PETUNJUK PELAKSANAAN DAN TEKNIS CHEMISTRY CREATIVE CONTEST (C3) NASIONAL EXPO KIMIA 2018

16 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PETUNJUK PELAKSANAAN DAN TEKNIS

CHEMISTRY CREATIVE CONTEST (C3) NASIONAL

EXPO KIMIA 2018

A. DESKRIPSI

Chemistry Creative Contest (C3) merupakan salah satu kegiatan kompetisi ilmiah yang tergabung dalam serangkaian acara EXPO Kimia 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia FPMIPA Universitas

Pendidikan Indonesia dengan tema ”PERAN ILMU KIMIA DALAM

MENGATASI MASALAH LINGKUNGAN”. C3 EXPO Kimia 2018 ini diadakan sebagai wadah untuk menampung ide kreatif dan inovatif serta meningkatkan kapasitas diri mahasiswa sebagai agen perubahan Bangsa Indonesia melalui suatu tulisan.

B. TEMA DAN SUBTEMA 1. Tema

"PERAN ILMU KIMIA DALAM MENGATASI MASALAH LINGKUNGAN”

2. Subtema

a. Green technology (Teknologi bersih) b. Energi terbarukan

c. Pangan alternatif d. Kesehatan e. Pendidikan

C.Waktu Pelaksanaan

Tahap Waktu Pelaksanaan

Pendaftaran dan Pengumpulan Abstrak

1 Mei – 22 Juni 2018

(2)

Pengumpulan Full Paper 2 Juli – 20 Juli 2018

Pengumuman 10 Besar 27 Juli 2018

Konfirmasi Kehadiran 28 Juli – 31 Juli 2018

Technical Meeting 10 Agustus 2018

Presentasi Finalis 11 Agustus 2018

D.SIFAT DAN ISI KARYA 1. Kritis

Karya berisi telaah kritis terhadap suatu permalahan dan isu mutakhir (current issues) atau aktual yang didukung oleh argumentasi ilmiah.

2. Kreatif dan Inovatif

Tulisan berisi gagasan yang kreatif sesuai dengan tema. Karya tulis berupa inovasi baru atau pengembangan dari inovasi yang sudah ada sebelumnya dan memiliki landasan teori yang jelas dan realistis.

3. Orisinalitas karya

Keaslian karya. Keaslian gagasan dalam menciptakan sebuah inovasi.

4. Kelayakan implementasi

Tingkat implementasi gagasan. Kebermanfaatan karya dalam masyarakat luas.

5. Logis dan Sistematis

Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut. Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis, kesimpulan dan saran. Isi tulisan berdasarkan hasil kepustakaan dan atau hasil pengamatan dan atau interview, atau hasil penelitian.

E.KETENTUAN PESERTA

1. Kompetisi ini terbuka bagi seluruh mahasiswa S1/D3/D4 yang masih aktif di seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia (dibuktikan dengan scan KTM yang disertakan pada makalah).

(3)

2. Setiap tim terdiri dari 2-3 orang mahasiswa/i dan dibimbing oleh 1 (satu) orang dosen pembimbing dari perguruan tinggi yang sama.

3. Anggota kelompok dapat berasal dari disiplin ilmu yang berbeda dalam satu perguruan tinggi yang sama.

4. Peserta membaca dan mengikuti setiap mekanisme perlombaan serta mengikuti tata aturan penulisan.

5. Seluruh karya tulis yang dikompetisikan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah ini menjadi milik panitia, sehingga panitia berhak mempublikasikan dengan tetap mencantumkan nama penulisnya.

F. MEKANISME KOMPETISI

1. Peserta mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di

expokimiaupi.weebly.com dan mengisi googleform: http://bit.ly/C3Kimia pada waktu yang telah ditentukan.

2. Setiap tim mengumpulkan gagasan awal dalam bentuk abstrak sebanyak 250 – 500 kata. Bagi tim yang lolos seleksi abstrak, akan diberi kesempatan untuk mengembangkan abstraknya menjadi karya tulis ilmiah.

3. Bagi tim yang telah dinyatakan lolos seleksi abstrak, wajib mengirimkan karya tulis ilmiah lengkap dan melakukan registrasi pembayaran.

Karya tulis dikirimkan dalam bentuk softcopy dengan format PDF dan docx melalui email: upiexpokimia@gmail.com dengan format subjek C3_Nama Ketua_Asal Perguruan Tinggi_Subtema_Tiga kata pertama judul karya tulis. 4. Pembayaran uang registrasi bersamaan dengan pengumpulan softfile Karya Tulis

Ilmiah sebesar Rp. 100.000,- per karya tulis ke No. Rekening 0393622036 (Bank BNI) A.n. Chindiar Rizka Alifia (Harap Melampirkan Bukti Pembayaran dalam full paper) setelah melakukan pembayaran dan pengiriman Full Paper diharap ketua kelompok melakukan konfirmasi via sms dengan format C3_Nama Ketua_Asal Perguruan Tinggi_Subtema_Tiga kata pertama judul karya tulis ke nomor Widya Nourma Azizah (081217170046).

(4)

5. Setiap tim yang dinyatakan lolos seleksi masuk 10 besar berhak melanjutkan ke tahap presentasi di Universitas Pendidikan Indonesia.

6. Karya tulis yang dikirim dalam bentuk softcopy juga menyertakan dokumen-dokumen antara lain:

a. Lembar Orisinalitas Karya

b. Scan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) setiap anggotanya dalam satu tim, sebanyak satu buah dengan format .jpeg

c. Scan/fotocopy bukti pembayaran dengan format .jpeg

G.KETENTUAN ABSTRAK

1. Diketik dalam kertas berukuran A4 dengan batas pengetikan: samping kiri 4 cm, samping kanan 3 cm, batas atas 3 cm, batas bawah 3 cm.

2. Ditulis sebanyak 250 – 500 kata dalam satu paragraf.

3. Judul Karya Tulis ditulis tebal (bold) dengan alligment tengah (center) dan space after 12.

4. Di bawah judul Karya Tulis, diketik semua nama penulis dengan nama penulis utama ditulis paling depan dan dosen pembimbing.

5. Di bawah nama penulis diketik asal Universitas atau instansi pendidikan penulis. Antara nama penulis dan asal instansi tidak diberi jarak.

6. Di bawal asal Universitas atau instansi pendidikan diberi jarak sebanyak dua kali

Enter.

7. Abstrak diketik dengan Alligment rata kiri kanan (justified), tidak menjorok dan diberi spaceafter 12.

8. Di bawah abstrak, diketik secara alfabetis minimal tiga kata kuci dari Karya Tulis yang diangkat. Kata kunci diketik miring (italic) dan diawali dengan kata “Kata Kunci” yang dicetak tebal (bold) dan miring (italic) serta diberi tanda titik dua ( : ) setelahnya.

9. Semua huruf yang digunakan dalam judul, nama penulis dan instansi, abstrak, serta kata kunci menggunakan font Times New Roman 12 spasi 1.0.

(5)

Abstrak dikirimkan dalam bentuk Word 2007 (.docx) dan PDF melalui email

upiexpokimia@gmail.com

H.KETENTUAN KARYA TULIS

Karya tulis yang dikirimkan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

1. Karya tulis harus bersifat original, tidak meniru karya orang lain / plagiat, belum pernah / sedang dipublikasikan atau diikutsertakan dalam kompetisi apapun. 2. Karya tulis disampaikan dalam bentuk yang sistematis, runtut, dan didukung oleh

data atau informasi yang terpercaya.

3. Karya tulis dapat mempresentasikan gagasan kreatif, inovatif dan solutif dari Peran Ilmu Kimia dalam Mengatasi Masalah Lingkungan.

4. Karya tulis harus sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

5. Karya tulis yang tidak sesuai format dan ketentuan dinyatakan gugur. 6. Karya tulis ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baku dan ilmiah. 7. Mengikuti sistematika penulisan yang ditetapkan (format terlampir). 8. Naskah ditulis menggunakan aplikasi pengolah kata Microsoft Word.

I. TAHAP SELEKSI

Seleksi dan penilaian dilaksanakan secara berjenjang yaitu babak kualifikasi (desk evaluation) dan babak final melalui proses:

1. Proses Seleksi Abstrak

a. Seleksi kelengkapan administrasi.

b. Seluruh abstrak yang terdaftar sesuai persyaratan akan dinilai oleh dewan juri. c. 100 tim dengan karya terbaik diwajibkan mengirimkan karya tulis ilmiahnya

untuk menentukan 10 tim terbaik.

d. Pengumuman Finalis 100 besar akan disampaikan oleh panitia pada Minggu, 1 Juli 2018 melalui sms, email, dan dipublikasikan di

expokimiaupi.weebly.com

2. Proses Seleksi Full Paper

(6)

b. Seluruh karya tulis yang terdaftar sesuai persyaratan akan dinilai oleh dewan juri.

