PEDOMAN MENULIS HURUF ARAB

21  19  Download (0)

Teks penuh

(1)

PEDOMAN MENULIS HURUF ARAB

Supaya PC atau Laptop anda dapat mengetik huruf Arab terlebih dahulu setting pengaturan windows. Jika OS anda adalah Windows langkah-langkahnya sebagai berikut:

Cara :

1. Start > Control Panel > Regional and Language Options > Language > pilih Keyboard and Language > Change Keyboard > Add > pilih (+) Arabic (U.E.A) tandai centang (v)

keyboard Arabic > OK.

Abjab Arab Tombol Abjab Arab Tombol Abjab Arab Tombol Abjab Arab Tombol Abjab Arab Tombol Abjab Arab Tombol

= H = /? = C = F = U = Z = J = Y = I = E = T = M = }] = R = N = P = :; = Shift N = O = G = Shift B = {[ = L = Shift T = ~` = K = HGGI = V = <, Shift - J = V = <, Shift - J = > = I = Shift Q = S = B = Shift A = A = X

= Shift E = W = D = Shift X = Q = Shift H = Shift S = = Shift Y = Shift R

SYAKAL DAN TANDA BACA

FATHAH : SHIFT+Q , TASHDID : SHIFT+`~ FATHAH : SHIFT+Q , TASHDID : SHIFT+`~ KASRAH : SHIFT+A , KOMA : SHIFT+K DLAMMAH : SHIFT+E, TITIK : SHIFT+.(TITIK) SUKUN : SHIFT+X , GARIS MIRING / : SHIFT+L FATHATAIN : SHIFT+W , TANDA TANYA : SHIFT+? KASRATAIN : SHIFT+S , TITIK KOMA : SHIFT+P DLAMMATAIN : SHIFT+R

(2)

TOMBOL KEY BOARD

TOMBOL

HASIL

a z Mengetik huruf a z. 0 9 Mengetik angka 0 9.

Shift+A Z Membuat huruf abjad dari A Z (huruf kapital).

Caps lock Selama mengetik dihasilkan huruf kapital (jika tombol ON). Jika Caps lock Selama mengetik dihasilkan huruf kapital (jika tombol ON). Jika

tombol OFF, semua yang diketikkan adalah huruf kecil.

Shift 0 9 Membuat simbol-simbol yang ada di atas tombol angka seperti @, $, # dan seterusnya.

Tab Membuat baris pertama pada paragraf menjorok ke kanan. Num Lock Selama tombol ini menyala, tombol anak panah yang ada pada

keyboard berubah menjadi angka.

Delete Menghapus angka, karakter yang ada pada sisi kanan kursor. Backspace Menghapus huruf dari posisi kiri kursor.

(3)

Tujuan Pembelajaran

Modul Pelajaran Tujuan Pembelajaran

Modul 1

Mahasiswa dapat mengetahui penggunaan Software Windows

(Troubleshooting) mengubah setting performa properties Microsoft Windows Explorer dan disertai memperbaiki kerusakan disk, Men-Defrag Hardisk,

Mempebesar Ruang Kosong pada Hardisk, Menghapus Program dari Windows, System Restore, Connection Wifi, Language (Bahasa)

Modul 2

Mahasiswa dapat mengetahui penggunaan software pengolah kata yaitu Microsoft Word dan disertai dengan pengenalan tampilan, menu dan cara Modul 2 Microsoft Word dan disertai dengan pengenalan tampilan, menu dan cara

membuat dan menyimpan dokumen kerja.

Modul 3

Setelah mempelajari modul ini, Mahasiswa dapat mengetahui cara membuka kembali dokumen yang telah disimpan, kemudian memilih teks atau paragraf yang akan diduplikasi dan mengatur format huruf dan paragraf dokumen.

Modul 4

Mahasiswa dapat mengetahui lebih jauh cara memodifikasi paragraf dengan memanfaatkan fitur menu numbering, bullet, drop cap dan pengaturan jarak/spasi baris.

Modul 5

Mahasiswa dapat mengetahui cara mengatur jarak antar paragraf, indentasi, jarak margin, orientasi lembar dokumen, dan cara menyisipkan tanggal ke dalam dokumen kerja yang mereka buat.

Modul 6

Mahasiswa dapat membuat bingkai halaman dokumen kerja, kemudian dapat membuat dan menghapus fitur tabulasi, serta dapat memanfaatkan ruler untuk membuat tabulasi tersebut.

Mahasiswa dapat menggunakan fasilitas find & replace teks, menuju Modul 7

Mahasiswa dapat menggunakan fasilitas find & replace teks, menuju ke halaman tertentu dengan cepat, dan dapat menggabungkan beberapa dokumen serta dapat menerapkan format kolom koran dalam dokumen. Modul 8

Mahasiswa dapat membuat dan menghapus header & footer, menyisipkan simbol dan nomor halaman dengan format tertentu di dalam dokumen yang mereka buat.

Modul 9

Mahasiswa dapat menyisipkan objek text box, word art, clip art dan dapat mengatur format dan menambahkan efek sehingga terlihat lebih cantik dan menarik.

Modul 10

Mahasiswa dapat memanfaatkan fitur objek equation dalam membuat dokumen yang berisi rumus-rumus dan persamaan matematika, membuat hyperlink teks, menggunakan watermark dan cara mencetak dokumen dengan format tertentu.

Modul 11

Mahasiswa dapat menggunakan/menyisipkan objek tabel, menghapus, dan mengkonversi teks menjadi tabel dan sebaliknya.

Mahasiswa dapat memanipulasi tabel dengan mengatur bingkai dan Modul 12

Mahasiswa dapat memanipulasi tabel dengan mengatur bingkai dan shadingnya, menyisipkan baris dan kolom, dan mengatur tinggi baris dan lebar kolom tabel.

Modul 13

Mahasiswa dapat menyisipkan objek gambar ke dalam dokumen kerja, objek shape/autoshape dan melakukan modifikasi gambar yang disisipkan dengan fitur croping image.

Modul 14

Mahasiswa dapat membuat diagram dan grafik untuk melengkapi laporan kerja yang membutuhkan objek tersebut sehingga

laporan/dokumen yang dibuat lebih mudah dipahami. Printed by BoltPDF (c) NCH Software. Free for non-commercial use only.

(4)

Modul 15

Mahasiswa dapat menggunakan fitur mail merge untuk membuat dokumen yang berulang penggunaanya serta dapat mengatur dan mengedit data yang dibutuhkan dalam membuat mail merge tersebut.

Modul 16

Mahasiswa dapat membuat lebel amplop yang akan dicetak

memanfaatkan fitur amplop mail merge sehingga lebih memudahkan dan lebih efektif dalam pembuatan lebel tersebut.

Pendahuluan

Windows dan Microsoft Office adalah Program System utama bagian operasional dan Aplikasi pengolahan kata (Word), seiring satu produk Microsoft yang merupakan kelanjutan dari versi sebelumnya. Terdapat beberapa fitur terbaru dalam versi ini diantaranya adalah fasilitas secara recovery data atau dengan mudah menggunakan backup otomatis registrasi, kelengkapan driver, peningkatan performance , digital signature, publikasi dokumen ke dalam format PDF dan XPS dan beberapa keunggulan lainya. Bagi yang sudah pernah menggunakan versi sebelumnya, mungkin agak merasa mudah menjalani versi terbaru dalam perubahan tampilan/interface windows yang ada, hal ini merupakan sedikit penyesuaian kelanjutannya serta kelebihan-kelebihan dari tampilan Windows dan Microsoft Office terkini. Untuk menjalankan Windows diperlukan hardware minimal dengan memori 512 MB, kartu grafis yang mendukung DirectX 9.0, dan prosesor Intel Pentium Centrino, atau AMD generasi terbaru. Namun jika memiliki komputer / laptop dengan spesifikasi Pentium Centrino 1,6 Ghz dengan RAM 1 Gbyte, maka Windows bisa lebih maksimal kinerja dalam sistem operational komputer tersebut.

Persyaratan Sistem

Hardware Spesifikasi Minimum Prosesor Intel Centrino 1.6 Ghz Memory 512 MB (disarankan 1 GB)

Hard Disk 10 GB

Kartu Grafis 64 MB DirectX 9.0

Kebutuhan Harddisk sangat di utamakan, dalam hal pemakaian perangkat lunak software baik Windows dan Microsof Office sesuai kebutuhan user. Begitu juga resolusi monitor jugas harus diperhatikan, supaya seimbang dengan sistem perangkat lunak lainnya.

(5)

Modul 1 : Penggunaan Sistem Windows

Materi Langkah Detailnya

Menjalankan Sistem Operasi Windows 1. Memperbaiki

kerusakan Disk

1. Cara 1: Klik tombol Start > Ketik search program and file Windows

Explorer > Pilih Properties

2. Cara 2 : Pilih Tab Tools > Klik

3. Mempebesar Ruang Kosong pada Hardisk

Cara 3 : Klik tombol > Muncul dialog box

(6)

Materi

Langkah Detailnya

2. Menghapus Program dari Windows

1. Cara : Klik Start Menu > Control Panel > Add/Remove Program

Pilihlah program yang ingin anda hapus. Klik Change/Remove.

2. Backup File atau (Restore)

1. Cara : Klik Start > All Program > Assesories > System Tools > System Restore > Next

(7)

Materi

Langkah Detailnya

Sistem restore ini untuk dapat mengembalikan (program) secara utuh, apabila terjadi problem pada sistem software tersebut.

4. Setting Language (bahasa) key Board

Cara : Klik Control Panel > Language Regional > Keyboard And Languages > Change Keyboards > Add > Pilih Arabic > Klik Tanda + > Keyboard ditandai

(8)

Materi Langkah Detailnya

5. Koneksi (WIFI) atau Jaringan

Cara 1 : Klik Icon di Menu bagin bawah Task Bar > Pilih Connected

Jaringan

Cara 2 : Control Panel > Network and Internet > View Network status and task

(9)

Materi Langkah Detailnya

6. Mengelola Folder Dan File

Fasilitas didalam sistem operasi Microsoft windows untuk mengatur/membuat folder dan file adalah Windows Explore. Untuk membuka aplikasi tersebut.

Cara : Klik Start > Windows Explorer ( + E) > pilih lokasi New Folder > Cara : Klik Start > Windows Explorer ( + E) > pilih lokasi New Folder > Beri nama folder > Enter

(10)
(11)

MICROSOFT WORD 2007

Microsoft Word 2007 merupakan aplikasi pengolah kata yang dikemas dalam software Office 2007. Microsoft Word 2007 ini merupakan pengembangan dari MS Word 2003. Pada versi baru ini ada banyak perkembangan, terutama tampilannya yang lebih simple tidak lagi berupa puldown menu, tetapi terdiri atas tab-tab dengan fasilitas yang lebih lengkap.

Pada tiap-tiap tab memuat berbagai macam ikon sesuai dengan pengelompokannya. Pada Microsoft Word 2007 terdiri atas 7 tab, yaitu Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Untuk lebih memahami aplikasi Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Untuk lebih memahami aplikasi ini, marilah kita belajar bersama pada tutorial berikut.

Modul 2 : Membuat Dan Menyimpan Dokumen Kerja

Materi Langkah Detailnya

1. Menjalankan Microsoft Word

2007

1. Cara : Klik Start > Klik Serach program and files Ketik Micrososft Word > Enter

Dari perintah Search memudah pemakai langsung memilih program di inginkan User.

(12)

Materi Langkah Detailnya Pengenalan

Interface/Tampilan Microsoft Word 2007

Pada windows Microsoft Word 2007 yang muncul, terdapat beberapa tampilan sebagai berikut (tunjukkan dengan mouse anda masing masing komponen berikut) :

- Office Button

- Quick Access Toolbar - Title Bar

- Tabmenu Ribbon - Ribbon

- Status Bar - Status Bar

- Horizontal Scroll Bar - Vertical Scroll Bar - Document Area

Mengaktifkan Menu-Menu Pada Microsoft Word 2007.

1. Untuk mengaktifkan Menu Home, coba anda klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang

tampil.

2. Untuk mengaktifkan Menu Insert, coba anda klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil. tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil.

(13)

Materi Langkah Detailnya

3. Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, coba anda klik tab Menu

Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P, perhatikan ribbon

menu yang tampil.

4. Untuk mengaktifkan Menu References coba anda klik tab Menu

References pada tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu

yang tampil.

5. Untuk mengaktifkan Menu Mailing, coba anda klik tab Menu Mailing pada tab menu atau tekan Alt+M, perhatikan ribbon menu yang tampil .

6. Untuk mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.

7. Untuk mengaktifkan Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil. tab menu atau tekan , perhatikan ribbon menu yang tampil.

8. Untuk mengaktifkan Menu Design, coba anda klik tab Menu Design pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan T,perhatikan ribbon menu yang tampil.

(14)

Materi Langkah Detailnya

9. Untuk mengaktifkan Menu Layout, coba anda klik tab Menu

Layout pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan L, Layout pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan L,

perhatikan ribbon menu yang tampil.

Membuat Dokumen Baru Dalam

Microsoft

Klik Office Buttom > New.

Pada Kotak Dialog yang muncul Pilih > Blank Document > klik tombol

Create.

Untuk membuat dokumen baru dari Templates, pilih pada bagian kelompok Templates, Klik Tombol Create.

(15)

Latihan :

Ubalah pengaturan menggunakan bahasa Arabic sesuai dibawah ini:

Ketikanlah Arab Modul 1

= Sekolah = Aisyah = Pohon = Ibrahim = Khadijah

= Makan

,

-

= Belajar

-

= Rumah

-

= Jurusan = Langit

Tulis Latin menjadi Arab

Amalun, Syughlun (Kerja) = ... Maktabun (kursi) = ... Idaarotun ( Administrasi) = ... Wajibun (wajib) = ...

Buat Daftar Riwayat Hidup (CV) anda sendiri menggunakan teks bahasa Arab

(16)

Latihan Modul :

Kemudian ketikkanlah teks di bawah ini (ketikan teksnya saja. Untuk fomat dokumennya akan dibahas pada latihan berikutnya).

T

TIIPPSS MMEEMMIILILIH HNNAAMAMA AANNAAKK NNAAMAMA BBAAYIYI

1. Pilihlah nama yang baik 1. Pilihlah nama yang baik

Mungkin ada ungkapan yang menyatakan palah arti sebuah nama Namun, hendaknya setiap orang tua menyadari bahwa nama anak atau nama bayi sangatlah penting bagi anak atau bayi itu. Nama anak atau nama bayi adalah identitas. Anak atau bayi Anda akan dipanggil dengan n ama tersebut oleh semua orang. Apalah jadinya jika nama yang Anda berikan kepada anak atau bayi tidak bagus.

2. Pilihlah nama yang mudah dieja

Nama anak atau nama bayi Anda akan sering disebut /dipanggil. Nama anak atau nama bayi Anda juga akan sering ditulis untuk

berbagai keperluan. Karena itulah, permudah orang untuk memanggil nama anak atau nama bayi Anda dengan cara memilih nama yang mudah dieja.

3. Pilih nama yang memiliki arti baik

Dalam agama, nama berarti doa. Artinya nama anak atau

nama bayi adalah doa baginya. Karena itu, pilihlah nama anak atau nama bayi Anda dengan baik.

Jangan terlalu panjang

Walaupun nama sangat penting bagi anak atau bayi Anda, namun janganlah memberi nama terlalu panjang. Cukup 2 hingga 3 kata saja.

Jangan memilih nama yang Anda tidak mengetahui artinya

Hindari memilih nama anak atau nama bayi yang Anda sendiri tidak mengetahui artinya. Jika nama tersebut ternyata memiliki arti baik sih, tidak mengapa. Namun, jika artinya. Jika nama tersebut ternyata memiliki arti baik sih, tidak mengapa. Namun, jika ternyata nama yang Anda pilih memiliki arti yang buruk, bagaimana ?

(17)

Materi Langkah Detailnya Menyimpan

Dokumen Kerja

Setelah teks selesai anda ketik, klik Office Button.

Pilih Save atau Save As (untuk menyimpan dengan nama yang beda dengan nama sebelumnya).

Pilih Word Document.

Pada windows yang muncul, pilih folder Document, ketikkan nama filenya pada File name Tips Nama Cantik . Pilih Word Document pada

Save as type.

(18)

Modul 3 : Mengedit Dokumen Kerja dan Memformat Huruf

Materi Langkah Detailnya

Membuka Dokumen Dan Mengedit Teks

Cara : 1. Klik Office Button > Open.

2. Pada kotak dialog yang muncul, pilih folder yang akan dibuka filenya yaitu fold Documents

3. Pilih Nama filenya 4. tombol Open

(19)

Memilih Font Dan Ukuran Huruf Pada

Icon Ikon Perintah Keterangan

Bold Menebalkan teks. Italic Membuat teks miring.

Underline Membuat garis bawah pada teks. Strikethrough Efek coretan pada teks.

Subscript Menurunkan teks setengah spasi. Subscript Menurunkan teks setengah spasi. Superscript Menaikkan teks setengah spasi. Change Case Mengubah orientasi huruf.

Memilih Teks Akan Diformat/Edit

Cara : 1. Klik Drag pada teks untuk memilih bebas

(20)

Materi Langkah Detailnya

2. Double Klik untuk memilih satu kata

3. Klik tiga kali pada pragraf untuk memilih satu paragraf

(21)

Materi Langkah Detailnya

Figur

Tab  Membuat baris pertama pada paragraf menjorok ke kanan.

Tab Membuat

baris pertama pada paragraf menjorok ke kanan. p.2

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :