PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT PADA PT BPR BANYU ARTHACITRA CABANG KAWUNGANTEN

15 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PROSEDUR PEMBERIAN KREDIT

PADA PT BPR BANYU ARTHACITRA CABANG KAWUNGANTEN

TUGAS AKHIR

Diajukan untuk Memenuhi Sebagai Syarat Mencapai Derajat Ahli Madya

Disusun Oleh :

ASTRID QISTI MAHARANI 1402040023

PROGRAM STUDI AKUNTANSI DIII FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO 2017

(2)
(3)
(4)
(5)

ABSTRAK

PT. BPR Banyu ArthaCitra Cabang Kawunganten merupakan suatu bank perkreditan rakyat konvensional yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau dalam bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat banyak. Salah satu usaha dari PT. BPR Banyu ArthaCitra Cabang Kawunganten adalah mengalokasikan dana atau lebih dikenal sebagai kredit, dalam mengalokasikan dana kredit tersebut, pihak bank harus mempunyai kepercayaan terhadap calon Debitur sebagai bentuk prinsip kehati-hatian. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penyusunan tugas akhir ini menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi data yang diperoleh secara langsung dari sumber pertama (data primer) dan secara tidak langsung dalam bentuk data olahan (data sekunder) yang dapat dimanfaatkan penulis dalam pengamatan ini. Berdasarkan hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa (1) Prosedur pemberian kredit meliputi tahap permohonan kredit, tahap analisis kredit, tahap keputusan kredit dan tahap pencairan. (2) Penerapan prosedur pemberian kredit pada PT. BPR Banyu ArthaCitra Cabang Kawunganten secara umum sudah baik dan sesuai dengan Aturan yang ditetapkan namun, masih terjadi dobel fungsi pada beberapa pekerja yang mengakibatkan ketidakmaksimalan pekerja dalam menjalankan tugasnya dan PT. BPR Banyu ArthaCitra belum memiliki Flowchart sebagai pedoman tahapan pemberian kredit.

Kata Kunci : Prosedur Pemberian Kredit, PT. BPR Banyu ArthaCitra Cabang Kawunganten

(6)

ABSTRACT

PT. BPR Banyu ArthaCitra KawungantenBranch is a conventional rural bank that collects funds from the public in the form of savings and distributes it to the community in the form of credit or in other forms in order to improve the standard of living of many communities. One of the efforts of the PT. BPR Banyu ArthaCitra Kawunganten Branch is allocated the fund or it is better known as credit. The purpose of this observation is to know the procedure of granting credit at PT. BPR Banyu ArthaCitra Kawunganten Branch. Accordingly, this observation uses data collection methods that include data obtained directly from the first source (primary data) and indirectly in the form of processed data (secondary data) that can be utilized by the author in this observation. Based on the observation result, it can be concluded that (1) The procedure of crediting includes the loan application stage, credit analysis phase, credit decision stage and liquefaction stage. (2) Application of crediting procedure at PT. BPR Banyu ArthaCitra Kawunganten Branch in general has been good and in accordance with the Rules set yet, there is still double function on some workers resulting in the inimitance of workers in carrying out their duties and PT. BPR Banyu ArthaCitra Kawunganten Branch does not have a Flowchart as a guideline for crediting stages.

(7)

MOTTO

Dalam situasi paling tidak berdaya sekalipun, Manusia tetap punya satu senjata hebat : Doa, Jangan pernah meremehkan doa.

Karena satu doa yang kecil saja bisa mengubah jalan hidup kita.

Sebuah tantangan akan menjadi beban, Jika itu hanya dipikirkan

Sebuah cita-cita juga adalah beban, Jika itu hanya angan-angan.

(8)

PERSEMBAHAN

Allah SWT, Yang utama dari segalanya

Sembah sujud serta syukur kepada Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat serta hidayahNya sehingga Tugas Akhir ini dapat terselesaikan.Taburan cinta serta kasih sayangMu telah memberikanku kekuatan, membekaliku dengan ilmu. Sholawat serta Salam selalu tercurahkan untuk Rassulluloh Muhammad SAW.

Bapak dan Ibuku tercinta

Kupersembahkan karya sederhana ini sebagai rasa terimakasih yang tak terhingga dan sebagai tanda bakti kepada Bapak dan Ibu yang sudah selalu memberikan dukungan, semangat dan kasih sayang tiada henti.Selama ini masih belum bisa berbuat yang lebih dan membanggakan Bapak dan Ibu. Untuk Bapak dan ibu yang selalu sabar mendidiku dan menasehatiku, Terimakasih atas segalanya..

Adikku Sayang

Walaupun sampai detik ini kita masih sering bertengkar dan aku yang tidak mau mengalah tetapi tak ada yang paling ku rindukan saat kita berpisah. Aku berharap kamu tak menjadi sepertiku, aku berharap kamu bisa menjadi lebih baik dari apa yang telah kudapatkan saat ini..

My Hubby

Terimakasih selama ini telah mengizinkan aku kuliah, walaupun kadang suka marah-marah gara-gara kuliah, rasanya ga nyangka bisa sampai menyelesaikan tugas akhir ini dengan berbagai pertentangan tentang kuliah diantara kita.

Ibu Rina Mudjiyanti

Terimakasih banyak telah menjadi pembimbing saya. Beliau sangat sabar dan tidak pernah marah saat menjadi dosen pembimbing saya .terimakasih atas ilmu yang telah diberikan kepada saya.

(9)

AlmamaterKu

Ilmu yang kudapat sangat berharga bagiku.

Teman-temanku

Terimakasih sekali karena selama tiga tahun ini sudah bersedia menjadi temanku, mendengarkan semua keluh kesahku, sabar banget ngadepin aku yang maunya banyak dan gamau ngalah. Terimakasih untuk Mybest partner Arina, Mareta, Panggih, Taat, Andin, Teteh Rini love you so much girl..

(10)

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan karunianya, sehingga penulis dapat menyusun dan menyelesaikan tugas akhir ini dengan judul “Prosedur Pemberian Kredit pada BPR Banyu ArthaCitra Cabang Kawunganten”. Teriring Sholawat dan salam penulis haturkan kepada RasulNya, Nabi Besar Muhammad SAW, Keluarga, Sahabat dan para pengikutnya yang setia sampai akhir zaman.

Maksud dan tujuan dari penyusunan tugas akhir ini adalah untuk memenuhi dan melengkapi syarat-syarat guna menyelesaikan studi akhir pada program Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Dalam menyelesaikan tugas akhir ini penulis telah banyak mendapatkan bantuan, bimbingan, serta dorongan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, dengan rasa hormat penulis ingin mengucapkan terimakasih kepada :

1. Allah SWT yang senantiasa memberikan rahmat dan hidayatNya.

2. Bapak dan Ibu tercinta serta keluarga yang selalu memberikan motivasi, dorongan serta doa.

3. Bapak Akhmad Darmawan, S.E., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

4. Bapak Iwan Fakhruddin, SE, M.Si, Ak, CA. selaku Ketua Program Diploma III Akuntansi dan Pembimbing akademik Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

5. Ibu Rina Mudjiyanti, S.E., M.Si selaku Dosen Pembimbing Praktek kerja yang telah membantu pelaksanaan Praktek Kerja dan telah memberikan bimbingan dan pengarahan dalam penyusunan tugas akhir ini.

6. Bapak Setiadi Hidayat selaku Kepala Pos Pelayanan PT. BPR BanyuArtha Citra Cabang Kawunganten.

7. Semua staff dan karyawan PT. BPR Banyu ArthaCitra Cabang Kawunganten yang telah memberikan bantuan dan pengarahan dalam pembuatan alaporan Kerja Praktek ini.

(11)

8. Teman-teman Akuntansi DIII angkatan tahun 2014, terimakasih atas kebersamaan selama tiga tahun ini.

9. Teman Kos yang selalu dengan sabar menghibur dan mendengarkan keluh kesahku selama ini.

10. Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan tugas akhir ini.

Penulis menyadari bahwa penulisan tugas akhir ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun akan penulis terima dengan senang hati.

Akhir kata, penulis berharap semoga laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua pihak.

Purwokerto, 04 Agustus 2017

(12)

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PERSETUJUAN ... ii

HALAMAN PENGESAHAN ………...iii

SURAT PERNYATAAN KEASLIAN... iv

ABSTRAK ... v

ABTRACT ... vi

MOTTO... vii

PERSEMBAHAN ………viii

KATA PENGANTAR ... x

DAFTAR ISI ... xii

DAFTAR GAMBAR ... xiv

DAFTAR LAMPIRAN ... xv

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang ... 1

B. Rumusan Masalah ... 3

C. Tujuan dan Manfaat Kerja Praktek ... 3

D. Metode Penelitian ... 4

E. Jadwal Pelaksanaan Kerja Praktek ... 5

BAB II TINJAUAN PUSTAKA A. Pengertian Sistem ... 6 B. Pengertian Prosedur ... 7 C. Pengertian BPR ... 8 D. Pengertian Kredit ... 9 E. Manfaat Kredit ... 9 F. Unsur-unsur Kredit ... 10 G. Prinsip Perkreditan ... 11 H. Klasifikasi Kredit ... 12

I. Prosedur Pemberian Kredit ... 15

(13)

BAB III GAMBARAN PERUSAHAAN

A. Sejarah PT. BPR Banyu ArthaCitra ... 20

B. Visi dan Misi ... 20

C. Tujuan PT. BPR Banyu ArthaCitra ... 21

D. Struktur Organisasi dan Deskripsi Pekerjaan ... 21

BAB IV PEMBAHASAN A. Prosedur Pemberian Kredit ... 25

B. Syarat Permohonan Kredit ... 27

C. Dokumen yang Digunakan dalam Pemberian Kredit ... 29

D. Wewenang Memutuskan Kredit ... 30

BAB V PENUTUP A. Kesimpulan ... 33

B. Saran ... 34

DAFTAR PUSTAKA ... 35

(14)

DAFTAR GAMBAR

Gambar 2.1 FlowChart permohonan kredit umum ... 13

Gambar 3.1 Struktur Organisasi PT. BPR Banyu ArthaCitra ... 24

Gambar 4.1 Prosedur pemberian kredit ... 31

(15)

DAFTAR LAMPIRAN

1. Formulir permohonan kredit umum ... 36

2. Formulir permohonan kredit pegawai ... 37

3. Analisa keuangan kredit umum... 42

4. Tanda terima atau penyerahan jaminan ... 44

5. Surat persetujuan penukaran barang jaminan ... 46

6. Surat persetujuan membuka kredit ... 47

7. Kartu pinjaman ... 48

8. Kwitansi kredit ... 49

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :