Sop Test Mantoux

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PENGERTIAN PENGERTIAN

Te

Tes Mantoux adalah s Mantoux adalah pemeriksaan diagnostik dengan menyuntikkan PPD pemeriksaan diagnostik dengan menyuntikkan PPD secarasecara intra dermal/

intra dermal/intra cutan untuk intra cutan untuk mengemengetahui adanya pemajanatahui adanya pemajanan n terhaterhadapdap M.M. tuberculosis

tuberculosis.. Tes Mantoux

Tes Mantoux positif positif menandakan infeksi basil tuberkel masa lalu atau saat inimenandakan infeksi basil tuberkel masa lalu atau saat ini dan mengindikasikan perlunya pemeriksaan lebih lanjut sebelum menegakkan dan mengindikasikan perlunya pemeriksaan lebih lanjut sebelum menegakkan diagnosa TBC.

diagnosa TBC. eaksi

eaksi positif positif terjadi bila terdapat indurasi !" mm atau lebih# reaksiterjadi bila terdapat indurasi !" mm atau lebih# reaksi meragukanmeragukan bila indurasi $ % & mm# dan reaksi

bila indurasi $ % & mm# dan reaksi negativenegativebila indurasi kuran dari $ mm.bila indurasi kuran dari $ mm.

       S        S        E        E        K        K          O          O       L       L       A       A       H       H        T        T        I        I N N       G       G G G  I  I     I     I L L M MUU  K

 K E E S S E  E  H   H   A  A T   T    A   A  N   N    M     M     U       U       H       H       A         A         M         M          M   M   A    A    D    D    I         I         Y    Y     A   A   H   H TUJUAN TUJUAN !.

!. Mendeteksi / mengidentifikasi adanya infeksiMendeteksi / mengidentifikasi adanya infeksiTuberculosis.Tuberculosis. '.

'. Membantu dalam menegakkan diagnosaMembantu dalam menegakkan diagnosaTuberculosis.Tuberculosis.

N

NO O TTIINNDDAAKKAAN N BBOOBBOOT T NNIILLAAII

BOBOT BOBOT

X X NILAI

NILAI KETERANGANKETERANGAN I

I PEPENGNGKAKAJIJIANAN

2 2

!.

!. Mengkaji apakah klien pernah menjalani tes kulit tuberculinMengkaji apakah klien pernah menjalani tes kulit tuberculin posistif# atau pernah mendapat

posistif# atau pernah mendapat (aksinasi BC).(aksinasi BC). '.

'. Mengkaji apakah klien mendapat (aksinasi atau Mengkaji apakah klien mendapat (aksinasi atau penyakit (iruspenyakit (irus dalam *aktu + minggu terakhir.

dalam *aktu + minggu terakhir. ,.

,. Mengkaji program/instruksi medik.Mengkaji program/instruksi medik.

II

II INTINTERVERVENSENSII

3 3 A.

A. Persiapa A!a" #Persiapa A!a" #

!.

!. -puit tuberculin dengan jarum o. '$ ) atau yang lebih kecil.-puit tuberculin dengan jarum o. '$ ) atau yang lebih kecil. '.

'. PPDPPD(Purified Protein Derivative)(Purified Protein Derivative).. ,.

,. apas alcohol 0"1 2alcohol s*ab3.apas alcohol 0"1 2alcohol s*ab3. +.

+. 4andscoen bersih.4andscoen bersih. $.

$.  5lat tulis 6  5lat tulis 6 spidol atau pulpen.spidol atau pulpen.

B.

B. Persiapa K!ie #Persiapa K!ie #

!.

!. Menjelaskan prosedur dan tujuan dilakukannya tes Mantoux.Menjelaskan prosedur dan tujuan dilakukannya tes Mantoux. '.

'. Menjaga pri(acy klien.Menjaga pri(acy klien. ,.

,. Membebaskan lokasi injeksi.Membebaskan lokasi injeksi.

III

III IMPLIMPLEMEEMENTANTASISI

3 3

!.

!. Mencuci tangan.Mencuci tangan. '.

'. Memakai handscoen.Memakai handscoen. ,.

,. Memilih area yangb akan dilakukan penyuntikan 6 !/, lenganMemilih area yangb akan dilakukan penyuntikan 6 !/, lengan ba*ah bagian atas / tengah 2, % + jari diba*ah antekubiti atau ba*ah bagian atas / tengah 2, % + jari diba*ah antekubiti atau $ jari diatas pergelangan tangan3.

$ jari diatas pergelangan tangan3. +.

+. Mengambil tuberculin PPD dan hisap kedalam spuit sebanyaMengambil tuberculin PPD dan hisap kedalam spuit sebanya "#! cc.

(2)

$. Mengatur posisi yang nyaman dengan lengan diregangkan dan disanggah pada permukaan yang datar.

7. Memebersihkan kulit 2bagian dalam lengan3 dengan kapas alkohol# dimulai dari tengah dengan gerakan melingkar kearah luar sirkular 8 $ cm. Biarkan sampai kering.

0. Meregangkan kulit# dekatkan spuit injeksi tuberkulin ke arah

kulit dan suntikkan dengan hati9hati dengan sudut $ % !$ °

2teknik injeksi intra cutan3. Masukkan jarum ke epidermis sampai dengan 8 ,mm diba*ah permukaan kulit. :jung jarum dapat dilihat melalui permukaan kulit.

;. Memasukkan obat "#! cc secara perlahan sehingga

membentuk gelembung ber*arna terang sperti gigitan nyamuk dengan diameter 8 7 % !" mm dan akan menghilang secara bertahap. Tidak perlu diaspirasi# karenada dermis relatif a(askuler.

&. Mencabut jarum sambil memberi kapas alkohol pada area penyuntikan. <angan melakukan masase pada area penyuntikan.

!". Memberi tanda pada lokasi penyuntikan. !!. Memperhatikan *aktu penyuntikan.

!'. Merapihkan klien dan merapihkan alat9alat. !,. Membuka handscoen dan mencuci tangan. IV EVALUASI

$

!. Menge(aluasi respon serta toleransi klien selama dan

sesudah prosedur.

'. Membaca hasil tes +; % 0' jam setelah penyuntikan dilalukan. V DOKUMENTASI

$ !. Mencatat nama klien# tanggal pelaksanaan prosedur# tanggal

membaca hasil# hasil# lokasi dan jam. '. Mencatat segmen dada yang difisioterapi.

,. Mencatat respon serta toleransi klien selama dan sesudah prosedur  VI SIKAP !. -istematis. '. 4ati9hati. ,. Berkomunikasi. +. Mandiri. $. Teliti.

7. Tanggap terhadap respon klien. 0. apih.

;. Menjaga pri(acy. &. -opan.

(3)

Uji ini dilakukan dengan cara menyuntikkan sejumlah kecil (0,1 ml) kuman TBC, yang telah dimatikan dan dimurnikan, ke dalam lapisan atas (lapisan dermis) kulit pada lengan bawah. alu, !" sampai #$ jam kemudian, tenaga medis harus melihat hasilnya untuk diukur. %ang diukur adalah indurasi (t&nj&lan keras tapi tidak sakit) yang terbentuk, bukan warna kemerahannya (erythema). Ukuran dinyatakan dalam milimeter, bukan centimeter.

'ecara umum, hasil tes ant&u ini dinyatakan p&siti* bila diameter indurasi berukuran sama dengan atau lebih dari 10 mm. +amun, untuk bayi dan anak sampai usia $ tahun yang tanpa *akt&r risik& TB, dikatakan p&siti* bila indurasinya berdiameter 1 mm atau lebih. -al ini dikarenakan pengaruh aksin BC/ yang diper&lehnya ketika baru lahir, masih kuat. engecualian lainnya adalah, untuk anak dengan gii buruk atau anak dengan -23, sudah dianggap p&siti* bila diameter indurasinya  mm atau lebih.

tes ant&u 4 tuberculin (tuberculin skin test) merupakan alat diagn&stik yang sampai saat ini mempunyai sensitiitas dan spesi*isitas cukup tinggi untuk mendiagn&sis adanya in*eksi tuberkul&sis. Test mant&u adalah suatu cara yang digunakan untuk mendiagn&sis TBC. Tes mant&u itu dilakukan dengan menyuntikan suatu pr&tein yang berasal dari kuman TBC sebanyak 0,1 ml dengan jarum kecil di bawah lapisan atas kulit lengan bawah kiri.

Bagaimana Cara Penggunaan Tes Mantoux / Tuberculin ?

&kasi penyuntikan tes mant&u umumnya adalah pertengahan bagian atas, lengan bawah kiri  bagian depan. enyuntikan dilakukan intrakutan (ke dalam kulit). 5gar hasilnya akurat,  penyuntikannya harus benar6benar teliti. Bahan yang dimasukkan harus dengan d&sis tepat dan masuk sepenuhnya ke dalam kulit, bukan di bawah kulit. 7emudian, reaksi yang dihasilkan harus dibaca tepat waktu.

Untuk memastikan anak terin*eksi kuman TBC atau tidak, akan dilihat indurasinya setelah !"6#$  jam. 2ndurasi ini ditandai dengan bentuk kemerahan dan benj&lan yang muncul di area sekitar 

suntikan. Bila nilai indurasinya 06! mm, maka dinyatakan negati*. Bila 68 mm dinilai meragukan, sedangkan di atas 10 mm dinyatakan p&siti*.

'etelah hasil ant&u dinyatakan p&siti*, anak sebaiknya diikutkan pada serangkaian  pemeriksaan lainnya. 'alah satunya adalah r&ntgen yang bertujuan mendeteksi TBC lebih detail lewat k&ndisi paru yang tergambar dalam *&t& r&ntgen dan dan tes darah. Tes mant&u dilakukan lebih dulu karena hasil r&ntgen tidak dapat diandalkan untuk menentukan adanya in*eksi kuman TB. Bercak putih yang mungkin terlihat pada hasil *&t& bisa memiliki banyak penyebab. 5nak  yang sedang menderita batuk pilek pun kemungkinan memiliki bercak putih di paru. 9adi, tes ant&u sangat perlu, tak cukup hanya r&ntgen paru.

Siapa yang perlu mendapat tes Mantoux / Tuberculin ?

9ika ada kecurigaan terhadap in*eksi TBC, atau *lek paru, perlu diperiksa mant&u test dengan gejala6gejala berikut ini :

(4)

1. Masalah Makan dan Berat Badan (sulit naik)

2. Mudah sakit. Lemah, letih, lesu dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas. 3. Reaksi cepat B!.

". Batuk berulang. #. Ben$%lan di leher.

&. 'emam dan berkeringat di malam hari . 'iare terus menerus sering diare

Pembacaan dan Interpretasi Tes Mantoux

-asil tes ant&u dibaca dalam !"6#$ jam, lebih diutamakan pada #$ jam.

;eaksi p&siti* yang muncul setelah 8< jam masih dianggap alid. Bila pasien tidak k&ntr&l dalam 8< jam dan hasilnya negatie maka tes ant&u harus diulang.

Tes ant&u dinyatakan p&siti* apabila diameter indurasi = 10 mm. 7emungkinan yang perlu dipikirkan pada anak dengan hasil tersebut:

1. Terin*eksi tuberkul&sis secara alamiah

$. 2n*eksi TB mencakup in*eksi TB laten, sakit TB akti*, atau pasca terapi TB. >. ernah mendapat imunisasi BC/ (pada anak dengan usia kurang dari  tahun)

!. ada pasien usia kurang dari  tahun dengan riwayat aksinasi BC/ kecurigaan ke arah in*eksi alamiah TB bila hasil uji ant&u = 1 mm.

. 2n*eksi mik&bakterium atipik 

eskipun demikian, hasil uji ant&u =  mm dapat dipertimbangkan p&siti* pada pasien tertentu seperti :

a. asien dengan in*eksi -23

 b. asien dengan transplantasi &rgan atau mendapat imun&supresan jangka panjang seperti pasien keganasan atau sindr&m ne*r&tik 

?alse +egatie

asien6pasien tertentu yang terin*eksi tuberkul&sis mungkin dapat menunjukkan hasil tes ant&u yang negati*. 7&ndisi demikian disebut dengan anergi. 5nergi kemungkinan terjadi  pada pasien:

(5)

1. Berbagai *akt&r indidual seperti usia, nutrisi, gagal ginjal, imun&supresi karena &bat (seperti k&rtik&ster&id) atau penyakit (seperti kanker, in*eksi -23, dan sarc&id&sis)

$. 2n*eksi irus (seperti Campak,umps, ;ubella, m&n&nucle&sis, 3aricella, dan in*luena) dapat menurunkan reaktiitas tuberkulin selama beberapa bulan

>. 'etelah aksinasi dengan aksin irus hidup (seperti Campak, umps, ;ubella) akan teramati penurunan reaktiitas tuberkulin. @leh sebab itu, jika uji mant&u tidak dapat dilakukan bersamaan dengan imunisasi Campak, umps, dan ;ubella, uji ditunda selama !6< minggu

!. asien dengan sakit TB berat seperti TB milier, meningitis TB

. engingat masa yang diperlukan untuk terbentuknya cellular mediated immunity sejak  masuknya kuman TB adalah $61$ minggu maka hasil negati* pada pasien dengan k&ntak  erat penderita TB dewasa masih mungkin pasien sedang dalam masa inkubasi.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :