Silabus AKL Gasal 1112_final

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

SILABUS

AKUNTANSI KEUANGAN LANJUTAN ACCT 11301

SEMESTER GASAL TH 2011/2012

Pengajar:

No Nama Pengajar Alamat Email

1 Nurul Husnah nurulhusnah78@yahoo.com

2 Kurnia Irwansyah Rais(Bhs. Inggris) kurnia.i.rais@hotmail.com 3 Viska Anggraita (Bhs Inggris) viskaviska257@yahoo.co.id 4 A.A.A. Ratna Dewi (Bhs. Inggris) ratnadewi_aaa@yahoo.com 5 Indah Melati (Bhs. Inggris) indah.melati@gmail.com 6 Mahdan Ibrahim (Bhs. Inggris) mahdan.ibrahim@yahoo.co.id 7 Widya Perwitasari (Bhs. Inggris) widyaperwitasari@gmail.com

Asisten

No Nama Asisten No Kontak/email

1 Agustin Setyaningrum 2 Niti Inda Maitasari 3 Nia Pramitasari 4 Teguh Iman Maulana 5 Soraya Ahda Arina 6 Nur Rahmi Fithriani 7 Saras Amalia K.

Deskripsi Mata Ajaran

Mata ajar ini bertujuan membahas aspek akuntansi keuangan untuk situasi yang bersifat khusus dalam sebuah perusahaan. Topik-topik khusus yang dipelajari adalah penggabungan usaha, akuntansi investasi, teknik dan prosedur konsolidasi, dampak transaksi antar perusahaan terhadap proses penyusunan laporan keuangan konsolidasi, perubahan persentase kepemilikan, struktur kepemilikan tidak langsung, laba per saham (EPS) konsolidasi, pajak penghasilan, dan laporan arus kas.

Setelah mengikuti mata ajaran ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami, mengevaluasi, dan menganalisis informasi mengenai situasi dan permasalahan yang bersifat khusus, serta mengintegrasikan informasi tersebut dengan pengetahuan akuntansi yang mereka miliki untuk memilih dan menggunakan teknik, prosedur dan metode akuntansi yang tepat dalam proses pencatatan dan pelaporan akuntansi keuangan. Pembahasan juga mencakup akuntansi penggabungan usaha, investasi, konsolidasi, transaksi mata uang asing, segmen, interim, transaksi hubungan istimewa, KSO, akuntansi cabang, dan restrukturisasi utang.

UNIVERSITAS INDONESIA

FAKULTAS EKONOMI

(2)

Jumlah SKS : 3

Mata Ajar Prasyarat : Akuntansi Keuangan 2

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti mata kuliah ini diharapkan mahasiswa dapat:

1. Memahami jenis, bentuk, istilah, dan konsep akuntasi penggabungan usaha. 2. Memahami metode pembelian (purchase) dalam penggabungan usaha.

3. Memahami metode akuntansi yang digunakan untuk mencatat investasi di perusahaan lain yaitu metode biaya (cost method) dan metode ekuitas (equity method).

4. Memahami metode akuntansi yang digunakan untuk mengkonsolidasikan laporan keuangan jika investasi perusahaan dicatat dengan menggunakan metode ekuitas (equity method)

5. Melaksanakan prosedur konsolidasi jika terjadi transaksi antar anak dan induk perusahaan terkait dengan persediaan, aset tetap, dan obligasi.

6. Melaksanakan prosedur dan teknik konsolidasi jika perusahaan mencatat investasi dengan menggunakan metode fully equity method dan cost method. 7. Memahami dan menganalisis pengaruh terhadap laporan keuangan konsolidasi

bila :

a. Akuisisi dilakukan dalam periode akuntansi berjalan. b. Terdapat perubahan dalam persentase kepemilikan saham.

c. Terdapat perubahan dalam jumlah saham yang beredar perusahaan anak melalui saham dividen atau pemecahan saham

d. Terdapat kepemilikan tidak langsung e. Induk memiliki saham perusahaan anak

f. Anak perusahaan memiliki saham preferen, convertible bonds dan opsi 8. Melakukan perhitungan, pencatatan, dan pelaporan akuntansi untuk laba per

saham (earnings per share) konsolidasi.

9. Memahami pentingnya etika dalam pembuatan laporan keuangan konsolidasi dan penggabungan usaha.

10. Mencatat transaksi dalam mata uang asing.

11. Menyusun dan menganalisis laporan keuangan segmen dan interim. 12. Melakukan pencatatan atas akuntansi cabang dan KSO

13. Melakukan pencatatan dan analisis tentang restrukturisasi utang.

Bahan Bacaan

3.1. Wajib

1. Baker, R.E., T.E. Christensen, D.M. Cottrell, K.I. Rais, W. Astono & E.R. Wulandari, Advanced Financial Accounting (An Indonesian Perspective), 2nd ed., McGraw Hill & Salemba Empat , 2012 (BAKER)

2. Tan, Pearl & P. Lee, Advanced Financial Accounting: An IAS and IFRS Approach, McGraw Hill, 2009. (TAN & LEE)

3. Ikatan Akuntan Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat, 2009 (PSAK)

4. International Financial Reporting Standards (IFRS) 3.2. Pelengkap

1. Beams, F.A., Z.A. Brozovsky & C.D. Shoulders, Advanced Accounting, 9th ed., New Jersey: Prentice Hall, 2006 (BEAMS)

(3)

2. Mirza, Abbas Ali, Graham J. Holt dan Magnus Orrell, IFRS International Financial Reporting Standards, Workbook and Guide, John Wiley, 2006. (MHO)

3. Undang-undang No. 40/2007 mengenai Perseroan Terbatas (UUPT), terutama pasal-pasal tentang modal dan saham dan tentang penggabungan, peleburan dan pengambilalihan.

Metode Pengajaran

Metode pengajaran yang wajib dipakai ada 3 yaitu :

1. Kuliah (lecturing) dalam pertemuan dengan dosen dan asisten. Metode ini digunakan pada beberapa pertemuan, hanya untuk pertemuan yang menggunakan metode lain, metode kuliah akan dikombinasikan dengan metode tersebut

2. Student-Centered Learning (SCL). Metode ini digunakan di sebagian besar pertemuan dengan menggunakan Collaborative Learning.

3. Pertemuan dengan asisten (asistensi)

Metode lecturing yang digunakan dalam kelas selalu dikombinasikan dengan diskusi, tanya jawab langsung dan pembahasan mini-case yang ada dalam buku. Dalam lecturing, dosen dapat mengangkat kasus-kasus dalam praktek untuk memberikan gambaran yang lebih jelas kepada mahasiswa mengenai praktek akuntansi di dalam sebuah perusahaan.

Pertemuan dengan Student-Centered Learning membagi kelas menjadi 6 kelompok, dimana akan diberikan kasus-kasus dengan pendekatan :

1. Collaborative Learning – Simple Jigsaw (Pertemuan ke-9 ) 2. Collaborative learning – Think-Pair-Share (Pertemuan ke 4)

Pertemuan dengan asisten akan diisi dengan pembahasan soal yang telah dijadikan pekerjaan rumah seminggu sebelumnya. Soal dipilih sedemikian rupa sehingga mencakup tingkat kesulitan yang cukup tinggi.

Rincian metode pengajaran yang digunakan pada mata ajaran ini adalah: Deskripsi Metode

Pengerjaan tugas Tidak Ada

Kuliah Ada

Diskusi Kelas Ada

Proyek Kelompok Ada

In-class experiential exercise oleh Assisten atau Dosen Ada Laboratorium manual atau komputer Tidak Ada

Proyek penelitian independen Ada

Pembelajaran kerjasama (cooperative learning) Ada Sharing special experiences from expert Ada Tugas Individu dan Kelompok

Mahasiswa membentuk kelompok yang minimal terdiri dari 6 orang. Setiap individu dalam kelompok diwajibkan membahas materi-materi yang diberikan dan mempresentasikannya di kelas sebagai tugas individu. Sedangkan materi

(4)

pembahasan dalam bentuk materi presentasi yang disusun kelompok dikumpulkan langsung usai pembahasan sebagai nilai kelompok.

Evaluasi Hasil Pembelajaran

Penilaian dari mata kuliah ini didasarkan pada presentase sebagai berikut :

NO JENIS BOBOT

1 PR dan Kuis 10%

2 Tugas Kasus dan Partisipasi 20%

3 Ujian Tengah Semester 35%

4 Ujian Akhir Semester 35%

BOBOT 100%

Catatan:

 Kelas Asistensi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu asisten dosen HARUS berkoordinasi dengan dosen; antara lain dengan meningkatkan komunikasi antara asisten dan dosen, koordinasi dalam pemberian soal dan nilai, dan kewajiban sit in bagi asisten di kelas dosen, minimal 2x (1 pertemuan sebelum UTS dan sesudah UTS)

 Untuk memperdalam pemahaman mahasiswa mengenai teori yang sudah dijelaskan oleh dosen di kelas maka pembahasan di kelas asistensi

ditekankan pada pembahasan soal/latihan, baik dari buku referensi maupun dari UTS dan UAS tahun-tahun sebelumnya.

 Asisten dosen WAJIB memberikan soal-soal untuk Pekerjaan Rumah dan kuis dan menyerahkan nilai PR dan kuis tersebut kepada dosen yang

bersangkutan paling lambat pada periode UTS (untuk nilai PR dan kuis yang diberikan pada sesi-sesi sebelum UTS) dan pada periode UAS (untuk nilai PR dan kuis yang diberikan pada sesi-sesi sebelum UAS)

 Kuis paralel direncanakan diberikan di sesi asistensi sebelum UTS dan UAS (2 x ). Koordinator asisten dosen WAJIB mengkoordinir pembuatan soal kuis bersama para asisten dosen lainnya. Selain kuis paralel, asisten dosen dapat memberikan kuis non-paralel untuk kelasnya masing-masing.

Kehadiran

Sesuai dengan aturan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, ketidakhadiran tanpa keterangan maksimum adalah 20%. Bagi mereka yang tingkat ketidakhadirannya lebih dari 20% tidak diperbolehkan mengikuti ujian akhir.

Plagiarisme

Plagiarisme adalah memasukkan kata-kata/kalimat/ide orang lain sebagian atau seluruhnya tanpa menyebutkan sumbernya. Jika mahasiswa memasukkan kata-kata/kalimat dari penulis lain, harus disebutkan sumbernya.

Plagiarisme termasuk juga menyalin (mengkopi) sebagian atau seluruh pekerjaan mahasiswa lain atau menyalin (mengkopi) dari buku, jurnal, web, majalah koran dan lain-lain

(5)

Plagiarisme juga mencakup oto-plagiarisme yaitu memasukkan kata-kata/kalimat/ide sendiri yang berasal dari tugas/makalah yang telah dikumpulkan untuk penilaian dengan tanpa menyebutkan sumbernya

Sanksi jika melakukan plagiarisme:

 Satu kali, sekurang-kurangnya makalah diberi nilai nol, maksimum E  Dua kali, mata ajaran terkait diberi nilai E

 Tiga kali, dikeluarkan dari Departemen Akuntansi FEUI

 Nama dan pasfoto diumumkan di Papan Pengumuman setiap kali melakukan plagiarisme

Bagi mahasiswa yang mendapatkan tugas membuat makalah/paper, harus menyertakan Statament of Authorship di halaman depan makalah/ papernya.

