KEBIJAKAN UMUM PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS NGUDI WALUYO

11 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

KEBIJAKAN UMUM PENERIMAAN

MAHASISWA BARU

UNIVERSITAS NGUDI WALUYO

(2)

KebijakanUmum PMB T.A 2017/2018 Halaman1 SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB)

UNIVERSITAS NGUDI WALUYO

Sistem penerimaan mahasiswabaru (PMB) di Universitas Ngudi Waluyo (UNW) bertujuan untuk mendapatkan calon mahasiswa berkualitas dan mempunyai prestasi akademik atau non-akademik untuk dapat mengikuti dan menyelesaikan pendidikan tinggi di Universitas Ngudi Waluyo.

Pelaksanaan sistem PMB di Universitas Ngudi Waluyo, memiliki beberapa ketentuan:

1. Pelaksanaan PMB di Universitas Ngudi Waluyo dimulai pada tanggal 3 Januari 2017 sampai dengan 31 Agustus 2017.

2. Universitas Ngudi Waluyo menerima calon mahasiswa pada program Diploma (III& D-IV), Sarjana (S1), dan Profesi.

3. Seluruh proses PMB Universitas Ngudi Waluyo pada semua program studi harus dilakukan melalui Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Ngudi Waluyo, berkoordinasi dengan Fakultas / Program Studi.

4. Proses PMB Universitas Ngudi Waluyo dilakukan pada semester gasal dan semester genap pada prodi tertentu (D-IV Kebidanan reguler transfer) sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan berdasarkan rasio dosen per prodi.

5. Penetapan mahasiswa baru yang telah diterima dilakukan melalui SK Rektor, apabila terdapat penerimaan mahasiswa baru tidak melalui SK Rektor, status mahasiswa dinyatakan tidak sah.

6. Mahasiswa wajib membayar semua biaya pendidikan.

7. Dalam penerimaan mahasiswa baru, Universitas Ngudi Waluyo menggunakan pendekatan berdasarkan prestasi calon mahasiswa, tanpa membedakan suku, ras dan agama. Universitas Ngudi Waluyo menggunakan prinsip pemerataan bagi seluruh calon mahasiswa dari seluruh wilayah tanah air.

(3)

KebijakanUmum PMB T.A 2017/2018 Halaman2 8. Kriteria penerimaan mahasiswa baru

a. Jalur reguler

Proses rekruitmen mahasiswa baru melalui jalur reguler meliputi proses pendaftaran, seleksi, penetapan hasil seleksi, dan pengumuman hasil kelulusan. Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung di sekretariat PMB maupun melalui pendaftaran online (http://www.unw.ac.id) dan menyerahkan fotocopy rapor kelas XII yang sudah dilegalisir atau fotocopy ijazah serta pas photo ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar. Pendaftar dapat memilih 2 pilihan program studi eksata dan noneksakta. Adapun sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui 3 (tiga) tahap sebagai berikut.

1) Seleksi administrasi, syarat-syarat yang tercantum antara lain: calon mahasiswa dinyatakan lulus dengan bukti ijazah legal dari SMU/SMK/MA atau sederajat, pengukuran fisik terutama tinggi badan minimal untuk program studi kebidanan dan keperawatan, mengisi formulir pendaftaran secara lengkap, surat keterangan dari dokter yang menyatakan kondisi fisik baik, identitas berupa foto diri, dan membayar uang pendaftaran.

2) Tes tertulis, merupakan langkah selanjutnya jika persyaratan administrasi dinyatakan sah. Tes tertulis meliputi: Bahasa Inggris, dan test kemampuan umum. Tes ini menggunakan sistem gugur, artinya jika perolehan nilai tidak mencukupi maka calon mahasiswa tidak dapat melanjutkan ke langkah 3 tiga). Calon mahasiswa yang memenuhi nilai batas lulus 60 untuk Program Studi. Keperawatan dan Program Studi Farmasi serta nilai batas lulus 40 untuk program studi lainnya.

3) Tes kesehatan, dilaksanakan ketika calon mahasiswa dinyatakan lulus tes tertulis. Pada tes ini dilakukan pemeriksaan fisik dan wawancara riwayat kesehatan. Tes kesehatan dipercayakan pada dokter umum/pemerintah yang ditunjuk oleh Universitas Ngudi Waluyo atas rekomendasi dari Dinas Kesehatan setempat dan hasil dari tes tersebut dijadikan bahan rujukan penentuan lulusnya tes kesehatan calon mahasiswa.

b. Jalur Reguler Transfer

Selain program reguler, Universitas Ngudi Waluyo juga melakukan seleksi untuk program regular transfer. Penerimaaan mahasiswa program transfer berdasarkan ketetapan yang dikeluarkan oleh Rektor Universitas Ngudi Waluyo dengan memperhatikan persyaratan yang diajukan, yaitu:

(4)

KebijakanUmum PMB T.A 2017/2018 Halaman3 1) Mahasiswa pindahan/transfer berasal dari perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang mempunyai peringkat akreditasi sekurang-kurangnya sama dengan peringkat akreditasi Universitas Ngudi Waluyo.

2) Mahasiswa pindahan/transfer mengajukan surat permohonan menjadi mahasiswa Universitas Ngudi Waluyo kepada Rektor, dimana permohonan dibuat satu semester sebelum dimulainya tahun akademik baru.

3) Mahasiswa pindahan/transfer akan dilihat/dianalisis mata kuliah yang dapat diakui oleh program studi yang bersangkutan.

4) Mahasiswa terdaftar (aktif kuliah) minimum 2 semester pada perguruan tinggi asal. 5) Mahasiswa mempunyai IPK minimal 2,75.

6) Mahasiswa memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh Universitas Ngudi Waluyo. c. Jalur Prestasi

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi meliputi jalur prestasi akademik dan jalur prestasi nonakademik.

1) Jalur prestasi akademik

Jalur prestasi akademik dilaksanakan tanpa test, namun melalui seleksi prestasi akademik siswa (nilai rapor). Formulir pendaftaran dapat diperoleh di Sekretariat Pendaftaran Universitas Ngudi Waluyo atau sekolah masing-masing. Formulir yang sudah diisi beserta foto copy rapor kelas X s.d kelas XII semester 1 yang sudah dilegalisir dikumpulkan di sekolah (sistem kolektif) atau langsung dikirim ke Sekretariat

Pendaftaran Universitas Ngudi Waluyo. Proses seleksi akan dilaksanakan oleh tim PMB dan selanjutnya sekretariat akan menyampaikan hasil seleksi kepada pendaftar.

Mahasiswa baru jalur prestasi akademik diberikan beasiswa berupa bebas biaya SPP semester 1.

2) Jalur prestasi nonakademik

Jalur prestasi nonakademik dilaksanakan tanpa test, namun melalui seleksi prestasi dalam bidang olah raga dan seni. Adapun jenis cabang olah raga dan seni yang dimaksud

meliputi: bulu tangkis, tenis, tenis meja, cabang olah raga individu dan menyanyi. Formulir pendaftaran dapat diperoleh di Sekretariat Pendaftaran Universitas Ngudi Waluyo atau sekolah masing-masing. Formulir yang sudah diisi beserta foto copy bukti-bukti prestasi olah raga dan seni yang sudah dilegalisir dikumpulkan di sekolah (sistem

(5)

KebijakanUmum PMB T.A 2017/2018 Halaman4 kolektif) atau langsung dikirim ke Sekretariat Pendaftaran Universitas Ngudi Waluyo. Proses seleksi akan dilaksanakan oleh tim PMB dan selanjutnya sekretariat akan menyampaikan hasil seleksi kepada pendaftar. Mahasiswa baru jalur prestasi

nonakademik diberikan beasiswa berupa bebas biaya SPP semester selama 6 semester dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

d. Jalur Profesi

Jalur profesi menerima mahasiswa baru dari program S1. Proses rekruitmen mahasiswa baru melalui jalur profesi meliputi proses pendaftaran, seleksi, penetapan hasil seleksi dan pengumuman hasil kelulusan. Pendaftaran dapat dilakukan secara langsung di sekretariat PMB maupun melalui pendaftaran online (http://spmbnw.ac.id) dan menyerahkan fotocopy ijazah yang sudah dilegalisir serta pas photo ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar. Seleksi mahasiswa meliputi test potensi akademik, kemampuan bahasa Inggris, test wawancara dan test kesehatan. Test potensi akademik dan kemampuan bahasa Inggris menggunakan metode

Computer Based Test (CBT). Test kesehatan dilaksanakan setelah mahasiswa dinyatakan lulus test potensi akademik & kemampuan bahasa Inggris.

Penetapan hasil seleksi didasarkan pada ketentuan batas minimal nilai yang ditentukan yaitu 60. Hasil kelulusan dicetak setelah pendaftar lulus seleksi baik seleksi potensi akademik maupun test kesehatan. Pengumuman hasil seleksi disampaikan oleh seketariat pendaftaran dan dapat diterima oleh calon mahasiswa baru pada hari yang sama melalui sistem layanan

one day service.

e. Jalur BIDIKMISI

Jalur ini dimaksudkan untuk menjaring calon mahasiswa baru yang merupakan bibit unggul dan berprestasi. BIDIKMISI diperuntukkan program studi keperawatan dan kebidanan sesuai peraturan DIKTI. Cara mendaftar jalur BIDIKMISI mengikuti persyaratan yang ditentukan oleh DIKTI.

f. Jalur Bina Lingkungan

Jalur ini merupakan wujud kepedulian Universitas Ngudi Waluyo terhadap calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi, namun memiliki semangat yang kuat untuk terus belajar.

(6)

KebijakanUmum PMB T.A 2017/2018 Halaman5 9. Seleksi

a. Tinggi Badan

Toleransi untuk tinggi badan

Keperawatan dan Kebidanan : ± 1 cm b. Nilai Batas Lulus (NBL)

Batas nilai lulus Test SPMB

- Bidang Ilmu Eksakta : 60

- Bidang Ilmu Sosial : 40 c. Kuota Mahasiswa

Kuota mahasiswa bagi setiap Program Studi adalahsebagai berikut:

- Program Studi Keperawatan (S1)

 Reguler : 140

 Reguler Transfer : 80

- Program Studi Keperawatan (D3) : 110

- Program Studi Kesehatan Masyarakat : 170

- Program Studi Farmasi (S1)

 Regular : 100

 Regular Transfer : 50

- Program Studi Kebidanan (DIII) : 100

- Program Studi Kebidanan (DIV)

 Reguler : 100

 Reguler Transfer : 100

- Program Studi Gizi : 170

- Program Studi Teknik Informatika (S1) : 100

- Program Studi Hukum (S1) : 60

- Program Studi Sastra Jepang (S1) : 60

- Program Studi Sastra Inggris (S1) : 60

- Program Studi PGSD (S1) : 120

- Program Studi PG-PAUD (S1) : 120

(7)

KebijakanUmum PMB T.A 2017/2018 Halaman6  Untuk Program Studi selain Farmasi dan Keperawatan apabila pendaftar melebihi kuota yang sudah ditentukan tetap diterima dengan ketentuan tidak melebihi batas rasio dosen dengan mahasiswa.

d. Pendaftar dengan rekomendasi

- Membawa surat rekomendasi/memo yang diserahkan kesekretariat.

- Sekretariat membuatkan form untuk dikonsultasikan ke ketua panitia untuk mendapat persetujuan Rektor/Yayasan.

- Form rekomendasi yang sudah di setujui/acc disampaikan ke Koordinator Seleksi untuk ditindak lanjuti.

10.Pembiayaan

a. Setiap pendaftar diwajibkan membayar biaya pendaftaran yang telah ditetapkan oleh Universitas Ngudi Waluyo dan mempunyai kesempatan untuk memilih 2 program studi, eksakta dan social kecuali jalur Reguler Transfer.

b. Biaya Pendidikan di Universitas Ngudi Waluyo, terdiri dari Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), Sistem Kredit Semester (SKS). c. Pembiayaan Lain: Dana Pembinaan Mahasiswa (DPM), Jas Almamater, Pengenalan

Program Studi (PPS), dan Emotional Spiritual Quotion (ESQ).

d. Pembiayaan Asrama (bagi mahasiswa yang diasramakan): Biaya Asrama (setiap bulan) dan Perlengkapan Asrama.

11.Potongan Biaya Pendidikan

Potongan biaya pendidikan diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi, baik prestasi akademik ataupun non-akademik (olahraga & seni), dengan aturan dan ketentuan yang berlaku di Universitas Ngudi Waluyo.Biaya pendidikan yang diberikan potongan adalah salah satu komponen dari seluruh biaya pendidikan yaitu: SPI, SPP, atau SKS

a. Jalur Reguler

20 pendaftar pertama pada masing-masing Program studi berikut ini :Teknik Informatika, Hukum, Ilmu Budaya dan Ilmu Pendidikan diberikan fasilitas :

- Bebas biaya PPS dan ESQ

- Bebas biaya DPM

(8)

KebijakanUmum PMB T.A 2017/2018 Halaman7 b. Jalur Reguler Transfer

Alumni Universitas Ngudi Waluyo mendapat potongan SPI sebesar Rp. 500,000,- c. Jalur Prestasi Akademik

Kuota = 10% dari kuota per Program Studi

- Bebas biaya pendaftaran

- Bebas SPP semester 1 d. Jalur Prestasi Non akademik

Kuota = 5% dari kuota per Program Studi

- Bebas biaya pendaftaran

- Bebas SPP selama 6 semester Catatan:

 Memperoleh Prestasi non Akademik setiap semester.

 Beasiswa dihentikan apabila tidak mendapat prestasi non akademik. e. Jalur Profesi

- Untuk saat ini yang baru ada adalah profesi Keperawatan (NERS).

- Diutamakan adalah alumni S1 Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo.

- Alumni S1 Keperawatan Universitas Ngudi Waluyo Bebas SPI dan Jas Almamater (tanpa mendapat jas almamater)

(9)

KebijakanUmum PMB T.A 2017/2018 Halaman8 12.Rincian Biaya Registrasi

a. Fakultas Keperawatan

NO

NAMA BIAYA FAK. KEPERAWATAN

S1 TRANSFER D3 NERS 1 SPI 9,000,000 5,000,000 9,000,000 4,000,000 2 SPP / SEMESTER 4,500,000 4,500,000 3,000,000 4,250,000 3 SKS (SMT 1) 2,500,000 2,500,000 2,375,000 4,375,000 4 LABORATORIUM 750,000 750,000 750,000 - 5 JAS ALMAMATER 250,000 250,000 250,000 250,000 6 PPS & ESQ 600,000 600,000 600,000 -

7 DANA PENGEMBANGAN MAHASISWA (DPM) 500,000 500,000 500,000 -

8 ASURANSI MAHASISWA 100,000 100,000 100,000 -

9 NURSING / MIDWIFERY KIT - - 1,000,000 -

10 SERAGAM - - 1,750,000 -

11 PERLENGKAPAN ASRAMA - - 1,750,000 -

12 BIAYA ASRAMA - - 750,000 -

TOTAL BIAYA SEMESTER 1 18,200,000 14,200,000 21,825,000 12,875,000

b. Fakultas Ilmu Kesehatan

NO NAMA BIAYA

FAK. ILMU KESEHATAN

FARMASI FARMASI GIZI PSKM DIV DIV DIII TRANSFER BIDAN TRANSFER BIDAN

1 SPI 10,000,000 10,000,000 6,000,000 6,000,000 9,000,000 6,000,000 8,000,000 2 SPP / SEMESTER 4,500,000 4,500,000 1,500,000 1,500,000 4,000,000 3,500,000 3,000,000 3 SKS (SMT 1) 2,375,000 2,375,000 2,500,000 2,000,000 2,500,000 2,625,000 2,500,000 4 LABORATORIUM 750,000 750,000 750,000 750,000 750,000 - 750,000 5 JAS ALMAMATER 250,000 250,000 250,000 250,000 250,000 250,000 250,000 6 PPS & ESQ 600,000 600,000 600,000 600,000 600,000 600,000 600,000 7 DANA PENGEMBANGAN MAHASISWA (DPM) 500,000 500,000 500,000 500,000 500,000 500,000 500,000 8 ASURANSI MAHASISWA 100,000 100,000 100,000 100,000 100,000 100,000 100,000 9 NURSING / MIDWIFERY KIT - - - - 1,000,000 - 1,000,000 10 SERAGAM - - - - 1,750,000 - 1,750,000 11 PERLENGKAPAN ASRAMA - - - - 1,750,000 - 1,750,000 12 BIAYA ASRAMA - - - - 750,000 - 750,000

TOTAL BIAYA SEMESTER

(10)

KebijakanUmum PMB T.A 2017/2018 Halaman9 c. Fakultas Ilmu Budaya, Hukum, Ilmu Pendidikan dan Komputer

NO

NAMA BIAYA FAK. ILMU BUDAYA FAK.HUKUM

FAK. ILMU PENDIDIKAN

FAK. KOM

INGGRIS JEPANG HUKUM PGSD PGPAUD TI

1 SPI 4,500,000 4,500,000 4,500,000 5,000,000 5,000,000 5,000,000 2 SPP / SEMESTER 2,000,000 2,000,000 1,500,000 2,000,000 2,000,000 2,000,000 3 SKS (SMT 1) 1,800,000 1,800,000 1,800,000 1,800,000 1,800,000 1,800,000 4 LABORATORIUM 250,000 250,000 250,000 250,000 250,000 250,000 5 JAS ALMAMATER 250,000 250,000 250,000 250,000 250,000 250,000 6 PPS & ESQ 600,000 600,000 600,000 600,000 600,000 600,000 7 DANA PENGEMBANGAN MAHASISWA (DPM) 500,000 500,000 500,000 500,000 500,000 500,000 8 ASURANSI MAHASISWA 100,000 100,000 100,000 100,000 100,000 100,000

9 NURSING / MIDWIFERY KIT - - - -

10 SERAGAM - - - -

11 PERLENGKAPAN ASRAMA - - - 1,750,000 1,750,000 -

12 ASRAMA TINGGAL - - - 750,000 750,000 -

TOTAL BIAYA SEMESTER 1 10,000,000 10,000,000 9,500,000 13,000,000 13,000,000 10,500,000

13.Termin Pembayaran Registrasi

a. Registrasi/Daftar Ulang dibayarkan maksimal 10 (sepuluh) hari setelah dinyatakan lulus dan mendapat surat kelulusan.

Catatan :Registrasi dibayarkan minimal 50% dari total biaya registrasi.

b. Pelunasan dari sisa pembayaran maksimal dibayarkan 1 (satu) bulan setelah pembayaran pertama.

Catatan :

a. Apabila Calon Mahasiswa belum dapat melunasi sisa pembayaran dibayarkan

sebelum perkuliahan semester 1 dimulai.

b. Dibayarkan maksimal sebelum Ujian Akhir Semester (UAS) semester 1 dengan

membuat surat pernyataan di bendahara cp. Bpk Adi Purwanto, SE., MM.

14.Pengembalian Biaya Pendidikan

a. Setiap biaya yang telah dibayarkan ke Universitas Ngudi Waluyo tidak dapat dikembalikan, kecuali beberapa hal :

a. Calon mahasiswa terkena musibah (kecelakaan parah, force majeur) b. Sakit keras

(11)

KebijakanUmum PMB T.A 2017/2018 Halaman10 Bila terjadi hal tersebut di atas, maka Universitas Ngudi Waluyo akan mengembalikan biaya yang telah dibayarkan, dipotong uang pendaftaran dan 10% biaya administrasi, dengan disertai bukti-bukti dari rumah sakit/ kepolisian/ pihak yang berwenang.

b. Bila calon mahasiswa diterima di PerguranTinggi Negeri melalui jalur penerimaan SNMPTN/SBMPTN, biaya registrasi yang sudah dibayarkan,dipotong uang pendaftaran dan 10% biaya administrasi.

c. Bila calon mahasiswa diterima di Perguran Tinggi Negeri melalui jalur mandiri, diterima di Perguruan Tinggi Swasta lain, diterima bekerja atau selain yang disebut pada point a dan b diatas, biaya registrasi yang sudah dibayarkan tidak dikembalikan.

Ungaran, 17Januari 2017

Rektor Universitas Ngudi Waluyo

Figur

Memperbarui...

Related subjects :