bahan organik tanah

Teks penuh

(1)

Bahan Organik merupakan bahan-bahan yang dapat diperbaharui, di daur ulang, dirombak oleh bakteri-bakteri tanah menjadi unsur yang dapat digunakan oleh tanaman tanpa mencemari tanah dan air. Bahan organik tanah merupakan penimbunan dari sisa-sisa tanaman dan binatang yang sebagian telah mengalami pelapukan dan pembentukan kembali.Bahan organik demikian berada dalam pelapukan aktif dan menjadi mangsa serangan jasad mikro. Sebagai akibatnya bahan tersebut berubah terus dan tidak mantap sehingga harus selalu diperbaharui melalui penambahan sisa-sisa tanaman atau binatang (Utami dan Handayani, 2004).

Bahan organik tanah terbentuk dari jasad hidup tanah yang terdiri atas flora dan fauna, perakaran tanaman yang hidup dan yang mati, yang terdekomposisi dan humifikasi maupun senyawa-senyawa organik hasil mineralisasi dan termasuk juga mikrobia heterotrofik organik dan ototrofik yang terlibat dan berada didalamnya (Madjid,2007).

(2)

mudah hancur), berwarna hitam atau cokelat yang memiliki daya menahan air tanah Alfisol,makin ke bawah (Lapisan III) warnanya lebih muda daripada lapisan I, dan II. Faktor iklim yang berpengaruh adalah suhu dan curah hujan. Makin ke daerah

Djuanda,J.S.,M.Assaad dan Warsana. 2004. Kajian laju infiltrasi dan beberapa sifat fisik tanah pada tiga jenis tanaman pagar dalam sistem budidaya lorong. Jurnal Ilmu Tanah dan Lingkungan 4:25-31.

Hardjowigeno. S., 1992. Ilmu Tanah. Jakarta: Penerbit Akademika Pressindo.

(3)

Madjid, Abdul. 2007. Bahan Organik Tanah. Universitas Sriwijaya. Palembang. Pairunan, Anna, K., dkk. 1985. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Makassar:

Perguruan Tinggi Negri Timur.

Saifuddin, S., 1988. Kimia Fisika Pertanian. CV. Buana : Bandung.

Sutanto, Rachman . 2005 . Dasar-Dasar Ilmu Tanah Konsep Kenyataan . Yogyakarta: Kanisius.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...