This is the Internet version of the User guide. Print only for private use.

Teks penuh

(1)

Terima kasih telah membeli ponsel Sony Ericsson

W902 Walkman™. Dapatkan ponsel musik dan gambar

digital secara optimal.

Untuk konten ponsel tambahan, kunjungi

www.sonyericsson.com/fun.

Daftar sekarang untuk mendapatkan seperangkat alat,

penyimpanan online gratis, penawaran khusus, berita,

dan kompetisi di www.sonyericsson.com/myphone.

Untuk dukungan produk, kunjungi

(2)

Aksesori - Berbagai pilihan untuk

ponsel Anda

Portable Speakers MPS-100

Speaker canggih, serbaguna, dan kompak

Wireless Portable Speaker MBS-200

Nikmati musik secara nirkabel dengan suara

mengagumkan

Stereo Bluetooth™ Headset HBH-DS205

Nikmati musik secara nirkabel tanpa melewatkan

panggilan

Aksesori ini dapat dibeli secara terpisah, namun mungkin tidak tersedia di setiap wilayah pemasaran. Untuk melihat pilihan lengkap, kunjungi www.sonyericsson.com/accessories.

(3)

Daftar Isi

Persiapan ... 6

Pemasangan ... 6

Menghidupkan ponsel ... 7

Bantuan ... 8

Mengisi daya baterai ... 8

Ponsel ... 9 Menu ponsel ... 11 Navigasi ... 13 Memori ... 14 Bahasa telepon ... 16 Memasukkan teks ... 16

Walkman™ ... 17

Handsfree portabel stereo ... 17

Pemutar Walkman™ ... 18

PlayNow™ ... 22

TrackID™ ... 22

Musik dan klip video online ... 23

Pemutar video ... 23

Radio ... 24

MusicDJ™ ... 25

Merekam suara ... 25

Mentransfer dan menangani

konten ... 26

Menangani konten dalam ponsel ... 26

Mengirimkan konten ke ponsel lain ... 27

Mentransfer konten dari dan ke komputer ... 27

Menggunakan kabel USB ... 28

Nama ponsel ... 29

Menggunakan teknologi nirkabel Bluetooth™ ... 29

Melakukan pencadangan dan pengembalian ... 31

Panggilan... 33

Membuat dan menerima panggilan ... 33 Kontak ... 35 Daftar panggilan ... 38 Panggil cepat ... 38 Pesan suara ... 39 Kontrol suara ... 39 Beberapa panggilan ... 41 Pembatasan panggilan ... 43

Waktu dan biaya panggilan ... 44

Menampilkan atau menyembunyikan nomor telepon ... 44

Pesan ... 45

Pesan teks ... 45

(4)

2 Daftar Isi Opsi pesan ... 46 Pola pesan ... 47 Pesan suara ... 47 Email ... 48 Kawanku ... 49

Informasi area dan sel ... 51

Gambar digital... 51

Jendela bidik dan tombol kamera .... 51

Menggunakan kamera ... 52

Fitur kamera lainnya ... 52

Melihat dan menandai gambar ... 53

Blogging ... 55

Mencetak foto ... 56

Internet ... 56

Bookmark ... 56

Halaman histori ... 57

Fitur browser lainnya ... 57

Sertifikat dan keamanan Internet ... 58

Web feeds ... 58

Melakukan sinkronisasi ... 60

Melakukan sinkronisasi menggunakan komputer ... 60

Melakukan sinkronisasi menggunakan layanan Internet .... 61

Fitur lainnya ... 63

Modus terbang ... 63 Layanan Update ... 64 Layanan Lokasi ... 64 Alarm ... 65 Kalender ... 66 Catatan ... 67 Tugas ... 68 Profil ... 68

Waktu dan tanggal ... 68

Tema ... 69

Tata letak menu utama ... 69

Nada dering ... 69 Orientasi layar ... 70 Permainan ... 70 Aplikasi ... 70 Kunci ... 71

Mengatasi masalah ... 73

Pertanyaan umum ... 73 Pesan kesalahan ... 76

Informasi penting ... 77

Indeks ... 89

(5)

Sony Ericsson W902

UMTS HSDPA 2100 GSM EDGE 850/900/1800/ 1900

Buku panduan ini diterbitkan oleh Sony Ericsson Mobile Communications AB atau perusahaan afiliasi setempat, tanpa disertai jaminan apapun. Sony Ericsson Mobile Communications AB dapat setiap saat melakukan penyempurnaan dan perubahan terhadap Buku panduan ini tanpa pemberitahuan sebelumnya bila terdapat kesalahan cetak, informasi yang tidak akurat, atau atau perbaikan terhadap program dan/atau peralatan. Namun, perubahan tersebut akan dimasukkan dalam edisi baru Buku panduan ini. Semua hak dilindungi undang-undang. ©Sony Ericsson Mobile Communications AB, 2008 Nomor penerbitan: 1214-8591.2

Catatan:

Sejumlah layanan dalam Buku panduan ini tidak didukung oleh semua jaringan. Pernyataan ini juga berlaku untuk Nomor Darurat Internasional GSM 112.

Jika Anda tidak yakin terhadap penggunaan layanan tertentu, hubungi operator jaringan atau penyedia layanan Anda.

Baca bab Informasi penting sebelum menggunakan ponsel.

Ponsel Anda dapat mendownload, menyimpan, dan meneruskan konten tambahan seperti nada dering. Penggunaan konten tersebut mungkin dibatasi atau dilarang oleh hak cipta pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada larangan berdasarkan undang-undang hak cipta yang berlaku. Anda bertanggung jawab penuh atas konten tambahan yang didownload ke ponsel atau diteruskan dari ponsel ini; Sony Ericsson tidak bertanggung jawab atas hal tersebut. Sebelum menggunakan konten tambahan apapun, pastikan penggunaan yang dikehendaki telah sah secara hukum atau mendapatkan kewenangan.

Sony Ericsson tidak menjamin keakuratan, keandalan, atau kualitas konten tambahan apapun atau konten lain milik pihak ketiga manapun. Dalam keadaan apapun, Sony Ericsson tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan konten tambahan atau konten lain milik pihak ketiga yang Anda lakukan. Smart-Fit Rendering adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari ACCESS Co., Ltd. Bluetooth adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Bluetooth SIG Inc. dan Sony Ericsson memiliki lisensi untuk menggunakannya.

Logo Liquid Identity, SensMe, PlayNow, MusicDJ, PhotoDJ, TrackID, dan VideoDJ adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Sony Ericsson Mobile Communications AB. TrackID™ didukung oleh Gracenote Mobile MusicID™. Gracenote dan Gracenote Mobile MusicID adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Gracenote, Inc.

WALKMAN adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Sony Corporation. Lotus Notes adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari International Business Machines Corporation.

Sony, Memory Stick Micro™, dan M2™ adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Sony Corporation.

Google™ dan Google Maps™ adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Google, Inc.

SyncML adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Open Mobile Alliance LTD. Ericsson adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Telefonaktiebolaget LM Ericsson. Adobe Photoshop Album Starter Edition adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Adobe Systems Incorporated di Amerika Serikat dan/atau negara lain.

(6)

4

Microsoft, ActiveSync, Windows, Outlook, dan Vista adalah merek dagang terdaftar atau merek dagang dari Microsoft Corporation di Amerika Serikat dan/atau negara lain.

T9™ Text Input adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Tegic Communications. T9™ Text Input dilisensikan dalam salah satu atau beberapa paten sebagai berikut: Paten A.S. No. 5,818,437, 5,953,541, 5,187,480, 5,945,928, dan 6,011,554; Paten Kanada No. 1,331,057, Paten Inggris No. 2238414B; Paten Standar Hong Kong No. HK0940329; Paten Republik Singapura No. 51383; Paten Eropa No. 0 842 463(96927260.8) DE/DK, FI, FR, IT, NL, PT, ES, SE, GB; dan paten lain yang masih dalam proses di seluruh dunia. Produk ini dilindungi hak atas kekayaan intelektual tertentu dari Microsoft. Penggunaan maupun distribusi teknologi tersebut di luar produk ini tidak diperkenankan tanpa lisensi dari Microsoft. Pemilik konten menggunakan teknologi WMDRM (Windows Media digital rights management) untuk melindungi kekayaan intelektual, termasuk hak cipta. Perangkat ini menggunakan perangkat lunak WMDRM untuk mengakses konten yang diproteksi WMDRM. Jika perangkat lunak WMDRM tidak dapat memproteksi konten, pemilik konten dapat meminta Microsoft untuk membatalkan kemampuan perangkat lunak dalam menggunakan WMDRM agar dapat memainkan maupun menyalin konten yang diproteksi. Pembatalan tidak akan mempengaruhi konten yang tidak diproteksi. Bila mendownload lisensi untuk konten yang diproteksi, berarti Anda setuju bahwa Microsoft dapat menyertakan daftar pembatalan dengan lisensi tersebut. Pemilik konten mungkin mengharuskan Anda untuk mengupgrade WMDRM agar dapat mengakses konten mereka. Jika menolak upgrade, Anda tidak akan dapat mengakses konten yang mengharuskan upgrade tersebut.

Java serta semua merek dagang dan logo yang berbasis Java adalah merek dagang atau merek dagang terdaftar dari Sun Microsystems, Inc. di Amerika Serikat dan berbagai negara lain. Perjanjian lisensi pengguna akhir untuk Sun™ Java™ J2ME™.

Produk ini dilisensikan dalam lisensi portofolio paten AVC dan visual MPEG-4 untuk penggunaan pribadi dan nonkomersial konsumen agar dapat (i) mengenkodekan video sesuai standar visual MPEG-4 (“video MPEG-4”) atau standar AVC (“video AVC”) dan/atau (ii) mendekodekan video MPEG-4 atau AVC yang dienkodekan oleh konsumen yang terlibat dalam aktivitas pribadi dan nonkomersial dan/atau diperoleh dari penyedia video yang dilisensi oleh MPEG LA dalam menyediakan video MPEG-4 dan/atau AVC. Tidak ada lisensi yang akan diberikan atau disebutkan untuk penggunaan lainnya. Informasi tambahan, termasuk yang terkait dengan penggunaan promosi, internal, dan komersial serta lisensi dapat diperoleh dari MPEG LA, L.L.C. Kunjungi http://www.mpegla.com. Teknologi pendekodean audio MPEG Layer-3 didasarkan pada lisensi dari Fraunhofer IIS dan Thomson.

Batasan: Perangkat lunak adalah informasi rahasia berhak cipta dari Sun dan semua salinannya dimiliki oleh Sun dan/atau pemberi lisensinya. Pelanggan tidak diizinkan mengubah, menguraikan, membongkar, membuka penyandian, mengekstrak, atau merekayasa balik Perangkat lunak. Perangkat lunak tidak dapat disewakan, dilimpahkan, atau disublisensikan, baik secara keseluruhan maupun sebagian.

Peraturan Ekspor: Produk ini, termasuk perangkat lunak atau data teknis yang terdapat di dalam maupun yang diberikan bersama produk ini, mungkin diatur dalam undang-undang kontrol ekspor A.S., termasuk U.S. Export Administration Act (Undang-Undang Administrasi Ekspor A.S.) dan peraturan terkait serta program sanksi A.S. yang dijalankan oleh Kontrol Aset Luar Negeri

(7)

Departemen Keuangan A.S. dan mungkin juga diatur oleh peraturan ekspor atau impor di negara lainnya. Pengguna dan pemilik produk ini setuju untuk benar-benar mematuhi semua peraturan tersebut serta memahami tanggung jawab untuk mendapatkan lisensi yang diperlukan dalam mengekspor, mengekspor ulang, atau mengimpor produk ini. Tanpa batasan, produk ini, termasuk perangkat lunak apapun yang terdapat di dalamnya, tidak dapat didownload atau diekspor maupun diekspor ulang (i) ke negara atau penduduk maupun entitas di Kuba, Irak, Iran, Korea Utara, Sudan, Suriah (daftar tersebut dapat direvisi dari waktu ke waktu), maupun negara yang dikenakan embargo produk oleh A.S.; atau (ii) kepada seseorang maupun entitas manapun yang tercantum dalam daftar Negara yang Ditetapkan Secara Khusus oleh Departemen Keuangan A.S. atau (iii) kepada seseorang maupun entitas yang tercantum dalam daftar larangan ekspor lainnya yang dapat setiap saat diubah oleh Pemerintah Amerika Serikat dari waktu ke waktu, termasuk namun tidak terbatas pada Daftar Orang atau Daftar Entitas yang Ditolak menurut Departemen Perdagangan A.S. atau Daftar Sanksi Nonproliferasi Departemen Dalam Negeri A.S. Hak Terbatas: Penggunaan, penggandaan, atau pengungkapan oleh pemerintah Amerika Serikat diatur oleh batasan yang disebutkan dalam Rights in Technical Data and Computer Software (pasal tentang Hak terhadap Data Teknis dan Perangkat Lunak Komputer) yang berlaku, yaitu DFARS 252.227-7013(c) (1) (ii) dan FAR 52.227-19(c) (2). Produk lain dan nama perusahaan yang disebutkan dalam panduan ini mungkin adalah nama dagang dari masing-masing pemilik.

Hak apapun yang tidak dinyatakan secara tersurat dalam buku panduan ini dilindungi undang-undang. Semua gambar hanya ditujukan sebagai ilustrasi dan mungkin tidak secara akurat menggambarkan ponsel yang sebenarnya.

Simbol petunjuk

Berikut adalah simbol yang terdapat dalam Buku panduan:

Catatan Tips Peringatan

Layanan atau fungsi tergantung pada jaringan atau langganan. Untuk informasi lebih rinci, hubungi operator jaringan Anda. > Gunakan tombol pilihan atau

navigasi untuk menggulir dan menentukan pilihan. Lihat Navigasi pada halaman 13.

(8)

6 Persiapan

Persiapan

Pemasangan

Sebelum mulai menggunakan ponsel, Anda harus memasukkan kartu SIM dan baterai.

Untuk memasukkan kartu SIM

1Lepaskan penutup baterai. 2Dorong kartu SIM ke dalam

dudukannya dengan bidang kontak berwarna emas menghadap ke bawah.

Untuk memasukkan baterai

1 Masukkan baterai dengan sisi berlabel menghadap ke atas dan bidang konektornya saling berhadapan. 2 Dorong penutup baterai agar

terpasang dengan benar.

(9)

Menghidupkan ponsel

Untuk menghidupkan ponsel

1 Tekan terus .

2 Masukkan PIN kartu SIM jika diminta, lalu pilih OK.

3 Pilih bahasa.

4 Pilih Lanjut untuk menggunakan pemandu setup sewaktu setting pesan gambar dan Internet didownload.

Kartu SIM

Kartu SIM (Subscriber Identity Module) yang diperoleh dari operator jaringan, berisi informasi tentang langganan Anda. Selalu matikan

ponsel dan lepaskan pengisi daya sebelum memasukkan atau mengeluarkan kartu SIM.

PIN

Untuk mengaktifkan layanan dan fungsi pada ponsel, Anda mungkin memerlukan PIN (Personal

Identification Number). PIN diberikan oleh operator jaringan. Setiap digit PIN akan muncul sebagai *, kecuali jika diawali dengan digit nomor darurat, misalnya 112 atau 911. Anda dapat melihat dan menghubungi nomor darurat tanpa memasukkan PIN.

Layar siaga

Setelah menghidupkan ponsel dan memasukkan PIN, nama operator jaringan akan muncul di layar. Tampilan ini disebut layar siaga. Kini ponsel siap digunakan. Untuk memperbaiki kesalahan saat

memasukkan PIN, tekan .

Sebelum mematikan ponsel, Anda harus kembali ke layar siaga.

Anda dapat menyimpan kontak pada kartu SIM sebelum mengeluarkan kartu dari ponsel. Lihat Untuk menyalin nama dan nomor ke kartu SIM pada halaman 37.

Jika Anda salah memasukkan PIN hingga tiga kali berturut-turut, maka kartu SIM akan diblokir. Lihat Kunci kartu SIM pada halaman 71.

(10)

8 Persiapan

Bantuan

Selain dalam Buku panduan ini, Panduan persiapan dan informasi rinci juga tersedia di

www.sonyericsson.com/support. Bantuan dan informasi juga tersedia di ponsel.

Untuk melihat tips dan trik

1Dari layar siaga, pilih Menu > Setting > tab Umum > Pemandu setup.

2Pilih Saran dan kiat.

Untuk melihat informasi tentang fungsi

• Gulir ke salah satu fungsi, lalu pilih

Info, jika tersedia. Pada beberapa kasus, Info akan ditampilkan dalam

Opsi.

Untuk melihat demo ponsel

• Dari layar siaga, pilih Menu > Hiburan >

Demo tour.

Untuk melihat status ponsel • Dari layar siaga, tekan tombol volume

atas. Informasi tentang ponsel, memori, dan baterai akan ditampilkan.

Mengisi daya baterai

Daya baterai ponsel telah terisi sebagian saat Anda membelinya.

Untuk mengisi daya baterai

1 Pasang pengisi daya ke ponsel. Pengisian daya baterai hingga penuh memerlukan waktu sekitar 2,5 jam. Tekan salah satu tombol untuk melihat layar.

2 Lepaskan pengisi daya dengan memiringkan konektornya ke atas.

Anda dapat menggunakan ponsel sewaktu daya baterai diisi. Daya baterai dapat setiap saat diisi selama kurang lebih 2,5 jam. Anda dapat menghentikan pengisian daya tanpa merusak baterai.

(11)

Ponsel

1 Speaker telinga 2 Layar

3 Tombol pilihan 4 Tombol panggil 5 Tombol menu aktivitas 6 Tombol pengunci tombol 7 Tombol navigasi 8 Tombol Walkman

9 Kamera panggilan video 10 Tombol volume 11 Tombol musik 12 Tombol putus, Tombol hidup/mati 13 Tombol C (Hapus) 14 Tombol kamera 15 Tombol senyap

(12)

10 Persiapan 16 Lampu kilat foto 17 Lensa kamera

18 Soket untuk pengisi daya, handsfree, dan kabel USB 19 Lubang tali

(13)

Menu ponsel

PlayNow™* Internet* Hiburan

Layanan online* TrackID™ Layanan lokasi Permainan VideoDJ™ PhotoDJ™ MusicDJ™ Kontrol jarak jauh Rekam suara Demo tour

Kamera Pesan Media

Tulis baru Kotak masuk Email Draf Kotak keluar Pesan terkirim Item tersimpan Kawanku* Cek pesan suara Pola pesan Kelola pesan Setting Foto Musik Video Permainan TV Web feeds Setting

Radio Kontak WALKMAN

Saya sendiri Kontak baru

(14)

12 Persiapan

Panggilan** Organizer

Semua Terjawab Panggilan keluar Tak terjawab

Pengatur file** Alarm Aplikasi Panggilan video Kalender Tugas Catatan Sinkronisasi Timer Stopwatch Lampu Kalkulator Memo kode Setting** Umum Profil Waktu & tanggal Bahasa Layanan update Kontrol suara Event baru Jalan pintas Modus terbang Keamanan Pemandu setup Pengaksesan* Status telepon Master reset

Suara & isyarat Volume dering Nada dering Modus Senyap Dering meningkat Isyarat getar Isyarat pesan Bunyi tombol Layar Wallpaper Tata letak menu Tema Layar pembuka Screen saver Ukuran jam Kecerahan Edit nama jalur*

Panggilan Panggil cepat P'carian cerdas Alihkan panggilan Pindah ke jalur2* Mengelola panggilan Waktu & biaya* Rahasiakan nomor? Bebas genggam Konektivitas Bluetooth USB Nama telepon Sharing jaringan Sinkronisasi Pengelolaan alat Jaringan mobile Komunikasi dat* Setting Internet Setting streaming Setting pesan* Setting SIP Aksesori

* Beberapa menu tergantung pada operator, jaringan, dan langganan.

** Anda dapat menggunakan tombol navigasi untuk menggulir di antara tab dalam submenu. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Navigasi pada halaman 13.

(15)

Navigasi

Untuk menavigasi menu ponsel

1 Dari layar siaga, pilih Menu. 2 Gunakan tombol navigasi untuk

menelusuri menu.

Untuk memilih tindakan pada layar • Tekan tombol pilihan kiri, tengah,

atau kanan.

Untuk melihat opsi item

• Pilih Opsi, misalnya untuk mengedit. Untuk mengakhiri fungsi

• Tekan .

Untuk kembali ke layar siaga • Tekan .

Untuk menavigasi media

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Media. 2 Gulir ke salah satu item menu,

kemudian tekan tombol navigasi kanan.

3 Untuk kembali, tekan tombol navigasi kiri.

Untuk menghapus item

• Tekan untuk menghapus item seperti nomor, huruf, gambar, dan suara.

Tab

Tab mungkin tersedia. Misalnya,

Setting memiliki tab.

Untuk menggulir di antara tab • Tekan tombol navigasi kiri atau kanan.

Jalan pintas

Anda dapat menggunakan jalan pintas papan tombol untuk membuka fungsi secara langsung.

Untuk menggunakan jalan pintas tombol navigasi

• Dari layar siaga, tekan , , , atau untuk membuka fungsi secara langsung.

(16)

14 Persiapan

Untuk mengedit jalan pintas tombol navigasi

1Dari layar siaga, pilih Menu > Setting > tab Umum > Jalan pintas.

2Gulir ke opsi, lalu pilih Edit. 3Gulir ke opsi menu, lalu pilih Pintas.

Jalan pintas menu utama

Penomoran menu dimulai dari ikon di kiri atas, kemudian ke arah kanan, lalu turun ke bawah baris demi baris. Untuk membuka menu utama secara langsung

• Dari layar siaga, pilih Menu, kemudian tekan – , , , atau .

Menu aktivitas

Menu aktivitas memberikan akses cepat ke:

• Event baru – panggilan tak terjawab dan pesan baru.

• Aplikasi aktif – aplikasi yang aktif di latar belakang.

• Jalan pintas saya – menambahkan fungsi favorit agar dapat diakses dengan cepat.

• Internet – mengakses cepat ke Internet.

Untuk membuka menu aktivitas • Tekan .

Memori

Anda dapat menyimpan konten di kartu memori, memori telepon, dan kartu SIM. Gambar dan musik akan tersimpan di kartu memori jika kartu memori dimasukkan. Jika tidak, atau jika kartu memori penuh, gambar dan musik tersebut akan tersimpan di memori telepon. Pesan dan kontak akan tersimpan dalam memori telepon, namun Anda dapat menyimpannya di kartu SIM. Kartu memori

Ponsel Anda mendukung kartu memori Memory Stick Micro™ (M2™) yang dapat digunakan untuk menambah ruang penyimpanan di ponsel. Kartu ini juga merupakan kartu memori portabel yang dapat

digunakan dengan perangkat lain yang kompatibel.

Anda dapat memindahkan konten antara kartu memori dan memori telepon. Lihat Menangani konten dalam ponsel pada halaman 26.

Tata letak menu harus diatur ke Grid. Lihat Untuk mengubah tata letak menu utama pada halaman 69.

Anda mungkin harus membeli kartu memori secara terpisah.

(17)

Untuk memasukkan kartu memori

• Buka penutupnya, kemudian masukkan kartu memori dengan bidang kontak yang berwarna emas menghadap ke bawah.

Untuk mengeluarkan kartu memori

• Buka penutup, kemudian keluarkan kartu memori.

(18)

16 Persiapan

Untuk melihat opsi kartu memori 1Dari layar siaga, pilih Menu > Organizer

> Pengatur file > tab Di kartu memori. 2Pilih Opsi.

Bahasa telepon

Anda dapat memilih bahasa yang akan digunakan ponsel.

Untuk mengubah bahasa telepon 1Dari layar siaga, pilih Menu > Setting >

tab Umum > Bahasa > Bahasa telepon. 2Pilih opsi.

Memasukkan teks

Untuk memasukkan teks, gunakan input teks tradisional atau T9™ Text Input . Cara T9 Text Input menggunakan kamus ponsel. Untuk mengubah cara memasukkan teks

• Saat memasukkan teks, tekan terus .

Untuk beralih antara huruf besar dan huruf kecil

• Saat memasukkan teks, tekan .

Untuk memasukkan angka • Saat memasukkan teks, tekan terus

– .

Untuk memasukkan tanda titik dan koma

• Saat memasukkan teks, tekan .

Untuk memasukkan simbol 1 Saat memasukkan teks, pilih Opsi >

Tambah simbol.

2 Gulir ke simbol, lalu pilih Sisipkan. Untuk memasukkan teks menggunakan T9™ Text Input 1 Dari layar siaga, misalnya pilih Menu >

Pesan > Tulis baru > Pesan teks. 2 Jika tidak ditampilkan, tekan terus

untuk beralih ke T9 Text Input. 3 Tekan setiap tombol hanya sekali,

meskipun huruf yang diinginkan bukan huruf pertama pada tombol tersebut. Misalnya, untuk menulis “Jane”, tekan

, , , . Tulis seluruh kata sebelum melihat saran.

4 Gunakan atau untuk melihat saran.

5 Tekan untuk menerima saran. Untuk memasukkan teks

menggunakan input teks tradisional 1 Dari layar siaga, misalnya pilih Menu >

Pesan > Tulis baru > Pesan teks. 2 Jika ditampilkan di layar, tekan

terus untuk beralih ke input teks tradisional.

(19)

3 Tekan – berulang kali hingga huruf yang diinginkan muncul di layar.

4 Setelah menulis satu kata, tekan untuk menambahkan spasi.

Untuk menambahkan kata ke dalam kamus ponsel

1 Bila memasukkan teks menggunakan T9 Text Input, pilih Opsi > Eja kata. 2 Tulis kata menggunakan input

tradisional, lalu pilih Sisipkan.

Walkman™

Anda dapat mendengarkan musik, buku audio, dan podcast. Gunakan Sony Ericsson Media Manager untuk mentransfer konten ke dan dari ponsel. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Mentransfer konten dari dan ke komputer pada halaman 27.

Handsfree portabel stereo

Untuk menggunakan handsfree • Sambungkan handsfree portabel.

Musik akan terhenti bila Anda menerima panggilan dan dilanjutkan bila panggilan berakhir.

(20)

18 Walkman™

Pemutar Walkman™

Anda dapat menggunakan tombol musik untuk mengontrol pemutar Walkman™.

Untuk memainkan musik

1Dari layar siaga, pilih Menu > Media >

Musik.

2Telusuri menurut kategori menggunakan tombol navigasi. 3Gulir ke trek, lalu pilih Mainkan.

Untuk berhenti memainkan musik • Tekan .

Untuk terus memainkan dalam modus tampilan yang diperkecil • Tekan .

Untuk memutar maju dan mundur cepat

• Tekan terus atau . Untuk beralih di antara trek • Tekan atau .

Untuk memperkecil tampilan pemutar

• Bila musik dimainkan, tekan . Untuk kembali ke pemutar • Tekan .

Untuk memainkan musik saat pengunci tombol diaktifkan

• Bila pengunci tombol diaktifkan, tekan dan tahan .

akan mengaktifkan aplikasi musik yang terakhir digunakan, pemutar Walkman™ atau radio.

Tombol musik dapat diakses bilamana bebas genggam atau aksesori audio dipasang, meskipun pengunci tombol diaktifkan.

(21)

Kontrol goyang

Untuk beralih ke trek lain

• Bila musik dimainkan, tekan terus , kemudian gerakkan ponsel ke kanan dengan pergelangan tangan untuk beralih ke trek berikutnya. Untuk beralih ke trek sebelumnya, gunakan tindakan yang sama ke kiri.

Untuk mengacak trek

• Bila musik dimainkan, tekan terus , kemudian goyangkan ponsel.

(22)

20 Walkman™

Untuk mengubah volume suara

1Bila musik dimainkan, pegang ponsel di depan Anda dan menghadap ke atas.

2Tekan terus , kemudian tekuk lengan ke arah Anda untuk memperbesar volume suara. Untuk memperkecil volume suara, ulangi tindakan yang sama dengan arah berlawanan.

Stereo dan bas yang jernih Stereo dan bas yang jernih akan diaktifkan bila Anda mengatur equalizer secara manual.

Untuk mengaktifkan stereo dan bas yang jernih menggunakan standar equalizer

1 Bila musik dimainkan, pilih Opsi >

Setting > Equalizer.

2 Pilih salah satu standar, kecuali

Normal. Daftar main

Anda dapat membuat daftar main untuk mengatur musik. Trek dapat ditambahkan ke lebih dari satu daftar main.

Menghapus daftar main atau trek dari daftar main tidak akan menghapus trek dari memori, hanya rujukan ke trek tersebut.

Untuk membuat daftar main 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Media >

Musik > Daftar main.

2 Gulir ke Daftar main baru, lalu pilih

Tambah.

3 Masukkan nama, lalu pilih OK. Pembuatan daftar main oleh ponsel dapat berlangsung beberapa menit.

(23)

4 Untuk setiap trek yang akan ditambahkan, gulir ke trek tersebut, lalu pilih Tandai.

5 Pilih Tambah untuk menambahkan trek ke daftar main.

Untuk menambahkan trek ke daftar main

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Media >

Musik > Daftar main. 2 Pilih daftar main.

3 Gulir ke Tambah musik, lalu pilih

Tambah.

4 Untuk setiap trek yang akan ditambahkan, gulir ke trek tersebut, lalu pilih Tandai.

5 Pilih Tambah untuk menambahkan trek ke daftar main.

Untuk menghapus trek dari daftar main

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Media >

Musik > Daftar main. 2 Pilih daftar main.

3 Gulir ke trek, kemudian tekan .

SensMe™

Anda dapat membuat daftar main sesuai suasana hati dengan SensMe™. Dengan menggunakan Sony Ericsson Media Manager untuk menganalisis dan mentransfer musik ke ponsel Anda, informasi seperti suasana hati, tempo, serta nada akan ditambahkan ke trek. Trek akan ditampilkan sebagai titik pada peta dengan dua sumbu. Anda dapat membuat daftar main dengan memilih area trek.

Anda dapat menambah folder ke daftar main. Semua trek dalam folder akan ditambahkan ke daftar main.

Untuk informasi tentang cara

menganalisis musik, lihat bagian Online Help di Sony Ericsson Media Manager.

(24)

22 Walkman™

Untuk membuat daftar main sesuai suasana hati

1Dari layar siaga, pilih Menu > Media >

Musik.

2Gulir ke SensMe™, lalu pilih Buka. 3Tekan , , , atau untuk

melihat preview trek lain.

4Pilih Tambah, kemudian tekan atau untuk memilih bidang trek. 5Pilih Buat untuk memainkan daftar

main di pemutar Walkman™. 6Pilih Opsi > Simpan daft. main,

kemudian masukkan nama, lalu pilih

OK. Buku audio

Anda dapat mendengarkan buku audio yang telah ditransfer dari komputer ke ponsel dengan Sony Ericsson Media Manager.

Untuk mengakses buku audio • Dari layar siaga, pilih Menu > Media >

Musik > Buku audio.

PlayNow™

Anda dapat terhubung ke PlayNow™ untuk mendownload nada dering, permainan, musik, tema, dan wallpaper. Anda dapat melihat preview atau mendengarkan konten sebelum membeli dan

mendownloadnya ke ponsel. Jika tidak dapat menggunakan PlayNow™, lihat Mengatasi masalah pada halaman 73.

Untuk menggunakan PlayNow™ 1 Dari layar siaga, pilih Menu >

PlayNow™.

2 Gulir ke situs Web PlayNow™, kemudian ikuti petunjuk untuk melihat preview dan membeli konten.

TrackID™

TrackID™ adalah layanan pengenalan musik. Anda dapat mencari judul, nama artis, dan album dari trek yang didengar melalui loudspeaker atau radio.

Buku audio yang ditransfer memerlukan waktu beberapa menit untuk ditampilkan dalam daftar buku audio yang tersedia.

Anda dapat mencari buku audio dalam format selain M4B maupun yang tidak memiliki tag bab ID3v2 dalam folder Trek.

Layanan ini tidak tersedia di semua negara.

(25)

Jika tidak dapat menggunakan TrackID™, lihat Mengatasi masalah pada halaman 73.

Untuk mencari informasi trek • Bila mendengar trek melalui

loudspeaker, dari layar siaga, pilih

Menu > Hiburan > TrackID™ > Mulai. • Bila radio sedang dimainkan, pilih Opsi

> TrackID™.

Musik dan klip video online

Anda dapat melihat klip video dan mendengarkan musik dengan streaming dari Internet ke ponsel. Jika tidak dapat menggunakan Internet, lihat Mengatasi masalah pada halaman 73.

Untuk memilih account data streaming

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Setting > tab Konektivitas > Setting streaming >

Sambung dengan:.

2 Pilih account data yang akan digunakan.

3 Pilih Simpan.

Untuk streaming musik dan klip video 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Internet. 2 PilihOpsi > Pergi ke > Bookmark. 3 Pilih link untuk streaming.

Pemutar video

Untuk memainkan video

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Media >

Video > Video.

2 Gulir ke judul, kemudian tekan .

Untuk berhenti memainkan video • Tekan .

Untuk memutar maju dan mundur cepat

• Tekan terus atau .

Untuk beralih antara video • Tekan atau . Untuk informasi biaya, hubungi penyedia

layanan.

Untuk hasil terbaik, gunakan TrackID™ di lingkungan yang tenang.

(26)

24 Walkman™

Radio

Anda dapat menggunakan tombol musik untuk mengontrol radio.

Untuk mendengarkan radio 1Sambungkan handsfree ke ponsel. 2Dari layar siaga, pilih Menu > Radio.

Untuk mencari saluran secara otomatis

• Pilih Cari.

Untuk mencari saluran secara manual

• Tekan atau . Untuk mengubah volume suara • Tekan tombol volume atas atau

bawah.

Untuk memperkecil tampilan radio • Bila radio dimainkan, pilih Opsi >

Minimalkan.

Untuk kembali ke radio

• Dari layar siaga, pilih Menu > Radio. Untuk menonaktifkan radio • Tekan .

Untuk terus memainkan radio dalam tampilan yang diperkecil

• Tekan .

Menyimpan saluran

Anda dapat menyimpan hingga 20 saluran.

Untuk menyimpan saluran 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Radio. 2 Bila telah menemukan saluran radio,

pilih Opsi > Simpan.

3 Gulir ke posisi, lalu pilih Sisipkan. Untuk memilih saluran yang disimpan 1 Pilih Opsi > Saluran.

2 Pilih saluran radio. Jangan gunakan ponsel sebagai radio di

tempat yang melarang penggunaannya.

Handsfree harus terpasang ke ponsel agar radio dapat diaktifkan. akan mengaktifkan aplikasi musik yang terakhir digunakan, radio, atau pemutar Walkman™.

(27)

Untuk beralih di antara saluran tersimpan

• Tekan terus atau .

MusicDJ™

Anda dapat membuat atau mengedit melodi untuk digunakan sebagai nada dering. Tersedia suara yang telah diatur sebelumnya dengan berbagai karakteristik.

Untuk membuat melodi

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Hiburan >

MusicDJ™.

2 Pilih untuk melakukan Sisip, Salin, atau

Taruh suara.

3 Gunakan , , , atau untuk menggulir di antara suara.

4 Pilih Opsi > Simpan melodi.

Merekam suara

Anda dapat merekam memo suara atau panggilan. Rekaman suara juga dapat digunakan sebagai nada dering.

Untuk merekam suara

• Dari layar siaga, pilih Menu > Hiburan >

Rekam suara > Rekam. Untuk merekam panggilan

1 Selama panggilan berlangsung, pilih

Opsi > Rekam.

2 Pilih Simpan untuk menyimpan rekaman.

Untuk mendengarkan rekaman 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Organizer

> Pengatur file.

2 Gulir ke Musik, lalu pilih Buka. 3 Gulir ke rekaman, lalu pilih Mnkn.

Di beberapa negara atau negara bagian, undang-undang mewajibkan Anda memberitahukan lawan bicara sebelum merekam panggilan.

(28)

26 Mentransfer dan menangani konten

Mentransfer dan

menangani konten

Anda dapat mentransfer dan menangani konten seperti gambar dan musik.

Menangani konten dalam

ponsel

Anda dapat menggunakan Pengatur file untuk menangani konten yang tersimpan dalam memori telepon atau kartu memori. Tab dan ikon dalam

Pengatur file menunjukkan lokasi konten tersimpan. Jika memori penuh, hapus beberapa konten untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Untuk melihat status memori 1Dari layar siaga, pilih Menu > Organizer

> Pengatur file.

2Pilih Opsi > Status memori. 3Pilih Kartu memori atau Telepon.

Untuk memilih beberapa item dalam folder

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Organizer

>Pengatur file.

2 Gulir ke salah satu folder, lalu pilih

Buka.

3 Pilih Opsi > Tandai > Tandai beberapa. 4 Untuk setiap item yang akan ditandai,

gulir ke item tersebut, lalu pilih Tandai. Untuk memindahkan item di antara memori telepon dan kartu memori 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Organizer

>Pengatur file.

2 Cari item, lalu pilih Opsi > Mengelola file > Pindah.

3 Pilih Kartu memori atau Telepon. 4 Gulir ke folder, lalu pilih Buka. 5 Pilih Taruh.

Untuk melihat informasi tentang konten

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Organizer

> Pengatur file.

2 Cari item, lalu pilih Opsi > Informasi. Anda tidak boleh bertukar beberapa

materi yang dilindungi hak cipta. akan menunjukkan file yang dilindungi.

(29)

Mengirimkan konten ke

ponsel lain

Anda dapat mengirimkan konten, misalnya dalam pesan atau menggunakan teknologi nirkabel Bluetooth™.

Untuk mengirimkan konten 1 Gulir ke item, lalu pilih Opsi > Kirim. 2 Pilih salah satu metode transfer.

Mentransfer konten dari dan

ke komputer

Anda dapat menggunakan

Sony Ericsson Media Manager untuk mentransfer konten antara ponsel dan komputer.

Bila Anda memindahkan atau menyalin konten dari komputer ke ponsel, konten yang tidak diketahui akan disimpan dalam folder Lain di pengatur file.

Sistem operasi yang diperlukan Untuk menggunakan perangkat lunak yang terdapat dalam CD, Anda memerlukan salah satu dari sistem operasi berikut:

• Microsoft® Windows Vista™ versi 32 bit dan 64 bit dari: Ultimate, Enterprise, Business, Home Premium, atau Home Basic • Microsoft® Windows XP (Pro atau

Home), Service Pack 2, atau versi yang lebih baru

Untuk menginstal Sony Ericsson Media Manager

1 Hidupkan komputer, kemudian masukkan CD. CD akan dijalankan secara otomatis dan jendela penginstalan akan terbuka. 2 Pilih bahasa, lalu klik OK. 3 Klik Install Sony Ericsson Media

Manager, kemudian ikuti petunjuk. Pastikan perangkat penerima

mendukung metode transfer yang dipilih.

Perangkat lunak Sony Ericsson Media Manager tercakup dalam CD yang diberikan bersama ponsel dan dapat didownload di www.sonyericsson.com/support.

(30)

28 Mentransfer dan menangani konten Untuk mentransfer konten

menggunakan Sony Ericsson Media Manager

1Sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB yang didukung oleh ponsel.

2Komputer: Start/Programs/ Sony Ericsson/Media Manager. 3Ponsel: Pilih Media transfer. 4Komputer: Tunggu hingga ponsel

ditampilkan di Sony Ericsson Media Manager.

5Pindahkan file antara ponsel dan komputer di Sony Ericsson Media Manager.

6Untuk melepaskan kabel USB dengan aman, klik kanan ikon disk yang dapat dilepas di Windows Explorer, lalu pilih Eject.

Menggunakan kabel USB

Anda dapat menyambungkan ponsel ke komputer dengan kabel USB untuk menyinkronisasi, mentransfer, dan membuat cadangan konten ponsel, serta menggunakan ponsel sebagai modem. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.sonyericsson.com/support untuk membaca panduan Persiapan.

Persiapan penggunaan kabel USB • Lihat Sistem operasi yang

diperlukan pada halaman 27. Jangan lepaskan kabel USB dari ponsel

atau komputer selama transfer berlangsung karena dapat merusak memori telepon.

Untuk informasi rinci tentang cara mentransfer musik, lihat Media Manager Help. Klik di sudut kanan atas jendela Sony Ericsson Media Manager. Anda juga dapat mengunjungi www.sonyericsson.com/support untuk membaca panduan Persiapan.

Gunakan hanya kabel USB yang didukung ponsel. Jangan lepaskan kabel USB dari ponsel atau komputer selama transfer berlangsung karena dapat merusak memori telepon.

(31)

Untuk melepaskan kabel USB dengan aman

1 Klik kanan ikon disk yang dapat dilepas dalam Windows Explorer. 2 Pilih Eject.

3 Lepaskan kabel USB bila terdapat pesan yang menyebutkan bahwa hal tersebut aman untuk dilakukan di ponsel.

Menarik dan melepas konten Anda dapat menarik dan melepas konten antara ponsel dan komputer di Microsoft Windows Explorer.

Untuk menarik dan melepas konten 1 Sambungkan ponsel ke komputer

menggunakan kabel USB.

2 Ponsel: Pilih Media transfer. Tunggu hingga ikon perangkat eksternal ditampilkan di My Computer, kemudian klik dua kali untuk membukanya. Memori telepon dan kartu memori dikenali sebagai disk eksternal dalam Windows Explorer.

3 Komputer: Tunggu hingga memori telepon dikenali sebagai disk eksternal di Windows Explorer.

4 Tarik dan lepas file yang dipilih antara ponsel dan komputer.

Nama ponsel

Anda dapat memasukkan nama ponsel yang akan ditampilkan pada perangkat lain bila menggunakan, misalnya teknologi nirkabel Bluetooth™.

Untuk memasukkan nama ponsel 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Setting >

tab Konektivitas > Nama telepon. 2 Masukkan nama ponsel, lalu pilih OK.

Menggunakan teknologi

nirkabel Bluetooth™

Fungsi Bluetooth memungkinkan sambungan nirkabel ke perangkat Bluetooth lain. Misalnya, Anda dapat: • Menyambungkan perangkat

handsfree.

• Menyambungkan beberapa perangkat secara bersamaan. • Menyambungkan komputer dan

mengakses Internet. Jangan segera menyalin file jika drive

ponsel diformat di PC. Jika demikian, lepaskan kabel USB, lalu hidupkan ulang ponsel terlebih dulu.

(32)

30 Mentransfer dan menangani konten • Bertukar item.

• Menjalankan permainan dengan beberapa pemain.

Persiapan penggunaan teknologi nirkabel Bluetooth

Anda harus mengaktifkan fungsi Bluetooth untuk berkomunikasi dengan perangkat lain. Anda juga harus memasangkan ponsel dengan perangkat Bluetooth lain.

Untuk mengaktifkan fungsi Bluetooth • Dari layar siaga, pilih Menu > Setting > tab Konektivitas > Bluetooth > Aktifkan.

Untuk membuat pasangan ponsel dengan perangkat

1Dari layar siaga, pilih Menu > Setting > tab Konektivitas > Bluetooth > Daftar alat saya.

2Gulir ke Alat baru, lalu pilih Tambah

untuk mencari perangkat yang tersedia.

3 Pilih perangkat.

4 Masukkan passcode, jika diminta.

Untuk memungkinkan sambungan ke ponsel

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Setting > tab Konektivitas > Bluetooth > Daftar alat saya.

2 Pilih perangkat dari daftar. 3 Pilih Opsi >Izinkan smbungan. 4 Pilih Selalu tanya atau Selalu izinkan.

Untuk membuat pasangan ponsel dengan handsfree Bluetooth untuk pertama kalinya

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Setting > tab Konektivitas > Bluetooth > Bebas genggam.

2 Pilih perangkat.

3 Masukkan passcode, jika diminta.

Hemat daya

Anda dapat menghemat daya baterai menggunakan fungsi Hemat daya. Dalam modus Hemat daya, Anda hanya dapat terhubung dengan satu perangkat Bluetooth. Jika ingin terhubung dengan beberapa perangkat Bluetooth secara bersamaan, Anda harus menonaktifkan fungsi ini. Untuk komunikasi Bluetooth, sebaiknya

kedua perangkat berada dalam jarak 10 meter (33 kaki), tanpa dihalangi benda padat.

Pastikan perangkat yang akan dibuat pasangannya dengan ponsel Anda telah mengaktifkan fungsi dan visibilitas Bluetooth.

Cara ini hanya dapat dilakukan dengan perangkat yang memerlukan akses ke layanan aman.

(33)

Untuk mengaktifkan hemat daya • Dari layar siaga, pilih Menu > Setting >

tab Konektivitas > Bluetooth > Hemat daya > Aktif.

Mentransfer suara ke dan dari handsfree Bluetooth

Anda dapat mentransfer suara ke dan dari handsfree Bluetooth

menggunakan tombol ponsel atau tombol handsfree.

Untuk mentransfer suara

1 Dari layar siaga, pilih Menu >Setting > tab Konektivitas > Bluetooth > Bebas genggam > Panggilan masuk.

2 Pilih opsi. Di telepon akan mentransfer suara ke ponsel. Di b. genggam akan mentransfer suara ke handsfree. Untuk mentransfer suara selama panggilan berlangsung

1 Selama panggilan berlangsung, pilih

Suara.

2 Pilih dari daftar.

Melakukan pencadangan dan

pengembalian

Anda dapat membuat cadangan konten ponsel ke komputer

menggunakan Sony Ericsson PC Suite dan Sony Ericsson Media Manager. Dengan Sony Ericsson PC Suite, Anda

dapat membuat cadangan dan mengembalikan kontak, kalender, tugas, catatan, dan bookmark. Dengan Sony Ericsson Media Manager, Anda dapat membuat cadangan dan mengembalikan konten seperti musik, gambar, dan klip video. Sebelum melakukan pencadangan dan pengembalian, Anda harus menginstal Sony Ericsson PC Suite dan Sony Ericsson Media Manager.

Untuk membuat cadangan menggunakan Sony Ericsson PC Suite

1 Komputer: Jalankan Sony Ericsson PC Suite dari Start/Programs/ Sony Ericsson/PC Suite.

2 Ikuti petunjuk di Sony Ericsson PC Suite tentang cara membuat sambungan.

3 Ponsel: Pilih Modus telepon. Selalu buat cadangan sebelum mengupgrade ponsel, karena proses upgrade dapat menghapus konten pengguna.

(34)

32 Mentransfer dan menangani konten 4Komputer: Buka bagian melakukan

pencadangan dan pengembalian di Sony Ericsson PC Suite, kemudian buat cadangan.

Untuk mengembalikan konten ponsel menggunakan Sony Ericsson PC Suite

1Komputer: Jalankan Sony Ericsson PC Suite dari Start/Programs/ Sony Ericsson/PC Suite.

2Ikuti petunjuk di Sony Ericsson PC Suite tentang cara membuat sambungan.

3Ponsel: Pilih Modus telepon. 4Komputer: Buka bagian melakukan

pencadangan dan pengembalian di Sony Ericsson PC Suite, kemudian kembalikan data ponsel Anda.

Untuk membuat cadangan

menggunakan Sony Ericsson Media Manager

1 Sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB.

2 Ponsel: Pilih modus Media transfer. 3 Komputer: Jalankan Sony Ericsson

Media Manager dari Start/Programs/ Sony Ericsson/Media Manager. 4 Buka bagian membuat cadangan di

Sony Ericsson Media Manager. 5 Pilih file yang akan dibuat

cadangannya, kemudian buat cadangan.

Sony Ericsson PC Suite akan menggantikan semua konten ponsel selama proses pengembalian. Ponsel akan rusak bila proses tersebut terganggu.

Anda juga dapat menyambungkan ponsel ke komputer menggunakan Bluetooth.

Sony Ericsson Media Manager akan membandingkan konten ponsel dengan cadangan di komputer, kemudian mengembalikan file yang hilang dalam ponsel. Ponsel akan rusak jika proses tersebut terganggu.

(35)

Untuk mengembalikan konten ponsel menggunakan Sony Ericsson Media Manager

1 Sambungkan ponsel ke komputer. 2 Ponsel: Pilih modus Media transfer. 3 Komputer: Jalankan Sony Ericsson

Media Manager dari Start/Programs/ Sony Ericsson/Media Manager. 4 Buka bagian membuat cadangan di

Sony Ericsson Media Manager. 5 Pilih file yang akan dikembalikan,

kemudian kembalikan.

Panggilan

Membuat dan menerima

panggilan

Ponsel harus dalam kondisi hidup dan berada dalam jangkauan jaringan. Untuk membuat panggilan 1 Dari layar siaga, masukkan nomor

telepon (dengan kode negara internasional dan kode area, jika berlaku).

2 Tekan .

Untuk mengakhiri panggilan • Tekan .

Untuk membuat panggilan internasional

1 Dari layar siaga, tekan terus hingga muncul tanda “+”.

2 Masukkan kode negara, kode area (tanpa awalan angka nol), dan nomor telepon.

3 Tekan . Untuk informasi lebih lanjut tentang

melakukan pencadangan dan pengembalian di Sony Ericsson Media Manager, lihat panduan Persiapan Sony Ericsson Media Manager di www.sonyericsson.com/support.

Anda dapat menghubungi nomor dari kontak dan daftar panggilan. Lihat Kontak pada halaman 35, dan Daftar panggilan pada halaman 38. Anda juga dapat menggunakan suara Anda untuk membuat panggilan. Lihat Kontrol suara pada halaman 39.

(36)

34 Panggilan

Untuk membuat panggilan ulang • Bila Coba lagi? muncul di layar, pilih

Ya.

Untuk menjawab panggilan • Tekan .

Untuk menolak panggilan • Tekan .

Untuk mengubah volume speaker telinga selama panggilan berlangsung

• Tekan tombol volume atas atau bawah.

Untuk menonaktifkan suara mikrofon selama panggilan berlangsung 1Tekan terus .

2Tekan terus kembali untuk melanjutkan.

Untuk mengaktifkan speaker selama panggilan berlangsung

• PilihSpkrAkt.

Untuk melihat panggilan tak terjawab dari layar siaga

• Tekan untuk membuka daftar panggilan.

Jaringan

Ponsel akan beralih secara otomatis antara jaringan GSM dan 3G (UMTS), tergantung pada ketersediaan. Beberapa operator jaringan dapat digunakan untuk beralih jaringan secara manual.

Untuk beralih jaringan secara manual 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Setting >

tab Konektivitas > Jaringan mobile >

Jaringan GSM/3G. 2 Pilih opsi.

Panggilan darurat

Ponsel Anda mendukung nomor darurat internasional, misalnya 112 dan 911. Anda dapat menggunakan nomor tersebut untuk membuat panggilan darurat di negara manapun, dengan atau tanpa menggunakan kartu SIM, jika berada dalam jangkauan jaringan.

Jangan dekatkan ponsel ke telinga saat menunggu panggilan tersambung. Bila panggilan tersambung, ponsel akan mengeluarkan sinyal suara yang keras.

Jangan pegang ponsel terlalu dekat dengan telinga bila menggunakan loudspeaker. Tindakan ini dapat merusak pendengaran.

Di beberapa negara, mungkin terdapat nomor darurat lain. Karenanya, operator jaringan mungkin telah menyimpan nomor darurat setempat lain di kartu SIM.

(37)

Untuk membuat panggilan darurat • Dari layar siaga, masukkan 112

(nomor darurat internasional), kemudian tekan . Untuk melihat nomor darurat setempat

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2 Gulir ke Kontak baru, lalu pilih Opsi >

Nomor khusus > Nomor darurat. Panggilan video

Anda dapat melihat lawan bicara di layar selama panggilan berlangsung. Kedua pihak memerlukan langganan yang mendukung layanan 3G (UMTS) dan harus berada dalam jangkauan jaringan 3G (UMTS). Layanan 3G (UMTS) tersedia bila muncul di layar.

Untuk membuat panggilan video 1 Dari layar siaga, masukkan nomor

telepon (dengan kode negara internasional dan kode area, jika berlaku).

2 Pilih Opsi > Buat pgl video.

Untuk menggunakan zoom dengan panggilan video keluar

• Tekan atau .

Untuk melihat opsi panggilan video • Selama panggilan berlangsung, pilih

Opsi.

Kontak

Anda dapat menyimpan nama, nomor telepon, dan data pribadi dalam

Kontak. Informasi dapat disimpan dalam memori telepon atau kartu SIM.

Kontak baku

Anda dapat memilih informasi kontak yang akan ditampilkan sebagai kontak baku. Jika Kontak Telepon telah dipilih sebagai baku, maka kontak Anda akan menampilkan semua informasi yang tersimpan dalam Kontak. Jika Anda memilih Kontak SIM sebagai baku, maka kontak akan menampilkan nama dan nomor yang disimpan dalam kartu SIM.

Untuk memilih kontak baku 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2 Gulir ke Kontak baru, lalu pilih Opsi >

Tingkat lanjut > Kontak baku. 3 Pilih opsi.

Kontak telepon

Kontak telepon dapat berisi nama, nomor telepon, dan informasi pribadi. Informasi tersebut akan tersimpan dalam memori telepon.

Anda dapat menyinkronisasi kontak menggunakan Sony Ericsson PC Suite.

(38)

36 Panggilan

Untuk menambah kontak telepon 1Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2Gulir ke Kontak baru, lalu pilih Tambah. 3Masukkan nama, lalu pilih OK. 4Gulir ke Nomor baru:, lalu pilih

Tambah.

5Masukkan nomor, lalu pilih OK. 6Pilih opsi nomor.

7Gulir di antara tab, kemudian tambahkan informasi ke bidang. 8Pilih Simpan.

Menghubungi kontak

Untuk menghubungi kontak telepon 1Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2Gulir ke kontak, kemudian tekan .

Untuk membuka daftar kontak secara langsung

• Dari layar siaga, tekan terus – .

Untuk membuat panggilan menggunakan Cari pintar 1Dari layar siaga, tekan –

untuk memasukkan urutan (minimal dua) angka. Semua entri yang sesuai dengan ukuran angka atau huruf yang terkait akan ditampilkan dalam daftar. 2Gulir ke kontak atau nomor telepon,

kemudian tekan .

Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Cari pintar

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Setting > tab Panggilan > P'carian cerdas. 2 Pilih opsi.

Mengedit kontak

Untuk menambahkan informasi ke kontak telepon

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2 Gulir ke kontak, lalu pilih Opsi > Edit

kontak.

3 Gulir di antara tab, lalu pilih Tambah

atau Edit.

4 Pilih opsi dan item yang akan ditambahkan atau diedit. 5 Pilih Simpan.

Untuk menyalin nama dan nomor ke kontak telepon

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2 Gulir ke Kontak baru, lalu pilih Opsi >

Tingkat lanjut > Salin dari SIM. 3 Pilih opsi.

Jika langganan mendukung layanan CLI (Calling Line Identification), Anda dapat menggunakan nada dering khusus dan gambar untuk kontak.

(39)

Untuk menyalin nama dan nomor ke kartu SIM

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2 Gulir ke Kontak baru, lalu pilih Opsi >

Tingkat lanjut > Salin ke SIM. 3 Pilih opsi.

Untuk menyimpan nama dan nomor telepon secara otomatis di kartu SIM 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2 Gulir ke Kontak baru, lalu pilih Opsi >

Tingkat lanjut > Simpan otmts di SIM. 3 Pilih opsi.

Kontak SIM

Kontak SIM hanya dapat berisi nama dan nomor telepon. Informasi tersebut tersimpan dalam kartu SIM.

Untuk menambah kontak SIM 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2 Gulir ke Kontak baru, lalu pilih Tambah. 3 Masukkan nama, lalu pilih OK. 4 Masukkan nomor, lalu pilih OK. 5 Pilih opsi nomor, kemudian

tambahkan informasi lainnya, jika tersedia.

6 Pilih Simpan.

Untuk menghubungi kontak SIM 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2 Gulir ke kontak, kemudian tekan .

Menghapus kontak

Untuk menghapus semua kontak 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2 Gulir ke Kontak baru, lalu pilih Opsi >

Tingkat lanjut > Hapus semua kontak. 3 Pilih opsi.

Status memori kontak

Jumlah kontak yang dapat disimpan dalam ponsel atau kartu SIM tergantung pada memori yang tersedia.

Untuk melihat status memori kontak 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2 Gulir ke Kontak baru, lalu pilih Opsi >

Tingkat lanjut > Status memori. Saya sendiri

Anda dapat memasukkan informasi tentang Anda dan, misalnya mengirimkan kartu nama.

Untuk memasukkan informasi Saya sendiri

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2 Gulir ke Saya sendiri, lalu pilih Buka. 3 Gulir ke opsi, kemudian edit informasi. 4 Pilih Simpan.

Bila Anda menyalin semua kontak dari telepon ke kartu SIM, maka semua informasi yang ada dalam kartu SIM akan digantikan.

(40)

38 Panggilan

Untuk menambahkan kartu nama pribadi

1Dari layar siaga,pilih Menu > Kontak. 2Gulir ke Saya sendiri, lalu pilih Buka. 3Gulir ke Info kontak saya, lalu pilih

Tambah > Buat baru. 4Gulir di antara tab, kemudian

tambahkan informasi ke dalam bidang.

5Masukkan informasi, lalu pilih Simpan. Grup

Anda dapat membuat grup berisi nomor telepon dan alamat email dari

Kontak Telepon untuk mengirim pesan. Lihat Pesan pada halaman 45. Anda juga dapat menggunakan grup (berisi nomor telepon) bila membuat daftar pemanggil yang diterima. Lihat Menerima panggilan pada halaman 42.

Untuk membuat grup berisi nomor telepon dan alamat email

1Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2Gulir keKontak baru, lalu pilih Opsi >

Grup.

3Gulir ke Grup baru, lalu pilih Tambah. 4Masukkan nama grup, lalu pilih

Lanjutkan.

5Gulir ke Baru, lalu pilih Tambah.

6 Untuk setiap nomor telepon atau alamat email kontak yang akan ditandai, gulir ke kontak tersebut, lalu pilih Tandai.

7 Pilih Lanjutkan > Selesai.

Daftar panggilan

Anda dapat melihat informasi tentang panggilan terakhir.

Untuk menghubungi nomor dari daftar panggilan

1 Dari layar siaga, tekan , kemudian gulir ke tab.

2 Gulir ke salah satu nama atau nomor telepon, kemudian tekan . Untuk menambahkan nomor dari daftar panggilan ke kontak

1 Dari layar siaga, tekan , kemudian gulir ke tab.

2 Gulir ke nomor, lalu pilih Simpan. 3 Pilih Kontak baru untuk membuat

kontak baru atau pilih kontak yang ada untuk menambahkan nomor telepon.

Panggil cepat

Panggilan cepat berfungsi untuk memilih sembilan kontak yang dapat dihubungi dengan cepat. Kontak tersebut dapat disimpan pada tombol 1-9.

(41)

Untuk menambahkan kontak ke nomor panggil cepat

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2 Gulir ke Kontak baru, lalu pilih Opsi >

Panggil cepat.

3 Gulir ke nomor posisi, lalu pilih

Tambah. 4 Pilih kontak.

Untuk membuat panggilan cepat • Dari layar siaga, masukkan nomor

posisi, kemudian tekan .

Pesan suara

Jika langganan mencakup layanan penerimaan panggilan, maka pemanggil dapat meninggalkan pesan suara bila Anda tidak dapat menjawab panggilan.

Untuk memasukkan nomor pesan suara

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Setting > Nomor pesan suara. 2 Masukkan nomor, lalu pilih OK.

Untuk menghubungi layanan pesan suara

• Dari layar siaga, tekan terus .

Kontrol suara

Dengan membuat perintah suara, Anda dapat:

• Panggil suara – menghubungi seseorang dengan menyebutkan namanya

• Menjawab dan menolak panggilan bila menggunakan handsfree Untuk merekam perintah suara menggunakan panggilan suara 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Setting >

tab Umum > Kontrol suara > Panggil suara > Aktifkan.

2 Pilih Ya > Perintah suara baru, lalu pilih kontak. Jika kontak memiliki beberapa nomor, pilih nomor yang akan ditambahkan perintah suara.

3 Rekam perintah suara seperti “ponsel John”.

4 Ikuti petunjuk yang muncul di layar. Tunggu nada, kemudian sebutkan perintah yang akan direkam. Perintah suara akan dimainkan ulang. 5 Jika Anda menyukai rekaman suara

tersebut, pilih Ya. Jika tidak, pilih

Tidak, kemudian ulangi langkah 3 dan 4.

Perintah suara hanya akan tersimpan dalam memori telepon. Perintah tersebut tidak dapat digunakan di ponsel lain.

(42)

40 Panggilan

Untuk membuat panggilan melalui suara

1Dari layar siaga, tekan terus tombol volume.

2Tunggu nada, kemudian sebutkan rekaman nama, misalnya “ponsel John”. Ponsel akan memainkan ulang nama tersebut, kemudian

menyambungkan panggilan. Jawab suara

Bila menggunakan handsfree, Anda dapat menjawab atau menolak panggilan masuk dengan suara. Untuk mengaktifkan jawab suara dan merekam perintah jawab suara 1Dari layar siaga, pilih Menu > Setting >

tab Umum > Kontrol suara > Jawab suara > Aktifkan.

2Ikuti petunjuk yang muncul di layar, lalu pilih Lanjutkan. Tunggu nada, kemudian sebutkan “Jawab”, atau sebutkan kata lain yang dipilih. 3Pilih Ya untuk menerima atau Tidak

untuk perekaman baru.

4Ikuti petunjuk yang muncul di layar, lalu pilih Lanjutkan. Tunggu nada, kemudian sebutkan “Sibuk”, atau sebutkan kata lain yang dipilih. 5Pilih Ya untuk menerima atau Tidak

untuk perekaman baru.

6 Ikuti petunjuk yang muncul di layar, lalu pilih Lanjutkan.

7 Pilih lingkungan untuk mengaktifkan jawab suara.

Untuk menjawab panggilan menggunakan perintah suara • Sebutkan “Jawab”.

Untuk menolak panggilan menggunakan perintah suara • Sebutkan “Sibuk”.

Mengalihkan panggilan

Anda dapat mengalihkan panggilan, misalnya ke layanan penerimaan panggilan.

Untuk mengalihkan panggilan 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Setting >

tab Panggilan > Alihkan panggilan. 2 Pilih jenis panggilan dan opsi

pengalihan. 3 Pilih Aktifkan.

4 Masukkan nomor yang akan menerima pengalihan panggilan, lalu pilih OK.

Bila Pembatasan panggiln digunakan, beberapa opsi pengalihan panggilan tidak tersedia. Lihat Pembatasan panggilan pada halaman 43.

(43)

Beberapa panggilan

Anda dapat menangani beberapa panggilan pada saat bersamaan. Misalnya, Anda dapat menahan panggilan aktif sewaktu membuat atau menjawab panggilan kedua. Anda juga dapat beralih di antara kedua panggilan tersebut. Anda tidak dapat menjawab panggilan ketiga tanpa mengakhiri salah satu dari kedua panggilan pertama. Anda juga dapat menggabungkan dua panggilan. Nada sela

Anda akan mendengar bunyi bip jika menerima panggilan kedua sewaktu nada sela aktif.

Untuk mengaktifkan nada sela • Dari layar siaga, pilih Menu> Setting >

tab Panggilan > Mengelola panggilan >

Pnggln menunggu >Aktifkan. Untuk membuat panggilan kedua 1 Selama panggilan berlangsung, tekan

. Tindakan ini akan menahan panggilan aktif.

2 Pilih Opsi > Tmbah panggilan. 3 Masukkan nomor yang akan

dihubungi, kemudian tekan .

Untuk menjawab panggilan kedua • Selama panggilan berlangsung, tekan

. Tindakan ini akan menahan panggilan berlangsung.

Untuk menolak panggilan kedua • Selama panggilan berlangsung, tekan

, kemudian lanjutkan dengan panggilan aktif.

Untuk mengakhiri panggilan aktif dan menjawab panggilan kedua

• Selama panggilan berlangsung, pilih

Gantikan pgl aktif.

Menangani dua panggilan suara Anda dapat menangani panggilan aktif dan panggilan tunggu secara bersamaan.

Untuk beralih di antara dua panggilan

• Selama panggilan berlangsung, tekan .

Untuk menggabungkan dua panggilan

• Selama panggilan berlangsung, pilih

(44)

42 Panggilan

Untuk menghubungkan dua panggilan

• Selama panggilan berlangsung, pilih

Opsi> Transfer pnggilan. Anda akan terputus dari kedua panggilan. Untuk mengakhiri panggilan aktif dan kembali ke panggilan yang ditahan • Tekan terlebih dulu, kemudian

tekan .

Panggilan konferensi

Dengan panggilan konferensi, Anda dapat menggabungkan percakapan hingga 5 orang.

Untuk menambah peserta baru 1Selama panggilan berlangsung, tekan

. Tindakan ini akan menahan panggilan yang digabungkan. 2Pilih Opsi > Tmbah panggilan. 3Masukkan nomor yang akan

dihubungi, kemudian tekan . 4Pilih Opsi > Gabung panggilan untuk

menambah peserta baru.

5Ulangi langkah ini untuk menambah peserta lainnya.

Untuk mengakhiri peserta 1Pilih Opsi > Melepas peserta.

2Pilih peserta yang panggilannya akan diakhiri.

Untuk melakukan percakapan pribadi 1 Selama panggilan berlangsung, pilih

Opsi > Bicara dengan, lalu pilih peserta yang akan diajak bicara.

2 Untuk meneruskan panggilan konferensi, pilih Opsi > Gabung panggilan.

Nomor saya

Anda dapat melihat, menambahkan, dan mengedit nomor telepon sendiri. Untuk memeriksa nomor telepon 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2 Gulir ke Kontak baru, lalu pilih Opsi>

Nomor khusus > Nomor saya. 3 Pilih opsi.

Menerima panggilan

Anda dapat menerima panggilan hanya dari nomor telepon tertentu. Untuk menambahkan nomor ke daftar pemanggil yang diterima 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Setting >

tab Panggilan > Mengelola panggilan >

Panggilan diterima > Dari daftar saja. 2 Gulir ke Baru, lalu pilihTambah. 3 Pilih kontak atau Grup.

Lihat Grup pada halaman 38.

(45)

Untuk menerima semua panggilan • Dari layar siaga, pilih Menu > Setting >

tab Panggilan > Mengelola panggilan >

Panggilan diterima > Semua Pemanggil.

Pembatasan panggilan

Anda dapat membatasi panggilan keluar dan masuk. Diperlukan kata sandi dari penyedia layanan Anda.

Opsi pembatasan panggilan Opsi standar adalah: • Semua Pgl Keluar – semua

panggilan keluar.

• Panggilan keluar Int'l – semua panggilan keluar internasional. • Keluar jelajah int'l – semua panggilan

keluar internasional, kecuali ke negara sendiri.

• Semua Pgl Masuk – semua panggilan masuk.

• Pgl msk saat jelajah – semua panggilan masuk saat Anda berada di negara lain.

Untuk membatasi panggilan

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Setting > tab Panggilan > Mengelola panggilan >

Pembatasan panggiln. 2 Pilih opsi.

3 Pilih Aktifkan.

4 Masukkan kata sandi, lalu pilih OK. Panggilan terprogram

Panggilan tertentu dapat digunakan untuk membuat panggilan hanya ke nomor tertentu yang tersimpan dalam kartu SIM. Nomor panggilan

terprogram dilindungi oleh PIN2. Sebagian nomor dapat disimpan. Misalnya, dengan menyimpan 0123456, Anda dapat membuat panggilan ke semua nomor yang diawali dengan 0123456. Jika panggilan masuk dialihkan, Anda

tidak dapat menggunakan beberapa opsi pembatasan panggilan.

Bila panggilan terprogram digunakan, Anda tidak dapat melihat atau mengatur nomor telepon yang disimpan dalam kartu SIM, namun tetap dapat menghubungi nomor darurat internasional 112.

(46)

44 Panggilan

Untuk menggunakan panggilan terprogram

1Dari layar siaga, pilih Menu> Kontak. 2Gulir ke Kontak baru, lalu pilih Opsi >

Nomor khusus > Panggiln terprogram >

Aktifkan.

3Masukkan PIN2, lalu pilih OK. 4Pilih OK kembali untuk

mengonfirmasikannya.

Untuk menyimpan nomor terprogram 1Dari layar siaga, pilih Menu > Kontak. 2Gulir ke Kontak baru, lalu pilih Opsi >

Nomor khusus > Panggiln terprogram >

Nomor terprogram > Nomor baru. 3Masukkan informasi, lalu pilih Simpan.

Waktu dan biaya panggilan

Selama panggilan berlangsung, ponsel menunjukkan durasi bicara Anda. Anda juga dapat memeriksa durasi panggilan terakhir, panggilan keluar, dan waktu total semua panggilan.

Untuk memeriksa waktu panggilan • Dari layar siaga, pilih Menu > Setting >

tab Panggilan > Waktu & biaya > Timer panggilan.

Menampilkan atau

menyembunyikan nomor

telepon

Anda dapat menampilkan atau menyembunyikan nomor telepon bila membuat panggilan.

Untuk menyembunyikan nomor telepon

1 Dari layar siaga, pilih Menu> Setting > tab Panggilan > Rahasiakan nomor?. 2 Pilih Sembunyikan no.

(47)

Pesan

Menerima dan menyimpan pesan Anda akan menerima pemberitahuan bila menerima pesan. Pesan akan tersimpan secara otomatis di memori telepon. Bila memori telepon penuh, Anda dapat menghapus pesan atau menyimpannya di kartu SIM. Untuk menyimpan pesan di kartu memori

• Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Setting > Umum > Simpan di > Kartu memori.

Untuk menyimpan di kartu SIM 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan,

lalu pilih folder.

2 Gulir ke pesan, lalu pilih Opsi > Simpan pesan.

Untuk melihat pesan dari kotak masuk

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Kotak masuk.

2 Gulir ke pesan, lalu pilih Lihat.

Pesan teks

Pesan teks dapat berisi melodi, animasi, efek suara, dan gambar sederhana.

Untuk menulis dan mengirim pesan teks

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Tulis baru > Pesan teks.

2 Tulis pesan, lalu pilih Lanjutkan > Cari kontak.

3 Pilih penerima, lalu pilih Kirim.

Untuk menyalin dan menyisipkan teks dalam pesan teks

1 Bila menulis pesan, pilih Opsi > Salin & taruh.

2 Pilih Salin semua atau Tandai & salin. Gulir ke dan tandai teks dalam pesan. 3 Pilih Opsi > Salin & taruh > Taruh.

Untuk menambahkan item ke pesan teks

1 Bila menulis pesan, pilih Opsi >

Tambah item.

2 Pilih opsi, lalu pilih item.

Jika mengirimkan pesan teks ke grup, Anda akan dikenakan biaya untuk setiap anggota grup. Lihat Grup pada halaman 38.

(48)

46 Pesan

Untuk menghubungi nomor dalam pesan teks

• Bila melihat pesan, gulir ke nomor telepon, kemudian tekan . Untuk mengaktifkan pesan panjang 1Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Setting > Pesan teks.

2Pilih Maks. panjang pesan > Maks. tersedia.

Pesan gambar

Pesan gambar dapat berisi teks, gambar, slide, rekaman suara, klip video, tanda tangan, dan lampiran. Anda dapat mengirim pesan gambar ke ponsel atau alamat email.

Untuk membuat dan mengirim pesan gambar

1Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Tulis baru > Pesan gambar.

2Masukkan teks. Untuk menambahkan item ke pesan, tekan , gulir , lalu pilih item.

3Pilih Lanjutkan > Cari kontak. 4Pilih penerima, lalu pilih Kirim.

Menerima pesan gambar Anda dapat memilih cara

mendownload pesan gambar. Opsi standar bila mendownload pesan gambar adalah:

• Selalu – download otomatis. • Tanya saat jelajah – tanya untuk

mendownload bila tidak berada di jaringan sendiri.

• Jangan saat j'jah – jangan download bila tidak berada di jaringan sendiri. • Selalu tanya – tanya sebelum

download.

• Mati – pesan baru akan ditampilkan dalam Kotak masuk.

Untuk menetapkan download otomatis

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Setting > Pesan gambar > Download otomatis.

2 Pilih opsi.

Opsi pesan

Anda dapat menetapkan opsi standar untuk semua pesan atau memilih setting tertentu setiap kali akan mengirim pesan.

Untuk mengirim pesan gambar, Anda harus memiliki setting yang benar. Jika tidak dapat menggunakan pesan gambar, lihat Mengatasi masalah pada halaman 73.

(49)

Untuk menetapkan opsi pesan teks 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Setting > Pesan teks. 2 Gulir ke opsi, lalu pilih Edit.

Untuk menetapkan opsi pesan gambar

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Setting > Pesan gambar. 2 Gulir ke opsi, lalu pilih Edit.

Untuk menetapkan opsi bagi pesan tertentu

1 Setelah pesan selesai dan penerima ditentukan, pilih Opsi > Tingkat lanjut. 2 Gulir ke opsi, lalu pilih Edit.

Pola pesan

Jika sering menggunakan frasa dan gambar yang sama dalam pesan, Anda dapat menyimpan pesan tersebut sebagai pola pesan. Untuk menambah pola pesan teks 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Pola pesan > Pola pesan baru > Teks. 2 Masukkan teks atau pilih Opsi untuk

menambahkan item. Pilih OK. 3 Masukkan judul, lalu pilih OK.

Untuk menambah pola pesan gambar

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Pola pesan > Pola pesan baru > Pesan gambar.

2 Masukkan teks. Untuk menambahkan item ke pesan, tekan , gulir , lalu pilih item.

3 Pilih Simpan, masukkan judul, lalu pilih

OK.

Untuk menyimpan pesan sebagai pola pesan

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Kotak masuk.

2 Gulir ke pesan, lalu pilih Lihat > Opsi >

Simpan sbg pola.

Pesan suara

Anda dapat mengirim dan menerima rekaman suara sebagai pesan suara.

Untuk merekam dan mengirim pesan suara

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Tulis baru > Pesan suara.

2 Rekam pesan, lalu pilih Stop > Kirim >

Cari kontak.

3 Pilih penerima, lalu pilih Kirim. Pengirim dan penerima harus memiliki langganan yang mendukung pesan gambar.

(50)

48 Pesan

Email

Ponsel dapat menggunakan fungsi email standar dan alamat email di komputer.

Persiapan penggunaan email Anda dapat menggunakan pemandu setup untuk memeriksa ketersediaan setting account email atau

memasukkannya secara manual. Anda juga dapat menerima setting di www.sonyericsson.com/support. Untuk membuat account email 1Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Email > Account.

2Gulir ke Account baru, lalu pilih

Tambah.

Untuk menulis dan mengirim pesan email

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Email > Tulis baru.

2 Pilih Tambah > Masukkan alm email. Masukkan alamat email, lalu pilih OK. 3 Untuk menambah penerima lain, gulir

ke Ke:, lalu pilih Edit.

4 Gulir ke opsi, lalu pilih Tambah >

Masukkan alm email. Masukkan alamat email, lalu pilih OK. Setelah email siap, pilih Selesai.

5 Pilih Edit, kemudian masukkan perihal. Pilih OK.

6 Pilih Edit, kemudian masukkan teks. Pilih OK.

7 Pilih Tambah, lalu pilih file yang akan dilampirkan.

8 Pilih Lanjutkan > Kirim.

Untuk menerima dan membaca pesan email

1 Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Email > Kotak masuk >Opsi > Periksa email baru.

2 Gulir ke pesan, lalu pilih Lihat. Untuk menyimpan pesan email 1 Dari layar siaga, pilih Menu > Pesan >

Email > Kotak masuk.

2 Gulir ke pesan, lalu pilih Lihat > Opsi >

Simpan pesan. Anda dapat menyinkronisasi email

menggunakan Microsoft® Exchange ActiveSync.

Jika Anda memasukkan setting secara manual, hubungi penyedia layanan email untuk informasi lebih lanjut. Penyedia layanan email dapat berupa perusahaan yang memberikan alamat email.

Figur

Memperbarui...

Related subjects :