PENIPUAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI SURAKARTA) PENIPUAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA (STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI SURAKARTA).

Teks penuh

(1)

PENIPUAN DALAM PERSPEKTIF HUKUM PIDANA

(STUDI KASUS DI PENGADILAN NEGERI SURAKARTA)

S K R I P S I

Disusun dan Diajukan Untuk Melengkapi Syarat-syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana dalam

Ilmu Hukum Pada Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta

Disusun oleh :

AGUS WIJAYA

C 100 990 180

FAKULTAS HUKUM

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

(2)

HALAMAN PERSETUJUAN

Skripsi ini telah disetujui untuk dipertahankan dihadapan Dewan Penguji Skripsi Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mengetahui,

Pembimbing I Pembimbing II

(3)

HALAMAN PENGESAHAN

Skripsi ini telah diterima dan disahkan oleh Dewan Penguji Skripsi Fakultas Hukum

Universitas Muhammadiyah Surakarta

Pada : Hari :

Tanggal :

Dewan Penguji :

Penguji I : H Hartanto, SH., M.Hum ( )

Penguji II : Muchamad Iksan, SH., MH ( )

Penguji III : ( )

Mengetahui, Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta

(4)

MOTTO

Barang siapa mengerjakan kebaikan baik laki-laki maupun perempuan, sedang ia beriman, niscaya Kami hidupkan dia dengan kehidupan yang baik, dan Kami balas mereka dengan pahala yang terlebih baik dari apa yang telah mereka amalkan.

(5)

PERSEMBAHAN

Skripsi ini Penulis Persembahkan kepada:

? Allah SWT atas Anugrah, yang Menyertai dan Memberi Petunjuk serta Memberi Kemudahan dalam setiap langkah.

? Nabi Muhammad SAW suri tauladan umat sepanjang zaman.

? Kedua orang tuaku Bapak (alm) Panut Surono dan Ibu Siti Sundari yang tercinta atas kasih sayang, perhatian dan do’a restunya.

? Istriku Rina Sumanti tersayang atas cinta, dukungan, dan perhatiannya.

? Anakku Alya Amelia Nur Sabrina dan Nabila Nur Azizah yang telah memberikan semangat dan Support dalam Penulisan Skripsi ini.

? Kakak-kakakku (Sri Wahjuning, Yuni Sri Handayani-Dwi Sugeng Wiranto) dan adikku (Mei Prihadadi) , terima kasih atas kasih sayang, dukungan dan semangatnya.

(6)

KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb.

Segala puji teriring rasa syukur atas Anugrah dan Rahmat Allah SWT yang telah memberikan Berkah dan Restunya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan hukum dengan judul : “Penipuan Dalam Perspektif Hukum Pidana (Studi Kasus di Pengadilan Negeri Surakarta)”

Penulisan hukum ini terutama bertujuan sebagai syarat untuk memperoleh gelar kesarjanaan (S1) dalam bidang Ilmu Hukum pada Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dengan telah terselesaikannya penulisan hukum ini, penulis menyadari bahwa keberhasilan tersebut tidak lepas atas adanya bantuan, peran dan dorongan dari berbagai pihak. Untuk itu, dalam kesempatan ini penulis hanya dapat mengungkapkan penghargaan dan terimakasih yang tulus dan setinggi-tingginya kepada :

1. Bapak Muchamad Iksan, SH., M.H, selaku Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta

2. Bapak H Hartanto, SH., MHum selaku Pembimbing I Penulisan Hukum ini, yang telah memberikan ijin penyusunan penulisan hukum dan telah membimbing serta memberikan pengarahan kepada penulis, sehingga dapat terselesaikannya penulisan hukum ini

(7)

membimbing, dan memberi nasehat serta dorongan sehingga penyusunan skripsi ini dapat diselesaikan.

4. Segenap Pengajar dan seluruh Staf Administrasi Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta.

5. Bapak Ketua Pengadilan Negeri Surakarta beserta staffnya atas ijin dan data yang diberikan sehingga dapat menyelesaikan penulisan skripsi dengan lancar. 6. Sahabat-sahabatku Fakultas Hukum Angkatan 1999, terima kasih atas

kebersamaan yang telah terjalin saat ini.

7. Serta semua semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu. Mengingat kemampuan penulis yang masih terbatas, penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna. Oleh karenanya penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca dan semoga penulisan hukum ini dapat bermanfaat bagi yang memerlukan.

Surakarta, Nopember 2011

Penulis

(8)

DAFTAR ISI

A. Latar Belakang Masalah………. 1

B. Pembatasan Masalah ………. 4

C. Perumusan Masalah ……….. 5

D. Tujuan Penelitian ……….. 5

E. Manfaat Penelitian ……… 6

F. Metode Penelitian ……….. 7

G. Sistematika Skrispsi ……… 9

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA ……… 11

A. Tinjauan Umum Tentang Tindak Pidana ……… 11

B. Tinjauan Umum Tentang Tindak Pidana Penipuan …... 17

(9)

BAB III. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .………. 40

A. Hasil Penelitian ………. 40

B. Pembahasan ……….. 50

1. Pelaksanaan Pemeriksaan Tindak Pidana Penipuan dalam Perspektif Hukum Pidana di PN Surakarta ………… 50

2. Motivasi Seseorang Melakukan Tindak Pidana dan Hambatan yang Terjadi dalam Pelaksanaan Pemeriksaan Tindak Pidana Penipuan dalam Perspektif Hukum Pidana di Pengadilan Negeri Surakarta ……… 70

3. Hambatan dalam Pemeriksaan Tindak Pidana Penipuan di Pengadilan Negeri Surakarta ……….. 72

BAB IV. PENUTUP………. 74

A. Kesimpulan ……… 74

B. Saran ……….. 76

(10)

Abstraksi

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penegakan hukum dalam kasus tindak pidana penipuan dalam perspektif hukum pidana, umumnya tindak pidana atau pelanggaran hukum pidana didasari adanya kehendak untuk memenuhi kebutuhan hidup dengan cara yang mudah, jalan pintas serta mendapatkan apa yang dikehendakinya dengan cepat dan sebanyak-banyaknya. Pelanggaran terhadap suatu ketentuan pidana ataupun pelanggaran hokum, umumnya didorong oleh upaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup yang relatif sulit dipenuhi.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang member peluang tindak pidana makin tinggi volumenya dan meningkat kualitasnya termasuk tindak pidana makin bervariasi, guna menanggulangi tindak pidana atau kejahatan dibutuhkan kebijakan penindakan dan antisipasi yang menyeluruh.

Bahwa yang menjadi dasar pidana itu, ialah kesejahteraan umum, untuk adanya pidana , maka harus ada kesalahan pada pelaku perbuatan, dan kesalahan (schuld) itu hanya terdapat pada perbuatan-perbuatan yang dilakukan dengan sukarela. Pidana yang dijatuhkan pada orang yang melakukan perbuatan yang dilakukan dengan sukarela inilah yang tiada lain bersifat pembalasan, sifat membalas dari pidana adalah merupakan sifat umum dari pidana, tetapi bukan tujuan dari pidana, sebab tujuan pidana pada hakekatnya adalah pertahanan dan perlindungan tata tertib ma syarakat.

Tujuan penelitian ini untuk meneliti dan menyusun penelitian ilmiah tindak pidana penipuan yang sangat merugikan dan membuat keresahan dalam masyarakat.

Tindak pidana atau kejahatan penipuan diatur dalam buku II bab XXV Kitab Undang-undang hukum pidana dari pasal 378 sampai 395.

Tindak pidana penipuan dalam pidana Indonesia dalam bentuk pokok diatas dalam ketentuan pasal 378 KUHP yang menyatakan : “suatu perbuatan dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hak,

(11)

-kata bohong menggerakkan orang lain untuk menyerahkan suatu benda atau

mengadakan perjanjian atau meniadakan perjanjian dihukum pidana penjara

selama-lamanya empat tahun.”

Agar supaya lebih terarah dan tidak melenceng dari inti permasalahan yang akan diteliti maka perlu pembatasan penelitian tentang penipuan dalam perspektif hukum pidana di Pengadilan Negeri Surakarta.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...