BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

B. Saran

3. Lembar Kerja Siswa (LKS)

Nama :

Tangggal/Hari :

LEMBAR KERJA SISWA I

MAKANAN DAN FUNGSINYA

Nama Anggota Kelompok:

1. 2. 3. 4. 5. 6. A. Tujuan kegiatan :

Siswa mampu mengklasifikasikan dan menjelaskan makanan berdasarkan fungsinya.

B. Alat dan bahan

1. Alat tulis

2. Buku paket biologi dan bacaan lain terkait makanan dan fungsinya

C. Langkah kerja :

1. Bacalah buku bacaan terkait makanan dan fungsinya kemudian bergabunglah dalam kelompok 5 sampai 6 orang (selama 5 menit). 2. Secara pribadi catatlah 2-3 pertanyaan yang menurut anda penting

untuk anda cari tahu jawabannya (catat dalam lembar pertanyaan saya

dalam LKS ini).

3. Secara berkelompok list pertanyaan anda dengan teman kelompok anda (seleksi yang sama di buang dan yang beda dimasukkan dalam lembar pertanyaan kelompok).

4. Secara bersama carilah jawaban yang anda dan kelompok anda ingin ketahui jawabannya, carilah dari sumber buku yang anda baca.

5. Berdasarkan pertanyaan dan jawaban yang telah anda temukan silahkan memilih satu pertanyaan dan jawaban yang anda anggap penting untuk didiskusikan dengan teman-teman di kelas. Masing-masing kelompok diberikan waktu 5 menit untuk mendiskusikan permasalahan pertanyaan dan jawaban di kelas.

D. Lembar Kegiatan

a. Lembar Pertanyaan Pribadi Terhadap Makanan dan Fungsinya No. PERTANYAAN KU TERHADAP MAKANAN DAN

FUNGSINYA* 1.

2. 3.

* Untuk menyusun pertanyaan anda dapat menggunakan awalan seperti; Apa, Mengapa, Dimana, Kapan, Bagaimana

b. Lembar Pertanyaan dan Jawaban Kelompok Terhadap Makanan dan Fungsinya

No. PERTANYAAN DAN JAWABAN KELOMPOK KAMI 1. Jawaban: 2. Jawaban: 3. Jawaban: 4. Jawaban: 5. Jawaban: 6. Jawaban: 7. Jawaban: 8. Jawaban: 9. Jawaban: 10. Jawaban:

11. Jawaban: 12. Jawaban: 13. Jawaban: 14. Jawaban: 15. Jawaban: 16. Jawaban: 17. Jawaban: 18. Jawaban: E. Kesimpulan

Nama : Tanggal/Hari :

LEMBAR KERJA SISWA II

ORGAN PENCERNAAN DAN PENYAKITNYA

Nama Anggota Kelompok:

1.

2.

A. Tujuan kegiatan :

1. Siswa mampu mendeskripsikan proses pencernaan dalam tubuh manusia. 2. Siswa menjelaskan kaitan hubungan antara kerusakan organ pencernaan

dengan penyakit yang diakibatkan.

B. Alat dan bahan

1. Alat tulis

2. Alat peraga tubuh manusia 3. Perpustakaan: buku

C. Langkah kerja :

1. Bacalah buku yang telah anda temukan diperpustakaan selama 5 menit terkait organ pencernaan dan penyakitnya.

2. Buatlah 2-3 pertanyaan berdasarkan informasi yang anda peroleh (5 menit). 3. Bacalah bacaan anda secara teliti kembali selama 10 menit dan tutuplah

buku yang anda baca.

4. Setelah itu isilah pertanyaan anda dalam lembar jawab (10 menit).

5. Setelah selesai kumpulkanlah lembar pertanyaan-jawaban pribadi pada ketua kelompok.

6. Siswa kembali ke kelas dan duduk berkelompok

D. Lembar-lembar Kegiatan

a. Lembar Pertanyaan Pribadi Terhadap Organ Pencernaan dan Penyakitnya No. PERTANYAAN-JAWABANKU* 1. Jawaban: 2. Jawaban: 3. Jawaban:

* Untuk menyusun pertanyaan anda dapat menggunakan awalan seperti; Apa, Mengapa, Dimana, Kapan, Bagaimana

b. Lembar Pertanyaan dan Jawaban Kelompok Terhadap Organ Pencernaan dan Penyakitnya

No. PERTANYAAN DAN JAWABAN KELOMPOK KAMI 1. Jawaban: 2. Jawaban: 3. Jawaban: 4. Jawaban: 5. Jawaban: 6. Jawaban: 7. Jawaban: 8. Jawaban: 9. Jawaban: 10. Jawaban: 11.

Jawaban: 12. Jawaban: 13. Jawaban: 14. Jawaban: 15. Jawaban: 16. Jawaban: 17. Jawaban: 18. Jawaban: E. Kesimpulan

Nama : Tanggal/Hari :

LEMBAR KERJA SISWA III

PENYAKIT SISTEM PENCERNAAN

(PENYELIDIKAN BACAAN KELOMPOK)

Nama Anggota Kelompok:

1.

2.

A. Tujuan kegiatan :

1. Siswa mampu mendeskripsikan proses pencernaan dalam tubuh manusia berdasarkan informasi umum yang diperoleh dari bacaan terkait.

2. Siswa menjelaskan kaitan hubungan antara kerusakan organ pencernaan dengan penyakit yang diakibatkan berdasarkan informasi umum yang diperoleh dari bacaan terkait.

B. Alat dan bahan

1. Buku atau sumber informasi tertulis lain yang sesuai 2. Alat tulis

3. LKS II

C. Langkah kerja :

1. Bersama kelompok anda carilah satu jenis bacaan baik dari koran, buku (bukan buku paket sekolah), internet, dan majalah terkait penyakit pencernaan (satu jenis penyakit saja, kelompok yang satu dengan lainnya tidak boleh sama).

2. Tuliskan/copy/print kembali bacaan tersebut dalam selembar kertas A4 disertai sumber dari bacaan tersebut.

3. Bersama kelompok buatlah satu pertanyaan penting, kesimpulan penting dari bacaan tersebut, refleksi untuk semua anggota kelompok, dan cantumkanlah sumber bacaan tersebut, misal jika anda mengambilnya dari :

- Koran/majalah maka silahkan tulis: tanggal/bulan/tahun/nama koran - internet: sumber internet berupa http:// atau www./

tanggal/bulan/tahun anda mengambil data. - Buku: nama penulis/judul buku

D. Lembar Tugas

Bacaan Dari buku: Krisno/ Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP/MTs Kelas VII

Diabetes ada 2 macam, yaitu diabetes mellitus dan diabetes insipidus. 1. Diabetes mellitus:

- Diabetes Mellitus Tergantung Insulin (DMTI). Disebut juga diabetes melitus tipe I, merupakan gangguan autoimun, dimana sistem kekebalan melancarkan serangan pada sel-sel pankreas. Gangguan ini terjadi mendadak selama masa kanak-kanak dan merusak kemampuan pankreas dalam menghasilkan insulin. Dapat ditolong dengan suntikan insulin.

- Diabetes Mellitus Tak Tergantung Insulin (DMTTI). Diabetes mellitus lebih banyak disebabkan oleh faktor keturunan. Disebut juga diabetes mellitus tipe II merupakan tipe diabetes mellitus yang terjadi bukan disebabkan oleh jumlah insulin di dalam sirkulasi darah, melainkan merupakan kelainan metabolisme yang disebabkan oleh gangguan sekresi hormon insulin. Pada tahap awal kelainan yang muncul adalah berkurangnya sensitifitas terhadap insulin, yang ditandai dengan meningkatnya kadar insulin di dalam darah. Diabetes tipe II dapat terjadi tanpa ada gejala sebelum hasil diagnosis. Diabetes tipe II biasanya diobati dengan cara perubahan aktivitas fisik (olahraga), diet (umumnya pengurangan asupan karbohidrat), dan lewat pengurangan berat badan. Ini dapat memugar kembali kepekaan hormon insulin. 2. Diabetes insipidus

Gangguan pencernaan yang menyebabkan keluarnya urin secara berlebihan. Hal ini dikarenakan ketidakmampuan tubuh dalam mengeluarkan hormon antidiuretik.

-Pertanyaan:

Mengapa penyakit Diabetes mellitus ini dapat diatasi dengan pengobatan sekaligus diet karbohidrat yang ketat?

Jawaban:

Karena, Penyebab Diabetes mellitus antara lain adalah produksi insulin dari pankreas yang kurang sehingga banyak glukosa yang tidak mampu diubah menjadi glikogen. Akibatnya, kadar glukosa darah meningkat. Glukosa berlebih di dalam darah akan mengganggu pola metabolisme tubuh dan memperlambat aliran darah. Nah, karbohidrat merupakan salah satu bagian dari gula yang kompleks jadi jika kita diet karbohidrat ketat maka ini akan membantu tubuh untuk mengontrol glukosa berlebih di dalam darah.

Kesimpulan:

Diabetes ada 2 macam, yaitu diabetes mellitus dan diabetes insipidus. Keduanya terkait disebabkan oleh hal yang berbeda dimana diabetes mellitus disebabkan oleh fungsi insulin (hormon) yang mengatur gula dalam tubuh menurun dan diabetes insipidus disebabkan oleh ketidak mampuan tubuh dalam mengeluarkan hormon ADH. Diabetes dapat terjadi karena keturunan maupun karena kerusakan pankreas, cara mencegah penyakit ini dengan diet karbohidrat.

Refleksi:

Setelah membaca artikel ini saya:

A: Senang, karena bisa mengetahui apa itu penyakit diabetes dari bacaan.

4. Kisi-kisi

Dalam dokumen Meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII B SMP Kanisius Kalasan Sleman Yogyakarta pada materi ``Sistem Pencernaan Manusia`` melalui metode PQ4R. (Halaman 110-119)