Pihak pihak yang Dipertimbangkan dapat M

11 

Teks penuh

(1)

D. Pihak-pihak yang Dipertimbangkan dapat Membantu Mengimplementasikan

Dalam hal mengurangi dampak negatif pada perilaku anak akibat dari tontonan yang tidak bermutu dan mengandung tindakan-tindakan yang melanggar norma-norma yang ada, dibutuhkan kolaborasi dai beberapa pihak. Pihak-pihak tersebut ialah:

1. Stasiun televisi

Dalam dunia Industri media massa dikenal istilah corporate social

responsibility (disingkat dengan CSR), yaitu tanggungjawab sosial perusahaan dalam beragai aspek yang salah satunya adalah dampak yang akan ditimbulkan terhadap perkembangan pola pikir dan tingkah laku anak yang mengikuti acara yang ditampilkan pada stasiun televisi tersebut. Pihak stasiun televisi juga sebaiknya mempertimbangkan waktu penayangan acara yang sekiranya dapat mengganggu perkembangan pola pikir dan perilaku anak.

2. Pemerintah

Pemerintah sebaiknya berlaku tegas terhadap stasiun televisi yang melakukan pelanggaran terhadap penayangan acara-acara TV yang berlawanan dengan norma-norma yang ada, agar tidak mengganggu perkembangan pola pikir dan perilaku anak bangsa. Tidak hanya melakukan peneguran saja, namun pemerintah juga harus menindaklanjuti hal tersebut secara tegas.

3. Orang tua

Dalam hal ini, pengawasan orang tua juga menjadi hal yang sangat penting. Orang tua harus dapat membatasi dan melakukan pengawasan yang baik terhadap acara-acara yang boleh dikonsumsi oleh anak.

E. Langkah-langkah Strategis

Untuk mengurangi dampak negatif pada perilaku anak akibat dari tontonan yang tidak bermutu dan mengandung tindakan-tindakan yang melanggar norma-norma yang ada memerlukan langkah-langkah strategis yang jelas. Oleh karena itu, penulis merumuskan langkah-langkah strategis sebagai berikut:

(2)

2. Setelah riset mendalam dilakukan, pemerintah pusat akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah termasuk DPRD-nya untuk melakukan penyamaan persepsi serta menyusun langkah yang lebih teknis.

3. Lalu, pemerintah akan berkoordinasi dengan stasiun TV mengenai standardisasi terhadap indikator apa saja yang dapat ditayangkan di televisi dan menyesuaikan jam tayang.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :