PROFIL LABORATORIUM KOMPUTER

Teks penuh

(1)

PROFIL LABORATORIUM KOMPUTER

AKADEMI KEBIDANAN HARAPAN MULYA PONOROGO

AKADEMI KEBIDANAN HARAPAN MULYA

(2)

Profil Laboratorium

A. SEJARAH

Laboratorium Kesehatan (Lab.Kes.) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Wira Husada Yogyakarta awalnya merupakan lab Akademi Keperawatan (Akper) Wiyata Husada Yogyakarta yang digunakan oleh mahasiswa DIII Keperawatan dan DIII Kesehatan Lingkungan. Pada bulan Agustus tahun 2008, Akper Wiyata Husada Yogyakarta merger dengan STIKES Wira Husada Yogyakarta, dan disepakati menggunakan nama digunakan STIKES Wira Husada Yogyakarta . Lab.Kes. STIKES Wira Husada Yogyakarta digunakan oleh seluruh mahasiswa STIKES Wira Husada Yogyakarta meliputi mahasiswa S1 Keperawatan, S1 Kesehatan Masyarakat, DIII Keperawatan dan DIII Kesehatan Lingkungan.

B. VISI

Menjadi pusat kegiatan dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi seluruh civitas akademika STIKES Wira Husada Yogyakarta.

C. MISI

1. Menyelenggarakan Kegiatan Praktikum Kesehatan (Keperawatan, Kesehatan Masyarakat dan Kesehatan Lingkungan) baik sebagai bagian dari kegiatan Akademik maupun Non-Akademik

2. Menunjang kegiatan Penelitian

3. Menunjang kegiatan Pengabdian Masyarakat 4. Menyelenggarakan Pendampingan Kesehatan

5. Turut serta mendukung dalam berbagai kegiatan untuk pengembangan Profesi Kesehatan sesuai tuntutan jaman

D. MAKSUD DAN TUJUAN

1. Menjadi tempat pembelajaran praktik ilmu kesehatan

2. Mengembangkan kemampuan keterampilan sesuai dengan teori yang dipelajari mahasiswa di masing-masing program diploma (prodi)

3. Menjadi tempat/media diskusi/pengkajian masalah-masalah/topik-topik kesehatan guna mengembangkan model kesehatan professional dan up to date

4. Meningkatkan keahlian dalam menganalisa masalah kesehatan

5. Meningkatkan keahlian dalam memecahkan berbagai masalah kesehatan 6. Menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam kesehatan

7. Menyiapkan lulusan yang mampu berkompetisi dalam dunia global, termasuk dalam hal teknologi

(3)

E. FUNGSI

1. Membantu kelancaran proses belajar mengajar praktikum kesehatan 2. Membantu kelancaran proses belajar mengajar praktikum komputer

3. Membantu mahasiswa/dosen belajar mandiri meningkatkan keterampilan yang berhubungan dengan teori di masing-masing prodi

4. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjadi asisten sebagai kaderisasi sesuai spesifikasi

5. Sebagai mini hospital yang memberikan gambaran nyata pada mahasiswa tentang kegiatan, suasana dan rutinitas di rumah sakit

6. Menyelenggarakan kegiatan praktikum kesehatan baik reguler/non reguler, kurikuler maupun non kurikuler

7. Memberi fasilitas penelitian oleh seluruh civitas akademik STIKES Wira Husada Yogyakarta

8. Memberi fasilitas untuk pengabdian masyarakat

F. SARANA DAN PRASARANA

1. BANGUNAN

Gedung Lab.Kes. STIKES Wira Husada Yogyakarta berada pada bagian belakang kampus STIKES Wira Husada Yogyakarta, terdiri atas dua lantai. Lantai pertama terbagi atas dua ruang, yaitu ruang lab depan dan ruang lab belakang. Ruang lab depan menempati luas 94 m2 dan ruang lab belakang seluas 47 m2. Lantai dua terbagi atas empat ruang, yaitu ruang lab depan kanan, ruang lab depan kiri (terbagi dua) dan ruang lab belakang. Ruang lab depan kanan lantai dua mempunyai luas 54 m2 , ruang lab depan kiri menempati luas 40 m2 dan ruang lab belakang seluas 47 m2. Denah lab dapat dilihat pada Gambar 2.

Ruang lab depan lantai pertama merupakan tempat administrasi umum laboratorium dan juga lab untuk KDM, KMB dan keperawatan GADAR/KRITIS. Ruang Lab belakang lantai pertama merupakan lab fisika, kimia dan mikrobiologi.

Ruang Lab depan kanan lantai dua merupakan lab keperawatan anak. Ruang lab depan kiri terbagi dua yaitu separuh untuk lab computer dan separuh untuk lab parasitologi. Ruang lab belakang lantai dua juga terbagi dua yaitu duapertiga bagian untuk keperawatan maternitas dan sepertiga bagian untuk lab anatomi.

FASILITAS

Laboratorium Keperawatan Dasar Manusia (KDM), Laboratorium Keperawatan Medikal Bedah (KMB), Laboratorium Keperawatan Gawat Darurat/Kritis

Menempati ruang lab depan lantai pertama. Ruangan dengan AC. Di dalamnya terdapat 6 buah tempat tidur dengan bed side rail dan tiang infus, 3 buah almari kaca (untuk penyimpanan alat

(4)

KDM, KMB dan Gadar), set alat KDM, set alat KMB, dan set alat Gadar/Kritis, suction, syringe pump, phantom KDM, KMB, phantom lengan jahit, intubasi-ektubasi dan RJP. Laboratorium ini biasanya digunakan oleh mahasiswa S-1 Keperawatan, dan D3 Keperawatan.

Laboratorium Fisika, Kimia dan Mikrobiologi

Menempati ruang lab belakang lantai pertama. Di dalamnya terdapat ruang administrasi praktikum, almari penyimpan alat dan bahan praktik fisika, kimia, dan mikrobiologi, seperti incubator, sterilisator, almari asam, timbangan fisika, reagen-reagen, dll.

Laboratorium Keperawatan Anak

Menempati ruang lab depan lantai dua, dengan fasilitas full AC. Didalamnya terdapat tempat tidur bayi, boks incubator neonatus, lampu phototherapy, phantom bayi dan anak, tempat tidur anak-anak, almari penyimpan alat dan bahan praktik keperawatan anak serta set alat-alat terapi bermain.

Laboratorium Keperawatan Maternitas

Menempati ruang lab belakang lantai dua, dengan fasilitas full AC. Didalamnya terdapat 1 buah tempat tidur, 1 buah tempat tidur besalin dan meja bersalin, lampu, almari tempat menyimpat set maternitas seperti setengah koker, speculum vagina, set jahit, gunting, phantom panggul putar persalinan, phantom pemasangan KB implant, IUD, dll.

Laboratorium Anatomi

Menempati ruang lab belakang lantai dua, dengan fasilitas full AC. Didalamnya terdapat almari untuk menyimpan phantom anatomi mulai dari kerangka utuh, otak, susunan saraf, kardiovaskular, pencernaan, perkemihan dan reproduksi. Juga dilengkapi gambar dan tempat untuk diskusi mahasiswa.

Laboratorium Komputer

Menempati ruang lab depan bagian kiri lantai dua, dengan fasilitas full AC. Di dalamnya terdapat meja computer dengan komputernya sebanyak 11 buah. Dilengkapi dengan kabel internet dan wi-fi.

Laboratorium Parasitologi

Menempati ruang lab depan bagian kiri lantai dua, bersebelahan dengan lab computer, dengan fasilitas full AC. Didalamnya terdapat dua buah meja besar dan almari untuk menyimpan 4 buah mikroskop binokuler dengan listrik dan 11 buah mikroskop monokuler, serta boks penyimpan preparat parasit.

(5)

Menempati ruangan tersendiri/terpisah dari gedung induk lab, ruangan ini berada di seberang perpustakaan, dengan luas 24 m2. Di dalamnya terdapat almari tempat menyimpan alat-alat pertukangan, bahan-bahan untuk penjernihan air, pembuatan karbon aktif, swing fogger, dll. Workshop ini lebih banyak dipakai oleh mahasiswa Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat.

Pengguna Laboratorium

1. Semua Mahasiswa STIKES Wira Husada Yogyakarta 2. Semua tenaga pendidik STIKES Wira Husada Yogyakarta

3. Semua pihak yang menggunakan laboratorium untuk keperluan pembelajaran praktik dan atau penelitian

(6)

TATA TERTIB DI RUANG LABORATORIUM

1.

Berlaku sopan, santun dan menjunjung etika akademik dalam laboratorium.

2.

Menjunjung tinggi dan menghargai staf laboratorium dan sesama pengguna laboratorium

3.

Menjaga kebersihan dan kenyamanan ruang laboratorium

4.

Peserta praktikum dilarang makan dan minum, membuat kericuhan selama kegiatan praktikum dan di dalam ruang laboratorium.

5.

Dilarang menyentuh, menggeser dan menggunakan peralatan di laboratorium yang tidak sesuai dengan acara praktikum mata kuiah yang diambil.

6.

Mahasiswa wajib memakai Jas Laboratorium.

7.

Tidak boleh memakai sandal.

8.

Membaca, memahami dan mengikuti prosedur operasional untuk setiap peralatan dan kegiatan selama praktikum dan di ruang laboratorium

9.

Bagi mahasiswa yang akan mengikuti praktikum Lab diwajibkan 1 (satu) hari sebelumnya untuk menghubungi petugas Lab untuk persiapan alat.

10.

Bagi mahasiswa yang akan mengikuti praktikum diwajibkan mengisi Buku Jadwal praktikum untuk mengecek alat-alat yang akan dipakai.

11.

Pada saat pelaksanaan praktikum, tidak diperbolehkan mahasiswa meninggalkan ruang Lab. Sebelum praktikum diakhiri oleh Pembimbing yang terkait.

12.

Tidak boleh membuat gaduh di ruangan Laboratorium.

13.

Mahasiswa hanya boleh meminjam alat sesuai dengan jadwal praktikum. Jika ada alat yang kurang mahasiswa harus menghubungi petugas lab. Kembali, dan tidak boleh mengambil alat tanpa sepengetahuan petugas laboratorium.

(7)

14.

Bagi mahasiswa yang belum memenuhi SKS Praktikum Lab. Tidak boleh mengikuti ujian Lab. baik dengan keterangan atau tanpa keterangan.

15.

Bagi mahasiswa yang belum mengikuti praktikum Lab. diwajibkan mengatur jadwal dengan kelompok lain yang sesuai.

16.

Setelah pelaksanaan praktikum mahasiswa baru diperbolehkan mengisi presensi kehadiran.

17.

Mahasiswa diwajibkan mengikuti Pratest dab Postest.

18.

Membersihkan peralatan yang digunakan dalam praktikum maupun penelitian dan mengembalikannya kepada petugas laboratorium

19.

Bagi mahasiswa yang merusak atau menghilangkan alat diwajibkan mengganti sebanyak 2 buah alat tersebut.

20.

Bagi mahasiswa yang selesai mengikuti praktikum Lab. diwajibkan mengembalikan alat-alat.

Ka. Laboratorium

Akbid Harapan Mulya Ponoropgo

(8)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :