Selamat Datang. LoveGodGreatly.com 1. KAMI SANGAT BERSUKA cita Anda telah memutuskan untuk bergabung dengan kami di pendalaman

115  Download (0)

Teks penuh

(1)
(2)
(3)

LoveGodGreatly.com 1

Selamat Datang

KAMI SANGAT BERSUKA cita Anda telah memutuskan untuk bergabung dengan kami di pendalaman

Alkitab ini! Pertama-tama, ketahuilah bahwa kami telah mendoakan Anda! Bukanlah suatu kebetulan Anda berpartisipasi dalam pendalaman Alkitab ini.

Doa kami untuk Anda sederhana: agar Anda menjadi semakin dekat dengan Tuhan pada saat Anda menggali Firman-Nya setiap hari! Ketika Anda mengembangkan ketekunan untuk berada dalam Firman Tuhan setiap hari, kami berdoa agar Anda akan semakin jatuh cinta pada-Nya lebih lagi saat Anda mengabil waktu untuk membaca dan mendalami Firman Tuhan.

Setiap hari sebelum Anda membaca bagian Firman yang telah ditentukan, berdoalah dan mintalah Tuhan untuk menolong Anda untuk dapat memahami Firman-Nya. Undanglah Ia untuk berbicara pada Anda melalui Firman-Nya. Lalu mendengarlah. Tugas-Nya adalah berbicara kepada Anda dan tugas Anda adalah mendengar suara-Nya dan mentaati-Nya.

Ambillah waktu untuk membaca ayat-ayat berulang kali. Di dalam kitab Amsal, kita diingatkan untuk mencari dan kita akan mendapatkan: “Jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam, maka engkau akan memperoleh pengertian.” (Amsal 2:4-5).

Kami dengan penuh suka-cita menyediakan berbagai sumber materi bagi Anda pada saat Anda mengambil bagian dalam pendalaman Alkitab ini:

-Buku Pendalaman Alkibta Berjalan dalam Hikmat -Rencana Bacaan

-Artikel Bacaan di Blog (Senin, Rabu, dan Jumat) -Ayat Hafalan Mingguan

-Video Setiap Hari Senin -Tantangan Mingguan

-Komunitas online: Facebook (https://www.facebook.com/LGGIndonesia), Twitter (@lggindo), Instagram (@lggindo), Blog (https://cintatuhansesungguhnya.wordpress.com/), LoveGodGreatly.com -Hashtag/Tagar: #cintatuhansesungguhnya, #LoveGodGreatly

Semua kami disini dalam Cinta Tuhan Sesungguhnya tidak sabar menanti untuk memulai pendalaman Firman Tuhan bersama-sama dengan Anda, dan harapan kami untuk bertemu dengan Anda di garis akhir. Bertahan, bertekun, berjuang –dan jangan menyerah! Mari selesaikan dengan baik apa yang kita mulai hari ini. Kami akan bersama Anda dalam setiap langkah, menyemangati Anda! Kita melakukan ini bersama-sama. Berjuanglah untuk bangun pagi, untuk menyingkirkan stress hari tersebut, duduk berdiam dan menghabiskan waktu dalam Firman Tuhan! Kita akan melihat apa yang Tuhan sudah sediakan bagi setiap kita lewat pendalaman Alkitab ini! Mari berjalan bersama kami disaat kita belajar untuk mencinta Tuhan sesungguhnya dengan hidup kita!

(4)

LoveGodGreatly.com 2

Hak Cipta @2017 oleh LoveGodGreatly.com

Ijin diberikan untuk mencetak dan memperbanyak dokumen ini guna tujuan menyelesaikan pendalaman Alkitab online Berjalan dalam Hikmat.

(5)

LoveGodGreatly.com 3 Komunitas Kami h. 5

Bagaimana Cara SOAP h. 6 Rencana Bacaan SOAP h. 8 Tujuan h. 9

Perkenalan h. 10

MINGGU 1 Halaman Tantangan dan Doa h. 12 Ayat Hafalan h. 13

Bacaan Alkitab h. 14 SOAP Harian h. 16 Pertanyaan Refleksi h. 26 Tanggapanku h. 27

MINGGU 2 Halaman Tantangan dan Doa h. 28 Ayat Hafalan h. 29

Bacaan Alkitab h. 30 SOAP Harian h. 32 Pertanyaan Refleksi h. 42 Tanggapanku h. 43

MINGGU 3 Halaman Tantangan dan Doa h. 44 Ayat Hafalan h. 45

Bacaan Alkitab h. 46 SOAP Harian h. 48 Pertanyaan Refleksi h. 58 Tanggapanku h. 59

MINGGU 4 Halaman Tantangan dan Doa h. 60 Ayat Hafalan h. 61

Bacaan Alkitab h. 62 SOAP Harian h. 64 Pertanyaan Refleksi h. 74 Tanggapanku h. 75

MINGGU 5 Halaman Tantangan dan Doa h. 76 Ayat Hafalan h. 77

Bacaan Alkitab h. 78 SOAP Harian h. 82 Pertanyaan Refleksi h. 92 Tanggapanku h. 93

MINGGU 6 Halaman Tantangan dan Doa h. 94 Ayat Hafalan h. 95 Bacaan Alkitab h. 96 SOAP Harian h. 100 Pertanyaan Refleksi h. 110 Tanggapanku h. 111

Daftar Isi

(6)
(7)

LoveGodGreatly.com 5

Komunitas Kami

“CINTA TUHAN SESUNGGUHNYA” terdiri dari komunitas indah dari para perempuan yang menggunakan

berbagai jenis teknologi untuk menjaga satu sama lain saling bertanggung jawab/ berakuntabilitas dalam Firman Tuhan.

Kami mulai dengan rencana bacaan Alkitab sederhana, tapi tidak berhenti disana.

Sebagian berkumpul di rumah-rumah dan gereja-gereja local, sementara sebagian lain terhubung online dengan perempuan di berbagai belahan dunia. Apapun metodenya, kami dengan penuh kasih bergandengan dan bersatu untuk tujuan ini:

Untuk Cinta Tuhan Sesungguhnya dengan hidup kami

Dalam dunia hari ini yang dipacu oleh teknologi berkecepatan tinggi, akan sangat mudah untuk belajar Firman Tuhan dalam lingkungan terisolasi yang minim dorongan atau dukungan, tapi itu bukanlah tujuan Cinta Tuhan Sesungguhnya. Tuhan menciptakan kita untuk hidup dalam komunitas dengan Dia dan orang-orang di sekitar kita.

Kita perlu satu sama lain, dan kita hidup lebih baik bersama-sama.

Karenanya, apakah Anda akan mempertimbangkan untuk menjangkau dan belajar dengan seseorang sesi ini?

Semua kita memiliki perempuan-perempuan dalam hidup kita yang memerlukan persahabatan, akuntabilitas, dan memiliki kerinduan untuk bertekun dalam Firman Tuhan lebih dalam lagi. Yakinlah bahwa kami akan belajar bersama dengan Anda – belajar bersama Anda, menyemangati Anda, menikmati persekutuan yang indah, dan tersenyum saat kami melihat Tuhan menyatukan para perempuan- dengan sengaja menghubungkan hati dan pikiran kita untuk kemuliaan-Nya.

Sangatlah luar biasa – kesempatan yang kita punya tidak hanya untuk bertumbuh lebih dekat dengan Tuhan melalui pendalaman ini, tapi juga lebih dekat satu sama lain.

Jadi inilah tantangannya: “teleponlah Ibu Anda, kakak/adik, nenek, perempuan di depan rumah atau teman kuliah di satu negara. Hubungi sekeompok perempuan dari gereja atau tempat kerja Anda, atau bertemulah di kedai kopi dengan teman yang Anda ingin kenali lebih jauh. Gunakan keindahan koneksi online untuk inspirasi dan akuntabilitas, dan cari kesempatan untuk bertemu muka jika Anda dapat.

(8)

LoveGodGreatly.com 6

Cara Untuk SOAP

KAMI SANGAT BANGGA DENGAN ANDA.

Kami sungguh-sungguh menginginkan Anda untuk mengetahuinya.

Kami bangga akan Anda dalam mengambil keputusan untuk tinggal di dalam Firman Tuhan… untuk membacanya setiap hari dan menerapkannya dalam HIDUP Anda – kehidupan yang indah yang TUHAN sudah berikan kepada ANDA.

Setiap sesi kami menyediakan sebuah pendalaman catatan jurnal yang sejalan dengan ayat-ayat yang kita baca setiap hari. Buku catatan jurnal ini dibuat khusus untuk menolong Anda berinteraksi dengan Firman Tuhan dan belajar menggali lebih dalam lagi – mendorong Anda untuk mengambil waktu khusus untuk lebih dalam merefleksi dan merenungkan apa yang Tuhan sesungguhnya firmankan kepada Anda pada hari itu.

Di Cinta Tuhan Sesungguhnya, kami menggunakan langkah-langkah pendalaman Firman yang disebut S.O.A.P. Sebelum kita memulai pendalaman Firman Tuhan ini, kami ingin mengambil waktu sesaat untuk menjelaskan langkah-langkah pendalaman Firman ini dan membagikan ALASAN MENGAPA kami merekomendasikan Anda untuk menggunakannya saat Anda membaca Firman Tuhan.

Apakah S.O.A.P. itu?

Ini artinya hanya satu hal, yaitu membaca Firman Tuhan. Tetapi ketika Anda berinteraksi dengan Firman Tuhan, untuk SUNGGUH-SUNGGUH merenungkan dan mengambil waktu khusus untuk menggali lebih dalam, tiba-tiba kata-kata dalam firman Tuhan mulai bermunculan nyata. Langkah-langkah SOAP menolong Anda untuk menggali lebih dalam lagi di dalam Firman Tuhan dan melihat lebih lagi dibandingkan jika Anda hanya membacanya sekilas saja dan selesai. Kami mendorong Anda untuk mengambil waktu untuk melakukan S.O.A.P. ini selama melakukan pendalaman Firman Tuhan dan Anda melihat sendiri bagaimana Anda mendapatkan lebih banyak lagi dari pembacaan Firman setiap hari. Anda akan terkagum-kagum!

Apakah artinya S.O.A.P. ?

S- adalah singkatan untuk Scripture, yang artinya Firman Tuhan. Ini adalah ayat-ayat yang tertulis di dalam Alkitab. Anda akan terkagum-kagum melihat apa yang akan Tuhan nyatakan kepada Anda saat Anda mengambil waktu untuk membaca dan menulis apa yang Anda baca dalam Firman Tuhan!

O- adalah singkatan untuk Observation, yang artinnya meninjau lebih dalam. Apa yang Anda dapat lihat di dalam ayat-ayat yang Anda baca? Kepada siapakah ayat-ayat itu ditulis? Apakah ada kata-kata yang ditulis berulang kali dalam ayat-ayat itu? Apakah ada kata yang muncul khusus untuk Anda saat membaca ayat-ayat itu?

A- adalah singkatan untuk Application, yang artinya Terapan dalam hidup sehari-hari. Ini adalah waktu dimana Firman Tuhan menjadi pesan khusus hanya untuk Anda. Apakah yang Tuhan katakan kepada saya hari ini? Bagaimana dapat saya aplikasikan dalam kehidupan pribadi saya dari apa yang baru saja saya baca? Perubahan apa yang perlu saya lakukan? Apakah ada yang perlu saya lakukan? Apakah perintah Tuhan kepada saya hari ini?

(9)

LoveGodGreatly.com 7

P- adalah singkatan untuk Prayer, yang artinya Doa. Berdoa kepada Tuhan menggunakan FirmanNya. Ambil waktu untuk mengucap syukur kepada Tuhan. Jika Tuhan menyatakan sesuatu kepada Anda sewaktu Anda membaca FirmanNya, doakan hal itu. Jika Tuhan menyatakan ada dosa di dalam hidup Anda yang perlu pertobatan, akui dosa Anda kepada Tuhan lewat doa. Dan ingatlah, Tuhan selalu mengasihi Anda.

CONTOH: Baca Kolose 1:5-8

S- Iman dan kasih yang timbul dari pengharapan yang disediakan bagi kamu di surga dan yang telah kamu dengar dalam firman kebenaran, Injil yang sudah sampai kepada kamu. Di seluruh dunia, Injil ini berbuah dan berkembang, sebagaimana juga diantara kamu sejak hari kamu mendengarnya dan memahami kasih karunia Allah dalam segala kebenarannya. Kamu mempelajarinya dari Epafras, kawan pelayanan yang kami kasihi, pelayan Kristus yang setia atas nama kami, dan yang juga manyatakan pada kami kasihmu dalam Roh.

O - Saat Anda menggabungkan iman dan kasih, Anda mendapatkan pengharapan. -Kita harus mengingat bahwa harapan kita ada di surga… yang masih akan datang. -Injil adalah Firman Kebenaran.

-Injil secara terus-menerus berbuah dan berkembang sejak hari pertama sampai hari terakhir. -Hanya dibutuhkan satu orang untuk mengubah seluruh komunitas… Epafras.

A- Tuhan memakai satu orang, Epafras, untuk mengubah seluruh kota! Saya diingatkan bahwa kita secara sederhana dipakai untuk memberitahu orang-orang lain tentang Kristus – pekerjaan Tuhanlah untuk menyebarkan Injil, menumbuhkannya, dan membuatnya berbuah. Saya merasa ayat hari ini hampir secara langsung dikatakan untuk Cinta Tuhan Sesungguhnya… “di seluruh dunia Injil ini berbuah dan berkembang, sebagaimana juga diantara kamu sejak hari kamu mendengarnya dan memahami kasih karunia Allah dalam segala kebenarannya.” Sangatlah menyenangkan saat Firman Tuhan menjadi begitu hidup dan menyemangati kita dalam situasi kita saat ini! Kerinduan saya adalah semua perempuan yang terlibat dalam pendalaman Alkitab ini akan memahami kasih karunia Tuhan dan memiliki kehausan akan Firman-Nya. Saya sangat tergerak oleh kutipan ini dari tafsiran Alkitab saya: “Firman Tuhan bukanlah hanya untuk informasi kita, melainkan untuk transformasi (perubahan) kita.”

P- Ya Tuhan, tolonglah saya untuk menjadi seorang “Epafras” – untuk memberitahukan tentang Engkau kepada orang-orang lain dan kemudian menyerahkan hasilnya dalam tanganMu yang pengasih. Tolong bantulah saya untuk memahami dan menerapkan apa yang telah saya baca hari ini dalam hidup saya secara pribadi, untuk menjadi semakin seperti Engkau setiap hari. Bantu saya untuk menghidupi hidup yang menghasilkan buah iman dan kasih… melabuhkan harapan saya di surga, bukan disini di bumi. Bantu saya untuk mengingat bahwa yang TERBAIK masih akan datang!

_________________________

Ingat, bahan terpenting dalam metode S.O.A.P. adalah interaksi ANDA dengan Firman Tuhan dan TERAPAN Firman Tuhan kedalam hidup ANDA.

Berbahagialah orang yang “kesukaannya ialah Taurat Tuhan, dan yang merenungkan

Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam ditepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saya yang diperbuatnya berhasil.” ~ Mazmur 1:1-3

(10)

LoveGodGreatly.com 8

Rencana Bacaan Untuk SOAP

Minggu 1 – Sumber Hikmat

Baca: Amsal 1:1-7 SOAP: Amsal 1:7 Baca: Amsal 2:1-6 SOAP:  Amsal 2:6 Baca: Amsal 3:5-8 SOAP:  Amsal 3:5-6 Baca: Amsal 3:19-26 SOAP:  Amsal 3:19-20 Baca: Amsal 15:29-33 SOAP: Amsal 15:33

Minggu 2  - Hikmat dalam Perkataan

Baca: Amsal 12:25; Amsal 15:1-4 SOAP: Amsal 15:1 Baca: Amsal 10:19; Amsal 17:27-28; Amsal 21:23 SOAP: Amsal 10:19 Baca: Amsal 12:17-22 SOAP: Amsal 12:22 Baca: Amsal 25:11-15 SOAP: Amsal 25:11 Baca: Amsal 31:25-26 SOAP: Amsal 31:26

Minggu 3 – Hikmat dalam Menjalin Hubungan

Baca: Amsal 13:20; Amsal 22:24-25 SOAP: Amsal 13:20 Baca: Amsal 19:26 ; Amsal 20:20; Amsal 23:22 SOAP: Amsal 23:22 Baca: Amsal 12:4; Amsal 21:19; Amsal 14:1 SOAP: Amsal 14:1 Baca: Amsal 3:12; Amsal 22:6 SOAP: Amsal 22:6 Baca: Amsal 24:17; Amsal 25:21-22 SOAP: Amsal 25:21

Minggu 4 – Hikmat dalam Pekerjaan dan Kekayaan

Baca: Amsal 13:4; Amsal 24:30-34 SOAP: Amsal 13:4 Baca: Amsal 11:18-20; Amsal 20:17 SOAP: Amsal 11:18 Baca: Amsal 3:9-10 SOAP: Amsal 3:9 Baca: Amsal 11:23-28 SOAP: Amsal 11:25 Baca: Amsal 22:1-5 SOAP: Amsal 22:1

Minggu 5 – Hikmat dalam Pencobaan

Pencobaan atas Keuntungan Gelap Baca: Amsal 1:10-19 SOAP: Amsal 1:19

Pencobaan atas Kemabukan Baca: Amsal 20:1; Amsal 23:19-21 SOAP: Amsal 23:20

Pencobaan atas Perzinahan Baca: Amsal 6:27-35 SOAP: Amsal 6:32

Pencobaan atas Kejahatan Baca: Amsal 4:20-27 SOAP: Amsal 4:23

Pencobaan atas Menahan Kebaikan Baca: Amsal 3:27-35 SOAP: Amsal 3:27 Minggu 6 – Buah dari Hikmat

Baca: Amsal 2:7-15 SOAP: Amsal 2:7 Baca: Amsal 3:1-4 SOAP: Amsal 3:4 Baca: Amsal 31:27-31 SOAP: Amsal 31:30 Baca: Amsal 8:10-21 SOAP: Amsal 8:11 Baca: Amsal 24:3-6 SOAP: Amsal 24:3-4 Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Hari Tanggapan Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Hari Tanggapan Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Hari Tanggapan Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Hari Tanggapan Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Hari Tanggapan Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Hari Tanggapan

(11)

LoveGodGreatly.com 9

Tujuan

KAMI PERCAYA ADALAH penting untuk menulis tujuan kita untuk setiap sesi pendalaman Firman Tuhan.

Ambilah waktu sesaat dan menulis 3 tujuan yang Anda harapkan tercapai dan fokus dalam setiap sesi pada saat kita bangun pagi setiap hari dan mendalami Firman Tuhan. Pastikan dan selalu kembali ke bagian 3 Tujuan ini setiap minggu selama enam minggu untuk menolong Anda tetap fokus kepada waktu pendalaman Firman Tuhan. ANDA PASTI BISA MELAKUKANNYA!

Tujuan-tujuan saya dalam sesi pendalam Firman Tuhan ini adalah:

1.

2.

3.

Tanda Tangan: ___________________________________________________________

(12)

LoveGodGreatly.com 10

Perkenalan

ANDA TIDAK HARUS hidup lama untuk mengetahui bahwa hidup ini penuh dengan pilihan, dan

pilihan-pilihan tersebut memiliki konsekuensi. Sebagian pilihan-pilihan sifatnya dasar- memutuskan apa yang akan kita makan untuk makan siang, dan pilihan-pilihan lain membawa konsekuensi berat yang dapat mempengaruhi hubungan, pekerjaan, keuangan, dan masa depan kita. Dari sejak kita bayi sampai hari terakhir kita di bumi, setiap pagi kita bangun dengan dua jalan di hadapan kita: jalan kebodohan dan jalan hikmat.

Kitab Amsal menghadapkan kita dengan apa yang bijak, apa yang bodoh, dan konsekuensi yang mengikuti keduanya. Sebagai koleksi pepatah yang terutama ditulis oleh Raja Salomo, kitab ini sangat pribadi, kadang sangat transparan, dan tidak main-main dalam membicarakan pencobaan dunia terbesar yang dapat mengancam kita menjauh dari berjalan dalam hikmat yang Tuhan sediakan bagi kita.

Di pendalaman selama enam minggu ini, Anda akan mengerti bahwa rencana bacaan kita berdasar pada tema dalam Amsal, dimulai minggu pertama dengan Sumber hikmat. Kita kemudian berjalan menelusuri Amsal yang menunjukkan pada kita hikmat dalam perkataan, hubungan, pekerjaan, kekayaan kita, dan bagaimana mengaplikasikan hikmat dalam pencobaan. Kita akan menutup pendalaman kita dengan melihat buah dari berjalan dalam hikmat. Doa kami adalah melalui pengenalan tema ini, Anda akan ingin belajar Amsal secara keseluruhan sebagai kelanjutan saat kita bersama.

Satu hal penting untuk diingat saat kita belajar adalah Amsal merupakan prinsip, bukan janji. Janji itu dijamin, sedangkan prinsip berfokus pada kebenaran umum. Orang tua yang mendidik anak di jalan yang patut baginya (Amsal 22:6) sering menyaksikan buah anak mereka berjalan dalam hikmat Tuhan saat mereka dewasa. Namun karena Amsal bukan janji dan kita hidup di dunia yang rusak, terkadang orang tua yang paling rajin dan setia sekalipun tidak hidup dalam kenyataan ini.

Saat kita akan mulai, dua ayat dari Amsal yang-berkata-apa-adanya muncul di benak saya. Meskipun kitab ini berisi hikmat yang diilhamkan Tuhan yang dapat diterapkan dalam setiap area hidup, ayat ini menyimpulkan tujuan yang lebih besar:

Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu,

dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

Akuilah Dia dalam segala lakumu,

maka Ia akan meluruskan jalanmu.

Amsal 3:5-6

Percayalah kepada Tuhan dan bukan kepada pengertianmu sendiri: Amsal pada akhirnya membawa kita kesini. Tuhan adalah sumber semua hikmat, Dia menggunakan amsal-amsal ini untuk menunjukkan kita jalan menuju hikmat, dan Dia menyatakan pada kita buah dari berjalan dalam hikmat yang besar ini… sehingga iman kita tidak berpusat pada jalan kita yang tidak pasti dan berliku-liku, namun dengan kuat tertanam di dalam Tuhan.

(13)

LoveGodGreatly.com 11

“Supaya engkau menaruh kepercayaanmu kepada Tuhan,

Aku mengajarkannya kepadamu sekarang,

ya kepadamu.

Amsal 22:19

(14)

12 LoveGodGreatly.com

Minggu 1

Tantangan Minggu 1 Challenge (Catatan: Anda dapat menemukan ini pada posting blog Senin dari kami):

Fokus doa minggu ini: Ambil waktu berdoa untuk anggota keluarga Anda.

Permohonan Doa

Ucapan Syukur

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

(15)

Percayalah kepada Tuhan

dengan segenap hatimu,

dan janganlah bersandar

kepada pengertianmu sendiri.

Akuilah Dia dalam segala lakumu,

maka Ia akan meluruskan jalanmu.

(16)

14 LoveGodGreatly.com

Bacaan Alkitab Minggu 1

MinGGu 1

SUMBER HIKMAT

SENIN

AMSAL 1:1-7

1:1 Amsal-amsal Salomo bin Daud, raja Israel,

1:2 untuk mengetahui hikmat dan didikan, untuk mengerti kata-kata yang bermakna, 1:3 untuk menerima didikan yang menjadikan pandai, serta kebenaran, keadilan dan kejujuran, 1:4 untuk memberikan kecerdasan kepada orang yang tak berpengalaman, dan pengetahuan serta kebijaksanaan kepada orang

muda--1:5 baiklah orang bijak mendengar dan menambah ilmu dan baiklah orang yang berpengertian memperoleh bahan

pertimbangan--1:6 untuk mengerti amsal dan ibarat, perkataan dan teka-teki orang bijak.

1:7 Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.

SELASA

AMSAL 2:1-6

2:1 Hai anakku, jikalau engkau menerima perkataanku dan menyimpan perintahku di dalam hatimu,

2:2 sehingga telingamu memperhatikan hikmat, dan engkau mencenderungkan hatimu kepada kepandaian,

2:3 ya, jikalau engkau berseru kepada pengertian, dan menujukan suaramu kepada kepandaian, 2:4 jikalau engkau mencarinya seperti mencari perak, dan mengejarnya seperti mengejar harta terpendam,

2:5 maka engkau akan memperoleh pengertian tentang takut akan TUHAN dan mendapat pengenalan akan Allah.

2:6 Karena Tuhanlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.

RABU

AMSAL 3:5-8

3:5 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.

(17)

15

LoveGodGreatly.com MinGGu 1

3:7 Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan;

3:8 itulah yang akan menyembuhkan tubuhmu dan menyegarkan tulang-tulangmu.

KAMIS

AMSAL 3:19-26

3:19 Dengan hikmat TUHAN telah meletakkan dasar bumi, dengan pengertian ditetapkan-Nya langit,

3:20 dengan pengetahuan-Nya air samudera raya berpencaran dan awan menitikkan embun. 3:21 Hai anakku, janganlah pertimbangan dan kebijaksanaan itu menjauh dari matamu, peliharalah itu,

3:22 maka itu akan menjadi kehidupan bagi jiwamu, dan perhiasan bagi lehermu.

3:23 Maka engkau akan berjalan di jalanmu dengan aman, dan kakimu tidak akan terantuk. 3:24 Jikalau engkau berbaring, engkau tidak akan terkejut, tetapi engkau akan berbaring dan tidur nyenyak.

3:25 Janganlah takut kepada kekejutan yang tiba-tiba, atau kepada kebinasaan orang fasik, bila itu datang.

3:26 Karena Tuhanlah yang akan menjadi sandaranmu, dan akan menghindarkan kakimu dari jerat.

JUMAT

AMSAL 15:29-33

15:29 TUHAN itu jauh dari pada orang fasik, tetapi doa orang benar didengar-Nya.

15:30 Mata yang bersinar-sinar menyukakan hati, dan kabar yang baik menyegarkan tulang. 15:31 Orang yang mengarahkan telinga kepada teguran yang membawa kepada kehidupan akan tinggal di tengah-tengah orang bijak.

15:32 Siapa mengabaikan didikan membuang dirinya sendiri, tetapi siapa mendengarkan teguran, memperoleh akal budi.

15:33 Takut akan TUHAN adalah didikan yang mendatangkan hikmat, dan kerendahan hati mendahului kehormatan.

(18)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

16 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 1 Amsal 1:1-7 Amsal 1:7

Senin

(19)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 17

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 1

(20)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

18 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 1 Amsal 2:1-6 Amsal 2:6

Selasa

(21)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com MinGGu 1 19

(22)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

20 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 1 Amsal 3:5-8 Amsal 3:5-6

Rabu

(23)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 21

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 1

(24)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

22 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 1 Amsal 3:19-26 Amsal 3:19-20

Kamis

(25)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com MinGGu 1 23

(26)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

24 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 1 Amsal 15:29-33 Amsal 15:33

Jumat

(27)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 25

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 1

(28)

LoveGodGreatly.com 26 MinGGu 1

1. Bagaimana takut akan Tuhan dikaitkan dengan hikmat?

2. Kepada siapa kita berpaling saat kita mencari hikmat dalam kehidupan kita?

3. Apa saja cara yang harus ditempuh untuk memperoleh hikmat?

4. Mengapa kita perlu mengenal Tuhan dalam hidup kita?

5. Bagaimana pandanganmu tentang Tuhan mempengaruhi keterbukaanmu dalam menerima hikmat-Nya?

(29)

27

LoveGodGreatly.com MinGGu 1

(30)

28 LoveGodGreatly.com

Minggu 2

Tantangan Minggu 2 Challenge (Catatan: Anda dapat menemukan ini pada posting blog Senin dari kami):

Fokus doa minggu ini: Ambil waktu berdoa untuk negara Anda.

Permohonan Doa

Ucapan Syukur

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

(31)

Ia membuka mulutnya dengan hikmat,

pengajaran yang lemah

lembut ada di lidahnya.

(32)

30 LoveGodGreatly.com

Bacaan Alkitab Minggu 2

MinGGu 2

HIKMAT DALAM PERKATAAN

SENIN

AMSAL 12:25

12:25 Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia.

AMSAL 15:1-4 15:1 Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.

15:2 Lidah orang bijak mengeluarkan pengetahuan, tetapi mulut orang bebal mencurahkan kebodohan.

15:3 Mata TUHAN ada di segala tempat, mengawasi orang jahat dan orang baik. 15:4 Lidah lembut adalah pohon kehidupan, tetapi lidah curang melukai hati.

SELASA

AMSAL 10:19

10:19 Di dalam banyak bicara pasti ada pelanggaran, tetapi siapa yang menahan bibirnya, berakal budi.

AMSAL 17:27-28 17:27 Orang yang berpengetahuan menahan perkataannya, orang yang berpengertian berkepala dingin.

17:28 Juga orang bodoh akan disangka bijak kalau ia berdiam diri dan disangka berpengertian kalau ia mengatupkan bibirnya.

AMSAL 21:23 21:23 Siapa memelihara mulut dan lidahnya, memelihara diri dari pada kesukaran

RABU

AMSAL 12:17-22

12:17 Siapa mengatakan kebenaran, menyatakan apa yang adil, tetapi saksi dusta menyatakan tipu daya.

(33)

31

LoveGodGreatly.com MinGGu 2

mendatangkan kesembuhan.

12:19 Bibir yang mengatakan kebenaran tetap untuk selama-lamanya, tetapi lidah dusta hanya untuk sekejap mata.

12:20 Tipu daya ada di dalam hati orang yang merencanakan kejahatan, tetapi orang yang menasihatkan kesejahteraan mendapat sukacita.

12:21 Orang benar tidak akan ditimpa oleh bencana apapun, tetapi orang fasik akan senantiasa celaka.

12:22 Orang yang dusta bibirnya adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi orang yang berlaku setia dikenan-Nya.

KAMIS

AMSAL 25:11-15

25:11 Perkataan yang diucapkan tepat pada waktunya adalah seperti buah apel emas di pinggan perak.

25:12 Teguran orang yang bijak adalah seperti cincin emas dan hiasan kencana untuk telinga yang mendengar.

25:13 Seperti sejuk salju di musim panen, demikianlah pesuruh yang setia bagi orang-orang yang menyuruhnya. Ia menyegarkan hati tuan-tuannya.

25:14 Awan dan angin tanpa hujan, demikianlah orang yang menyombongkan diri dengan hadiah yang tidak pernah diberikannya.

25:15 Dengan kesabaran seorang penguasa dapat diyakinkan dan lidah lembut mematahkan tulang.

JUMAT

AMSAL 31:25-26

31:25 Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan.

(34)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

32 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 2 Amsal 12:25; Amsal 15:1-4 Amsal 15:1

Senin

(35)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 33

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 2

(36)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

34 LoveGodGreatly.com

BACAAN DARI: SOAP:

MinGGu 2

Amsal 10:19; Amsal 17:27-28; Amsal 21:23 Amsal 10:19

(37)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com MinGGu 2 35

(38)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

36 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 2 Amsal 12:17-22 Amsal 12:22

Rabu

(39)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 37

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 2

(40)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

38 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 2 Amsal 25:11-15 Amsal 25:11

Kamis

(41)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com MinGGu 2 39

(42)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

40 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 2 Amsal 31:25-26 Amsal 31:26

Jumat

(43)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 41

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 2

(44)

LoveGodGreatly.com 42 MinGGu 2

1. Bagaimana perkataan seseorang telah menguatkan hatimu di saat kamu memerlukannya? Apa yang mereka katakan?

2. Dunia berkata “katakanlah apa adanya” tetapi Alkitab mengajar kita untuk mengontrol ucapan kita. Mengapa hal ini penting?

3. Baca kembali ayat-ayat untuk hari Rabu. Apakah hasil dari hidup seseorang yg memilih untuk mengatakan kebenaran?

4. Bagaimana perkataan kita menjadi berbeda saat kita memilih untuk mengatakan kebenaran dalam kasih?

5. Perkataan kita dapat menjadi sesuatu yang berharga seperti perhiasan bagi yang menerimanya. Meninjau kembali selama seminggu yang kamu lalui, bagaimana kamu menggunakan perkataanmu? Apakah perkataanmu membangun orang lain atau meruntuhkan mereka?

(45)

43

LoveGodGreatly.com MinGGu 2

(46)

44 LoveGodGreatly.com

Minggu 3

Tantangan Minggu 3 Challenge (Catatan: Anda dapat menemukan ini pada posting blog Senin dari kami):

Fokus doa minggu ini: Ambil waktu berdoa untuk teman-teman Anda.

Permohonan Doa

Ucapan Syukur

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

(47)

Perempuan yang bijak

mendirikan rumahnya,

tetapi yang bodoh meruntuhkannya

dengan tangannya sendiri.

(48)

46 LoveGodGreatly.com

Bacaan Alkitab Minggu 3

MinGGu 3

HIKMAT DALAM HUBUNGAN

SENIN

AMSAL 13:20

13:20 Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

AMSAL 22:24-25 22:24 Jangan berteman dengan orang yang lekas gusar, jangan bergaul dengan seorang pemarah, 22:25 supaya engkau jangan menjadi biasa dengan tingkah lakunya dan memasang jerat bagi dirimu sendiri.

SELASA

AMSAL 19:26

19:26 Anak yang menganiaya ayahnya atau mengusir ibunya, memburukkan dan memalukan diri.

AMSAL 20:20 20:20 Siapa mengutuki ayah atau ibunya, pelitanya akan padam pada waktu gelap.

AMSAL 23:22 23:22 Dengarkanlah ayahmu yang memperanakkan engkau, dan janganlah menghina ibumu kalau ia sudah tua.

RABU

AMSAL 12:4

12:4 Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya.

AMSAL 21:19 21:19 Lebih baik tinggal di padang gurun dari pada tinggal dengan perempuan yang suka bertengkar dan pemarah.

(49)

47

LoveGodGreatly.com MinGGu 3

AMSAL 14:1 14:1 Perempuan yang bijak mendirikan rumahnya, tetapi yang bodoh meruntuhkannya dengan tangannya sendiri.

KAMIS

AMSAL 3:12

3:12 Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi.

AMSAL 22:6 22:6 Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.

JUMAT

AMSAL 24:17

24:17 Jangan bersukacita kalau musuhmu jatuh, jangan hatimu beria-ria kalau ia terperosok,

AMSAL 25:21-22 25:21 Jikalau seterumu lapar, berilah dia makan roti, dan jikalau ia dahaga, berilah dia minum air.

25:22 Karena engkau akan menimbun bara api di atas kepalanya, dan TUHAN akan membalas itu kepadamu.

(50)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

48 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 3 Amsal 13:20; Amsal 22:24-25 Amsal 13:20

Senin

(51)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 49

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 3

(52)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

50 LoveGodGreatly.com

BACAAN DARI: SOAP:

MinGGu 3

Amsal 19:26 ; Amsal 20:20; Amsal 23:22 Amsal 23:22

(53)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com MinGGu 3 51

(54)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

52 LoveGodGreatly.com

BACAAN DARI: SOAP:

MinGGu 3

Amsal 12:4; Amsal 21:19; Amsal 14:1 Amsal 14:1

(55)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 53

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 3

(56)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

54 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 3 Amsal 3:12; Amsal 22:6 Amsal 22:6

Kamis

(57)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com MinGGu 3 55

(58)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

56 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 3 Amsal 24:17; Amsal 25:21-22 Amsal 25:21

Jumat

(59)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 57

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 3

(60)

LoveGodGreatly.com 58 MinGGu 3

1. Bagaimana kamu menyeimbangkan antara menjadi terang di dunia, tetapi memilih untuk berjalan dengan mereka yang bijak?

2. Apakah hasilnya dari mereka yang memilih untuk tidak menghormati orangtua mereka?

3. Mengapa penting dalam memilih teman-teman dekatmu?

4. Apa saja cara yang dapat dilakukan oleh seorang istri untuk membangun ataupun menghancurkan rumah tangganya?

5. Mengapa menurutku Yesus memanggil kita untuk melayani orang-orang yang adalah musuh kita? Apa keuntungannya bagi kita?

(61)

59

LoveGodGreatly.com MinGGu 3

(62)

60 LoveGodGreatly.com

Minggu 4

Tantangan Minggu 4 Challenge (Catatan: Anda dapat menemukan ini pada posting blog Senin dari kami):

Fokus doa minggu ini: Ambil waktu berdoa untuk gereja Anda.

Permohonan Doa

Ucapan Syukur

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

(63)

Siapa banyak memberi berkat,

diberi kelimpahan,

siapa memberi minum,

ia sendiri akan diberi minum.

(64)

62 LoveGodGreatly.com

Bacaan Alkitab Minggu 4

MinGGu 4

HIKMAT DALAM PEKERJAAN DAN KESEHATAN

SENIN

AMSAL 13:4

13:4 Hati si pemalas penuh keinginan, tetapi sia-sia, sedangkan hati orang rajin diberi kelimpahan.

AMSAL 24:30-34 24:30 Aku melalui ladang seorang pemalas dan kebun anggur orang yang tidak berakal budi. 24:31 Lihatlah, semua itu ditumbuhi onak, tanahnya tertutup dengan jeruju, dan temboknya sudah roboh.

24:32 Aku memandangnya, aku memperhatikannya, aku melihatnya dan menarik suatu pelajaran.

24:33 “Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring,”

24:34 maka datanglah kemiskinan seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang bersenjata.

SELASA

AMSAL 11:18-20

11:18 Orang fasik membuat laba yang sia-sia, tetapi siapa menabur kebenaran, mendapat pahala yang tetap.

11:19 Siapa berpegang pada kebenaran yang sejati, menuju hidup, tetapi siapa mengejar kejahatan, menuju kematian.

11:20 Orang yang serong hatinya adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi orang yang tak bercela, jalannya dikenan-Nya.

AMSAL 20:17 20:17 Roti hasil tipuan sedap rasanya, tetapi kemudian mulutnya penuh dengan kerikil.

RABU

AMSAL 3:9-10

(65)

63

LoveGodGreatly.com MinGGu 4

3:10 maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

KAMIS

AMSAL 11:23-28

11:23 Keinginan orang benar mendatangkan bahagia semata-mata, harapan orang fasik mendatangkan murka.

11:24 Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan.

11:25 Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.

11:26 Siapa menahan gandum, ia dikutuki orang, tetapi berkat turun di atas kepala orang yang menjual gandum.

11:27 Siapa mengejar kebaikan, berusaha untuk dikenan orang, tetapi siapa mengejar kejahatan akan ditimpa kejahatan.

11:28 Siapa mempercayakan diri kepada kekayaannya akan jatuh; tetapi orang benar akan tumbuh seperti daun muda.

JUMAT

AMSAL 22:1-5

22:1 Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas.

22:2 Orang kaya dan orang miskin bertemu; yang membuat mereka semua ialah TUHAN. 22:3 Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka.

22:4 Ganjaran kerendahan hati dan takut akan TUHAN adalah kekayaan, kehormatan dan kehidupan.

22:5 Duri dan perangkap ada di jalan orang yang serong hatinya; siapa ingin memelihara diri menjauhi orang itu.

(66)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

64 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 4 Amsal 13:4; Amsal 24:30-34 Amsal 13:4

Senin

(67)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 65

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 4

(68)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

66 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 4 Amsal 11:18-20; Amsal 20:17 Amsal 11:18

Selasa

(69)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com MinGGu 4 67

(70)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

68 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 4 Amsal 3:9-10 Amsal 3:9

Rabu

(71)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 69

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 4

(72)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

70 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 4 Amsal 11:23-28 Amsal 11:25

Kamis

(73)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com MinGGu 4 71

(74)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

72 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 4 Amsal 22:1-5 Amsal 22:1

Jumat

(75)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 73

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 4

(76)

LoveGodGreatly.com 74 MinGGu 4

1. Mengapa menurutmu Tuhan membuat kita bekerja? Bagaimana pekerjaan dapat membantu kehidupan kita sehari-hari?

2. Apakah konsekuensi dari kekayaan yang diperoleh dengan cara yang tidak halal?

3. Mengapa penting bagi kita untuk memuliakan Tuhan dengan kekayaan yang telah dilimpahkan-Nya kepada kita?

4. Baca kembali ayat-ayat untuk hari Kamis. Apa saja berkat bagi mereka yang suka memberi? Apa hasilnya bagi mereka yang tidak suka memberi?

5. Apa saja cara-caramu untuk memberi? Ingat, uang adalah hanya salah satu dari berbagai macam bentuk pemberian.

(77)

75

LoveGodGreatly.com MinGGu 4

(78)

76 LoveGodGreatly.com

Minggu 5

Tantangan Minggu 5 Challenge (Catatan: Anda dapat menemukan ini pada posting blog Senin dari kami):

Fokus doa minggu ini: Ambil waktu berdoa untuk para misionaris.

Permohonan Doa

Ucapan Syukur

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

(79)

Janganlah menyimpang

ke kanan atau ke kiri,

jauhkanlah kakimu dari kejahatan.

(80)

78 LoveGodGreatly.com

Bacaan Alkitab Minggu 5

MinGGu 5

HIKMAT DALAM PENCOBAAN

SENIN – PENCOBAAN KEUNTUNGAN YANG CURANG

AMSAL 1:10-19

1:10 Hai anakku, jikalau orang berdosa hendak membujuk engkau, janganlah engkau menurut; 1:11 jikalau mereka berkata: “Marilah ikut kami, biarlah kita menghadang darah, biarlah kita mengintai orang yang tidak bersalah, dengan tidak semena-mena;

1:12 biarlah kita menelan mereka hidup-hidup seperti dunia orang mati, bulat-bulat, seperti mereka yang turun ke liang kubur;

1:13 kita akan mendapat pelbagai benda yang berharga, kita akan memenuhi rumah kita dengan barang rampasan;

1:14 buanglah undimu ke tengah-tengah kami, satu pundi-pundi bagi kita sekalian.”

1:15 Hai anakku, janganlah engkau hidup menurut tingkah laku mereka, tahanlah kakimu dari pada jalan mereka,

1:16 karena kaki mereka lari menuju kejahatan dan bergegas-gegas untuk menumpahkan darah. 1:17 Sebab percumalah jaring dibentangkan di depan mata segala yang bersayap,

1:18 padahal mereka menghadang darahnya sendiri dan mengintai nyawanya sendiri.

1:19 Demikianlah pengalaman setiap orang yang loba akan keuntungan gelap, yang mengambil nyawa orang yang mempunyainya.

SELASA – PENCOBAAN HAL BERLEBIHAN

AMSAL 20:1

20:1 Anggur adalah pencemooh, minuman keras adalah peribut, tidaklah bijak orang yang terhuyung-huyung karenanya.

AMSAL 23:19-21 23:19 Hai anakku, dengarkanlah, dan jadilah bijak, tujukanlah hatimu ke jalan yang benar.

23:20 Janganlah engkau ada di antara peminum anggur dan pelahap daging.

23:21 Karena si peminum dan si pelahap menjadi miskin, dan kantuk membuat orang berpakaian compang-camping.

RABU – PENCOBAAN PERJINAHAN

AMSAL 6:27-35

(81)

79

LoveGodGreatly.com MinGGu 5

6:28 Atau dapatkah orang berjalan di atas bara, dengan tidak hangus kakinya?

6:29 Demikian juga orang yang menghampiri isteri sesamanya; tiada seorangpun, yang menjamahnya, luput dari hukuman.

6:30 Apakah seorang pencuri tidak akan dihina, apabila ia mencuri untuk memuaskan nafsunya karena lapar?

6:31 Dan kalau ia tertangkap, haruslah ia membayar kembali tujuh kali lipat, segenap harta isi rumahnya harus diserahkan.

6:32 Siapa melakukan zinah tidak berakal budi; orang yang berbuat demikian merusak diri. 6:33 Siksa dan cemooh diperolehnya, malunya tidak terhapuskan.

6:34 Karena cemburu adalah geram seorang laki-laki, ia tidak kenal belas kasihan pada hari pembalasan dendam;

6:35 ia tidak akan mau menerima tebusan suatupun, dan ia akan tetap bersikeras, betapa banyakpun pemberianmu.

KAMIS – PENCOBAAN KEJAHATAN

AMSAL 4:20-27

4:20 Hai anakku, perhatikanlah perkataanku, arahkanlah telingamu kepada ucapanku; 4:21 janganlah semuanya itu menjauh dari matamu, simpanlah itu di lubuk hatimu.

4:22 Karena itulah yang menjadi kehidupan bagi mereka yang mendapatkannya dan kesembuhan bagi seluruh tubuh mereka.

4:23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan. 4:24 Buanglah mulut serong dari padamu dan jauhkanlah bibir yang dolak-dalik dari padamu. 4:25 Biarlah matamu memandang terus ke depan dan tatapan matamu tetap ke muka.

4:26 Tempuhlah jalan yang rata dan hendaklah tetap segala jalanmu.

4:27 Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, jauhkanlah kakimu dari kejahatan.

JUMAT – GODAAN UNTUK MENAHAN KEBAIKAN

AMSAL 3:27-35

3:27 Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.

3:28 Janganlah engkau berkata kepada sesamamu: “Pergilah dan kembalilah, besok akan kuberi,” sedangkan yang diminta ada padamu.

3:29 Janganlah merencanakan kejahatan terhadap sesamamu, sedangkan tanpa curiga ia tinggal bersama-sama dengan engkau.

3:30 Janganlah bertengkar tidak semena-mena dengan seseorang, jikalau ia tidak berbuat jahat kepadamu.

(82)

LoveGodGreatly.com 80 MinGGu 5

dari jalannya,

3:32 karena orang yang sesat adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi dengan orang jujur Ia bergaul erat.

3:33 Kutuk TUHAN ada di dalam rumah orang fasik, tetapi tempat kediaman orang benar diberkati-Nya.

3:34 Apabila Ia menghadapi pencemooh, maka Iapun mencemooh, tetapi orang yang rendah hati dikasihani-Nya.

3:35 Orang yang bijak akan mewarisi kehormatan, tetapi orang yang bebal akan menerima cemooh.

(83)
(84)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

82 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 5 Amsal 1:10-19 Amsal 1:19

Senin

(85)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 83

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 5

(86)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

84 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 5 Amsal 20:1; Amsal 23:19-21 Amsal 23:20

Selasa

(87)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com MinGGu 5 85

(88)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

86 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 5 Amsal 6:27-35 Amsal 6:32

Rabu

(89)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 87

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 5

(90)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

88 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 5 Amsal 4:20-27 Amsal 4:23

Kamis

(91)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com MinGGu 5 89

(92)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

90 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 5 Amsal 3:27-35 Amsal 3:27

Jumat

(93)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 91

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 5

(94)

LoveGodGreatly.com 92 MinGGu 5

1. Apa yang harus kita ajarkan kepada anak-anak kita tentang keuntungan yang tidak halal? Contoh-contoh apa saja yang dapat kamu berikan dalam budaya kita untuk menunjukkan konsekuensi Alkitabiah?

2. Jika keinginan kita tidak terkendali, kita selalu tidak akan pernah puas. Bagaimana sebagai seorang Kristen kita menghadapi pencobaan atas kemabukan?

3. Jika kamu telah menikah, ambil waktu sejenak untuk mendoakan perkawinanmu dan berdoa untuk perlindungan dari perzinahan. Jika kamu belum menikah, berdoalah untuk pernikahanmu di masa depan atau berdoa untuk pernikahan temanmu atau sanak saudaramu yang telah menikah.

4. Apa yang kita pikirkan ataupun yang kita lihat cenderung mempengaruhi kita. Dengan cara apa saja Anda menjaga matamu dan pikiranmu? Dan bagaimana Anda dapat memfokuskan diri kepada Yesus?

5. Hari ini, pergi dan berkatilah seseorang. Entah memberkati mereka dengan perkataanmu, waktumu ataupun dengan sumber dayamu. Minta Tuhan untuk membuka matamu kepada suatu kebutuhan di sekitarmu, kemudian bertindaklah untuk kebutuhan itu.

(95)

93

LoveGodGreatly.com MinGGu 5

(96)

94 LoveGodGreatly.com

Minggu 6

Tantangan Minggu 6 Challenge (Catatan: Anda dapat menemukan ini pada posting blog Senin dari kami):

Fokus doa minggu ini: Ambil waktu berdoa untuk Anda.

Permohonan Doa

Ucapan Syukur

Senin

Selasa

Rabu

Kamis

(97)

Karena hikmat lebih berharga

dari pada permata,

apa pun yang diinginkan orang,

tidak dapat menyamainya.

(98)

96 LoveGodGreatly.com

Bacaan Alkitab Minggu 6

MinGGu 6

BUAH HIKMAT

SENIN

AMSAL 2:7-15

2:7 Ia menyediakan pertolongan bagi orang yang jujur, menjadi perisai bagi orang yang tidak bercela lakunya,

2:8 sambil menjaga jalan keadilan, dan memelihara jalan orang-orang-Nya yang setia.

2:9 Maka engkau akan mengerti tentang kebenaran, keadilan, dan kejujuran, bahkan setiap jalan yang baik.

2:10 Karena hikmat akan masuk ke dalam hatimu dan pengetahuan akan menyenangkan jiwamu;

2:11 kebijaksanaan akan memelihara engkau, kepandaian akan menjaga engkau

2:12 supaya engkau terlepas dari jalan yang jahat, dari orang yang mengucapkan tipu muslihat, 2:13 dari mereka yang meninggalkan jalan yang lurus dan menempuh jalan yang gelap;

2:14 yang bersukacita melakukan kejahatan, bersorak-sorak karena tipu muslihat yang jahat, 2:15 yang berliku-liku jalannya dan yang sesat perilakunya;

SELASA

AMSAL 3:1-4

3:1 Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku,

3:2 karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu. 3:3 Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu,

3:4 maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia.

RABU

AMSAL 31:27-31

31:27 Ia mengawasi segala perbuatan rumah tangganya, makanan kemalasan tidak dimakannya. 31:28 Anak-anaknya bangun, dan menyebutnya berbahagia, pula suaminya memuji dia:

31:29 Banyak wanita telah berbuat baik, tetapi kau melebihi mereka semua.

31:30 Kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.

(99)

97

LoveGodGreatly.com MinGGu 6

31:31 Berilah kepadanya bagian dari hasil tangannya, biarlah perbuatannya memuji dia di pintu-pintu gerbang!

KAMIS

AMSAL 8:10-21

8:10 Terimalah didikanku, lebih dari pada perak, dan pengetahuan lebih dari pada emas pilihan. 8:11 Karena hikmat lebih berharga dari pada permata, apapun yang diinginkan orang, tidak dapat menyamainya.

8:12 Aku, hikmat, tinggal bersama-sama dengan kecerdasan, dan aku mendapat pengetahuan dan kebijaksanaan.

8:13 Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.

8:14 Padaku ada nasihat dan pertimbangan, akulah pengertian, padakulah kekuatan. 8:15 Karena aku para raja memerintah, dan para pembesar menetapkan keadilan.

8:16 Karena aku para pembesar berkuasa juga para bangsawan dan semua hakim di bumi. 8:17 Aku mengasihi orang yang mengasihi aku, dan orang yang tekun mencari aku akan mendapatkan daku.

8:18 Kekayaan dan kehormatan ada padaku, juga harta yang tetap dan keadilan.

8:19 Buahku lebih berharga dari pada emas, bahkan dari pada emas tua, hasilku lebih dari pada perak pilihan.

8:20 Aku berjalan pada jalan kebenaran, di tengah-tengah jalan keadilan,

8:21 supaya kuwariskan harta kepada yang mengasihi aku, dan kuisi penuh perbendaharaan mereka.

JUMAT

AMSAL 24:3-6

24:3 Dengan hikmat rumah didirikan, dengan kepandaian itu ditegakkan,

24:4 dan dengan pengertian kamar-kamar diisi dengan bermacam-macam harta benda yang berharga dan menarik.

24:5 Orang yang bijak lebih berwibawa dari pada orang kuat, juga orang yang berpengetahuan dari pada orang yang tegap kuat.

24:6 Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.

(100)

98 LoveGodGreatly.com

Bacaan Alkitab Minggu 6

(101)

99

(102)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

100 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 6 Amsal 2:7-15 Amsal 2:7

Senin

(103)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 101

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 6

(104)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

102 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 6 Amsal 3:1-4 Amsal 3:4

Selasa

(105)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com MinGGu 6 103

(106)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

104 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 6 Amsal 31:27-31 Amsal 31:30

Rabu

(107)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 105

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 6

(108)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

106 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 6 Amsal 8:10-21 Amsal 8:11

Kamis

(109)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com MinGGu 6 107

(110)

Scripture/Alkitab

- Tulis bacaan Alkitab untuk hari tersebut.

Observasi

– Tulis 1 atau 2 observasi dari bacaan.

108 LoveGodGreatly.com BACAAN DARI: SOAP: MinGGu 6 Amsal 24:3-6 Amsal 24:3-4

Jumat

(111)

Aplikasi

– Tulis 1 atau 2 aplikasi dari bacaan

Permohonan Doa

– Tuliskan doa untuk apa yang Anda pelajari dari bacaan hari ini.

LoveGodGreatly.com 109

Kunjungi website kami hari ini untuk mendapatkan posting blog yang sesuai

-MinGGu 6

(112)

LoveGodGreatly.com 110 MinGGu 6

1. Ambil waktu sejenak dan minta Tuhan hikmat yang kamu butuhkan saat ini dalam hidupmu. Kita mengetahui dari Yakobus 1:5 bahwa Tuhan memberi hikmat dengan berlimpah.

2. Apa saja cara yang kamu cari untuk memperoleh hikmat dalam hidupmu?

3. Kecantikan dan kemolekan tidak bertahan lama. Apa yang harus kita investasikan ke dalam hidup kita? Apa yang justru menjadi lebih baik seiring dengan bertambahnya usia?

4. Bagaimana takut akan Tuhan membantu kita bertumbuh dalam hikmat?

5. Dari siapakah kamu mencari hikmat dalam hidupmu?

(113)

111

LoveGodGreatly.com MinGGu 6

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :