BAB III PEMBAHASAN. perusahaan, struktur organisasi serta fungsi dari masing-masing bagian yang ada

Teks penuh

(1)

19 3.1. Tinjauan Perusahaan

Dalam tinjauan perusahaan ini berisi tentang sejarah berdirinya perusahaan, struktur organisasi serta fungsi dari masing-masing bagian yang ada dalam suatu perusahaan. Perusahaan yang diteliti adalah Lembaga Kursus SKY COM Sukamandi yang berada di Jl. Raya Sukamandi Dusun Margajaya Desa Sukamandijaya Kec. Ciasem yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pelatihan kursus komputer. Berikut uraian sejarah berdirinya SKY COM Sukamandi, struktur organisasi serta deskripsi jabatan di SKY COM Sukamandi.

3.1.1. Sejarah Perusahaan

Perkembangan teknologi komputer dan semakin banyaknya permintaan dari perusahaan-perusahaan yang menginginkan sumber daya manusia yang berkualitas, maka kursus komputer SKY COM berusaha untuk memberikan pendidikan di jalur komputer demi tercapainya masa depan manusia yang siap memasuki dunia kerja dengan bekal profesionalisme.

Pada tahun 2007 pemilik SKY COM Sukamandi yakni Bapak Dendi mengajukan peminjaman uang kepada bank. Uang tersebut digunakan untuk membeli 5 unit PC dan mengajukan surat perijinan dari Dinas Pendidikan. Barulah pada 17 September 2008 SKY COM Sukamandi didirikan dan diresmikan dengan Izin Dinas Pendidikan : 421.10/024-DISDIK/2011.

(2)

Seiring berjalannya waktu, usaha yang dikelola oleh pengelola berjalan stabil. Karena kualitas yang tidak diragukan lagi, siswa di lembaga kursus komputer tersebut semakin meningkat melalui perbincangan dari mulut ke mulut dan promosi lainnya antara siswa dan masyarakat.

Di SKY COM Sukamandi terdapat 2 paket yaitu paket Reguler dan paket Private. Paket Reguler dilaksanakan pada pagi/siang hari dengan harga Rp.400.000 dan pertemuan seminggu 2 kali. Paket Private dilaksanakan pada malam hari dengan harga Rp. 500.000 dan pertemuan seminggu sekali.

3.1.2. Struktur Organisasi dan Fungsi

Di dalam suatu organisasi atau perusahaan, struktur organisasi memegang peranan yang sangat penting dalam mendukung jalannya perusahaan. Setiap perusahaan harus mempunyai organisasi yang baik agar koordinasi dan tata kerja dapat tergambar dengan jelas, sehingga dapat berfungsi dengan maksimal. Bentuk organisasi ada berbagai macam dan untuk memilih yang terbaik sangat tergantung dengan situasi dan kondisi masing-masing perusahaan atau organisasi serta tujuan yang ingin dicapai.

(3)

PEMILIK

SEKRETARIS BENDAHARA

SEKSI SARANA PRASARANA

SEKSI ADM & DOKUMENTASI

Sumber : SKY COM Sukamandi

Gambar III.1. Struktur Organisasi

Dilihat dari struktur organisasi diatas terlihat jelas adanya bagian atau badan yang mempunyai fungsi yang berbeda, adapun fungsinya adalah sebagai berikut:

1. Pemilik

Sebagai pimpinan, mengorganisasi, mengarahkan dan mengkoordinasi seluruh kegiatan di lembaga kursus, melalukan evaluasi terhadap seluruh kegiatan di lembaga kursus.

2. Bendahara

Menerima dan mengelola pembayaran kursus, membuat laporan pembukuan atau laporan keuangan kursus.

3. Sekretaris

Membantu pemilik untuk menjalankan lembaga, menata dan menyimpan file-file atau data pada komputer.

(4)

4. Seksi Sarana Prasarana

Menyusun bahan perumusan kebijakan di bidang sarana dan prasarana kursus, koordinasi pelaksanaan kebijakan dibidang sarana dan prasarana kursus.

5. Seksi Administrasi dan Dokumentasi

Menyiapkan dan melayani kebutuhan perlengkapan, sarana dan prasarana peserta kursus, menjelaskan prosedur kursus yang ada pada SKY COM Sukamandi sampai proses pembayaran, menyusun dan mengolah dokumen-dokumen yang mencatat semua aktivitas yang terjadi di lembaga kursus tersebut.

3.2. Tinjauan Kasus

Prosedur Pendaftaran dan Pembayaran Kursus sistem yang berjalan pada SKY COM Sukamandi yaitu:

1. Proses Pendaftaran

Calon siswa kursus datang langsung ke lokasi SKY COM Sukamandi mendaftar dan bertemu langsung dengan bagian sekretaris, bagian sekretaris menjelaskan tentang ketentuan pembelajaran di SKY COM Sukamandi yang terdiri dari pilihan paket sampai proses pembayaran dan memberikan formulir pendaftaran kepada calon siswa. Calon siswa kursus mengisi formulir pendaftaran dengan benar, kemudian menyerahkan formulir pendaftaran dengan persyaratan foto diri 3x4 ke bagian sekretaris. Dan siswa akan mendapatkan Kartu Iuran Kursus.

(5)

2. Proses Pembelajaran

Setelah siswa mengisi formulir pendaftaran maka siswa tersebut sudah bisa mengikuti proses pembelajaran kursus berdasarkan pilihan paket yang diambil. Pembelajaran yang dibahas yaitu tentang Microsoft office yang terdiri dari Microsoft Office Excel, Microsoft Office Word, Microsoft Office PowerPoint, Windows Explore dan mendapatkan Aplikasi Paint.

3. Proses Pembayaran

Pembayaran berdasarkan pilihan paket yang siswa ambil. Pembayaran dilakukan pada bagian bendahara dan bisa dicicil selama siswa tersebut masih mengikuti proses pembelajaran pada SKY COM Sukamandi. Siswa memberikan Kartu Iuran Kursus untuk dicatat sebagai bukti pembayaran. Pencatatan juga ditulis dalam buku pembayaran dan diarsipkan menjadi 2 rangkap yang 1 rangkap disimpan oleh bagian bendahara dan I rangkap lagi diberikan kepada pemilik.

4. Proses Pembuatan Laporan

Pembuatan laporan dibuat dalam sebulan sekali dengan melihat berdasarkan data-data siswa, pendaftaran dan pembayaran yang nantinya akan diberikan kepada pemilik perusahaan.

Dari prosedur yang ada dapat dilihat permasalahan yang terjadi adalah sebagai berikut:

a. Proses pendaftaran dan pembayaran masih dilakukan secara manual, sehingga sering terjadi kesalahan seperti saat penginputan data, pencatatan transaksi dan pembuatan laporan yang memakan waktu cukup lama.

(6)

b. Penyimpanan dokumen-dokumen penting pada beberapa tempat sehingga dapat menimbulkan susahnya pencarian dokumen bahkan sampai adanya penumpukan dokumen.

Menyadari banyaknya kekurangan yang ada maka solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan dibuatkannya program yang sudah terkomputerisasi yang dapat mendukung proses pencatatan semua data transaksi pendaftaran dan pembayaran kursus pada lembaga kursus SKY COM Sukamandi. Adapun dokumen masukan dan dokumen keluaran dari program yang akan dibuat adalah sebagai berikut.

3.2.1. Dokumen Masukan

Dokumen masukan adalah segala bentuk dokumen yang berasal dari lingkungan luar sistem yang berupa dokumen-dokumen yang akan diolah dalam suatu proses agar dapat menghasilkan keluaran yang diinginkan. Berikut adalah dokumen masukan dan dokumen keluaran dari program yang akan dibuat.

1. Formulir Pendaftaran Siswa

Nama Dokumen : Formulir Pendaftaran Siswa Fungsi : Sebagai bukti pendaftaran kursus

Sumber : Siswa

Tujuan : Bagian Sekretaris

Frekuensi : Setiap melakukan pendaftaran kursus

Media : Kertas

Jumlah : 1 Lembar

(7)

2. Foto Calon Siswa

Nama Dokumen : Foto Calon Siswa

Fungsi : Untuk melakukan pendaftaran kursus

Sumber : Siswa

Tujuan : Bagian Sekretaris

Frekuensi : Setiap melakukan pendaftaran kursus

Media : Kertas

Jumlah : 1 Lembar

Bentuk : Lampiran A.2

3. Kartu Iuran Kursus

Nama Dokumen : Kartu Iuran Kursus

Fungsi : Sebagai bukti pembayaran Sumber : Bagian Bendahara

Tujuan : Siswa

Frekuensi : Setiap melakukan pembayaran

Media : Kertas

Jumlah : 1 Lembar

Bentuk : Lampiran A.3

3.2.2. Dokumen Keluaran

Dokumen keluaran adalah segala bentuk dokumen perusahaan berupa dokumen-dokumen yang akan mendukung kegiatan manajemen serta merupakan dokumen hasil pencatatan atau laporan. Adapun dokumen-dokumen keluaran tersebut adalah sebagai berikut:

(8)

1. Laporan Data Pendaftaran Siswa

Nama Dokumen : Laporan Data Pendaftaran Siswa

Fungsi : Untuk mengetahui data pendaftaran siswa Sumber : Bagian Sekretaris

Tujuan : Pemilik

Frekuensi : Setiap tutup buku bulanan

Media : Kertas

Jumlah : 1 Lembar

Bentuk : Lampiran B.2

2. Laporan Data Pembayaran Siswa

Nama Dokumen : Laporan Data Pembayaran Siswa

Fungsi : Untuk mengetahui data pembayaran siswa Sumber : Bagian Sekretaris

Tujuan : Pemilik

Frekuensi : Setiap tutup buku akhir bulan

Media : Kertas

Jumlah : 1 Lembar

Bentuk : Lampiran B.3

3.3. Analisa Kebutuhan Software 3.3.1. Analisa Kebutuhan

A. Admin

A.1. Admin dapat melakukan login A.2. Admin dapat mengelola data siswa

(9)

A.3. Admin dapat mengelola data paket

A.4. Admin dapat mengelola transaksi pendaftaran A.5. Admin dapat mengelola transaksi pembayaran A.6. Admin dapat mengelola laporan

B. Pemilik

B.1. Pemilik dapat melakukan login B.2. Pemilik dapat melihat data siswa B.3. Pemilik dapat mengelola data admin B.4. Pemilik dapat melihat data paket

B.5. Pemilik dapat melihat transaksi pendaftaran B.6. Pemilik dapat melihat transaksi pembayaran B.7. Pemilik dapat melihat laporan

(10)

3.3.2. Use Case Diagram ADMIN Mengelola Data Siswa Mengelola Data Paket Input tambah paket hapus data simpan data ubah data batal Tabel cari data menu << ext end >> << ex te nd >> Mengelola Data Admin Login Pemilik < < in clud e> > < < in clu d e > > << in clu de >> Input tambah paket hapus data simpan data

ubah data batal << ex te nd >> Tabel cari data menu

<< exten d>> Mengelola Pendaftaran Mengelola Laporan-Laporann Mengelola Pembayaran < < in cl u d e > > < < in c lu d e > > << inc lud e> > cetak laporan keluar cetak laporan keluar

Laporan Pendaftaran Laporan Pembayaran

< < e x x te n d > > < < e x te n d > >

input data siswa

simpan pendaftaran

batal pendaftaran

hapus pendaftaran tambah pendaftaran

input kode daftar

simpan pembayaran batal pembayaran batal ubah data update data menu

(11)

3.3.3. Activity Diagram 1. Activity Diagram Login

Admin Sistem Pendaftaran & Pembayaran

Melakukan Login

Menu Utama

Tampil ID/Password Salah

Masukan Username Masukan Password

Cek Validasi

valid

(12)

2. Activity Diagram Mengelola Data Siswa

File Master

Pilih Sub Menu Siswa

Tampil File Master

Tampil Form Menu Siswa

Pilih Update

Tampil Pesan Terupdate Pilih Data Pada Tabel Siswa

Tampil Form Menu Siswa

ADMIN SISTEM PENDAFTARAN

DAN PEMBAYARAN

Pilih Menu Pilih Ubah

Pilih Batal

Tampil Data Siswa Ubah Data Siswa

Menyimpan Ke Database Tampil Menu Utama

(13)

3. Activity Diagram Mengelola Data Admin

File Master

Pilih Sub Menu Admin

Tampil File Master

Tampil Form Menu Admin

Pilih Cari

Masukan Kode Admin Tampil Data

Tampil Pesan Tersimpan

Menyimpan Ke Database

Pilih Ubah Pilih Hapus Ubah Data

Data Terhapus Data Terupdate Tampil Menu Utama

Tampil Form Menu Admin

PEMILIK SISTEM PENDAFTARAN

DAN PEMBAYARAN

Pilih Tambah Autokode Admin Input Data

Pilih Simpan Pilih Batal

Input Lihat

Kembali

(14)

4. Activity Diagram Mengelola Data Paket

File Master

Pilih Sub Menu Paket

Tampil File Master

Tampil Form Menu Paket

Pilih Cari

Masukan Kode Paket Tampil Data

Tampil Pesan Tersimpan

Menyimpan Ke Database

Pilih Ubah Pilih Hapus Ubah Data

Data Terhapus Data Terupdate Tampil Menu Utama

Tampil Form Menu Paket

ADMIN SISTEM PENDAFTARAN

DAN PEMBAYARAN

Pilih Tambah Input Data

Pilih Simpan Pilih Batal

Input Lihat

Kembali

(15)

5. Activity Diagram Transaksi Pendaftaran

Pilih Sub Menu Pendaftaran Tampil Form Menu Pendaftaran

ADMIN SISTEM PENDAFTARAN

DAN PEMBAYARAN

File Transaksi Tampil File Transaksi

Autokode Pendaftaran, Tgl Daftar, Autokode Siswa

Tampil Pilihan Paket yang diambil

Pilih Admin Tampil Nama Admin Input Data Siswa

Pilih Batal Tampil Form Menu Pendaftaram Tampil Pesan Tersimpan Pilih Tambah

Pilih Paket

Lihat Data Pendaftaran Pilih Simpan

Tampil Form Data Pendaftaran Input Cari Kode Pendaftaran

Kembali ke Menu Kembali Ke Form Pendaftaran Hapus

Tampil Form Menu Pendaftaran Tampil Pesan Terhapus

Tampil Menu Utama

(16)

6. Activity Diagram Transaksi Pembayaran

Pilih Sub Menu Pembayaran Tampil Form Menu Pembayaran

ADMIN SISTEM PENDAFTARAN

DAN PEMBAYARAN

File Transaksi Tampil File Transaksi

Pilih Tambah Autokode Pembayaran dan Tgl Daftar

Input Kode Pendaftaran Tampil Data Otomatis

Pilih Bulan

Input Bayar Tampil Form Menu Pembayaran

Pilih Batal Pilih Kembali

Tampil Menu Utama Pilih Simpan

Tampil Pesan Tersimpan Menyimpan ke Database

(17)

7. Activity Diagram Mencetak Laporan Pendaftaran

Pilih Sub Menu Laporan Pendaftaran Tampil Form Laporan Pendaftaran

ADMIN SISTEM PENDAFTARAN

DAN PEMBAYARAN

File Laporan Tampil File Laporan

Input Data

Cetak Keluar

Kembali Ke Menu Utama

Menampilkan Data Laporan yang akan Dicetak

Cetak Laporan

(18)

3.4. Desain

3.4.1. Entity Relationship Diagram (ERD)

Siswa Pendaftaran kode_siswa nama_siswa tempat_lahir tgl_lahir alamat_siswa tgl_masuk asal_sekolah notlp_siswa Pembayaran Admin Paket Melakuk an Melayani 1 1 1 1 Mempros es Melakuk an 1 1 1 1 Memilih 1 1 Mengam bil Data 1 1 bulan bayar tgl_bayar kode_pmb kode_siswa kode_adm kode_pnd kode_adm nama_adm alamat_adm tingkat_akses notlp_adm email_adm sandi kode_paket nama_paket materi_paket waktu pertemuan biaya keterangan kode_pnd tgl_daftar kode_adm kode_paket kode_siswa

(19)

3.4.2. Logical Record Structure (LRS) Admin kode_adm* nama_adm alamat_adm tingkat_akses notlp_adm email_adm sandi Paket kode_paket* nama_paket materi_paket pertemuan waktu biaya keterangan Pendaftaran kode_pnd* tgl_daftar kode_paket** kode_siswa** Siswa kode_siswa* nama_siswa tempat_lahir tgl_lahir alamat_siswa tgl_masuk asal_sekolah notlp_siswa Pembayaran kode_pmb* bulan bayar tgl_bayar kode_siswa** kode_adm** kode_adm** kode_pnd** 1 1 1 1 1 1 1 1

Gambar III.11. Logical Record Structure

3.4.3. Spesifikasi File

File adalah komponen utama dari sebuah sistem komputerisasi. File memiliki fungsi sebagai data masukan dan keluaran untuk menunjang sistem dan program yang sedang dibangun. Adapun spesifikasi file tersebut adalah:

1. Spesifikasi File Tabel Admin

Nama Database : pembayaran_kursus01

Nama File : Admin

(20)

Tipe File : File Master

Akses File : Random

Record Size : 105 byte Primary Key : kode_adm

Software : MySQL

Struktur Tabel :

Tabel III.1.

Spesifikasi File Tabel Admin

No Elemen Data Nama Field Type Panjang Keterangan 1 Kode Admin kode_adm Varchar 5 Primary Key 2 Nama Admin nama_adm Varchar 30

3 Alamat Admin alamat_adm Text

4 Tingkat Akses tingkat_akses Char 15 5 No Tlp Admin notlp_adm Varchar 15 6 Email Admin email_adm Varchar 25

7 Sandi Sandi Varchar 15

2. Spesifikasi File Tabel Siswa

Nama Database : pembayaran_kursus01

Nama File : Siswa

Akronim : formSiswa

Tipe File : File Master

Akses File : Random

Record Size : 100 byte Primary Key : kode_siswa

Software : MySQL

(21)

Tabel III.2.

Spesifikasi File Tabel Siswa

No Elemen Data Nama Field Type Panjang Keterangan 1 Kode Siswa kode_siswa Varchar 5 Primary Key 2 Nama Siswa nama_siswa Varchar 30

3 Tempat Lahir tempat_lahir Varchar 20 4 Tgl Lahir tgl_lahir Text

5 Alamat Siswa alamat_siswa Text 6 Tgl Masuk tgl_masuk Text

7 Asal Sekolah asal_sekolah Varchar 30 8 No Tlp Siswa notlp_siswa Varchar 15

3. Spesifikasi File Tabel Paket

Nama Database : pembayaran_kursus01

Nama File : Paket

Akronim : formFaket

Tipe File : File Master

Akses File : Random

Record Size : 64 byte Primary Key : kode_paket

Software : MySQL

Struktur Tabel :

Tabel III.3.

Spesifikasi File Tabel Paket

No Elemen Data Nama Field Type Panjang Keterangan 1 Kode Paket kode_paket Varchar 6 Primary Key 2 Nama Paket nama_paket Varchar 8

3 Materi Paket materi_paket Varchar 10 4 Pertemuan Pertemuan Varchar 30

5 Waktu Waktu Varchar 10

6 Biaya Biaya Double

(22)

4. Spesifikasi File Tabel Pendaftaran

Nama Database : pembayaran_kursus01 Nama File : Pendaftaran

Akronim : formPendaftaran Tipe File : File Transaksi

Akses File : Random

Record Size : 35 byte Primary Key : kode_pnd

Software : MySQL

Struktur Tabel :

Tabel III.4.

Spesifikasi File Tabel Pendaftaran

No Elemen Data Nama Field Type Panjang Keterangan 1 Kode

Pendaftaran

kode_pnd Varchar 11 Primary Key 2 Tgl Daftar tgl_daftar Text 8

3 Kode Paket kode_paket Varchar 6 Foreign Key 4 Kode Siswa kode_siswa Varchar 5 Foreign Key

5 Kode Adm kode_adm Varchar 5 Foreign Key

5. Spesifikasi File Tabel Pembayaran

Nama Database : pembayaran_kursus01

Nama File : Pembayaran

Akronim : formPembayaran Tipe File : File Transaksi

Akses File : Random

Record Size : 37 byte Primary Key : kode_pmb

(23)

Software : MySQL Struktur Tabel :

Tabel III.5.

Spesifikasi File Tabel Pembayaran

No Elemen Data Nama Field Type Panjang Keterangan 1 Kode

Pembayaran

kode_pmb Varchar 11 Primary Key 2 Kode

Pendaftaran

kode_pnd Varchar 6

3 Kode Admin kode_adm Varchar 5 Foreign Key 4 Kode Siswa kode_siswa Varchar 5 Foreign Key

5 Bulan Bulan Varchar 10

6 Bayar Bayar Double

7 Tgl Bayar tgl_bayar Text

3.4.4. User Interface 1. Form login

(24)

2. Form Menu Utama

Gambar III.13. Form Menu Utama 3. Form Paket

(25)

4. Form Siswa

Gambar III.15. Form Siswa 5. Form Admin

(26)

6. Form Transaksi Pembayaran

Gambar III.17. Form Transaksi Pembayaran 7. Form Transaksi Pendaftaran

(27)

8. Form Laporan Pendaftaran

Gambar III.19. Form Laporan Pendaftaran 9. Form Laporan Pembayaran

Gambar III.20. Form Laporan Pembayaran

3.5. Implementasi

Pada umumnya implementasi adalah proses penerapan rancangan program yang telah dibuat atau aplikasi dalam melakukan perancangan aplikasi

(28)

pemrograman yang dibuat. Pada tahap ini ada beberapa spesifikasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang digunakan dalam pembuatan program.

1. Perangkat Lunak (Software)

Komponen perangkat lunak adalah serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (brainware) dan sifat non disk, terdiri dari sistem software dan application software.

a. Operating System : Microsoft Windows 7 b. Package Program : NetBeans 8.2

c. Database : MySQL dengan phpMyAdmin

d. Bahasa Pemrograman : Java

e. Server : Xampp

2. Perangkat Keras (Hardware)

Komponen perangkat keras adalah terdiri dari unsur-unsur yang terdiri dari perangkat keras komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (brainware) dan bersifat fisik.

a. Processor : Intel@ Core i3 b. RAM : Minimal 1 GB c. Monitor : LCD d. Keyboard : Standar e. Mouse : PS 2 f. Harddisk : 160 GB g. Printer : Laserjet

(29)

3.6. Testing 1. Form Login

Tabel III.6. Testing Form Login No Skenario

Pengujian

Test Case Hasil yang Diharapkan Hasil Pengujian Kesimpulan 1 Mengetikkan Email dan password tidak diisi atau kosong kemudian klik tombol login Email: deasyratnawulan @yahoo.com Password: (kosong) Sistem akan menolak akses dan menampilkan pesan “Password Tidak Boleh Kosong” Sesuai harapan Valid 2 Email tidak diisi (kosong) dan password diisi kemudian klik tombol login Email: (kosong) Password: 123 Sistem akan menolak akses dan menampilkan pesan “Email Tidak Boleh Kosong” Sesuai harapan Valid 3 Mengetik salah satu kondisi salah pada Email atau password kemudian klik tombol login Email: deasyratnawulan @yahoo.com (benar) Password: 12345 (salah) Sistem akan menolak akses akan kembali diarahkan ke halaman login dan menampilakn pesan “Maaf Email dan Password Salah” Sesuai harapan Valid 4 Mengetik Email dan password dengan data yang benar kemudian klik tombol login Email: deasyratnawulan @yahoo.com (benar) Password: 123 (benar) Sistem akan menerima akses login dan akan menampilkan pesan “Login Sukses” Sesuai harapan Valid

(30)

2. Form Admin

Tabel III.7. Testing Form Admin No Skenario

Pengujian

Test Case Hasil yang Diharapkan Hasil Pengujian Kesimpu lan 1 Klik tambah, input semua data dengan benar lalu klik tombol simpan Kode admin: (AD001) Nama admin: (wulan) Alamat: (kp.baru pabuaran) Tingkat akses: (admin) No tlp: (085720459324) Email: (deasyratnawulan @yahoo.com) Sandi: (123) Sistem akan menerima akses dan menampilkan pesan “Data sudah tersimpan Ke Database” Sesuai harapan Valid 2 Klik tombol cari, input kode admin setelah itu pilih tombol hapus kemudian klik yes Kode admin: (AD001) Sistem akan menerima akses dan menampilkan pesan “Yakin?” dan data terhapus Sesuai harapan Valid 3 Klik tombol cari, input kode admin setelah itu pilih tombol ubah kemudian klik yes Kode admin: (AD001) Sistem akan menerima akses dan menampilkan pesan “Data terupdate” Sesuai harapan Valid 4 Klik tombol cari, input kode admin dengan kondisi salah

Kode admin: (abc) Sistem akan menolak akses dan menampilkan pesan “Data tidak ditemukan” Sesuai harapan Valid

(31)

3. Form Transaksi Pendaftaran

Tabel III.8.

Testing Form Transaksi Pendaftaran No Skenario

Pengujian

Test Case Hasil yang diharapkan Hasil pengujian Kesimpu lan 1 Klik tambah, pilih kode paket dan pilih kode admin kemudian input data siswa dengan benar lalu klik tombol simpan Kode daftar: (PND001) Tanggal daftar: (2017/07/09) Kode paket: (PO001) Kode admin: (AD001) Kode siswa: (S0001) Sistem akan menerima akses dan menampilkan pesan “Data Sudah Tersimpan” Sesuai harapan Valid 2 Klik tambah, kode paket dan kode admin tidak dipilih kemudian input data siswa lalu klik tombol simpan Kode daftar: (PND002) Tanggal daftar: (2017/07/10) Kode paket: Kode admin: Kode siswa: (S0002) Sistem akan menolak akse dan menampilkan pesan “Eror” Sesuai harapan Valid

(32)

4. Form Transaksi Pembayaran

Tabel III.9.

Testing Form Transaksi Pembayaran No Skenario

Pengujian

Test Case Hasil Yang Diharapkan Hasil Pengujian Kesimpulan 1 Klik tambah, kemudian input kode pendaftaran, klik enter, pilih bulan, masukan bayar berapa, klik simpan Kode pembayaran: KW170827001 Tgl bayar: 2017/08/27 Kode pendaftaran: (PND002) Bulan: (Januari) Bayar: (100000) Sistem akan menerima akses dan menampilkan pesan “Data Berhasil Tersimpan” Sesuai harapan Valid 2 Klik tambah, kode pendaftaran tidak diisi kemudian pilih bulan masukan bayar berapa, klik simpan Kode pembayaran: KW170827001 Tgl bayar: 2017/08/27 Kode pendaftaran: Bulan: (Januari) Bayar: (100000) Sistem akan menerima akses dan menampilkan pesan “Data Kurang Lengkap” Sesuai harapn Valid 3 Klik tambah, isi kode pendaftaran klik enter, bulan dan bayar tidak diisi Kode pembayaran: KW170827001 Tgl bayar: 2017/08/27 Kode pendaftaran: (PND002) Bulan: Bayar: Sistem akan menerima akses dan menampilkan pesan “Data Kurang Lengkap” Sesuai Harapan Valid

Figur

Gambar III.1. Struktur Organisasi

Gambar III.1.

Struktur Organisasi p.3
Gambar III.2. Use Case Diagram

Gambar III.2.

Use Case Diagram p.10
Gambar III.3. Activity Diagram Login

Gambar III.3.

Activity Diagram Login p.11
Gambar III.4. Activity Diagram Mengelola Data Siswa

Gambar III.4.

Activity Diagram Mengelola Data Siswa p.12
Gambar III.5. Activity Diagram Mengelola Data Admin

Gambar III.5.

Activity Diagram Mengelola Data Admin p.13
Gambar III.6. Activity Diagram Mengelola Data Paket

Gambar III.6.

Activity Diagram Mengelola Data Paket p.14
Gambar III.7. Activity Diagram Transaksi Pendaftaran

Gambar III.7.

Activity Diagram Transaksi Pendaftaran p.15
Gambar III.8. Activity Diagram Transaksi Pembayaran

Gambar III.8.

Activity Diagram Transaksi Pembayaran p.16
Gambar III.9. Activity Diagram Mencetak Laporan Pendaftaran

Gambar III.9.

Activity Diagram Mencetak Laporan Pendaftaran p.17
Gambar III.10. Entity Realationship Diagram

Gambar III.10.

Entity Realationship Diagram p.18
Gambar III.11. Logical Record Structure

Gambar III.11.

Logical Record Structure p.19
Tabel III.1.

Tabel III.1.

p.20
Tabel III.2.

Tabel III.2.

p.21
Tabel III.4.

Tabel III.4.

p.22
Tabel III.5.

Tabel III.5.

p.23
Gambar III.13. Form Menu Utama  3.  Form Paket

Gambar III.13.

Form Menu Utama 3. Form Paket p.24
Gambar III.15. Form Siswa  5.  Form Admin

Gambar III.15.

Form Siswa 5. Form Admin p.25
Gambar III.17. Form Transaksi Pembayaran  7.  Form Transaksi Pendaftaran

Gambar III.17.

Form Transaksi Pembayaran 7. Form Transaksi Pendaftaran p.26
Gambar III.19. Form Laporan Pendaftaran  9.  Form Laporan Pembayaran

Gambar III.19.

Form Laporan Pendaftaran 9. Form Laporan Pembayaran p.27
Tabel III.6.

Tabel III.6.

p.29
Tabel III.7.

Tabel III.7.

p.30
Tabel III.8.

Tabel III.8.

p.31
Tabel III.9.

Tabel III.9.

p.32

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :