Soal Prediksi UN Sosiologi SMA 2016 Program Studi IPS Paket B26

12  11 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

P

Dinas Pendidikan Provinsi DKI

Jakarta, Kota/Kabupaten

BODETABEK, Tangerang Selatan,

Karawang, Serang, Pandeglang, dan

Cilegon

26

(2)

P E T U N J U K U M U M

1. Sebelum mengerjakan ujian, telitilah terlebih dahulu jumlah dan nomor halaman yang terdapat pada naskah ujian.

2. Tulislah nomor peserta Saudara pada lembar jawaban, sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh panitia.

3. Bacalah dengan cermat setiap petunjuk yang berisi penjelasan cara menjawab soal.

4. Jawablah terlebih dahulu soal-soal yang menurut Saudara mudah, kemudian lanjutkan dengan menjawab soal-soal yang lebih sukar sehingga semua soal terjawab.

5. Tulislah jawaban Saudara pada lembar jawaban ujian yang disediakan dengan cara dan petunjuk yang telah diberikan oleh petugas.

6. Untuk keperluan coret-mencoret dapat menggunakan tempat yang kosong pada naskah ujian ini dan jangan sekali-kali menggunakan lembar jawaban.

7. Selama ujian Saudara tidak diperkenankan bertanya atau meminta penjelasan mengenai soal-soal yang diujikan kepada siapapun, termasuk pengawas ujian.

8. Setelah ujian selesai, harap Saudara tetap duduk di tempat sampai pengawas datang ke tempat Saudara untuk mengumpulkan lembar jawaban.

9. Perhatikan agar lembar jawaban ujian tidak kotor, tidak basah, tidak terlipat dan tidak sobek. 10. Jumlah soal sebanyak 50 butir, setiap butir soal terdiri atas 5 (lima) pilihan jawaban.

11. Kode naskah ujian ini 26

P

ak

An

an

g

h

ttp

:/

/p

ak-an

an

g

.b

lo

g

sp

o

t.

(3)

PRA UN SMA 2016 Universitas Gunadarma Akreditasi Institusi Peringkat “A” dan STMIK Jakarta STI&K Akreditasi Institusi Peringkat “B” 1

1. Dalam kehidupan sosial, perilaku manusia sangat dipengaruhi oleh kehadiran orang lain di sekitarnya. Nilai dan norma masyarakat setempat menjadi faktor yang memengaruhi dan memaksa individu untuk berperilaku baik, tidak boleh sesuka hatinya sendiri. Konsep dasar yang mendasari perilaku individu tersebut adalah ... .

A.fakta sosial B. peranan sosial C.tindakan sosial D.identitas sosial E. kedudukan sosial

2. Rencana atau program pembangunan pusat reaktor nuklir untuk tenaga listrik mendapatkan resistensi/penolakan dari masyarakat sekitar sehingga tidak dapat berjalan sesuai skedul jadwal. Terkait dengan penyelesaian permasalahan tersebut, para ahli ilmu sosiologi dapat memberikan sumbangan dalam bentuk ... .

A.perencanaan anggaran pembangunan sarana sosial B. penelitian mengenai penyebab masyarakat menolak C.pemberdayaan tenaga kerja dari lingkungan setempat D.pemberian dana bantuan kepada keluarga prasejahtera E. pengumpulan sumber dana pembangunan masyarakat 3. Perhatikan gambar berikut ini!

Pada gambar di atas menunjukkan aplikasi nilai … .

A.keagamaan B. kebendaan C.kerjasama D.keindahan E. kesopanan

4. Di arena lomba paduan suara, masing-masing kelompok peserta menunjukkan kemampuan maksimalnya agar berhasil mengalahkan kelompok lainnya. Di antara kelompok peserta terjalin hubungan sosial disosiatif dalam bentuk ... .

A.konflik sosial B. kooperasi sosial C.kompetisi sosial D.disintegrasi sosial E. kontravensi sosial

5. Setelah mendengarkan dan melihat langsung gambar mengenai penderitaan warga masyarakat yang tertimpa musibah tanah longsor, para siswa merasa kasihan dan secara bersama-sama mengumpulkan dana bantuan untuk diberikan kepada para korban bencana. Tindakan para siswa tersebut dipengaruhi oleh faktor ... .

A.empati sosial B. simpati sosial C.sugesti sosial

P

ak

An

an

g

h

ttp

:/

/p

ak-an

an

g

.b

lo

g

sp

o

t.

(4)

PRA UN SMA 2016 Universitas Gunadarma Akreditasi Institusi Peringkat “A” dan STMIK Jakarta STI&K Akreditasi Institusi Peringkat “B” 2

D.imitasi sosial E. motivasi sosial

6. Banyak pengusaha nasional yang sukses membangun perusahaan melalui usaha sungguh-sungguh dengan modal dan pengetahuan managemen yang baik. Mereka menjalankan usahanya sesuai ketentuan perusahaan yang berlaku. Kedudukan sebagai pengusaha tersebut merupakan achieved status karena ... .

A.diperoleh melalui perjuangan/ikhtiar B. diterima sebagai tradisi yang baik C.disesuaikan dengan lingkungan D.diakui oleh komunitas industri E. dijalankan berdasarkan aturan

7. Setiap orang berkepentingan untuk tunduk pada perintah dan menjauhi larangan berdasarkan norma yang berlaku di lingkungan sosialnya. Dalam setiap masyarakat terdapat banyak norma yang harus dipatuhi. Norma yang banyak tersebut dibedakan atas dasar faktor ... .

A.sanksi sosial B. toleransi sisial C.struktur sosial D.dinamika sosial E. solidaritas sosial

8. Beberapa kegiatan dalam keluarga:

(1)Ibu mengajari anak tentang cara bersopan santun dengan tetangga (2)Seorang ayah mengajak keluarga berkunjung ke rumah saudara (3)Ibu rajin menyiapkan sarapan pagi untuk anak dan suami (4)Kakak yang baik menegur adik yang lupa memberi salam (5)Ibu selalu mengantar/menjemput adik pergi ke sekolah

Dari contoh tersebut yang termasuk fungsi sosialisasi adalah … .

A.(1), (2), dan (3) B. (1), (2), dan (4) C.(1), (3), dan (5) D.(2), (4), dan (5) E. (3), (4), dan (5)

9. Sejumlah remaja putri berbusana unik-eksentrik dengan menampakkan keganjilan pola maupun warna. Namun demikian, tindakan beberapa remaja tersebut tidak ditanggapi serius oleh lingkungan sosialnya dan dianggap sebagai gejala biasa. Perilaku aneh beberapa remaja tersebut tergolong ... .

A.perilaku yang terkena sanksi/delik B. perilaku menyimpang sekunder C.bentuk pemberian sanksi D.penyimpangan primer E. pantang perilaku/tabu

10. Piramida struktur sosial feodal monarkhi:

Bangsawan/Keluarga Kerajaan Rakyat Jelata/Wong Cilik

P

ak

An

an

g

h

ttp

:/

/p

ak-an

an

g

.b

lo

g

sp

o

t.

(5)

PRA UN SMA 2016 Universitas Gunadarma Akreditasi Institusi Peringkat “A” dan STMIK Jakarta STI&K Akreditasi Institusi Peringkat “B” 3

Kelas sosial dalam masyarakat tersebut dibedakan atas dasar faktor ... .

A. kelahiran

B. kehormatan

C. keturunan

D. kekuasaan

E. kekayan

11. Diferensiasi sosial masyarakat Indonesia berdasarkan agama merupakan pengelompokan penduduk menjadi banyak golongan agama yang meliputi kelompok umat Islam, Kristen, Katolik, Hindu, dan Budha. Diferensiasi sosial tersebut membentuk struktur sosial horizontal, artinya hubungan sosial antara kelompok umat yang berbeda agama didasari prinsip ... .

A.keadilan sosial bagi masyarakat banyak B. kesempatan mendapatkan penghidupan C.kesamaan hak & kewajiban (derajat) sosial D.kebebasan untuk menjalankan ajaran agama E. kesesuaian dengan situasi dan kondisi masyarakat

12. Kelompok arisan keluarga dan kerabat mempunyai hubungan sosial yang intim dengan ikatan batin yang kuat. Di antara para anggota terjalin hubungan personal dan saling mengenal secara detail termasuk hal-hal yang bersifat pribadi. Ditinjau dari sifat interaksinya, bentuk kelompok sosial tersebut adalah … .

A.asosiasi B. organisasi C.paguyuban D.pertemanan E. patembayan

13. Banyak pekerja yang terpaksa beralih profesi setelah masa kontrak kerjanya habis. Sebagai akibat dari sistem off sourching (sistem kontrak), para pekerja sering berpindah atau beralih pekerjaan meskipun masih dalam tingkat penghasilan yang sama. Gejala sosial berganti jenis pekerjaan merupakan ... . A.faktor mobilitas

B. tujuan mobilitas C.mobilitas vertikal D.mobilitas geografis E. mobilitas horizontal

14. Setelah memberanikan diri membuka usaha bengkel motor dan didorong dengan semangat berwirausaha yang tinggi, banyak wirausahawan kecil dapat berhasil dan sukses dalam bisnis. Saluran yang digunakan dalam meningkatkan status dalam mobilitas sosial tersebut adalah ... .

A.organisasi ekonomi di bidang wirausaha B. lingkungan sosial tempat sosialisasi individu C.perkumpulan yang beranggotakan para pengusaha D.keluarga yang memberi dorongan untuk hidup maju E. keinginan untuk mengubah kondisi hidup yang sederhana

15. Perbedaan kepentingan politik antarindividu dan kelompok partai politik seringkali memicu terjadinya konflik sosial. Supaya tidak merusak proses menuju integrasi, konflik sosial harus segera ditangani. Proses sosial untuk menyelesaikan konflik tersebut adalah ... .

A.asimilasi sosial B. adjudikasi sosial C.akulturasi sosial D.akomodasi sosial

P

ak

An

an

g

h

ttp

:/

/p

ak-an

an

g

.b

lo

g

sp

o

t.

(6)

PRA UN SMA 2016 Universitas Gunadarma Akreditasi Institusi Peringkat “A” dan STMIK Jakarta STI&K Akreditasi Institusi Peringkat “B” 4

E. kontravensi sosial

16. Berdasarkan pengalaman di sekolah, beberapa siswa yang melakukan penyimpangan sosial disebabkan oleh lingkungan keluarga yang gagal dalam menjalankan fungsi sosialisasi. Dari contoh kasus tersebut dapat diketahui, bahwa sosialisasi yang tidak baik dapat menjadi penyebab terjadinya ... .

A.perbedaan nilai dan norma yang berlaku B. pergeseran status atau kedudukan individu C.pembedaan sosial berdasarkan ciri sosial budaya D.perubahan yang tidak sesuai dengan tujuan sosial E. kepribadian individu dengan perilaku menyimpang

17. Dilihat dari visi dan misinya, beberapa organisasi atau partai politik peserta Pemilu (pemilihan umum) di Indonesia beraliran agama tertentu. Munculnya partai politik aliran tersebut dilatarbelakangi oleh adanya ... .

A.perbedaan program kerja B. ikatan tradisi yang kuat C.kepentingan nasional D.kebebasan berserikat E. ideologi nonformal

18. Banyaknya produk impor tekstil ilegal berimbas pada perekonomian Indonesia. Akibatnya banyak industri konveksi dalam negeri gulung tikar dan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran, sehingga memicu peningkatan jumlah pengangguran. Realitas sosial tersebut menunjukkan, bahwa PHK menyebabkan ... .

A.mobilitas vertikal turun B. mobilitas vertikal naik C.mobilitas antargenerasi D.mobilitas intragenerasi E. mobilitas horizontal

19. Kelompok sosial yang tidak mempunyai kesempatan kerja akan menjadi miskin. Dalam struktur sosial yang tidak adil, golongan kaya mempunyai kemudahan untuk hidup makmur, sementara golongan miskin mengalami kesulitan untuk mendapatkan penghidupan. Deskripsi tersebut menggambarkan permasalahan sosial dalam bentuk ... .

A.kemerosotan moral dalam masyarakat B. kerusakan lingkungan tempat hidup C.kekurangan sumber kekayaan alam D.kesenjangan sosial di masyarakat E. keterbatasan ekonomi keluarga

20. Sebuah perkumpulan yang dibentuk atas dasar kesukuan atau keagamaan cenderung bersifat eksklusif dan khusus. Pada tingkat nasional, corak perkumpulan tersebut tidak sesuai dengan kondisi sosial majemuk dalam masyarakat modern, karena ... .

A.memilih pengurus baru yang memiliki kompetensi B. menolak kehadiran individu dari luar kelompok C.membedakan hak dan kewajiban anggota D.membatasi masa periode kepemimpinan E. memberikan pelayanan secara khusus

P

ak

An

an

g

h

ttp

:/

/p

ak-an

an

g

.b

lo

g

sp

o

t.

(7)

PRA UN SMA 2016 Universitas Gunadarma Akreditasi Institusi Peringkat “A” dan STMIK Jakarta STI&K Akreditasi Institusi Peringkat “B” 5

21. Masalah konflik antara Pemerintah Indonesia dengan kelompok GAM (Gerakan Aceh Merdeka) dapat diselesaikan dengan melalui keputusan yang dibuat bersama setelah difasilitasi oleh pihak ketiga (negara Finlandia). Bentuk akomodasi untuk penyelesaian konflik tersebut dinamakan … .

A.kompromi B. konsiliasi C.negoisasi D.konversi E. mediasi

22. Guru di sekolah mengharuskan anak didiknya masuk sekolah tepat waktu, belajar dengan sungguh-sungguh, dan berperilaku santun sesuai tata tertib sekolah. Apabila melanggar aturan yang ditetapkan, para siswanya diberi sanksi sosial. Terkait dengan pengendalian sosial, kedudukan guru dalam contoh tersebut sebagai ... .

A.lembaga pengendalian sosial B. sasaran pengendalian sosial C.tujuan pengendalian sosial D.metode pngendalian sosial E. agen pengendalian sosial

23. Beberapa gejala sosial geografis masyarakat Indonesia:

(1)Keterbatasan peralatan teknologi komunikasi dan transportasi dalam masyarakat (2)Kesatuan dan persatuan masyarakat dapat terbentuk berdasarkan kesepakatan hukum (3)Wilayah negara terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil yang berjajar dari barat ke timur (4)Masyarakat terdiri dari banyak kelompok suku dan kelompok agama yang berbeda (5)Isolasi sosial (putus interaksi) yang disebabkan oleh bentuk wilayah kepulauan

Yang terkait dengan sebab terjadinya masyarakat multikultural (plural/majemuk) adalah ... .

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (5)

D. (2), (4), dan (5)

E. (3), (4), dan (5)

24. Dalam masyarakat yang sudah demokratis, secara periodik diselenggarakan acara pergantian pemimpin formal melalui sistem pemilu sesuai konstitusi. Setiap pergantian kepala pemerintahan diikuti dengan perubahan kebijakan berbagai bidang meskipun tetap dalam kerangka konstitusi. Pergantian pemimpin negara tersebut merupakan perubahan sosial dalam bentuk … .

A. evolusi nasional

B. planned changes

C. reformasi politik

D. revolusi nasional

E. unplanned changes

25. Begitu cepatnya, model kendaraan produk mutakhir dengan teknologi yang lebih canggih banyak dipasarkan di tengah-tengah masyarakat. Kecanggihan produk teknologi kendaraan memberi pengaruh terhadap perilaku masyarakat. Kenyataan tersebut menjelaskan, bahwa perubahan sosial dapat disebabkan oleh faktor ... .

A.dinamika sosial & budaya B. penemuan atau pembaruan C.sistem pendidikan yang tinggi D.hubungan sosial yang intensif E. kemajuan ekonomi dan industri

P

ak

An

an

g

h

ttp

:/

/p

ak-an

an

g

.b

lo

g

sp

o

t.

(8)

PRA UN SMA 2016 Universitas Gunadarma Akreditasi Institusi Peringkat “A” dan STMIK Jakarta STI&K Akreditasi Institusi Peringkat “B” 6

26. Globalisasi menyebabkan perubahan sosial akibat perkembangan ekonomi dunia yang sangat pesat. Keterbukaan bidang ekonomi menyebabkan terjadi invasi tenaga asing untuk bersaing di negara kita.

Berdasarkan deskripsi tersebut dapat dijelaskan bahwa ciri globalisasi adalah … .

A.terjadi perubahan sosial yang bersifat regressif B. timbulnya kelemahan perekonomian masyarakat C.hilangnya batas antarnegara secara geografis D.berkembangnya sentimen yang bersifat primordial E. menguatnya konflik kepentingan antara pengusaha

27. Di sekolah terdapat dewan guru terdiri dari berbagai latar belakang suku bangsa, agama, dan daerah asal. Namun mereka secara sinergis bertujuan untuk memajukan pendidikan di sekolah dengan memberikan layanan terbaik bagi peserta didik. Hal ini terjadi karena adanya hubungan yang mengikat

antarmereka yang berupa … .

A.tingkat pendidikan B. jenis pekerjaan C.jenis kepercayaan D.tempat tinggal E. tingkat ekonomi

28. Masyarakat Indonesia sangat beragam dalam agama dan kepercayaan. Perbedaan ini dapat menjadi potensi konflik jika tidak dikelola dengan bijak. Untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis maka masyarakat melakukan … .

A.saling berkunjung saat merayakan hari besar agama bagi warga yang berbeda kepercayaan B. pelestarian tradisi masyarakat yang masih menjunjung tinggi pemurnian budaya nenek moyang C.pelaksanaan kegiatan ritual secara besar-besaran dalam rangka memperkuat kebuadayaan daerah D.pembentukan kelompok yang fokus untuk mempertahankan nlai-nilai luhur masyarakat tradisional E. kegiatan monopoli perekonomian bagi kelompok masyarakat tertentu untuk memperkuat dirinya 29. Penemuan pupuk kimia buatan dapat menggantikan kebutuhan pupuk kandang bagi petani. Diyakini

bahwa penggunaan pupuk ini dapat meningkatkan produksi beras secara signifikan. Dampak negatif

dari perubahan tersebut adalah … .

A.mengendurnya sistem kerja masyarakat secara gotong royong B. kemampuan kerja tinggi sehingga cenderung bersikap individual C.pemanfaatan pupuk kimia buatan meningkatkan hasil panen D.penggunaan yang berlebihan dapat merusak lingkungan hidup E. perubahan sistem waktu penanaman padi menjadi lebih pendek

30. Pengaruh globalisasi dalam media informasi sangat kuat untuk mengubah perilaku masyarakat. Berbagai tayangan westernisasi dapat dikonsumsi tanpa batas usia, wilayah dan waktu dan cenderung digandrungi oleh generasi muda. Pengaruh gejala globalisasi dalam perilaku generasi muda tersebut nampak dalam hal … .

A.menguatnya sentimen terhadap nilai dan norma yang masih tradisional B. kebebasan dalam berbusana dan melonggarnya etika pergaulan remaja C.mudahnya memperoleh barang konsumtif dari dalam dan luar negeri D.melemahnya rasa dan semangat nasionalisme akibat budaya asing E. berkembangnya penggunaan kendaraan bermotor dari negara asing

31. Perbedaan agama dan budaya menjadi kekayaan budaya nasional tetapi sekaligus menjadi ancaman terhadap integrasi bangsa. Bentuk kegiatan yang mampu menjadi langkah yang bijak dalam mengatasi

permasalahan tersebut yaitu … .

A.memperkuat ciri khas daerah melalui penggunaan batik motif daerah B. menanamkan rasa cinta terhadap kuliner yang beraroma tradisional

P

ak

An

an

g

h

ttp

:/

/p

ak-an

an

g

.b

lo

g

sp

o

t.

(9)

PRA UN SMA 2016 Universitas Gunadarma Akreditasi Institusi Peringkat “A” dan STMIK Jakarta STI&K Akreditasi Institusi Peringkat “B” 7

C.mempertahankan nilai dan norma yang menjadi sumber kearifan lokal D.mengajarkan budaya demokratis dalam pembelajaran di sekolah E. mengadakan pekan pagelaran budaya tradisional agar tidak punah

32. Masyarakat Pinggiran kota sangat beragam latar belakang suku bangsa dan agama karena para pendatang. Dalam kehidupan sosial sering kali terjadi konflik yang tajam dengan adanya perbedaan tersebut. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan integrasi sosial pada masyarakat tersebut yaitu

… .

A.perayaan hari besar agama secara bersama-sama oleh warga B. perayaan HUT RI dengan berbagai lomba oleh seluruh warga C.mendirikan kelompok pengkajian agama tertentu pada warga D.mempertahankan seni tradisional penduduk asli setempat E. membentuk kegiatan yang fokus membantu kelompoknya

33. Globalisasi suka tidak suka akan terus mengubah tatanan sosial dalam masyarakat. Budaya modern cenderung mengeksploitasi alam dengan alasan demi kesejahteraan rakyat sehingga banyak hutan dan

lahan yang rusak. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka perlu direncanakan untuk … .

A.membuat peraturan yang meminimalisasi penggunaan hutan industri B. memperkuat kearifan lokal dengan menjunjung nilai dan norma tradisional C.membentuk kelompok yang gencar menyuarakan perlindungan alam D.membangun sektor pertanian dengan menggunakan mekanisasi

E. menyiapkan sumberdaya manusia yang terampil mengolah hasil hutan

34. Suatu penelitian ditujukan untuk mengetahui efektifitas ketercapaian program pengentasan kemiskinan. Peneliti mengumpulkan data dari mulai perencanaan hingga akhir pelaksanaan kegiatan program. Dari

deskripsi tersebut menggambarkan penelitian yang berfungsi … .

A.verifikatif B. deskriptif C.eksplanatif D.eksploratif E. evaluative

35. Siswa mengetahui tentang penggunaan waktu luang siswa untuk menunjang prestasi belajar. Ia melakukan wawancara terhadap beberapa teman yang dianggap dapat mewakili teman-temannya. Berdasarkan cara memperolehnya, penelitian tersebut yaitu … .

A.terapan B. lapangan C.pustaka D.dasar E. eksperimen

36. Peneliti tertarik dengan ujian nasional menggunakan Computer Based Test (CBT) yang dianggap menghilangkan bentuk kecurangan. kemudian ia mewawancarai beberapa siswa yang telah selesai ujian tentang tanggapannya mengenai CBT tersebut. Berdasarkan deskripsi tersebut maka dapa disimpulkan

bahwa penelitian dengan metode … .

A.eksperimen B. deskriptif C.survai D.kepustakaan E. studi kasus

P

ak

An

an

g

h

ttp

:/

/p

ak-an

an

g

.b

lo

g

sp

o

t.

(10)

PRA UN SMA 2016 Universitas Gunadarma Akreditasi Institusi Peringkat “A” dan STMIK Jakarta STI&K Akreditasi Institusi Peringkat “B” 8

37. Peneliti tertarik dengan perilaku menyimpang sebagian anak yang senang menunjukkan kekerasan. Ia berencana melakukan pemulihan perilaku dengan cara mendongeng dan bermain peran. Cara seperti ini

dapat digolongkan sebagai penelitian eksploratif. Penelitian tersebut berguna untuk … .

A.menjelaskan penyebab terjadinya kenakalan anak B. mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan anak C.mencari cara terbaik dalam memecahkan masalah anak D.meramalkan kemungkinan terjadi perkembangan anak E. mengukur tingkat kenakalan yang terjadi pada anak

38. Siswa akan meneliti pendapat teman-temannya berkaitan dengan larangan berkendaraan bermotor ke sekolah. Ia berpikir akan mudah melakukan penelitian karena yang diwawancara adalah teman sendiri.

Hal ini sudah sesuai denga sarat topik penelitian yang baik yaitu … .

A.sangat bermanfaat B. menarik minat C.mampu diteliti D.tersedia data E. waktu singkat

39. Guru BK ingin mengetahui efektifitas metode studi lapangan terhadap perubahan pola pikir siswa kelas 11. Hal ini dipercayai akan membawa perubahan pada siswa setelah ia melihat langsung kondisi

masyarakat di pedesaan. Rumusan masalah yang sesuai dengan deskripsi tersebut yaitu … .

A.Bagaimana pengaruh metode studi lapangan terhadap perubahan pola pikir siswa?

B. Apakah yang mempengaruhi pola pikir siswa setelah belajar dengan metode studi lapangan? C.Adakah hubungan antara pola pikir siswa dengan kehidupan masyarakat pedesaan?

D.Perlukah dilakukan studi lapangan ke masyarakat pedesaan untuk mengubah pola pikir siswa? E. Bagaimana hubungan studi lapangan pada masyarakat pedesaan dan perubahan pola pikir siswa? 40. Perhatikan pernyataan tentang data berikut!

(1)Data dapat berupa angka maupun berbentuk uraian

(2)Data diperoleh dari orang yang menjadi anggota kelompok (3)Data secara langsung diberikan oleh sumber utama

Pernyataan tersebut berhubungan dengan jenis data … .

A. internal

B. kuantitatif

C. primer

D. sekunder

E. eksternal

41. Penelitian dengan judul “ Pengaruh Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran

Sosiologi Pada Siswa Kelas X IPS di SMA Fantasi. Variabel terikat pada penelitian tersebut adalah

… .

A.metode tutor sebaya B. pelajaran sosiologi C.prestasi belajar siswa D.siswa kelas X IPS E. siswa SMA Fantasi

42. Peneliti mengambil sampel yang cukup banyak dari populasi penelitian yang akan dilakukan. Populasi memiliki karakter yang cenderung homogen sehingga peneliti memberi peluang yang sama bagi

individu untuk menjadi sampel. Cara pengambilan sambil seperti itu menggunakan teknik … .

A.area sampling

B. radom sampling

P

ak

An

an

g

h

ttp

:/

/p

ak-an

an

g

.b

lo

g

sp

o

t.

(11)

PRA UN SMA 2016 Universitas Gunadarma Akreditasi Institusi Peringkat “A” dan STMIK Jakarta STI&K Akreditasi Institusi Peringkat “B” 9

C.stratified sampling

D.accidental sampling

E. purposive sampling

43. Peneliti melakukan penyebaran daftar pertanyaan yang harus diisi responden. Hasil jawaban responden kemudian dipilah, diberikan skor, diukur tingkat kepercayaan jawaban dan homogenitasnya. Kemudian peneliti melakukan pengukuran secara statistic untuk menghubungkan varibel yang ada sehingga dapat dijadikan dasar dalam mengambil kesimpulan. Proses tahapan analisis data seperti deskripsi tersebut

adalah secara … .

A.kualitatif B. kuantitatif C.eksploratif D.verifikatif E. prediktif

44. Peneliti tertarik dengan produktivitas suatu perusahaan yang tumbuh dengan pesat. Ia melihat hubungannya dengan tingkat pendidikan dan pelatihan pegawai yang dilakukan oleh perusahaan. Untuk memudahkan pengumpulan data karena keterbatasan waktu maka ia menyiapkan instrumen penelitian

yang berupa … .

A.pedoman wawancara B. pedoman kuesioner C.pedoman observasi D.kajian kepustakaan E. pedoman percobaan

45. Penelitian tentang kehidupan masyarakat tradisional pada zaman kolonial mendorong peneliti untuk memikirkan cara memperoleh data. Ia mencari sumber data yang memungkinkan dapat dijadikan rujukan. Peneliti dapat memperoleh data tersebut dengan menggunakan teknik … .

A.wawancara B. kuesioner C.dokumentasi D.pengamatan E. partisipasi

46. Perhatikan ciri teknik pengumpulan data berikut!

(1)Mampu menjaga keakuratan data dengan melihat mimik informan (2)Tidak memerlukan banyak sampel untuk dijadikan sumber data (3)Peneliti dapat memperoleh data yang mendalam dan personal (4)Mampu merekam seluruh peristiwa yang terjadi saat penelitian (5)Mampu melakukan pengumpulan data dalam waktu yang cepat

Ciri-ciri di atas menunjukkan kekuatan teknik pengumpulan data yaitu … .

A. (1), (2), dan (3)

B. (1), (2), dan (4)

C. (1), (3), dan (5)

D. (2), (4), dan (5)

E. (3), (4), dan (5)

47. Perhatikan pernyataan berikut ini! (1)Mengoreksi data yang ada (2)Memilih data yang valid (3)Memberi simbol pada data

Pernyataan tersebut merupakan proses pengolahan data yang berupa … .

P

ak

An

an

g

h

ttp

:/

/p

ak-an

an

g

.b

lo

g

sp

o

t.

(12)

PRA UN SMA 2016 Universitas Gunadarma Akreditasi Institusi Peringkat “A” dan STMIK Jakarta STI&K Akreditasi Institusi Peringkat “B” 10 A. coding

B. validating

C. measuring

D. tabulating

E. interpretating

48. Data hasil jajak pendapat siswa tentang metode belajar

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa … .

A. sebagian besar siswa menyukai metode tutor sebaya

B. siswa rata-rata menyukai menggunakan metode diskusi

C. metode ceramah lebih disukai dari pada tutor sebaya

D. para siswa paling tidak menyukai metode penugasan

E. metode studi lapangan paling disukai oleh para siswa

49. Pada bagian pokok penulisan laporan hasil penelitan terdapat bagian tentang bab metodologi penelitian. Kegunaan bagian tersebut untuk … .

A.memperoleh gambaran umum tentang prosedur penelitian B. membatasi permasalahan yang akan diteliti agar lebih fokus C.menjelaskan teori-teori yang mendukung permasalahan D.memberikan gambaran hasil penelitian secara sederhana E. memberikan wadah bagi peneliti untuk berpendapat

50. Setelah selesai melakukan penelitian, maka peneliti membuat laporan hasil penelitian. Laporan penelitian digunakan untuk mengomunikasikan hasil penelitian secara ilmiah. Bagi masyarakat umum, kegunaan atau manfaat hasil penelitian adalah ... .

A.bahan untuk memandu kegiatan masyarakat B. alat untuk memecahkan permasalahan sosial C.memperoleh informasi yang bersifat ilmiah D.sebagai salah satu bahan bacaan populer E. upaya untuk meredakan konflik sosial

No Metode

Belajar

Jumlah

Siswa Persen

1 Ceramah 20 7 2 Diskusi 30 10 3 Studi

Lapangan

160 53 4 Penugasan 40 13 5 Tutor Sebaya 50 17

Jumlah 50 100

P

ak

An

an

g

h

ttp

:/

/p

ak-an

an

g

.b

lo

g

sp

o

t.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...