Contoh Proposal Permohonan Dana Pramuka

12 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

Contoh Proposal Permohonan Dana

I. DASAR PEMIKIRAN

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalanNya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh” (Ash-Shaff : 4) Pemuda merupakan aset terbesar bangsa sekaligus tumpuan harapan yang akan menegakkan kembali cita-cita bangsa sebagai sumber kekuatan dan pembela martabat bangsa. Mahasiswa merupakan bagian dari pemuda Islam berada pada institusi pendidikan tinggi, Yang diharapkan kembali dapat menjadi pembela aqidah Islamiyah. Dengan potensinya yang memiliki semangat dan gagasan baru karena cara pandangnya yang ideal serta kemurnian idealisme yang

dimilikinya menjadi titik temu dengan zaman baru yang harus diawali dengan semangat dan gagasan baru. Mahasiswa dituntut untuk peduli terhadap kelangsungan nasib bangsa ini yang digelari dengan ”the creative minority”. Dengan fungsinya sebagai agen perubah, Mahasiswa diharapkan memiliki sensitivitas terhadap lingkungan sosial, Mampu memperbaiki dan akhirnya dapat melindungi masyarakat.

Mahasiswa sebagai generasi penerus adalah aset yang sangat berarti bagi sebuah miniatur kehidupan umat manusia karena mahasiswa merupakan kelompok yang paling elitis. Dengan mobilitas vertikalnya, mahasiswa biasanya menanjak menjadi bagian dari kelompok elit yang berpengaruh di masyarakat. Oleh karena itu, jika masyarakat kini membutuhkan Islam sebagai solusi dari permasalahan mereka, maka mahasiswa harus berusaha keras mengenalkan Islam, mengajak dan membimbing masyarakat untuk berada dalam suasana Islami, menjaga masyarakat dengan nilai-nilai Islam dan membentuk masyarakat dengan kepribadian Islam.

Fungsi lain seorang mahasiswa Islam adalah menjadi da’i, mengajak manusia ke jalan Allah. Dakwah merupakan kewajiban seorang muslim di mana dan kapanpun ia berada. Dengan kemampuan yang dimilikinya mahasiswa akan lebih mendapat sambutan yang baik di kalangan masyarakat karena didukung dengan kompetensi intelektual sosial dan spiritual yang

dimilikinya. Dakwah menjadi bagian penting dari proses perbaikan masyarakat.

Dakwah kampus adalah segmen kecil dari dakwah secara keseluruhan. Namun keberadaannya memiliki peran strategis dalam mencapai tujuan membangun masyarakat madani. Peran strategis ini disebabkan oleh potensi yang dimiliki mahasiswa. Potensi yang dapat digunakan untuk mengubah kondisi global masyarakat dengan keilmuan dan idealisme yang dimiliki. Di sinilah peran penting dakwah kampus untuk mengarahkan pemahaman mahasiswa agar mereka menjadi pelopor-pelopor perubahan dalam masyarakat, membawa perbaikan dan kemudian melindungi masyarakat. Untuk itu dibutuhkan keseriusan, kesamaan dan keteraturan gerak seluruh elemen kampus untuk peduli dan melakukan partisipasi aktif dalam menanggulangi permasalahan masyarakat.

Kesamaan visi, kesatuan misi, persepsi dan tujuan dalam membangun umat dan bangsa mutlak diperlukan oleh umat ini. Di mana kesatupaduan dan keserasian gerak langkah dakwah adalah modal awal yang sangat besar menuju kejayaan bangsa Indonesia. Dalam rangka kesatupaduan visi, misi, persepsi dan tujuan gerak langkah Lembaga Dakwah Kampus maka kami Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Jami’ UIN Alauddin Makassar sebagai salah satu sarana mahasiswa untuk ikut mengambil bagian yang peduli terhadap kondisi moral umat dan bangsa ini serta turut serta dalam pembangunan umat menuju masyarakat madani.

(2)

1. Menjalin silaturrahim dan komunikasi antar mahasiwa di Kampus UIN Alauddin Makassar. 2. Menyatukan gerak langkah serta visi dan misi Lembaga Dakwah Kampus Al-Jami’.

3. Bersama menghasilkan solusi dan kerja nyata dalam menyelesaikan permasalahan LDK, umat dan bangsa¬¬¬¬¬¬¬.

4. Mempercepat dan meningkatkan pertumbuhan dan kinerja LDK Al-Jami’. 5. Membangun budaya bertukar ilmu dan wawasan.

6. Menanamkan jiwa seorang da’i/da’iah kepada Mahasiswa UIN Alauddin Makassar. 7. Melahirkan kader-kader dakwah baru.

III. TARGET

1. Meningkatnya kualitas dan kuantitas Kader LDK Al-Jami’.

2. Pembangunan network yang rapi, kuat dan efektif dalam melaksanakan kerja-kerja dakwah. IV. SASARAN

Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. V. PELAKSANAAN KEGIATAN

1. Nama Kegiatan

Kegiatan ini bernama SUPER ISLAMIC CAMP ANGKATAN X 2. Tema Kegiatan

Tema kegiatan ini adalah:

“Optimalisasi peran dan fungsi Lembaga Dakwah Kampus dalam mewujudkan civitas Muslim yang intelek, profesional dan berkarakter tangguh, penjawab tantangan zaman.”

3. Bentuk Kegiatan

Bentuk-bentuk Kegiatan ini antara lain: a) Pemberian materi

b) Outbond

c) Training Motivasi d) Games dan simulasi

e) Diskusi dan sharing kelompok 4. Waktu Kegiatan

Waktu kegiatan ini adalah 3 hari, yaitu pada : Hari : Jumat, Sabtu dan Ahad

Tanggal : 18–20 Maret 2011 5. Tempat Kegiatan

“Taman Wisata Bantimurung, Kabupaten Maros Sulawesi Selatan” 6. Peserta Kegiatan

Mahasiswa UIN Alauddin Makassar 7. Pelaksana Kegiatan (terlampir) 8. Susunan Acara (terlampir) 9. Anggaran Kegiatan (terlampir) 10. Sumber Pemasukan

Sumber-sumber dana tersebut diharapkan berasal dari: a) Rektor Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

b) Donatur Perorangan/Instansi Pemerintah atau Swasta Daerah/Nasional c) Kontribusi Peserta

(3)

11. Penutup

“dan diantara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan Allah, dan Allah maha penyantun kepada hamba-hamba-Nya” (QS.Al-Baqarah: 270)

Semoga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik, dan demi kelancaran kegiatan ini maka sangat mengharapkan partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak. Segala yang belum dicantumkan dalam proposal ini akan kami lengkapi kemudian demi memenuhi tujuan yang ingin dicapai. Atas segala perhatian, partisipasi dan bantuannya tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih. Lembar Pengesahan proposal kegiatan

PANITIA PELAKSANA

SUPER ISLAMIC CAMP KE-IX UKM LDK AL-JAMI’

Ibrahim Ketua Panitia

Muh. Kamal Gani Sekretaris

Mengetahui

Pengurus harian UKM Lembaga Dakwah kampus (LDK) Al-Jami’ Universitas Islam Negeri Alauddin

Ramli

Ketua Umum

Munawwar Abd. Hamid Sekretaris Jenderal

PENAWARAN PARTISIPASI

Dalam rangka mewujudkan partisipasi anda dalam kegiatan “SUPER ISLAMIC CAMP ANGKATAN X” ini, kami menawarkan alternative sebagai berikut:

1. Sponsor Tunggal, yaitu pihak yang akan memberikan dana 90% anggaran biaya atau sebesar biaya.

2. Sponsor B, yaitu pihak yang memberikan 60% dari rencana anggaran biaya. 3. Sponsor C, yaitu pihak yang memberikan dana 25% dari rencana anggaran biaya. 4. Sponsor D, yaitu pihak yang memberikan dana 10% dari rencana anggaran biaya. 5. Partisipasi Acara

Partisipasi acara adalah pihak-pihak yang berpartisipasi dalam acara ”SUPER ISLAMIC CAMP ANGKATAN X” yang dalam partisipasinya, pihak tersebut tidak memenuhi kriteria sponsor di atas. Namun demikian, pihak sponsor akan tetap mendapatkan fasislitas promosi sesuai dengan kesepakatan yang dicapai antara panitia dan partisipan.

6. Donatur

Merupakan partisipan yang bersedia untuk membantu financial dengan sukarela. Sponsor Tunggal Sponsor B Sponsor C Sponsor D

(4)

Nominal Rp. 44.635.500 Rp. 29.757.000 Rp.22.317.750 4.595.500 Space Logo Full Full ¼ ¼

Baliho Leaflet (200) T-Shir Panitia Sertifikat ID Card Peserta ID Panitia

KETENTUAN-KETENTUAN PARTISIPASI 1. PROSEDUR

• Panitia akan menghubungi partisipan

• Bila partisipan bersedia, segera mengisi surat berpartisipasi.

• Pembayaran dapat dilakukan dalam 2 (dua) tahap, tahap pertama sebesar 50% dan sisanya selambat-lambatnya seminggu sebelum hari “H”nya.

2. PARTISIPAN

• Partisipasi dapat terlaksana apabila kedua belah pihak (perusahaan dengan panitia) telah mengisi formulir partisipasi seperti yang telah disediakan oleh panitia.

• Partisipasi yang dimaksud adalah dalam bentuk dukungan financial dan bisa juga berupa fasilitas yang memang disediakan sebagai ruang promosi.

• Partisipasi yang dilaksanakan adalah partisipasi yang diatur oleh kedua belah pihak dengan asas musyawarah untuk mufakat.

3. LOGO PERUSAHAAN INSTANSI

• Logo instansi atau perusahaan sedianya oleh pihak panitia selambat-lambatnya dua minggu sebelum kegiatan berlangsung.

• Apabila dalam jangka waktu tersebut pihak sponsor belum menyerahkan logo instansi atau perusahaannya maka panitia akan menentukan sendiri sesuai dengan yang ada di masyarakat atau sewajarnya.

4. PEMBATALAN PARTISIPASI

• Partisipasi dianggap batal jika salah satu pihak membatalkan partispasinya dengan cara; sponsor mengundurkan diri atau panitia menganggap pihak sponsor tidak mendukung lagi pelaksanaan kegiatan.

• Bila pihak sponsor membatalkan partisipasi yang telah disepakati, maka 25% dari dana yang sudah masuk menjadi milik hak panitia kegiatan.

PENJELASAN TEKNIK MEDIA PROMOSI 1. Spanduk Rentang

• Bahan : Digital Printing • Warna : Full Colour • Desain : Terlampir

• Waktu Pemasangan : 3 Minggu sebelum - kegiatan dimulai • Ukuran : 4 x 2 meter

(5)

• Bahan : Offset • Warna : Full Colour • Desain : Terlampir

• Waktu pemasangan : Satu minggu sebelum-kegiatan selesai

Lampiran 1

PANITIA PELAKSANA SUPER ISLAMIC CAMP (SIC) ANGKATAN 10 UNIT KEGIATAN MAHASISWA LEMBAGA DAKWAH KAMPUS AL-JAMI’ UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Pelindung : Prof. DR.H. Abdul Qadir Gassing HT, M.Si (Rektor UIN Alauddin)

Dewan Penasehat : Drs. HM. Gazali Suyuti MHI (Pembantu Rektor Bagian Kemahasiswaan) Drs. H Salehuddin Yasin, M.Ag. (Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan)

Dewan Pembina :

H. Aan Farhani, Lc, M.Ag Nasrunilhaq Anwar Usman, S.Pd, M,Pd Fithrah, S.Ked

Zainal Abidin, S.S, M.HI Asrul Sani, S.Pd.I Arifin, S.EI Muh.Faqih Fathurrahman

Awaluddin Syamsu, S.Pd.I Syamsuddin,S.Pd.I Hairani Kiraman, Spt, M.Pt Rahmawati latif S.Pd Hsunusa’adah, S.Pd.I Halijah, SPd.I

Hadijah, S.Pd.I Jemmy Nurkhasanah , A.Md

Syamsiah, A.Md Juharmaeni Januar Arman, S.Kep Hasbar S.Pd. Nurul Mustaqim S.Pd.I Sudirman S.T.Hi Muh. Amin S.Pd.I

Penanggung Jawab : Ramli (Ketua umum UKM LDK AL-JAMI’)

Dewan Pengarah :

Swardi (Ketua Dewan Majelis Musyawarah LDK) Nur Alim (Koord. Kaderisasi DMM)

Muh. Faishal (Koord. BPM)

Ahmad Awaluddin (Koord. Kesekretariatan DMM) Wirdawati (Koord. Kaderisasi Akhwat DMM) Haslindar (Koord. Syiar DMM)

Munawwar (Sekertaris Jenderal UKM LDK Al-Jami’) Niar Ritsna Gisma (Koord. Kemuslimahan DMM) Nur Mila Abdullah (Koord. Danus DMM)

Trianti Baharuddin (Koord. Syiar Akhwat DMM) Ficriah (Koord. Kastrat DMM)

Nur Fauziah Alwi (Bendahara PUSKOMDA)

Stering Commite: Abdurrahman Lau (Peradilan Agama 08)

Ahmad Indra (Keperawatan 08) Basri HB (TH 08)

(6)

Syawaluddin (PBI 08)

Abd. Rahman Rara (Keperawatan 08) Muh. Saeni (PAI 09)

Muh. Anwar (PBA 08) Muh. Ridwan (MPI 09) Jaenuddin (Mtk 07) Ummi Zahra (Kimia 08) Sa’adatul Husna (Kimia 08) Nurul Fadhilah Iman (Arsitek 08) Yaumil Maghfirah Asaf (Arsitek 08) Nur Hidayah (MPI 08)

Nur Wahidah (P. Mat 07) Mutmainnah (Kimia 08) Hasni Hasan (PBA 08) Ridha’atullah Wahab (TI 08) Sukaeni (PBI 08)

PANITIA PELAKSANA SUPER ISLAMIC CAMP ANGKATAN KE-9

UNIT KEGIATAN MAHASISWA LEMBAGA DAKWAH KAMPUS AL-JAMI’ UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Ketua Panitia : Ibrahim Sekretaris : Muh. Kamal Gani Bendahara : Syamsiah

Seksi Acara Seksi Publikasi dan Dokumentasi

Koordinator: Fasbir/Misnawati Koordinator: Muh. Azhar/Supiati Rahmat

Syamsuddin Syahiruddin Saidul Huda Ahmad Hamdi Taslim Tahir Yusuf Zulaiman Syamsul Rijal Anna Hadriana Mardatillah Nasir Syahabuddin Hadiani Fikri Hamdani Zarkawi Sujuti

Miftahul Fachri Anwar Junaidin

(7)

Fitrah Prianto Ahmad Nur Annisa Muchtar Tasyrifani Akhmad

Seksi Perlengkapan Seksi Konsumsi

Koordinator: Zainal Abduh/Suharni K Koordinator: Suhayani Tri Putra Jauhar

Nasrullah

Muh. Hery Kurniawan Moh. Kasem

Nitzar Zakaria Arwan Agus Muh. Nur Qalbi Nur Wahidah Nur Syafina Suharni K

Ani Mulyani Maria Ulfa Sri Rahmawati

Marwah Saleh Nur Hayani Mutmainnah Fatmawati Khadijah Jaka Masniati Mirnawati

LindaOktavianingsih

Seksi Keamanan Seksi Dana dan Usaha Koordinator: Muh. Basjir/Badriah Hasman

Iwan Suryadi Asriadi Rijal

Abd. Haris Pratama Putra Supriadi

Siti Jumriani Sumira Achmad Hastika

Besse Nur Hilwa Syam

Syafriat Koordinator: Zulhajji Mansir/Ismawanti Hamdan

(8)

Rasni Rasyid Niar Agustinar Fitriani

Badan Pengurus Harian

Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Al-Jami’ UIN Alauddin Makassar

RAMLI Ketua Umum

Lampiran 2

NO ACARA DESKRIPSI LOGISTIK LOKASI PJ Waktu Jumat, 11 Maret 2011

1 Apel Siaga Kesiapan Panitia Absensi Panitia Lapangan Panitia 15.00 2 Check in Peserta Persiapan Peserta Absensi Peserta Lapangan Panitia 15.00

3 Pembukaan Laporan Ketua Panitia, Sambutan Ketua Umu, Pembantu Rektor III serta Pembukaan Acara Laptop. LCD, soundsystem Auditorium UIN Alauddin Makassar Stering + Panitia 16.00

4 Persiapan Pemberangkatan Koordinator Peserta Bus, Absen Lapangan Panitia 16.30 6 Perjalanan

7 Tiba di Lokasi

8 ISHOMA Shalat Magrib

9 Pembacaan Tata Tertib Diskusi 19.00

12 Ta’aruf Perkenalan dan games Sound system 19.30 13 Shalat Isya Shalat, Kultum dan Tilawah

14 Materi I

Konsep Diri Ceramah, Diskusi dan Games Laptop. LCD, absen kehadiran, 20.30 15 Muhasabah Mendengarkan cerita penggugah 23.00

16 Pengkondisian 17 Istirahat

Sabtu, 12 Maret 2011

18 Qiyamullail Shalat, Kultum 03.00

19 Shalat Subuh Shalat Berjamaah, Ma’surat, Tilawah Dan Kultum 04.45 20 Riyadho Olah raga bersama 06.00

21 Sarapan 07.00

22 Aktifitas Pagi Mandi, bersih-bersih

23 Materi II “Islamic University” Ceramah, Diskusi dan Games Absen, notebook, pulpen 08.00 24 Materi III “Problematika Ummat” Ceramah, Diskusi dan Games Absen, notebook, pulpen 10.00

25 ISHOMA 12.20

26 Materi IV “Da’I, Aktifis dan Akademisi Ceramah, Diskusi dan Games Absen, notebook, pulpen 13.00

(9)

28 Materi V “Amal Jama’I” Ceramah, Diskusi dan Games Absen, notebook, pulpen 16.00 29 Istrahat dan Snack

30 Shalat Magrib Shalat Berjamaah 18.15 31 Ta’aruf

32 Materi VI “About LDK” Ceramah, diskusi, games dll Absen, note book, pulpen 19.00 33 Ishoma Makan malam Makaan 19.30

34 Muhasabaqah pengugah Mendengarkan cerita penggugah LCD, Laptop, sound sistem khairunnisa

35 Mengarahkan peserta panitia Ahad, 13 Maret 2011

36 Istrahat

37 Qiyammullail Shalat, kultum 03.00

38 Shalat subuh Shalat berjama’ah, tilawah, ma’surah dan kultum 04.45 39 Out bond prepare Perlengkapan games lapangan panitia 06.00 40 Sarapan pagi Sarapan snack Aula panitia 07.00

41 Grand out bond Perlengkapan games lapangan panitia 08.00

42 Istrahat, simulasi, sharing dan diskusi Sound system Aula panitia 11.00 43 Ishoma Makan siang makanan Aula panitia 12.20

44 Pengukuhan anggota baru LDK Al-Jami’ Pembai’atan anggota Sound system, selayer Aula panitia 13.00

45 Pengkondisian

46 Penutupan Snack Aula panitia 14.00 47 Sholat azhar 15.30

48 Go back to campus Tiba di kos n kosan masing-masing 16.00

Steerring Committee

Abdurrahman Lau

Lampiran 3

Anggaran Kegiatan

No Divisi Satuan Harga Jumlah 1. Kesekretariatan:

Map

Penggandaan Formulir Penggandaan Surat Izin Tinta Print

(10)

Rp. 1.000 Rp. 200 Rp. 200 Rp. 25.000 Rp. 2.500 Rp. 36.000 Rp. 200.000 Rp. 60.000 Rp. 60.000 Rp. 50.000 Rp. 250.000 Rp. 72.000

Sub Total Rp. 692.000

2. Publikasi dan Dokumentasi: Spanduk

Baliho Panflet Liflet

Sewa Handy Cam Kaset Handy Cam 2 Lembar

1 Lembar 200 Lembar 100 Lembar 1 Buah 4 Buah Rp. 150.000 Rp. 200.000 Rp. 500 Rp. 100 Rp. 50.000 Rp. 5.000 Rp. 300.000 Rp. 200.000 Rp. 100.000 Rp. 10.000 Rp. 50.000 Rp. 20.000

(11)

Rp. 10.000 Rp. 10.000 Rp. 20.000 Rp. 500.000 Rp. 2.000.000 Rp. 80.000

Sub Total Rp. 2.580.000 4. Logistic:

Sewa Asrama Putri Sewa Asrama Putra Aula Umum

Sewa LCD

Pembuatan T-Shir Panitia Obat-obatan

3 Hari 3 Hari 3 Hari 1 Buah 50 Potong 2 Paket Rp. 500.000 Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 50.000 Rp. 30.000 Rp. 100.000 Rp. 1.500.000 Rp. 1.500.000 Rp. 3.000.000 Rp. 50.000 Rp. 1.500.000 Rp. 200.000

Sub Total Rp. 7.750.000 5. Konsumsi:

(12)

Sub Total Rp. 297.000 6. Fasilitas Peserta: ID Card

Note book dan Pulpen 200 Buah

200 Paket Rp. 1.000 Rp. 3.000 Rp. 200.000 Rp. 600.000

Sub Total Rp. 800.000

No Divisi Satuan Harga Jumlah 7. Dana dan Usaha:

Transpor

Pembuatan PIN 2 Orang

200 Buah Rp. 20.000 Rp. 5.000 Rp. 40.000 Rp. 1.000.000

Sub Total Rp. 1.040.000 8. Acara:

Pemateri

Cendera Mata Pemateri Penggandaan Angket 6 Orang

6 Buah 600 Lembar Rp. 100.000 Rp. 20.000 Rp. 200 Rp. 600.000 Rp. 120.000 Rp. 120.000

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...