Bab 12 Pasar Monopoli docx

Teks penuh

(1)

Bab 12

Pasar Monopoli

I. Definisi Monopoli

Struktur yang sangat bertentangan ciri-cirinya dengan persaingan sempurna adalah pasar monopoli. Menurut Sadono Sukirno, Monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan saja. Dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat. Sedangkan menurut M.Nur Rianto Al Arif, M.Si, Monopoli adalah suatu keadaan di mana di dalam pasar hanya ada satu penjual sehingga tidak ada pihak lain yang menyainginya.

II. Ciri-ciri Pasar Monopoli

Ciri-ciri pasar monopoli sangat berbeda dengan pasar persaingan sempurna. 1. Pasar Monopoli adalah Industri Satu Perusahaan

Hal ini rasanya tidak perlu diterangkan lagi. Sifat ini sudah secara dilihat dari definisi monopoli di atas, yaitu hanya ada satu saja perusahaan dalam industri tersebut. Dengan demikian barang atau jasa yang dihasilkannya tidak dapat dibeli dari tempat lain.

2. Tidak Mempunyai Barang Pengganti Yang Mirip

Barang yang dihasilkan perusahaan monopoli dapat digantikan oleh barang lain yang ada dalam pasar. Barang tersebut merupakan satu-satunya barang yang seperti itudan tidak terdapat barang mirip (close substitute) dapat mengganti barang tersebut. Aliran listrik adalah contoh dari barang yang tidak mempunyai bar ang pengganti yang mirip. Yang ada barang pengganti yang sangat berbeda sifatnya sifatnya, yaitu lampu minyak.

3. Tidak Terdapat Kemungkinan Untuk Masuk Ke Dalam Industri

(2)

tanpa adanya halangan tersebut pada akhirnya terdapat perusahaan di dalam industri.

4. Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga

Oleh karena perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual di pasar, maka penetuan harga dapat dikuasainya. Oleh sebab itu perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga atau price setter. Dengan mengadakan pengendalian ke atas produksi dan jumlah barang yang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menentukan harga pada tingkatyang dikehendakinya.

5. Promosi Iklan Kurang Diperlukan

Oleh karena perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan di dalam iklan. Pembeli yang memerlukan barang yang diproduksikannya terpaksa membeli daripadanya. Walau bagaimanapun perusahaan monopoli sering membuat iklan. Iklan tersebut bukanlah bertujuan untuk menarik pembeli, tetapi untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.

III. Faktor-faktor Yang Menimbulkan Monopoli

Terdapat faktor-faktor yang menyebabkan wujudnya pasar (perusahaan) monopoli, yaitu:

1. Perusahaan monopoli mempunyai suatu sumber daya tertentu yang unik dan tidak dimiliki oleh perusahaan lain.

2. Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmati skala ekonomi (economicsof scale) hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.

3. Monopoli wujud dan berkembang melalui UUD, yaitu pemerintah memberi hak monopoli kepada perusahaan tersebut. Peraraturan seperti itu adalah peraturan hak paten dan hak cipta serta hak usaha eksklusif.

4. Ukuran pasar begitu kecil untuk dilayani lebih dari satu perusahaan yang mengoperasikannya skala perusahaan optimum.

Monopoli Alamiah (Natural Monopoly)

(3)

panjang yang menurun (negative slope). Makin besar output yang dihasilkan makin rendah biaya rata-rata. Ini dimungkinkan karena perusahaan memiliki kurva biaya marginal (MC) yang juga menurun dan berbeda di bawah kurva AC. IV. Kebaikan dan Keburukan Monopoli

Implikasi terhadap kesejahteraan masyarakat yang perlu diperhatikan adalah bahwa dalam pasar monopoli:

a. Hilang atau berkurangnya tingkat kesejahteraan konsumen, hal ini terjadi karena volume produksi lebih kecil dari volume output yang optimum, sehingga efisiensi ini menimbulkan kesejahteraan konsumen yang semakin berkurang.

b. Menimbulkan eksploitasi terhadap konsumen dan pemilik faktor produksi. Konsumen dirugikan karena harga jual diatas harga keseimbangan yang seharusnya terjadi bila berdasarkan mekanisme pasar.

c. Memburuknya kondisi makroekonomi nasional, sebab jumlah output riil industri lebih sedikit dari pada kemampuan sebenarnya.

d. Memburuknya kondisi perekonomian internasional, hal ini terjadi karena munculnya inefisiensi.

Monopoli Murni

Monopoli murni adalah bentuk organisasi pasar dimana terdapat perusahaan tunggal yang menjual komoditi yang tidak mempunyai substitusi sempurna. Jadi perusahaan itu sekaligus merupakan industri dan menghadapi kurva permintaan industri yang memiliki kemiringan negatif untuk komoditi itu. Akibatnya, jika perusahaan monopoli hendak menjual lebih banyak komoditi, mereka harus menurunkan harganya. Dengan demikian, untuk suatu perusahaan monopolis, MR < P dan kurva MR terletak di bawah kurva D.

Peraturan Monopoli : Pengendalian Harga

(4)

menurut batas persaingan sempurna. Peraturan ini juga mengurangi keuntungan perlu monopoli itu.

Pajak Lump-sum

Dengan membebankan pajak lump-sum ( seperti pajak izin ataupun pajak keuntungan ), pemerintah dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan keuntungan perusahaan monopoli tanpa mempengaruhi harga komoditi atau output, yaitu dengan membebankan pajak lump-sum.

Pajak Per-Unit

Pemerintah dapat pula mengurangi keuntungan monopoli dengan membebankan pajak per-unit. Akan tetapi, dalam kasus ini perusahaan monopoli dapat mengalihkan sebagian beban pajak per-unit kepada para konsumen, dalam bentuk harga yang lebih tinggi dan output komoditi yang lebih kecil.

Diskriminasi Harga

(5)

TUTORIAL

PASAR MONOPOLI

1. Sebutkan cirri-ciri khusus pasar persaingan sempurna?

2. Apa yang menyebabkan produsen dan konsumen di pasar persaingan sempurna tidak dapat mempengaruhi harga

3. Apa arti informasi yang sempurna bagi penjual dan pembeli di pasar persaingan sempurna?

4. Apa yang menyebabkan perusahaan baru tertarik untuk masuk ke dalam pasar persaingan sempurna? Dan apa yang menyebabkan suatu perusahaan keluar dari pasar persaingan sempurna

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects : Pasar monopoli