ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Opini Audit Going Concern Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia.

Teks penuh

(1)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG

MEMPENGARUHI PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA

PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

SKRIPSI

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas dan Syarat-syarat Guna memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Disusun Oleh : PUJI SAPUTRA

B 200 080 245

FAKULTAS EKONOMI

(2)

HALAMAN PENGESAHAN

Yang bertanda tangan di bawah ini telah membaca skripsi dengan judul:

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA.

Yang ditulis oleh: PUJI SAPUTRA NIM: B 200 080245

Penandatangan berpendapat bahwa skripsi tersebut memenuhi syarat untuk diterima.

Surakarta, Maret 2012 Pembimbing Utama

(Drs. Yuli Tri Cahyono, M.M., Ak.)

Mengetahui,

Dekan Fakultas Ekonomi UMS

(3)

PUJI SAPUTRA 08.6.106.02030.50245 AKUNTANSI

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG

MEMPENGARUHI PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN

MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

21 FEBRUARI 2012

(4)
(5)

HALAMAN PERSEMBAHAN

:

(6)

KATA PENGANTAR

Hamdan wa syukronlillah, syukur Alhamdulillah senantiasa penulis panjatkan kepada Allah SWT, Dzat penguasa langit dan bumi yang memiliki setiap detik kehidupan di dunia, sehingga penulis mampu menyelesaikan karya sederhana yang mungkin masih jauh dari kata sempurna. Sebuah skripsi dengan judul “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN

OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA” yang merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan studi pada Program Sarjana (S1) Jurusan Akuntansi di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta telah berhasil disusun.

Penulis menyadari bahwa dalam proses penyusunan skripsi ini mendapat banyak bantuan, bimbingan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, semua pihak yang baik secara langsung maupun tidak turut mensukseskan penulis dalam menyeleaikan karya ini, dalam kesempatan ini dengan penuh kerendahan hati penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada :

1. Allah Azza Wa Jalla yang senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, serta untuk segala kekuatan, kemudahan, petunjuk dan untuk segala karunia-Nya.

2. Nabi agung Muhammad SAW, atas segala ajaran agama yang telah disampaikan kepada seluruh umat muslim.

(7)

4. Bapak Dr. Triyono, SE, M.Si. selaku Dekan Fakultas Ekonomi Universitas

Muhammadiyah Surakarta.

5. Bapak Dr. Fatchan Achyani, M.Si. selaku Ketua Program Studi Akuntansi Fakultas

Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

6. Bapak Drs. Yuli Tri Cahyono, M.M. selaku pembimbing akademik kelas G/08 yang telah memberikan arahan dalam mengambil mata kuliah, bimbingan dan saran selama penulis menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta, lebih dari itu terimakasih atas segala bimbngannya sebagai pembimbing skripsi penulis, sehingga karya ini mampu disususn sedemikian rupa.

7. Bapak dan Ibu Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memberikan bekal ilmu pengetahuan kepada penulis selama menuntut ilmu di Fakultas Ekonomi UMS, spesial untuk bapak Drs Suyatmin, W.A., M.Si., Ak, Bapak Drs. H. M. Abdul Aris, M.Si, Bapak Dr. Noer Sasongko, SE., M.Si., Ak, Ibu Dra. Hj. Mujiyati, M.Si, Ibu Dra. Nursiam, Ak., M.Hum dan Bapak Andi Bayu, SE., M.Si, serta ibu Lina ayu sfitri SE, lebih dari itu terimakasih juga atas pengalaman diluar jam kuliah yang sangat bermanfaat bagi penulis.

8. Bapak Ngatono SE., M.M, Bapak Yamto, Ibu Tuningsih, SE, dan Bapak/ibu pegawai di Fakultas Ekonomini Universitas Muhammadiyah Surakarta yang telah memperlancar segala birokrasi selama penulis menjadi mahasiswa. 9. Bapak Maksus dan Ibu Munisah, terimakasih atas kasih sayang dan segalanya

(8)

10. Mas Abdul Aziz dan Mbak Istiqomah serta si jagoan kecil Alfa Muhammad. Terimakasih atas segala dukungan dan motivasi yang sangat bermanfaat. 11. Mas Slamet Raharjo dan Mas Arif Rakhman, trimakasih atas segala

pengorbananan dan dukungan moralnya, sehingga penulis mampu menyelesikan program sarjana ini dengan lancar. You are teaching me about how to give, give & give.

12. Sahabat-sahabat seperjuangan kelas G, sahabat NASC, Team Work dan para Pandawa, Grup band Exodia, Mahesa Jenar Community,Gusti Ahmad, Williams, Aditya Dibyo, Angga, Richi, Arif, Fitria, Aldila, aldica, Intan, Bang Hatim, Bang Mukmin, Bang Regar, Condro, Mas soto, Ria, Mas Warmad, Prima, Febri, Mas Ridwan dan Mbak Widya serta the specialone Thya Muftiana atas segala perhatian dan kasih. Dukungan kalian merupakan penyempurna langkah-langkah penuh cita-cita.

13. Rekan-rekan di Himatansi, PH 2010 for the leader Yunus Harijto, Vicky, Lintang, Puji Nur, Farida, Ardi, Reni dan Tami. Kakak-kakak alumni Himatansi, Mas Nuko, Mas Bagas Widagdo, Mas Fatah, Mas Aprih, Mas Syahid, Mas Trio, Mbak Cahbidut’s genk, dan semua kakak-kakak alumni yang selalu menjadi inspirator langkah hidup.

(9)

penulis sebutkan satu-persatu. Kalian adalah anak-anak terpilih. Jika semasa kepemimpinan Puji Saputra masih banyak hal yang mengganjal, penulis mohon maaf sebesar-besarnya, semuanya karena kita insan biasa.

15. Rekan-rekan KMFE, spesial untuk FoSEI (Joko, Septi, Espan, Diana , dkk) dan BEM 2010 (Arif Nur Syahid Kabinet). Banyak kenangan yang akan menjadi guru terbaik.

16. FoSSEI regional Jawa Tengah, Adhika, Dhonna, Yanuar, Sipur, dan Saktiya. Trimakasih atas pengetahuan tentang ekonomi islam dan pemahaman berorganisasi secara islami.

17. Sahabat-sahabat Laskar Bambu Kuning, Nurman, Triyono, Ikhsan, Apep, Yuniz, Rina, Sumy, Eka, Meilina, Riyan. Bersama kalian banyak arti kehidupan yang dapat dipelajari, we are Boden P owell.

18. Sahabat-sahabat karibku THE SATPAM GENK, Syukron, Amier, Teguh, Pujex, Abbasir, dan Maulana. Karena kita berdiri diatas semua golongan, demikianlah slogan kita. Jiwa muda yang memiliki cita-cita bersama.

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, begitu pula dengan skripsi ini yang masih jauh dari kata sempurna. penulis mengharapkan saran dan kritik yang membangun demi perbaikan skripsi ini agar dapat menghasilkan karya yang lebih baik di masa mendatang.

Surakarta, Maret 2012

(10)

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PENGESAHAN ... ii

PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI ... iii

(11)

C. Going Concern dalam Akuntansi dan Pengauditan ... 20

C. Variabel dan Definisi Operasional ... 38

(12)

DAFTAR TABEL

Halaman

Tabel II. 1 Kriteria Titik Cut Off Model Z-Score ... 27

Tabel IV.1 Proses Penentuan Sampel ... 47

Tabel IV.2 Daftar Sampel Penelitian ... 48

Tabel IV.3 Distribusi Sampel Berdasarkan Jenis Usaha ... 49

Tabel IV.4 Klasifikasi Penerimaan Opini Audit Going Concern ... 49

Tabel IV.5 Analisis Statistik Deskriptif Seluruh Sampel ... 50

Tabel IV.6 Perbandingan Nilai -2 Log L ... 51

Tabel IV.7 Nilai Nagelkerke R Sequare ... 52

Tabel IV.8 Kelayakan Model Regresi ... 52

Tabel IV.9 Classification Table ... 53

Tabel IV. 10 Variables in Equation ... 54

(13)

DAFTAR GAMBAR

(14)

DAFTAR LAMPIRAN

I. Lampiran A

Data Sampel Perusahaan Manufaktur Periode 2006-2009: Lampiran 1 Tabel Data Keuangan Perusahaan Sampel. Lampiran 2 Tabel Perhitungan Z-Score.

Lampiran 3 Tabel Afiliasi KAP Big Four dan Non Big Four.

Lampiran 4 Tabel Klasifikasi Pemakaian Jasa KAP Big Four dan Non Big Four.

Lampiran 5 Tabel Perhitungan Natural Log Total Asset.

Lampiran 6 Tabel Nilai Variabel Opini Audit Going Concern, Debt Default, dan Reputasi Auditor.

II. Lampiran B

(15)

ABSTRAKSI

Puji Saputra, 2005. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prediksi pengeluaran opini audit going concern menjadi perhatian tersendiri bagi auditor dan shareholder. Pada saat ini tanggung jawab auditor tidak hanya memeriksa laporan keuangan atau mendeteksi kecurangan dalam laporan keuangan, tetapi juga sanggup memprediksi dan menilai kemampuan perusahaan dalam melangsungkan hidupnya (going concern). Hal ini terjadi karena adanya permintaan dari shareholders untuk memberikan early warning atau informasi peringatan sejak awal mengenai prospek perusahaan di masa mendatang, sehingga dapat dijadikan referensi bagi shareholders dalam pengambilan keputusan investasinya.

Tujuan dari penelitian ini adalah memprediksi pengaruh financial distress, debt default, reputasi auditor, dan ukuran perusahaan terhadap kemungkinan penerimaan opini audit going concern.

Sampel dalam penelitian ini menggunakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2006-2009 dengan populasi sebanyak 156 perusahaan. Sampel penelitian berjumlah 21 perusahaan yang dipilih berdasarkan metode purposive sampling dengan periode pengamatan 4 tahun dan metode analisis data yang digunakan adalah regresi logistik.

Berdasarkan penelitian ini dapat diambil sebuah simpulan bahwa finacia distress berpengaruh negatif dan signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern, debt default berpengaruh positif signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern, reputasi audit tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern, dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern Kata kunci: financial distress, debt default, reputasi auditor, ukuran perusahaan,

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...