c. 10 tim dengan karya terbaik akan diundang untuk melakukan presentasi karya di Universitas Pendidikan Indonesia untuk menentukan juara I, II, III, best paper dan best presentation.

d. Pengumuman Finalis 10 besar (Grand Final) akan disampaikan oleh panitia pada Jumat, 27 Juli 2018 melalui sms, email, dan dipublikasikan di

expokimiaupi.weebly.com

3. Grand Final

a. Finalis yang dinyatakan lolos ke tahap grand final berhak mengikuti rangkaian acara EXPO Kimia 2018 yang akan dilaksanakan pada Rabu, 8 Agustus 2018 – Sabtu, 11 Agustus 2018.

b. Pengumpulan slide presentasi dilakukan pada saat Technical Meeting pada

Jumat, 10 Agustus 2018.

c. Peserta berpakaian rapi, sopan, bersepatu, dan memakai jas almamater perguruan tinggi masing-masing pada saat acara berlangsung.

d. Peserta akan tampil dan mempresentasikan karya tulisnya di hadapan dewan juri dengan alokasi waktu presentasi masing-masing peserta adalah:

Presentasi karya tulis maksimal 10 menit

Tanya-jawab dengan dewan juri maksimal 20 menit

e. Peserta diperbolehkan menggunakan sarana dan prasarana yang sesuai dengan isi dari presentasi. Sarana dan prasarana dipersiapkan dan dibawa sendiri oleh peserta.

f. Tim yang tidak hadir pada saat presentasi dinyatakan gugur sebagai finalis dan keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.

J. HADIAH DAN PENGHARGAAN

Peserta LKTI yang terpilih masuk menjadi 10 finalis akan mendapatkan sertifikat finalis. Bagi pemenang (Juara I, II, III, best paper, dan best presentation)

(7)

diberikan penghargaan berupa Sertifikat dan trophy serta dana pembinaan sesuai dengan peringkatnya:

Juara 1 : Sertifikat + trophy + trophy bergilir Rp. 3.000.000,- Juara 2 : Sertifikat + trophy + Rp. 2.000.000,-

Juara 3 : Sertifikat + trophy + Rp. 1.000.000,-

Best Paper : Sertifikat

Best Presentation : Sertifikat

K.KETENTUAN PENULISAN FULL PAPER 1. Bagian Awal

a. Halaman Judul

1) Judul diketik dengan huruf besar, ekspresif, sesuai, dan tepat dengan masalah yang ditulis, serta tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda. 2) Nama penulis dan nomor induk mahasiswa ditulis dengan jelas.

3) Perguruan tinggi asal ditulis dengan jelas. 4) Tahun penulisan.

b. Halaman Pengesahan (format terlampir). c. Kata Pengantar

d. Daftar Isi

e. Berupa daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.

f. Abstrak

Disusun maksimal 500 kata yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan, kesimpulan dengan kata kunci.

2. Bagian Inti

a. Pendahuluan

Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut: 1) Latar belakang

(8)

3) Tujuan dan manfaat b. Tinjauan Pustaka

1) Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji.

2) Uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji. 3) Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.

c. Metode Penulisan

Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan atau informasi, pengolahan data dan atau informasi, analisis-sintesis, mengambil simpulan, serta merumuskan saran atau rekomendasi.

d. Pembahasan

Analisis permasalahan didasarkan pada data dan atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.

e. Penutup

1) Kesimpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan menjawab tujuan.

2) Saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi ide yang diusulkan.

3. Bagian Akhir

a. Daftar Pustaka menggunakan Sistem APA.

b. Daftar Riwayat Hidup peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.

c. Lampiran.

L. PERSYARATAN PENULISAN FULL PAPER

1. Naskah ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baku, minimal 15 halaman dan maksimal 25 halaman terhitung dari bagian inti hingga daftar pustaka. Jika

(9)

terdapat jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan, maka hal tersebut dapat mengurangi penilaian.

2. Bahasa Indonesia yang digunakan hendaknya baku dan benar dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, dsb, yg, dgn, dan lain-lain.

3. Naskah diketik 1,5 (satu setengah) spasi pada kertas berukuran A4 dengan font size 12, Times New Roman, jarak pengetikan 4 cm dari samping kiri, 3 cm dari sampingkanan, 3 cm dari batas atas, 3 cm dari batas bawah.

(10)

LAMPIRAN

Lampiran 1. Halaman Cover

LOMBA Chemistry Creative Contest Mahasiswa Nasional

EXPO KIMIA 2018

JUDUL KARYA TULIS

………..

Sub Tema

(……….……….)

LOGO

PERGURUAN

TINGGI

Oleh :

Nama Ketua Kelompok NIM Angkatan

Nama Anggota Kelompok NIM Angkatan

Nama Anggota Kelompok NIM Angkatan

(Penulisan nama ketua maupun anggota kelompok harus menyertakan

NIM dan Angkatan)

NAMA PERGURUAN TINGGI

KOTA

(11)

Lampiran 2. Lembar Pengesahan HALAMAN PENGESAHAN 1. Judul : 2. Ketua Kelompok a. Nama Lengkap : b. NIM : c. Jurusan : d. Perguruan Tinggi : e. Alamat Rumah : f. No. Telp/Hp : g. Alamat Email : 3. Anggota Kelompok/Penulis

a. Nama Lengkap Anggota 1 : b. Nama Lengkap Anggota 2 : 4. Dosen Pendamping

a. Nama Lengkap dan Gelar :

b. NIP :

c. Alamat Rumah :

d. No. Telp/Hp :

Nama Kota, ... 2018 Mengetahui,

Dosen Pendamping Ketua Kelompok

(Nama Dosen Pendamping) (Nama Ketua Kelompok)

NIP. NIM.

Menyetujui,

Wakil/Pembantu Rektor/Dekan Bidang Kemahasiswaan Perguruan Tinggi

(Wakil/Pembantu Rektor/Dekan Bidang Kemahasiswaan) NIP.

(12)

Lampiran 3. Surat Pernyataan Orisinalitas

SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS

Yang bertandatangan di bawah ini :

Nama : _________________________________________

Tempat/Tanggal Lahir : _________________________________________

NIM : _________________________________________

Fakultas/Universitas : _________________________________________

Alamat Rumah : _________________________________________

Dengan ini menyatakan bahwa karya tulis dengan judul

“_____________________________________________________________________ _____________________________________________________________”

Belum pernah dipublikasikan, diikutsertakan maupun menjuarai Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Mahasiswa sebelumnya dan tidak mengandung unsur plagiat. Demikianlah pernyataan ini dibuat dalam keadaan sadar dan tanpa ada unsur paksaan

dari siapapun untuk keperluan pengajuan Chemistry Creative Contest Nasional EXPO

Kimia 2018. Jika diketahui menyalahi aturan, karya saya berhak didiskualifikasi dari perlombaan tersebut.

Kota, Tanggal Bulan Tahun Yang Membuat Pernyataan

Materai 6000

(Ketua Tim)

(13)

Lampiran 4. Biodata Peserta dan Dosen Pembimbing

BIODATA KETUA KELOMPOK

Nama Lengkap :

NIM :

Program Studi/Jurusan :

Fakultas :

Tempat dan Tanggal Lahir :

Alamat :

E-mail :

No. Telp/Hp :

Karya Tulis Ilmiah : (yang pernah dibuat)

Penghargaan di Bidang Ilmiah :

BIODATA ANGGOTA 1

Nama Lengkap :

NIM :

Program Studi/Jurusan :

Fakultas :

Tempat dan Tanggal Lahir :

Alamat :

E-mail :

No. Telp/Hp :

Karya Tulis Ilmiah : (yang pernah dibuat)

Penghargaan di Bidang Ilmiah :

BIODATA ANGGOTA 2

Nama Lengkap :

NIM :

Program Studi/Jurusan :

Fakultas :

Tempat dan Tanggal Lahir :

Alamat :

E-mail :

No. Telp/Hp :

Karya Tulis Ilmiah : (yang pernah dibuat)

(14)

BIODATA DOSEN PEMBIMBING

Nama Lengkap dan Gelar :

NIP :

Tempat dan Tanggal Lahir :

Alamat :

E-mail :

No. Telp/Hp :

(15)

Lampiran 5. Foto Anggota dan Scan KTM Ketua Kelompok (Foto 3x4) (Scan KTM) Anggota I (Foto 3x4) (Scan KTM) Anggota II (Foto 3x4) (Scan KTM)

(16)

Untuk lebih lanjut bisa hubungi :

Narahubung : Jelita Indrianti (08716197238)

Widya Nourma Azizah (081217170046)

Website : expokimiaupi.weebly.com

E-mail : upiexpokimia@gmail.com

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :