• Tidak ada hasil yang ditemukan

Demand Masyarakat Menjadi Peserta Mandiri Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Kota Medan Tahun 2016

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "Demand Masyarakat Menjadi Peserta Mandiri Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Kota Medan Tahun 2016"

Copied!
18
0
0

Teks penuh

(1)

PEDOMAN WAWANCARA

Calon Peserta

Demand

Masyarakat Menjadi Peserta Mandiri Badan

Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Kota

Medan Tahun 2016

I. Identitas Informan

Nama :

Umur :

Pendidikan Terakhir : Pekerjaan : Tanggal/Waktu Wawancara : Kelas BPJS :

II. Daftar Pertanyaan

1. Mengapa Bapak/Ibu baru mendaftar atau menunda menjadi peserta mandiri ? 2. Sudah berapa kali Bapak/Ibu datang untuk mendaftar menjadi peserta mandiri

(Pekerja Bukan Penerima Upah) BPJS?

a. Jika lebih dari sekali, kekurangan atau kesulitan apa yang Bapak/Ibu dapatkan saat mencoba mendaftar pada hari pertama datang?

3. Bagaimana tanggapan Bapak/Ibu tentang calon peserta harus mendaftar sendiri ke kantor BPJS?

(2)

4. Kesulitan lain apa yang Bapak/Ibu alami saat mau mendaftar menjadi peserta mandiri?

a. Kelengkapan KTP ? b. Kelengkapan KK?

a. Mempunyai buku rekening bank?

b. Apakah Bapak/Ibu mengetahui pendaftaran melalui BPJS Online ?

(3)

PEDOMAN WAWANCARA

Unit kepesertaan BPJS

Demand

Masyarakat Menjadi Peserta Mandiri Badan

Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Kota

Medan Tahun 2016

I. Identitas Informan

Nama :

Umur :

Pendidikan Terakhir : Pekerjaan : Tanggal/Waktu Wawancara :

II. Daftar Pertanyaan

1. Bagaimana pendapat Bapak/Ibu tentang peserta baru mendaftar atau menunda menjadi peserta mandiri ?

2. Bagaimana tanggapan Bapak/Ibu tentang calon peserta harus mendaftar sendiri ke kantor BPJS?

a. Mendaftarkan seluruh anggota keluarga dalam Kartu Keluarga? b. Calon peserta yang mewakilkan pendaftaran?

c. Kesulitan lain apa yang peserta alami saat mau mendaftar menjadi peserta mandiri?

(4)

e. Mempunyai buku rekening bank? f. Pendaftaran melalui BPJS Online ?

3. Bagaimana pendapat Bapak/Ibu tentang iuran BPJS saat ini?

(5)

HASIL WAWANCARA MENDALAM

(IN-DEPTH INTERVIEW)

DEMAND

MASYARAKAT MENJADI PESERTA MANDIRI

BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS)

DI KOTA MEDAN TAHUN 2016

Matriks 1. Pernyataan Informan Mengenai Pendapatan Masyarakat Terkait Dengan Pembayaran Iuran

Informan Pernyataan

Informan 1 Saya kan sudah janda, anak juga udah pada menikah. Jadi tanggungan saya ya cuma saya sendiri. Walaupun iurannya sampai 80.000 sih saya gak masalah dek. Kalau pun saya tidak sanggup bayar kan ada anak-anak.

Informan 2 Sebenarnya aku mau aja kelas I, aku tidak masalahkan harganya. Tapi karena anggota dalam KK pada kelas III ya terpaksalah ambil kelas III. Kalau mau ambil kelas I ya keluar dari KK dululah aku.

Informan 3 Ya karena kami baru nikah. Sama-sama kerja ya masih tidak keberatanlah ambil kelas I.

Informan 4 Inikan yang mau ikut BPJS kan orangtua. Jadi kalau orangtua bilang semana mampunya kami lah. Karena kami yang bayar, rencananya kami mau ambil kelas II.

Informan 5 Ya gimana ya dek, Cuma sanggupnya di kelas III dek, hehehe.

Informan 6 Enggak. Saya tidak mempermasalahkan kelas pembayaran, karena kan ada 3 kelas. Kita bisa pilih yang mana saja, ada yang dua puluh ribuan, ada yang empat puluh ribuan sama enam puluh ribuan. Kita bisa pilih yang murah dan bayarnya kan sekali sebulan aja tapi karena ngurusnya itu yang capek. Waktu mau mendaftar ada saja yang kurang, kurang inilah, kurang itulah. Seharusnya proses pendaftaran atau syarat-syaratnya itu lebih singkatlah.

(6)

yang harganya 25.500 sebulan tapi kalo kami satu KK ada 6 orang, beratlah. Udah bayar sampe 150.000 sebulan. Sekarangkan penjualan gimana, laku pun kurang. Udah dua tahun belakangan ini agak beratlah perekonomian kami. kan ada kelas III. Walaupun dia tidak sakit. Kan berguna juga untuk orang lain, dia ibadah, dia membantu orang yang sakit. Terus kalau kita jaga-jaga mana tau sakit. Kalaupun masih tidak mampu, lapor saja ke dinas sosial setempat. Dinas sosial setempat itu mempunyai kuota yang menampung bagi yang tidak mampu, nanti dinsos yang daftarkan ke BPJS Kesehatan. Adakan BPJS yang gratis seperti Kartu Medan Sehat, Jamkesmas.

Matriks 2. Pernyataan Informan Mengenai Menunda atau Baru Mendaftar Menjadi Peserta Mandiri

Informan Pernyataan

Informan 1 Saya baru daftar sekarang kan, karena saya punya permasalahan mata, jadikan selama ini saya berobat umum jadi rupanya ini agak berat bayaran makanya saya dianjurkan sama adek itu suruh urus BPJS, jadi kira-kira ibu sudah bayar 3 minggu, ibuk bisa minta rujuk aja katanya. Makanya saya urus kartu BPJS ini. Waktu mata saya gak terlalu parah, ya saya umum ajalah, 500.000 atau 1.000.000 uang pribadi yah masih ada lah. Tapi ini kalo udah 7.000.000 an udah ga ada duit lah dek.

(7)

gak ada mengurus kan langsung ke BPJS nya jadi aku sekaranglah baru ngurus ini.

Informan 4 Karena Kan gini, orang kampung ni mau ke kota jauh. Karena usia orangtua juga udah tua. Keluarga yang lain juga mau ngurusin jauh, karena sama-sama tinggal di kampung. Orang kampung tau lah ngurus yang susah kayak gini mana maulah. Ribet. Susah. Makanya ini kami mau nguruskan disini,apalagikan orangtua lagi sakit. Seharusnya proses pendaftaran atau syarat-syaratnya itu lebih singkatlah.

Informan 7 Baru sempatnya sekarang nak. Banyak kerjaan kan.

Informan 8 Kalau aku mau aja daftar tapi maunya satu-satu dulu kan, jangan semua dulu. Kemaren kan udah diajak juga sama tetangga. Tapi nanti-nantilah dulu, sekarang ga ada kawan lah kesana.

Informan 9 Kalau menundanya ini sih enggak, tapi karena tidak tau dimananya mau daftar yaah. Tunggu-tunggulah dulu dek. Hehehehe.

Informan 10 Kalau dia menunda mendaftar, tunggu sakit dulu mendaftar, dia rugi ya. Misalnya tiba-tiba sakit mendadak, baru buat kartu. Dia tidak akan bisa gunain kartu dia langsung.

Matriks 3. Pernyataan Informan Mengenai Sudah Datang Berapa Kali

Informan Pernyataan

Informan 1 Sudah dua kali saya datang ni, semalam karena kurang itu ya jadi sekarang lah di urusnya. Daripada nanti-nanti. Kemaren juga pernah datang, bulan lalu karena masih ada yang salah. Informan 2 Aku sudah dua kali.

Informan 3 Ya ini udah dua kali.

(8)

belum tau.. apa yang ada ajalah dulu kan ini dibawa. Nanti kalo tidak bisa, ya pulang.

Informan 5 Ya ini baru daftar sekarang.. Informan 6 Saya sudah dua kali kesini.

Informan 7 Ya ini pertama kali daftar, ya kayak nya semua udah lengkaplah syarat-syaratnya. Karena kan semalam saya sudah datang lihat apa saja persyaratannya.

Informan 8 mmm.. datangnya ini, udah dua kali,,ya udah dua kali..

Informan 9 Sudah dua kali lah ini dek. Pening lah.

Informan 10 Kadang persepsi masyarakat ini yang bilang agak susah dimegerti. Letak susahnya dimana, letak sulitnya dimana. Masyarakat ada yang merasa dipersulit karena memang dia tidak lengkap. Kalau dia posisinya lengkap, dia tinggal duduk, kasih berkas, tunggu dipanggil, sudah selesai... kalau berkasnya tidak lengkap, dia merasa dipersulitlah, dia merasa tidak puas. Nah itu yang susah. Karena BPJS juga punya peraturan.

Matriks 4. Pernyataan Informan Mengenai Kelengkapan Persyaratan Administrasi

Matriks 4.1 Persyaratan Informan Mengenai Kelengkapan Kartu Keluarga

Informan Pernyataan

Informan 1 Saya sudah pernah datang bulan lalu, tapi karena KK masih lama, harus ngurus dulu ke KK yang baru. Akhirnya saya datang semalam. Tapi karena kemaren ada yang kurang buku rekening sama nomor hp. Agak ribet dari orang yang daftar pertama-tama lebih enak, gak payah. Bisa diwakilkan sama siapa aja kan trus bayar 50.000. Sekarang kan lebih mahal bisa sampai 300.000 makanya saya pala-palai kemari ajalah.

(9)

Informan 3 KK sudah ada..

Informan 4 Mana syarat-syarat belum lengkap, KTP ga ada yang asli, KK yang asli ga ada, buku rekeningnya pun ga ada. Kalo yang belum ngerti ya ribet, susah hehehe.. macam inikan ngisi syarat pendaftaran ini kan. Kalo yang ga tau ya gitulah, saya rasa sulit apalagi yang ga tau syarat-syarat. Apalagi BPJS tidak memberikan informasi yang jelas, tidak kasih tau cara-caranya. Saya tanya disitu dia bilang bisa trus di kasihnya formulir. Harus cari-cari informasi dululah.

Informan 5 Oh, gak gak ribetlah. Karena kan ibuk udah tau persyaratannya apa saja. Kemaren juga udah datang, lihat-lihat apa saja yang harus dilengkapi seperti KK, KTP, buku rekening, buku nikah. Sejauh ini tidak ada kesulitan, ga ada masalah sih. Sejauh ini peraturan BPJS nya normal aja sih.

Informan 6 Kartu Keluarga saya ada..

Informan 7 Oh persyaratannya itu tidaklah ribet. Karena kalau kita punya keluarga kan pasti punya KK dan KTP tentunya kan.

Informan 9 Ya gak taulah dek, gak tau apa saja persyaratannya. Belum mau daftar dulu sih dek. Memang kata orang-orang sih susah persyaratannya. Macam itukan, KK harus baru dan trus masalah pembayarannya sih.

(10)

Matriks 4.2 Pernyataan Informan Mengenai Kelengkapan Kartu syarat belum lengkap, KTP ga ada yang asli, KK yang asli ga ada, buku rekeningnya pun ga ada. Kalo yang belum ngerti ya ribet, susah hehehe.. macam inikan ngisi syarat pendaftaran ini kan. Kalo yang ga tau ya gitulah, saya rasa sulit apalagi yang ga tau syarat-syarat. Apalagi BPJS tidak memberikan informasi yang jelas. Saya tanya disitu dia bilang bisa trus di kasihnya formulir. Harus cari-cari informasi dululah. Informan 5 Oh, gak gak ribetlah. Karena kan ibuk udah tau

persyaratannya apa saja. Kemaren juga udah datang, lihat-lihat apa saja yang harus dilengkapi seperti KK, KTP, buku rekening, buku nikah. Sejauh ini tidak ada kesulitan, ga ada masalah sih. Sejauh ini peraturan BPJS nya normal aja sih.

Informan 7 Oh persyaratannya itu tidaklah ribet. Karena kalau kita punya keluarga kan pasti punya KK dan KTP tentunya kan.

Informan 8 Ya inilah dek karena KTP saya gak KTP sini, KTP dari Karo sana.

Informan 10 Kalau didiskusikan lagi di bagian validasi membawa KK yang asli dengan KTP salah satu anggota keluarga yang didalamnya asli, kita masih bolehi. Asal datanya memang benar. Kemudian yang mengurusnya memang orang yang ada dalam KK. Jadikan kita percaya. Harus salah satunya yang asli.

(11)

lihat berkas, apakah masih bisa diperbolehkan atau tidak.

Matriks 4.3 Pernyataan Informan Mengenai Kelengkapan Buku Rekening enak, gak payah. Bisa diwakilkan sama siapa aja kan trus bayar 50.000. Sekarang kan lebih mahal bisa sampai 300.000 makanya saya pala-palai kemari ajalah.

Informan 2 Aku sudah dua kali. Kemaren tu gak tau disuruh bawa apa tu... bawa ini bawa kartu BPJS keluarga yang sudah mendaftar yang difotokopi, karena aku belum daftar. Tapi aku gak tau apa ini bisa atau enggak karena fotokopian kartu BPJS anggota keluarga satu ga ada, dia lagi diluar kota. Yah cemanalah ini.

Informan 4 Aaa.. ini jugalah yang susah dek. Cemanalah kan ini yang mau di daftarkan orangtua. Karena ambil kelas II rencananya kan berarti harus punya buku rekening ini kan. Ya namanya orang kampung dek, udah tua lagi mana lah ada buku rekening kan.. ga tau lah ini gimana..apa mau di uruskan dulu apa pakai punya kita kan,, nantilah di tanyakan lagi..

Informan 6 Kemaren tu kesini eee... belum menyertakan buku rekening. Saya kira kan mendaftar dulu baru buka rekening. Jadi saya kurang tau peraturannya.

Informan 7 Oh persyaratannya buku rekening itu kemaren saya lupa bawanya.

(12)

bagi orang yang mampu. Soalnya itu memudahkan mereka karena itu akan di autodebet, jadi mereka tidak membayar ke bank yang harus mengantri lagi. Mereka tinggal ngecek aja oohh.. ini sudah di potong. Kenapa masyarakat merasa sulit buka buku rekening, mungkin itu masyarakat yang termasuk tidak mampu. Karena untuk membuka buku rekening sudah tidak 500.000 lagi untuk peserta BPJS. Di Bank Mandiri sudah di fasilitasi Cuma bayar administrasinya saja. Itukan sudah dimudahi sebenarnya. Bagi yang ngerasa sulit kan ada pilihan kelas III. Kelas III tidak perlu buka buku rekening karena BPJS menganggap kelas III adalah orang yang misalnya pekerjaan buruh tidak dibiayai perusahaanya. Berarti kan dia tidak punya buku rekening. Sebenarnya yang bikin sulit mungkin juga bank yang bekerja sama masih bank pemerintah sedangkan yang masyarakat punyanya bukan bank pemerintah. Punyanya yang swasta.

Matriks 5. Pernyataan Informan Mengenai Peserta Harus Mendaftar Sendiri

Informan Pernyataan

Informan 1 Mendaftar sendiri ini memang agak susah, karena kan aku sudah tua. Mana mata saya lagi sakit kan.

Informan 2 Ya inilah, aku datang sendiri kesini daftar karena kan semua keluargaku sudah terdaftar BPJS tapi dari perusahaan. Aku sama suami lah belum kan, karena kami kan masih tinggal sama orangtua. Informan 3 Ya mau gak mau harus datang lah langsung

Informan 5 Ya karena katanya harus mendaftar sendiri langsung, luangkan waktu lah hari ini.

(13)

harus seharian lagi disini. Hmmm..

Informan 7 Ya memang prosedurnya seperti itu kan, ya kita harus mengikutilah nak.

Informan 8 Ya itulah, harus daftar datang sendiri itulah, kalau tidak bisa siap 1 hari, malas jugalah besok datang. Karena jauh juga. Ya itulah..

Informan 9 Ya, kita datang. Tapi karena jauh dek dari rumah saya. Udah datang, kalau gak lengkap..malas lagi datang. Saya kan tinggal Tuntungan sana, trus harus meluangkan waktu lagi untuk kesini, trus berhenti narik.

Informan 10 Kalau yang diwakilkan yang bukan keluarganya kita tidak perbolehi , kenapa? Bukan kita menyulitkan, enggak. Cuma kita menghindari yang namaya peserta tertipu oleh calo. Kan banyak itu calo diluar yang minta biaya biaya mahal. Sebenarnya kalalu dipikir-pikir ya terserah saja. Tapi kadangkan peserta ini kalau sudah ketipu calo ngeluhnya kesini. Trus dibawa-bawa ke rapat DPR, BPJS ada calo dan segala macamnya. Nah, untuk menghindari itu makanya kan BPJS buat tidak bisa diwakilkan. Boleh diwakilkan asal ada anggota keluarga dalam KK datang atau perwakilan yang menyuruhkan mendaftar menjelaskan ada hubungan saudara dengan membawa KK atau misal tetangga yang dekat rumahnya lansia . kami juga tak memaksakan lansia untuk datang kemari. Tetangga dekatnya boleh mendaftarkan tapi bawa KK perwakilan untuk melihat alamatnya dekat dengan calon peserta.

Matriks 6. Pernyataan Informan Mengenai Peserta Harus Mendaftarkan Semua Anggota Keluarga Dalam KK

Informan Pernyataan

Informan 1 Ya tidak masalah lah dek, karena kan saya tinggal sendiri. Anak-anak sudah menikah dan punya KK sendiri. Saya daftar sendiri lah.

Informan 2 Semua keluarga ku sudah daftar, jadi tinggal kami lah yang belum. Aku sama suami.

(14)

suami, saya tidak masalah kalau peraturannya harus semua dalam KK yang daftar gitu.

Informan 4 Memang mau didaftarkan ini semuanya lah. Karena yang di dalam KK Cuma orangtua. Orangtua inilah yang mau didaftarkan karena lagi sakit juga.

Informan 5 Mau gak mau harus daftarkan lah semua dalam KK itu, ya kan. Gitu persyaratan BPJS nya. Ya di ikuti ajalah..

Informan 6 Itu saya gak masalah dek, karena memang mau daftarkan semuanya. Kelas juga tidak masalah yang kelas I, tapi itu tadi ngurusnya lama.

Informan 7 Ya saya memang mau mendaftarkan semua anggota keluarga nak. Kan kami ada 5 orang. Informan 8 Kalau aku mau aja daftar tapi maunya satu-satu semuanya gitu. Jadi mau tidak mau harus masuk jadi peserta. Kita jugakan semua berdasrkan sistem.

(15)

Matriks 7. Pernyataan Informan Mengenai BPJS Online

Informan Pernyataan

Informan 1 Nggak tau, orang bodoh.. saya bodoh. Saya nggak tau, megang hp aja saya nggak pande.. Informan 2 Haa..? BPJS Online itu gimana caranya? Saya

pernah dengar tapi tidak tau cara daftarnya itu. Informan 3 Sebetulnya kan bisa juga Online. Kan ada juga

yang online. Ya karena pengen langsung aja. Karena kalo online kan sepertinya kartunya beda dari kalau mendaftar langsung.

Informan 6 Online? Takutnya saya nanti ga pandai daftarnya. Gak terdaftar-daftarlah nanti takutnya, mending kesini aja langsung.

Informan 7 BPJS Online itu saya pernah dengar, tapi daripada salah-salah mending manual datang kesini ajalah.

Informan 8 BPJS Online apa itu? Harus itu? Aku nggak ngerti-ngertilah internet, online-online itu dek. Hehehe..

Informan 9 Aaaa.. gak ngerti-ngerti lah aku itu dek, ini aja udah susah kurasa.

(16)

Matriks 8. Pernyataan Informan Mengenai Determinan Lain

Informan Pernyataan

Informan 2 Kemaren tu gak tau disuruh bawa apa tu... bawa ini bawa kartu BPJS keluarga yang sudah mendaftar yang difotokopi, karena aku belum daftar. Tapi aku gak tau apa ini bisa atau enggak karena fotokopian kartu BPJS anggota keluarga satu ga ada, dia lagi diluar kota. Yah cemanalah ini.

Informan 10 Pertama, mungkin karena takut ngantri lama padahal sebenarnya enggak. Karena kelihatan dari luar ramai. Ya kan kalau satu orang yang daftar, pasti dia bawa anggota keluarganya. Padahal sebenarnya antrian kita itu perhari itu selesai jam-jam 1 kita sudah tutup antrian. Jadi sebenarnya antrian gak lama.

Kedua, karena belum mau pakai, belum mau mempergunakan gitu, jadi ngapain daftar. Mereka ngerasa ooh.. tunggu sakit aja dulu baru daftar padahal kan gak seperti itu karena sistemnya kan gotong-royong.

(17)
(18)

Referensi

Dokumen terkait

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat serta hidayahNya dalam memberikan kemudahan penyusun dalam menyelesaikan skripsi yang berjudul “ Tingkat Kepuasan

Instrumen dalam penelitian ini adalah tes untuk melihat hasil belajar siswa sebelum dan setelah diberikan model pembelajaaran, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama

Perlakuan pemberian pupuk organik cair dan perlakuan macam varietas tidak terjadi interaksi nyata terhadap rerata bobot kering biji per tanaman dapat dilihat pada

(3) Dalam hal terdapat anggaran Kewajiban Penjaminan Pemerintah yang telah dialokasikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak habis digunakan dalam tahun

a) ZMT Bremen will provide subsistence allowance of € 1250 per month for accommodation, meals and out-of-pocket expenses in Bremen for the duration of the fellowship.

Oleh karena itu, strategi beliau bisa relevan di zaman sekarang dengan cara mampu berinovasi, kreatif dan mentransformasikan nilai-nilai Islam dari karya dan

Implementasi monitoring dan evaluasi visi misi yang dilakukan di tingkat jurusan berjalan dan berhasil baik jika didukung oleh komitmen para pelaku, manajemen

30 Contoh beberapa daerah yang tidak menerapkan pilkada secara langsung yaitu:DKI, untuk pemilihan wali kota di tunjuk oleh gubernur terpilih, DIY, Gubernur dan