi ini, penulis banyak mendapatkan bantuan berupa bimbingan dan dorongan dari berbagai pihak baik secara langsung atau tidak langsung, sehingga semua dapat terselesaikan. Untuk itu pada kesempatan ini sudah sepantasnya apabila penulis menyampaikan terima kasih yang mendalam kepada : 1. Bapak Dr. H. Triyono, SE.,M.Si, selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

2. Bapak Dr. Fatchan Ahyani, SE, M.Si, selaku Ketua Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta dan pembimbing skripsi yang telah membimbing dan mengarahkan skripsi ini.

(7)

vii

4. Almarhum Dr. Sri Retno Indrastanti, Ak, M.Si., selaku pembimbing skripsi yang telah membimbing dan mengarahkan skripsi ini.

5. Bapak Drs. Suyatmin M.Si, selaku pembimbing akademik yang telah memberikan bimbingan dan saran selama penulis menemouh pendidikaan di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

6. Para dosen dan staff pengajar di Fakultas Ekonomi UMS yang telah memberikan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat di saat sekarang dan masa yang akan datang;

7. Bapak dan Ibu karyawan-karyawati Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah membantu memperlancar penulisan skripsi ini.

8. Ayah dan Ibu tercinta, yang selama ini telah memberikan bantuan moral dan material serta kasih sayang yang tulus tanpa pamrih;

9. Sahabat-sahabatku, terima kasih atas hari-hari yang penuh dengan kenangan. Semoga persahabatan kita abadi;

10. Semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu yang telah memberikan dorongan dan semangat kepada penulis.

(8)

Penulis berharap semoga karya ini bermanfaat bagi pembaca dan semua pihak yang memerlukannya serta menjadi awal kesuksesan pada langkah selanjutnya.

Amiiin . . . .

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Surakarta, Oktober 2012

(9)

ix DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN... ii

HALAMAN PENGESAHAN ... iii

HALAMAN MOTTO ... iv

HALAMAN PERSEMBAHAN ... v

KATA PENGANTAR ... vi

A. Latar Belakang Masalah... 1

B. Perumusan Masalah ... 5

C. Tujuan dan Kegunaan Penelitian ... 5

D. Sistematika Penulisan ... 6

BAB II LANDASAN TEORI ... 7

A. Laporan Keuangan ... 7

B. Persepsi ... 15

C. Etika ... 18

(10)

E. Kerangka Pemikiran... 26

F. Hipotesis ... 28

BAB III METODE PENELITIAN ... 29

A. Ruang Lingkup Penelitian... 29

B. Teknik Pengambilan Sampel ... 29

C. Sumber Data ... 31

D. Definisi Operasional ... 31

E. Teknik Pengumpulan Data ... 32

F. Teknik Analisis Data ... 33

BAB IV ANALISA DATA DAN PEMBAHASAN ... 36

A. Pelaksanaan Penelitian ... 36

B. Pengujian Kualitas Data ... 38

C. Pembahasan ... 41

BAB V PENUTUP ... 44

A. Kesimpulan ... 44

B. Keterbatasan Penelitian... 44

C. Saran... 45 DAFTAR PUSTAKA

(11)

xi

DAFTAR TABEL

Tabel IV.1. Respon Rate ... 37

Tabel IV.2. Jenis Kelamin Responden ... 37

Tabel IV.3. Deskripsi Responden Berdasarkan Semester ... 38

Tabel IV.4. Hasil Uji Validitas Etika Penyusunan Laporan Keuangan ... 39

(12)

DAFTAR GAMBAR

(13)

xiii

DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran 1 Kuesioner

(14)

ABSTRAKSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi semester awal dan mahasiswa semester akhir di Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap etika penyusunan laporan keuangan.

Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah survey yang dilakukan pada responden mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang masih aktif kuliah dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu, dalam hal ini adalah mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah Pengantar Akuntansi dengan sampel 85 responden yaitu mahasiswa semester awal 59 orang dan mahasiswa semester akhir 26 orang. Sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan interview. Teknik analisis data menggunakan t-test.

Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan persepsi mahasiswa akuntansi semester awal dan mahasiswa semester akhir di Universitas Muhammadiyah Surakarta terhadap etika penyusunan laporan keuangan, hal ini terbukti dari nilai p value 0,000 < 0,05.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...