Nilai-nilai Islam dalam Teks Tembang Macapat Karya Ranggawarsita.

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

(B. Sastra)

Nilai-nilai Islam dalam Teks Tembang Macapat Karya Ranggawarsita Kata kunci: Ranggawarsita, serat, nilai-nilai Islam.

Hasyim; Wibowo, Prasetyo Adi Wisnu

Fakultas Ekonomi UNS, Penelitian, BOPTN UNS, Hibah Bersaing, 2012

Masyarakat Jawa khususnya pecinta budaya Jawa, sudah tidak asing atas kebesaran nama Raden Ngabei Ranggawarsita, seorang santri, ahli agama Islam, dan seorang pujangga ‘penulis’. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai Islam yang terdapat dalam teks-teks tembang macapat karya salah seorang pujangga Jawa yang sangat terkenal yaitu Ranggawarsita. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai Islam yang terdapat di dalam teks tembang Macapat karya Ranggawarsita.

Tinjauan pustaka dalam penelitian ini meliputi, 1) Penelitian ilmiah tentang karya Ranggawarsita, 2) Pemikiran-pemikiran tentang Ranggawarsita dan karyanya. Sehubungan dengan sifat maupun karakteristik kajian dalam penelitian ini berbeda dengan penelitian Ranggawarsita yang dijadikan sebagai tinjauan pustaka, maka penelitian-penelitian tersebut tidak diterapkan sepenuhnya. Penelitian-penelitian tersebut masih perlu disempurnakan dan ditambah sesuai dengan sifat dan karakteristik penelitian yang akan dilakukan penulis.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Serat Jaka Lodhang, Serat Kalatidha, Serat Sabdajati, Serat Sabdatama, Serat Jayengbaya, dan Serat Witaradya merupakan enam karya yang berperan sebagai sumber data. Karya-karya tersebut diambil dengan menggunakan teknik cuplikan yang bersifat sampel bertujuan (purposive sample) berdasarkan kriteria tertentu. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi data. Dalam pengumpulan data digunakan teknik pustaka, simak, dan catat. Proses analisis data dalam penelitian ini bersifat interaktif, yaitu analisis data dengan menggunakan langkah-langkah: reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian terhadap teks-teks tembang karya Raden Ngabei Ranggawarsita terdapat banyak kandungan nilai-nilai Islam di antaranya sebagai berikut.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...