Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pada PT Pertamina(Persero) MOR I

11  15  Download (0)

Full text

(1)

TUGAS AKHIR

SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN BAHAN BAKAR

MINYAK (BBM) BERSUBSIDI PADA PT PERTAMINA (PERSERO)

MOR I

Oleh :

Geraldine Giovanny Ancelia

142102015

PROGRAM STUDI DIPLOMA III AKUNTANSI

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

(2)
(3)
(4)

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyusun dan menyelesaikan Tugas Akhir yang berjudul “Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi pada PT Pertamina(Persero) MOR I”yang merupakan suatu syarat untuk menyelesaikan pendidikan Program Studi Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

Dalam penulisan tugas akhir ini penulis menyadari sepenuhnya bahwa penulisan laporan tugas akhir ini masih banyak kekurangan. Hal ini disebabkan adanya keterbatasan dan kemampuan pada diri penulis. Maka dengan sepenuh hati penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan tugas akhir ini.

Dalam penyusunan Tugas Akhir ini penulis mendapat banyak bimbingan, bantuan, dan doadari banyak pihak. Maka untuk kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada:

1. Bapak Prof. DR. Ramli, SE., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

2. Ibu Dra. Mutia Ismail, SE., MM., Ak., CA selaku Ketua Program Studi Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

(5)

3. Bapak Abdillah Arif Nasution, SE, M.Si., Ak., CA selaku sekretaris Program Studi Diploma III Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.

4. Bapak Drs. Firman Syarif, M.Si, Ak selaku Dosen Pembimbing yang telah banyak meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk memberikan bimbingan dan mengarahkan penulis dalam menyelesaikan tugas akhir ini hingga selesai.

5. Seluruh Dosen dan Staf Pengajar yang telah memberikan bimbingan dan ilmu kepada penulis selama duduk dibangku perkuliahan.

6. Teristimewa untuk kedua orang tua saya tercinta Ir. Purnawirawan Sebayang dan Muspida Sitepu S.Pd yang telah membesarkan, merawat, dan mendidik saya dari kecil hingga saat ini, serta memberikan kasih sayang yang tulus dan tiada henti kepada saya. Semoga penulis dapat menjadi anak yang membanggakan.

7. Terima kasih kepada Adik saya Kevin Gilland Haezer Sebayang yang selalu memberikan semangat dan masukan serta dukungan yang tiada hentinya.

8. Untuk teman-teman D-III Akuntansi Grup A, B, dan C stambuk 2014 yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu terima kasih atas kebersamaan kita selama 3 tahun dan semoga kita semua menjadi orang-orang yang berguna bagi nusa dan bangsa dikemudian hari.

9. Sahabat-sahabatku, Devi Nathania Sirait, Imelda Ginting, dan Jane Devi Ginting terima kasih atas motivasi dan bantuan yang telah dilakukan

(6)

6

selama proses perkuliahan serta untuk semua yang telah kita lalui selama ini, semoga persahabatan kita akan tetap abadi.

10.Teman-teman tercintaku, Rumia Lia Sinaga, Cindy Rita Naomi Sitompul, Stephanie Sinulingga, Silvia Lolyta, Hartalia Ginting terima kasih atas waktu 6 tahunnya kita bersama dan terima kasih atas doa dan dukungan kalian yang tiada henti-hentinya semoga pertemanan kita akan tetap utuh. 11.Seluruh Staf dan Karyawan PT. PERTAMINA (PERSERO) MOR I yang

telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk melaksanakan proses magang serta banyak membantu selama proses pengerjaan tugas akhir ini.

Demikianlah tugas akhir ini disusun dengan segala keterbatasan Penulis. Penulis menyadari masih terdapat banyak kekurangan dalam penyusunan tugas akhir ini baik dalam tata bahasa maupun ruang lingkup pembahasannya. Untuk itu penulis menerima saran dan kritik yang membangun dari berbagai pihak demi penyempurnaan tugas akhir. Semoga tugas akhir ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang memerlukannya.

Medan, Juni 2017 Penulis

NIM. 142102015

GeraldineGiovanny Ancelia

(7)

7

BAB III SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN BAHAN BAKAR MINYAK (BBM) BERSUBSIDI PADA PT PERTAMINA (PERSERO) MOR I ... 47

A. Sistem Informasi Akuntansi ... 47

B. Pengertian Penjualan dan Jenis Penjualan ... 49

(8)

C. Pengertian dan Jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi .. 52

D. Lembaga Penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi ... 54

E. Sistem Informasi Akuntansi Penjualan ... 59

F. Proses Penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi ... 61

G. Penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsidi ... 63

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN... 66

A. Kesimpulan ... 66

B. Saran ... 68

DAFTAR PUSTAKA ... 69

LAMPIRAN ... 70

(9)

DAFTAR GAMBAR

No Judul Halaman

Gambar 2.1 Logo Pertamina ... 13 Gambar 2.2 Struktur Organisasi PT Pertamina (Persero) MOR I ... 15 Gambar 2.3 Struktur Organisasi Retail Fuel Marketing pada PT

Pertamina Persero (MOR) I ... 16 Gambar 3.1 Pola Penyaluran Minyak Tanah... 55 Gambar 3.2 Pola Penyaluran Agen Premium Minyak Solar ... 55 Gambar 3.3 Diagram Lembaga Penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM)

Bersubsidi ... 58 Gambar 3.4 Proses Keseluruhan Alur Bisnis PT Pertamina (Persero) ... 61 Gambar 3.5 Sistem Penjualan PT Pertamina (Persero) ... 62 Gambar 3.6 Sistem Penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan

Metode Cash & Carry ... 64

(10)

10

DAFTAR TABEL

No Judul Halaman

Tabel 1.1 Jadwal Survei / Observasi dan Penyusuan Tugas Akhir …………. 6

(11)

DAFTAR LAMPIRAN

No Judul Halaman

1. Lampiran Surat Riset ……….…. 70

Figure

Updating...

References

Scan QR code by 1PDF app
for download now

Install 1PDF app in