KATA PENGANTAR. rahmatnya-lah Skripsi yang berjudul Analisis Akar Resistensi Masyarakat

10 

Teks penuh

(1)
(2)

iv

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmatNya-lah Skripsi yang berjudul Analisis Akar Resistensi Masyarakat Desa Senganan, Kabupaten Tabanan Dalam Pemilihan Calon Kepala Daerah Tahun 2015 ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Skripsi ini penulis susun sebagai salah satu syarat agar penulis dapat menyelesaikan kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan skripsi ini tidak akan berhasil tanpa bimbingan, motivasi dan bantuan dari berbagai pihak baik secara langsung maupun tidak langsung. Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu sehingga penulisan Tugas akhir/Skripsi ini dapat terselesaikan. Terima kasih penulis ucapkan kepada:

1. Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD-KEMD selaku Rektor Universitas Udayana yang memberikan dukungan dan fasilitas kepada penulis dalam menyelesaikan studi Strata satu di Universitas Udayana.

2. Dr. Drs. I Gusti Putu Bagus Suka Arjawa, M.Si selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana, yang telah menyetujui dan mengeluarkan Surat Keputusan mengenai topik skripsi ini.

3. Drs. I Ketut Putra Erawan, MA., Ph.D selaku Dosen Pembimbing I yang telah memberikan dedikasi, kesabaran dan ketekunan membimbing penulis dalam penyelesaian skripsi ini.

(3)

v

4. Bandiyah, S.Fil., MA selaku Dosen Pembimbing II yang dengan penuh kasih, kesabaran dan teliti dalam membimbing penulis untuk memberikan gambaran bantuan dalam penyelesaian skripsi ini.

5. Tedi Erviantono, SIP., M.Si juga Muhammad Ali Azhar, SIP., MA dan I Putu Dharmanu Yudartha, S.Sos., M.PA selaku dosen penguji yang telah dengan penuh dedikasi memberikan masukan, bimbingan serta motivasi agar skripsi ini semakin baik.

6. I Gusti Ngurah Putu Merta dan Ni Luh Ketut Rahma selaku orang tua penulis yang telah memberikan dukungan, doa, semangat dan motivasi kepada penulis dalam pembuatan skripsi ini.

7. I Gusti Ngurah Made Putra Eryawan dan I Gusti Ngurah Ketut Arya Anggara Putra selaku adik penulis yang telah memberikan dukungan, doa, semangat dan motivasi kepada penulis dalam pembuatan skripsi ini.

8. Kepada aparat Desa Senganan dan masyarakat Desa Senganan di Kabupaten Tabanan yang telah bersedia memberikan waktu dan informasi mengenai bagaimana persepsi masyarakat terhadap penolakan yang dilakukan masyarakat dalam menentukan pilihannya dalam pelaksanaan Pemilukada serentak tahun 2015 dan dukungan dalam tahapan membantu pelaksanaan penelitian ini.

9. Kepada sahabat yang telah memberi dukungan dan membantu penulis dalam menyelesaikan skripsi ini yaitu, Ida Ayu Gede Indrialistika Dewi, Ni Wayan Henny Guntari, Ni Putu Whraspati Radha, Asrini Widya Tri

(4)

vi

Lestari, Fransisca Maydi, Albert Metro Plaza Sembiring, dan Ady Widyanata.

10. Kepada teman-teman Ilmu Politik yang telah memberikan dukungan, semangat, doa dan Motivasi penulis dalam menyelesaikan skripsi ini yaitu, Domik, Panji, Rhayi, Wahyu, Abbe, Gude, Yoga, Yogi, Nico, Venda, Iren, Efatha, Yeri, Bryan, Reinhard, Indah, Amin.

11. Kepada teman-teman KKN Big bro yang telah memberikan dukungan, semangat, doa dan motivasi penulis dalam menyelesaikan skripsi ini yaitu, Ayu Purnamasari, Gardenia Mega, Putri Wijayanti, Yuli Ananda, Abdiana Risky, Erwita Yasinta, Arya Pratama.

12. Seluruh pegawai di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang telah membantu penulis dalam mengurus administrasi selama penulis menjalani studi di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik

Penulis menyadari bahwa Tugas Akhir/Skripsi yang penulis buat ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengharapkan adanya kritik dan saran yang membangun dari semua pihak, agar penulis dapat menyempurnakan pembuatan Tugas Akhir/Skripsi ini.

Denpasar, 18 Agustus 2016

(5)

vii ABSTRAK

Fenomena resistensi yang dilakukan masyarakat Desa Senganan terhadap calon kepala daerah dalam pemilukada serentak tahun 2015, menjadi dasar yang menarik dari penelitian ini dengan menunjukkan bagaimana aksi penolakan tersebut dapat menjadikan tolak ukur untuk desa lainnya dalam melakukan perlawanan untuk menentukan pilihan pada pelaksanaan pemilukada. Sebagai pijakan teoritis, penelitian ini menggunakan teori dominasi James C. Scott yang menimbulkan resistensi dan teori mobilisasi, dalam melakukan analisis terhadap hasil penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data melaui wawancara (interview), mengobrol dengan banyak orang (discorse), dan analisis dokumen. Temuan dilapangan menunjukkan adanya dominasi calon kepala daerah untuk mempengaruhi perolehan suara dalam pelaksanaan pemilukada dengan cara memerintah kepala desa untuk mempengaruhi masyarakatnya dalam pemenangan calon pasangan nomer urut pertama. Selanjutnya resistensi yang dilakukan masyarakat desa senganan dengan menggunakan 2 cara yaitu resistensi terbuka dengan resistensi terselubung. Resistensi terbuka ditunjukan dengan tidak memilih pasanagan incumbent Eka Wiryastuti-Gede Sanjaya dan tidak mengikuti perintah dari Kepala Desa untuk memilih pasangan nomer urut pertama yaitu Eka-Jaya. Sedangkan resistensi terselubung masyarakat menunjukkan dengan mengomel atau membicarakan kinerja Eka Wirayastuti dari belakang dan mengikuti aturan main pemerintahan Tabanan. Implikasi teoritis menunjukan bahwa teori dominasi dan teori mobilisasi masyarakat mempengaruhi resistensi masyarakat Desa Senganan dalam pelaksanaan pemilukada serentak tahun 2015. Kata Kunci : Resistensi, Desa Senganan, Pemilukada

(6)

viii ABSTRACT

The phenomenon of resistance were carried out against the village community Senganan regional head candidates in the election outright in 2015 , became the basis of the highlights of this study to show how the rejection action can make a benchmark for other villages in the resistance to determine selection to the implementation of the election. As a theoretical footing, this study uses the theory of James C. Scott domination that cause resistance and mobilization theory, in conducting an analysis of the research results. The method used in this research is descriptive qualitative method, while data collecting technique through interview, talked with many people (discorse) and document analysis. Field findings show the dominance of regional head candidate to influence the vote in the implementation of the election to govern how the village head to influence the award of a potential partner communities serial number first. Further resistance is done villagers Senganan using two methods, namely resistance to open with covert resistance. Open resistance shown by not choosing godly couple incumbent Eka Wiryastuti-Gede Sanjaya and not follow the orders of a village chief to choose a spouse first is the serial number-Eka Jaya. While resistance is shrouded community showed by nagging or discuss the performance Eka Wirayastuti from behind and follow the rules of government Tabanan. The theoretical implication shows that dominance theory and the theory of community mobilization affect the resistance Senganan Village community in the implementation of the election outright in 2015.

(7)

ix DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ... i

HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI ... ii

HALAMAN KEASLIHAN SKRIPSI ... iii

KATA PENGANTAR ... iv

ABSTRAK ... vii

ABSTRACK ... viii

DAFTAR ISI ... ix

DAFTAR TABEL ... xi

DAFTAR GAMBAR ... xii

BAB I. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang ... 1 1.2 Rumusan Masalah ... 5 1.3 Batasan Masalah ... 5 1.4 Tujuan Penelitian ... 5 1.5 Manfaat Penelitian ... 5 1.6 Sistematis Penulisan ... 6

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Kajian Pustaka ... 8

2.2 Kerangka Konsep ... 12

2.2.1 Akar Resistensi ... 13

2.2.2 Status Dominasi ... 14

2.2.3 Tindakan Kolektif Masyarakat ... 15

2.2.4 Resistensi ... 17 2.3 Kerangka Teori ... 18 2.3.1 Teori Dominasi ... 18 2.3.2 Teori Mobilisasi ... 21 2.4 Kerangka Pikiran ... 24 BAB III. METODELOGI PENELITIAN 3.1 Jenis Penelitian ... 26

3.2 Lokasi penelitian ... 27

3.3 Sumber Data ... 27

3.3.1 Sumber Data Primer ... 28

3.3.2 Sumber Data Sekunder ... 28

3.4 Teknik Penentuan informan ... 29

3.5 Teknik Pengumpulan Data ... 30

(8)

x

3.7 Teknik Penyajian Data ... 32

3.8 Penarikan Kesimpulan ... 33

BAB IV. PEMBAHASAN 4.1 Gambaran Umum ... 34

4.1.1 Kabupaten Tabanan ... 34

4.1.2 Pemetaan Politik Kabupaten Tabanan ... 36

4.1.3 Desa Senganan ... 41

4.1.4 Pemetaan Politik Desa Senganan ... 42

4.2 Hasil Temuan Penelitian ... 47

4.2.1 Dominasi Melalui Calon Kepala Daerah Kabupaten Tabanan ... 47

4.2.2 Bentuk-Bentuk Resistensi Masyarakat desa Senganan Terhadap Calon Pemilukada ... 50

4.3 Analisa Penelitian ... 62

4.3.1 Pengaruh Dominasi Terhadap Resistensi ... 62

4.3.2 Mobilisasi Mempengaruhi Resistensi ... 66

BAB V. Penutup 5.1 Kesimpulan ... 69

5.2 Saran ... 71

Daftar Pusaka ... 73

(9)

xi Daftar Tabel

Tabel 3.1 Penetuan Informan ... 29

Tabel 4.1 Peta Politik Pemilukada Tabanan Tahun 2010 ... 38

Tabel 4.2 Peta Politik Pemilukada Tabanan Tahun 2015 ... 40

Tabel 4.3 Jenis Pekerjaan Masyarakat Desa Senganan ... 41

Tabel 4.4 Jumlah Pemilih Desa Senganan Pada Pemilukada Tabanan Tahun 2015 ... 42

Tabel 4.5 Peta politik desa senganan pada pemilukada tabanan tahun 2015 ... 45

(10)

xii Daftar Gambar

Gambar 4.1 Lokasi Tabanan Pulau Bali ... 36 Gambar 4.2 Kerusakan Jalan Desa Senganan ... 52

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :