PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN AKAR SEMAI MANGROVE SEJATI Ceriopstagal (Perr.) C.B.Rob PADA BERBAGAI SALINITAS

11 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN AKAR SEMAI

MANGROVE SEJATI Ceriopstagal (Perr.) C.B.Rob PADA

BERBAGAI SALINITAS

SKRIPSI

Oleh:

MARNIDA ULI LUBIS 121201146/BUDIDAYA HUTAN

FAKULTAS KEHUTANAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

2016

(2)

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN AKAR SEMAI

MANGROVE SEJATI Ceriops tagal (Perr.) C.B.Rob PADA

BERBAGAI SALINITAS

SKRIPSI

Oleh:

MARNIDA ULI LUBIS 121201146/BUDIDAYA HUTAN

Skripsi sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar sarjana di Fakultas Kehutanan

Universitas Sumatera Utara

FAKULTAS KEHUTANAN

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(3)
(4)

ABSTRACT

MARNIDA ULI LUBIS : The Growth and Development of Mangrove’s Root

Seedlings Ceriops tagal (Perr.) C.B.Rob under Different Salinity. Supervised by

MOHAMMAD BASYUNI and BUDI UTOMO.

The deforestation of mangrove caused by human activities to the effects the composition of mangrove forest stands it is necessary for mangrove rehabilitation to restore mangrove ecosystem. The Growth and root development of mangrove seedlings Ceriops tagal (Perr.) C.B.Rob in different salinity was studied in the greenhouse, Faculty of Agriculture, University of Sumatera Utara, started from 22nd May until 22nd November 2015. This study was aimed at determining the level of seedling growth and root development in C. tagal seedlings in different salinity.

This research use the completely random design (CRD) with 5 treatment, namely 0%, 0,5%, 1,5%, 2%, and 3% for 10 replication. The best result showed that growth and seedlings development was obtained at 0,5% salinity, high growth of seedlings at 0,5%, diameter at 0,5%, number of leaf at 0,5%, leaf area at 0,5%, thick leaves at 0,5%, number of root at 0,5%, length roots at 2%, root diameter at 0,5%, the water content of the root 0%, the water content of the shoot 0,5%, and the ratio of root and shoot at 0,5%.

Keywords : Mangrove, Ceriops tagal, salinity, root

(5)

ABSTRAK

MARNIDA ULI LUBIS : Pertumbuhan Dan Perkembangan Akar Semai Mangrove Sejati Ceriops tagal (Perr.) C.B.Rob Pada Berbagai Salinitas. Dibimbing oleh MOHAMMAD BASYUNI dan BUDI UTOMO.

Kerusakan hutan mangrove yang disebabkan oleh aktivitas manusia mengakibatkan komposisi tegakan hutan mangrove menjadi menurun sehingga di perlukan kegiatan rehabilitasi hutan mangrove untuk memperbaiki ekosistem hutan mangrove. Penelitian Pertumbuhan dan perkembangan akar semai mangrove sejati Ceriops tagal (Perr.) C.B.Rob pada berbagai salinitas ini diteliti di rumah kaca, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara mulai 22 Mei sampai 22 November 2015. Penelitian ini berjutuan untuk mengetahui tingkat pertumbuhan semai dan perkembangan akar C. tagal tehadap berbagai konsentrasi salinitas.

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non-faktorial dengan 5 perlakuan, yaitu salinitas (0%, 0,5%, 1%, 2%, dan 3%) dan di ulang sebanyak 10 ulangan. Hasil pertumbuhan dan pekembangan terbaik yaitu pada konsentrasi salinitas 0,5%, pertumbuhan tinggi semai pada konsentasi salinitas 0,5%, diameter semai 0,5%, jumlah daun 0,5%, luas daun 0,5%, tebal daun 0,5%, jumlah akar 0,5%, panjang akar 2%, diameter akar 0,5%, kadar air akar 0%, kadar air tajuk 0,5%, dan ratio akar dan tajuk 0,5%.

Kata kunci : Mangrove, Ceriops tagal (Perr.) C.B.Rob, salinitas, akar

ii

(6)

RIWAYAT HIDUP

Penulis dilahirkan di Padang Sidimpuan pada tanggal 12 Juli 1994 dari pasangan Bapak Raindra Wajah Lubis, SE dan Ibu Rosmalemna, S.Pd., M.Pd. Penulis merupakan anak pertama dari dua orang bersaudara.

Pada tahun 2006 Penulis lulus dari SD 117864 Suka Bangsa Kec.Na.IX-X, tahun 2009 lulus dari SMP Negeri 1 Na. IX-X Aek Kota Batu dan tahun 2012 lulus dari SMA Negeri 3 Rantauprapat. Tahun 2012 Penulis melanjutkan kuliah di Universitas Sumatera Utara (USU) Medan sebagai Mahasiswi di Program studi Kehutanan Fakultas Pertanian melalui jalur Ujian Masuk Bersama (UMB) reguler.

Selama Mengikuti Perkuliahan Penulis Aktif dalam organisasi Rain Forest

community dari tahun 2012-2016 di Fakultas Kehutanan, Universitas Sumatera Utara. Penulis melakukan Praktik Pengenalan Ekosistem Hutan (P2EH) di Pulau Sembilan Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Sumatera utara pada tahun 2013.

Penulis menjadi Asisten praktikum mata kuliah Dendrologi pada tahun 2014 dan 2015, Asisten praktikum mata kuliah Anatomi kayu pada tahun 2014, dan menjadi Asisten Praktik Pengenalan Ekosistem Hutan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli Kecamatan Girasang, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Penulis melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Taman Nasional Wakatobi, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara pada tahun 2016.

(7)

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji dan syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT karena atas rahmat dan ridho-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “Pertumbuhan dan Perkembangan Akar Semai Mangrove Sejati Ceriops tagal (Perr.) C. B.Rob Pada Berbagai Salinitas”

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dalam penyelesaian skripsi ini. Penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak Mohammad Basyuni, S.Hut, M.Si., Ph.D dan Bapak Dr. Budi Utomo, SP. MP., selaku komisi pembimbing yang telah membantu meluangkan waktu dan pemikirannya dengan keikhlasan untuk memberikan bimbingan dan masukan sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini.

Dalam penyelesaian skripsi ini banyak pihak yang telah membantu penulis. Dalam kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada : 1. Kedua orang tua, Bapak Raindra Wajah Lubis, SE dan Ibunda Rosmalemna,

S.Pd., M.Pd yang senantiasa memberikan kasih sayangnya sepanjang masa dan dukungan moril serta materil kepada penulis. Semua hal yang kedua orang tua penulis berikan merupakan semangat dalam menyelesaikan skripsi ini. Terima kasih segala hal yang telah diberikan kepada penulis, tanpa kedua orang tua penulisan skripsi ini tidak akan pernah terselesaikan.

2. Seluruh Dosen-dosen saya terutama dosen pembimbing saya mulai semester 1 sampai 6 Bapak Luthfi Hakim, S.Hut, M.Si., Tata Usaha serta seluruh instansi yang terkait di Fakultas Kehutanan, Universitas Sumatera Utara. 3. Teristimewa kepada Adik saudara perempuan saya Ima Satriani Lubis dan

Anggi Kharisma yang ikut serta membantu saya dalam kegiatan pemanenan, memberikan kekuatan dan semangat juang dalam menyelesaikan skripsi ini. 4. Seluruh masyarakat Desa Pulau Sembilan Bapak Burhan selaku Ketua adat di

Desa Pulau Sembilan yang telah membantu dalam pengambilan sampel penelitian.

5. Rekan Tim Peneliti (Fuad Khalil Harahap, Taufik Fardiman Chair Telaumbanua, Desya Alvionita Keliat, Nina B Manalu, Arif Syuhada, dan Muammar Syafwan) yang telah memberikan semangat dan kerjasamanya saat

(8)

melakukan penelitian serta teman-teman angkatan 2012 di Fakultas Kehutanan khususnya Budidaya Hutan 2012.

6. Rekan-rekan seperjuangan Rifai Muda Harahap, Pradipta Wijaya, Ahmad Gozali, Amaliyah Putri yang membantu dan memberikan dukungan dalam menyelesaikan skripsi ini.

7. Terakhir penulis hendak menyapa setiap nama yang tidak dapat penulis cantumkan satu per satu terima kasih doa yang senantiasa mengalir tanpa sepengetahuan penulis. Terimakasih sebanyak-banyaknya kepada orang-orang yang turut bersuka cita atas keberhasilan penulis menyelesaikan skripsi ini.

Penulis menyadari bahwa pembuatan skripsi ini maih jauh dari kesempurnan baik dari segi materi maupun teknik penulisan. Oleh karena itu,penulis sangat mengharapkan kritik serta saran yang membangun dari para pembaca demi penyempurnaan skripsi ini.

Akhir kata, semoga ALLAH SWT. Senantiasa melimpahkan karunia-Nya kepada kita semua dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi semua pihak.

Medan, Juli 2016 Penulis

Marnida Uli Lubis

(9)

DAFTAR ISI

Halaman

ABSTRACT ... i

ABSTRAK ... ii

RIWAYAT HIDUP ... iii

KATA PENGANTAR ... iv

DAFTAR TABEL ... viii

DAFTAR GAMBAR ... ix PENDAHULUAN Latar Belakang... ... 1 Tujuan Penelitian... ... 2 Hipotesis Penelitian... ... 3 Manfaat Penelitian... ... 3 TINJAUAN PUSTAKA Deskripsi Umum Hutan Mangrove ... 4

Ceriops tagal (Perr.)... ... 5

Adaptasi dan Sistem Perakaran mangrove... ... 6

Zonasi Mangrove... ... 8

METODOLOGI PENELITIAN Waktu dan Lokasi Penelitian ... 11

Gambaran Lokasi Pengambilan Sampel ... 11

Alat dan Bahan Penelitian ... 11

Prosedur Pengamatan ... 12

Pengamatan Parameter ... 13

HASIL DAN PEMBAHASAN Persentase Hidup dan Mortalitas Semai C. tagal ... 17

Pengaruh pertumbuhan semai C.tagal ... 18

Pengaruh Pertumbuhan Akar Semai C. tagal ... 20

Pengaruh Pertumbuhan Daun Semai C. tagal ... 22

Pengaruh Kadar Air Semai C. tagal ... 23

Pengaruh Rasio Akar dan Tajuk Semai C. tagal ... 24

Korelasi Parameter Pengukuran ... 25

KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan ... 28

Saran ... 28

DAFTAR PUSTAKA ... 29 LAMPIRAN

vi

(10)

DAFTAR TABEL

No. Halaman

1.Persentase Hidup Dan Mortalitas Semai C. tagal ... 14

2.Korelasi Semua Parameter Pengukuran ... 19

3. Ringkasan Pertumbuhan ... 27

4. Persentase Pengukuran Terbaik Semai C. tagal ... 27

(11)

DAFTAR GAMBAR

No. Halaman

1. Morfologi C. tagal ... 5

2. Pertumbuhan Semai C.tagal ... 7

3. Tinggi Dan Diameter Semai C.tagal ... 18

4. Jumlah Akar, Panjang Akar, Dan Diameter C.tagal ... 20

5. Jumlah Daun,Tebal Daun Dan Luas Daun C.tagal ... 22

6. Kadar Air Tajuk Dan Akar C.tagal ... 23

7. Rasio Akar Dan Tajuk C.tagal ... 24

viii

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :