Pedoman Pemberian Sertifikat Kompetensi bagi Dokter Gigi PEDOMAN PEMBERIAN SERTIFIKAT KOMPETENSI BAGI DOKTER GIGI

13 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

1

PEDOMAN PEMBERIAN

SERTIFIKAT KOMPETENSI

BAGI DOKTER GIGI

Kolegium Dokter Gigi Indonesia

2015

(2)

2

KATA PENGANTAR

Penerbitan Sertifikat Kompetensi bagi dokter gigi Indonesia oleh Kolegium Dokter Gigi Indonesia (KDGI) telah berlangsung sejak tahun 2007 sebagai wujud pelaksanaan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran. Sertifikat Kompetensi dikeluarkan apabila seseorang telah dinyatakan “kompeten” melalui Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI) yang diselenggarakan oleh KDGI. Khusus untuk dokter gigi lama, diberlakukan jalur pembinaan melalui Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB) sebagai pengganti uji kompetensi; jalur pembinaan mulai dilaksanakan pada tahun 2008.

Dalam perkembangannya banyak perubahan peraturan dan aneka persoalan seputar penerbitan Sertifikat Kompetensi untuk dokter gigi oleh KDGI. Salah satunya adalah keluarnya Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran, diikuti dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2015 yang melahirkan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi (UKMP2DG) bagi calon dokter gigi (mahasiswa profesi), sebagai Ujian Akhir (Exit Exam) calon dokter gigi.

Persoalan lain yang perlu diatur adalah permasalahan adanya dokter gigi yang belum memiliki Sertifikat Kompetensi karena belum mengikuti UKDGI serta mereka yang terlambat memperbaharui Sertifikat Kompetensi ketika masa berlakunya telah habis. Selain itu pemberian Sertifikat Kompetensi untuk dokter gigi warga negara asing juga perlu diatur selaras dengan ketentuan pemerintah yang ada.

Dengan semangat memberi kemudahan bagi dokter gigi, KDGI menerbitkan buku pedoman ini. Pengurusan Sertifikat Kompetensi diupayakan dilaksanakan linier dengan pengurusanSurat Tanda Registrasi (STR), sehingga seorang dokter gigi setelah menyerahkan berkas untuk Sertifikasi Kompetensi akan mendapat Sertifikat Kompetensi dari KDGI dan Surat Tanda Registrasi dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

(3)
(4)

4

I. PENDAHULUAN

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, pengertian Sertifikat Kompetensi adalah surat tanda pengakuan terhadap kemampuan seorang dokter atau dokter gigi untuk menjalankan praktik kedokteran di seluruh Indonesia setelah lulus uji kompetensi. Menurut penjelasan Pasal 29 Ayat (3) Huruf d Sertifikat Kompetensi dikeluarkan oleh kolegium yang bersangkutan, dalam hal ini Sertifikat Kompetensi untuk dokter gigi dikeluarkan oleh Kolegium Dokter Gigi Indonesia (KDGI).

Dalam pedoman ini yang diatur adalah pemberian Sertifikat Kompetensi untuk dokter gigi, tidak termasuk di dalamnya pemberian Sertifikat Kompetensi untuk dokter gigi spesialis. Secara garis besar, cara memperoleh Sertifikat Konpetensi dapat ditempuh dengan dua cara yaitu dengan mengikuti Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI) atau melalui jalur pembinaan dengan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB).

Untuk memudahkan pemahaman, pengaturan dalam pedoman ini dipilah sebagai berikut : 1. Sertifikat Kompetensi bagi dokter gigi baru warga negara Indonesia

2. Sertifikat Kompetensi bagi dokter gigi baru warga negara Indonesia lulusan luar negeri

3. Sertifikat Kompetensi bagi dokter gigi lama yang tidak melalui jalur pembinaan (non P3KGB)

4. Sertifikat Kompetensi bagi dokter gigi lama melalui jalur pembinaan (P3KGB)

5. Sertifikat Kompensi bagi dokter gigi warga negara Indonesia lulusan Indonesia yang sebelumnya berstatus warga negara asing

6. Sertifikat Kompensi bagi dokter gigi warga negara Indonesia lulusan luar negeri yang sebelumnya berstatus warga negara asing

7. Sertifikat Kompetensi bagi dokter gigi warga negara asing peserta Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis

8. Sertifikat Kompetensi bagi dokter gigi warga negara asing yang menempuh pendidikan di Indonesia

9. Sertifikat Kompetensi bagi dokter gigi warga negara asing dalam rangka pendidikan, pelatihan, penelitian, pelayanan bersifat sementara

(5)

5

II. SERTIFIKAT KOMPETENSI

1. SERTIFIKAT KOMPETENSI BAGI DOKTER GIGI BARU WARGA NEGARA INDONESIA

Dokter gigi baru yang dimaksud adalah dokter gigi yang lulus setelah tanggal 27 April 2014. Pengurusan Sertifikat Kompetensi dilakukan secara kolektif oleh Institusi Pendidikan Dokter Gigi (IPDG) tempat dokter gigi tersebut menempuh pendidikan, sebagai bagian tidak terpisah dari pelaksanaan Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI) atau uji lain yang telah direkognisi oleh KDGI sehingga dianggap setara dengan UKDGI.

Pengajuan pembuatan Sertifikat Kompetensi dan Surat Tanda Registrasi dilakukan kolektif oleh IPDG untuk dokter gigi warga negara Indonesia yang telah memiliki Sertifikat Profesi atau Ijazah Dokter Gigi, pengajuan Sertifikat Kompetensi selambat-lambatnya 6 (enam) bulan setelah dinyatakan lulus uji kompetensi. Untuk pengurusan setelah 6 (enam) bulan harus disertai surat pengantar Dekan/Kaprodi, dengan menyebutkan alasan keterlambatan.

2.1 Pembayaran Biaya Sertifikat Kompetensi & Surat Tanda Registrasi

Pembayaran biaya Sertifikat Kompetensi dan Surat Tanda Registrasi dilakukan secara perorangan oleh masing-masing dokter gigi (TIDAK KOLEKTIF), sebagai berikut :

1. Biaya Sertifikat Kompetensi, Rp. 100.000 ditransfer melalui teller bank (bukan lewat ATM/e-banking/SMS-banking) ke rekening:

Nomor : 031-648-7756

Bank : BNI KCU Kramat Jakarta Atas Nama : PB PDGI-KDGI

2. Biaya Surat Tanda Registrasi, Rp. 300.000 ditransfer melalui teller bank (bukan lewat ATM/e-banking/SMS-banking) ke rekening :

Nomor : 93205556

Bank : BNI Cabang Utama Melawai

Atas Nama : Bendahara Penerimaan Sekretariat KKI

2.2 Persyaratan

Berkas dibuat untuk tiap orang dokter gigi (individual) masing-masing dalam map warna merah dengan urutan dari atas ke bawah sebagai berkut :

1. Berkas berikut dijepit menjadi satu, terdiri dari :

- Formulir pendaftaran peserta uji kompetensi yang telah dilengkapi Pas foto berwarna terbaru dalam pose resmi berlatar belakang merah 2 buah ukuran 4 X 6 (hasil cetak studio foto bukan hasil print-out).

- Tanda Bukti asli transfer biaya Sertifikat Kompetensi

- Fotokopi Sertifikat Profesi dilegalisir atau diganti dengan fotokopi Ijazah Dokter Gigi dilegalisir bagi IPDG yang tidak menerbitkan Sertifikat Profesi

- Fotokopi berita acara sumpah/janji dilegalisir.

2. Berkas berikut dijepit menjadi satu, terdiri dari (formulir dapat diunduh di situs KKI) : - Pas foto terbaru 4 X 6 empat lembar 2 X 3 dua lembar dengan latar belakang warna merah dimasukan ke dalam plastik kecil (hasil cetak studio foto bukan hasil print-out).

- Tanda Bukti asli transfer biaya Surat Tanda Registrasi - Formulir 1a asli yang telah diisi lengkap dan ditandatangani - Formulir 1b asli yang telah diisi lengkap dan ditandatangani

(6)

6

- Surat Keterangan Sehat Fisik dan Mental ditandatangani oleh dokter dengan mencantumkan Nomor Surat Izin Praktek.

- Fotokopi Ijazah dokter gigi / Sertifikat Profesi dilegalisir asli oleh Dekan / Wakil Dekan

- Fotokopi berita acara sumpah/janji dilegalisir.

3. Surat pengantar Dekan/Kaprodi apabila pengurusan lewat dari 6 (enam) bulan setelah dinyatakan lulus uji kompetensi, disertai alasan keterlambatan.

2.3 Pengiriman Berkas

Seluruh map berkas dimasukan ke dalam amplop besar / dus kemudian dikirim secara kolektif oleh panitia lokal uji kompetensi ke :

Kolegiun Dokter Gigi Indonesia (KDGI) Lt 4 Gedung Pengurus Besar PDGI Jl. Utan Kayu Raya 46 Jakarta Timur 13120

Berkas hanya dikirim menggunakan jasa kiriman satu malam sampai, sebagai berikut : - Pos Ekspres jika dikirim lewat Pos

- ONS jika dikirim lewat TIKI - YES jika dikirim lewat JNE - Jasa pengiriman lain yang setara

2.4. Penyerahan Sertifikat Kompetensi

Sertifikat kompetensi akan diserahkan melalui IPDG tempat dokter gigi tersebut mengikuti uji kompetensi (tidak dapat diambil secara perorangan ke KDGI). Masa berlaku Sertifikat Kompetensi 5 (lima) tahun.

3. SERTIFIKAT KOMPETENSI BAGI DOKTER GIGI BARU WARGA NEGARA INDONESIA LULUSAN LUAR NEGERI

Dokter gigi baru yang dimaksud adalah dokter gigi warga negara Indonesia yang menempuh pendidikan profesi dokter gigi di luar wilayah Republik Indonesia.

Bagi dokter gigi sesuai definisi diatas, untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi harus terlebih dahulu mengikuti Program Penyetaraan/Adaptasi di IPDG yang ditunjuk oleh KDGI/KKI serta dinyatakan kompeten setelah mengikuti UKDGI.

3.1 Pendaftaran UKDGI

1. Calon peserta mendaftar secara online di situs www.kdgi-online.org

2. Calon peserta menyerahkan berkas pendaftaran ke Panitia Lokal (Panlok) UKDGI tempat peserta akan mengikuti UKDGI

3.2Persyaratan UKDGI

Calon peserta menyerahkan berkas pendaftaran ke Panlok UKDGI tempat peserta akan mengikuti UKDGI, terdiri dari :

1. Fotokopi Ijazah dokter gigi dilegalisir asli pejabat pemerintah yang bertanggung jawab melakukan penilaian/pemeriksaan atas ijazah pendidikan tinggi di luar negeri. 2. Fotokopi Surat Selesai Penyetaraan/Adaptasi bagi lulusan luar negeri yang dilegalisir

asli oleh Dekan / Wakil Dekan

3. Fotokopi berita acara sumpah/janji dilegalisir

4. Bukti pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Indonesia dilegalisir bagi yang sebelumnya berstatus warga negara asing

(7)

7

5. Foto berwarna terbaru dalam pose resmi berlatar belakang merah, 3 X 4 sebanyak 3 buah serta 2 buah ukuran 4 X 6

6. Uang pendaftaran Rp. 1.000.000 bagi yang mengikuti Uji Teori dan Uji Praktek, Rp. 300.000 bagi yang hanya mengikuti Uji Teori, Rp. 700.000 bagi yang hanya mengikuti Uji Praktek

7. Peserta yang belum pernah mengikuti UKDGI wajib mengikuti Uji Teori dan Uji Praktek secara bersamaan, bagi peserta yang mengulang wajib mengikuti seluruh Uji yang belum kompeten secara bersamaan

Proses selanjutnya akan dilakukan oleh Panlok UKDGI sesuai Pedoman Penyelenggaraan UKDGI.

3.3Pelaksanaan dan Pengumuman UKDGI

Waktu dan jadwal pelaksanaan UKDGI dapat dilihat di www.kdgi-online.org. Hasil UKDGI dapat dilihat secara online di www.kdgi-online.org pada waktu yang telah ditentukan

3.4Penyerahan Sertifikat Kompetensi

Sertifikat Kompetensi akan disampaikan oleh KDGI melalui Panitia Lokal UKDGI setelah peserta dinyatakan kompeten.

Masa berlaku Sertifikat Kompetensi 5 (lima tahun).

3.5Pengurusan Surat Tanda Registrasi

Pengurusan STR dilakukan sendiri ke KKI (tidak kolektif, tidak melalui PDGI) paling lambat 6 (enam) bulan dari tanggal Sertifikat Kompetensi.

Apabila lewat dari 6 (enam) bulan, Sertifikat Kompetensi dikembalikan kepada KDGI melalui pos untuk perbaharuan tanggal penerbitan dengan disertai bukti transfer biaya pembuatan Sertifikat Kompetensi Rp. 100.000 ke BNI KCU Kramat Jakarta nomor 031-648-7756 a.n. PBPDGI-KDGI serta fotokopi setifikat bukti telah mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB) sejumlah :

Keterlambatan (pembulatan ke atas) Syarat Besaran SKP

6 Bulan 3 7-12 Bulan 6 13-18 Bulan 9 19-24 Bulan 12 25-30 Bulan 15 31-36 Bulan 18 37-42 Bulan 21 43-48 Bulan 24 49-54 Bulan 27 55-60 Bulan 30

> lewat 60 bulan Mengikuti UKDGI

4. SERTIFIKAT KOMPETENSI BAGI DOKTER GIGI LAMA MELALUI UJI KOMPETENSI

Dokter gigi lama yang dimaksud adalah dokter gigi yang lulus sebelum tanggal 27 April 2014 dan belum pernah memiliki Sertifikat Kompetensi, baik yang sudah mengikuti Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI) namun dinyatakan “tidak kompeten” maupun yang belum mengikuti ujian, serta dokter gigi yang tidak memenuhi syarat SKP mendapat

(8)

8

Sertifikat Kompetensi melalui jalur pembinaan (jalur Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan / P3KGB). Bagi dokter gigi sesuai definisi tersebut berlaku ketentuan pada Butir 2.

5. SERTIFIKAT KOMPETENSI BAGI DOKTER GIGI LAMA MELALUI JALUR PEMBINAAN (P3KGB)

Pemberian Sertifikat Kompetensi bagi dokter gigi lama yang telah memiliki Sertifikat Kompetensi dilakukan melalui jalur pembinaan (jalur Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan / P3KGB). Sebagai pengganti UKDGI, peserta mengumpulkan Satuan Kredit Profesi (SKP) sebagaimana diatur dalam Pedoman dan Petunjuk Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan.

5.1 Syarat Besaran Satuan Kredit Profesi

Syarat besaran SKP yang dapat diakui sebagai pengganti UKDGI bagi dokter gigi lama pemegang Sertifikat Kompetensi yang masih berlaku adalah 30 SKP.

5.2. Denda Keterlambatan Sertifikasi Kompetensi

Bagi pemegang Sertifikat Kompetensi yang telah habis masa berlakunya, dapat mengikuti UKDGI sebagaimana diatur dalam Butir 4 untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi, atau tetap menggunakan SKP dengan tambahan besaran SKP sesuai waktu keterlambatannya.

Keterlambatan (pembulatan ke atas) Syarat Besaran SKP

0 bulan 30 1-6 Bulan 33 7-12 Bulan 36 13-18 Bulan 39 19-24 Bulan 42 25-30 Bulan 45 31-36 Bulan 48 37-42 Bulan 51 43-48 Bulan 54 49-54 Bulan 57 55-60 Bulan 60

Bagi dokter gigi yang Sertifikat Kompetensi-nya telah habis masa berlakunya selama 5 (lima) tahun atau lebih, dianggap tidak memiliki Sertifikat Kompetensi sehingga harus mengikuti mengikuti pengaturan dalam butir 4 pedoman ini.

5.2 Syarat Komponen dalam Besaran Satuan Kredit Profesi

Komponen dalam besaran SKP adalah jenis Pendidikan dan Pelatihan Profesionalisme Kedokteran Gigi Berkelanjutan (P3KGB) yang harus diikuti oleh dokter gigi agar SKP yang dikumpulkan dapat dianggap setara dengan UKDGI.

Pengaturan komponen yang dikumpulkan adalah sebagai berikut :

1. Minimal 21 SKP berupa kegiatan utama yang merupakan pendidikan dan pelatihan terkait langsung dengan fungsi pelayanan seorang dokter gigi, terdiri dari minimal 12 SKP kegiatan yang bersifat teori dan minimal 9 SKP bersifat praktek.

(9)

9

2. Maksimal 9 SKP kegiatan penunjang berupa kegiatan yang tidak terkait langsung dengan fungsi pelayanan seorang dokter gigi

Pengaturan lebih lengkap tentang syarat komponen dalam besaran Satuan Kredit Profesi diatur dalam pedoman P3KGB.

5.3 Cara Pengajuan dan Penyerahan Sertifikat Kompetensi

Pengajuan pembaharuan Sertifikat Kompetensi dilakukan melalui Tim P3KGB PDGI Cabang, proses ini juga merupakan pengajuan STR. Sertifikat Kompetensi asli akan dikirim oleh KDGI langsung ke alamat dokter gigi bersangkutan. Masa berlaku Sertifikat Kompetensi 5 (lima) tahun.

6 SERTIFIKAT KOMPETENSI BAGI DOKTER GIGI WARGA NEGARA

INDONESIA LULUSAN INDONESIA YANG SEBELUMNYA BERSTATUS WARGA NEGARA ASING

Dokter gigi yang dimaksud adalah dokter gigi warga negara Indonesia yang ketika menempuh pendidikan di Indonesia serta ketika mengikuti uji kompetensi berstatus warga negara asing.

Bagi dokter gigi sesuai definisi diatas telah memegang Sertifikat Kompetensi bagi warga negara asing yang berlaku satu tahun, sehingga cukup dilakukan resertifikasi menjadi Sertifikat Kompetensi bagi warga Negara Indonesia, hal ini berlaku pula bagi yang Sertifikat Kompetensi-nya telah habis masa berlakunya tetapi melebihi waktu 5 (lima) tahun.

6.1 Pembayaran Biaya Sertifikat Kompetensi

Pembayaran biaya Sertifikat Kompetensi dilakukan dengan cara mentransfer melalui teller bank (bukan lewat ATM/e-banking/SMS-banking) uang sebesar Rp. 100.000 ke rekening :

Nomor : 031-648-7756

Bank : BNI KCU Kramat Jakarta Atas Nama : PB PDGI-KDGI

6.2 Persyaratan

Berkas dimasukan kedalam map warna merah dengan urutan dari atas ke bawah sebagai berkut :

- Sertifikat Kompetensi lama, asli

- Pas foto berwarna terbaru dalam pose resmi berlatar belakang merah 2 buah ukuran 4 X 6 (hasil cetak studio foto bukan hasil print-out).

- Tanda Bukti asli transfer biaya Sertifikat Kompetensi

- Fotokopi Sertifikat Profesi dilegalisir atau diganti dengan fotokopi Ijazah Dokter Gigi dilegalisir bagi IPDG yang tidak menerbitkan Sertifikat Profesi

- Fotokopi berita acara sumpah/janji dilegalisir.

- Bukti pindah kewarganegaraan menjadi warga negara Indonesia dilegalisir

6.3 Pengiriman Berkas

Seluruh map berkas dimasukan ke dalam amplop kemudian dikirim ke : Kolegiun Dokter Gigi Indonesia (KDGI)

Lt 4 Gedung Pengurus Besar PDGI Jl. Utan Kayu Raya 46 Jakarta Timur 13120

(10)

10

Sertifikat Kompetensi asli akan dikirim oleh KDGI langsung ke alamat dokter gigi bersangkutan. Masa berlaku Sertifikat Kompetensi 5 (lima) tahun.

7. SERTIFIKAT KOMPETENSI BAGI DOKTER GIGI WARGA NEGARA

INDONESIA LULUSAN LUAR NEGERI YANG SEBELUMNYA BERSTATUS WARGA NEGARA ASING

Dokter gigi yang dimaksud adalah dokter gigi warga negara Indonesia yang ketika lulus pendidikan di luar negeri berstatus warga negara asing. Bagi dokter gigi sesuai definisi tersebut berlaku ketentuan pada Butir 3

8. SERTIFIKAT KOMPETENSI BAGI DOKTER GIGI WARGA NEGARA ASING PESERTA PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER GIGI SPESIALIS

Dokter gigi yang dimaksud adalah dokter gigi warga negara asing yang telah diterima sebagai mahasiswa Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis baik yang telah maupun belum memiliki Sertifikat Kompetensi.

Bagi dokter gigi sesuai definisi diatas, untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi harus terlebih dahulu mengikuti Program Penyetaraan/Adaptasi di IPDG yang ditunjuk oleh KDGI/KKI dan mendapatkan Sertifikat Komptensi setelah dinyatakan kompeten dalam UKDGI.

8.1 Pendaftaran UKDGI

1. Calon peserta mendaftar secara online di situs www.kdgi-online.org

2. Calon peserta menyerahkan berkas pendaftaran ke Panitia Lokal (Panlok) UKDGI tempat peserta akan mengikuti UKDGI

8.2 Persyaratan UKDGI Bagi WNA Peserta PPDGS

Calon peserta menyerahkan berkas pendaftaran ke Panlok UKDGI tempat peserta akan mengikuti UKDGI, terdiri dari :

1. Surat pengantar asli dari Dekan FKG

2. Fotokopi Surat Selesai Penyetaraan/Adaptasi bagi lulusan luar negeri yang dilegalisir asli oleh Dekan / Wakil Dekan

3. Fotokopi ijazah yang dilegalisir 4. Fotokopi Kartu Mahasiswa dilegalisir 5. Fotokopi paspor dan visa yang sesuai

6. Foto berwarna terbaru dalam pose resmi berlatar belakang merah, 3 X 4 sebanyak 3 buah serta 2 buah ukuran 4 X 6

7. Uang pendaftaran Rp. 1.000.000 bagi yang mengikuti Uji Teori dan Uji Praktek, Rp. 300.000 bagi yang hanya mengikuti Uji Teori, Rp. 700.000 bagi yang hanya mengikuti Uji Praktek

8. Peserta yang belum pernah mengikuti UKDGI wajib mengikuti Uji Teori dan Uji Praktek secara bersamaan, bagi peserta yang mengulang wajib mengikuti seluruh Uji yang belum kompeten secara bersamaan

Proses selanjutnya akan dilakukan oleh Panlok UKDGI sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan UKDGI.

8.3 Pelaksanaan dan Pengumuman UKDGI

Waktu dan jadwal pelaksanaan UKDGI dapat dilihat di www.kdgi-online.org. Hasil UKDGI dapat dilihat secara online di www.kdgi-online.org pada waktu yang telah ditentukan

(11)

11

8.4 Penyerahan Sertifikat Kompetensi

Sertifikat Kompetensi secara otomatis akan disampaikan oleh KDGI melalui Panitia Lokal UKDGI setelah peserta dinyatakan kompeten. Masa berlaku Sertifikat Kompetensi bagi warga negara asing peserta PPDGS adalah selama 5 (lima) tahun.

8.5 Pengurusan Surat Tanda Registrasi

Lihat ketentuan pada 3.5

9. SERTIFIKAT KOMPETENSI BAGI DOKTER GIGI WARGA NEGARA ASING YANG MENEMPUH PENDIDIKAN DI INDONESIA

Dokter gigi yang dimaksud adalah dokter gigi warga negara asing yang lulus setelah tanggal 27 April 2014 dari salah satu institusi pendidikan dokter gigi Indonesia.

Pengurusan Sertifikat Kompetensi dilakukan secara kolektif oleh Institusi Pendidikan Dokter Gigi (IPDG) tempat dokter gigi tersebut menempuh pendidikan, sebagai bagian tidak terpisah dari pelaksanaan Uji Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI) atau uji lain yang direkognisi oleh KDGI sehingga dianggap setara dengan UKDGI.

Untuk warga Negara asing, pengurusan Surat Tanda Registrasi tidak menjadi satu kesatuan dengan pengurusan Sertifikat Kompetensi.

9.1 Pembayaran Biaya Sertifikat Kompetensi

Pembayaran biaya Sertifikat Kompetensi dilakukan secara perorangan oleh masing-masing dokter gigi (TIDAK KOLEKTIF), dengan cara mentransfer melalui teller bank (bukan lewat ATM/e-banking/SMS-banking) uang sebesar Rp. 100.000 ke rekening :

Nomor : 031-648-7756

Bank : BNI KCU Kramat Jakarta Atas Nama : PB PDGI-KDGI

9.2 Persyaratan

Berkas dibuat untuk tiap orang dokter gigi (individual) masing-masing dalam map warna merah dengan urutan dari atas ke bawah sebagai berkut :

- Formulir pendaftaran peserta uji yang telah dilengkapi Pas foto berwarna terbaru dalam pose resmi berlatar belakang merah 2 buah ukuran 4 X 6 (hasil cetak studio foto bukan hasil print-out).

- Tanda Bukti asli transfer biaya Sertifikat Kompetensi

- Fotokopi Sertifikat Profesi dilegalisir atau diganti dengan fotokopi Ijazah Dokter Gigi dilegalisir bagi IPDG yang tidak menerbitkan Sertifikat Profesi

- Fotokopi berita acara sumpah/janji dilegalisir.

9.3 Pengiriman Berkas

Seluruh map berkas dimasukan ke dalam amplop besar / dus kemudian dikirim secara kolektif oleh panitia lokal uji kompetensi ke :

Kolegiun Dokter Gigi Indonesia (KDGI) Lt 4 Gedung Pengurus Besar PDGI Jl. Utan Kayu Raya 46 Jakarta Timur 13120

Berkas hanya dikirim menggunakan jasa kiriman satu malam sampai, sebagai berikut : - Pos Ekspres jika dikirim lewat Pos

- ONS jika dikirim lewat TIKI - YES jika dikirim lewat JNE

(12)

12

- Jasa pengiriman lain yang setara

9.4 Penyerahan Sertifikat Kompetensi

Sertifikat kompetensi akan diserahkan melalui IPDG tempat dokter gigi tersebut mengikuti uji kompetensi (tidak dapat diambil secara perorangan ke KDGI). Masa berlaku Sertifikat Kompetensi bagi warga negara asing yang menempuh pendidikan di Indonesia adalah 1 (satu) tahun.

10. SERTIFIKAT KOMPETENSI BAGI DOKTER GIGI NEGARA ASING YANG AKAN MELAKUKAN PENDIDIKAN / PELATIHAN / PENELITIAN / PELAYANAN SEMENTARA

Dokter gigi yang dimaksud adalah dokter gigi warga negara asing yang dalam jangka waktu tertentu, tidak bersifat satu waktu saja, akan melakukan pendidikan/ pelatihan/ penelitian/ pelayanan sementara di Indonesia.

Bagi dokter gigi sesuai definisi diatas, untuk mendapatkan Sertifikat Kompetensi harus terlebih dahulu mengikuti UKDGI dan dinyatakan kompeten.

10.1 Pendaftaran UKDGI

1. Calon peserta mendaftar secara online di situs www.kdgi-online.org

2. Calon peserta menyerahkan berkas pendaftaran ke Panitia Lokal (Panlok) UKDGI tempat peserta akan mengikuti UKDGI

10.2 Persyaratan UKDGI

Calon peserta menyerahkan berkas pendaftaran ke Panlok UKDGI tempat peserta akan mengikuti UKDGI, terdiri dari :

1. Fotokopi Ijazah dokter gigi dilegalisir asli Dekan/Wakil Dekan, bagi lulusan luar negeri dilegalisir pejabat pemerintah yang bertanggung jawab melakukan penilaian/pemeriksaan atas ijazah pendidikan tinggi di luar negeri.

2. Surat pengantar asli dari institusi sponsor di Indonesia

3. Fotokopi Sertifikat Kompetensi atau yang setara dengan itu dari negara asal, dilegalisir

4. Fotokopi paspor dan visa yang sesuai

5. Foto berwarna terbaru dalam pose resmi berlatar belakang merah, 3 X 4 sebanyak 3 buah serta 2 buah ukuran 4 X 6

6. Uang pendaftaran Rp. 1.000.000 bagi yang mengikuti Uji Teori dan Uji Praktek, Rp. 300.000 bagi yang hanya mengikuti Uji Teori, Rp. 700.000 bagi yang hanya mengikuti Uji Praktek

7. Peserta yang belum pernah mengikuti UKDGI wajib mengikuti Uji Teori dan Uji Praktek secara bersamaan, bagi peserta yang mengulang wajib mengikuti seluruh Uji yang belum kompeten secara bersamaan

Proses selanjutnya akan dilakukan oleh Panlok UKDGI sesuai Pedoman Penyelenggaraan UKDGI.

10.3 Pelaksanaan dan Pengumuman UKDGI

Waktu dan jadwal pelaksanaan UKDGI dapat dilihat di www.kdgi-online.org. Hasil UKDGI dapat dilihat secara online di www.kdgi-online.org pada waktu yang telah ditentukan

(13)

13

Sertifikat Kompetensi secara otomatis akan disampaikan oleh KDGI melalui Panitia Lokal UKDGI setelah peserta dinyatakan kompeten.

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...