JUAL BELI E-COMMERCE DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Analisis terhadap Jual Beli Online di www.tokobagus.com) Jual Beli E-Commerce Ditinjau Dari Hukum Islam (Analisis Terhadap Jual Beli Online Di Www.Tokobagus.Com).

Teks penuh

(1)

JUAL BELI E-COMMERCE DITINJAU DARI HUKUM ISLAM (Analisis terhadap Jual Beli Online di www.tokobagus.com)

SKRIPSI

Diajukan untuk Memenuhi Sebagian dari Tugas dan Syarat guna Memperoleh Gelar Sarjana Syariah (S.Sy) Jurusan Syariah (Mua’malah)

Oleh:

SITI SOLIKHAH NIM : I 000 090 001

FAKULTAS AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)
(3)
(4)

iv

dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka

di antara kamu. dan janganlah kamu membunuh dirimu;

Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu

’’

(QS. an-Nisa (4): 29).

Orang yang aku cintai adalah

dia yang menunjukkan kesalahanku.

[Umar bin Khatab]

Jika ingin sama, Samalah dengan yang hebat.

Jika ingin beda, Bedalah dengan yang buruk.

(5)

v

PERSEMBAHAN

Dengan menyebut Asma Allah SWT yang Maha Pengasih dan

Penyayang, karya kecilku ini kupersembahkan kepada:

Sepasang kekasih yang selalu memberikan dukungan penuh

kepada buah cintanya, ayah ibuku tersayang Marjuki-Turipah.

Terimakasih atas ribuan d

o’a

yang kalian lantunkan untuk

kesuksesanku , terimakasih telah memberiku bekal Ilmu yang

tidak akan pernah habis, semoga bisa menjadi amal jariyah yang

terus mengalir dalam kebaikan dan bermanfaat untuk sesama.

Aamiin

Saudara kandungku tercinta, kakakku Nur Khasanah serta

adik-

adikku Nur Hadi & Lu’lu’at

ul Jannah yang selalu

mendukung dan memberi keceriaan hidup.

Sahabat-sahabat setiaku,

Arini el Haq, terimakasih atas nasehat-nasehatnya.

Rika Mei Puspitasari, terimakasih atas bantuannya.

Meita Tri Wahyuningsih, terimakasih atas dorongan

semangatnya.

Almamaterku, Fakultas Agama Islam ‘’Syari’ah 2009’’

Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah membantu

memperlancar dalam penyelesaian tugas akhir ini, semoga

kebaikan sahabat membuahkan hasil yang lebih baik dan bernilai

berkah serta berpahala. Aamiin._

(6)
(7)

vii ABSTRAK

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin berkembang pula cara yang digunakan dalam proses jual-beli. Dimulai dari sistem barter yang dilakukan dengan tukar menukar barang secara tatap muka, berkembang menjadi sistem penjualan dengan menggunakan proses pengiriman barang yang memudahkan kegiatan jual-beli tidak hanya dalam lokasi yang sama kemudian berkembang lagi melalui jaringan internet dengan jangkauan yang lebih luas. Proses jual-beli melalui internet ini sering disebut dengan jual-beli online atau e-commerce.

E-commerce merupakan suatu transaksi komersial yang dilakukan antara penjual dan pembeli atau dengan pihak lain dalam hubungan perjanjian yang sama untuk mengirimkan sejumlah barang, pelayanan, atau peralihan hak. Transaksi komersial ini terdapat di dalam media elektronik (media digital) yang secara fisik tidak memerlukan pertemuan para pihak dan keberadaan media ini dalam public network atas sistem yang berlawanan dengan private network (sistem tertutup).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jual-beli e-commerce ditinjau dari Hukum Islam, khususnya pada situs Tokobagus. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan data kualitatif. Penulis berusaha menganalisa proses jual-beli yang berlaku dalam situs Tokobagus, mulai dari proses pemilihan barang, pembelian, penjualan, negosiasi, transaksi, pengiriman, komplain dan cara penyelesaiannya kemudian dianalisis berdasarkan hukum Islam.

Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan interview, observasi, dan dokumentasi kemudian dalam menganalisis data menggunakan cara deduktif, yaitu menyimpulkan data dari pendapat-pendapat yang sifatnya masih khusus menjadi data yang umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jual-beli e-commerce, pada dasarnya tidak berbeda dengan jual-beli pada umumnya, dalam ajaran Islam jual-beli diperbolehkan. Sehingga jual beli e-commerce yang telah memenuhi rukun dan syarat jual-beli secara umum diperbolehkan dalam Islam.

(8)

viii

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Swt yang telah memberikan rahmat, hidayah serta inayah-Nya sehingga penulis mampu menyelesaikan sebagian tugas dalam syarat menempuh jenjang Sarjana Strata Satu S1 Syariah (S.Sy) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW, kepada sahabat, tabiin, tabiut-tabiin, keluarga dan seluruh umat manusia yang menjalankan risalahnya, yang menjadi suri teladan bagi umatnya, sekaligus sebagai sosok Insan termulia dalam sejarah peradaban manusia.

Halangan dan rintangan selalu datang silih berganti yang dialami diri penulis, yang menyebabkan tidak fokus dalam proses penggarapan. Namun, Alhmadulillah pada akhirnya skripsi ini berhasil diselesaikan juga. Hal ini terlihat jelas, betapa Maha Besar Kekuasaan-Nya, atas segala bentuk kehidupan umat manusia. Atas berkat Rahmat, Rahman, dan Rahim-NYa, karya yang sangat sederhana ini dapat diselesaikan. Keberhasilan penulisan skripsi ini tidak terlepaskan dari motivasi, dorongan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis haturkan terima kasih yang sebesar-besarnya khususnya kepada: 1. Dr. H. M. A. Fattah Santoso, M.Ag, selaku Dekan Fakultas Agama Islam

Universitas Muhammadiyah Surakarta.

(9)

ix

3. Drs. Harun, MH., selaku pembimbing I yang dengan sabar dan tekun menyediakan waktu untuk membimbing, mengarahkan dan memberi petunjuk serta saran kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. 4. Drs. Syarafuddin HZ, M.Ag., selaku pembimbing II, yang telah membimbing

dan mengarahkan penulis selama proses penyusunan skripsi sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan baik.

5. Drs. Imron Rosyadi, M.Ag., selaku pembimbing III yang telah memberi saran dan kritik yang membangun serta mengoreksi lebih dalam terhadap penulisan skripsi ini.

6. Segenap dosen Program Studi Syari’ah (Mu’amalah) Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta atas ilmu, bimbingan, arahan, kritik, saran, motivasi dan nasehat-nasehatnya.

7. Staf dan karyawan Fakultas Agama Islam dan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah meminjamkan buku-buku ilmiahnya, sehingga mempermudah penulis dalam penyusunan skripsi.

8. Teman-teman seperjuangan, terutama kepada Siti khadijah Munawwaroh, Prapti Kustina, Izzatul Hayyati, Julaikah, Nur Jannah, Elsyafa Azizun Nisa, Fika Tri Utami, Septi Muryani, Mutmainah, Nazmah, Sania, Ita F, Uli, Hasna, Wenda, mba’ Ummi, Rahmad, Piul, Mukhlis, dan teman-teman se-almamater

lainnya yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, terimakasih jasa kalian sangat berarti untuk selesainya skripsi ini.

(10)
(11)

xi DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL………... NOTA DINAS PEMBIMBING………. HALAMAN PENGESAHAN………...……….. MOTTO ………...……… PERSEMBAHAN……...………... PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI……...……….. ABSTRAK…....………...

KATA PENGANTAR………

DAFTAR ISI………..

BAB I : PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah ……….

B. Penegasan Istilah ………

C. Rumusan Masalah ………..

D. Tujuan dan Manfaat Penelitian ………...………... E. Kajian Pustaka ………....……….... F. Metode Penelitian ………...

G. Sistematika Pembahasan ………

BAB II : JUAL BELI DALAM HUKUM ISLAM

(12)

xii BAB III: TRANSAKSI BISNIS E-COMMERCE

A. Definisi E-commerce... B. Ruang Lingkup E-commerce... C. Keuntungan dan Kerugian E-commerce... D. Gambaran Umum Situs Tokobagus……...…... E. Perdagangan pada Situs Tokobagus... F. Model Perdagangan Situs Tokobagus...… BAB IV : ANALISIS

A. Analisis Perdagangan pada Situs Tokobagus………...………... B. Analisis Model Perdagangan Situs Tokobagus………...………… BAB IV : PENUTUP

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...