PENDAHULUAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DASAR STUDI KASUS KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI GIRIMARGO 1.

Download (0)

Full text

(1)

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Penelitian

Pendidikan merupakan bagian penting dari proses pembangunan nasional dan investasi dalam pengembangan sumber daya manusia. Pendidikan yang baik diharapkan dapat meningkatkan kecakapan dan kemampuan yang diyakini dapat mendukung upaya manusia dalam mengarungi kehidupan yang penuh dengan ketidakpastian. Sekolah sebagai salah satu wahana pendidikan diharapkan dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang cakap dan mampu dalam mengarungi kehidupannya di masa depan. Pengelolaan sekolah yang baik akan dapat menghasilkan sumber daya manusia seperti yang diharapkan.

(2)

sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah diperlukan untuk mengembangkan keunggulan lokal agar dapat bersaing dalam pasar global. Dalam dekonsentrasi pendidikan, kewenangan Pemerintah Pusat dibidang pendidikan hanya sebatas menyusun acuan dan standar yang bersifat nasional. Walaupun pengelolaan pendidikan telah menjadi kewenangan Pemerintah Daerah tetapi pengelolaannya harus mengacu pada suatu standar yang ditetapkan secara nasional.

Dalam kerangka inilah manajemen berbasis sekolah muncul sebagai paradigma baru dalam pengembangan pendidikan yang berorientasi pada kebutuhan sekolah dan kebutuhan daerah masing-masing. Kepemimpinan memiliki peran yang sangat penting dan menentukan dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah. Mengenai pentingya kepemimpinan dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah, Mulyasa (2005: 107) mengemukakan :

”Kepemimpinan merupakan suatu hal yang sangat penting dalam manajemen berbasis sekolah. Kepemimpinan berkaitan dengan masalah kepala sekolah dalam meningkatkan kesempatan untuk mengadakan pertemuan secara efektif dengan para guru dalam situasi yang kondusif”.

(3)

suatu institusi dalam mencapai tujuan yang diharapkan. Kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah harus dapat menerapkan gaya kepemimpinan efektif sesuai dengan situasi dan kebutuhan serta motivasi guru dan pegawai lainnya.

Untuk dapat menerapkan gaya kepemimpinan yang efektif seorang pemimpin harus memiliki karakter/ nilai-nilai dalam kepemimpinan. Nilai dalam kepemimpinan adalah hal-hal yang dipercaya dan diperjuangkan (Neuschel: 2008:137). Kepemimpinan yang tidak dibangun atas karakter/ nilai-nilai akan menghambat pertumbuhan pemimpin dan gagal menumbuhkan rasa percaya dan tenang dalam diri pengikutnya. Nilai-nilai kepemimpinan meliputi : 1) Tanggung jawab, 2) Disiplin, 3) Jujur, 4) Sederhana, 5) Kerja keras, 6) Mandiri, 7) Adil, 8) Berani, dan 9) Peduli. Pelaksanaan nilai-nilai kepemimpinan secara konsisten sangat membantu kepala sekolah untuk mempengaruhi anak buahnya, sebab sebaik-baiknya perintah adalah contoh. Gaya kepemimpinan yang efektif dan dibangun oleh karakter / nilai-nilai kepemimpinan yang baik akan memudahkan dalam mencapai tujuan.

(4)

serta Madrasah Ibtidaiyah Girimargo. Fenomena ini tidak terlepas dari kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola sekolah mencapai tujuan yang telah ditetapkan, sehingga menjadi sekolah yang dipercaya oleh masyarakat. Kepala Sekolah yang mampu menerapkan gaya kepemimpinan yang efektif dan didukung oleh karakter/ nilai-nilai kepemimpinan yang baik sangat membantu sekolah dalam mencapai tujuan.

Melihat latar belakang tersebut di atas, bagaimana gaya kepemimpinan dan karakter/ nilai-nilai kepemimpinan kepala sekolah dalam mengelola sekolah mencapai tujuan, maka peneliti bermaksud untuk mengetahui jawabannya, yang dikaji berdasar pada Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar- Studi Kasus Kepala sekolah Dasar Negeri Girimargo 1, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen.

B. Fokus Penelitian

Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka fokus penelitian yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah kepemimpinan kepala Sekolah Dasar Negeri Girimargo 1 yang dijabarkan menjadi dua sub fokus berikut ini.

1. Bagaimana gaya kepemimpinan kepala Sekolah Dasar Negeri Girimargo 1 ?

2. Bagaimana karakter / nilai-nilai kepemimpinan kepala Sekolah Dasar Negeri Girimargo 1 ?

(5)

Mendiskripsikan kepemimpinan kepala Sekolah Dasar Negeri Girimargo 1. 2. Tujuan Khusus

a. Mendiskripsikan gaya kepemimpinan kepala Sekolah Dasar Negeri Girimargo 1.

b. Mendiskripsikan karakter / nilai – nilai kepemimpinan kepala Sekolah Dasar Negeri Girimargo 1.

D. Manfaat Penelitian 1. Manfaat Teoritis

Memperkaya khasanah keilmuan bagi para pendidik, khususnya Program Manajemen Pendidikan serta menambah wawasan tentang kepemimpinan kepala sekolah.

2. Manfaat Praktis

a. Bagi Kepala sekolah

Sebagai bahan masukan dan evaluasi diri agar kepemimpinan kepala sekolah di masa yang akan datang semakin kompeten.

b. Bagi Guru

Sebagai bahan masukan dan evaluasi diri agar dalam pelaksanaan kegiatan mengajar lebih profesional.

c. Bagi Dinas Pendidikan

(6)

d. Bagi Peneliti selanjutnya

Hasil penelitian ini dapat dikembangkan dengan menyempurnakan faktor-faktor penelitian dari sisi kondisi pribadi.

E. Daftar Istilah

1. Kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi orang lain untuk memahami dan setuju dengan apa yang perlu dilakukan dan bagaimana tugas itu dilakukan secara efektif serta proses untuk memfasilitasi upaya individu dan kolektif untuk mencapai tujuan bersama.

2. Kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah untuk memimpin penyelenggaraan pendidikan dan upaya meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Kepala sekolah yang memegang kepemimpinan pendidikan di masing- masing sekolah memiliki tugas pokok untuk mengelola dan menyelenggarakan pelayanan pendidikan bagi para siswa.

3. Gaya kepemimpinan adalah cara yang dipergunakan pemimpin dalam mempengaruhi para pengikutnya.

Figure

Updating...

References

Scan QR code by 1PDF app
for download now

Install 1PDF app in