Sejarah olahraga sepak bola dalam

Teks penuh

(1)

Sejarah olahraga sepak bola (permainan menendang bola) dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok. Pada masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan menjadi sangat digemari oleh banyak kalangan

Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan sepak bola dunia, maka didirikanlah Federation International de Football Association (FIFA) di Paris, Prancis pada 21 Mei 1904.

Sebuah pertemuan yang digagas oleh dua tokoh sepak bola yaitu Henry Delaunay dan Jules Rimet tersebut dihadiri oleh 7 negara yaitu Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia dan belanda.

Negara-negara tersebut lalu ditetapkan sebagai anggota FIFA pertama yang diketuai oleh Robert Guerin yang berasal dari Prancis. Markas FIFA Zurich

INDONESIA

Permainan sepak bola telah masuk ke indonesia ketika masa penjajahan belanda, Pertama kali, dalam sejarah sepak bola Indonesia bahwa Cina-lah yang sudah memperkenalkan permainan sepak bola kepada Indonesia untuk menunjukkan bahwa negeri tirai bambu Cina juga tidak kalah superior dibandingkan negara-negara yang ada di Eropa seperti Belanda.

Sehingga selain punya keinginan untuk melakukan perdagangan, Cina juga memiliki andil yang begitu besar dalam sejarah sepak bola Sndonesia.

Sudah tercatat bahwa pada tahun 1915, telah terdapat banyak klub atau perkumpulan sepak bola yang berdiri dan didirikan oleh warga Tionghoa, bahkan di tahun 1920 terdapat klub seperti UMS Jakarta dan Surabaya yang telah menjadi klub terhebat dalam persepakbolaan Hindia Belanda (nama Indonesia tempo dulu).

Kehebatan Indonesia pada masa itu ternyata sudah sampai pernah ikut dalam kancah piala dunia tahun 1938.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia, disingkat PSSI, adalah organisasi induk yang bertugas mengatur kegiatan olahraga sepak bola di Indonesia. PSSI berdiri pada tanggal 19 April 1930 dengan nama awal Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Ketua umum pertamanya adalah Ir. Soeratin Sosrosoegondo. (1930-1940)

PSSI bergabung dengan FIFA pada tahun 1952, kemudian dengan AFC pada tahun 1954. PSSI menggelar kompetisi Liga Indonesia setiap tahunnya, dan sejak tahun 2005, diadakan pula Piala Indonesia. Ketua Umum PSSI sejak 10 November 2016 adalah Edy Rahmayadi.

PERATURAN dan PERUBAHAN TERBARU

1. Video Assistant Referees (VAR), Empat tinjauan utama yang menjadi fokus utama penggunaan VAR adalah kejadian gol, keputusan penalti, keputusan kartu merah, dan kesalahan identitas.

2. Sepak mula semakin bebas

Peraturan yang terdahulu mengatakan bola harus disepak ke hadapan apabila berlakunya sepak mula dan pemain mesti berada di kawasan half sendiri.

Peraturan baru mengatakan ia bebas untuk digerakkan ke mana-mana arah sekalipun sewaktu sepak mula – asalkan ia bergerak.

3. Kartu merah boleh dilayangkan sebelum pertandingan 4. Pemain yg cedera boleh dapatkan rawatan segera

(2)

 FIFA telah sepakat memperluas keanggotaan Piala Dunia dari 32 menjadi 48 tim atau negara.  Status Kewarganegaraan dalam membela Timnas

 Penentuan tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022 merupakan pertama kalinya peraturan rotasi baru FIFA diterapkan. Sebelumnya, peraturan rotasi FIFA menyebutkan bahwa hak tuan rumah Piala Dunia digilir ke tiap kontinen

 FIFA membatasi masa jabatan presidennya

Wasit Berat Sebelah

Saat kita menonton pertandingan sepak bola. Salah satu aspek yang menentukan berjalannya sebuah pertandingan adalah wasit. Kadang wasit bisa menjadi kambing hitam atas kekalahan salah satu tim yang bertanding. Kebanyakan wasit yang memimpin pertandingan akan secara benar untuk memimpin

pentandingan, tapi apa yang terjadi apabila wasit yang memimpin berat sebelah? Yang terjadi adalah pertandingan tidak akan enak ditonton, atau bahkan kemungkinan terburuknya terjadi kerusuhan gan

Permainan Pemain

Permainan kasar antar pemain di atas lapangan atau sepak boal gajah yang pernah terjadi. bisa menjadi salah satu penyebab terjadi nya kerusuhan dalam sepak bola. Tidak hanya antar pemain dan official pertandingan saja. Bisa meluas ke pada para penonton / supporter.

Saling Ejek Supporter

Pertandinga sepak bola tidak asik kalo tanpa penonton / fans / supporter bener gak gan? Ada baik nya sebaik penonton dan supporter agan agan tidak terpancing atas ulah segelincir oknum orang orang yang berusaha memprovokasi dan mengadu kita. Akibatnya akan fatal untuk kita dan orang lain. Ane pernah terkena imbas nya gan.

Dendam Rival

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...