SELAMAT BELAJAR!!! bukuaktivasiotak.com

86 

Loading.... (view fulltext now)

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)
(2)
(3)

SELAMAT BELAJAR!!!

(4)
(5)

WA/HP : 0813-1237-1771

BUKUAKTIVASIOTAK.COM

(6)

Mengapa

manusia

dinobatkan

sebagai

mahluk yang paling mulia dibandingkan dengan

mahluk lainya?. Mengapa manusia selalu menjadi

mahluk yang terdepan dibandingkan dengan mahluk

lainya?. Mengapa manusia dipilih oleh sang maha

kuasa menjadi pemimpin (khalifah) di bumi ini?.

Jawabanya adalah karena manusia memiliki otak

dan pikiran. Loh,.. memangnya apa keistimewaan

otak dan pikiran?, jika anda bertanya seperti itu

maka kewarasan anda di pertanyakan (bercanda).

Ketika kita berbicara tentang otak, maka hal yang pertama terbayang adalah tentang segala akar potensi manusia (potensi kok bawa-bawa akar ya..?).

PENDAHULUAN

(7)

Segala sesuatu yang manusia bisa lakukan semuanya telah tersimpan dan telah membentuk sebuah pola didalam otak. Itu sebabnya Mengapa manusia dinobatkan sebagai mahluk yang mulia diantara mahluk-mahluk tuhan yang lainya, ya jelas saja manusia kan punya alat (tools) yang sangat super canggih dibandingkan segala alat-alat yang canggih yang terdapat dimuka bumi ini. Coba bayangkan oleh anda, seandainya manusia tidak pernah memiliki otak mungkin kita tidak akan ada bedanya dengan binatang.

Memangnya anda mau disamakan dengan

ayam peliharaan tetangga anda?. Pasti jawabanya

tidak mau kan?. Untuk itu Mulai dari saat ini,

gunakanlah otak anda. Maka dari itu simak

baik-baik ceramah ini sampai benar-benar mengerti

ORAII,...?

(Allright)

(8)

Jawabanya adalah benar, namun disini manusia lebih mulia dari pada binatang karena memiliki otak. Banyak sekali yang dapat dilakukan manusia dengan otaknya. Segala perubahan dan kemajuan zaman adalah bersumber dari otak manusia “YANG BERFIKIR”. Mengapa tidak?, setiap hari manusia selalu berpikir, terutama para ilmuan.

Mereka selalu memikirkan bagaimana caranya untuk merubah peradaban yang serba sulit menjadi serba mudah, dari zaman ONTA menjadi zaman TOYOTA, dari zaman ONTEL jadi zaman HOTEL, dari zaman BATU jadi zaman KARTU (kartu apa

saja yang penting anda senang, hehe) terbukti kan, hasil dari

proses berfikir manusia? Coba saja!.

Benarkah Manusia Itu binatang yang berpikir?

(9)

Dengan daya kreatifitas otak manusia mampu merubah dan membawa kemajuan zaman. Dari zaman KUDA sampai zaman HONDA, dari zaman BATU menjadi zaman SEPATU, dari rasa yang KAKU sampai terlahir KEJU, dari zaman KAYU sampai zaman PAKU, dari zaman BERHALA sampai zaman PAHALA dan begitulah seterusnya. Oraii,..?? (allright)

Bukan hanya itu kontribusi terbesar otak manusia terhadap kehidupan. Terlebih adalah sebagai memory

penyimpanan yang luarbiasa. Karena otak adalah hardware yang memliki kapasitas yang luarbiasa tidak terbatas. Berbagai macam ilmu dapat disimpan didalam otak dalam waktu yang lama dan bahkan bisa juga bersifat abadi.

(10)

Ilmu dan otak adalah sepasang kekasih

yang tidak bisa dipisahkan, karena otak memang

sudah didesain sebagai media penyimpanan

ilmu. Dengan ilmu manusia bisa menjadi mulia

dan derajat bisa terangkat. Dengan ilmu Manusia

bisa terbang bagaikan burung melayang bebas

diangkasa, dengan ilmu manusia bisa berenang

bahkan menyelam dilautan bebas bagaikan

seekor ikan, dengan ilmu manusia bisa merubah

peradaban, dengan ilmu manusia bisa, bisa dan

bisa semua dengan ilmu. Jadi bukanlah hal yang

tidak mungkin jika anda menjadi orang besar

dikemudian hari, asalkan ada ilmunya.

(11)

bukuaktivasiotak.com

KENALI

POTENSI

DIRI

(12)

Otak manusia diibaratkan alam semesta. Pernyataan ini tidak berlebihan. Hal ini berhubungan dengan potensi atau kapasitas otak itu sendiri. Berikut fakta atau pernyataan dari beberapa ilmuan:

• Jika seluruh informasi buku perpustakaan di dunia atau seluruh informasi jaringan telekomunikasi di dunia dimasukan kedalam otak , otak manusia tidak akan penuh.

• Jika setiap detik dimasukan 10 informasi sampai kita meninggalkan ke dalam otak kita, misalnya sampai umur 100 tahun, otak manusia belum terisi separuhnya.

• Kapasitas otak manusia adalah angka satu diikuti angka nol yang panjang 105 juta kilometer angka standar.

Gambarannya adalah jika kita mengetik angka nol dengan menggunakn huruf standar pada laptop, panjangnyahanya 30-40 cm.

bukuaktivasiotak.com

A. KENALI POTENSI DIRI

(13)

Deretan nol sepanjang 105

juta

kilometer

adalah

sebanding

dengan

perjalanan bumi ke bulan

sebanyak 14 kali pulang

pergi.

• Potensi otak manusia yang

digunakan rata-rata hanya

sekitar

0.0001% potensi

otak

manusia

sesungguhnya.

(14)

Rahasia Kecerdasan

POTEN

SI DIRI

POTEN

SI DIRI

POTENSI

DIRI

(15)

Para ahli jiwa pada tahun 1950 meneliti bahwa potensi otak manusia yang digunakan rata-rata hanya sekitar 50%, tahun 1970 sebesar 10%, tahun 1980 sekitar 1%, dan tahun 1990 yaitu 0.01%, dan berapakah rata-rata potesi otak manusia yang digunakan sekarang? Kurang lebih 0.0001%. wow sungguh luar biasa fantastis. Penurunan potensi otak manusia di atas bukanlah gambaran penurunan otak manusia yang digunakan, tetapi gambaran semakin akuratnya alat yang digunakan untuk mengukur potensi rata-rata otak manusia.

Nah itulah gambaran hebatnya atau dahsyatnya potensi (kapasitas) otak manusia. Kali ini kita tidak membahas secara lebih detail. Informasi di atas cukup untuk menyakinkan kekuatan otak kita. Dan, buku ini sementara berfokus pada materi daya ingat.

POTENSIDIRI

(16)

Sebagai informasi tambahan untuk memperkuat dasar teori yang melatar belakangi tentang memori, berikut ini saya tambahkan teori modern mengenai ingatan.

Perkembangan penelitian tentang masalah ingatan sangat banyak dibantu oleh kemjuan-kemajuan dalam bidang teknologi dan metodologi pada abad -20. Hampir semua ahli psikologi dan pemikir dalam bidang ini menyetujui bahwa ingatan terletak dalam celebrum (otak besar), atau suatu bagian otak yang menutupi permukaan yang disebut neocortex. Berikut gambar dari bagian-bagian otak tersebut.

(17)

Otak manusia terdiri dari tiga bagian utama yaitu

Neocortex, Limbic System, dan Replitian Complex. Dan berikut

ini adalah fungsi dari bagian-bagian tersebut:

Reptilian Complex: bagian otak dekat dengan bagian atas leher disebut juga otak reptile, karena mirip dengan otak reptile berdarah dingin. Ia mengendalikan sebagian besar fungsi narulilah tubuh, seperti bernafas.

Limbic system : Disebut juga otak mamalia tua yang mirip dengan otak mamalia berdarah panas lainnya. Ia mengendalikan emosi, seksualitas, dan berperan penting dalam memori.

Neocortec : otak ini digunakan untuk berpikir, berbicara, melihat, mendengar, dan menciptakan.

(18)

Neocortex sendiri terdiri dari dua bagian. Hal ini

sesuai dengan penelitian Profesor Roger Sperry

yang

mendapatkan

hadiah

nobel

setelah

menemukan bahwa kita memiliki sebuah otak yang

terbagi ke dalam dua bagian fisiologis

otak

kiri dan kanan

, yang masing masing

berkaitan

dengan

fungsi-fungsi

mental

yang

berbeda.

(19)
(20)

Otak manusia akan optimal jika otak kanan dan kirinya seimbang. Nah inilah kunci ingatan super kita.

Pada umumnya manusia, khususnya di Indonesia lebih cenderung menggunakan otak kiri saja yang lebih dominan, terutama dalam mengingat. Ini sesuai dengan penelitian di habibie Center bahwa hanya tiga persen penggunaan otak kanan di Indonesia. Dan tentu saja ingatan tersebut menjadi tidak kuat atau ingatan tersebut menjadi jangka pendek sesuai dengan sifat otak kiri pada gambar diatas.

Nah dalam Slide ini akan dibahas bagaimana mengingat, dengan melibatkan otak kanan. Ingatan anda akan menjadi ingatan jangka panjang.

(21)

Bagaimana cara melibatkan otak kanan dalam mengingat? Temukan

rahasiahnya di dalam E-Book ini tentunya!

Penenmuan lain tentang otak manusia yaitu sejumlah ahli teori kembali pada pandangan seperti yang dikemukakan Flourens, yang menyatkan bahwa semua bagian otak mungkin mengandung semua ingatan. Model ini didasarkan pada fotografi hologram.

Dalam bahasa sederhana, sebuah plat foto hologram adalah semacam potongan kaca dimana apabila ada dua sinar laser yang dilewatkan melalui sudut yang tepat, akan menghasilkan gambar atau foto tiga dimensi yang agak kabur. Salah satu hal yang cukup mengherankan dari plat foto hologram ini adalah bahwa jika anda memecahkannya menjadi 100 bagian dan mengambil salah satu bagian tersebut serta megarahkan dua sinar laser melewatinya, anda tetap akan memperoleh gambar yang sama (meskipun lebih kabur).

(22)

Dengan demikian, semua bagian dari plat foto ini memiliki catatan kecil seluruh gambaran.

David Bohm, seorang ilmuan inggris, barsama sejumlah rekannya menyatakan bahwa otak memiliki karakter yang serupa. Dengan kata lain, masing-masing sel otak (dari jutaan yang ada), bertindak sebagai otak kecil yang mencatat semua pengalaman kita dengan menggunakan peralatan yang kita miliki. Meskipun teori ini kedengarannya sangat fantastic namun masih jauh dalam menjelaskan tentang ingatan-ingatan yang sempurna dalam mimpi ingatan acak secara tiba-tiba, ingatan dari para pengingat sempurna, statistika eksperimen Rosensweig, hasil eksperimen

penfield, hasil-hasil matematis Anokhin, dan ingatan dari

pengalaman-pengalaman mendekati kematian.

(23)

Saat ini bisa dikatakan bahwa kita masih berada di ambang dunia pengetahuan baru yang menakjubkan, serupa dengan orang-orang pertama yang mulai menjelajahi bumi setelah mereka mengetahui bahwa mereka bisa membuat perahu.

Untuk itu mari kita bersama-sama untuk selalu belajar dan belajar lagi untuk mencapai kesuksesan!

(24)
(25)

Tidak lebih besar dari seuntai anggur, ia bahkan lebih kecil dari sebuah kol. Anda dapat memegangnya dengan sebuah tangan. Kurang lebih beratnya hanya sekitar 1,5 kg. namun ia beribu kali lebih hebat daripada komputer yang terhebat didunia. Dan ia adalah milik anda.

Otak anda yang ajaib memiliki 100 miliar sel saraf aktif atau neuron, dan 900 miliar sel sel lain yang merekatkan, memelihara dan menyelubungi sel-sel aktif. Jadi total keseluruhan sel otak anda adalah 1 triliun sel otak. Luarbiasanya lagi, setiap satu dari 100 miliar neuron tersebut dapat tumbuh bercabang hingga sebanyak 20.000

(26)

Bayangkan saja oleh anda, jika tuhan tidak berbaik hati kepada kita mungkin otak yang luarbiasa ini tidak akan pernah kita miliki. Dan bayangkan saja jika kebutuhan bahan bakar otak kita harus memakai bensin mungkin kerepotan saat BBM naik, atau listrik 220 volt wah bisa repot tuh kayak radio aja 220 volt.

Inilah kedahsyatan otak kita, bahan bakarnya cukup dengan glukosa dan oksigen saja. Luarbiasa hemat kan?. Nah kalau sudah tahu begini mestinya kita harus sering-sering saja bersukur supaya kedahsyatan otak kita selalu terjaga dan semakin lama semakin dahsyat. Oraii...!!! (allraight)

(27)

Pantaskah Kita Mengeluh?

(28)

“bahwa tuhan memberikan kemampuan kepada manusia tidak terbatas, hanya saja manusialah yang membatasinya” (Muvtizar Solichin).

Bahkan pernah ada yang menghitung, jika kita ingin membuat komputer yang daya pemrosesanya melebihi kapasitas otak manusia harus membuat komputer super yang luasnya lima puluh kali lapangan sepak bola dan tinginya setinggi patung liberty, woooow.. greaaaaat…!. Wah memangnya patung liberty setinggi apa?, jika anda bertanya seperti itu maka jawabanya saya belum tau, soalnya belum pernah ngukur. Jadi silahkan ukur saja sendiri. Hehe..

“otak anda dapat terus belajar sejak lahir sampai akhir hayat” (Mariand

Diamond).

(29)

Memiliki dua sisi yang bekerja secara harmonis diantaranya adalah otak kiri yang bersifat akademis, dan otak kanan yang bersifat kreatif. Inilah bagian otak yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia, kiri dan kanan.

(30)
(31)

Bagian ini sangat erat kaitanya dengan segala bentuk perhitungan yang bersifat eksak dan logik. Ada yang mengatakan bahwa otak kiri adalah otak yang rasional, terarah, teratur dan sistematis. Matematika, fisika, kimia adalah sahabat dekat otak kiri. Jadi jika diantara anda ada yang jago matematika atau fisika berarti dia sangat kuat otak kirinya. Hal inilah yang sering bahkan sudah melekat di dunia pendidikan sejak SD sampai perguruan tinggi. semua selalu di identikan dengan angka.

Jika anda menemukan seseorang atau mungkin teman anda sendiri yang sangat hebat dalam masalah kalkulasi berarti dia sangat bagus otak kirinya. Dan orang yang seperti ini cenderung selalu memiliki pemikiran yang selalu sistematis dan harus rasional.

(32)

Jika satu ditambah satu jawabanya harus samadengan dua dan tidak boleh ada jawaban lain selain jawaban itu, karena pemikiran otak kiri dan segala cabang ilmunya harus yang tepat dan tidak ada jawaban lain.

Dengan kata lain hanya ada satu jawaban dari setiap pertanyaan atau soal tertentu.

(33)

Lalu apakah orang yang hebat dalam perhitungan seperti matematika, fisika dan ilmu kalkulasi lainya bisa disebut pintar?. Jawabanya adalah bisa. Dan apakah orang yang lemah dalam perhitunganya namun dia pandai dalam dunia yang lain seperti olahraga atau seni adalah bodoh?. Jawabanya adalah tidak, justru mereka juga orang-orang yang pintar.

Pintar dalam bidangnya masing-masing tentunya. Coba saja kita test, anggap saja di hadapan anda ada Justin Biber dan mentri pendidikan Indonesia. Menurut anda, kira-kira siapa yang paling pintar dan cerdas?, justin kah atau mentri pendidikan kah?. Ayo siapa?, anda bingung?, jika anda bingung berarti anda yng bodoh (hehe bercanda ^_^). Jika anda jawab “mentri pendidikan dong yang paling pinter” emhh ini jawaban yang kurang tepat.

(34)

Kalo dalam hal ini harusnya kita tanya lagi, pintar dalam hal apa dulu? Dan bodoh dalam hal apa dulu?. Kalo mentri pendidikan di suruh nyanyi paling justin bilang “you are stupid” sambil bibirnya monyong. Dan kalo justin di suruh mengatur semua pendidikan yang ada di Indonesia ya jelas kewalahan kan?. Jadi pada intinya tidak ada yang pintar dan yang bodoh, hanya saja meraka “yang belum tahu” dan “yang belum bisa”

oraii,..??(Allright)

(35)

Seringkali kita saksikan dilingkungan kita, saat seorang anak selalu mendapatkan nilai yang kurang baik dalam pelajaran matematika dan fisika kemudian orangtuanya malah memarahi anaknya dengan kata-kata yang tidak membangun seperti “dasar anak bodoh, disuruh belajar malah main tenis terus, disuruh belajar malah main bola terus”.

Sebetulnya inilah yang kan mematikan potensi anak. Bayangkan saja jika suatu saat nanti anak tersebut menjadi atlet tenis atau pemain sepakbola kelas dunia. Apakah itu tidak wajar disebut pintar?. Padahal itu merupakan sebuah prestasi yang luarbiasa bukan. Berarti anak tersebut pintar mengolah otak kananya.

(36)

Secara garis besar inilah fungsi otak kiri • Berdasar pada fakta

• Kata-kata dan bahasa • Masa kini dan masa lalu • Matematika dan sains • Dapat memahami • Mengetahui

• Mengakui

• Berwawasan pada kerapian/susunan • Mengetahui nama obyek

• Berdasarkan pada kenyataan • Membuat strategi

• Praktis • Aman

(37)
(38)

Otak kanan adalah otak yang bersifat intuitif, imajinatif, emosi, simpati, visualisasi, kreatif dan lain-lain. Otak kanan pada dasarnya adalah otak yang menghubungkan manusia dengan tuhanya dengan kata lain otak kanan memiliki sifat istimewa yaitu spiritualitas.

Dan otak kanan ini merupakan gerbang menuju pikiran bawah sadar. Disinilah segi kreatifitas dan perasaan manusia diolah dengan sedemikian rupa. Jika anda pandai dalam bersosialisasi berarti anda mengunakan otak kanan anda. Jika anda seorang yang mempunyai mimpi besar dan anda optimis akan mimpi-mimpi itu, berarti anda sedang menggunakan otak kanan anda. Berikut adalah keistimewaan yang dimiliki oleh otak kanan.

(39)

Ippho Santosa dalam bukunya, dengan tegas menjelaskan bahwa otak kanan adalah otak minoritas. Katakanlah otak kanan dan kiri itu berguna. Otak kanan telah di lalaikan dan diabaikan selama ini. Sungguh itu patut disayangkan!, pendidikan konvensional, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi selalu dan terlalu banyak mencerdaskan otak kiri.

Terlebih-lebih pendidikan pasca sarjana. Menurut Ippho, “makin tinggi makin kiri”. Hanya pendidikan di TK dan

playgroup yang masih menaruh perhatian pada otak kanan.

Mengapa disebut golongan minoritas?. Ya karena sedikit yang menggunkanya.

(40)

Alur pikiran golongan minoritas yang sangat kreatif, intuitif, imajinatif, implusif (tidak terencana), difus (tidak focus satu) dan lateral (tidak runtut) ini jelas-jelas tidak nyambung dengan alur pikiran mayoritas, dan pada akhirnya disebutlah pemberontak. Dan pasti orang sukses itu adalah orang minoritas.

(41)

Bukan hanya itu, pada faktanya orang yang cenderung berpikir kanan terkadang dianggap gila. Mengapa?, karena terlihat dari alur pikiranya yang tidak pernah runtut dan sistematis. Orang-orang yang berpikir dengan otak kanan cenderung tidak rasional namun bisa juga dirasionalkan. Dan sampaikapanpun pemikiran otak kanan dan otak kiri tidak akan pernah nyambung namun berjalan beriringan saling melengkapi, disinilah kekuasaan Allah swt.

Dan pemikiran kaum minoritas ini kerap selalu dianggap gila dengan pola pikir yang tidak rasionalnya. Dan terbukti, ternyata dunia ini dimajukan oleh orang-orang gila. Albert Einstein dan alfa Edison adalah contoh orang gila yang berhasil merubah peradaban dunia dengan impian yang menghasilkan sebuah karya dari ketidakrasionalanya.

(42)

Karena keyakinan itu terletak pada otak kanan, tanpa keyakinan untuk sukses sampaikapanpun anda tidak akan pernah merasakan sukses. Kesuksesan itu lebih dari 80% ditentukan oleh otak kanan, lantaran tak tercerainya antara otak kanan dengan EQ dan SQ, sedangkan otak kiri, disinilah IQ berpusat.

2. OTAKKANAN, ADALAH OTAKKESUKSESAN

(43)

Peganglah baik-baik kutipan religius yang berbunyi “mulailah dengan yang kanan” penafsiranya menurut Ippho dan juga Ari Ginanjar “mulailah dengan otak kanan” atau

“utamakan Otak kanan”

Kalau Al-Quran memuat golongan kanan, maka injil memuat istilah sebelah kanan. Bangsa Indonesia sendiri akrab dengan istilah ‘tangan kanan’. Burung garuda dalam pancasila pun menoleh ke kanan, bukanya ke kiri atau lurus ke depan. Sekali lagi, semua identik dengan kebaikan. Di Malaysia kanan berarti senior.

`Malah dalam bahasa inggris kebetulan kata ‘kanan’ dan kata ‘benar’ sama-sama diterjemahkan menjadi ‘right’.

3. OTAK KANAN, ADALAH OTAK KEBAIKAN

(44)

Maka pastinya boleh dong kalau kita berpendapat bahwa yang kanan itu hampir selalu benar. Kebetulan juga, dalam bahasa inggris kata ‘kiri’ dan kata ‘ketinggalan’ sama-sama diterjemahkan menjadi ‘left’. Maka saya boleh dong berasumsi bahwa yang kiri itu hampir selalu ketinggalan. Kalau sekarang sudah tahu, latas mau pilih yang mana, right ahead,

(45)

Dan coba anda perhatikan pada rambu-rambu di jalan raya,

“lajur kanan hanya untuk

mendahului”

, atau anda perhatikan saat anda akan menghentikan angkot atau taksi yang anda tumpangi, apa yang anda ucapkan?, “kiri” lalu si sopir langsung

menghentikan laju mobilnya. di masyarakat Indonesia sendiri ada pribahasa yang berbunyi “langkah kanan” atau tangan kanan, pokoknya semua serba kanan. Itu sekilas gambaran tentang otak kanan.

(46)

4. Otak Kanan,

Otak perasaan

(47)

Lagi lagi Ippho santosa (Pakar Otak kanan), berasumsi bahwa yang bisa anda sebut-sebut dengan ‘otak’ itu adalah otak kiri. Inilah otak kognitif, otak yang berpikir, otak yang erat kaitanya dengan IQ, dan otak yang menentukan kesuksesan 20% saja. Sebenarnya, yang biasa anda sebut-sebut dengan ‘hati’ adalah otak kanan. Inilah otak afektif, otak perasaan yang erat kaitanya dengan EQ dan otak yang menentukan 80% kesuksesan anda.

Jika agama dan budaya menyebut-nyebut ‘hati’ maka itu adalah kiasan atau majasi. Bukan organ tubuh bernama hati dan jantung yang sesungguhnya, melainkan otak kanan. Saat anda merasa was-was, gelisah, sedih, marah, senang dan hal-hal lainya, itu semua dirasakan oleh otak kanan anda. Namun otak kanan memerintahkan kepada jantung sehingga berdetak lebih kencang dan terasa berdebar-debar.Banyak orang yang dioperasi dan diganti hatinya namun sifatnya tetap tidak berubah, keimananya juga tetap tidak berubah.

4. OTAK KANAN, OTAK PERASAAN

(48)

Dan ketika seseorang dicangkok jantungnya dioperasi, terus apa yang terjadi, apakah orang itu meninggal, atau sifatnya dan keimananya berubah?. Tentu tidak bukan?. Namun jika terjadi ada seseorang yang mengganti otaknya (jika benar-benar terjadi), maka orang tersebut pasti akan lansung mati. Dan rupa-rupanya untuk merubah sifat manusia cukup dengan mencuci otaknya. Jelas sudah, otaklah yang menentukan dan otaklah yang tidak tergantikan.

(49)

Sebuah kutipan berbunyi, “sesungguhnya di dalam tubuh itu ada segumpal daging. Apabila segumpal ini baik, maka baiklah seluruh tubuh. Apabila segumpal ini rusak, maka rusaklah seluruh tubuh. Ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati”. Yang dimaksud dengan hati disisni adalah sebuah kiasan. Majasi, bukan hakiki. Karena yang dimaksud hati disini adalah otak, termasuk juga otak kanan.

Saking perhatianya terhadap otak, lagi-lagi Ippho santosa menegaskan, bukankah orang itu waras atau tidak tergantung otaknya. Bukankah orang itu mabuk atau tidak tergantung akalnya. Bukankah orang itu jahat atau tidak tergantung nurani atau god-spot-nya. Bukankah orang itu sehat atau tidak tergantung mindset-nya. Bukankah orang bahagia atau tidak tergantung mindset-nya.

(50)

Perbincangan mengenai otak memang sangat menarik dan pasti perlu waktu yang cukup lama untuk menjabarkanya. Yang jelas pada intinya otak adalah awal dari segala sesuatu yang dilakukan dan dimiliki oleh seseorang. Jadi otak ini wajib diasah dan selalu dipelihara. Sekali lagi saya tegaskan, wa-jib. Ingat wajib. Kecuali kalau anda ingin disamakan dengan kucing peliharaan saya. (jangantersinggung saya Cuma bercanda)

(51)

SIMULASI DAYA REKAM OTAK KANAN

Gambar ini saya dapatkan dari slide Prof. Ali Ramdani. Untuk memperjelas maksud dari gambar ini coba ikuti intruksi nya : pertama, coba anda perhatikan gambarnya kemudian cari ada sebuah titik-titik kecil diantara bentuk hati. Kemudian perhatikan dengan penuh konsentrasi titik ke tiga dari atas. Tarik nafas perlahan-lahan dan tetap fokus pandangan anda ke titik ketiga itu sampai hitungan ke duapuluh setelah selesai menghitung kemudian pejamkan mata anda dan rasakan apa yang ada dihadapan anda. Terus perjelas bayanganya sampai anda melihat sebuah objek gambar. Kemudian buka lagi mata anda dan lihatlah ke didinding tembok maka gambar itu akan terlihat dengan jelas dan semakin jelas. Rasakan saja, anda akan melihat wajah manusia ber jenggot”.

(52)

SIMULASI DAYA REKAM OTAK KANAN

petunjuknya hampir sama, namun titik yang harus anda perhatikan yaitu salah satu titik diatas hidung. Kebetulan disana titiknya hanya ada dua. Lakukan seperti tadi maka anda akan terkejut kehereanan. Gambar apa yang akan anda lihat?, yaitu presiden pertama kita. Jika anda berhasil, saya ucapkan selamat, dan bersyukurlah karena anda masih memiliki otak kanan. Segera ajak orangtua anda atau teman-teman anda jika perlu tetangga satu RW beritahu tentang hal ini. Ingat pesan saya, “suruh mereka punya

E-book nya ”,(^_^).

(53)

OTAKKANAN

Nah, dari uraian tadi telah dibahas panjang lebar mengenai

otak, terutama otak kiri dan otak kanan. Saya yakin tentunya anda sudah paham dan sedikitnya mendpatkan informasi serta gambaran mengenai otak anda.

Jika anda bertanya dalam benak anda, sebetulnya bagian otak mana yang paling bagus?, otak kiri atau otak kanankah?. Jika anda menjawab yang kiri, jawabnya salah, dan jika saya jawab yang kanan, itu juga kurang tepat. Yang jelas kedua-duanya adalah utama dan bagus.

Tanpa otak kanan kita tidak akan pernah memiliki perasaan dan mempunyai keyakinan, sedangkan tanpa otak kiri, kita tidak akan pernah menganal yang namanya rasional. Jadi kedua-duanya saling melengkapi dan bekerja beriringan. Namun tetap pesan saya, “dahulukanlah yang kanan”, sesuai perintah agama kita (jika

kebetulan anda muslim).

(54)

OTAKKANAN

Tenang saja jangan takut sengsara atau mendapat hal yang tidak baik, lakukan saja. Bukankah tuhan yang menciptakan kita dengan segala kelebihan dan kekuarangan kita?. Berarti tuhan pula yang akan bertanggung jawab akan kehidupan kita selama kita selalu menjalankan perintahnya dan selalu berusaha menjadi mausia yang terbaik. Dan sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang selalu menebarkan kebaikan.

Pesan saya, jika anda mendapatkan kebaikan dari tulisan ini, segeralah sampaikan pada rekan atau saudara anda, agar dunia ini menjadi baik dan positif.

(55)

OTAKKANAN

secara garis besar berikut adalah fungsi otak kanan :

- Menggunakan perasaan

- Berorientasi pada hal pokok/garis besar - Berdasar pada imajinasi

- Simbol dan gambar

- Masa kini dan masa depan - Filosofi dan agama

- Dapat “mengerti” - Percaya

- Menghargai

- Mengetahui fungsi obyek

- Berdasarkan pada imajinasi/fantasi - Menyajikan kemungkinan

- Nafsu

- Mengambil risiko

(56)

SAYA CENDERUNG KIRI ATAU KANAN YA?

Banyak

orang

yang mungkin belum

tau dia itu dominan

atau sering pakai otak

yang mana.

Tapi biar lebih

jelas dan anda

tau

Anda pemakai otak kiri

atau otak kanan kita

liat aja ciri-cirinya.

(57)

CIRI-CIRIYANG MENGGUNAKANOTAKKANAN:

• memilih kelas seni atau puisi daripada matematika atau sains

• ingin bekerja bidang kreatif,sosial,penasihat,guru,dll • percaya pada kekuatan imajinasi

• tidak suka hal-hal yang memeras otak • menyukai buku novel atau non fiksi

• bisa mengingat mimpi-mimpi dengan jelas • lebih suka menyewa DVD daripada berita

• mudah mengerti makna-makna foto dan gambar yang dilihat,daripada angka-angka

• suka menggunakan perasaan dan feelling yang kuat untuk mengambil keputusan

(58)

CIRI-CIRIYANG MENGGUNAKANOTAKKIRI :

• Bekerja sebagai dokter gigi, akuntan, penasihat

keuangan, progamer, peneliti,teknisi dan sebagainya • Suka baca koran, majalah atau buku fiksi, tapi kurang

suka dengan novel

• Tertarik gengan hal-hal yang besifat mesin

• Lebih memilih jadi arsitek di bandingkan interior • Pandai berbicara

• Kesal jika terlambat

• Memutuskan sesuatu berdasarkan fakta bukan berdasarkan perasaan

Nah, Kira-kira anda pemakai otak sebelah mana? sebelah kiri atau sebelah kanan ya? Dari sini terlihat dominasi penggunaan otak Anda, dan kecenderungan cara berfikir Anda. Bagaimanapun juga setiap manusia memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangannya.

(59)

RAHASIA OTAK YANG

TERANDAM

(60)

Kelebihan lain dari otak kanan adalah, kita manfaatkan untuk MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN KONSENTRASI jika kita mampu mengoptimalkannya.

Dari berbgai macam fungsi otak kanan ini akan mampu membantu kita sehingga dapat mengingat dan menghafal cepat.

Jangan penasaran

ya...!!

Simak di slide selanjutnya penjelasan lengkap nya..

(61)

Rahasia Kecerdasan

Kelebian dari otak kanan yang lainya

adalah bisa di gunakan untuk mempertajam

ingatan, sehinga ingatan kita menjadi jangka

panjang

long term memory.

otak kanan mampu membantu kita mempercepat proses mengingat dan menghafal secara cepat, ini bukan sihir, tapi fakta ilmiah yang dapat di buktikan sediri.

kami

menyebutnya

metode

(62)

Rahasia Kecerdasan

Apakah FLASH MEMORY itu?.

Flash Memory merupakan metode untuk

mengingat dan

menghafal

cepat yang akan melibatkan otak kanan anda sehingga daya ingat anda akan menjadi semakin kuat dan anda akan semakin cerdas jika mampu mengoptimalkan otak kanan anda dengan maksimal.

(63)

Dengan Modul FLASH Memory Otak Kanan Ini kami jamin anda akan terbantu mengoptimalkan Otak Kanan anda dalam hal mengingat, salah satu buktinya nanti anda akan dapat mengingat

50

Kosakata

bahasa

inggris,

JERMAN,

Turki

dan bahsa apapun yang ingin anda pelajari dalam waktu 5 Menit, bayangkan saja jika dalam waktu 15 menit anda menghafal 50 Vocab. coba di kalikan sejam, berapa Vocab yag akan anda hafal...?

Sebagi bukti pula, dan sebagai latihan nanti anda akan bisa mengingat dengat cepat dan tepat. 40

kata dalam waktu 120 detik dan benar benar hafal

meskipun diacak dan berurutan sesuai nomor kata nya.

(64)

Ini buktinya :

(65)

Ini buktinya :

(66)

Ini buktinya :

(67)

Ini buktinya :

(68)

Ini buktinya :

(69)

Ini buktinya :

(70)

Dan masih banyak lagi testimoni lainya yang tidak bisa kami tempel disini. Namun jika anda penasaran dengan testimoni lainya atau kesaksian lainya mengenai e_Book FLASH MEMORY

silahkan saja simak di web kami atau ke facebook kami.

Semua yang di capture ini

merupakan asli tanpa rekayasa.

Bahkan kami nyaris sama sekali tidak pernah meminta testimony. Namun datan sendiri karena kepuasan pengguna E-Book FLASH MEMORY ini sendiri yang merasa puas kemudian menghubungi kami..

Jangan penasaran!!!

(71)

AYO RUBAH CARA BELAJAR

LAMA DENGAN YANG BARU...!!

cara belajar KIRI yang menjenuhkan dengan cara belajar kanan yag menyenangkan dan MENINGKATKAN DAYA INGAT DAN KONSENTRASI DENGAN OTAK KANAN

sebetulnya, metode Optimasi OTAK

KANAN ini mungkin anda baru mengetahuinya.

metode ini sangat langka dan sangat efektif jika di terapkan pada dunia pendidikan dan semacamnya.

(72)

Metode Ini sangat GAMPANG dan siapa saja bisa mempraktekanya, sebelum mempelajari lebih jauh tentang cara optimasi OTAK KANAN ini, sudahkah anda tahu RAHASIA berikut ini, Meningkatkan Daya Ingat Dan Konsentrasi Dengan Otak Kanan

• Bahwa setiap manusia memiliki potensi kekuatan pikiran amat dahsyat

sejak lahir. Hanya saja anda tidak menyadarinya?

• Bahwa otak anda memiliki 100 milyar syaraf otak yang membuat anda

dapat melakukan hal-hal yang luar biasa?

• Bahwa memory otak manusia memiliki kapasitas sampai 70 triliun giga? • Bahwa pikiran anda menghasilkan berbagai jenis gelombang otak?

• Bahwa pikiran anda saling terhubungan dengan pikiran orang lain melalui

sinyal-sinyal gelombang otak anda?

• Bahwa dengan potensi kekuatan pikiran anda dapat mempengaruhi

pikiran orang lain dari tempat tidur anda?

• Bahwa pikiran manusia terhubung dengan alam semesta sehingga anda

dapat memanfaatkan keterhubungan ini untuk mencapai keinginan anda?

(73)

tahukah anda, berapa investasi untuk berlatih meningkatkan daya ingat dengan otak kanan diluaran sana..??,

• Bagi Anda para leader, manager perusahaan Investasinya

Rp.

1.100.000

(Minimal)

Bagi Anda Pendidik, Intansi, Karyawan Investasinya Rp. 950.000 (Minimal)

• Bagi Anda Pelajar, Mahasiswa dan Umum Investasinya

Rp.

550.000

(Minimal)

Lalu berapa

disini????

(74)

Meskipun untuk mendapatkan MODUL

Optimasi OTAK KANAN Meningkatkan Daya

Ingat Dan Konsentrasi Dengan Otak Kanan

ini sangat susah dan sangat jarang karena

tidak didistribusikan kecuali di

PELATIHAN-PELATIHAN Optimasi OTAK

KANAN Meningkatkan Daya Ingat Dan

Konsentrasi Dengan Otak Kanan dengan

INVESTASI yg MAHAL

(75)

Rahasia Kecerdasan

Jangan

(76)

.

Berhubung hidup adalah pilihan. maka tentukan pilihan anda sekarang.. ABAIKAN,.. PENDING,...

TINGALKAN atau

SEGERA AMBIL TINDKAN..!!! ^_^ karena masadepan ada di tangan anda.

(77)

Berapa harga yang

harus anda keluarkan

untuk mendapatkan

Buku yang luarbiasa

ini?.

(78)

Normal Rp.

350.000

Rp. 149.900

Belum termasuk Ongkos Kirim

( Disesuaikan lokasi anda)

(79)

Cara pemesanan, ketik :

Kirim ke :

WA/HP : 0813-1237-1771

PIN BBM : 5D00041F

PESAN BUKU FLASH MEMORY 149

#

NAMA

#

ALAMAT LENGKAP

#

JUMLAH PEMESANAN

# NO HP

(80)
(81)

TERSEDIA JUGA ….

BUKU : HYPNOSIS PUBLIC SPEAKING

HARGA NORMAL :

RP. 175.000

(82)

Kami pun meyakini, standar sukses bagi setiap orang bisa berbeda.

Termasuk keinginan sukses dalam hal berbicara di depan umum.

Bisa jadi, sukses yang Anda inginkan dalam kaitan materi Buku ini ‘Hypnosis Public Speaking’ adalah :

Menjadi pembicara yang memukau audience

Menjadi pembicara yang elegan dan mendapatkan respon positif dari audienceMenjadi pembicara diatas panggung yang dapat membuat orang lain terkesimaMenjadi seorang komunikator yang hebat dan dapat mempengaruhi siapapunMenjadi seorang komunikator yang mumpuni

• Menjadi

komunikator yang membuat rekan bicara

merasa nyaman

Mengetahui rahaisa hipnosis dan pengolahan pikiran bawh sadar

Jika sukses yang Anda inginkan ada disalah satu pernyataan diatas, ini artinya

Buku ini tepat sekali untuk Anda baca sampai

TUNTAS.

(83)

Cara

pemesanan

buku,

agar anda

mendapatkan harga RP.

99.900 silhakan

kirimkan pemesanan

dengan format :

Pesan Buku HPS

Nama :

Alamat Lengkap :

No Hp :

Kirim ke :

081312371771

(84)
(85)

WWW.BUKUAKTIVASIOTAK.COM

(86)

WWW.BUKUAKTIVASIOTAK.COM

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :