SKRIPSI. Disusun Untuk ( )

13 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

  MEKAN PADA Disu NISME PE BADAN P usun Untuk Sarjana(S Pr DEPAR FAKUL U ENERBITA PENANAM (BPMPT) k Memenuh S-1) Pada F rogram Stu DA RTEMEN I LTAS ILM UNIVERSI AN IZIN M MAN MODA KABUPA SKRIP hi Persyara Fakultas Ilm udi Ilmu Ad Diajukan ARWIN SID (0909030 ILMU ADM MU SOSIAL ITAS SUM MEDA 2013 MENDIRIK AL DAN PE ATEN SAM PSI atan Menye mu Sosial d dministrasi Oleh: DAURUK 027) MINISTRA L DAN ILM MATERA U AN 3   KAN BANG ERIZINAN MOSIR elesaikan P dan Ilmu Po i Negara ASI NEGAR MU POLIT UTARA GUNAN (IM N TERPAD Pendidikan olitik RA TIK MB) DU

(2)

 

KATA PENGANTAR

Pertama-tama penulis panjatkan Puji dan Syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala berkat, karunia dan anugerah-Nya yang luar biasa kepada Penulis, sehingga skripsi ini dapat diselesaikan. Skripsi ini merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk meraih gelar Sarjana Sosial di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

Dalam skripsi ini, Penulis menyajikan judul:

“MEKANISME PENERBITAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA BADAN PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU (BPMPT) KABUPATEN SAMOSIR”

Pada kesempatan ini, dengan segala hormat Penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. Bapak Prof. Dr. Badaruddin, M. Si, selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara

2. Bapak Drs. Zakaria, M. SP, selaku a.n. Dekan, Pembantu Dekan I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

3. Bapak Drs. M. Husni Thamrin Nasution, M. Si, selaku ketua Departemen Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara dan selaku dosen pembimbing skripsi yang telah banyak memberikan bimbingan, saran dan masukan yang sangat bermanfaat bagi penulis dalam penyelesaian skripsi ini.

4. Ibu Arlina, S.H, M.Hum, selaku dosen penasehat akademik yang telah membimbing penulis dalam penyelesaian kuliahnya.

(3)

 

5. Ibu Dra. Elita Dewi, M.SP, selaku sekretaris Departemen Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.

6. Dosen-dosen dan Staf Pengajar Ilmu Administrasi Negara yang telah banyak membantu penulis dalam kegiatan akademis.

7. Kepada Kak Mega, Kak Dian dan Kak Indah, selaku pegawai pendidikan FISIP USU yang selalu membantu penulis dalam urusan administrasi yang berhubungan dengan perkuliahan maupun skripsi. 8. Bapak Drs. Alboin Sigalingging, selaku Kepala Bidang Pelayanan

Perizinan Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Samosir, yang telah banyak memberikan bantuan dan dukungan dalam penyelesaian skripsi ini.

9. Kak Lusi Silalahi, Kak I.Simalango, Kak Ruth Aritonang, Kak Desi Tobing, Kak N. Malau dan Bapak O.M. Manik, selaku pegawai Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kabupaten Samosir. 10.Bapak Sumarlan Malau, ST, MT, selaku Kepala Bidang Tata Ruang

Dinas Tata Ruang, Pemukiman, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Samosir yang telah banyak memberikan bantuan dan dukungan dalam penyelesaian skripsi ini.

11.Kak Siska Sinaga, Kak br pakpahan, selaku pegawai Dinas Tata Ruang, Pemukiman, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Samosir.

12.Bapak/Ibu (Masyarakat Kabupaten Samosir) yang menjadi informan dalam penelitian ini.

(4)

 

Tak lupa penulis juga mengucapakan terima kasih kepada seluruh Bapak/Ibu guru penulis yang telah banyak membimbing penulis sejak penulis masih duduk di sekolah dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas (SMA).

Dalam kesempatan ini juga penulis mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh rekan-rekan penulis selama kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, seperti:

a. Ito Olive, Ijun, Sinta dan Delima yang selama ini telah banyak membantu penulis  makasih yah atas ., Doa dan Waktu yang kalian berikan Semangat2 ,... Haa haaa,. Kapan diskusi kelompok ? ., Kapan lagi kita mesan kue? Heheee.,.,.

b. Ito Riris, Agustina, Eva dan Le Seru personil Grup ke-pompong yang selama ini telah banyak membantu penulis  makasih yah atas ., Doa dan Waktu yang kalian berikan,. “tugas kelompok” nanti diskusi yee,, hahaha,.,. diskusinya enaknya dimana yah,.,.  ada usul gk.., Kantin Perpus usu  gmn tmn2 Ok gk.,..

c. Buat teman-teman satu kelompok magang di Desa Karang Anyer, Serdang Bedagai Haahaha jumpa lagi,,.,. Grup Ke-pompong (Ito Riris, Agustina, Eva dan Le Seru ), Lino, Soni, Debora, Fatma, Mona, Sifra dan Dian.  sory yah kalau ada salah kata waktu magang dan di kampus juga hehehee,.

d. And the last but no least, seluruh rekan-rekan stambuk 09 yang tidak bisa

disebutkan namanya satu per satu, penulis mengucapkan terima kasih atas dukungannya, buat kak stambuk 08 serta adik-adikAQ stambuk 10 dan stambuk 11 semangat dek biar nilainya bagus-bagus dan cepat tamat ., Ok.

(5)

 

Akhirnya dengan hati yang sangat tulus dan bangga penulis menyampaikan rasa terima kasih dan hormat kepada kedua orang tua penulis yang terkasih yaitu Ayahanda N. Sidauruk dan Ibunda A. Ambarita. Terima kasih buat segala Doa, perhatian, kasih sayang, nasehat, harapan, keringat dan senyumnya. Semoga ananda dapat menjadi anak yang membanggakan bagi keluarga kita, bagi nusa dan bangsa dan terlebih dihadapan Tuhan. Buat Kakanda Parulian P. Sidauruk, SE, Elisda Sidauruk, Frengki H. Sidauruk, S.Sos, Jupenris Sidauruk, S.H, dan Medianti Sidauruk S.Pd diucapkan terima kasih atas seluruh pengorbanan yang telah kakak berikan selama ini. Kepada seluruh keluarga dihaturkan terima kasih sebanyak-banyaknya atas pengorbanan dan bantuan yang telah diberikan kepada penulis selama ini. Semoga apa yang telah diberikan akan menjadi pengorbanan yang membanggakan.

Akhir kata, penulis menyadari sepenuhnya bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan karena masih banyak kelemahan dan kekuranagan. Maka dengan hati yang tulus, penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun agar di masa yang akan datang dapat menjadi lebih baik lagi. Semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan khususnya Ilmu Administrasi Negara.

Medan, Januari 2013

Hormat Penulis,

(6)

  DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ... i DAFTAR ISI ... v DAFTAR BAGAN ... ix DAFTAR TABEL ... x DAFTAR LAMPIRAN ... xi ABSTRAK ... xii BAB I PENDAHULUAN . ... 1 1.1. Latar Belakang ... 1 1.2 Rumusan Masalah ... 5 1.3 Tujuan Penelitian ... 5 1.4 Manfaat Penelitian ... 6 1.5 Kerangka Teori ... 6 1.5.1 Mekanisme ... 7 1.5.1.1 Sistem ... 7 1.5.1.2 Prosedur Kerja ... 8 1.5.1.3 Pengertian Mekanisme ... 8

1.5.2 Izin Mendirikan Bangunan ... 9

1.5.3 Mekanisme Penerbitan Izin Mendirikan Bangunan ... 11

1.6 Definisi Konsep ... 21

(7)

 

BAB II METODE PENELITIAN ... 24

2.1 Bentuk Penelitian ... 24

2.2 Lokasi Penelitian ... 24

2.3 Informan Penelitian ... 25

2.4 Teknik Pengumpulan Data ... 26

2.4.1 Teknik Pengumpulan Data Primer ... 26

2.4.2 Teknik Pengumpulan Data Sekunder ... 26

2.5 Teknik Analisis Data ... 27

BAB III DESKRIPSI LOKASI ... 28

3.1 Gambaran Umum Kabupaten Samosir ... 28

3.1.1 Sejarah Singkat Pemekaran Kabupaten Samosir ... 28

3.1.2 Keadaan Geografis Kabupaten Samosir ... 30

3.1.3 Wilayah Pemerintahan ... 31

3.1.4 Kependudukan dan Sosial Budaya ... 32

3.2 Gambaran Umum BPMPT Kabupaten Samosir ... 33

3.2.1 Visi dan Misi BPMPT ... 33

3.2.2 Tugas Pokok dan Fungsi Organisasi ... 34

3.2.3 Struktur Organisasi ... 50

3.3 Gambaran Umum Dinas Tarukim, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Samosir ... 52

(8)

 

BAB IV PENYAJIAN DATA ... 73 A. Hasil Wawancara Dengan Kepala Bidang Pelayanan

Perizinan Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu ... 73 B. Hasil Wawancara Dengan Kepala Bidang Tata Ruang Dinas

Tata Ruang, Pemukiman, Kebersihan dan Pertamanan ... 83 C. Hasil Wawancara Dengan Masyarakat Yang Sudah

Memiliki Izin Mendirikan Bangunan Sebelum Mendirikan

Bangunan ... 86 D. Hasil Wawancara Dengan Masyarakat Yang Belum

Memiliki Izin Mendirikan Bangunan Namun Sudah

Melakukan Pembangunan ... 92

BAB V ANALISA DATA ... 96 5.1 Mekanisme Penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Pada Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu

Kabupaten Samosir ... 96 5.2Kendala Yang Dihadapi Badan Penanaman Modal dan

Perizinan Terpadu (BPMPT) Kabupaten Samosir Dalam

Penerbitan Izin Mendirikan Bangunan ... 104 5.3Kendala Yang Dihadapi Dinas Tata Ruang, Perumahan,

(9)

 

Selaku Tim Teknis Dalam Penerbitan Izin Mendirikan

Bangunan ... 105 BAB VI PENUTUP ... 106 6.1 Kesimpulan ... 106 6.2 Saran ... 108 DAFTAR PUSTAKA ... 110 LAMPIRAN

(10)

 

DAFTAR BAGAN

Bagan 1.5.3 Mekanisme Penerbitan Izin Menerbitkan Bangunan (IMB) pada Badan Penanaman Modal dan

(11)

 

DAFTAR TABEL

Tabel 1: Luas dan Jumlah Desa/Kelurahan di Kabupaten Samosir

Menurut Kecamatan……….. 31 Tabel 2: Jumlah dan Tingkat Kepadatan Penduduk Kabupaten Samosir

Tahun 2011………32

(12)

 

DAFTAR LAMPIRAN 1. Daftar Pertanyaan Wawancara

2. Syarat Pengajuan Judul Skripsi 3. Permohonan Judul Skripsi 4. Penunjukan Dosen Pembimbing

5. Undangan Seminar Proposal Usulan Penelitian Skripsi 6. Jadwal Seminar Proposal Usulan Penelitian Skripsi 7. Berita Acara Seminar Proposal Usulan Skripsi

8. Daftar Hadir Peserta Seminar Proposal Usulan Penelitian Skripsi

9. Surat Permohonan Izin Penelitian dari FISIP USU kepada Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Samosir

10.Surat Permohonan Izin Penelitian dari FISIP USU kepada Dinas Tata Ruang, Pemukiman, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Samosir 11.Surat Keterangan Telah Melaksanakan Penelitian Pada Badan Penanaman

Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Samosir

12.Surat Keterangan Telah Melaksanakan Penelitian Pada Dinas Tata Ruang, Pemukiman, Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Samosir

(13)

 

ABSTRAK

MEKANISME PENERBITAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) PADA BADAN PENANAMAN MODAL DAN PERIZINAN TERPADU

(BPMPT) KABUPATEN SAMOSIR Nama : Darwin Sidauruk

NIM : 090903027

Fakultas : Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Departemen : Ilmu Administrasi Negara

Pembimbing : Drs. M. Husni Thamrin Nasution, M. Si

Sebagai negara yang sedang berkembang dan juga merupakan salah satu negara yang memiliki wilayah yang luas, Indonesia memiliki tingkat pembangunan yang cukup tinggi. Dalam setiap pembangunan khususnya pembangunan gedung, tentunya diperlukan suatu peraturan yang berfungsi sebagai sarana pengendali untuk menjamin bahwa bangunan yang akan dibangun dapat menjamin keselamatan orang-orang yang akan tinggal di dalam gedung tersebut serta orang-orang di sekitar gedung tersebut.

Untuk itulah, Izin Mendirikan Bangunan sebagai saranan perizinan dalam rangka mendirikan/merubah bangunan dapat digunakan sebagai standar penyesuaian bangunan yang dapat melindungi keamanan masyarakat serta lingkungan sekitarnya. Selain itu Izin Mendirikan Bangunan juga dapat digunakan sebagai jaminan hukum yang sah kepada masyarakat terhadap kepemilikan gedung.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terdapat di Kabupaten Samosir yaitu masih banyaknya masyarakat yang belum sadar untuk mengurus dan memperoleh Izin Mendirikan Bangunan, hal ini dapat dilihat dari masih adanya masyarakat yang belum memperoleh Izin Mendirikan Bangunan namun sudah melakukan pembangunan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Samosir, untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Samosir dalam penerbitan IMB dan juga untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dihadapi Dinas Tata Ruang, Perumahan, Kebersihan, dan Pertamanan Kabupaten Samosir selaku tim teknis dalam penerbitan Izin Mendirikan Bangunan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.

Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa mekanisme penerbitan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kabupaten Samosir sudah dapat dikatakan baik bila dilihat dari kesederhanaan, kepastian waktu, kepastian hukum, tanggung jawab, dan kelengkapan sarana dan prasarana. Namun dari segi kemudahan akses BPMPT harus memaksimalkan kinerjanya dan mencari solusi yang tepat dalam memberikan kemudahan akses bagi masyarakat agar masyarakat memahami bagaimana mekanisme penerbitan IMB sehingga masyarakat tidak lagi berfikiran bahwa pengurusan IMB akan berbelit-belit.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :