Pengembangan Kurikulum dan Model Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika SMA Kelas Akselerasi bagi Peserta Didik Cerdas Istimewa.

Loading.... (view fulltext now)

Teks penuh

(1)

(B. Pendidikan)

Pengembangan Kurikulum dan Model Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika SMA Kelas

Akselerasi bagi Peserta Didik Cerdas Istimewa

Kata kunci:Kelas akselerasi, pengembangan, kurikulum, bahan ajar

Mardiyana; Riyadi; Sujadi, Imam

Program Pascasarjana UNS, Penelitian, BOPTN UNS, Hibah Pascasarjana, 2012

Tujuan penelitian tahun pertama adalah untuk: (1) merumuskan kebutuhan kurikulum dan bahan ajar mata pelajaran matematika SMA kelas akselerasi bagi peserta didik cerdas istimewa, (2) mengembangkan prototype kurikulum dan bahan ajar mata pelajaran matematika SMA kelas akselerasi bagi peserta didik cerdas istimewa, dan (3) menganalisis tanggapan stakeholder terkait dengan prototipe kurikulum dan bahan ajar mata pelajaran matematika SMA kelas akselerasi bagi peserta didik cerdas istimewa.

Penelitian ini dilaksanakan di program studi Pendidikan Matematika Pascasarjana UNS bekerjasama dengan SMAN 1 Surakarta dan SMAN 3 Surakarta dengan program akselerasinya. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan.

Pengembangan kurikulum dilakukan dengan menganalisis standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD) dan indikator serta alokasi waktu dengan memperhatikan juga SK-KD SMP, sehingga apabila SK-KD tersebut sudah disajikan di SMP, maka tidak perlu diajarkan lagi di SMA untuk kelas yang akselerasi. Urutan penyajian juga diperhatikan sehingga materi-materi yang merupakan prasyarat untuk materi yang lain disajikan lebih awal. Tingkat/level kognitif untuk setiap SK-KD dikaji dan disesuaikan untuk anak cerdas istimewa.

Bahan ajar dikembangkan seiring dengan pengembangan kurikulum. Jika di pengembangan kurikulum ada materi yang tidak perlu diajarkan, maka di pengembangan bahan ajar juga tidak perlu disajikan atau dikembangkan dalam bentuk suplemen. Untuk itu dikembangkan bahan ajar yang memang perlu kajian lebih detail, dan bahan ajar yang dapat dipelajari oleh siswa dengan tidak harus disajikan dalam pembelajaran.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...