PENELITIAN HUKUM PERANAN HAKIM PRA PERADILAN DALAM PERLINDUNGAN HAK-HAK TERSANGKA PERKARA PIDANA.

Teks penuh

(1)

PENELITIAN HUKUM

PERANAN HAKIM PRA PERADILAN DALAM

PERLINDUNGAN HAK-HAK TERSANGKA PERKARA

PIDANA

Disusun Oleh:

SINAR DOHARTA GINTING

NPM : 04.05.08686

Program Studi : Ilmu Hukum

Program Kekhususan : Peradilan dan Penyelesaian Sengketa Hukum

UNIVERSITAS ATMAJAYA YOGYAKARTA

FAKULTAS HUKUM

(2)

HALAMAN PERSETUJUAN

PERANAN HAKIM PRA PERADILAN DALAM

PERLINDUNGAN HAK-HAK TERSANGKA PERKARA

PIDANA

Diajukan oleh:

SINAR DOHARTA GINTING

NPM

:

04.05.08686

Program Studi

:

Ilmu Hukum

Program Kekhususan

:

Peradilan dan Penyelesaian

Sengketa Hukum

Telah disetujui

(3)
(4)

MOTTO

Kesuksesan akan datang bila kita mau Berdoa

dan Berusaha

Hendaknya pemandangan dan pengalaman ini membangkitkan

kesadaran kita akan ketidakkekalan dari segala sesuatu

yang bersyarat di dunia ini, dan mulailah

memanfaatkan waktu yang masih kita miliki untuk

(5)

PERSEMBAHAN

Skripsi ini penulis persembahkan kepada:

Papa tersayang terima kasih atas semua kasih sayang dan pelajaran berharga yaitu pengalaman yang diberikan hingga detik ini aku hidup didunia.

Mama tercinta terima kasih atas semua perhatian dan kasih sayang dari sebelum aku lahir kedunia hingga detik ini aku telah dewasa. Aku sayang mama selalu, maaf jika aku belum bisa bahagiakan mama tapi percayalah aku akan berusaha.

Abangku Ary Gunawan Ginting, makasih karena tak lelah memberi support

Adikku Daniel Ginting, ayo semangat selalu bro jangan sia-siakan waktumu, jadikan hidupmu lebih bermakna..

Adikku tercantik Rizky Nauli Ginting, terima kasih atas perhatianmu aku sayang kamu dik...

Seseorang yang sangat aku cintai Tyas Wulan Dwi Kusumarini,

terima kasih atas semua perhatian, kasih sayang, ketulusan hati untuk selalu memberi support hingga kadang sakit hati saat aku tidak menghiraukannya, terima kasih atas kesetiaannya, menemaniku kemanapun aku pergi, I will always loving you, need you and miss you..

(6)

Ibu, bapak, nenek dan keluarga yang ada di Solo, keluarga baruku di Bantul, Jakarta dan Bogor, terima kasih atas perhatian dan rasa sayang yang telah diberikan kepadaku,

(7)

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan atas limpahan berkat-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini dengan judul: PERANAN HAKIM PRA PERADILAN DALAM PERLINDUNGAN HAK-HAK TERSANGKA PERKARA PIDANA .

Skripsi ini disusun untuk melengkapi syarat syarat guna memperoleh gelar kesarjanaan pada Fakultas Hukum, Jurusan Ilmu Hukum dengan Program Kekhususan Peradilan dan Penyelesaian Sengketa Hukum Universitas Atmajaya Yogyakarta. Tersusunnya skripsi ini tidak lain karena adanya bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak.

Dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih atas segala bantuan dan kemudahan baik material maupun spiritual kepada :

1. Ibu Dr. Y.Sari Murti Widiyastuti, S.H., M.Hum, Selaku Dekan Fakultas Hukum yang telah berkenan memberikan pengantar ijin penelitian kepada penulis guna memenuhi persyaratan penyelesaian studi.

2. Bapak G.Aryadi, S.H., M.H, selaku Pembimbing yang telah berkenan memberikan bimbingan dan arahan kepada penulis hingga terselesaikan skripsi ini.

3. Kedua orangtuaku dan saudara-saudaraku yang telah memberikan dukungan, doa, dan semangat yang tiada henti-hentinya.

4. Teman-teman seangkatan yang telah memberikan dukungan dan support selama penyusunan skripsi ini

(8)

terselesaikan skripsi ini.Semoga amal budi baik yang telah diberikan kepada penulis dapat imbalan dari Tuhan, Amin.

Melalui penulisan skripsi ini penulis berharap dapat menyumbangkan sedikit ilmu pengetahuan bagi masyarakat, dan semoga dapat memberikan manfaat.Akhir kata, dalam penulisan skripsi ini tentu saja masih banyak kekurangan maupun kesalahan baik dalam penulisan, bentuk, isi, serta penyajiannya, untuk itu dimohon bantuan untuk memberikan kritik dan saran.

Yogyakarta, Oktober 2011

(9)

PERANAN HAKIM PRA PERADILAN DALAM MEMBERIKAN

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK TERSANGKA

PERKARA PIDANA

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peranan hakim pra peradilan dalam memberikan perlindungan hukum terhadap hak-hak tersangka perkara pidana.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan deskriptif analis yang digunakan untuk mencari dan menentukan dasar pertimbangan dalam membahas peranan hakim pra peradilan dalam memberikan perlindungan hukum terhadap hak-hak tersangka perkara pidana. Dasar pengaturan hukum yang digunakan untuk menentukan peranan hakim pra peradilan ini adalah Kitab Undang-Undang Acara Pidana (KUHAP). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan studi kepustakaan serta melakukan pengamatan dan perhatian akan kasus praperadilan yang pernah terjadi dan sudah diputus sehingga memiliki kekuatan hukum yang tetap.

Hasil penelitian menunjukkan peranan hakim pra peradilan dalam memberikan perlindungan hukum terhadap hak-hak tersangka perkara pidana (a) melakukan pengujian terhadap sah atau tidaknya suatu penangkapan dan penahanan, (b) melakukan pengujian terhadap sah atau tidaknya suatu penghentian penyidikan atau penuntutan, (c) memutuskan ganti kerugian dan atau rehabilitasi bagi seseorang yang perkarapidananya dihentikan pada tingkat penyidikan atau penuntutan

(10)

THE ROLE OF PRE-TRIAL JUDGES IN GIVING

LEGAL PROTECTION OF THE RIGHTS OF SUSPECTS CRIMINAL CASES

ABSTRACT

The purpose of this research was to determine the role of pre-trial judges in giving legal protection of the rights of suspects criminal cases.

This research used a method of normative legal research analyst with the descriptive approach used to find and determine the basic consideration in analyst the role of pre-trial judges in giving legal protection of the rights of suspects criminal cases. Basic legal arrangements that are used to determine the role of pre-trial judge is the Book of the Law of Criminal Procedure (KUHAP). Data collection methods used are the documentation and study of literature as well as observation and attention to the case of pre-trial that ever happened and has been dissolved so it has a legally enforceable.

The results showed the role of pre-trial judge in providing legal protection for the rights of suspects criminal case (a) perform testing of legitimate or not an arrest and detention, (b) perform testing of legitimate or not a termination of the investigation or prosecution, (c) deciding compensation and rehabilitation for someone who criminal case stopped at the level of investigation or prosecution

(11)

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN ... 1

A. Latar Belakang Masalah... 1

B. Rumusan Masalah ... 6

C. Tujuan Penelitian ... 7

D. Manfaat Penelitian ... 7

E. Tinjauan Pustaka ... 7

F. Metode Penelitian... 15

1. Jenis Penelitian... 15

2. Sumber Data... 16

(12)

4. Metode Analisis ... 18

BAB II PERANAN HAKIM DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK-HAK TERSANGKA PERKARA PIDANA DALAM PEMERIKSAAN PRAPERADILAN ... 19

A. Pengujian Terhadap Sah atau Tidaknya Suatu Penangkapan dan Penahanan... 17

B. Pengujian Terhadap Sah atau Tidaknya Suatu Penghentian Penyidikan atau Penuntutan .. 23

C. Ganti Kerugian dan Atau Rehabilitasi Bagi Seseorang Yang Perkarapidananya Dihentikan Pada Tingkat Penyidikan atau Penuntan .. 27

BAB III PENUTUP ... 39

A. Kesimpulan ... 39

B. Saran... 39

(13)

PERNYATAAN KEASLIAN

Dengan ini menyatakan bahwa Penulisan Hukum/Skripsi ini merupakan hasil karya asli penulis, bukan merupakan duplikasi ataupun plagiasi dari hasil karya penulis lain. Jika Penulisan Hukum/Skripsi ini terbukti merupakan duplikasi ataupun plagiasi dari hasil karya penulis lain, maka penulis bersedia menerima sanksi akademi/atau sanksi hukum yang berlaku.

Yogyakarta, Oktober 2011 Yang menyatakan,

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...