Contoh Pidato Amanat Pembina Upacara Hari Senin Tentang Kejujuran

5335  Download (1)

Teks penuh

(1)

Contoh Pidato Amanat Pembina Upacara Hari Senin Tentang Kejujuran

Alhamdulillah wa syukurillah, pada kesempatan yang berbahagia ini kita semua dapat berkumpul lagi di lapangan ini untuk melaksanakan kegiatan upacara bendera hari senin yang wajib diikuti dan dilaksanakan oleh kita semua sebagai insan yang aktif di dunia pendidikan.

Pertama-tama, mari kita mengucap syukur dan memanjatkan puji kepada Tuhan semesta alam yang telah menciptakan dan mengkarunia kita semua dengan kenikmatan yang amat sangat banyak dan mungkin tak akan terhitung besarnya.

Salawat beserta salam semoga tetap tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad SAW, keluarganya, sahabatnya, dan semoga sampai kepada kita sebagai umat beliau.

Kepala sekolah, staf guru, dan TU yang saya hormati, serta siswa-siswi ... yang saya banggakan. Ibu berdiri di podium ini akan menyampaikan amanat sepatah dua patah kata dengan tema tentang kejujuran.

Kejujuran berasal dari kata jujur yang berarti menyampaikan sesuatu apa adanya. Kejujuran adalah sikap positif yang perlu dibudayakan. Ada sebuah peribahasa katakan sebuah kebenaran walaupun pahit. Peribahasa itu merupakan isyarat bagi kita yang memberitahukan betapa pentingnya sebuah kejujuran. Tak ada

keberhasilan tanpa kerja keras, dan tiada keberhasilan yang bermakna kecuali dengan kejujuran.

(2)

mengakui sesuatu ketika seseorang bertanya tentang kebenaran. Kemarin saya berjalan di belakang seorang siswa 'A' dan siswa tersebut berjalan juga di depan siswa 'B'. Ketika berjalan, uang siswa 'B' terjatuh tanpa ia sadari. Kemudian apa yang saya lihat, tahukan kalian? Siswa 'A' ternyata menginjak uang tersebut di kakinya. Mungkin dia akan mengambil uang itu setelah tidak ada orang yang melihat.

Kasus kedua, saat saya mengadakan ulangan di kelas. Waktu itu ibu sudah selesai membahas materi IPA tentang pertumbuhan dan perkembangan. Ketika

membagikan soal, saya memberikan waktu kepada semua siswa untuk membaca sebentar sebelum ulangan dimulai. Apa yang mereka lakukan saat saya suruh baca? Sebagian di antara siswa ada yang benar-benar membaca, dan beberapa diantaranya sedang asyik membuat catatan kecil untuk nyontek. Setelah jatah membaca yang saya berikan itu habis, seluruh siswa saya suruh untuk

mengumpulkan buku dan LKS miliknya dengan harapan mengerjakan soal ulangan dengan jujur. Walaupun beberapa orang ada yang berbuat tidak jujur, tapi

setidaknya saya tahu bahwa di 'A' dan teman-temannya kurang jujur.

Itulah gambaran kecil perilaku yang mencerminkan bahwa anak sekarang mulai mengalami degradasi mental dalam hal kejujuran. Sadar ataupun tidak, semua yang dilakukan siswa tersebut akan berpengaruh terhadap perkembangan mentalnya di masa depan. Jika kebiasaan itu terus dibiasakan maka akan terbentuklah mental-mental calon koruptor baru di masa yang akan datang.

(3)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...