• Tidak ada hasil yang ditemukan

Commissioning 1) Mekanikal 1) Mekanikal

Dalam dokumen LAPORAN AKHIR (PROGRAM DOCUMENT) (Halaman 71-79)

Pusertif SINKRON

1) Perawatan Ruang Kontainer

4.3 PENGUJIAN PLTP BINARY CYCLE 500 KW LAHENDONG

4.3.4 Commissioning 1) Mekanikal 1) Mekanikal

Gambar 59: Pre-Commissioning PLTP Binary Cycle 500 kW

4.3.4 Commissioning 1) Mekanikal

Commissioning mekanikal dimulai dengan melakukan inspeksi visual terhadap seluruh peralatan mekanikal. Dari inspeksi tersebut ditemukan adanya kebocoran pada seluruh gasket di flange primary heat exchanger. Untuk itu telah dilakukan penggantian terhadap 3 gasket, sedangkan sisanya akan diganti setelah gasket yang baru diadakan. Commissioning pengoperasian dilanjutkan dengan setting temperatur dan tekanan yang lebih rendah untuk menghindari terjadinya kebocoran gasket.

63

Gambar 60: Pengujian PLTP Binary Cycle 500 kW 2) Elektrikal

Commissioning elektrikal dimulai dengan melakukan functional test terhadap seluruh peralatan elektrikal. Dari tes tersebut ditemukan beberapa hal sbb:

 Electrical control valve di hot water cycle tidak bekerja akibat batteray yang sudah tidak mengandung strum lagi. Batteray telah diganti baru tetapi segera kosong kembali. Untuk itu batteray diganti dengan UPS.

Gambar 61: Penggantian Battery di Electrical Control Valve

 Feed-in unit atau inverter yang merupakan interface untuk menghantar listrik dari unit ORC ke jaringan listrik PLN tidak berfungsi. Setelah dilakukan diagnosa dan berbagai tes dengan Schneider sebagai pemasok alat tersebut selama 2 minggu, akhirnya feed-in unit dapat berfungsi dengan baik.

64

Gambar 62: Pengetesan Inverter 3) Uji Pengoperasian

Uji pengoperasian telah dilakukan sebanyak 3 kali untuk jangka waktu yang tidak lama, dengan hasil seperti yang ditunjukkan pada grafik di bawah ini.

Gambar 63: Grafik Hasil Pengujian PLTP Binary Cycle 500 kW Grafik diatas menunjukkan bahwa sistem PLTP binary cycle ini dapat beroperasi sampai dengan kapasitas 300 kW.

BAB V

REKOMENDASI

Berikut adalah kesimpulan dan saran/rekomendasi dari Pengkajian Dan Penerapan

Teknologi Panas Bumi:

Pada tahun anggaran 2016 ini, kegiatan yang telah dilakukan dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaitu berdasarkan sub-kegiatan di ketiga lokasi pengujian PLTP yang berbeda:

1. Pengujian kinerja pilot plant PLTP 3 MW di Kamojang, capaian meliputi:  Modifikasi sistem oli pendingin turbin dengan merancang ulang sistem

perpipaannya dan mengganti unit main oil pump untuk mendapatkan tekanan oli yg mampu bekerja dengan baik.

 Telah dilakukan 4 kali turbine rolling (pengujian turbin), dan terjadi vibrasi yang mengakibatkan trip. Untuk itu telah dilakukan pengukuran kondisi vibrasi dengan peralatan vibration analyser, yang dipasang pada bearing di turbine-generator. Selain itu telah dilakukan pula bump test untuk mengetahui frekuensi pribadi turbin, gearbox dan generator. Perbaikan vibrasi telah dilakukan dengan merubah clearance pada bearing, serta menghindari putaran di rpm terjadinya frekuensi pribadi.

 Pemeriksaan kondisi generator dimulai dengan melakukan re-alignment generator, cek kebocoran oli, cek auxiliary wending stator, serta melakukan short circuit dan open circuit test.

 Pada bulan Juli 2016, pilot plant ini telah berhasil diuji untuk menghasilkan listrik dengan menggunakan dummy load sebesar 500 kW.

 Pada saat akan dilakukan uji sinkronisasi ke jaringan 20 kV PT. PLN, terjadi vibrasi pada turbin. Dari hasil investigasi, terdapat banyak kerak silika yang menempel di dalam rotor dan stator turbin, terutama di stage ke-4, 5 dan 6. Untuk itu telah dilakukan pembongkaran turbin untuk pembersihan kerak silika tersebut.

66

 Perjanjian Kerjasama antara BPPT dengan PT. Pertamina Geothermal Energy tentang “Penelitian PLTP Skala Kecil 3 MW di Kamojang” yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016 telah diperpanjang sampai dengan 31 Desember 2017.

2. Pengujian kinerja pilot plant PLTP Binary Cycle 100 kW di Wayang Windu, capaian meliputi:

 Setelah lama tidak dapat dioperasikan karena kondisi PLTP Wayang Windu yang tidak dapat menghasilkan brine, memasuki tahun 2016 ini telah dilakukan inspeksi terhadap seluruh peralatan sebagai tahap persiapan pengujian.

 Dari inspeksi diketahui bahwa seluruh peralatan perlu dilakukan perawatan/maintenance untuk memastikan seluruh sistem dalam kondisi baik dan dapat berfungsi dengan baik. Individual test terhadap peralatan elektrikal dan instrumentasi juga telah diselesaikan.

 Selain itu telah disiapkan pula dokumen HIRA (Hazard Identification and Risk Assessment) terhadap SOP pengoperasian PLTP binary cycle ini, serta fluida kerja n-pentane handling.

 Perjanjian Kerjasama antara BPPT dengan Star Energy Geothermal Ltd. tentang “Pengembangan Teknologi PLTP Binary Cycle 100 kW di Wayang Windu” yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016 telah diperpanjang sampai dengan 31 Desember 2018.

3. Pilot Plant PLTP Binary Cycle 500 kW di Lahendong, capaian meliputi:

 Pada bulan Januari 2016 unit ORC 500 kW, primary heat exchanger dan dry cooler telah tiba di Lahendong, konstruksi dan instalasi dimulai.

 Konstruksi dan instalasi seluruh sistem PLTP binary cycle 500 kW telah diselesaikan di bulan September 2016.

 Selanjutnya dilakukan pre-commissioning, yaitu pekerjaan hot flushing di brine supply cycle dan cold flushing di cooling system cycle. Pada saat dilakukan hot flushing di brine supply cycle terjadi kebocoran di flange primary heat exchanger. Untuk itu penggantian seluruh gasket harus dilakukan.

67

 Uji pengoperasian telah dilakukan sebanyak 3 kali untuk jangka waktu yang tidak lama, dan berhasil membangkitkan listrik sebesar 300 kW.  Pada saat akan dilakukan pengujian jangka panjang, bearing generator

mengalami masalah sehingga pengujian dihentikan. Saat ini sedang dilakukan analisa kerusakan bearing tersebut.

68

BAB VII

REFERENSI

Komunikasi pribadi ke pihak lapangan panas bumi terkait

Laporan internal BPPT; Laporan Akhir 2014: Pengembangan PLTP Skala Kecil. Laporan internal BPPT; Laporan Akhir 2015: Pengembangan PLTP Skala Kecil. Program Manual Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Skala

Kecil, BPPT, Januari 2016.

Technical Doument No. TD02-GL_PB100/PLTP_SK/BPPT/VI/2016 Technical Doument No. TD03-GL_PB200/PLTP_SK/BPPT/XII/2016 Technical Doument No. TD04-GL_PB200/PLTP_SK/BPPT/XII/2016 Technical Doument No. TD01-GL_PB300/PLTP_SK/BPPT/VI/2016 Technical Doument No. TD02-GL_PB300/PLTP_SK/BPPT/IX/2016 Technical Doument No. TD03-GL_PB300/PLTP_SK/BPPT/XII/2016 Technical Doument No. TD01-GL_PB400/PLTP_SK/BPPT/VI/2016 Technical Doument No. TD02-GL_PB500/PLTP_SK/BPPT/IX/2016

69

BAB VII

FORM A & FORM B

a. Form A

Form B

Dalam dokumen LAPORAN AKHIR (PROGRAM DOCUMENT) (Halaman 71-79)

Dokumen terkait