Bagaimana Mengenalinya Jika Anda Memiliki Gondok Tiroid

Teks penuh

(1)

Bagaimana Mengenalinya Jika Anda Memiliki Gondok Tiroid

Sebuah gondok tiroid hanyalah sebuah tiroid membesar. Tanda yang paling umum dan mudah dikenali dari gondok adalah benjolan di leher (biasanya jinak). Jika itu cukup besar, Anda dapat melihat benjolan dari samping. Gondok juga mungkin merasa dengan sentuhan lembut, dan Anda mungkin merasa sulit untuk menelan. Tapi beberapa gondok tidak begitu besar dan tidak

menimbulkan gejala.

Akibat Kekurangan Yodium dan Gangguan autoimun

Di seluruh dunia, penyebab paling umum dari gondok tiroid adalah defisiensi yodium, namun di Amerika Serikat, itu cukup langka karena ada yodium dalam air minum kita dan beberapa makanan yang kita makan, seperti garam meja. Tiroiditis Hashimoto dan 'penyakit Graves-2 autoimun gangguan-adalah penyebab jauh lebih umum dari gondok tiroid di AS. Nodul tiroid juga bisa menyebabkan gondok.

Lebih dari Ujian Fisik

Dokter Anda biasanya bisa mengenali sebuah gondok tiroid (jika itu cukup besar) selama

pemeriksaan fisik hanya dengan melihat leher Anda. Tetapi untuk mengkonfirmasi diagnosis, dokter Anda mungkin memesan beberapa tes, termasuk tes darah, scan yodium radioaktif, atau USG tiroid. Apakah Anda Perlu Operasi?

Pengobatan tergantung pada penyebab gondok. Misalnya, jika Anda gondok disebabkan oleh tiroiditis Hashimoto, Anda harus mengambil pil setiap hari penggantian hormon tiroid. Hal ini akan mencegah gondok dari semakin besar tetapi tidak akan benar-benar menyusut. Untuk penyakit Graves ', Anda mungkin perlu obat atau yodium radioaktif-suatu pengobatan yang membantu mengurangi ukuran gondok itu. Jika pengobatan ini tidak cukup, dokter Anda akan memberitahu Anda jika Anda memerlukan pembedahan.

Apa saja tanda dan gejala gondok?

Gejala adalah sesuatu pasien merasa atau laporan, sedangkan tanda adalah sesuatu yang orang lain, termasuk dokter mendeteksi. Misalnya, sakit kepala mungkin merupakan gejala sementara ruam mungkin menjadi tanda.

Beberapa pasien mungkin menderita gondok dan tidak tahu itu karena mereka tidak memiliki gejala. Gejala utama bagi seseorang dengan gondok adalah pembengkakan kelenjar tiroid. Hal ini pada akhirnya dapat menjadi benjolan nyata dalam tenggorokan. Pasien mungkin lebih menyadari hal itu - sebuah terlihat bengkak di pangkal leher - ketika melihat di cermin dan mencukur atau merias wajah. Ada dua jenis gondok:

Diffuse kecil gondok - membengkak tiroid seluruh kelenjar.

(2)

Gejala-gejala berikut ini juga mungkin ada ketika seseorang memiliki gondok: Suara serak (voice)

Batuk lebih sering dari biasanya Sebuah rasa sesak di tenggorokan Kesulitan menelan (kurang umum) Kesulitan bernapas (kurang umum) Apa penyebab dan faktor risiko gondok?

Suatu faktor risiko adalah sesuatu yang meningkatkan kemungkinan mengembangkan kondisi atau penyakit. Misalnya, faktor risiko untuk penyakit jantung adalah merokok - jika Anda merokok secara teratur resiko terkena penyakit jantung meningkat.

GEJALA Apa gondok?

Istilah "gondok" hanya mengacu pada pembesaran abnormal dari kelenjar tiroid. Hal ini penting untuk mengetahui bahwa kehadiran gondok tidak berarti bahwa kelenjar tiroid rusak. Gondok dapat terjadi pada kelenjar yang memproduksi hormon terlalu banyak (hipertiroidisme), terlalu sedikit hormon (hypothyroidism), atau jumlah yang benar hormon (euthyroidism). Gondok menunjukkan ada hadir kondisi yang menyebabkan tiroid untuk tumbuh tidak normal.

PENYEBAB

Apa yang menyebabkan gondok?

Salah satu penyebab paling umum pembentukan gondok di seluruh dunia adalah kekurangan yodium. Sementara ini adalah penyebab yang sangat sering gondok di Amerika Serikat beberapa tahun yang lalu, maka tidak ada lagi yang biasa terlihat. Kegiatan utama dari kelenjar tiroid adalah untuk berkonsentrasi yodium dari darah untuk membuat hormon tiroid. Kelenjar tidak dapat membuat hormon tiroid cukup jika tidak memiliki cukup yodium. Oleh karena itu, dengan defisiensi yodium individu akan menjadi hipotiroid. Akibatnya, kelenjar hipofisis di otak indra tingkat hormon tiroid terlalu rendah dan mengirim sinyal ke tiroid. Sinyal ini disebut tiroid stimulating hormone (TSH). Seperti namanya, hormon ini merangsang tiroid untuk menghasilkan hormon tiroid dan tumbuh dalam ukuran. Ini pertumbuhan abnormal dalam ukuran menghasilkan apa yang disebut sebagai demikian, kekurangan yodium merupakan salah satu penyebab perkembangan gondok "gondok.". Dimanapun kekurangan yodium adalah umum, gondok akan umum. Ini tetap menjadi penyebab umum gondok di bagian lain dunia.

(3)

hormon tiroid indra hipofisis terlalu banyak, berhenti TSH mensekresi. Meskipun demikian kelenjar tiroid terus tumbuh dan membuat hormon tiroid. Oleh karena itu, penyakit Graves 'menghasilkan gondok dan hipertiroidisme.

Gondok multinodular lain adalah penyebab umum dari gondok. Individu dengan gangguan ini memiliki satu atau lebih nodul dalam kelenjar yang menyebabkan pembesaran tiroid. Hal ini sering terdeteksi sebagai kelenjar perasaan nodular pada pemeriksaan fisik. Pasien dapat hadir dengan nodul tunggal yang besar atau dengan nodul yang lebih kecil di kelenjar ketika pertama kali terdeteksi (lihat brosur tiroid bintil). Dengan demikian, dalam tahap awal dari gondok multinodular dengan nodul kecil, ukuran keseluruhan tiroid tidak dapat diperbesar lagi. Berbeda dengan gondok lain yang dibahas, penyebab dari jenis gondok belum dipahami dengan baik.

Selain penyebab umum dari gondok, ada banyak penyebab kurang umum lainnya. Beberapa di antaranya disebabkan oleh cacat genetik, yang lain terkait dengan cedera atau infeksi pada tiroid, dan beberapa akibat tumor (kanker dan tumor jinak).

DIAGNOSA

Bagaimana Anda mendiagnosa gondok a?

Seperti disebutkan sebelumnya, diagnosis gondok biasanya dibuat pada saat pemeriksaan fisik ketika pembesaran tiroid ditemukan. Namun, kehadiran gondok menunjukkan ada kelainan dari kelenjar tiroid. Oleh karena itu, penting untuk menentukan penyebab gondok. Sebagai langkah pertama, Anda mungkin akan memiliki tes fungsi tiroid untuk menentukan apakah tiroid Anda kurang aktif atau terlalu aktif (lihat Tiroid Fungsi brosur Tes). Setiap tes berikutnya dilakukan akan tergantung pada hasil tes fungsi tiroid.

Jika tiroid difus diperbesar dan Anda hipertiroid, dokter Anda mungkin akan melanjutkan dengan tes untuk membantu mendiagnosa 'Penyakit (lihat Graves' Disease Graves brosur). Jika Anda hipotiroid, Anda mungkin memiliki Tiroiditis Hashimoto (lihat brosur Hypothyroidism) dan Anda mungkin mendapatkan tes darah tambahan untuk mengkonfirmasi diagnosis ini. Tes-tes lain yang digunakan untuk membantu mendiagnosa penyebab gondok mungkin termasuk scan yodium radioaktif, USG tiroid, atau jarum halus biopsi aspirasi (lihat brosur tiroid bintil).

PENGOBATAN

Bagaimana gondok diobati?

Perawatan akan tergantung pada penyebab gondok. Jika gondok disebabkan oleh kekurangan yodium dalam makanan (tidak umum di Amerika Serikat), Anda akan diberikan suplementasi yodium diberikan dalam persiapan untuk mengambil melalui mulut. Hal ini akan mengakibatkan penurunan ukuran gondok, tapi sering gondok tidak akan sepenuhnya menyelesaikan.

Banyak gondok, seperti gondok multinodular, terkait dengan kadar normal hormon tiroid

dalam darah. Ini gondok biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus setelah diagnosis

yang tepat dibuat. Jika tidak ada pengobatan khusus yang disarankan, Anda mungkin akan

memperingatkan bahwa Anda beresiko untuk menjadi hipotiroid atau hipertiroid di masa

depan. Namun, jika ada masalah yang berkaitan dengan ukuran tiroid per se, seperti gondok

mendapatkan begitu besar sehingga menyempitkan saluran napas, dokter mungkin

menyarankan bahwa gondok ditangani dengan operasi pengangkatan.

(4)

didiagnosis dengan gondok.

INFORMASI LEBIH LANJUT

Rincian lebih lanjut tentang ini dan lainnya tiroid yang berhubungan dengan topik yang

tersedia di bagian informasi pasien di situs Asosiasi American Thyroid di www.thyroid.org.

Jika gondok disebabkan Tiroiditis Hashimoto, dan Anda hipotiroid, Anda akan diberikan suplemen hormon tiroid sebagai pil setiap hari. Perawatan ini akan mengembalikan kadar hormon tiroid Anda normal, tetapi biasanya tidak membuat gondok pergi benar-benar pergi. Sementara gondok bisa mendapatkan lebih kecil, kadang-kadang ada terlalu banyak jaringan parut di kelenjar untuk memungkinkan untuk mendapatkan jauh lebih kecil. Namun, terapi hormon tiroid biasanya akan mencegah dari mendapatkan apapun lebih besar. Meskipun tepat dalam beberapa individu, operasi biasanya tidak pengobatan rutin dari tiroiditis.

Jika gondok karena hipertiroidisme, perawatan akan tergantung pada penyebab hipertiroidisme (lihat Hipertiroidisme dan brosur penyakit Graves '). Untuk beberapa penyebab hipertiroidisme, perawatan dapat menyebabkan hilangnya gondok. Misalnya, pengobatan penyakit Graves 'dengan yodium radioaktif biasanya menyebabkan penurunan atau hilangnya gondok.

Banyak gondok, seperti gondok multinodular, terkait dengan kadar normal hormon tiroid

dalam darah. Ini gondok biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus setelah diagnosis

yang tepat dibuat. Jika tidak ada pengobatan khusus yang disarankan, Anda mungkin akan

memperingatkan bahwa Anda beresiko untuk menjadi hipotiroid atau hipertiroid di masa

depan. Namun, jika ada masalah yang berkaitan dengan ukuran tiroid per se, seperti gondok

mendapatkan begitu besar sehingga menyempitkan saluran napas, dokter mungkin

menyarankan bahwa gondok ditangani dengan operasi pengangkatan.

Apapun penyebabnya, sangat penting untuk memiliki rutin (tahunan) monitoring ketika

didiagnosis dengan gondok.

INFORMASI LEBIH LANJUT

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :