PANDUAN MANUAL APLIKASI PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PPKB) LEMBAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI

29 

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Loading....

Teks penuh

(1)

PANDUAN MANUAL APLIKASI

PROGRAM PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PPKB) LEMBAGA PENGEMBANGAN JASA KONSTRUKSI

ALUR PROSES PERMOHONAN PERSETUJUAN KEGIATAN PPKB LPJK

(2)

ALUR PROSES REGISTRASI ONLINE BAGI PEMEGANG SKA

(3)

Menu Dan Tata Cara Penggunaan 1. Akses Aplikasi PPKB

Cara membuka Situs

buka situs web dengan alamat url https://ppkb.lpjk.net, maka akan terbuka halaman sebagai berikut :

2. Registrasi Akun PPKB bagi Pemegang SKA

Untuk dapat menggunakan Aplikasi PPKB online ini maka Pemegang SKA diwajibkan untuk melakukan Pendaftaran Akun melalui Aplikasi PPKB, dengan cara klik menu Registrasi Akun PPKB maka akan terbuka halaman seperti berikut :

(4)

Pemohon registrasi harus terlebih dahulu menyetujui persyaratan kebenaran dan keabsahan data pemohon dengan cara klik ceklist persetujuan sebagaimana halaman berikut :

Selanjutnya akan ditampilkan halaman untuk pengisian data Pemegang SKA sebagai berikut :

Silahkan untuk mengisi data :

 Nomor Registrasi SKA (7 Digit angka dibelakang dalam Kodifikasi Nomor Registrasi yang tercantum dalam SKA)

 Nomor Identitas KTP yang benar dan valid.

 Kode Keamanan berupa rangkaian huruf dan angka yang ditampilkan, Harap perhatikan huruf besar dan kecil.

(5)

Apabila data Pemegang SKA berhasil divalidasi oleh Sistem maka Pemohon akan diarahkan ke halaman untuk mengisi kelengkapan data isian berupa :

Silahkan untuk mengisi data :

 Tanggal Lahir Pemohon harus sesuai data yang tercatat dalam data SIKI LPJK Nasional.

 Nomor Kontak Handphone yang valid dan aktif  Alamat Email yang valid dan aktif

 Isian kata kunci / Password untuk dapat mengakses Aplikasi (kami sarankan untuk isian kata kunci / Password ini merupakan frasa / kumpulan huruf yang mudah diingat dan dihafal serta terdiri dari kombinasi huruf , angka dan symbol). Pemegang SKA harus melengkapi setiap data yang dibutuhkan agar dapat dapat memiliki hak akses untuk masuk ke dalam Aplikasi PPKB.

Jika sudah selesai silahkan klik menu tombil Registrasi Pemegang PPKB maka jika sudah sesuai dan berhasil melakukan registrasi Akun PPKB, pemohon akan diberikan notifikasi dari Aplikasi maupun berupa notifikasi Pesan Singkat / SMS yang akan dikirimkan kepada Pemohon sesuai dengan isian Nomor Kontak handphone berupa ucapan terima kasih atas Registrasi PPKB Tenaga Ahli Kontruksi LPJK.

Registrasi diperlukan bagi Pemegang SKA yang pertama kali mendaftar. Jika Anda sudah pernah melakukan registrasi, Anda bisa langsung melakukan login.

(6)

3. Registrasi Akun Penyelenggara Kegiatan PPKB

Untuk dapat mengajukan Permohonan Kegiatan PPKB online ini maka Penyelenggara diwajibkan untuk melakukan Pendaftaran Akun pada Aplikasi PPKB ini dengan cara pilih menu Registrasi Penyelenggara maka akan ditampilkan halaman untuk registrasi sebagai berikut :

Silahkan untuk mengisi data :

 Jenis Penyelenggara Kegiatan dengan memilih dari daftar Pilihan yang ditampilkan.

 Memilih Nama Instansi / Lembaga / Asosiasi sesuai Jenis Penyelenggara Kegiatan  Nama penyelenggara secara default akan diisi dengan otomatis sesuai dengan

pilihan Sebelumnya.

 Alamat Instansi / Lembaga / Asosiasi  Provinsi

 Nomor Telepon

 Email Instansi / Lembaga / Asosiasi yang valid dan aktif.  Isian Kata Kunci / Password

(7)

Penyelenggra harus melengkapi setiap data yang dibutuhkan agar Penyelenggra dapat dapat memiliki hak akses untuk masuk ke dalam Aplikasi PPKB.

Jika Pengisian data Penyelenggara Kegiatan sudah selesai silahkan klik tombol Registrasi Penyelenggra maka Pemohon akan diberikan notifikasi dari Aplikasi maupun Notifikasi berupa Email berupa ucapan terima kasih atas registrasi akun PPKB bagi Penyelenggara Kegiatan dan notifikasi berupa email yang mencantumkan akun PPKB bagi Penyelenggara Kegiatan PPKB berupa Nama Pengguna dan Kata Kunci / Password sesuai dengan yang telah diinput.

Silahkan melakukan Login untuk dapat melanjutkan akifitas pengisian Permohonan Persetujuan Penyelenggaran kegiatan PPKB.

Registrasi diperlukan bagi Penyelenggara yang pertama kali mendaftar. Jika Penyelenggara baik itu LPJK Provinsi, Asosiasi dan Instansi yang sudah terdaftar pada SIKI LPJK Nasional atau sudah pernah melakukan registrasi, Anda bisa langsung login.

4. Tata Cara Mengajukan Permohonan Kegiatan PPKB

Untuk dapat mengajukan permohonan persetujuan kegiatan maka Penyelenggara harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran pada Aplikasi PPKB ini sesuai dengan tata cara registrasi bagi Penyelenggara Kegiatan PPKB.

Penyelenggara yang sudah diregistrasi oleh sistem dapat melakukan pengisian permohonan Persetujuan Kegiatan PPKB kepada LPJK Provinsi atau LPJK Nasional dengan cara Login Aplikasi PPKB menggunakan Akun PPKB yang sudah didaftarkan terlebih dahulu.

Sesaat setelah Login berhasil , pada halaman utama Penyelenggara akan ditampilkan informasi sebagai berikut ini:

(8)

Pada halaman login Penyelenggara Kegiatan akan diberikan akses layanan menu berupa:

Dashboard

Pada menu ini akan ditampilkan jumlah Penyelenggaraan yang sudah pernah diajukan persetujuannya kepada LPJK baik LPJK Provinsi maupun kepada LPJK Nasional seperti pada tampilan halaman berikut :

Pada halaman ini akan ditampilkan panel informasi :

(9)

2. Jumlah Kegiatan yang sudah diajukan permohonannya

3. Jumlah Kegiatan yang disetujui

4. Jumlah Kegiatan yang tidak dilakukan persetujuan

5. Bagi Asosiasi Profesi akan ditampilkan jumlah anggota Anggota Pemegang SKA yang sudah melakukan registrasi PPKB.

Profile Penyelenggara Kegiatan

Pada halam profile Penyelenggara Kegiatan akan ditampilkan informasi detail dari Penyelenggara Kegiatan PPKB sebagaimana halaman berikut ini:

Permohonan Kegiatan

Menu Permohonan Kegiatan akan menampilkan semua kegiatan yang sedang diajukan kepada LPJK dan belum diproses oleh LPJK pada tahun berjalan sebagai berikut :

(10)

Untuk dapat menambah permohonan persetujuan kegiatan maka silahkan klik menu Tambah Pengajuan Kegiatan maka akan ditampilkan halaman untuk mengisi Permohonan Persetujuan Penyelenggaraan Kegiatan PPKB sebagaimana form berikut ini.

(11)

1. Nama Kegiatan ini diisi dengan Nama Kegiatan yang akan diajukan dalam rangka kegiatan PPKB.

2. Tempat Kegiatan akan dilaksanakan.

3. Provinsi tempat Kegiatan dilaksanakan.

4. Tanggal dimulai dan Tanggal selesai kegiatan.

5. Jumlah Jam kegiatan (nilai default sistem adalah 8 Jam)

Selanjutnya pengisian pada Jenis Kegiatan:

1. Jenis Kegiatan silahkan dipilih dari pilihan Jenis kegiatan yang ada, masuk ke dalam Jenis Kegiatan apa kegiatan tersebut.

2. Untuk Subjenis Kegiatan silahkan memilih dari daftar isian dimana pilihan Subjenis ini otomatis menyesuaikan dengan pilihan Jenis Kegiatannya.

(12)

1. Email penanggung jawab harus aktif dan valid.

2. Kontak Penanggung jawab kegiatan yang aktif dan valid.

Selanjutnya silahkan pilih Tab Berkas sebagaimana form berikut :

Silahkan untuk mengunggah bukti yang berkaitan dengan permohonan kegiatan PPKB .

Unggah bukti Permohonan Penyelenggaraan Kegiatan berupa : a. TOR / KAK (bersifat wajib) dengan eksetensi format File PDF.

(13)

c. Susunan Panitia dengan eksetensi format File PDF. d. CV Narasumber dengan eksetensi format File PDF e. File lainnya.

Disarankan ukuran file yang diunggah tidak lebih dari 1 MB untuk menghemat data koneksi anda, untuk melihat tata cara memperkecil ukuran file silahkan merujuk pada FAQ tentang tata cara memperkecil ukuran file.

Untuk melakukan permohonan Persetujuan Kegiatan PPKB ini maka penyelenggara wajib untuk mengisi lengkap permohonan dan melengkapi persyaratan yang harus dipenuhi sesuai dengan Peraturan Lembaga Nomor 7 tahun 2017.

5. Tata Cara Pengisian Pencatatan Kegiatan PPKB

Menu untuk input kegiatan PPKB hanya dapat diakses oleh Pemegang SKA, dengan syarat Pemegang SKA sudah melakukan registrasi Akun PPKB terlebih dahulu.

Pemegang SKA dapat login dengan menggunakan Akun yang sudah dibuat pada saat pendaftaran dengan membuka web https://ppkb.lpjk.net maka akan ditampilkan halaman sbb :

Untuk tata cara Login Aplikasi PPKB silahkan merujuk pada halaman Tata cara Login. Jika login berhasil maka akan ditampilkan halaman bagi Pemegang SKA sebagaimana berikut:

(14)

Pada halaman login Pemegang SKA akan ditampilkan jumlah Subklasifikasi SKA yang sudah dimiliki oleh Pemohon dan jumlah nilai PNK yang telah diperoleh.

Pada halaman login Pemegang SKA akan diberikan layanan menu sbb:

Menu Dashboard

Pada halaman ini akan ditampilkan jumlah nilai perolehan Nilai Kredit untuk kegiatan yang sudah dilakukan pencatatan online sesuai dengan Subklasifikasi SKA yang dimiliki oleh Pemegang seperti pada tampilan halaman berikut :

(15)

Menu Data Pemegang SKA

Pada halaman profile akan ditampilkan informasi Profile Pemegang SKA.

Menu Isi Buku Log

Menu ini pada halaman depan ini akan ditampilkan daftar subklasifikasi SKA yang dimiliki oleh Pemohon sebagaimana form berikut :

(16)

Sebelum melakukan Pengisian Kegiatan, Pemegang SKA diharapkan untuk membaca syarat dan ketentuan serta tata cara Pengisian yang tersedia pada panduan Manual PPKB ini.

Untuk mulai mengisi pencatatan kegiatan PPKB silahkan klik tombol Data Kegiatan sesuai dengan Subklasifikasi SKA yang akan dilakukan pengisian kegiatan PPKB.

Akan tampil halaman daftar Kegiatan oleh pemohon sebagai berikut :

(17)

Kegiatan Terdaftar merupakan kegiatan yang dalam penyelenggaraannya terlebih dahulu harus dimintakan persetujuan permohonan kepada LPJK baik LPJK Nasional maupun LPJK Provinsi dan disetujui untuk dilaksanakan oleh Komite / Pengurus LPJK.

Untuk mengisi kegiatan ini silahkan klik Menu tombol Tambah Kegiatan Terdaftar dan akan ditampilkan form isian sebagai berikut :

Silahkan isi data kegiatannya sebagai berikut :

 Pilih Propinsi tempat diselenggarakan kegiatan PPKB

 Pilih Tahun dilaksanakan kegiatan

 Pilih Periode bulan kegiatan dilaksanakan

 Klik tombol cari kegiatan

Maka jika kegiatan ditemukan akan ditampilkan notifikasi bahwa kegiatan ditemukan dan anda dapat melanjutkan pada tahap selanjutnya.

(18)

 Jenis Kegiatan PPKB akan muncul otomatis

 Subjenis Kegiatan akan muncul otomatis

 Tanggal mulai pelaksanaan kegiatan akan muncul otomatis

 Tanggal selesai pelaksanaan kegiatan akan muncul otomatis

 Jika ada Peran dalam Kegiatan silahkan dipilih, maka akan ditampilkan prakiran nilai SKPK sesuai Peraturan LPJK Nomor 7 tahun 2017.

 Untuk melengkapi bukti kegiatan anda diwajibkan mengunggah bukti dari kegiatan dimaksud berupa file image dengan format PNG,JPEG atau JPG dengan mengklik tombol pilih file dan silahkan pilih file yang akan diunggah.

setelah selesai klik tombol Tambah Kegiatan, Maka data kegiatan yang sudah diisi akan ditampilkan dalam daftar kegiatan Pemegang SKA.

Disarankan ukuran file yang diunggah tidak lebih dari 1 MB untuk menghemat data koneksi anda.untuk melihat tata cara memperkecil ukuran file silahkan merujuk pada FAQ tentang tata cara memperkecil ukuran file.

o Kegiatan Tidak Terdaftar

Kegiatan Terdaftar merupakan kegiatan yang dalam penyelenggaraannya tidak harus dimintakan persetujuan permohonan kegiatan kepada LPJK Nasional maupun LPJK Provinsi.

(19)

Untuk mengisi kegiatan ini silahkan klik Menu tombol Tambah Kegiatan Tidak Terdaftar dan akan ditampilkan form isian sebagai berikut :

Silahkan isi data kegiatannya berupa :

 Nama Kegiatan PPKB

 Tanggal dimulai kegiatan

 Tanggal Selesai kegiatan

 Jumlah Jam (maksimal 8 jam perhari)

 Pilih Jenis Kegiatan

 Pilih Subjenis Kegiatan

 Jika ada Peran / Klasifikasi maka silahkan pilih Peran/ Klasifikasi kegiatan, maka Prakiraan nilai SKPK akan muncul mengikuti besaran nilai sesuai Peraturan LPJK Nomor 7 tahun 2017.

 Untuk melengkapi bukti kegiatan anda diwajibkan mengunggah bukti dari kegiatan dimaksud berupa file image dengan format PNG,JPEG atau JPG dengan mengklik tombol pilih file dan silahkan pilih file yang akan diunggah.

(20)

Maka data kegiatan akan ditampilkan dalam daftar kegiatan.

Disarankan ukuran file yang diunggah tidak lebih dari 1 MB untuk menghemat data koneksi anda.untuk melihat tata cara memperkecil ukuran file silahkan merujuk pada FAQ tentang tata cara memperkecil ukuran file.Menu eksport Daftar Kegiatan / Buku Log

Menu ini dibuat untuk memudahkan Pemegang SKA memonitor secara fisik atau berupa file PDF daftar kegiatan yang sudah dicatat apakah sudah sesuai dengan kewajiban PNK yaitu memenuhi jumlah PNK pada setiap akhir tahun berjalan atau selama kurun waktu 3 tahun.

6. Persetujuan Permohonan Kegiatan PPKB 5.1. Badan Pelaksana LPJK

Permohonan Persetujuan Kegiatan yang sudah dimohonkan oleh Penyelenggara akan dilakukan Verifikasi dan Validasi oleh Badan Pelaksana LPJK berdasarkan data dan bukti yang diunggah ke dalam Aplikasi PPKB.

Badan Pelaksana LPJK harus melakukan login Aplikasi PPKB terlebih dahulu sesuai dengan Nama Pengguna dan Kata Kunci / Passowrd SIKI LPJK Nasional untuk dapat melihat, memeriksa dan merekomendasikan permohonan Persetujuan Kegiatan PPKB dari Penyelenggara.

Pada menu login Badan Pelaksana LPJK akan ditampilkan menu sbb:

Dashboard

Menu ini berisi tampilan halaman jumlah keseluruhan kegiatan yang sudah dilakukan maupun yang sedang dimohonkan kepada LPJK , Jumlah kegiatan yang sudah dilakukan persetujuan dan Jumlah Kegiatan yang tidak atau belum dilakukan persetujuan oleh LPJK.

(21)

Profile Pegawai

Menu pada halaman ini berisi data Badan Pelakana LPJK

Permohonan Kegiatan

Pada halaman ini akan ditampilkan daftar kegiatan yang sedang dimohonkan oleh pihak penyelenggara di wilayahnya untuk dilakukan verifikasi dan validasi permohonan dengan memeriksa berkas yang diunggah oleh penyelenggara Kegiatan PPKB, jika sudah sesuai dengan persyaratan maka dapat dilakukan rekomendasi untuk selanjutnya diproses oleh Komite atau Pengurus LPJK.

(22)

Untuk dapat melihat persyaratan yang sudah diunggah oleh Penyelenggara Badan Pelaksana dapat membuka menu Permohonan Kegiatan dan cukup melakukan klik pada menu Berkas masing” kegiatan yang dimohonkan persetujuannya.

Badan Pelaksana diberikan kewenangan untuk melakukan Verifikasi dan Validasi Permohonan Persetujuan Kegiatan PPKB yang dimohonkan dengan cara memeriksa kelengkapan :

1. KAK / TOR / Kurikulum & Silabus kegiatan yang akan dilaksanakan berupa File PDF.

2. SK Kegiatan

3. Susunan Panitia

4. CV Narasumber

(23)

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan persyaratan maka Badan Pelaksana akan memberikan Rekomendasi kegiatan kepada Komite PPKB / Pengurus LPJK dengan cara memberikan klik Rekomendasi pada kegiatan yang dimohonkan sebagaimana berikut :

5.2. Komite PPKB

Hasil pemeriksaan kelengkapan Permohonan Persetujuan Kegiatan PPKB yang diajukan kepada Pengurus LPJK yang dilakukan oleh Badan Pelaksana berupa Rekomendasi akan ditampilkan pada halaman login Komite PPKB LPJK.

Komite PPKB LPJK harus login Aplikasi PPKB terkebih dahulu untuk dapat mengakses, memeriksa dan menyetujui permohonan Persetujuan Kegiatan PPKB dari Penyelenggara yang sudah dilakukan pemeriksaan oleh Badan Pelaksana berupa Rekomendasi.

Dashboard

Pada halaman ini akan ditampilkan Jumlah Kegiatan yang sudah dan sedang dimohonkan Persetujuannya, Jumlah Kegiatan yang sudah disetujui dan Kegiatan yang tidak atau belum dilakukan Persetujuan kegiatan dan daftar kegiatan yang akan berlangsung dalam wilayahnya.

(24)

Profile Komite

(25)

Pemegang SKA

o Pemegang SKA yang Registrasi

Halaman ini berisi daftar pemegang SKA yang sudah melakukan Registrasi PPKB sesuai dengan Provinsi tempat Pemegang melakukan registrasi PPKB.

o Pemegang SKA yang tidak dapat Registrasi

Halaman ini berisi daftar pemegang SKA yang sudah melakukan Registrasi PPKB sesuai dengan Provinsinya tetapi tidak berhasil karena ketidakcocokan data Pemegang SKA dengan data yang tercatat dalam SIKI LPJK Nasional.

(26)

Permohonan Kegiatan

Halaman yang berisi daftar kegiatan yang sedang dimohonkan kepada LPJK

Daftar Kegiatan yang disetujui

Halaman yang berisi daftar kegiatan yang sudah dilakukan persetujuan kegiatan oleh Komite PPKB LPJK

(27)

Daftar Kegiatan yang tidak disetujui

Berisi daftar kegiatan yang tidak dilakukan persetujuan kegiatan oleh Komite PPKB LPJK.

Komite PPKB LPJK dapat melakukan Persetujuan permohonan kegiatan dengan cara melihat hasil rekomendasi Badan Pelaksana atau melihat dokumen berkas permohonan kegiatan.

(28)

Komite PPKB LPJK dapat mengunduh, melihat tampilan dan memvalidasi berkas permohonan yang diunggah oleh Penyelenggara kegiatan. Dan untuk melakukan persetujuan Kegiatan PPKB , komite PPKB LPJK cukup melakukan klik Approval sesuia dengan permhonan yang sedang diajukan kepada LPJK.

7. Penilaian Asesor Verifikasi dan Validasi Awal di Asosiasi

Asesor Verifikasi dan validasi Awal Profesi diberikan kewenangan untuk memeriksa kegiatan PPKB yang telah diinput oleh Pemegang SKA anggota Asosiasi-nya.

Tatacara dan mekanisme penilaian kegiatan mengacu pada Peraturan LPJK Nomor 7 tahun 2017 tentang PPKB dan Petunjuk Teknis Penilaian bagi Asesor VVA di Asosiasi Profesi yang akan diterbitkan.

8. Penilaian Asesor AKTK pada saat Permohonan Perpanjangan SKA

Asesor AKTK diberikan kewenangan untuk melakukan Penilaian kegiatan PPKB yang telah diinput oleh Pemegang SKA pada saat Pemegang SKA melakukan pengajuan Permohonan Perpanjangan SKA. Nilai PNK yang ahrus dipenuhi dalam kurun waktu 3 tahun menjadi syarat Pemegang SKA dalam melakukan Perpanjangan SKA-nya.

(29)

Tatacara dan mekanisme penilaian kegiatan oleh AKTK mengacu pada Peraturan LPJK Nomor 7 tahun 2017 tentang PPKB dan Petunjuk Teknis Penilaian bagi Asesor AKTK di Unit Sertifikasi Tenaga Kerja yang akan segera diterbitkan.

9. Penutup

Demikianlah Panduan Manual Aplikasi PPKB LPJK ini kami buat semoga dapat diikuti dan bemanfaat untuk kita semua.

LPJK Nasional Jakarta 2018

Figur

Memperbarui...

Referensi

Memperbarui...

Related subjects :