Radiasi Layar Monitor Komputer Pribadi

Teks penuh

(1)

Radiasi Layar Monitor Komputer Pribadi

Syahrul Humaidi

Jurusan Fisika

Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara

BAB 1 PENDAHULUAN

Perkembangan ilmu komputer yang sangat pesat diiringi dengan meningkatnya pemakain komputer di tengah masyarakat. Kemampuan komputer sebagai pengolah kata dan pengolah data merupakan sarana yang sangat membantu. Secara umum pemakaian komputer bergantung pada jenis pekerjaan dan sipemakai itu sendiri. Lamanya pengoperasian komputer berbeda antara seorang praktikan dengan seorang yang bekerja di kantor ataupun dengan seorang operator komputer.

Komputer sebagai produk teknologi mutakhir tetap membawa dampak bagi kehidupan kita. Monitor sebagai salah satu perlengkapan perangkat komputer dapt menimbulkan radiasi. Walaupun secara umum dampak potisif lebih besar dari dampak negatifnya, tetapi perlu juga diperhatikan.

Dewasa ini berbagai merek monitor telah memasuki pasaran. Beberapa jenis produk tertentu memberi label “low radiation”. Bahkan filter untuk monitor ini telah pula diproduksi. Kesemuanya ini tentu untuk memberi ras aman kepada pengguna komputer. Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat radiasi oleh layar monitor berbagai merek komputer.

Dalam penelitian ini telah dilaksanakan pengetesan berbagai merek monitor pada laboratorium komputer FMIPA USU. Pengetesan radiasi monitor ditekankan pada radiasi sebagai fungsi jarak pemakai monitor.

Dalam tulisan ini juga diuraikan tentang efek-efek monitor terhadap kesehatan, pengaruh “vertical scan rate”, radiasi monitor dan gangguan kesehatan akibat radiasi. Juga proses terjadinya gambar di layar (CRT).

Hasil penelitian ini dapat mengetahui jarak aman bagi pemakai komputer, menentukan jenis monitor yang lebih sedikit menghasilkan radiasi dan manfaat–manfaat lainnya.

BAB – II

TINJAUAN PUSTAKA

II.1. Pengertian Monitor.

Monitor atu dengan istilah lain disebut VDU (Video Display Unit), merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu unit komputer. Bagian monitor inilah yang paling sering kita pandang bila kita memakai komputer.

(2)

oleh suatu “ Adapter Vide / Video board “ dari data yang digital menjadi sinyal yang akan disalurkan melalui kabel penghubung ke monitor.

II.2 Efek Monitor Terhadap Kesehatan.

Selain menampilkan gambar-gambar dan teks, ternyata monitro juga mengeluarkan radiasi dan gelombang-gelombang tertentu yang tidak dapat dideteksi oleh panca indera kita, misalnya saja monitor generasi lama sering mengeluarkan ultrviolet dan sinar x.

Untuk menghilangkan radiasi dan gangguan pada kesehatan dilakukan beberapa cara, misalnya dengan menggunakan “filter” pada monitor atau memilih monitor yang memiliki radiasi yang rendah dan dengan “vertical scan rate” yang tinggi.

II.2. a. Pengaruh Vertical Scan Rate.

Monitor yang memakai sistem CRT (Cathode Ray tube) bekerja dengan cara memancarkan elektron-elektron . Elektron-elektron ini menyapu layar dari kiri ke kanan dengan jalur-jalur dari atas ke bawah dalam pola yang disebut “raster”

CRT atau yang lebih umum disebut Tabung Sinar Katoda merupakan tabung pembungkus yang dibuat dari kaca dan mengandung satu susunan penembak elektron dan mengeluarkan berkas-berkas elektron yang diarahkan pada layar fluoresen. Bila berkas tersebut terkena cahaya, maka layar mengeluarkan sinardengan gelombang yang lebih panjang.

Pancaran-pancaran elektron ini menimbulkan cahaya yang terang. Bergantung intensitas pancaran elektron tadi. Cahaya ini sangat cepat menghilang. Untuk itu pancaran elektron harus tetap menyapu layar secara teratur untuk mempertahankan banyangan yang terjadi. Ini biasa disebut penyegaran ulang atau “refresh’ layar.

Monitro umumnya memiliki laju penyegaran (vertical scan rate) 60 hertz, yang maksudnya layar disegarkan kembali sebanyak 60 kali per detik.

Jika laju penyegaran rendah, maka akan mengakibatkan layar tampak berkedip-kedip. Hal ini akan cepat melelahkan mata kita, maka sebaliknya kita memakai monitor dengan “vertical scan rate” 70 hertz ke atas sudah cukup baik untuk digunakan.

II.2.b. Radiasi Monitor.

Gelombang-gelombang dan radiasi lainnya yang mungkin dihasilkan oleh monitor yakni: sinar x, sinar ultraviolet, gelombang mikro (microwave), radiasi elektromagnetik frekwensi sangat rendah (Very Low Frequency / VLF ), radiasi elektromagnetik frekwensi amat sangat rendah ( Extremely Low Freqierncy / Elf ).

Penyebab timbulnya sinar x adalah hasil dari proses terbenturnya aliran elektron dengan fosfor yang ada pada layar VDU bagian dalam. Radiasi sinar x yang dihasilkan akan diserap oleh kaca dari CRT, sehingga tidak sempat menyebar sampai ke operator. Radiasi elektromagnetik VLF dan ELF dihasilkan oleh defleksi horizontal dan sirkuit tegangan tinggi yang terdapat pada VDU.

II.2.c. Gangguan Kesehatan Akibat Radiasi

(3)

Katarak adalah gangguan penglihatan yang disebabkan adanya kekeruhan pada lensa mata. Katarak biasanya berkaitan dengan proses menua dan radiasi sinar ultraviolet.

Dermatitis pada muka merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terbukti diakibatkan oleh radiasi VDU secara langsung. Tjon dan Rycroft melakukan penelitian pengaruh radiasi VDU pada kulit muka. Hasil penelitian mereka mengatakan bahwa salah satu akibat dari radiasi adalah kemerahan pada kulit muka. Hal ini akan terjadi setelah seorang operator bekerja selama 2-6 jam dan pada tempat yang tingkat kelembabannya rendah. Setelah kemerahan, kemudian terjadi pengelupasan kulit ari dan timbulnya benjolan pada kulit.

Dermatitis ini akan terjadi akibat adanya medan magnet antara monitor dengan operator. Medan elektromagnet menyebabkan partikel-partikel yang melayang diudara menempel pada kulit, sehingga menimbulkan iritasi pada kulit. Karena yang berhadapan langsung pada layar monitor adalah bagian muka, mata. Muka lebih sering mengalami iritasi. Timbunan elektrostatik ini dapat menyebabkan pipi merah sehabis memakai monitor.

Epilepsi dan cacat bawaan pada bayi, sampai saat ini belum ada bukti bahwa VDU dapat menimbulkannya.

II.3.a. Proses Terjadinya Gambar ( Citra ) Di Layar ( CRT )

Permukaan layar bagian dalam sebenarnya dilapisi oleh ribuan titik fosfor yang dapat berpendar (menyala). Berdasarkan lamanya berpendar dan kemudian meredup kembali, maka fosfor ini dikategorikan dalam short, medium-short, medium-long, dan long.

Monitor monokrom biasanya menggunakan fosfor dari jenis medium-long, dimana fosfor tersebut dapat berpendar dalam waktu yang cukup lama sesudah aliran elektron yang dihentikan. Biasanya penggunaan fosfor jenis ini akan menimbulkan suatu gejala yang disebut dengan bayangan setan (ghost). Bayangan setan ini timbul karena fosfor tadi tidak cukup cepat meredup kembali dalam proses penampilan citra (gambar) yang membutuhkan kecepatan yang tinggi (misalnya bila dilakukan scrolling), sehingga seolah-olah akan timbul bayangan disekitar citra tersebut. Monitor-monitor sekarang ini, terutama dari jenis monitor SVGA, menggunakan fosfor dari jenis medium-short yang dapat berpendar dan meredup kembali dalam waktu yang cukup cepat. Penggunaan fosfor ini dapat membantu untuk melakukan perubahan citra dengan cepat dan menghilangkan efek bayangan setan.

Pada bagian belakang monitor terdapat suatu alat yang berguna untuk menghasilkan pancaran elektron yang disebut dengan tabung elektron. Proses aliran elektron itu sendiri sebenarnya berjalan dari kutub negatip ke kutub positip atau dari tabung elektron (katoda/negatip) menuju bagian dalam layar yang dilapisi fosfor (anoda/positip). Tabung elektron itu dikelilingi oleh suatu koil magnetik yang disebut yoke. Yoke ini berguna untuk membiaskan pancaran elektron ke dalam aliran elektron.

Monitor monokrom menggunakan satu tabung elektron dan fosfor dengan warna tunggal, sedangkan monitor berwarna menggunakan tiga tabung elektron dan fosfor yang berwarna ( umumnya tiga warna ). Masing-masing tabung elektron itu akan menyinari fosfor yang terdiri dari warna merah, hijau, dan biru ( RGB ).

(4)

tersebut akan berpendar-pendar ketika dipancari oleh elektron. Dengan cara penembakan mati-hidup secara berganti-ganti dan terpola akan menghasilkan sebuah pola dari sejumlah pixel yang menyala dan gelap sehingga akan menghasilkan warna-warna yang berbeda, disepanjang jalur yang dilalui oleh elektron yang ditembakan.

Sapuan tembakan elektron dimulai dari posisi paling kiri atas disudut monitor dan berjalan terus ke arah paling kanan secara horizontal. Pada akhir baris, proses penyinaran dihentikan, untuk mempersiapkan pancaran pada baris berikutnya. Proses perabaan (scanning) ini akan terus berlanjut, baris demi baris ke bawah. Sesudah semua baris selesai, maka pancaran elektron akan dimulai lagi dari posisi paling kiri atas, dan proses scanning akan terulang lagi.

Setiap monitor memiliki tirai (mask) untuk membantu agar pancaran elektron itu lebih terfokus pada fosfor. Tirai ini terletak diantara tabung elektron dan lapisan fosfor, yang terbuat dari suatu campuran bahan non-magnetik dan terhadap panas. Berdasarkan desainnya, maka tirai ini dibedakan menjadi “dot mask/shadow mask“ (tirai titik ) dan “strip mask“ (tirai garis). Umumnya monitor SVGA menggunakan tirai dari jenis “dit mask“.

II.3.a. Tabung Sinar Katoda.

Dalam tabung sinar katoda elektron bergerak lurus dengan kcepatan tetap sebesar v. Bila beda potensial antara anoda dan katoda adalah V dan muatan listrik elektron adalah e, maka berlaku :

e V = 1/2 m v2………….( 1 )

Elektron kemudian memasuku daerah medan listrik sebesar E dengan rumus E = v/d, dimana v adalah potensial pada plat kapasitor dan d adalah jarak kedua plat tersebut, dengan arah E ke bawah. Akibatnya, sinar katoda akan membelok keatas. Supaya sinar katoda merambat lurus, didaerah medan listrik itu harus dibuat medan magnetik yang arahnya tegak lurus bidang gambar menjauhi kita. Besarnya kuat medan listrik ( E ) dan kuat medan magnetik ( B ) dibuat sedemikian sehingga gaya pada sebuah elektron akibat medan listrik dan akibatnya medan magnet sama besarnya dan arahnya berlawanan atau dapat dikatakan bahwa :

e E = B e v………( 2 )

II.4.a. Frekuensi Scan Vertical ( Refresh Rate )

Refresh rate merupakan satuan berapa banyak sinaran atau pancaran elektron itu kembali memulai dari posisi awalnya, yaitu yang paling kiri atas monitor, tiap detik. Jika terlalu sedikit frekuensinya, maka ketika penembakan berikutnya tiba, bayangan sinar sebelumnya masih belum hilang secara sempurna, peristiwa ini dikenal dengan nama “flicker“, yaitu sebuah efek yang bergetar selama penampilan frame demi frame dilayar.

Salah satu cara untuk mengurangi “flicker” adalah dengan menggunakan suatu jenis fosfor yang memiliki waktu nyala yang singkat. Cara lainnya adalah dengan meningkatkan “refresh rate”.

(5)

Standart Association ) telah membuat suatu standart “refresh rate” untuk berbagai resolusi dengan tujuan untuk menghilangkan “flicker” pada monitor resolusi tinggi dan multi frekuensi.

Tabel 1 : Standart Refresh Rate Monitor Dari Vesa

Resolusi Vertical Scan Rate ( Refresh Rate ) 640 x 480 72 hz

800 x 600 72 hz 1024 x 768 70 hz

Diantara jenis monitor ada yang hanya mampu mendukung suatu frekuensi tertentu, sehingga tidak pas dengan kemampuan adapter videonya. Karena itu untuk masa-masa sekarang sudah banyak pula diciptakan jenis monitor yang dapat menyesuaikan diri terhadap frekuensi dari berbagai merk adapter video. Kemampuan ini disebut dengan multi frekuensi / autoscan / multisync / multi scan frequency.

Refresh rate mempunyai dua macam jenis, yaitu “ interlaced “ dan “non-interlaced”. Pada sistem “interlaced”, proses scanning ( proses peradabab atau perjalanan sinar elektron menelusuri baris demi baris di monitor ) akan dilakukan dalam dua kali lewatan. Sedangkan sistem “non-interlaced” proses scanning tersebut hanya dilakukan dalam satu kali lewatan. Pada umumnya sistem “interlaced” akan menghasilkan cukup banyak flicker daripada yang “non-interlaced”. Sistem “interlaced“ biasanya diterapkan pada monitor yang lebih murah pada resolusi 1024 x 764.

II.4.b. Frekuensi Scan Horizontal ( Horizontal Scan Rate )

(6)

BAB III

TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN

III.1. Tujuan Penelitian.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeteksi radiasi sebagai suatu efek samping pada monitor komputer,dengan menggunakan Electric Field Scanner dan Digicounter serta Tabung Geiger Mullard.

III.2. Manfaat Penelitian.

Manfaat penelitian ini adalah :

a. Dengan mengetahui efek monitor komputer pada kesehatan, kita dapat mengantisipasi gangguan – gangguan kesehatan akibat radiasi monitor tersebut. b. Kita dapat memilih monitor komputer yang lebih baik untuk kesehatan.

c. Dapat mengetahui kuat radiasi efek samping dari layar monitor komputer.

d. Menentukan jarak aman bagi penggunaan komputer dalam mengoperasikan komputer.

e. Mengantisipasi keselamatan kerja bagi operator komputer.

f. Dapat memilih jenis monitor komputer yang lebih sedikit menghasilkan radiasi.

BAB IV

METODE PENELITIAN

IV.1. Monitor yanng Ditest.

Monitor Komputer yang ditest terdiri dari beberapa merek, dengan tipe “ Adapter video/video board” nya adalah SVGA (SVGA = Super Video Graphics Adapter). Dipilihnya Card – Super VGA karena memiliki resolusi yang tertinggi untuk PC yang komersial yang dapat menunjang kerapatan pixel sampai 1280 x1024 dan 256 warna. Selain itu monitor PC pada saat sekarang ini lebih banyak menggunakan card-super VGA dibandingkan dengan “Monitor Card” generasi sebelumnya.

IV.2. Pengukuran

Untuk pengukuran Radiasi Sinar X dilakukan cacahan sebagai fungsi jarak dari layar monitor, cacahan dilakukan dari posisi yang berbeda-beda pada layar komputer, jarak yang dipilih adalah 10 cm, 20 cm, 30 cm, 40 cm dan 50 cm.

(7)

DATA PENGAMATAN

Komputer : TVM

BG : 0000 Scan Rate : 0,02 time/sec Jarak

( cm )

Intensitas Medan Listrik Posisi

1 2 3 4 5 1715

1853 1762 1659 1637

1640 2014 1758 1625 1540

1543 1911 1725 1643 1593

1600 1547 1815 1538 1713

1597 1754 1904 1497 1632

1725.2

104 98 79 90 93

1715.4

97 111 83 92 75

1683

93 95 87 103 79

1642.6

110 89 76 87 90

1676.8

94 103 80 77 85 05

I

10

(8)

DATA PENGAMATAN

Komputer : Bridge

BG : 0000 Scan Rate : 0.02 time/sec

Jarak ( cm )

Intensitas Medan Listrik Posisi

Komputer : Infotek

BG : 0000 Scan Rate : 0.02 time/sec

Intensitas Medan Listrik Posisi

(9)

Tanpa AC / Lampu Merek Monitor : Bridge BG = 47, 45, 39, 37, 40 BG = 41, 6 ± 6, 45

I = c/100s Posisi

1 2 3 4 5

II 12 12 - BG

Jarak ( cm )

10

20

30

40

50

10

20

30

40

50

Tanpa Huruf

68 73 79 77 83 65 74 77 76 80 62 73 75 73 79 68 75 72 74 72 67 73 74 75 77 73 72 72 75 75 67 65 67 57 64 67 64 70 62 60 69 65 72 63 60 55 55 63 60 63 54 57 60 61 62 60 55 60 60 63 52 45 48 50 47 55 45 43 52 53 49 50 50 53 52

Dengan Huruf

65 70 76 77 80 64 71 75 74 78 60 70 76 70 77 67 73 70 73 70 67 70 71 75 75 70 72 70 73 73 65 60 65 58 63 64 63 69 59 61 63 62 70 60 60 50 57 60 59 60 53 55 58 58 59 55 53 56 60 58 53 43 48 47 48 52 45 45 51 50 50 50 50 49 50

76,0 ± 8,72 74,4 ± 8,69 72,4 ± 8,51 72,2 ± 8,49 73,2 ± 8,55 73,4 ± 8,57 64,0 ± 8,00 64,6 ± 8,04 65,8 ± 8,11 59,2 ± 7,69 58,8 ± 7,67 59,6 ± 7,72 48,4 ± 6,96 49,6 ± 7,04 50,8 ± 7,13

73,6 ± 8,58 72,4 ± 8,51 70,6 ± 8,40 70,6 ± 8,40 71,6 ± 8,46 71,6 ± 8,46 62,2 ± 7,89 63,2 ± 7,95 63,0 ± 7,94 57,2 ± 7,56 56,6 ± 7,52 56,4 ± 7,51 47,8 ± 6,91 48,6 ± 6,97 49,8 ± 7,06

74,27 ± 8,62

72,93 ± 8,54

64,80 ± 8,05

59,20 ± 7,69

49,60 ± 7,04

72,20 ± 8,49

71,27 ± 8,44

62,80 ± 7,92

56,73 ± 7,53

48,73 ± 6,98

32,67 ± 5,72

31,33 ± 5,60

23,20 ± 4,82

17,60 ± 4,19

8,00 ± 2,83

30,60 ± 5,36

29,67 ± 5,45

21,20 ± 4,60

15,13 ± 3,89

(10)

Dengan AC / Lampu Merek Monitor : Bridge BG = 48, 47, 46, 37, 39 BG = 43, 4 ± 6, 59

I = c/100s Posisi

1 2 3 4 5

I1 I2 12 - BG

Jarak ( cm )

10

20

30

40

50

10

20

30

40

50

Tanpa Huruf

80 85 85 88 89 85 86 89 90 95 82 84 86 92 92 76 75 78 82 78 69 76 75 76 74 78 72 72 79 75 72 72 72 72 76 67 69 69 70 70 68 69 70 70 70 65 62 63 62 64 60 62 66 68 65 60 60 59 59 61 54 51 53 60 59 55 55 59 58 60 56 57 55 52 55

Dengan Huruf

78 75 75 78 80 80 78 78 77 86 78 77 80 82 84 68 65 70 70 70 69 76 75 72 72 75 70 72 78 75 65 60 65 69 65 64 69 68 65 67 64 68 69 65 60 60 58 60 65 60 62 60 64 58 55 58 59 55 54 56 55 55 59 50 50 54 55 56 57 58 52 51 54 50 50

85,4 ± 9,24 89,0 ± 9,43 87,2 ± 9,34 77,8 ± 8,82 73,6 ± 8,58 75,2 ± 8,67 72,8 ± 8,53 69,0 ± 8,31 69,4 ± 8,33 63,2 ± 7,95 64,2 ± 8,01 59,8 ± 7,73 55,4 ± 7,44 57,4 ± 7,58 55,0 ± 7,42

77,2 ± 8,79 79,8 ± 8,93 80,2 ± 8,95 68,6 ± 8,28 72,8 ± 8,53 74,0 ± 8,60 64,8 ± 8,65 66,6 ± 8,16 65,2 ± 8,07 60,6 ± 7,91 59,8 ± 7,73 56,4 ± 7,09 53,8 ± 7,33 56,0 ± 7,48 50,6 ± 7,11

87,20 ± 9,34

75,53 ± 8,69

70,40 ± 8,39

62,40 ± 7,89

55,93 ± 7,46

79,07 ± 8,89

71,80 ± 8,47

65,53 ± 8,09

59,93 ± 7,63

53,47 ± 7,31

43,80 ± 6,62

32,13 ± 5,67

27,00 ± 5,20

19,00 ± 4,36

12,53 ± 3,54

35,67 ± 5,97

28,40 ± 5,33

22,13 ± 4,70

15,53 ± 3,94

(11)

Dengan AC / Lampu Merek Monitor : Match BG = 40, 37, 35, 40, 34 BG = 37, 2 ± 6, 10

I = c/100s Posisi

1 2 3 4 5

I1 I2 I2 - BG

Jarak ( cm )

10

20

30

40

50

10

20

30

40

50

Tanpa Huruf

65 68 70 65 75 60 63 65 70 63 70 70 72 71 73 66 59 59 70 65 60 60 65 57 58 60 60 65 64 65 55 67 60 59 65 55 68 60 62 60 58 69 58 56 58 65 65 55 59 60 61 55 59 60 59 50 51 54 55 56 65 55 62 60 64 61 55 55 56 55 50 51 50 50 49

Dengan Huruf

65 67 67 60 69 63 68 68 67 62 70 67 67 63 69 64 57 54 65 60 59 59 58 64 59 59 59 55 60 59 54 67 58 54 63 54 67 58 60 60 54 55 55 59 55 65 62 52 58 58 60 63 52 58 58 50 50 52 54 50 63 51 60 59 63 60 51 50 50 49 50 50 49 48 48

68,6 ± 8,28 64,2 ± 8,01 71,2 ± 8,44 63,8 ± 7,98 60,0 ± 7,74 62,8 ± 7,92 61,2 ± 7,85 61,0 ± 7,81 57,8 ± 7,60 60,8 ± 7,79 58,8 ± 7,67 53,2 ± 7,29 61,2 ± 7,82 56,4 ± 7,51 50,0 ± 7,07

65,6 ± 8,09 65,6 ± 8,69 67,2 ± 8,19 60,0 ± 7,74 59,8 ± 7,73 58,4 ± 7,64 59,2 ± 7,09 59,8 ± 7,73 55,6 ± 7,46 59,0 ± 7,69 58,2 ± 7,63 51,2 ± 7,15 59,2 ± 7,69 58,0 ± 7,21 49,0 ± 7,00

68,00 ± 8,25

62,20 ± 7,88

60,91 ± 7,80

67,60 ± 7,59

55,87 ± 7,97

66,13 ± 8,14

59,40 ± 7,71

58,20 ± 7,60

56,13 ± 7,50

53,40 ± 7,31

30,80 ± 5,55

25,00 ± 5,00

23,71 ± 4,87

20,40 ± 3,50

18,67 ± 3,32

28,93 ± 5,38

22,20 ± 4,71

21,00 ± 4,58

18,93 ± 4,35

(12)

Dengan AC / Lampu Merek Monitor : Match BG = 43, 50, 39, 47, 37 BG = 43, 2 ± 6, 57

I = c/100s Posisi

1 2 3 4 5

I1 I2 I2 - BG

Jarak ( cm )

10

20

30

40

50

10

20

30

40

50

Tanpa Huruf

63 67 70 62 65 60 67 65 64 69 62 65 66 63 67 64 58 68 62 60 65 57 63 61 60 63 63 60 57 61 63 65 59 55 63 65 64 60 59 60 65 56 57 61 60 52 61 50 59 54 62 60 60 58 61 62 57 58 60 60 60 50 57 60 60 53 60 55 61 58 53 60 50 59 60

Dengan Huruf

60 65 66 60 65 59 66 65 62 66 60 64 64 62 66 63 55 54 62 58 64 57 55 60 60 62 62 58 54 60 62 63 55 53 60 63 64 57 55 59 64 56 54 60 58 50 60 50 57 55 60 58 57 59 60 60 55 56 60 58 61 50 58 58 60 51 55 52 59 60 52 59 50 57 57

65,4 ± 8,59 65,0 ± 8,06 64,6 ± 8,34 62,4 ± 7,90 61,2 ± 7,82 60,8 ± 7,79 61,0 ± 7,80 61,6 ± 7,85 59,8 ± 7,73 55,2 ± 7,42 60,2 ± 7,76 59,4 ± 7,71 57,4 ± 7,58 57,4 ± 7,58 56,4 ± 7,51

63,2 ± 7,95 63,6 ± 7,97 63,2 ± 7,95 85,4 ± 7,64 59,2 ± 7,69 59,2 ± 7,69 58,6 ± 7,65 59,6 ± 7,72 58,4 ± 7,64 54,4 ± 7,37 58,8 ± 7,67 57,8 ± 7,60 57,4 ± 7,58 58,8 ± 7,67 55,0 ± 7,42

65,00 ± 8,06

61,13 ± 7,82

61,13 ± 7,82

58,27 ± 7,63

57,07 ± 7,55

63,33 ± 7,96

58,67 ± 7,66

59,13 ± 7,70

57,00 ± 7,55

55,73 ± 7,46

21,80 ± 4,67

17,93 ± 4,23

17,93 ± 4,23

15,07 ± 3,88

13,87 ± 3,72

20,13 ± 4,89

15,47 ± 3,93

15,93 ± 3,99

13,80 ± 3,71

(13)
(14)
(15)

HASIL PENGAMATAN

Tanpa AC / Lampu Merek Monitor : infotek BG = 47, 45, 39, 37, 40 BG = 41,6 ± 6,45

Posisi

1 2 3 4 5

11 12 1 - BG

Jarak (cm)

10

20

30

40

50

10

20

30

40

50

Tanpa huruf

78 66 55 56 61 78 65 57 57 60 77 65 60 58 60 62 61 50 69 64 63 60 50 70 65 63 60 52 69 63 62 65 52 67 56 61 64 53 66 57 66 67 55 65 55 46 57 53 69 60 55 62 60 60 58 53 62 67 60 57 54 59 58 58 55 47 55 55 59 59 49 57 53 60 60

Dengan Huruf 75 63 54 53 60 73 65 55 55 59 74 63 57 53 58 59 60 48 65 60 60 60 50 67 61 59 59 48 63 60 60 65 60 66 58 61 63 48 65 60 60 65 50 63 57 53 45 52 55 61 50 49 62 57 55 55 60 60 58 55 52 60 60 58 53 55 53 53 55 60 53 55 50 55 69

63,2 ± 7,95 63,4 ± 7,96 64.0 ± 8,00 60,4 ± 7,77 61,6 ± 7,85 61,4 ± 7,84 60,4 ± 7,77 61,0 ± 7,81 60,8 ± 7,79 57,0 ± 7,55 59,0 ± 7,68 57,8 ± 7,54 56,8 ± 7,54 55,0 ± 7,42 55,8 ± 7,45

61,0 ± 7,81 61,4 ± 7,84 61,0 ± 7,81 58,4 ± 7,64 59,6 ± 7,72 57,8 ± 7,60 59,8 ± 7,73 59,4 ± 7,68 59,0 ± 7,68 55,0 ± 7,42 56,6 ± 7,52 57,6 ± 7,59 56,6 ± 7,52 55,2 ± 7,43 54,4 ± 7,38

63,53 ± 7,97

61,13 ± 7,82

60,73 ± 7,79

57,87 ± 7,61

55,93 ± 7,48

61,13 ± 7,82

59,40 ± 7,71

59,40 ± 7,71

56,93 ± 7,54

54,87 ± 7,41

21,93 ± 4,68

19,53 ± 4,42

19,13 ± 4,37

16,27 ± 4,03

14,33 ± 3,78

19,53 ± 4,42

17,80 ± 4,22

17,80 ± 4,22

15,33 ± 3,91

(16)

Dengan AC / Lampu Merek Monitor : infotek BG = 37, 40 45, 41, 36 BG = 39, 8

Posisi

1 2 3 4 5

11 12 I - BG

Jarak (cm)

10

20

30

40

50

10

20

30

40

50

Tanpa huruf

70 75 70 70 72 70 75 80 80 90 75 76 64 68 68 65 62 64 62 64 70 76 74 75 74 69 68 62 65 65 58 65 55 53 56 68 68 69 60 65 65 65 60 60 60 51 52 53 46 50 58 59 65 60 65 50 55 55 55 52 45 47 44 42 48 55 45 50 55 50 48 49 50 50 47

Dengan huruf 89 90 90 92 95 85 90 90 95 96 78 78 71 75 80 75 78 79 80 80 80 88 85 80 89 75 75 65 70 75 60 68 67 68 68 70 74 76 77 80 68 68 60 65 65 60 59 58 60 59 59 60 65 68 72 62 62 59 59 60 58 55 49 55 56 58 55 56 58 60 50 50 55 55 52

71,4 ± 8,45 79,0 ± 8,89 70,2 ± 8,38 63,4 ± 7,96 73,8 ± 8,59 65,8 ± 8,11 57,4 ± 7,58 66,0 ± 8,12 62,0 ± 7,87 50,4 ± 7,09 61,4 ± 7,84 53,4 ± 7,31 45,2 ± 6,72 51,0 ± 7,14 48,8 ± 6,99

91,2 ± 9,55 91,2 ± 9,55 76,4 ± 8,74 78,4 ± 8,85 84,4 ± 9,17 72,0 ± 8,49 66,2 ± 8,14 75,4 ± 8,68 65,2 ± 8,07 59,2 ± 7,69 64,8 ± 8,05 60,4 ± 7,77 54,6 ± 7,39 57,4 ± 7,58 52,4 ± 7,29

75,53 ± 8,69

67,67 ± 8,23

61,83 ± 7,86

55,07 ± 7,42

48,33 ± 6,95

82,00 ± 9,06

76,73 ± 8,76

68,93 ± 8,30

61,40 ± 7,84

21,80 ± 7,40

35,73 ± 5,98

27,87 ± 5,28

22,00 ± 4,69

15,27 ± 3,91

8,53 ± 2,92

42,20 ± 6,49

36,93 ± 6,08

29,13 ± 5,39

21,67 ± 4,65

15,00 ± 3,87

(17)

KESIMPULAN DAN SARAN

VI.1. Kesimpulan

1. Secara umum cacahan fungsi jarak memenuhi “inverse square low”.

2. Pada jarak ± 50 cm cacahan radiasi telah mendekati nilai cacahan background. Sehingga jarak ini dapat dianggap sebagai jarak aman pengguna komputer.

3. Pada jarak normal (± 30 cm) efek medan listrik dapat diabaikan, karena pengamatan dengan ‘electric field scanner’ memberikan cacahan nol untuk jarak diatas 10 cm.

VI.2. Saran

Walaupun efek radiasi sinar-x yang diperoleh pada penelitian ini kecil, akan tetapi bagi jaringan tubuh tetap berpengaruh. Untuk itu bagi para pengguna komputer disarankan untuk tidak berlama-lama didepan komputer dan jika memungkinkan supaya mata dan layar monitor diusahakan minimal pada jarak 50 cm.

DAFTAR RUJUKAN

Paul M, Julich; John Hilburn: “Microcomputer / Microprocessor Hardware, Software and Aplication”. Prentice hald, India, second printing, 1980.

Ridwan, et al: “ pengantar ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir” Batam, Jakarta, 1978.

R.C.A. Servise, company, Atomic Radiation.

James Antonakes, Alan C. Dixon; “Digital Electronics With Microprocessor Aplication”. Brome Community College , Copyright 1987.

Adam Osborne; Davis Bunnel; Setijo utomo, “Pengantar Komputer Mikro”. Erlangga,1986.

Louis E. Frenzel; “Crash course in Microcomputers”. Howard. W. Ssams & Co. Inc. 1980.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...