JASA ASSURANCE DAN NONASSURANCE LAINNYA (1)

Teks penuh

(1)

NAMA : FIRNANDA

KELAS : 4A1

NIM : 2014017134

JASA ASSURANCE DAN NONASSURANCE LAINNYA

Jasa Review dan Kompilasi

Standar untuk kompilasi dan review laporan keuangan, yang di sebut statements on standars gor accounting and review services (SSARS), diterbitkan oleh accounting and review services committee dari AIPCA.

Karena keyakinan yang disediakan oleh kompilasi dan review jauh di bawah audit, lebih sedikit bukti yang diperlukan bagi jasa tersebut dan dapat disediakan dengan biaya yang lebih rendah ketimbang suatu audit.

Karena jasa review dan kompilasi menyediakan keyakinan yang lebih rendah dari audit, akuntan harus membentuk pemahan dengan klien mengenai jasa yang disediakan, lebih baik dalam suatu surat penugasan tertulis.

Penugasan jasa review (SSARS review) memungkinkan akuntan untuk mengekspresikan keyakinan yang terbatas bahwa laporan keungan telah sesuai dengan prinsip –prinsip akuntansi yang diterima umum, termasuk pengungkapan informative yang layak, atau dasar akuntansi lainnya yang komprehensif (other comprehensive base of accounting = OCBOA), seperti dasar akuntansi kas. Akuntan public harus independen dari klien dalan penugasan jasa review.

1). Prosedur yang disarankan untuk review

SSARS merekomendasikan prosedur berikut untuk sutu penugasan review:

• memperoleh pengetahuan mengenai prinsip – akuntansi dan praktik dari industri klien. • memperoleh pengetahuan mengenai klien.

• mengajukan pertanyaan kepada manajemen. • melakukan prosedur analitis

• memperoleh surat representasi 2). Bentuk laporan

Tiga aspek laporan :

(2)

• paragraf kedua menyatakan bahwa suatu review terutama terdiri dari pengajuan pertanyaan dan prosedur analitis, pada intinya memiliki lingkup ysng lrbih sedikit dri suatu audit,dan tidak ada opini yang diekspresikan.

• paragraf ketiga mengekspreikan assurance terbatas dalam bentuk assurance negative bahwa “sepengetahuan kami tidak ada modifikasi material yang harus dilakukan terhadap laporan keuangan.”

3). Kegagalan mengikuti prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum

Jika seorang klie gagal untuk mengikuti prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum dalam suatu penugasan review, laporan tersebut harus dimodifikasi.

4). Penugasan jasa kompilasi (compilation service) didefinisikan dalam SSARS sebagai suatu jasa dimana akuntan menyiapkan laporan keuangan dan menyajikannya kepada klien atau pihak ketiga tanpa menyediakan assurance akuntan public mengenai laporan tersebut.

5). Persyaratan kompilasi

Kompilasi tidal menghindarkan akuntan dari tanggung jawab, karaena meraka selalu bertanggung jawab untuk selalu cermat dalam melaksanakan semua penugasan. 6). Bentuk laporan

SSARS mendefinisikan tiga jenis laoran kompilasi, penggunaan dari masing-masing jenis bergantung pada apakah manajemen memilih untuk memasukkan semua pengungkapan yang diharuskan dalam laporan keuangan.

• kompilasi dengan pengungkapan lengkap

• kompilasi yang menghilangkan hampir semua pengungkapan • kompilasi tanpa independensi

Review Informasi Laporan Keuangan Interim Untuk Perusahaan Publik

Karena kantor akuntan yang sama melakukan baik audit tahunan maupun review laporan

keuangan interim perusahaan public, kantor tersebut disebut sebagai auditor, bukan akuntan yang melakukan review interim.

(3)

Penugasan Atestasi

Dalam suatu penugasan atestasi , akuntran public melaporkan keandalan dari informasi atau asersi yang dibuat oleh pihak lain. Contohnya ketika sebuah bank memintan seoerang akuntan public atau melaporkan secara tertulis apakah seorang klien audit telat mentaati semua

persyaratan dari suatu kesepakatan pinjaman.

Standar atestasi mendefinisikan tiga tingkat penugasan dan bentuk kesimpulan yang berhubungan:

1. pemeriksaan 2. review

3. prosedur yang disetujui

Jasa WebTrust

suatu jasa spesifik yang dikembangkan dibawah prinsip dan kriteria trust services yang lebih luas, yang secara bersama diterbitkan oleh AIPCA dan CICA. Ketika melaksanakan jasa

assurance webtrust , kantor akuntan public mengukur apakah situs web perushaan sesuai dengan lima prinsip.

Jasa Systrust

Jasa SysTrust menyediakan keyakian kepada manajemen, dewan direksi, atau pihak ketiga mengenai keandalan dari sistem informasi yang digunakan untuk menghasilkan informasi rel-time.dalam penugasa SysTrust, akuntan public yang memiliki lisensi SysTrust mengevaluasi sistem komputer perusahaan dengan menggunakan prinsip dan kriteria SysTrust dan menentukan apakah pengendalain terhadap sitem tersebut berjalan.

Laporan Keuangan Prospektif

Lapran keuangan prospektif (prospective financial statements) mengacu pada prediksi atau ekspektasi laporan keuangan selama beberapa periode di masa depan (neraca).

Untuk menghindari kebingungan antarpemakai, AIPCA menciptakan standsar atestasi yang lebih spesifik yang menggambarkan jenis penugasan berikut untuk laporan keuangan prospektif: • suatu penugasan pemeriksaan dimana akuntan publik memperoleh kepuasan mengenai kelengkapan maupun kewajaran dari semua asumsi

• suatu penugasan kompilasi di mana akuntan public terutama terlibat dengan ketepatan perhitungan dari laporan, dan bukan kewajaran dari asumsi.

(4)

Penugasan Prosedur yang Disepakati

Penugasan prosedur yang disepakati menarik bagi akuntan public karena manajemen, atau pemakai pihak ketiga, merinci prosedur uang ingin mereka lakukan. Dalam penugasan prosedur yang disepakati berdasarkan standar atestasi, seorang akuntan public mengkin menghitung tingkat pengembalian internal, risiko beta dalam mengukur tingkat perubahan, dan informasi relevan lain berkaitan dengan kepentingan investor untuk dana bersama.

Audit atau Penugasan Assurance Terbatas Lain

Auditor sering kali mengaudit laporan yang disusun atas dasar atas dasar selain dari prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum. SAS 62 (AU 623) menyatakan bahwa standar auditing yang dapat diterima dapat diterapkan pada penugasan audit tersebut, akan tetapi persyaratan pelaporan berbeda dari yang digambarkan di dalam bab 3. Dasar-dasar selain dari prinsip-prinsip akuntansi yang diterima umum yang mengatur penerbitan laporan antara lain:

• dasar kas atau dasar kas yang dimodifikasi

• dasar yang digunakan untuk mentaati persyaratan dari agen peraturan • dasar pajak pendapatan

• serangkaian kriteria pasti yang memiliki dukungan substansial

Auditor biasanya melakukan audit tersebut dengan cara yang sama seperti ketika klien mengikuti prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara umum. Secara alami, auditor harus sepenuhnya memahami dasar akuntansi yang disetujui oleh klien.

(5)

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...