• Tidak ada hasil yang ditemukan

PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN ISLAMIYAH TAHUN AJARAN 2016/2017.

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN ISLAMIYAH TAHUN AJARAN 2016/2017."

Copied!
18
0
0

Teks penuh

(1)

PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL

ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HARAPAN ISLAMIYAH

T.A 2016-2017

Skripsi

Oleh

NURBAITI HASIBUAN NIM.1132113010

PENDIDIKAN GURU – PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

(2)
(3)
(4)

i ABSTRAK

NURBAITI HASIBUAN, NIM: 1132113010. Pengaruh Metode Proyek Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Harapan Islamiyah Tahun Ajaran 2016/2017.

Dalam penelitian ini yang menjadi masalah adalah perkembangan sosial emosional anak yang belum berkembang dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode proyek terhadap Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Harapan Islamiyah Medan”. Jenis penelitian only-posstest control grup design yang termasuk jenis penelitian eksprimen. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas kelompok yang memiliki karakteristik yang sama yaitu kelas B1 dan kelas B2. Penentuan sampel kelas dilakukan secara acak (random sampling) dengan jumlah sampel tiap kelas sebanyak 15 anak.Variabel bebas adalah metode proyek sedangkan variabel terikat adalah perkembangan sosial emosional anak. Intrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisis data mengunakan uji-t. Dan observasi dilakukan pengobservasi dengan pedoman observasi yang telah disediakan. Dengan taraf nyata α = 0,05.

(5)

i

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas segala rahmat dan berkat-Nya yang memberi hikmat kepada penulis hingga peneliti dapat menyelesaikan skripsi yang berjdul “Pengaruh Metode Proyek Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun T.A 2016/2017 ”. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat memperoleh gelar sarjana Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Medan.

Peneliti menyadari masih banyak kekurangan dalam menyelesaikan skripsi ini, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk kesempurnaan proposal ini. Kiranya proposal ini bermanfaat bagi pembaca dan dunia pendidikan.

Pada kesempatan ini, peneliti mengucapkan terimakasih yang tiada terhingga kepada sejumlah pihak yang telah membantu dalam proses pendidikan dan penyelesaian skripsi ini, secara khusus penulis mengucapkan terimakasih setelusnya kepada:

1. Bapak Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd Rektor Universitas Negeri Medan beserta jajarannya.

2. Bapak Dr. Nasrun, MS, selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNIMED.

3. Bapak Prof. Dr. Yusnadi MS Wakil Dekan Bidang Akademik.

4. Bapak Drs. Elizon Nainggolan, M.Pd Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Kepegawaian.

5. Bapak Drs. Edidon Hutasuhut, M.Pd. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan. 6. Ibu Kamtini S.Pd, M.Pd selaku Ketua Prodi PG PAUD dan selaku Dosen

(6)

ii

7. Ibu Dra. Damaiwaty Ray, M.Pd, Bapak Drs. Jasper Simanjuntak, M.Pd, dan Bapak Dr. Aman Simaremare, MS, M.Pd, selaku Dosen penguji yang telah memberikan kritik dan saran serta masukan kepada penulis untuk menyelesaikan skripsi ini agar lebih baik.

8. Seluruh Dosen Prodi PG PAUD FIP UNIMED, yang telah membimbing dan membagikan ilmunya. Khususnya Bapak Dr. Aman Simaremare MS selaku dosen Pembimbing Akademik yang telah membimbing penulis selama mengikuti perkuliahan.

9. Seluruh civitas akademika FIP UNIMED, Khusunya Kakak Ika yang telah banyak memberikan bantuan kepada penulis baik informasi maupun motivasi agar penulis tetap semangat dalam menyelesaikan skripsi ini.

10. Ibu Yanti Masni, S.Pd. AUD, M.Psi selaku Kepala Sekolah TK Harapan Islamiyah yang telah memberikan izin untuk melakukan penelitian eksperimen di sekolah tersebut. Bapak/Ibu guru dan pegawai di TK Harapan Islamiyah khususnya Ibu Ade Octavia Carmila S.E, S.Pd. AUD selaku guru kelas B1dan Ibu Basyariah selaku guru kelas B2 dan kepada ibu Imah selaku tata usaha serta seluruh siswa/i yang telah memberikan bantuan dan kerjasamanya selama penulis melakukan penelitian.

(7)

iii

12. Kepada teman sekaligus teman-teman seperjuangan di Prodi PG PAUD angkatan 2013 dan sahabat-sahabat yang selalu setia dalam suka maupun duka, Nellyana, Siti Mahyuni Harahap, Veni Oktaviani, Khairatunnisa, Muthiah Khairani Mardia, Siti Mahyuni Harahap, Sartika Sareany Tambunan, Putri Mardiah, Erliani Harahap, kakak Santi Handayani, dan satu kos Ibu Nurfatmah, semua teman-teman yang telah mendukung saya yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu.

Atas segala bantuan dan bimbingan yang telah penulis terima dari berbagai pihak, penulis mengucapkan banyak terima kasih. Semoga Tuhan Yang Maha Esa membalasnya. Akhir kata semoga skripsi ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat dijadikan sumbangan pemikiran dalam dunia pendidikan.

Medan, April 2017 Penulis

(8)

v

2.1.1 Perkembangan Sosial Emosional Anak ...6

2.1.1.1 Pengertian Perkembangan Sosial ...6

(9)

vi

3.3 Variabel Penelitian dan Defisi Operasional ...16

3.3.1 Defenisi Operasional ...16

3.7 Lokasi dan Waktu Penelitian ...25

3.8 Jadwal Penelitian ...26

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Deskripsi Hasil Penelitian ...27

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 5.1 Kesimpulan ...40

5.2 Saran ...41 DAFTAR PUSTAKA

(10)

vii

DAFTAR TABEL

Tabel 3.1 Rancangan Penelitian ...17

Tabel 3.2 Kisi-Kisi Lembar Observasi ...18

Tabel 3.3 Langkah-Langkah Metode Proyek Pada Kelas Eksperimen...20

Tabel 3.4 Perkembangan Sosial Emosional ...22

Tabel 3.5 Jadwal penelitian ...26

Tabel 4.1 Deskripsi Perbedaan Perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Menggunakan Metode Proyek... 27

Tabel 4.2. Deskripsi Perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Menggunakan Metode Proyek... 29

Tabel 4.3. Deskripsi Perbedaan Perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Kegiatan Menggambar Bebas... 31

Tabel 4.4. Deskripsi Perkembangan Sosial Emosional Anak Dengan Kegiatan Menggambar Bebas... 32

Tabel 4.5 Perbedaan Hasil Data Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol ...34

Tabel 4.6. Ringkasan Uji Normalitas Data dengan Uji Liliefors ...35

Tabel 4.7. Ringkasan Uji Homogenitas ...36

(11)

viii

DAFTAR GAMBAR

Gambar 4.1. Histrogram perkembangan sosial emosional anak

pada kelas eksperimen dengan metode proyek ...30 Gambar 4.2. Histogram perkembangan sosial emosional anak

(12)

1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang

Anak adalah titipan Tuhan yang harus kita jaga dan kita didik agar ia menjadi manusia yang berguna untuk semuanya. Secara umum anak mempunyai hak dan kesempatan untuk berkembang sesuai potensinya terutama dalam bidang pendidikan. Setiap anak dilahirkan bersamaan dengan potensi-potensi yang dimilikinya untuk menemukan potensi yang ada pada anak, sejak anak lahir harus mendapatkan pendidikan.

Menurut Idris (2014:37) Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang cukup penting dan bahkan menjadi landasan kuat untuk mewujudkan generasi yang lebih cerdas, berahlak, bermutu serta trampil. Usia prasekolah atau usia TK merupakan masa peka bagi anak. Pada masa peka ini akan terjadi pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Pendidikan yang diberikan pada anak sejak dini yang ditujukan untuk merangsang setiap pertumbuhan dan perkembangan anak sebagai persiapan dalam memasuki pendidikan ke jenjang yang lebih lanjut. Seperti yang tertulis dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1butir 14 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.

(13)

2

tujuan memberikan konsep-konsep dasar yang memiliki kebermaknaan bagi anak melalui pengalaman nyata yang memungkinkan anak untuk menunjukkan aktivitas dan rasa ingin tahu secara optimal. Salah satu aspek perkembangan yang ada pada anak dan sangat penting dikembangkan yaitu perkembangan sosial emosional.

Pada usia 5-6 tahun idealnya tingkat pencapaian perkembangan sosial emosional anak, yaitu: anak mampu bersosialisasi dengan teman, bekerjasama dan bertanggung jawab.

(14)

3

Dalam hal ini ada banyak metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran di PAUD yaitu metode bermain, pemberian tugas, Tanya jawab, karya wisata, bercerita, eksprimen, proyek dan pemberian tugas.

Namun pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode proyek sebagai upaya dalam mengembangkan perkembangan sosial emosional anak di TK Harapan Islamiyah.

Katz (dalam Suyanto, 2005:40) mengemukakan bahwa metode proyek adalah kegiatan yang dilakukan dengan kelompok kecil 3-4 orang atau kegiatan yang dilakukan secara individu, metode ini melatih anak mampu bersosialisasi dengan teman, bekerjasama dan bertanggung jawab. Oleh sebab itu metode proyek ini cukup baik digunakan dalam mengembangkan perkembangan sosial emosional anak.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian berjudul “Pengaruh Metode Proyek Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Harapan Islamiyah Tahun Ajaran 2016/2017 ”.

1.2 Identifikasi Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka dapat diidentifikasi masalah penelitian sebagai berikut:

1. Perkembangan sosial emosional yang dimiliki anak belum optimal.

2. Kurang bervariasinya metode yang digunakan guru dalam melakukan pembelajaran pada anak usia dini.

3. Guru kurang memvariasikan media dalam pembelajaran.

(15)

4 1.3 Batasan Masalah

Berdasarkan identifikasi masalah diatas, maka batasan masalah yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah “: anak mampu bersosialisasi dengan teman, bekerjasama dan bertanggung jawab di TK Harapan Islamiyah Medan”.

1.4 Rumusan Masalah

Berdasarkan batasan masalah diatas, maka perumusan masalah yang akan dikaji adalah “Apakah terdapat pengaruh dalam penggunaan metode proyek terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun TK Harapan Islamiyah Medan”.

1.5 Tujuan penelitian

Berdasarkan rumusan masalah yang telah dikemukakan diatas, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perkembangan sosial emosional melalui metode proyek pada anak usia 5-6 tahun di TK Harapan Islamiyah Medan.

1.6 Manfaat Penelitian

Adapun manfaat yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1. Manfaat Teoritis

Secara teoritis hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi bidang keilmuan pendidikan anak usia dini yaitu sumbangan ilmiah untuk perkembangan sosial emosional anak.

2. Manfaat Praktis

a. Manfaat bagi guru adalah dapat mengembangkan sosial emosional melalui kegiatan metode proyek pada anak usia 5-6 tahun dengan kegiatan pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan serta menggunakan alat permainan yang bervariasi.

(16)

5

c. Manfaat bagi peneliti Sebagai bahan masukan untuk mengembangkan wawasan berfikir dan pengetahuan tentang kegiatan metode proyek terhadap perkembangan sosial emosional anak.

(17)

DAFTAR PUSTAKA

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gunarti, winda, dkk. (2015). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan

Dasar Anak Usia Dini. Tangggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Idris, Meity H. (2014). Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan. Jakarta: Redaksi Luximia.

Istarani. (2012). Kumpulan 39 metode pembelajaran. Medan: Media Persada.

Masitoh, dkk. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Moeslichation. (2004) Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Nugraha, Ali, dkk. (2004). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta Universitas Terbuka.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 Tahun 2014.

Saputra , Yudha M, dkk. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan

Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Sudjana. (2012). Metode statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Bambang, dkk. (2005). Mencerdaskan Perilaku Anak Usia Dini Panduan

Bagi Orang Tua dalam Membina Perilaku Anak Sejak Dini. Jakarta: Elex

Media Komputindo.

Susanto, Ahmad. (2012). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam

Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

(18)

Suyanto, Slamet. (2005). Pembelajaran untuk anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Yamin, Martinis. (2010). Strategi dan Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Persada Press Group.

Rohyati. (2005). Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun

Melalui Metode Proyek Di Tk Tunas Ibu Kalasa Tahun Ajaran 2004/2005.

Universitas Negeri Yogyakarta (http://eprints.ums.ac.id/26741/10/ NASKAH PUBLIKASI.pdf). Diakses pada tanggal 23 januari 2016 pukul 22.34 WIB.

Astuti, Tri Yuni. (2010). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Melalui Permainan Menyusun Puzzle Berkelompok Di Rhaudhatul Athfal

Masyithoh Kantongan Kelompok B Tahun Ajaran 2009/2010. Universitas

Gambar

Gambar 4.2.  Histogram perkembangan sosial emosional anak

Referensi

Dokumen terkait

Usaha-usaha yang dapat dilakukant antara lain: Pertama, berupaya terus interpretasi ulang dalam mengkaji teks-teks fikih untuk mencari konteknya yang baru sejalan dengan

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa sikap masyarakat terhadap program kegiatan Komunitas Blus

Dalam pengambilan keputusan kesehatan Bpk. D langsung membawaIbua ke puskesmas. Dalam mengenali masalah kesehatan keluarga Bpk. D telah mengetahui bahwa Ibu. J menderita TB

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh luas lahan, benih, dan tenaga kerja terhadap produksi bawang merah lokal Tinombo di Desa Lombok Kecamatan

Produk sudah diciptakan, harga juga sudah ditetapkan, dan tempat (lokasi dan layout) sudah disediakan, artinya produk sudah benar-benar siap untuk dijual. Agar

Nilai rendemen ditentukan dengan cara membandingkan massa hasil akhir biodiesel dengan massa awal minyak jelantah sebelum proses adsorpsi menggunakan adsorben

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kinerja guru besar sangat ditentukan oleh aktor kadep (ketua departemen) dengan bobot nilai prioritas 0,352, dengan

Dengan demikian yang menjadi indikator nilai kejujuran dijunjung tinggi pada poin pertanyaan nomor dua baik itu Dosen maupun Mahasiswa memberikan jawaban yang