Hubungan Tajam Penglihatan Dengan Tingkat Prestasi Pada Siswa Berprestasi SD Panca Budi Medan Tahun 2014

Teks penuh

(1)

HUBUNGAN TAJAM PENGLIHATAN DENGAN TINGKAT

PRESTASI PADA SISWA BERPRESTASI SD PANCA BUDI

MEDAN TAHUN 2014

TESIS

OLEH

ERLI NUR M. SARI LUBIS NIM : 117110001

DEPARTEMENT ILMU KESEHATAN MATA

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA RUMAH SAKIT UMUM PUSAT HAJI ADAM MALIK

(2)

HUBUNGAN TAJAM PENGLIHATAN DENGAN TINGKAT

PRESTASI PADA SISWA BERPRESTASI SD PANCA BUDI

MEDAN TAHUN 2014

TESIS

Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Spesialis Mata dalam Program Ilmu Kesehatan Mata Fakultas

Kedokteran Universitas Sumatera Utara

OLEH

ERLI NUR M. SARI LUBIS NIM : 117110001

DEPARTEMENT ILMU KESEHATAN MATA

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA RUMAH SAKIT UMUM PUSAT HAJI ADAM MALIK

(3)

Judul Tesis : HUBUNGAN TAJAM PENGLIHATAN DENGAN TINGKAT PRESTASI PADA SISWA BERPRESTASI SD PANCA BUDI MEDAN TAHUN 2014

Nama Mahasiswa : Erli Nur M. Sari Lubis

Nomor Induk Mahasiswa : 117110001

Program Studi : Ilmu Kesehatan Mata

Telah disetujui :

Dr. Zaldi, Sp.M Pembimbing

Dr. Aryani A. Amra, M.Ked (Oph), SpM (K) Pembimbing/

Ketua Program Studi

(4)

HALAMAN PERNTAYATAAN ORISINALITAS

Tesis ini adalah karya penulis sendiri, dan semua baik yang kutipan maupun dirujuk telah penulis nyatakan dengan benar

Nama : Erli Nur Magdalena Sari Lubis

NIM : 117110001

(5)

HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS

Sebagai sivitas akademik Universitas Sumatera Utara, saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Erli Nur Magdalena Sari Lubis

NIM : 117110001

Program Studi : Ilmu Kesehatan Mata Jenis Karya : Tesis

Demi pengembangan ilmu pengetahuan, menyetujui untuk memberikan kepada Universitas Sumatera Utara Hak Bebas Royalti Non-eksklusif (Non Exclusif Free Right) atas tesis saya yang berjudul:

“HUBUNGAN TAJAM PENGLIHATAN DENGAN TINGKAT PRESTASI PADA SISWA BERPRESTASI SD PANCA BUDI MEDAN TAHUN 2014” Beserta perangkat yang ada (jika diperlukan), dengan Hak Bebas Royalti Non-eksklusif ini. Universitas Sumatera Utara berhak menyimpan, mengalih media/formatkan, mengelola dalam bentuk database, merawat dan mempublikasikan tesis saya tanpa meminta izin dari saya selama tetap mencantumkan nama saya sebagai penulis dan pemilik hak cipta. Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya.

Dibuat di : Medan Pada tanggal : April 2015 Yang Menyatakan

(6)

ABSTRAK

Latar Belakang : Kesehatan mata pada anak di usia sekolah menjadi salah satu faktor yang penting dalam menentukan prestasi belajar. Dengan adanya kelainan refraksi dapat mengganggu proses penerimaan informasi anak saat belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kelainan refraksi dengan prestasi belajar anak. Metode : Penelitian ini merupakan observasional deskriptif dengan metode cross sectional. Tes tajam penglihatan pada murid Sekolah Dasar Panca Budi Medan memakai Snellen Chart.

Hasil : Jumlah murid Sekolah Dasar Panca Budi Medan yang ikut dalam penelitian 100 siswa, dimana dari 50 siswa dengan ranking 1 sampai 5 dan 50 siswa rangking 6-10. Hasilnya yang menunjukkan penurunan tajam penglihatan sekitar 12 siswa (12%), dimana laki-laki yang mengalami penurunan tajam penglihatan ada 7 siswa (7%) dan perempuan yang mengalami penurunan tajam penglihatan ada 5 siswa (5%). Berdasarkan dari test korelasi two-sample Kolmogrov-Smirnov, kemudian ditemukan tidak adanya hubungan antara tajam penglihatan dengan tingkat penglihatan.

Kesimpulan : Jumlah siswa laki-laki lebih banyak yang pengalami penurunan tajam penglihatan dari pada perempuan. Serta tidak dijumpainya hubungan tajam penglihatan pada murid sekolah dasar.

(7)

ABSTRACT

Background : Eye health in school students is one of the important factors that determining the learning achievement. Refractive disorders can disturb the information process while studying. This study aimed to determine the relation between refractive disorders with students learning achievement.

Methods : This is a descriptive observational study with cross sectional method. Visual acuity was test in students of Primary School class IV-VI Panca Budi Medan using Snellen Chart.

Result : The number of students of Primary School Panca Budi Medan who involved in this study are 100 students, there are 50 students with achivement rank 1-5, and there are 50 students with achievement rank 6-10. The resulted showed the number of decreased visual acuity are 12 students (12%), boys who suffered decreased visual acuity are 7 students (7%) and girls who suffered decreased visual acuity 5 students (5%). Based one correlation test two-sample Kolmogrov-Smirnov Test, then found a lack of correlation between visual acuity with a significant rank of achievement.

(8)

KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmaanirrohim,

Puji syukur yang tak terhingga penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia Nya penulis dapat menyelesaikan penelitian dan penulisan tesis ini untuk memenuhi salah satu kewajiban dalam menyesalaikan Program Pendidikan Dokter Spesialis pada Ilmu Kesehatan Mata di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara.

Perkenankahlah penulis mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu penulis baik secara langsung maupun tidak langsung. Rasa hormat, penghargaan dan ucapan terima kasih sebesar-besarnya penulis sampaikan kepada:

1. Dr. Delfi, M. Ked (Oph), SpM (K), selaku Ketua Departement Ilmu Kesehatan Mata FK USU yang telah memberikan kesempatan pada penulis mengikuti pendidikan dan keahlian dalam Program Pendidikan Dokter Spesialis.

2. Dr. Aryani Atiyatul Amra, M. Ked (Oph), SpM (K), dan dr. Zaldi, SpM selaku pembimbing dalam penelitian ini, yang telah memberikan bimbingan, pengarahan, sekaligus masukan ilmu yang sangat berharga dalam penulisan tesis ini.

(9)

Nova A. , SpM, dr. Herna Hutasoit, SpM, dr. Elly T. E. Silalahi, SpM, dr. Novie Diana Sari, SpM atas bimbingan dan pengalamannya yang sangat bermanfaat dalam penulisan tesis ini.

4. Drs. H. Abdul Jalil Amri Amra, M.Kes sebagai pembimbing dalam bidang statistik dalam penulisan tesis ini.

5. Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, guru-guru SD Panca Budi yang telah memberikan fasilitas dan kesempatan yang seluas-luasnya kepada penulis dalam menjalani pemeriksaan mata untuk penelitian tesis ini.

6. Rektor Universitas Sumatera Utara, Dekan dan Ketua TKP PPDS Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara yang telah memberikan penulis kesempatan untuk mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis Mata di Fakultas Sumatera Utara.

7. Abang, Kakak dan teman-teman sejawat PPDS Ilmu Kesehatan Mata. Terima kasih yang sebesar-besarnya saya ucapkan buat dr. Fiska A, dr. Wina F. Lubis, untuk ide-idenya yang telah membantu sehingga tesis ini selesai.

Sembah sujud dan terimakasih yang tidak terhingga ananda haturkan kehadapan Ayahanda Drs. H. Erwin Asmuin Lubis, SE dan Ibunda Hj. Lidya Bidasari Siregar, SE yang telah begitu besar mencuruhkan kasih sayang, perhatian, pengorbanan waktu, materi dan tenaga serta tak putus berdoa buat ananda sekeluarga juga memberikan dorongan semangat dalam menyelesaikan tesis ini.

Kepada yang terhormat kedua mertua Ir. H. Idramsyah, dan Hj. Nanny Chairany terimakasih atas kasih sayang, dorongan semangat dan doa buat ananda sekeluarga.

Suamiku tercinta M. Dhani Syahputra, ST terimakasih atas segala cinta, kasih sayang, kesabaran, pengertian dan dorongan semangat, pengorbanan dan doa yang diberikan selama ini.

(10)

Syahriani, beserta suami dr. Affandi Lubis, dr. Irna Fajri Syahny, SpA beserta suami dr. Endi Prilansa Mahadi,SpU dan adik ipar M. Isnandar Syahputra, terimakasih atas bantuan dan dorongan semangatnya selama ini.

Seluruh keluarga dan handai taulan yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu, yang secara langsung maupun tidak langsung telah banyak memberikan bantuan serta doa selama ini, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya.

Saya menyadari sepenuhnya bahwa tesis ini jauh dari sempurna, namun saya berharap semoga tesis ini dapat bermanfaat adanya.

Semoga ALLAH SWT senantiasa memberikan berkah dan petunjukNya kepada kita semua. AminYa Rabbal’Alamin.

Medan, April 2015

(11)

DAFTAR ISI

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA 6

2.1 DEFINISI 6

2.2 STATUS REFRAKSI PADA ANAK 7

2.3 PEMERIKSAAN TAJAM PENGLIHATAN 8

BAB III. KERANGKA KONSEPSIONAL DAN DEFINISI OPERASIONAL 13

3.1 KERANGKA KONSEPSIONAL 13

3.2 DEFINISI OPERASIONAL 13

(12)

4.1 RANCANGAN PENELITIAN 14

4.2 PEMILIHAN TEMPAT PENELITIAN 14

4.3 POPULASI DAN SAMPEL 14

4.4 BESAR SAMPEL 14

4.5 KRITERIA INKLUSI DAN EKSKLUSI 15

4.6 IDENTIFIKASI VARIABEL 15

4.7 BAHAN DAN ALAT 16

4.8 CARA KERJA 16

4.9 ANALISA DATA 17

4.10 PERTIMBANGAN ETIKA 17

4.11 PERSONALIA PENELITIAN 17

4.12 BIAYA PENELITIAN 17

BAB V. HASIL PENELITIAN 18

BAB VI. PEMBAHASAN 27

BAB VII. KESIMPULAN DAN SARAN 30

(13)

DAFTAR GAMBAR

Halaman

GAMBAR 1. CHART PEMERIKSAAN ... 11

GAMBAR 2. THE EARLY TREATMENT RETIOPATHY CHARTS (ERDTS) ... 11

(14)

DAFTAR TABEL

Halaman

TABEL 1. Pemeriksaan Tajam Penglihatan 12

TABEL 5.1 Berdasarkan Jenis Kelamin Subjek Penelitian 18

TABEL 5.2 Jumlah Subjek Penelitian 19

TABEL 5.3 Berdasarkan Jenis Kelamin Subjek Penelitian dengan

Tajam Penglihatan 19

TABEL 5.4 Berdasarkan Umur Subjek Penelitian 20 TABEL 5.5 Berdasarkan Jumlah Suku Subjek PenelitianSubjek

Penelitian 20

TABEL 5.6 Berdasarkan Ketajaman Penglihatan Mata Kanan 21 TABEL 5.7 Berdasarkan Tingkat Penglihatan Mata Kiri Subjek

Penelitian 21

TABEL 5.8 Berdasarkan Koreksi Tajam Penglihatan Mata Kanan

Subjek Penelitian 22

TABEL 5.9 Berdasarkan Ketajaman Penglihatan Mata Kiri Subjek

Penelitian 23

TABEL 5.10 Berdasarkan Tingkat Prestasi (Ranking) Subjek

Penelitian 24

TABEL 5.11 Berdasarkan Tajam Penglihatan Mata Kanan dengan Tingkat Prestasi (Ranking) Subjek Penelitian 24 TABEL 5.12 Berdasarkan Tajam Penglihatan Mata Kiri dengan Tingkat

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...