Jadwal Pertemuan dengan Dosen

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan 1 Akuisisi dan Investasi di Entitas Lain

o Perkembangan Struktur Bisnis yang Kompleks o Ekspansi Bisnis dan Bentuk Struktur Organisasi o Membentuk Entitas Bisnis

o Kombinasi Bisnis

o Akuntansi Pembelian untuk Kombinasi Bisnis

Baker Ch.1 Tan & Lee Ch. 2

Beams Ch.1 MHO Ch 36 PSAK 22, PSAK 38 Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan

2 Pelaporan Investasi

o Akuntansi untuk Investasi Saham Biasa menggunakan Metode Biaya

o Akuntansi untuk Investasi Saham Biasa menggunakan Metode Ekuitas

o Perbandingan Metode Biaya dan Ekuitas o Hal Lain terkait Metode Ekuitas

Entitas Pelaporan dan Laporan Keuangan Konsolidasi

o Kegunaan Laporan Keuangan Konsolidasi o Laporan Keuangan Anak Perusahaan o Konsep dan Standar Laporan Keuangan

Konsolidasi

o Overview Proses Konsolidasi o Ilustrasi Proses Konsolidasi o Kepemilikan Non Pengendali o Pendekatan Lain untuk Konsolidasi

Baker Ch.2 Tan & Lee Ch. 2, 5 Beams Ch.2 MHO Ch 21 PSAK 15 (revisi 2009) Baker Ch. 3 Tan & Lee Ch. 3 Beams Ch 3 & Beams Ch. 11 MHO Ch 20 PSAK 4 (rev 2009).

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan 3 Konsolidasi Anak Perusahaan yang Dimiliki Penuh

o Prosedur dan Kertas Kerja Konsolidasi

o Penyusunan Laporan Posisi Keuangan Konsolidasi setelah Akuisisi Kepemilikan Penuh

o Konsolidasi setelah Akuisisi

o Konsolidasi setelah Akuisisi – Pembelian pada Nilai Buku

o Konsolidasi setelah Akuisisi – Pembelian lebih dari Nilai Buku

Baker Ch.4 Tan & Lee Ch. 3 Beams Ch.4 MHO Ch 20 PSAK 4 (rev 2009), PSAK 19 (revisi 2009), PSAK

(6)

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan o Piutang dan Utang antar Perusahaan 48 (revisi

2009) Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan

4 Konsolidasi Anak Perusahaan yang Tidak Dimiliki Penuh

o Kepemilikan Non Pengendali

o Penyusunan Laporan Posisi Keuangan Konsolidasi setelah Akuisisi Kepemilikan Pengendali

o Konsolidasi setelah Akuisisi o Penghentian Konsolidasi

o Perlakuan Pendapatan Komprehensif Lain dan Hal Lainnya

o Konsolidasi dan Metode Biaya

Baker Ch.5 Baker Ch.5 -Apendix 5A Tan & Lee Ch. 3 MHO Ch 20 Beams Ch.4 PSAK 4 (rev 2009), PSAK 19 (revisi 2009), PSAK 48 (revisi 2009) Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan

5 Transaksi Persediaan Antar Perusahaan o Gambaran Umum

o Penjualan Persediaan Downstream o Penjualan Persediaan Upstream

o Transaksi Persediaan Antar Perusahaan -Fully Adjusted Equity Method dan Metode Biaya

Baker Ch.7 Tan & Lee Ch. 4

Beams Ch.5 PSAK 4 (rev 2009) Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan

6 Transfer Jasa dan Aset Tidak Lancar Perusahaan o Gambaran Entitas Konsolidasi

o Transfer Jasa Antar Perusahaan o Transfer Tanah Antar Perusahaan

o Transfer Aset Didepresiasi Antar Perusahaan o Transer Aset Diamortisasi Antar Perusahaan o Transaksi Aset Tidak Lancar Antar Perusahaan

-Fully Adjusted Equity Method dan Metode Biaya

Baker Ch.6 Baker Ch.6 – Apendix 6A Tan & Lee Ch. 4

Beams Ch.6 PSAK 4 (rev 2009)

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan 7 Pinjaman Antar Perusahan

o Gambaran Konsolidasi

o Penjualan Obligasi secara Langsung ke Afiliasi o Pembelian Obligasi Afiliasi dari Non Afiliasi

o Pinjaman Antar Perusahaan -Fully Adjusted Equity Method dan Metode Biaya

Baker Ch.8 Tan & Lee Ch. 4

Beams Ch.7 PSAK 4 (rev 2009) Ujian Tengah Semester

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan 8 Isu Kepemilikan Konsolidasi

o Saham Preferen Anak Perusahaan

o Perubahan di Kepemilikan Perusahaan Induk o Struktur Kepemilikan Kompleks

Baker Ch. 9 Tan & Lee Ch. 6

Beams Ch.8 PSAK 4 (rev

(7)

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan 2009), PSAK 40

UUPT Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan

9 Isu Pelaporan Konsolidasi Lain o Laporan Arus Kas Konsolidasi o Konsolidasi setelah Akuisisi Interim o Laba per Saham Konsolidasi o Pelaporan Pajak Entitas Konsolidasi

Baker Ch.10 Tan & Lee Ch. 6 & 11 Beams Ch.9, 10 PSAK 2 (revisi 2009), PSAK 4 (revisi 2009), psak 56 Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan

10 Akuntansi Multinasional: Transaksi dan Instrumen Keuangan Mata Uang Asing

o Isu Akuntansi

o Kurs Mata Uang Asing o Transaksi Mata Uang Asing

o Mengelola Risiko Mata Uang Asing Internasional dengan Instrumen Keuangan Forward Exchange o Pelaporan Transaksi Forward Exchange

Baker Ch 11 Tan & Lee Ch. 7 & 9 PSAK 10 (revisi 2010), PSAK 50 & 55, ED ISAK 13 Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan

11 Akuntansi Multinasional: Translasi Laporan Keuangan Entitas Asing

o Perbedaan Prinsip Akuntansi o Menentukan Mata Uang Fungsional

o Translasi versus Pengukuran Kembali Laporan Keuangan Entitas Asing

o Translasi

o Pengukuran Kembali

Baker Ch 12 Tan & Lee Ch. 7

PSAK 4 (revisi 2009), PSAK 10 (revisi 2010)

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan 12 Pelaporan Segmen dan Interim

o Pelaporan Segmen o Pelaporan Interim

Akuntansi untuk Operasi Cabang o Berbagai Bentuk Cabang o Sistem Akuntansi Cabang

o Akuntansi atas Kegiatan Operasi Cabang: o Transaksi Antar Cabang

o Laba Yang Belum Direalisir atas Persediaan Cabang Baker Ch. 13 PSAK 3 (rev 2010), PSAK 5 (revisi 2010), ISAK 17 Baker Ch. 18

(8)

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan 13 Pengendalian Bersama Aset dan Operasi

o Bentuk Joint Venture

o Pengendalian Bersama Operasi o Pengendalian Bersama Aset

PSAK 12 (revisi 2009) ISAK 12

Pertemuan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan Bacaan 14 Perusahaan dalam Kesulitan Keuangan

o Akuntansi untuk Impaired Loans & Debt Restructuring Arrangements

o Akuntansi Kreditur untuk Impaired Loans o Restrukturisasi Utang Piutang Bermasalah

Baker Ch. 17 Tan & Lee Ch. 8

PSAK 50, PSAK 55 (revisi 2006)

Statement of Authorship

“Saya/kami yang bertandatangan dibawah ini menyatakan bahwa makalah/tugas terlampir adalah murni hasil pekerjaan saya/kami sendiri. Tidak ada pekerjaan orang lain yang saya/kami gunakan tanpa menyebutkan sumbernya.

Materi ini tidak/belum pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untuk makalah/tugas pada mata ajaran lain kecuali saya/kami menyatakan dengan jelas bahwa saya/kami menggunakannya.

Saya/kami memahami bahwa tugas yang saya/kami kumpulkan ini dapat diperbanyak dan atau dikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanya plagiarisme.” Mata Ajaran : Judul Makalah/Tugas : Tanggal : Dosen : Nama : NPM : Tandatangan :

(Jika bentuknya tugas kelompok, tuliskan nama, NPM dan tanda tangan dari seluruh anggota kelompok)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :