PERTANYAAN DAN JAWABAN MATA KULIAH

996 

Teks penuh

(1)

PERTANYAAN DAN JAWABAN MATA KULIAH

PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DI SD MODUL 2

1. Jelaskan mengapa dalam kurun waktu tertentu kurikulum sekolah harus ditinjau kembali/ diperbaharui !

Jawaban :

Dalam kurun waktu tertentu kurikulum sekolah harus selalu ditinjau kembali untuk dikembangkan/diperbaharui dikarenakan sebuah tuntutan zaman yang selalu berkembang dan mengharuskan seseorang yang hidup pada zaman itu mampu menyesuaikannya. Dan pendidikan merupakan sebuah kunci untuk menghadapi tuntutan zaman.

2. Ciri khas Kurikulum 2013 pada jenjang SD/MI adalah menggunakan pendekatan Tematik-Intregatif. Jelaskan apa yang dimaksud dengan pendekatan tersebut !

Jawaban :

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa.

Integratif berarti memandang sesuatu yang dipelajari sebagai suatu keutuhan dan terpadu. Anak usia sekolah dasar belum mampu memilah-milah konsep dari berbagai disiplin ilmu. Hal tersebut menggambarkan cara berpikir dedukatif yaitu dari hal umum ke bagian-bagian yang lebih khusus. Oleh karena itu, keterpaduan konsep tidak dipilah-pilah dalam berbagai disiplin ilmu, tetapi dikait-kaitkan menjadi pengalaman belajar yang bermakna.

3. Jelaskan tentang tujuan kurikulum ! Jawaban :

Ada empat tujuan adanya kurikulum, yaitu :

(2)

2. Tujuan pada pendidikan nasional, yaitu tujuan nasional yang dilandasi falsah negara.

3. Tujuan kurikuler, yaitu tujuan yang berisi program-program pendidikan yang menjadi sarana suatu mata pelajaran

4. Tuuan instruksional, yaitu tujuan tingkat bawah yang harus dicapai setelah proses pembelajaran.

4. Bagaimana alur proses pengembangan kurikulum menurut S. Nasution ? Jawaban :

Alur perkembangan kurikulum Indonesia dimulai dari perumusan tujuan kurikulum, diikuti oleh penentuan atau pemilihan bahan pelajaran, kemudian menentukan proses belajar mengajar dan menentukan atau membuat alat penilaian.

5. Jelaskan mengapa belajar dikatakan sebagai suatu proses perkembangan?

Jawaban :

Belajar merupakan proses perkembangan yang dipengaruhi baik oleh faktor pembawaan maupun faktor lingkungan.Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kedua faktor tersebut bersinergi dalam menentukan perkembangan siswa,baik perkembangan fisik maupun mental.

6. Jelaskan mengapa belajar identik dengan experience? Jawaban. :

Belajar memang sangat identik dengan pengalaman (experience). Proses belajar erat kaitannya dengan proses work, mereaksi,memahami dan juga mengalami. Dengan demikian, pada kegiatan belajar siswa harus lebih aktif, sedangkan guru hanya membantu memberikan layanan secara minimal terhadap kebutuhan siswa.

7. Jelaskan mengapa belajar erat kaitannya dengan proses pemahaman? Jawaban :

(3)

8. Jelaskan mengapa belajar identik dengan peningkatan kualitas kepribadian?

Jawaban :

Belajar secara esensial merupakan proses peningkatan kualitas kepribadian. Siswa dalam hal ini dipandang sebagai makhluk utuh serta diarahkan untuk memperoleh knowledge,attitude, dan ketrampilan secara balance. Siswa dibina untuk menjadi manusia seutuhnya yakni manusia yang memiliki balance lahir batin antara knowledge dengan attitude serta attitude dengan ketrampilan.

9. Jelaskan kaitan antara kebudayaan dan kurikulum? Jawaban :

Kurikulum secara esesnsial merupakan bagian dari proses budaya, bahkan lebih dari itu kurikulum merupakan suatu proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Dan proses budaya tentunya tidak dapat berlangsung dengan sendirinya, melainkan harus dalam kondisi interaksional dengan orsng lain dalam lingkungannya. Pada konteks ini siswa dihadapkan dengan faktor culture manusia, dibina dan dikembangkan sesuai dengan culture added value, serta dipupuk skill kemampuannya agar menjadi manusia seutuhnya.

10. Jelaskan kaitan antara masyarakat dan kurikulum? Jawaban. :

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...