• Tidak ada hasil yang ditemukan

KARYA TULIS ILMIAH Dampak Pengembangan Obyek Wisata Umbul Ponggok Terhadap Perekonomian Masyarakat Desa Ponggok.

N/A
N/A
Protected

Academic year: 2017

Membagikan "KARYA TULIS ILMIAH Dampak Pengembangan Obyek Wisata Umbul Ponggok Terhadap Perekonomian Masyarakat Desa Ponggok."

Copied!
12
0
0

Teks penuh

(1)

   

KARYA TULIS ILMIAH

Dampak Pengembangan Obyek Wisata Umbul Ponggok

Terhadap Perekonomian Masyarakat Desa Ponggok

Disususnoleh :

AdeliaShintaDewi NIM : 111004370

PROGRAM STUDISOSIOLOGI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA

2016

(2)
(3)
(4)

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertandatangan dibawah ini :

Nama :Adelia Shinta Dewi

NomorMahasiswa : 111004370

Program Studi : Sosiologi

Judul Karya Tulis : Dampak Pengembangan Obyek Wisata Umbul Ponggok Terhadap Perekonomian Masyarakat Desa

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa karya tulis tugas akhir ini benar-benar saya kerjakan sendiri.

Karya tulis tugas akhir ini bukan merupakan plagiarisme, pencurian hasil karya milik orang lain, hasil kerja orang lain untuk kepentingan saya karena hubungan material maupun non – material, ataupun segala kemungkinan lain yang pada hakekatnya bukan merupakan karya tulis tugas akhir saya secara orisinil dan otentik.

Bila kemudian hari diduga kuat ada ketidaksesuaian antara fakta dengan kenyataan ini, saya bersedia diproses oleh tim Fakultas yang dibentuk untuk melakukan verifikasi, dengan sanksi terberat berupa pembatalan kelulusan/kesarjanaan.

Pernyataan ini saya buat dengan kesadaran sendiri dan tidak atas tekanan ataupun paksaan dari pihak maupun demi menegakan integritas akademik di institusi ini.

Yogyakarta, 21 Januari 2016

Saya yang menyatakan

Adelia Shinta Dewi

(5)

   

MOTTO

MAJU TERUS PANTANG MUNDUR….!!!!

TETAP LAKUKAN YANG TERBAIK….!!!!

TUHAN MELIHAT SEGALA USAHA DAN

JERIH PAYAH YANG TELAH KITA

LAKUKAN…

DAN TUHAN AKAN MEMBERIKAN YANG

TERBAIK DARI SEGALA USAHA YANG

SUDAH KITA PERJUANGKAN….

SEMANGATTTT….!!!!

(6)

HALAMAN PERSEMBAHAN

Karya Tulis Ilmiah ini penulis persembahkan untuk orang-orang yang penulis cinta dan sayangi :

™ Kedua orang tua ku

™ Adik ku Arum

™ Mamas Rio

™ Sodara-sodara

™ Teman-teman Sosiologi 2011

™ Dosen Sosiologi

™ Teman dan sahabat semuanya

™ Universitas Atma Jaya Yogyakarta

(7)

   

KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur penulis haturkan kepada Tuhan yang MahaEsa, atas segala berkat, rahmat dan penyertaannya dalam hidup penulis, sehinggapenulisdapatmenyelesaikan proses Karya Tulis Ilmiahdengan baik dan lancar sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan studi Program Strata I, Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

ProsesKarya Tulis Ilmiahdimaknai penulis, bukan hanya sebatas sebuah prasyarat mencapai kelulusan tetapi lebih dari itu menjadi pelajaran dan pengalaman berharga yang dapat dijadikan sebagai bekal oleh penulis untuk menghadapi dunia kerja di waktu mendatang.Dengan mengangkat temaDampak Pengembangan Obyek Wisata Umbul Ponggok Terhadap Perekonomian Masyarakat Desa Ponggok. Segala proses Karya Tulis Ilmiahini dapat berjalan lancar tidak terlepas dari dukungan dari berbagai pihak. Penulis mengucapkan terima kasih kepada:

1. Tuhan Yesus atas segala berkat perlindungan dan kasih setianya, sehingga proses Karya Tulis Ilmiahini dapat berjalan dengan lancar.

2. Papa, Mama, Dek Arum dan Mas Rio atas segala doa, dukungan dan perhatian tiadak henti yang diberikan selama ini.

3. Y. Kunharibowo S.Sos. MA dan Fx. Bambang KP, MA., dan Suryo Adi Pramono,M.Si Selaku dosen pembimbing dan penguji yang sabar mendampingi penulis selama proses penyusunan Karya Tulis Ilmiah.

(8)

4. Kantor BUMDes Tirta Mandiri beserta staff dan karyawan dalam kantor maupun karyawan lapangan serta warga masyarakat Desa Ponggok.

5. Teman-temankampus Erlin, Wilas, Tri, Netik, Eka, Dora, Yose, Vincent, Robet, Lipo, Sipri, Deni, Maxi, Avri dan semua teman-teman seperjuangan angkatan 2011 atas semangat dan perhatian yang diberikan. Terus semangat teman-teman. Semangat!!

Akhir kata, penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah ini.Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk menyempurnakan penulisan ini.Semoga pengalaman penulis ini dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Yogyakarta, 21 Januari 2016

(9)

   

DAFTAR ISI

Halaman Judul... i

Halaman Persetujuan... ii

Halaman Pengesahan... iii

Surat Pernyataan... iv

Halaman Motto... v

Halaman Persembahan... vi

Kata Pengantar... vii

Daftar Isi... viii

Abstraksi... ix

BAB I PENDAHULUAN… ... 1

A. Latar Belakang…...……..………..………….…. 1

B. Rumusan Masalah…...………..………..….… 6

C. Tujuan Penelitian…...………..………. 6

D. Batasan Masalah... 6

E. Manfaat Penelitian……….……….………..…… 6

F. Kerangka Teori…………..…..………..………..…… 7

1. Teori Pariwisat...……...…….……….………... 7

2. Jenis Pariwisata……….…………..………. 8

3. Unsur-Unsur Industri Pariwisata……...………...……. 10

4. Dampak Pengembangan Pariwisata………...…..…… 14

• Dampak Lingkungan………...…………... 18

• Dampak Sosial Budaya………..…. 19

• Dampak Ekonomi………..…. 19

5. Perilaku Masyarakat……….………. 20

G. Metode Penelitian………... 23

1. Jenis Penelitian……….………. 23

(10)

2. Lokasi dan Obyek Penelitian………..…….. 24

3. Sumber dan Teknik Pengumpulan Data………..……. 25

4. Teknik Analisis Data………..……….… 27

BAB II DESKRIPSI OBYEK WISATA UMBUL PONGGOK…... 29

A. Gambaran Umum Desa Ponggok………. 29

B. Deskripsi Obyek Wisata……… 30

C. Peran Dinas/Pemerintah Kabupaten……….... 35

D. Peran Pemerintah Desa dan masyarakat……… 36

BAB III ANALISIS DAN PEMBAHASAN ………... 39

A. Sebelum Dikembangkannya Obyek Wisata Umbul Ponggok… 44 B. Sesudah Dikembangkannya Obyek Wisata Umbul Ponggok…. 47 C. Dampak berkembangnya obyek wisata Umbul Ponggok terhadap perekonomian masyarakat……….. 58

• Keterampilan Masyarakat……… 61

• Kesejahteraan……….………. 62

• Lapangan Pekerjaan………..……….. 64

• Pembangunan Infrastruktur……….. 66

BAB IV PENUTUP………...…… 70

Kesimpulan ………...…….. 70

Saran ………...…… 72

Daftar Pustaka………..………...………… 73

(11)

   

Lampiran

• Data Informan

• Hasil wawancara

• Tabel Matrik Sebelum dan Sesudah Pengembangan Obyek Wisata Umbul Ponggok

• Tabel Matrik Dampak Pengembangan Obyek Wisata Umbul Ponggok

• Tahap Pengembangan

• Struktur Organisasi

• Data Monografi Desa

• Data Pengunjung Obyek Wisata Umbul Ponggok

(12)

ABSTRAKSI

Pariwisata merupakan salah satu penghasil devisa negara yang tinggi, dimana dalam hal ini setiap daerah pastinya memiliki obyek wisata yang memiliki nilai lebih dan menjadi daya tarik tersendiri bagi orang lain.Dari masing-masing obyek wisata yang ada disetiap daerah memerlukan pengembangan yang berkala dan berkelanjutan, agar masyarakat sekitar dapat mengambil manfaat melalui pengembangan terhadap obyek wisata.Seperti halnya obyek wisata Umbul Ponggok yang berada di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.Pengembangan terhadap obyek wisata ini akan berdampak sangat luas dan signifikan dalam pengembangan ekonomi masyarakat sekitar. Pengembangan kawasan wisata mampu memberikan kontribusi pada pendapatan asli daerah, membuka peluang usaha dan kesempatan kerja serta sekaligus berfungsi menjaga dan melestarikan kekayaaan alam dan hayati.

Dampak yang dapat terlihat jelas dengan perkembangan obyek wisata ini ialah, lebih mendorong masyarakat yang tinggal disekitar obyek wisata untuk lebih aktif dan kreatif berpartisipasi dalam kegiatan pariwisata dan kegiatan bermasyarakat.Dengan adanya kekreatifan masyarakat ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru.Dengan adanya peluang pekerjaan baru bertujuan untuk mendorong berkembangnya kegiatan perekonomian masyarakat desa dan meningkatkan peluang usaha (berwira usaha).Munculnya lapangan pekerjaan baru bagi warga masyarakat tentu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat serta dapat membantu biaya pembangunan sarana dan prasarana yang ada di area obyek wisata Umbul Ponggok.

Referensi

Dokumen terkait

Di bawah rumah panggungnya terdengar suara Bu- jang Munang bersama anak-anak kampung yang sedang asyik bermain buah getaho Buah getah itu mereka letakkan di

Selain dari yang diinformasikan di atas, tidak terdapat kejadian penting lainnya yang mempunyai dampak material terhadap posisi keuangan dan hasil usaha Perusahaan dan Entitas

Kelompok kerja Unit Layanan Pengadaan Barang Jasa, telah melaksanakan tahapan Pemberian Penjelasan (Aanwijzing) Dokumen Pengadaan dengan metode tanya jawab secara elektronik

PENG PENGAD ADAAN AAN 1... PENG PENGAD ADAAN

Walau berupa khayalan, tidak benar jika karya sastra dianggap sebagai hasil kerja lamunan belaka, melainkan penghayatan dan perenungan secara intens, perenungan

Pada umumnya tujuan utama organisasi bisnis adalah untuk menghasilkan keuntungan yang besar, maka salah satu ukuran yang dapat digunakan untuk menilai

Apabila termohon mengajukan tuntutan balasan, maka pihak pemohon harus menjawab tuntutan balasan tersebut dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari sejak diterimanya

Berdasarkan waktu pengukuran, terdapat perbedaan frekuensi respirasi domba pada sore hari lebih dengan frekuensi respirasi domba pada pagi hari yang sejalan